Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2160
- Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
- Location: Indonesia
Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
"DI HONDA KAMI MENGHARGAI INVESTASI ANDA DENGAN INOVASI"
Begitulah tagline honda yg sampai saat ini dikenal oleh banyak masyarakat indonesia
honda dikenal sebagai produk buatan jepang yg juga dikenal pada sisi "fun to drive" nya, dikenal begitu dengan eksistensi honda didunia balap dan juga dalam sisi sporty nya dalam berkendara
dikenal juga sebagai produsen yg memproduksi mobil2 "semi" eksklusif dahulu yang juga penuh dengan inovasi yg berbeda dari pesaing2 nya dahulu
seperti honda accord maestro yg ditahun 1993 itu memiliki ac auto climate control digital ,dimana fitur itu dizaman itu baru dimiliki oleh mobil2 mewah kelas atas semacam BMW Seri 7 dan lain2nya
honda dikenal sebagai produsen yg praktis dan memberikan banyak kelebihan dibanding pesaingnya
Dan kembali ke masa kini
honda yg dianggap sebagai produsen yg ekslusifis mulai membuka diri dengan produk2 nya yg beberapa sudah menghilang seperti stream atau yg berlanjut lagi seperti accord ,city,civic dan lain2nya dengan mulai menjual produk2 yg terjangkau seperti brio sampai mobilio sekarang ini yg mulai menarik perhatian masyarakat .
kebanyakan masyarakat indonesia yg hanya nempedulikan sesuatu dengan sikap "brandminded" nya ( gak semua orang lho ) kini dapat menjajal produk honda dengan harga yg lebih murah. Hal ini dilakukan honda demi mendapatkan keuntungan lebih ,dengan memprioritaskan kebutuhan masyarakat indonesia
tetapi lambat laun, feel sebuah honda yg dahulu kita rasakan dengan sisi keekslusifitasan nya dan sisi fun to drivenya telah berubah, seolah2 tergantikan dengan inovasi dan penyesuaian yg dilakukan honda demi masyarakat indonesia
hal ini menyebabkan feel asli dari sebuah honda dianggap "hilang" oleh beberapa kalangan, ada juga yg mengatakan honda sudah sempurna dan semua "feel" tadi dianggapnya sebagai kelemahan masa lalu, ada juga yg merasa bahwa honda akan terus berinovasi, memberikan kombinasi produk yg berbeda dari rivalnya dan ada juga yg bilang kalau honda tidak hanya kehilangan "feel" nya tetapi jatidirinya sebagai honda yg dikenal baik dalam berbagai sisi
Nah..tujuan nubie membuat thread ini ialah nubitol ini mau mencari tahu apakah sebuah honda masihkah sebuah honda yg kita kenal dulu, atau honda yg kita kenal dulu sudah berubah menjadi sesuatu yg tidak kita kenal sebagai honda, bagaikan manusia yg diswap menjadi robot pekerja yg terprogam melakukan sesuatu terus menerus tanpa hasrat dan jiwa
dan ane mau berterimakasih pada SerayaMotor, admin, moderator, Smers setia maupun silent reader dan juga Piyikz2 macam ane ini
Begitulah tagline honda yg sampai saat ini dikenal oleh banyak masyarakat indonesia
honda dikenal sebagai produk buatan jepang yg juga dikenal pada sisi "fun to drive" nya, dikenal begitu dengan eksistensi honda didunia balap dan juga dalam sisi sporty nya dalam berkendara
dikenal juga sebagai produsen yg memproduksi mobil2 "semi" eksklusif dahulu yang juga penuh dengan inovasi yg berbeda dari pesaing2 nya dahulu
seperti honda accord maestro yg ditahun 1993 itu memiliki ac auto climate control digital ,dimana fitur itu dizaman itu baru dimiliki oleh mobil2 mewah kelas atas semacam BMW Seri 7 dan lain2nya
honda dikenal sebagai produsen yg praktis dan memberikan banyak kelebihan dibanding pesaingnya
Dan kembali ke masa kini
honda yg dianggap sebagai produsen yg ekslusifis mulai membuka diri dengan produk2 nya yg beberapa sudah menghilang seperti stream atau yg berlanjut lagi seperti accord ,city,civic dan lain2nya dengan mulai menjual produk2 yg terjangkau seperti brio sampai mobilio sekarang ini yg mulai menarik perhatian masyarakat .
kebanyakan masyarakat indonesia yg hanya nempedulikan sesuatu dengan sikap "brandminded" nya ( gak semua orang lho ) kini dapat menjajal produk honda dengan harga yg lebih murah. Hal ini dilakukan honda demi mendapatkan keuntungan lebih ,dengan memprioritaskan kebutuhan masyarakat indonesia
tetapi lambat laun, feel sebuah honda yg dahulu kita rasakan dengan sisi keekslusifitasan nya dan sisi fun to drivenya telah berubah, seolah2 tergantikan dengan inovasi dan penyesuaian yg dilakukan honda demi masyarakat indonesia
hal ini menyebabkan feel asli dari sebuah honda dianggap "hilang" oleh beberapa kalangan, ada juga yg mengatakan honda sudah sempurna dan semua "feel" tadi dianggapnya sebagai kelemahan masa lalu, ada juga yg merasa bahwa honda akan terus berinovasi, memberikan kombinasi produk yg berbeda dari rivalnya dan ada juga yg bilang kalau honda tidak hanya kehilangan "feel" nya tetapi jatidirinya sebagai honda yg dikenal baik dalam berbagai sisi
Nah..tujuan nubie membuat thread ini ialah nubitol ini mau mencari tahu apakah sebuah honda masihkah sebuah honda yg kita kenal dulu, atau honda yg kita kenal dulu sudah berubah menjadi sesuatu yg tidak kita kenal sebagai honda, bagaikan manusia yg diswap menjadi robot pekerja yg terprogam melakukan sesuatu terus menerus tanpa hasrat dan jiwa
dan ane mau berterimakasih pada SerayaMotor, admin, moderator, Smers setia maupun silent reader dan juga Piyikz2 macam ane ini
Pursuit of Perfection
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
Hmmm... trit berpotensi menimbulkan masalah dan peperangan...
Tapi trit yg cukup jujur dan kritis... nice thought bro axala, i love the analogy of robot thingy about Honda.
Marilah dimulai diskusinya dengan kepala atas yg dingin...
Nubie pamit mw kursus dulu ya...
Ntar malam baru bisa curcol di marih...
Tapi trit yg cukup jujur dan kritis... nice thought bro axala, i love the analogy of robot thingy about Honda.
Marilah dimulai diskusinya dengan kepala atas yg dingin...
Nubie pamit mw kursus dulu ya...
Ntar malam baru bisa curcol di marih...
Obey the mahakitteh.
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
blm pernah punya honda......
nonton di pinggir ajah
nonton di pinggir ajah
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- SM Specialist
- Posts: 15551
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
pertamax direbut oleh kucing
ok karena mod kucing baru curcol ntar malem... ane mulai duluan deh
ketatnya regulasi emisi di mana-mana membuat masa kejayaan hando dengan B-series enjin nya harus berakhir.... ok that's fine... setidaknya skrg ada K-engine yang sudah "disempurnakan" dgn teknologi Direct Injection (EarthDreams)....
the main problem is....
hando skrg sudah tidak memiliki jiwa seperti masa kejayaannya....
hando pada masa kejayaan : spartan, fun to drive, well built, stiff suspension, just like Japanese Beemer.... bahkan L-enjin maupun R-enjin SOHC tidak memberikan rasa "fun" yang sama seperti layaknya D-enjin di masa lalu skrg hando bahkan sudah mulai berorientasi ke kenyamanan penumpang....
wrong? yes.... ketika hando memikirkan kenyamanan penumpang, it's a nightmare for die-hard fans... mobil hando jadi terasa plain, ga beda jauh dari boyota atau nissan.... mari kita tengok CR-V RM... yang ga se-spartan RE atau RD, Civic FB yang merupakan civic terburuk compared to FD atau EK... Accord CR2 yang udah nggak se-spartan generasi CM...
dan semuanya dengan penurunan kualitas yang ampun-ampunan.....
example : Honda Civic Estilo '94 v Honda Civic FB '12... Estilo dasbornya full softpad, semua well-built meskipun sederhana tampilannya... panel gap minim. Civic FB?? plastik.... lalu Honda CR-V RD1 '01 v CR-V RM7 '12... same case....
dan mimpi buruk mulai berlanjut sejak bertelornya brio... dilanjut mobilinyong.... build quality yang luar biasa ancur, terutama sejak brio diikutin program LCGC.... mobilinyong yang terkesan dibuat asal-asalan.... hanya sekedar "ngerame-ramein" pasarnya avanza dan ertiga yang baru saja jadi rising star....
hando skrg, bisa digambarkan seperti kebingungan antara ngikutin keinginan market dengan mempertahankan sisi spartan nya di masa lalu, akhirnya galaw.... dan mobilnya jadi krisis jati diri.... since when hando starts to think about passenger??
dan jiwa hando yang dulu.... skrg diwarisi oleh Mazda.... di CX-5 dan M6... dimana mereka seakan "lupa" kalo lagi bikin Medium Crossover dan Family Saloon.... seakan lupa kalo row 2 itu diisi oleh jok, bukan rollbar
ok karena mod kucing baru curcol ntar malem... ane mulai duluan deh
ketatnya regulasi emisi di mana-mana membuat masa kejayaan hando dengan B-series enjin nya harus berakhir.... ok that's fine... setidaknya skrg ada K-engine yang sudah "disempurnakan" dgn teknologi Direct Injection (EarthDreams)....
the main problem is....
hando skrg sudah tidak memiliki jiwa seperti masa kejayaannya....
hando pada masa kejayaan : spartan, fun to drive, well built, stiff suspension, just like Japanese Beemer.... bahkan L-enjin maupun R-enjin SOHC tidak memberikan rasa "fun" yang sama seperti layaknya D-enjin di masa lalu skrg hando bahkan sudah mulai berorientasi ke kenyamanan penumpang....
wrong? yes.... ketika hando memikirkan kenyamanan penumpang, it's a nightmare for die-hard fans... mobil hando jadi terasa plain, ga beda jauh dari boyota atau nissan.... mari kita tengok CR-V RM... yang ga se-spartan RE atau RD, Civic FB yang merupakan civic terburuk compared to FD atau EK... Accord CR2 yang udah nggak se-spartan generasi CM...
dan semuanya dengan penurunan kualitas yang ampun-ampunan.....
example : Honda Civic Estilo '94 v Honda Civic FB '12... Estilo dasbornya full softpad, semua well-built meskipun sederhana tampilannya... panel gap minim. Civic FB?? plastik.... lalu Honda CR-V RD1 '01 v CR-V RM7 '12... same case....
dan mimpi buruk mulai berlanjut sejak bertelornya brio... dilanjut mobilinyong.... build quality yang luar biasa ancur, terutama sejak brio diikutin program LCGC.... mobilinyong yang terkesan dibuat asal-asalan.... hanya sekedar "ngerame-ramein" pasarnya avanza dan ertiga yang baru saja jadi rising star....
hando skrg, bisa digambarkan seperti kebingungan antara ngikutin keinginan market dengan mempertahankan sisi spartan nya di masa lalu, akhirnya galaw.... dan mobilnya jadi krisis jati diri.... since when hando starts to think about passenger??
dan jiwa hando yang dulu.... skrg diwarisi oleh Mazda.... di CX-5 dan M6... dimana mereka seakan "lupa" kalo lagi bikin Medium Crossover dan Family Saloon.... seakan lupa kalo row 2 itu diisi oleh jok, bukan rollbar
Last edited by ChZ on Tue Jan 28, 2014 9:03, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
sy pernah membandingkan Honda Civic th 90 yg beredar di USA (saat itu sy test drive th 1990) dan yg di Endonesyah (sekitar th 1991 di Jkt) kok beda ya, dalam hal driving feel ... yg di USA terasa sangat mantap menggigit aspal dan yg di Endonesia ada rasa sedikit "melayang" .. apa yg menyebabkan perbedaan itu ?
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2160
- Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
- Location: Indonesia
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
terima-kasih om medket, atas sambutannya Vpowernya
Dan selamat kursus
@bro chz, betul bro
lama kelamaan unsur kedinamisan dan sisi fun to drivenya diambil alih oleh saudara senegrinya yg baru berbenah diri itu
Pursuit of Perfection
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Wed Jan 08, 2014 7:57
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
Yang pasti saya merasa H ini overpriced. Plastic feel yang kental untuk sebuah SUV berharga 400+? Itu belum line-up H yang ada dibawah SUV ini. Sepertinya Jonpis berhasil memaksimalkan profit HPM sampai ke titik maksimal
Seakan meniru strategi yang diusung Toyota tapi membungkusnya dengan brand image premium car. Pada akhirnya konsumen akan sadar tentang Value for money apabila Honda terlalu memaksakan meraih profit sebesar-besarnya
Just my 2cents
Seakan meniru strategi yang diusung Toyota tapi membungkusnya dengan brand image premium car. Pada akhirnya konsumen akan sadar tentang Value for money apabila Honda terlalu memaksakan meraih profit sebesar-besarnya
Just my 2cents
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3211
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
-
- SM Specialist
- Posts: 15551
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
sebagai pengguna CR-V RE ane merasa miris dengan kualitas hando skrg.... penurunan kualitas di RE ke RM begitu berasa... ane yang udah jatuh cinta ama RM di pandangan pertama... masuk interior langsung illfeel... TD? makin illfeel dengan setirnyaaxala wrote:
terima-kasih om medket, atas sambutannya Vpowernya
Dan selamat kursus
@bro chz, betul bro
lama kelamaan unsur kedinamisan dan sisi fun to drivenya diambil alih oleh saudara senegrinya yg baru berbenah diri itu
dan hal ini yang membuat ane berkata "my next car won't be a honda...."
ane dulu cukup positif waktu Brio 1.3 pertama diluncurkan, enjin 1.3L 100PS dimasukin ke mobil sekecil ini? it will be fun!
begitu ngeliat interiornya... whaaat?? sudah ane duga, di mobil kelas 200jutaan aja interiornya ga bisa bener apalagi kelas 100jutaan....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
Jujur saya ini bisa digolongkan Honda hater
Memang haternya bukan yg semacam dendam kesumat sampai ke ubun2, tp kl pas cari mobil hampir pasti gak akan melirik Honda.
Jadi maaf ndak bisa banyak berkontribusi di trit ini.
Memang haternya bukan yg semacam dendam kesumat sampai ke ubun2, tp kl pas cari mobil hampir pasti gak akan melirik Honda.
Jadi maaf ndak bisa banyak berkontribusi di trit ini.
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
Honda skrg mah sampah... Beda ama Honda dulu...
i-VTEC itu mah VTEC banci... Ga kek VTEC lama...
Beda loh feel bawa Stream ama CRV RM... Di CRV, gw jadi ga pengen ngebut... Sedangkan di Stream, kek ad setan yg ngebisikin, "Ricz, bawa Stream ini lebi kencang lg" Dan suaranya bagus... ga kek Hando masa kini yg jelek suaranya...
Makanya ad quote berkata, "Old Hondas never die, they just get faster"
i-VTEC itu mah VTEC banci... Ga kek VTEC lama...
Beda loh feel bawa Stream ama CRV RM... Di CRV, gw jadi ga pengen ngebut... Sedangkan di Stream, kek ad setan yg ngebisikin, "Ricz, bawa Stream ini lebi kencang lg" Dan suaranya bagus... ga kek Hando masa kini yg jelek suaranya...
Makanya ad quote berkata, "Old Hondas never die, they just get faster"
2021 Fortuner VRZ
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
Yang gw masih inget, bawa Civic Nouva.. Amazing banget bawa ni Hando..
Lari 140km/jam yang notabene termasuk INSANE untuk bawa di jalanan Ringroad Jogja, bener2 terasa nikmat menapak di jalan. Libas tikungan di speed 70km/jam untuk setajam tikungan deket UMY, cukup akan membuat ane dicap idiot, tapi begitu ane bisa keluar dari tikungan setajam silet itu, pandangan orang akan lekat sampai mobil ngga terlihat lagi..
Itu belum termasuk nikmatnya berdansa di jalanan gunung menuju jantung kota Wonosari.... decit decit bannya, ane sengaja buka jendela, demi mendengar jeritan ampun dari ban bannya....dan WHOAA...pada sebuah perlintasan jembatan pendek, ane sikat 65km/jam saja, cukup membuat Civic Nouva flying low, dan mendarat layaknya sebuah mobil reli, walaupun reli abal abal kelas kampung...
Could it be happened again?
Lari 140km/jam yang notabene termasuk INSANE untuk bawa di jalanan Ringroad Jogja, bener2 terasa nikmat menapak di jalan. Libas tikungan di speed 70km/jam untuk setajam tikungan deket UMY, cukup akan membuat ane dicap idiot, tapi begitu ane bisa keluar dari tikungan setajam silet itu, pandangan orang akan lekat sampai mobil ngga terlihat lagi..
Itu belum termasuk nikmatnya berdansa di jalanan gunung menuju jantung kota Wonosari.... decit decit bannya, ane sengaja buka jendela, demi mendengar jeritan ampun dari ban bannya....dan WHOAA...pada sebuah perlintasan jembatan pendek, ane sikat 65km/jam saja, cukup membuat Civic Nouva flying low, dan mendarat layaknya sebuah mobil reli, walaupun reli abal abal kelas kampung...
Could it be happened again?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2160
- Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
- Location: Indonesia
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
Sebagai passive user honda accord maestro
dan sering numpang2 diberbagai honda yg baru, ane ngerasain betul banyak penurunan kualitas di material honda
macam di dash, yg full softpad dimaestro jauh jika dibandingkan dengan accord/ crv sekarang yg softpad cuma disisi2 yg dekat dan atas2 saja
bahkan laci dilapis beludru yg empuk sementara sekarang laci ya tetaplah laci plastik yg gakalah sama ama plastiknya Tata aria
Pemanfaatan image yg agak parah dengan mindset masyarakat indonesia yg seperti ini
dan sering numpang2 diberbagai honda yg baru, ane ngerasain betul banyak penurunan kualitas di material honda
macam di dash, yg full softpad dimaestro jauh jika dibandingkan dengan accord/ crv sekarang yg softpad cuma disisi2 yg dekat dan atas2 saja
bahkan laci dilapis beludru yg empuk sementara sekarang laci ya tetaplah laci plastik yg gakalah sama ama plastiknya Tata aria
Pemanfaatan image yg agak parah dengan mindset masyarakat indonesia yg seperti ini
Pursuit of Perfection
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
Terima kasih pada Tuhan yang telah memberi kesempatan ane mencicipi sedapnya mesin old Hondas..
Istilahnya....
"Untung ane pernah icip icip mesin kencang Honda..."
Dan interiornya.... amazing loh untuk jamannya.
Walaupun desainnya untuk jaman sekarang bener bener cupu, tapi BUILT QUALITY interiornya bener bener bikin kita sebagai drivernya semakin org*sm mengemudi di dalamnya. Itulah yang pernah ane rasakan...
Istilahnya....
"Untung ane pernah icip icip mesin kencang Honda..."
Dan interiornya.... amazing loh untuk jamannya.
Walaupun desainnya untuk jaman sekarang bener bener cupu, tapi BUILT QUALITY interiornya bener bener bikin kita sebagai drivernya semakin org*sm mengemudi di dalamnya. Itulah yang pernah ane rasakan...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Sat Sep 21, 2013 1:31
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
nubie numpang nyimak aja deh
cuman pernah bawa jazz ge punya ortu
jadi ga pernah rasain sensasi mesin2 jadul honda
kebanyakan emot jadinya
cuman pernah bawa jazz ge punya ortu
jadi ga pernah rasain sensasi mesin2 jadul honda
kebanyakan emot jadinya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
Ane d masa kecil (awal 90an), d bentuk dgn image klo mazda n honda tuh mbl keren jepangan yg top. Dgn line up d otak ane si Maestro n Grand civic nouva yg d puja2, ortu sy jg punya mindset gitu, mbl idaman eui. Walau d garasi ketemu kijang super trus kapsul. Baru punya honda d jaman milenium yaitu gd3, walau smu dulu ngiler sm city Z kyk punya koh kucing. Cm pertamax dpt jg, feelnya uda beda, malah rada kuciwa liat kualitas dasboard n plastiknya. Trus jg bantingan stiff nya gimana gitu, beda sm bantingan civic EG. Akirna ane merasa honda nothing special, kec merk rada mewah tok/image, walau FD sempat mencuri hati ane, tp brio sotoi buat ilfeel lg haha. peace y fans honda. Sekian dongeng dr sy. salam.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3146
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
invest dengan innovasi?
di masdah , ga perlu invest (aka dulu jarang yang beli/ ga ada) mereka bisa memberikan inovasi yang baik dg mesin dan chasis dn bla..bla...bla
lah di honda masih itu2 aja.... klo ga salah mesin crv dri jaman dulu jg itu2 aja kan ??
di masdah , ga perlu invest (aka dulu jarang yang beli/ ga ada) mereka bisa memberikan inovasi yang baik dg mesin dan chasis dn bla..bla...bla
lah di honda masih itu2 aja.... klo ga salah mesin crv dri jaman dulu jg itu2 aja kan ??
engine roaring!
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
di indonesia honda pernah masukin resmi yg pke B16 atw B18 vtec g sih?
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- SM Specialist
- Posts: 15551
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
yep... enjin CRV ga lebih dari ganti head aja....walid_007 wrote:invest dengan innovasi?
di masdah , ga perlu invest (aka dulu jarang yang beli/ ga ada) mereka bisa memberikan inovasi yang baik dg mesin dan chasis dn bla..bla...bla
lah di honda masih itu2 aja.... klo ga salah mesin crv dri jaman dulu jg itu2 aja kan ??
CRV RD1 2001 : B20B
CRV RD4 2002-2006 : K20A1, K24A1
CRV RE3 2007-2012 : R20A1, K24Z1
CRV RM7 2012 - NOW : R20A1, K24Z7
bukan cuma sama... malah downgred yang 2.0L... dari DOHC K20A1 jadi SOHC R20A1... dan hal yang sama terjadi di Civic 2.0.... FD2 2.0 K20Z2, FB2 2.0 R20A1....
begitu pula dengan jazz, city... still using the same L15 dengan perubahan head dari VTEC & i-DSI jadi i-VTEC.... dan accord dari 2003 sampe 2013... same enjin K24A3(CM5, 2003-2007), K24Z2 (CP2, 2008-2012), K24W EarthDreams (CR2, 2013)
dan tau apa yang ga berubah dari hando selama ini? A/T Transmission... dari dulu masih pake ituuu aja... 5-speed auto with grade logic.... ketinggalan jaman broh.... skrg mazda udah pake skyactiv drive 6-speed, ford udah dualclutch powershift, nissan dengan xtronic, chevy dengan hydra-matic, bahkan saingan terdekatnya boyota dengan 7-sp CVT di altis.... all comes with 6-sp....
jadi kesimpulannya? 10 taun terakhir perkembangan hando stuck di itu-itu aja.... dmn beda signifikan dari jaman dulu, ganti generasi, ganti total, Civic SR3 Genio/Estilo ke SO4 Ferio pun enjin D16 dari karbu - EFI - VTEC di ferio.... dan D17A di ES... dalam rentang waktu singkat mereka berhasil mengembangkan D enjin dan B enjin di taun 90an... B enjin pun seiring waktu juga berkembang....
Last edited by ChZ on Tue Jan 28, 2014 10:57, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
Dulu ane pake GD8 VTEC A/T 2005...
Mbl dibeli bekas tahun 2012, di posisi odo 18.000 (super kinyis2, proved by BeRes honda), & dijual di 2013 dgn odo 43.000...
Tuh mobil bagaikan angin lalu aj... Ga ada yg special sama sekali, padahal tiap hari berjam2 ane bersama si city...
Rasanya, hambar...
Raungan mesin cempreng, CVT lelet, driving pos ga enak, jok tidak suportif & bikin sakit punggung, setir dull, bantingan keras ga jelas, kurang stabil, dsb dst...
Benarkah ini sebuah honda, yang "katanya" menyenangkan?
(maap buat user city GD8...)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 241
- Joined: Wed Mar 06, 2013 8:59
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
Di era 80-an dan 90-an, Bokap ane pernah punya Honda Civic 3 generasi, Civic Excellent, Civic Wonder dan Grand Civic LX dan Civic Nouva. Di eranya, Civic tsb bisa dibilang memiliki mesin terbaik di kelasnya dan tentu saja handling khas honda yg nikmat diajak dansa di jalanan.
Di jaman itu juga Honda lagi jaya2nya di F1. Punya Honda rasanya bangga, mempunyai mobil Jepun yg "superior" dibanding Toyota, Mazda dll.
Di jaman itu juga Honda lagi jaya2nya di F1. Punya Honda rasanya bangga, mempunyai mobil Jepun yg "superior" dibanding Toyota, Mazda dll.
-
- SM Specialist
- Posts: 15551
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
hando mulai boring sejak mereka fokus kembangin mobil kecil dan irit.... tengok aja jaman NSX, S2000, Integra R, Civic R masih berjaya.... mobil hando yg keluar taun itupun sadis semua, street killer, monster jalanan, apapun itu istilahnya.... mau dibilang VTEC-Eco pun masih lebih punya "soul" dibanding hando sekarang....M90 wrote:Di era 80-an dan 90-an, Bokap ane pernah punya Honda Civic 3 generasi, Civic Excellent, Civic Wonder dan Grand Civic LX dan Civic Nouva. Di eranya, Civic tsb bisa dibilang memiliki mesin terbaik di kelasnya dan tentu saja handling khas honda yg nikmat diajak dansa di jalanan.
Di jaman itu juga Honda lagi jaya2nya di F1. Punya Honda rasanya bangga, mempunyai mobil Jepun yg "superior" dibanding Toyota, Mazda dll.
hando masa itu, pamornya ga kalah dengan Skyline series, Mazda RX-7, atau Mitsubishi Evo maupun Subie Impreza.... ahh dat good old days... mungkin itu kata-kata para die-hard fans yang kecewa dengan kualitas hando masa kini....
nah apakah reborn NSX 2015 merupakan tanda-tanda hando kembali ke jalan yang benar?
*ane di pejwan udah ngepost banyak gini.... mewakili suara hati die hard fans yang kecewa
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
tahun 80-90-an? hehehe... speed freak gak akan pilih honda...M90 wrote:Di era 80-an dan 90-an, Bokap ane pernah punya Honda Civic 3 generasi, Civic Excellent, Civic Wonder dan Grand Civic LX dan Civic Nouva. Di eranya, Civic tsb bisa dibilang memiliki mesin terbaik di kelasnya dan tentu saja handling khas honda yg nikmat diajak dansa di jalanan.
Di jaman itu juga Honda lagi jaya2nya di F1. Punya Honda rasanya bangga, mempunyai mobil Jepun yg "superior" dibanding Toyota, Mazda dll.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
apa sih hebatnya honda 80-90-an? kalo dibanding kompetitornya sih honda tahun segitu kalah telak dibanding mazda astina, ford champ, lancer gti, corolla gti, nissan sentra coupe...
nouva? gak ada apa2nya dibanding semua yang ane sebutin...
nouva? gak ada apa2nya dibanding semua yang ane sebutin...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
Wahihihi, antek Mitsu rada tersinggung ini ...
*ampuuuunnn om, saya juga pake Mitsu kok*
*ampuuuunnn om, saya juga pake Mitsu kok*
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net