Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: RE: Re: Perbandingan

Post by ChZ »

Pboyz97 wrote: Tue Feb 21, 2017 15:50
Makasih om CHZ atas pencerahannya, memang hampir semua produsen mobil sekarang produknya seperti yang saya bold diatas & memang enthusiast itu hanya sebagian kecil dari mayoritas konsumen sebuah mobil / brand, makanya pabrikan mobil berani untuk menjual mobil dengan harga terjangkau seperti LCGC , untuk meningkatkan profit pabrikan & memenuhi keinginan mayoritas konsumen, saya setuju kalau dengan munculnya LCGC & Mobilio bisa membuat pilihan konsumen makin banyak & persaingan antar brand makin ramai , sehingga konsumen lah yang akhirnya akan diuntungkan dengan adanya persaingan antar brand tersebut.
Yah ane ga mau berasumsi sih... Kalo nanya kenapa downgrade kualitas, cuma product planning division HPM yang bisa jawab... Ane bukan orang dalem HPM. Klw mau protes jangan sama ane om... Sama orang HPM aja... Ane gak dibayar sama HPM atau jadi karyawan Honda manapun...

Kualitas assembling CKD nya kacrut emang dari jaman GE8... Pernah kan ane cerita plastik bawah kolom setirnya tiba-tiba lepas padahal odo baru 10k? Makanya ane gak kaget... Freed juga nggak kalah kampret build quality nya... Ane ngomongin Freed dari keluaran awal banget ya, bukan Freed keluaran sekarang. Penyakit klasiknya Honda - Honda dulu juga... Power window suka ngadat... Hobi rattling udah dari jaman dulu juga... Gak kaget.

Portfolio ane udah ganti mobil Honda berkali - kali dan gak kaget sama kualitasnya dan gak pernah punya Brio brothers jadi gak pernah ngerasain penurunan yang signifikan sekali dan wajar aja namanya mobil murah. RE kan emang keras dan peredamannya gak enak... RM jauh lebih mature dampernya dan chassisnya in fact makin kaku 60% di RM.

RM dan FB - keliatan sekali penurunannya memang, well kalo liat history nya kedua mobil ini memang develop di masa yang nyaris sama, ane masak harus ngulang cerita gimana FB dikembangin waktu Honda lagi krisis? Sampe bosen ngulang ceritanya nih.

K24 RM emang mesinnya gilingan tebu gimana? Ga ngeh ane... Perasaan dl pake enak-enak aja... Unit yang mirip dengan CP2 Accord kok. Sama-sama K24 downpipe dan intake plastik. Klw L serie emang gilingan tebu nya berasa... Wajib ganti knalpot lineup engine SOHC nya... L maupun R... At least they still give us a high-revving engine... Hehe...

Ane gak ngefans dengan Honda baru - baru kecuali Civic dan Accord.... dan upcoming 2017 CR-V... Tapi masih akan consider untuk pemakaian harian. Just because they are getting boring does not mean they are not a good car...

Untuk hobby ane akan cari Accord CM5 Manual atau Ferio B or K swapped... Krn Honda dari dulu diciptakan untuk diobrak-abrik internalnya...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
rechtmasta
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by rechtmasta »

Kalo saya sih, bukan fanatik satu merk emang, tapi entah kenapa mayoritas mobil ini lambangnya si H tegak. Semakin kesini, semakin melupakan tentang jiwa dalam sebuah mobil. Menurut saaya sekarang ini mobil yang punya jiwa itu hanya privilage mobil-mobil sport, supercar dan hypercar. Karena mobil-mobil itu emang ga mentingin volume, tapi kepuasan dari pembeli adalah nomer satu. Ini gater jadi di Honda doang tapi di semuaaaa merk mobil. Semakin kesini produsen mobil makin ga memikirkan sebuah jiwa dalam mobil yang ada di lini produksi masal mereka. Yang penting balance sheet mereka positif.

Tapi...khusus untuk Honda, entah kenapa walau tergerus dengan kebutuhan jaman dan semakin banyak kekurangan yang bisa saya temukan dalam sebuah Honda, saya masih bisa menemukan dengan mudah kelebihan sebuah Honda. Entah itu kenyamanan yang menonjol, handling yang ok, driving feel yang mantap ato apapun itu. Selalu ada satu setidaknya diantara seabrek kekurangan. Dan satu kelebihan itulah yang malah berhasil ditonjolkan oleh Honda entah bagaimana caranya. Katakanlah saya subjektif, tapi saya ambil contoh Brio saya, diantara seabrek kekurangannya (banyak banget malah :mky_04: ) saya menemukan rasa "fun to drive" yang sudah lama absen diantara kenyamanan sebuah Freed. Satu kelebihan yang bagi saya bisa menyeimbangkan kekurangan mobil ini.

So, menurut saya, diluar banyaknya bertebaran hal negatif tentang Honda jaman sekarang, tapi buat saya engineer Honda entah bagaimana berhasil nyelipin satu kelebihan yang "mungkin" bisa menyeimbangkan kekurangan tersebut :big_okay:
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by newrubble »

jaman skrg buat apa mobil punya soul

sdh diatur (di indo blm) tiap unit punya lifecycle ...... hrs masuk scrap ssdh economic age dia dianggap abis

kalo di sini mobil mirip sandal ..... sbgn bsr org cuma sewa (leasing) maintenance covered ...... tiap klaar pake ya tinggal sj di parkiran ...... sering tdk di kunci (toh dealer sdh pasang geo tracking)

cuci skali sbulan ...... bosan tinggal lease back n ambil baru
apoge
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: Fri Nov 27, 2015 1:35

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by apoge »

Honda udah kaya hp nokia yg cepet kali ngeluarin model baru nah ni honda facelift terusss....mobil baru 2 tahun udah terlihat kuno karna dlm 2 tahun bisa facelift 2-3 kali entah interior atau exteriornya, yang beli produk honda batch awal2 pasti gigit jari . Sistem coba2 nunggu komplainan dari konsumen.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by Or4cle »

newrubble wrote: Tue Feb 21, 2017 19:11 jaman skrg buat apa mobil punya soul

sdh diatur (di indo blm) tiap unit punya lifecycle ...... hrs masuk scrap ssdh economic age dia dianggap abis

kalo di sini mobil mirip sandal ..... sbgn bsr org cuma sewa (leasing) maintenance covered ...... tiap klaar pake ya tinggal sj di parkiran ...... sering tdk di kunci (toh dealer sdh pasang geo tracking)

cuci skali sbulan ...... bosan tinggal lease back n ambil baru
Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya Oom Ruble ...
Mungkin di Europe mobil fungsi mobil lebih ke arah efisiensi. Kalau di Indonesia lebih kompleks, selain sebagai transportasi juga 'investasi', life style dan lambang prestise
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by Or4cle »

vixio wrote: Tue Feb 21, 2017 15:09 entahlah dengan sejarah honda.. belum pernah nyoba mobil2 honda yg terdahulu atau jenis yg lain.. cuman dlu waktu belajar pake honda jazz, rasanya enak ko dibanding toyota.. entah kenapa feelnya pakenya enak banget.. cuman ya itu honda lebih ke driver oriented, dan klo nyaman pilih suzuki.. kalo buat ke plosok baru toyota. menurut ane sih
Yuupp ... ini aku setuju. Bagaimanapun Honda memberikan "feel" yang lain dari beberapa product jepang yang lain.
Yang bilang Honda sekarang boring silahkan coba product Toyota, beberapa line up Nissan dan mobil Jepang lainnya dan bandingkan bedanya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by ChZ »

rechtmasta wrote: Tue Feb 21, 2017 17:12 Kalo saya sih, bukan fanatik satu merk emang, tapi entah kenapa mayoritas mobil ini lambangnya si H tegak. Semakin kesini, semakin melupakan tentang jiwa dalam sebuah mobil. Menurut saaya sekarang ini mobil yang punya jiwa itu hanya privilage mobil-mobil sport, supercar dan hypercar. Karena mobil-mobil itu emang ga mentingin volume, tapi kepuasan dari pembeli adalah nomer satu. Ini gater jadi di Honda doang tapi di semuaaaa merk mobil. Semakin kesini produsen mobil makin ga memikirkan sebuah jiwa dalam mobil yang ada di lini produksi masal mereka. Yang penting balance sheet mereka positif.

Tapi...khusus untuk Honda, entah kenapa walau tergerus dengan kebutuhan jaman dan semakin banyak kekurangan yang bisa saya temukan dalam sebuah Honda, saya masih bisa menemukan dengan mudah kelebihan sebuah Honda. Entah itu kenyamanan yang menonjol, handling yang ok, driving feel yang mantap ato apapun itu. Selalu ada satu setidaknya diantara seabrek kekurangan. Dan satu kelebihan itulah yang malah berhasil ditonjolkan oleh Honda entah bagaimana caranya. Katakanlah saya subjektif, tapi saya ambil contoh Brio saya, diantara seabrek kekurangannya (banyak banget malah :mky_04: ) saya menemukan rasa "fun to drive" yang sudah lama absen diantara kenyamanan sebuah Freed. Satu kelebihan yang bagi saya bisa menyeimbangkan kekurangan mobil ini.

So, menurut saya, diluar banyaknya bertebaran hal negatif tentang Honda jaman sekarang, tapi buat saya engineer Honda entah bagaimana berhasil nyelipin satu kelebihan yang "mungkin" bisa menyeimbangkan kekurangan tersebut :big_okay:
Setuju om... Hanya model yang tidak volume-based yang akan memikirkan "jiwa" - yang Honda juga lakukan di NSX dan Type-R. NSX dapet banyak pujian diluar kok, buktinya. Seorang Chris Harris bahkan bilang NSX itu "budget hypercar". Honda masih ingat dengan penggemar - penggemar fanatiknya dengan meluncurkan kedua maskotnya. Sooner bahkan dikabarkan akan ada penerus S2000. Bukti bahwa Honda masih niat buat memuaskan para fanatikan nya, as stated by om AD74YA di review Accord CR2 bahwa CR2 merupakan titik awal kembalinya Honda.

Mengenai forced induction, ya dipikir aja, sehebat-hebatnya cornering suatu mobil di track tapi kalo di lintasan lurus koit ya sama aja... Selain untuk comply dengan standar emisi yang ketat, forced induction juga membuatnya lebih kompetitif dengan rival - rival yang hampir semuanya pake forced induction.

Kalo mikir mobil yang "dikembangkan akuntan"... Ya emangnya salah? Perusahaan juga butuh survive dari segi keuangan. Most cars today juga "dikembangkan oleh akuntan"... Kalo sebuah perusahaan ga punya akuntan ya mampus. Ane sudah sering preach tentang aim nya Honda menciptakan Civic sebagai mobil yang ekonomis dari awalnya. Civic laris di US bukan karena fun - karena IRIT dan sesuai selera market.

Honda saat ini walaupun nggak bisa dibilang spirited - setidaknya saya ngerasa drivability nya lebih baik dari lawan - lawan sejenis. Driving position yang rendah dan nyaman, chassis yang makin dibuat kaku untuk mengurangi roll, transmisi CVT yang sigap, dan mesin yang masih bisa teriak sampe rev tinggi. Bukan hal yang fun, tapi entah kenapa banyak pabrikan saingannya sulit menyamai karakteristik Honda yang baru sekalipun - yang katanya boring.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
cursQ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 680
Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by cursQ »

Imho..
Honda dari dulu klo dibanding japs lain (terutama sedan) selalu punya visibilitas luas banget rasanya.. lagi2 imho..
Saya sempet lama pegang corolla twincam lalu bandingin sama granci berasa banget selain lebih napak ya itu lebih lapang visibilitasnya..
Atau versi sekarang rasain jazz vs yaris..
Untuk mesin no comment
Untuk interior jg terasa lebih lapang di dashboardnya..
Bagi saya feel nyetir sebelum nyalan mesin itu adalah ketika duduk dan apa yang depan mata.. itu bisa mempengaruhi semuanya.. biar kata lelet lemot atau kenceng tp mata memandang kurang enak gmn gt..
Sebagai contoh imho lagi.. saya suka sekali e34 m60 saya yang dulu baik exterior, engine dan rasa nyetirnya tp depan mata saya kurang termanjakan karena dashboardnya saya kurang suka.. beda ketika saya nyetir e36 m40 saya.. walau sempit bagi saya dan mesin lelet.. tp saya termanjakan sekali dengan design dashboardnya.. entah bikin betah aja hehee..
Balik lagi semua soal selera dan imho..
Sampe sekarang jg masih pingin miara granci atau twincam gti.. someday..

Perasaan banyak banget saya wishlist mobilnya yg pengen dipiara haha
User avatar
rechtmasta
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by rechtmasta »

ChZ wrote: Wed Feb 22, 2017 2:27
rechtmasta wrote: Tue Feb 21, 2017 17:12 Kalo saya sih, bukan fanatik satu merk emang, tapi entah kenapa mayoritas mobil ini lambangnya si H tegak. Semakin kesini, semakin melupakan tentang jiwa dalam sebuah mobil. Menurut saaya sekarang ini mobil yang punya jiwa itu hanya privilage mobil-mobil sport, supercar dan hypercar. Karena mobil-mobil itu emang ga mentingin volume, tapi kepuasan dari pembeli adalah nomer satu. Ini gater jadi di Honda doang tapi di semuaaaa merk mobil. Semakin kesini produsen mobil makin ga memikirkan sebuah jiwa dalam mobil yang ada di lini produksi masal mereka. Yang penting balance sheet mereka positif.

Tapi...khusus untuk Honda, entah kenapa walau tergerus dengan kebutuhan jaman dan semakin banyak kekurangan yang bisa saya temukan dalam sebuah Honda, saya masih bisa menemukan dengan mudah kelebihan sebuah Honda. Entah itu kenyamanan yang menonjol, handling yang ok, driving feel yang mantap ato apapun itu. Selalu ada satu setidaknya diantara seabrek kekurangan. Dan satu kelebihan itulah yang malah berhasil ditonjolkan oleh Honda entah bagaimana caranya. Katakanlah saya subjektif, tapi saya ambil contoh Brio saya, diantara seabrek kekurangannya (banyak banget malah :mky_04: ) saya menemukan rasa "fun to drive" yang sudah lama absen diantara kenyamanan sebuah Freed. Satu kelebihan yang bagi saya bisa menyeimbangkan kekurangan mobil ini.

So, menurut saya, diluar banyaknya bertebaran hal negatif tentang Honda jaman sekarang, tapi buat saya engineer Honda entah bagaimana berhasil nyelipin satu kelebihan yang "mungkin" bisa menyeimbangkan kekurangan tersebut :big_okay:
Setuju om... Hanya model yang tidak volume-based yang akan memikirkan "jiwa" - yang Honda juga lakukan di NSX dan Type-R. NSX dapet banyak pujian diluar kok, buktinya. Seorang Chris Harris bahkan bilang NSX itu "budget hypercar". Honda masih ingat dengan penggemar - penggemar fanatiknya dengan meluncurkan kedua maskotnya. Sooner bahkan dikabarkan akan ada penerus S2000. Bukti bahwa Honda masih niat buat memuaskan para fanatikan nya, as stated by om AD74YA di review Accord CR2 bahwa CR2 merupakan titik awal kembalinya Honda.

Mengenai forced induction, ya dipikir aja, sehebat-hebatnya cornering suatu mobil di track tapi kalo di lintasan lurus koit ya sama aja... Selain untuk comply dengan standar emisi yang ketat, forced induction juga membuatnya lebih kompetitif dengan rival - rival yang hampir semuanya pake forced induction.

Kalo mikir mobil yang "dikembangkan akuntan"... Ya emangnya salah? Perusahaan juga butuh survive dari segi keuangan. Most cars today juga "dikembangkan oleh akuntan"... Kalo sebuah perusahaan ga punya akuntan ya mampus. Ane sudah sering preach tentang aim nya Honda menciptakan Civic sebagai mobil yang ekonomis dari awalnya. Civic laris di US bukan karena fun - karena IRIT dan sesuai selera market.

Honda saat ini walaupun nggak bisa dibilang spirited - setidaknya saya ngerasa drivability nya lebih baik dari lawan - lawan sejenis. Driving position yang rendah dan nyaman, chassis yang makin dibuat kaku untuk mengurangi roll, transmisi CVT yang sigap, dan mesin yang masih bisa teriak sampe rev tinggi. Bukan hal yang fun, tapi entah kenapa banyak pabrikan saingannya sulit menyamai karakteristik Honda yang baru sekalipun - yang katanya boring.
Yes Om...saya ambil contoh dari kata sambutan pertama si Carlos Goshn pas dia masuk NIssan. Apa yang dia lakukan untuk membangkitkan keterpurukan NIssan saat itu? Bukan ngurusin volume maker, tapi dia malah mencetuskan untuk me-revive legenda mereka, the "GT-R". Dan segala daya upaya juga jiwa mereka dicurahkan, sehingga jadilah mobil yang banyak dipuji seantero jagat, bahkan seorang Jeremy Clarkson. Memang bukan hanya faktor ini aja sih, tapi ini menunjukkan NIssan masih punya passion dan jiwa untuk bisnis mereka, sehingga bisa bangkit dari keterpurukan. Setelah itu? Ya untuk sustainability, mereka langsung mengalihkan konsen ke volume maker mereka. Kalo engga, ya bye bye...

Jadi jangan terlalu mem-bash sebuah produk volume maker karena ya memang tujuan produk itu ya untuk volume maker. Kembali ke Honda, ya mereka survive diantara gempuran grup Astra dengan menyeimbangkan produk mereka, dimana ada kualitas yang dikurangi (banyak kadang-kadang :mky_04: ) tapi mereka mengimbanginya dengan satu atau dua hal positif (lirik sebuah produk yang usianya udah belasan taun tapi satu-satunya yang berubah cuman harga yang naik dan penambahan krum). Seengganya sekarang mulai kelihatan ko effort dari Honda untuk meningkatkan kualitas produk mereka.

Dan yg seperti om bilang, untuk urusan setir menyetir, H tegak ini (Menurut subjektif saya looohhh) masih yang terbaik. Rev tinggi, pandangan kedepan luas (bahkan sekelas LCGC), head room yang berlimpah, dll...yang anehnya, walopun tampak simpel tapi ga bisa ditiru pesaingnya. :big_bored:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by ChZ »

rechtmasta wrote: Wed Feb 22, 2017 5:23
Yes Om...saya ambil contoh dari kata sambutan pertama si Carlos Goshn pas dia masuk NIssan. Apa yang dia lakukan untuk membangkitkan keterpurukan NIssan saat itu? Bukan ngurusin volume maker, tapi dia malah mencetuskan untuk me-revive legenda mereka, the "GT-R". Dan segala daya upaya juga jiwa mereka dicurahkan, sehingga jadilah mobil yang banyak dipuji seantero jagat, bahkan seorang Jeremy Clarkson. Memang bukan hanya faktor ini aja sih, tapi ini menunjukkan NIssan masih punya passion dan jiwa untuk bisnis mereka, sehingga bisa bangkit dari keterpurukan. Setelah itu? Ya untuk sustainability, mereka langsung mengalihkan konsen ke volume maker mereka. Kalo engga, ya bye bye...

Jadi jangan terlalu mem-bash sebuah produk volume maker karena ya memang tujuan produk itu ya untuk volume maker. Kembali ke Honda, ya mereka survive diantara gempuran grup Astra dengan menyeimbangkan produk mereka, dimana ada kualitas yang dikurangi (banyak kadang-kadang :mky_04: ) tapi mereka mengimbanginya dengan satu atau dua hal positif (lirik sebuah produk yang usianya udah belasan taun tapi satu-satunya yang berubah cuman harga yang naik dan penambahan krum). Seengganya sekarang mulai kelihatan ko effort dari Honda untuk meningkatkan kualitas produk mereka.

Dan yg seperti om bilang, untuk urusan setir menyetir, H tegak ini (Menurut subjektif saya looohhh) masih yang terbaik. Rev tinggi, pandangan kedepan luas (bahkan sekelas LCGC), head room yang berlimpah, dll...yang anehnya, walopun tampak simpel tapi ga bisa ditiru pesaingnya. :big_bored:
Yeap... Sports lineup itu tujuan aslinya adalah brand image. Brand harus punya produk ikonik dan itu yang dikerjakan oleh Honda dengan NSX dan Nissan dengan GT-R. Yang akan memuaskan hasrat para enthusiast yang jumlahnya gak seberapa.

Sisanya ngikut selera mayoritas... Selera mayoritas apa? Ya mintanya mobil irit bin ekonomis. Makanya nyaris non sports lineup itu semua diciptakan dengan cara pandang ekonomis. Nissan bahkan non-sports lineup nya juga boring, ini kok ga ada yang protes? Malah terkenal nyaman produk - produk volume makernya, nggak ada rasa sportnya blas? BMW juga makin kesini makin nyaman...

Semua produk otomotif makin kemari tujuannya mengoptimalkan efisiensi = bagaimana menggunakan resource seminimal mungkin, tapi hasil semaksimal mungkin. Jadilah mesin kecil berturbo GDI yang kencengnya setara dengan V8 di masa lalu.

Product volume maker, ya tujuannya memenuhi keinginan konsumen mayoritas. Econobox. Paling hanya memaksimalkan drivability seperti Honda.

Dulu ane juga cuma memikirkan ego ane sebagai enthusiast dengan mengatakan Honda sekarang udah berubah... Tapi ketika ego itu ane kesampingkan dan coba melihat dari sudut pandang company, ane mulai memaklumi krn ini pil pahit yang harus ditanggung semua pabrikan tdk cuma Honda.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
cursQ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 680
Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by cursQ »

Bahkan ford mustang keluar versi eco dgn cc kecil gak lagi 5000cc up.. tp bukan berarti lebih lelet. Tp yah rasanya cc gueedeee gmn gituh hahaa.. tau review mustang eco pun dari forum tercinta ini.. aahhh kerennya SM ini
User avatar
cumulonimbus993
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Tue May 10, 2016 23:38

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by cumulonimbus993 »

ane nonton di pinggir dr lajur kiri aja dh.
bru punya H tegak yg roda 2 soaly.

mantap bahasany, tukar pendapat yg mnambah wawasan utk saya yg msh newbie ini.
it's about your driving style
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by ChZ »

cursQ wrote: Wed Feb 22, 2017 6:53 Bahkan ford mustang keluar versi eco dgn cc kecil gak lagi 5000cc up.. tp bukan berarti lebih lelet. Tp yah rasanya cc gueedeee gmn gituh hahaa.. tau review mustang eco pun dari forum tercinta ini.. aahhh kerennya SM ini
Mustang 4 silinder 2.3 Ecoboost... dan BMW 730Li... Contoh mobil gede yang dulu pake mesin raksasa minimal 6 silinder sekarang ada versi 4 silindernya...

Mau nyontek Jepang... mesin 2000cc bisa ngeluarin 400HP di Evo dulu... Jepang paling jago soal ginian dari dulu. Mesin 4 silinder bisa ngalahin 8 silinder.

Atau mesin 1.200cc tapi tenaganya buas... RX-7...

2.600cc bisa keluarin sampe ribuan HP... RB26

dan 2.500cc Diesel bisa ngeluarin 600hp....D-4D :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
cursQ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 680
Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by cursQ »

Ahhh F20C
Ahhh 13BREW
Ahhh SR20DET
Ahhh 4G63T
Ahhh 2JZ
Ahhh 4AGE

Ahhh semuanyaaaa
FRANKENSTEIN92
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Fri Dec 11, 2015 6:58

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by FRANKENSTEIN92 »

Honda buat fun to drive?

interior no

yg sy rasakan dari ge8 slama 5 tahun
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by vp920b »

Feelnya makin memburuk.

Tidak ada rasa honda lagi di HRV 1.8 saya.

Mesin lemot + Boros.

Masih bagusan CRV 2007 2.4 saya dan Oddyssey 2003 saya. Masih terasa honda, built quality masih top notch.

Sekarang yang penting model cantik, dalemnya tepos AKA murah semua.

Beda quality dengan yang saya lihat di north america.

Thanks
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by ChZ »

vp920b wrote: Wed Feb 22, 2017 9:58 Feelnya makin memburuk.

Tidak ada rasa honda lagi di HRV 1.8 saya.

Mesin lemot + Boros.

Masih bagusan CRV 2007 2.4 saya dan Oddyssey 2003 saya. Masih terasa honda, built quality masih top notch.

Sekarang yang penting model cantik, dalemnya tepos AKA murah semua.

Beda quality dengan yang saya lihat di north america.

Thanks
Ermmm... Ngisinya apa pak?

Mungkin boros relatip ya... Klw biasa pake SUV diesel y pasti ngerasa boros... Wkwkwkw...

HR-V Prestige 1.8 ane masih sanggup 9 - 10 km/l koq dan menurut ane sangat wajar... Larinya juga enak... Skali lagi klw bandinginnya sama Sorento Diesel ya beda.. Wkwkwk... Klw irit dan kencengnya benchmarking ke SUV Diesel kekinian yang "rasanya" kenceng... A bit unfair lol.

Yg kedua... Odyssey ama CR-V kelasnya aja udah jelas beda wkwkwkw.

Tapi klw Odyssey RC memang Honda yang ane hindari... Bukan krn downgrade dari Odyssey sebelumnya... Tapi price tag nya kemahalan untuk kualitas yang begitu.

Skali lagi ane bukan antek Honda ya... Cm berusaha fair dan objective saja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by vp920b »

Pertamax turbo om ChZ. Dunno, tapi dalkot di jakarta hanya dapet 1:7-8.

Saya dulu pakai Tucson jauh lebih galak dengan konsumsi BBM yang sama.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by ChZ »

vp920b wrote: Wed Feb 22, 2017 14:27 Pertamax turbo om ChZ. Dunno, tapi dalkot di jakarta hanya dapet 1:7-8.

Saya dulu pakai Tucson jauh lebih galak dengan konsumsi BBM yang sama.
G terbiasa bawa mobil CVT wkwkwkw.... Bawaan pengen bejeg krn tenaganya terlalu smooth...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
forumuser
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Sat Nov 21, 2015 19:45

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by forumuser »

kalau mindset saya selama ini, Honda itu fun to drive.. Tapi untuk merk ini so far cuma punya tahun lawas, City Z th 2000 dan Fit GD1 tahun 2003.. :mky_01:

Now:
XL7 2023, Avanza 2023
Past:
Freed 2013, Avanza 2018
Fit 2003, GL 2012
CItyZ 2000, SE 1987
DX 1982, Avanza 2006
Kijang 1996, Wonder 1987
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by vp920b »

Thats the problem, CVT.. As always and will be, saya benci transmisi tersebut..

Tapi lain cerita di audi punya CVT. wkwkwk..

Intinya sih, kalau saja kualitas Honda disini sama kaya di US or Europe, saya pasti akan puji karena beda banget rasanya yang disana dan disini..

That's all I can say dan itu pendapat saya..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by ChZ »

vp920b wrote: Wed Feb 22, 2017 14:49 Thats the problem, CVT.. As always and will be, saya benci transmisi tersebut..

Tapi lain cerita di audi punya CVT. wkwkwk..

Intinya sih, kalau saja kualitas Honda disini sama kaya di US or Europe, saya pasti akan puji karena beda banget rasanya yang disana dan disini..

That's all I can say dan itu pendapat saya..
I was a CVT hater... Hahaha... Tapi setelah experiencing days with OS PX CVT & HRV 1.8 CVT... Memang cara bawanya yang hrus diubah. Bkn transmisi yg enak dibawa asal injek... Diurut pelan-pelan baru enak... Dan memang purpose nya itu... Haha... Terkadang cara bawa kita yg hrs diubah bkn mobilnya yg buruk... At least itu ideologi yg selalu ane pakai setiap mau review mobil...

Honda d luar juga pake CVT om... Haha... Subaru pun pake CVT... Forester Turbo dan WRX baru pun pake CVT...

Klw ngomong kualitas ya ane gak bisa berkomentar deh... Hanya Tuhan dan petinggi HPM yang tau kenapa terjadi penurunan kualitas Honda lineups khususnya di AsPac... Mungkin saking komitmen dengan green mindset jadi plasticnya diganti ke recycled plastic... Nyaris semua pengguna awam cuek juga soal kualitas hahaha... Bokap saya bilang HRV interiornya mewah dan bagus... Lol.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: RE: Re: Perbandingan

Post by Pboyz97 »

ChZ wrote: Tue Feb 21, 2017 16:23


Yah ane ga mau berasumsi sih... Kalo nanya kenapa downgrade kualitas, cuma product planning division HPM yang bisa jawab... Ane bukan orang dalem HPM. Klw mau protes jangan sama ane om... Sama orang HPM aja... Ane gak dibayar sama HPM atau jadi karyawan Honda manapun...

Kualitas assembling CKD nya kacrut emang dari jaman GE8... Pernah kan ane cerita plastik bawah kolom setirnya tiba-tiba lepas padahal odo baru 10k? Makanya ane gak kaget... Freed juga nggak kalah kampret build quality nya... Ane ngomongin Freed dari keluaran awal banget ya, bukan Freed keluaran sekarang. Penyakit klasiknya Honda - Honda dulu juga... Power window suka ngadat... Hobi rattling udah dari jaman dulu juga... Gak kaget.

Portfolio ane udah ganti mobil Honda berkali - kali dan gak kaget sama kualitasnya dan gak pernah punya Brio brothers jadi gak pernah ngerasain penurunan yang signifikan sekali dan wajar aja namanya mobil murah. RE kan emang keras dan peredamannya gak enak... RM jauh lebih mature dampernya dan chassisnya in fact makin kaku 60% di RM.

RM dan FB - keliatan sekali penurunannya memang, well kalo liat history nya kedua mobil ini memang develop di masa yang nyaris sama, ane masak harus ngulang cerita gimana FB dikembangin waktu Honda lagi krisis? Sampe bosen ngulang ceritanya nih.

K24 RM emang mesinnya gilingan tebu gimana? Ga ngeh ane... Perasaan dl pake enak-enak aja... Unit yang mirip dengan CP2 Accord kok. Sama-sama K24 downpipe dan intake plastik. Klw L serie emang gilingan tebu nya berasa... Wajib ganti knalpot lineup engine SOHC nya... L maupun R... At least they still give us a high-revving engine... Hehe...

Ane gak ngefans dengan Honda baru - baru kecuali Civic dan Accord.... dan upcoming 2017 CR-V... Tapi masih akan consider untuk pemakaian harian. Just because they are getting boring does not mean they are not a good car...

Untuk hobby ane akan cari Accord CM5 Manual atau Ferio B or K swapped... Krn Honda dari dulu diciptakan untuk diobrak-abrik internalnya...
That's the point, mengapa ane jauh lebih suka dengan honda2 jebot dibanding honda sekarang, karena internalnya gampang dimodif hahaha,

Kalo K24 RM ,ya ga se-intimidating RE & RD sih menurut ane / mungkin hanya perasaan ane aja kali ya & handling serta steering feedbacknya ga sebaik RE menurut ane , kalo suspensi ane akui RM lebih empuk daripada RE yang keras, selain itu , kenyamanan & akomodasi RM juga lebih baik daripada RE, apalagi dengan penambahan airvent di RM . Tapi tetep aja, secara overall RM ga jauh beda dari RE secara keseluruhan menurut ane, kecuali desain exteiror - interior yang lebih futuristis, fitur yang sedikit lebih banyak dari RE & kenyamanan serta keempukan suspensi yang lebih baik daripada RE,oh iya, RM juga lebih baik daripada RE dari segi efisiensi BBM menurut ane, tapi tetep aja RM terasa overprice & kurang worth dengan apa yang didapat, apalagi waktu itu ada gossip bakal launch CX5 , karena secara overall tetep aja mirip2 sama RE impresinya, tapi kita bayar dengan harga yang lebih mahal dari sebelumnya, walaupun secara engineering ane akui RM lebih baik dibanding RE. Bokap ane pun setuju akan hal tersebut & akhirnya tidak jadi mengupgrade CRV RE keluarga ane menjadi RM pas RM baru launch dulu & lebih menunggu kabar soal CX5 & akhirnya bokap ane memutuskan untuk SPK CX5 2.0 Touring pada maret 2013 kemarin setelah TD & lihat2 dipameran karena dirasa lebih unggul daripada RM dari segala sisi kecuali peforma ( CX5 2.0 VS RM 2.4 ), kenyamanan , akomodasi & brand namenya hehehe, mendarat lah mobil tersebut di garasi pas juni 2013 lalu & masih dipelihara sampe sekarang dengan KM udah 95K.Sorry malah jadi OOT dimari :big_peace:

Ane juga ga ngefans dengan honda2 baru kecuali Civic FC , HRV , Accord CR2 & CRZ . Kalo CRV 2017 masih bakal wait n see dulu deh, soalnya bokap ane lagi kepincut sama tuh mobil buat gantiin CRV RE 2011 ane yang udah penyakitan & gagal dilego 3 tahun lalu gara2 CX5 bangku belakangnya jauh lebih sempit daripada RE hahaha :big_biglaugh:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by vp920b »

ChZ wrote: Wed Feb 22, 2017 15:39
vp920b wrote: Wed Feb 22, 2017 14:49 Thats the problem, CVT.. As always and will be, saya benci transmisi tersebut..

Tapi lain cerita di audi punya CVT. wkwkwk..

Intinya sih, kalau saja kualitas Honda disini sama kaya di US or Europe, saya pasti akan puji karena beda banget rasanya yang disana dan disini..

That's all I can say dan itu pendapat saya..
I was a CVT hater... Hahaha... Tapi setelah experiencing days with OS PX CVT & HRV 1.8 CVT... Memang cara bawanya yang hrus diubah. Bkn transmisi yg enak dibawa asal injek... Diurut pelan-pelan baru enak... Dan memang purpose nya itu... Haha... Terkadang cara bawa kita yg hrs diubah bkn mobilnya yg buruk... At least itu ideologi yg selalu ane pakai setiap mau review mobil...

Honda d luar juga pake CVT om... Haha... Subaru pun pake CVT... Forester Turbo dan WRX baru pun pake CVT...

Klw ngomong kualitas ya ane gak bisa berkomentar deh... Hanya Tuhan dan petinggi HPM yang tau kenapa terjadi penurunan kualitas Honda lineups khususnya di AsPac... Mungkin saking komitmen dengan green mindset jadi plasticnya diganti ke recycled plastic... Nyaris semua pengguna awam cuek juga soal kualitas hahaha... Bokap saya bilang HRV interiornya mewah dan bagus... Lol.
Betul om saya setuju. CVT harus di urut. OSPX koko saya juga begitu. Tapi saya bisa terima kekurangan OSPX dari segi built quality yang bagus(buatan thailand ya?).

Untuk subaru dulu saya pakai yang non CVT itupun jelek. Untung bisa dibayar dengan handling.

Oh well, terima nasib aja kalau disini mah urusan quality..
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by Pboyz97 »

ChZ wrote: Wed Feb 22, 2017 15:39
vp920b wrote: Wed Feb 22, 2017 14:49 Thats the problem, CVT.. As always and will be, saya benci transmisi tersebut..

Tapi lain cerita di audi punya CVT. wkwkwk..

Intinya sih, kalau saja kualitas Honda disini sama kaya di US or Europe, saya pasti akan puji karena beda banget rasanya yang disana dan disini..

That's all I can say dan itu pendapat saya..
I was a CVT hater... Hahaha... Tapi setelah experiencing days with OS PX CVT & HRV 1.8 CVT... Memang cara bawanya yang hrus diubah. Bkn transmisi yg enak dibawa asal injek... Diurut pelan-pelan baru enak... Dan memang purpose nya itu... Haha... Terkadang cara bawa kita yg hrs diubah bkn mobilnya yg buruk... At least itu ideologi yg selalu ane pakai setiap mau review mobil...

Honda d luar juga pake CVT om... Haha... Subaru pun pake CVT... Forester Turbo dan WRX baru pun pake CVT...

Klw ngomong kualitas ya ane gak bisa berkomentar deh... Hanya Tuhan dan petinggi HPM yang tau kenapa terjadi penurunan kualitas Honda lineups khususnya di AsPac... Mungkin saking komitmen dengan green mindset jadi plasticnya diganti ke recycled plastic... Nyaris semua pengguna awam cuek juga soal kualitas hahaha... Bokap saya bilang HRV interiornya mewah dan bagus... Lol.
Saya setuju sama apa yang dikatakan sama om VP 920B, kalau saja kualitas honda disini sama kaya di US/ Europe/ minimal setara malay/ SG / Thai deh spek & qualitynya, tapi harga kaya harga di Indo, pasti saya akan tetap sanjung merek honda & akan mempertimbangkan honda kembali buat pemakaian harian maupun hobi , inti dari pernyataan saya, saya ga anti sama honda sama sekali sebenarnya, cuma saya kurang suka sama HPMnya, bukan sama hondanya, saya akui kalau produk honda itu bagus2, tapi mengapa kualitas honda yang dijual disini itu berbeda jauh dengan negara lain, jangankan sama US / Europe, sama SG / Malay / Thailand aja spek kita kalah canggih & kelihatan banget sunatannya,masih mending cuma fitur gimmick doang yang disunat, ini malah kualitas material sama BQnya juga ikutan disunat, yang mirisnya juga terjadi di lineup termahalnya yaitu MPV dengan harga 700jt, lengkap deh jadinya :frm_bang_head: , udah gitu harganya naik banyak lagi :big_slap: . That's all of my opinion about honda in indonesia nowdays.

Setuju juga sama om CHZ, itu maksud utama yang ingin saya samapikan di thread ini, memang hanya Tuhan & petinggi HPM aja yang tau kenapa terjadi penurunan kualitas hampir di semua lineupnya yang dijual di indonesia (kecuali CR2 , CRZ, HRV & FC1), kalo aspac ya kurang tepat, mungkin Asteng lebih tepatnya om hahaha, soalnya negara2nya lebih dekat dengan Indo. Mungkin saking pengen ramah lingkungan ya/ beneran pengen cost reduction yang besar2an jadinya plasticnya diganti ke recyled plastic / garbage plastic buat trio BBM , & that's the point, mayoritas konsumen cuek soal kualitas, yang penting lambangnya H tegak, ASS & RV terjamin, bisa minum BBM subsidi , nyaman & tampilan mewah , makanya HPM berpikir "kalo dikasih yang kualitas begitulah aja udah laku, ngapain mesti kasih yang top notch quality", ya secara ga langsung pola pikir sebagian besar konsumen kita yang masih "brand minded" itulah yang mempengaruhi apa yang terjadi pada line up honda di Indonesia saat ini. Kalo bokapnya om CHZ bilang HRV interiornya mewah & bagus ga salah kok, saya juga punya pandangan yang sama, paling modern & enak dilihat dibanding rivalnya kok seperti S-cross, Trax & Juke, cuma assemblingnya yang kacrut aja yang jadi penghambatnya , kalo sama mazda CX3 belom tau komparasinya gimana hahaha
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV