Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by Turboman »

Hingga hari ini mesti diakui bahwa Transmisi otomatis konvensional dgn Torque converter masih merajai utk kemampuan menghandle Torsi besar

Bisa dilihat pada gambar sample Matic dr Aisin warner bahwa rata2 Matic utk RWD kemampuan mengnandle Torsi lebih besar drpd rata2 Matic utk FWD

skg bisa dilihat perbandingan dengan CVT utk cc besar yg dibuat Jatco
http://www.jatco.co.jp/ENGLISH/products/cvt/jf010e.html

The 1st in the world* to mass produce what was considered the impossible, a “3.5 liter class” belt CVT.

kemampuan CVT yg terbesar dari Jatco utk mesin 3500 cc itu cuman setara Matic RWD Aisin kelas 3040 yg juga utk sama sama mesin 3500 cc

Yang menarik adalah bahwa mobil mobil Double Cabin dan SUV ladder frame rata rata menggunakan Transmisi otomatis kemampuan tinggi, karena pertimbangan kendaraan2 tsb harus dapat menghela trailer hingga 3 Ton-an, dan yang menarik transmisi otomatis yang digunakan seringkali sama spt yg digunakan sedan mewah cc besar / mobil sport cc besar !!

Seperti Maticnya Chevy Colorado & Trailblazer itu menggunakan GM 6L50 yang notabene sama spt matic-nya Cadillac STS / Camaro V6 dimana kemampuan menghandle Torsi yg besar, krn TB 2.8 spec Torsinya aja udah 470 Nm (stock)

Maticnya Isuzu D-Max / MU-X menggunakan Aisin TB 50 LS yang sanggup menghandle Torsi hingga 450 Nm scr santai (short burst 500 an Nm kayaknya kuat)

AN Ranger dan AN BT 50 menggunakan matic Ford 6R80 (thanks info om billy) yg notabene adalah kembaran ZF 6HP26 yang digunakan di BMW seri 5 dan seri 7 yg cc besar, matic Ford 6R80 ini juga digunakan pada Ford F150......dimana variant tertinggi-nya sanggup menghandle Torsi hingga 800 Nm !!!

Sedangkan Ipah & 42ner D4 D mengggunakan Aisin 3040 / A 304 yang mana matic tsb utk kelas mesin 3500 cc (350 Nm) yang mana bbrp variant zaman dulu pernah digunakan di Toyota Supra Turbo dan Lexus LS 400 generasi pertama (sanggup hanlde Torsi 400 Nm), kapabilitas utk handle 600 Nm scr short burst sudah terbukti.

So bagi para penggemar modif, mempelajari spec matic dr mobil yang dimiliki / hendak dibeli adalah hal yg menarik

Salam 2 pedal
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by billyd1773dz »

^^
wkwk menarik :D

bwat oprut sendiri sebenernya lebih bandel pke matic untuk di siksa, apalagi untuk trek tricky......
pke MT sering clutch nya yg kalah klw disiksa atw d trek tricky, yg suka hrs ngerayap dgn setengah kopling.
matic selama cooling n oil baik dan g ada kebocoran biasanya lebih bandel.
tp ya klw kebeneran maticnya rontok betulinnya sulit mending ganti segeluntung aja.

selain itu efek ke kaki-kaki dan axle, pke AT biasanya lebih sopan g gampang ngerusak kemana2 klw di siksa. pke MT klw kita lagi napsu gampang aja berujung ke axle rontok.

pengalaman pke AW4 kembaran Aisin A340

memang klw bicara unsur *FUN* nya sih MT masih blm tergantikan.

CVT paling kuat sekarang mungkin di forester 2.0 XT dan di Outback 2.0D mungkin CVT di turbo diesel pertama dan punya towing capacity 1.7T.... CVTnya in house subaru,
bukan jatco punya kaya kebanyakan brand lain.
yang jatco pke Metal-Belt. sedangkan subaru pakai Chain. jaman honda jazz masih pke rubber.

cmiiw
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by artoodetoo »

Bagaimana soal menghadapi tanjakan/turunan curam dan panjang?
Banyak yg melaporkan mobilnya bau sangit
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by Turboman »

Thx udah mampir om billy

sy sgt appreciate member spt om billy ini, berwawasan sgt luas :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright: .....bahkan nengok kolong mobil aja udah tahu gardannya buatan DANA atau bukan......ilmu nubie benar2 masih jauh utk nyampe ke sana.........hwhwhiwhihwihwihwhwiih

ditunggu cerita2 menariknya lagi um
:mky_01: :mky_01:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by marmut »

Turboman wrote:Hingga hari ini mesti diakui bahwa Transmisi otomatis konvensional dgn Torque converter masih merajai utk kemampuan menghandle Torsi besar
bahkan truk Kenworth pun pasih mengandalkan torque converter. pun sampai saat ini, sejauh informasi yang saya dapat, mobil-mobil dengan mesin high output yang bertransmisi matic, tetap memakai torque converter.
entah kenapa, ketika saya mencoba CVT rasanya seperti duduk di dalam mobil berhenti terparkir dengan RPM yang idle-nya 3500an.
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by madcat015 »

marmut wrote:
Turboman wrote:Hingga hari ini mesti diakui bahwa Transmisi otomatis konvensional dgn Torque converter masih merajai utk kemampuan menghandle Torsi besar
bahkan truk Kenworth pun pasih mengandalkan torque converter. pun sampai saat ini, sejauh informasi yang saya dapat, mobil-mobil dengan mesin high output yang bertransmisi matic, tetap memakai torque converter.
entah kenapa, ketika saya mencoba CVT rasanya seperti duduk di dalam mobil berhenti terparkir dengan RPM yang idle-nya 3500an.
Betul, transmisi CVT memang bikin feel mengemudi agak hambar, tidak ada powerloss yang terjadi saat transmisi melakukan shifting.. Geared AT masih lebih menyenangkan...

*pendapat subyektif seorang nubitol sotoy di SM* :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
sepatupuma
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 198
Joined: Tue Oct 01, 2013 8:02
Location: DCI Djakarta

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by sepatupuma »

artoodetoo wrote:Bagaimana soal menghadapi tanjakan/turunan curam dan panjang?
Banyak yg melaporkan mobilnya bau sangit
Boleh tau apakah ini keluhan untuk CVT atau Torque Converter ya?
Kalo cuma buat tampilan, berarti ga ada fungsinya. Kalo ga ada fungsinya, buat apa dipasang?
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by walid_007 »

Transmisi otomatis tidak sperti yg kita pikirkan dulu....

Jauh lebih hemat daripada manual untuk fc
Untuk parts pun juga, hanya tinggal nganti oli,, tdk seperti manual yg sering disc cluth cover cluth ganti..
Dan untuk mobil disel yg di modif, pk matic lebih enak, krn ga selip2 koplingnya...


Ngomong2 om turbo, matic mobil tuwir gwe seri brp yah omm.. udah 200k masih awet aja bawaanya....
engine roaring!
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by billyd1773dz »

Turboman wrote:Thx udah mampir om billy

sy sgt appreciate member spt om billy ini, berwawasan sgt luas :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright: .....bahkan nengok kolong mobil aja udah tahu gardannya buatan DANA atau bukan......ilmu nubie benar2 masih jauh utk nyampe ke sana.........hwhwhiwhihwihwihwhwiih

ditunggu cerita2 menariknya lagi um
:mky_01: :mky_01:
halahh :mky_01: justru s om ni yg ngeracunin mainan diesel crd hehehe :D

owhh jelas gampang kok ngolong di bonggol gardannya kan ada cap tulisan DANA hahahaha :D
dan desain khasnya jg sih... ada katalog n ciri2nya d inet sih gardan2 populer d amrik.
artoodetoo wrote:Bagaimana soal menghadapi tanjakan/turunan curam dan panjang?
Banyak yg melaporkan mobilnya bau sangit
sebenernya ane pke cherokee n grandcherokee d siksa gmn jg rasanya blm pernah mencium bau sangit dari transmisi. dlu gb bmw e46 jg engga pernah bau.

di mirage CVT juga blm pernah deh, meski ada temen yg bilang pernah bau jg sih.....

mungkin dari rem kali....... engga tau engine brake, atau memang engine brakeny minim jadi di teken terus rem nya...

marmut wrote:
Turboman wrote:Hingga hari ini mesti diakui bahwa Transmisi otomatis konvensional dgn Torque converter masih merajai utk kemampuan menghandle Torsi besar
bahkan truk Kenworth pun pasih mengandalkan torque converter. pun sampai saat ini, sejauh informasi yang saya dapat, mobil-mobil dengan mesin high output yang bertransmisi matic, tetap memakai torque converter.
entah kenapa, ketika saya mencoba CVT rasanya seperti duduk di dalam mobil berhenti terparkir dengan RPM yang idle-nya 3500an.
torque converter tu isinya fluida yg di aduk.. tp bisa gerakin mbl puluhan ton ber torsi raksasa.. keren yah.... hahaha :D

konon efek dari adukan itu di kondisi tertentu bisa seakan2 naikin torsi hingga 2x, mungkin kaya di tengkep setengah kopling, tp g ada komponen yg rawan aus karna bergesekan *kan isinya fluida* jd aman2 aja g kya clutch d tengkep.. jadi liat aja d mbl matic 4spd gigi 1 nya cuma d ratio 2.8 berbeda dgn yg MT gigi 1 ada di atas 3.0 bahkan 4.0 ... tp pickup start awalnya masih sama2 baik, dan sama2 bisa ngerayap kecepatan rendah. malah soal ngerayap sih enakan matic hehe :D

efek adukan ini jg yg bikin powerloss dan kurangnya efisiensi d kecepatan menengah tinggi karna selalu ada perbedaan putaran d dalam TC.... jadi dibikin TC yg bisa lockup ngilangin perbedaan putaran dari adukan TC ini, jadi klw kopling kya uda di lepas, g ada selip lagi. dulu lock up cuma terjadi di kecepatan tinggi. nah matic modern mulai di buat biar jalan dikit uda lockup.


hehe memang karakternya CVT gtu om.. ga ada shift dan memang ga ada giginya..... hehe :D kec CVT-7 jatco 2speed,kadang klw nanjak suka kerasa shift down ke low gearnya hehe :D

Jatco CVT-7 di mirage salah satunya, jalan dikit mulai kecepatan 10kmh jeda 1-2s uda lansung kerasa lockup,tandanya rpm turun kya dpt beban setelah d lepas koplingnya dan mbl langsung gerak cepat... imho sih bwat daily driving nyupir santai, atw ngebut halus,*selama setan childish nya g lagi kumat* CVT adalah gb matic pling enak......... haluss minim loss dan slip bwat nanjak jg g ada gear hunting bisa melesat terus d torsi maksimal....enginebrake jg ada terus.. g heran fc nya bisa lebih baik dari MT


tapi bgtu si setan ngehasut n bikin gatel pingin gegeberan,agresif driving, dll... cape deeh...... paling ga enak tuh waktu gaspol... melonglong g karuan,kya orng ga tau kpn shift up... yg ngendaliin akselerasi jd TCM untuk mindahan ratio gb bukan percepatan rev mesin..... jd hubungan driver ke akselerasi uda makin minim,

mending panteng aja rpm d torsi ntar ngacir sendiri, rpm jg masih naik.. ga diam seperti saat d kickdown. tp yah yg namanya lagi napsu maunya bejek abis ehehe :D



klw orng awam bilang AT geared uda g *Fun* ... maka CVT even worst lagi.....
sebaliknya soal comfort CVT jauh lebih baik dr geared AT jg.

klw d supirin, atw nyupirin nyonya uda pasti mending pke cvt hehehe :D smooth.......

untung skrng ada CVT paddleshift hehe :D

kelemahan CVT lain... ya di perawatan.. harus pke CVTF oil,bukan ATF biasa... dan peggantian yg lebih cepet hingga tiap 40rb KM..


seperti yg om turbo bilang torque capacity nya juga g sebaik geared AT. dan g yakin kekuatannya klw di siksa...

madcat015 wrote:
marmut wrote:
Turboman wrote:Hingga hari ini mesti diakui bahwa Transmisi otomatis konvensional dgn Torque converter masih merajai utk kemampuan menghandle Torsi besar
bahkan truk Kenworth pun pasih mengandalkan torque converter. pun sampai saat ini, sejauh informasi yang saya dapat, mobil-mobil dengan mesin high output yang bertransmisi matic, tetap memakai torque converter.
entah kenapa, ketika saya mencoba CVT rasanya seperti duduk di dalam mobil berhenti terparkir dengan RPM yang idle-nya 3500an.
Betul, transmisi CVT memang bikin feel mengemudi agak hambar, tidak ada powerloss yang terjadi saat transmisi melakukan shifting.. Geared AT masih lebih menyenangkan...

*pendapat subyektif seorang nubitol sotoy di SM* :ngacir:
yups setuju om.. :D

suara mesin se cantik apapun runyam klw d bejek pke CVT hehe :D

kec paddleshift. atau ada mode S# kya forester 2.0XT jadi steptonik 8spd only hehe :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by ChZ »

madcat015 wrote:
marmut wrote:
Turboman wrote:Hingga hari ini mesti diakui bahwa Transmisi otomatis konvensional dgn Torque converter masih merajai utk kemampuan menghandle Torsi besar
bahkan truk Kenworth pun pasih mengandalkan torque converter. pun sampai saat ini, sejauh informasi yang saya dapat, mobil-mobil dengan mesin high output yang bertransmisi matic, tetap memakai torque converter.
entah kenapa, ketika saya mencoba CVT rasanya seperti duduk di dalam mobil berhenti terparkir dengan RPM yang idle-nya 3500an.
Betul, transmisi CVT memang bikin feel mengemudi agak hambar, tidak ada powerloss yang terjadi saat transmisi melakukan shifting.. Geared AT masih lebih menyenangkan...

*pendapat subyektif seorang nubitol sotoy di SM* :ngacir:
setuju banget.... nyetir mobil CVT itu boring...ngantuk...bosen...dst... karena gak ada nyentaknya :mky_03:

tetep nyetir geared A/T itu lebih enak... meskipun hanya 4-speed :mky_03: juga lebih kuat buat di abuse :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by marmut »

ChZ wrote:.... nyetir mobil CVT itu boring...ngantuk...bosen...dst... karena gak ada nyentaknya :mky_03:
mungkin lebih tepatnya, CVT buat orang sepuh yang jantungan...
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by artoodetoo »

sepatupuma wrote:
artoodetoo wrote:Bagaimana soal menghadapi tanjakan/turunan curam dan panjang?
Banyak yg melaporkan mobilnya bau sangit
Boleh tau apakah ini keluhan untuk CVT atau Torque Converter ya?
Saya kurang paham tapi kalo ndak salah Torque Converter
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by datsu »

Accord CM5 5 A/T Torque Converter.

Jebol di KM 171rb, harus ganti full clutch set. (dari 23 kampas gak semua sih habis, tapi mumpung overhaul ya baiknya ganti semua kampas).
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by Jambangan »

datsu wrote:Accord CM5 5 A/T Torque Converter.

Jebol di KM 171rb, harus ganti full clutch set. (dari 23 kampas gak semua sih habis, tapi mumpung overhaul ya baiknya ganti semua kampas).
Wah kena brp tuh om overhaul nya??
Di beres apa dimana??
Tapi wajarlah odo nya aja udh segitu. Emang udh waktunya mungkin :e-think:
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by datsu »

hampir 13 juta. Jasa + spare part. Di ricardo matic om Jambangan...

Hmm,, gak juga,,, kalo pemilik sebelumnya rajin KURAS oli matic, harusnya lebih dr 200rb km sampai lifetime.
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by htannis »

sekalian nanya dong kalau matic kayak punya innova sebenarnya ada kopling gak? dan kalau ada brp lama habis dan harus diganti?
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by kompresorz »

syukurlah transmisi matik saya gak rusak..pdhl kadang klo di tol mendadak saya pindah manual sampe transmisi ganti sendiri...n pernah paksa rem gigi sampe gigi 1 malah rpmnya tinggi meraung...malah bbrp x diposisi netral n gas rpm 3ribuan terus masuk gigi...yang ada lari kaga nyentak ya...deso... :big_biglaugh:


semoga awet aja.. :e-pray:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by billyd1773dz »

Turboman wrote:
Sedangkan Ipah & 42ner D4 D mengggunakan Aisin 3040 / A 304 yang mana matic tsb utk kelas mesin 3500 cc (350 Nm) yang mana bbrp variant zaman dulu pernah digunakan di Toyota Supra Turbo dan Lexus LS 400 generasi pertama (sanggup hanlde Torsi 400 Nm), kapabilitas utk handle 600 Nm scr short burst sudah terbukti.

So bagi para penggemar modif, mempelajari spec matic dr mobil yang dimiliki / hendak dibeli adalah hal yg menarik

Salam 2 pedal
A340 kli y om............

owh bru tw rate official nya hanya 350Nm :D tp kenyataannya sampai 600nm jg masih nahan yah.. hahha :D


pernah denger ada aftermarket bwat upgred valve body gb fortuner/ipah bwat handle high torque memang efektif g tu om?

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
shale shaker
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Sat Nov 17, 2012 1:47

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by shale shaker »

Inserezing topic…

Sebagai first timer pengguna mobil AT, dulu saya sempet ragu dgn kemampuanya. Setelah pakai beberapa lama, saya takjub dgn performa AT ini dan juga penasaran. Dengan rasa penasaran ini, saya browsing di youtube seputaran torque converter dan nemu ada banyak video yang menunjukkan komponen utama sebuah TC, yaitu impeller, turbine dan stator.

Permisi suhu-suhu SM, nubie sekedar berbagi saja ttg TC…

Sya pernah lihat ada video simulasi cara kerja TC dengan 2 buah kipas angin yang ditaruh berhadapan dan berdekatan. Salah satu kipas dinyalakan dan anginnya digunakan untuk menggerakkan kipas di depannya. Kipas yang dinyalakan seolah2 adalah impeller yang terhubung dengan putaran mesin mobil, dan kipas yang digerakkan oleh angin adalah turbine yang tersambung dengan transmisi entah type geared atau CVT. Angin disini sendiri adalah mensimulasikan oli ATF. Persis seperti yg dijelaskan om billyd sebelumnya.

Yang menarik adalah diantara diantara impeller dan turbine ini ada satu lagi piringan disebut "stator". Jadi jika mesin nyala (artinya impeller berputar) tetapi mobil masih diam (turbine tdk berputar), maka si stator ini akan sedemikan rupa mengarahkan aliran fluida ke bilah turbin dengan sudut tertentu sehingga didapat torsi yang besar pada shaft transmisi, lebih besar dari torsi shaft mesin (dgn kata lain ini adalah efek torque multiplier). Torsi yang besar ini digunakan untuk memicu mobil bergerak dari keadaan diam. Jika mobil sudah mulai berjalan effect torque multiplier ini akan berkurang karena stator akan secara perlahan mengikuti putaran poros turbin. Inilah mungkin kenapa mobil matic tidak perlu tekan gas untuk bergerak maju dari posisi diam, karena memang torsi besar sudah tersedia dari putaran awal.

Maaf kalau ada yang salah.....mohon dikoreksi.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by billyd1773dz »

shale shaker wrote:Inserezing topic…

Sebagai first timer pengguna mobil AT, dulu saya sempet ragu dgn kemampuanya. Setelah pakai beberapa lama, saya takjub dgn performa AT ini dan juga penasaran. Dengan rasa penasaran ini, saya browsing di youtube seputaran torque converter dan nemu ada banyak video yang menunjukkan komponen utama sebuah TC, yaitu impeller, turbine dan stator.

Permisi suhu-suhu SM, nubie sekedar berbagi saja ttg TC…

Sya pernah lihat ada video simulasi cara kerja TC dengan 2 buah kipas angin yang ditaruh berhadapan dan berdekatan. Salah satu kipas dinyalakan dan anginnya digunakan untuk menggerakkan kipas di depannya. Kipas yang dinyalakan seolah2 adalah impeller yang terhubung dengan putaran mesin mobil, dan kipas yang digerakkan oleh angin adalah turbine yang tersambung dengan transmisi entah type geared atau CVT. Angin disini sendiri adalah mensimulasikan oli ATF. Persis seperti yg dijelaskan om billyd sebelumnya.

Yang menarik adalah diantara diantara impeller dan turbine ini ada satu lagi piringan disebut "stator". Jadi jika mesin nyala (artinya impeller berputar) tetapi mobil masih diam (turbine tdk berputar), maka si stator ini akan sedemikan rupa mengarahkan aliran fluida ke bilah turbin dengan sudut tertentu sehingga didapat torsi yang besar pada shaft transmisi, lebih besar dari torsi shaft mesin (dgn kata lain ini adalah efek torque multiplier). Torsi yang besar ini digunakan untuk memicu mobil bergerak dari keadaan diam. Jika mobil sudah mulai berjalan effect torque multiplier ini akan berkurang karena stator akan secara perlahan mengikuti putaran poros turbin. Inilah mungkin kenapa mobil matic tidak perlu tekan gas untuk bergerak maju dari posisi diam, karena memang torsi besar sudah tersedia dari putaran awal.

Maaf kalau ada yang salah.....mohon dikoreksi.
yup.... :D :D


paling jelasnya tonton aja ini
http://www.youtube.com/watch?v=leCEmJA0WsI

dijamin langsung ngerti cara kerja torque converter hehehe :D



dari Torque Converter, ntar ada Viscous Coupling Differential hehehe :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by billyd1773dz »

htannis wrote:sekalian nanya dong kalau matic kayak punya innova sebenarnya ada kopling gak? dan kalau ada brp lama habis dan harus diganti?
mestinya ada...... :D :D

tergantung sih umurnya... klw ipah std sih kyanya asal olinya bagus, bisa lama.. ya tau sendiri tenaga 2KD std gmn..

nah klw ipah monster :mky_02: :mky_02: :mky_02: hehehehe :D gtw nih....... ganti gearbox valve body ngaruh g yah.




dulu XJ gw yg sama2 a340based ganti clutchset di 140rb km, setelah di siksa oprut berkali-kali, mulai d pke oprut dri km 80rb, termasuk jalan tampa oli karna line ke 2nd transcoolernya bocor, beberapa kali g kapok2....... blm rontok sih, cuma uda rada lemot aja.

pengalaman di XJ, suhu gearbox malah lebih panas dari mesin... biasanya gearbox dulu yg panas, baru mesin. double transcooler sembuh overheating d mesin juga.

d usa bnyk yg nyaranin valve body ganti yg punya supra.

oya XJ *hanya* 190ps 300nm


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
sepatupuma
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 198
Joined: Tue Oct 01, 2013 8:02
Location: DCI Djakarta

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by sepatupuma »

shale shaker wrote:.... lebih besar dari torsi shaft mesin (dgn kata lain ini adalah efek torque multiplier). Torsi yang besar ini digunakan untuk memicu mobil bergerak dari keadaan diam. Jika mobil sudah mulai berjalan effect torque multiplier ini akan berkurang karena stator akan secara perlahan mengikuti putaran poros turbin. Inilah mungkin kenapa mobil matic tidak perlu tekan gas untuk bergerak maju dari posisi diam, karena memang torsi besar sudah tersedia dari putaran awal.
Dan efek torque multipliernya ternyata cukup besar untuk menahan mobil tidak mundur ketika kondisi stop & go di tanjakan.

Btw sy juga pengguna pertama AT. :big_peace:
Kalo cuma buat tampilan, berarti ga ada fungsinya. Kalo ga ada fungsinya, buat apa dipasang?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by Turboman »

billyd1773dz wrote:[
pengalaman di XJ, suhu gearbox malah lebih panas dari mesin... biasanya gearbox dulu yg panas, baru mesin. double transcooler sembuh overheating d mesin juga.

d usa bnyk yg nyaranin valve body ganti yg punya supra.

oya XJ *hanya* 190ps 300nm


:beer:
Whoaaaaa ini diaaaa tulisan menarik :e-clap: :e-clap: :e-clap:

Saya benar2 salut dgn om billy, pengalaman oprek dan research teknikalnya benar2 Ruarrr Biasa :frm_tumbright: :frm_tumbright:
User avatar
gils
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 532
Joined: Mon Jun 03, 2013 18:49
Location: Jakarta-Bandung (via Tol)
Daily Vehicle: 2009 Toyota Vellfire

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by gils »

datsu wrote:hampir 13 juta. Jasa + spare part. Di ricardo matic om Jambangan...

Hmm,, gak juga,,, kalo pemilik sebelumnya rajin KURAS oli matic, harusnya lebih dr 200rb km sampai lifetime.
betul om datsu.. crv 2.4L 2007 saya sekarang dah 195rb km. bentar lg pecah telor 200rb km.. service selalu di beres aja, ngikutin beres.. so far gada masalah di transmisinya.. cuman sudah gak sehalus dulu aja..


btw.. kalo mobil matic sering dipake jalan cepet sekitar 150-160.. ada efek samping nya gak ya? apa ada langkah2 biar tetep awet tu matic.. ini buat yaris sy, tiap minggu dipake bolak balik jkt-bdg.. n sering jalan cepat..
For everything, there is a season, there is a reason...

2009 Toyota Vellfire
2010 Honda Jazz RS
User avatar
peace
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Tue Jul 31, 2012 4:31

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by peace »

Mau tanya om
Bagaimana dengan kekuatan matik dct fiesta sport?
Saya punya diumur menjelang 3 tahun ada 3x balok balik beres masalah transmisi yaitu penggantian tcm, dual clutch, satulagi lupa

Sedih juga dengan reliabilitas dct fiesta...pedahal mobilnya sangat enak dikendarai .....kalo tranmisi tidak bermasalah nilai ffs bagi ane cukup tinggi