Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Prestige
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1172
Joined: Thu Jul 11, 2013 14:03

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by Prestige »

Pernah tes CRV RM ane yg masi std
Kalo posisi gear "D" agak susah naeknya
Akhirnya dlu pas mao k lippo lewat tol, tes gear "S" dan sampe 150 .. mantep triptoniknya ..
*itu juga keadaan lgi sepi :big_slap:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by imsus2c »

Yusaku wrote:Om imsus2c, ane boleh muhun tanya bengkel matic kenalan Om di Surabaya yang terima kuras ama overhaul matic ? Matur Sembah Nuwun :)
Sekalian update ya Pak

Bengkel (matic) yg di Surabaya tempohari, saya masih ngerasa belum klik dan ngga rekomen.
Akhirnya nemu yang mumpuni, bisa overhaul berat (turun+bedah gearbox+ganti kopling dan internal parts) di 3 mobil dan matic yang berbeda (Pug/Honda/Panther). Dan per hari ini, hasil kerjanya masih ok..., belum ada keluhan.
Tapi sayangnya, bengkelnya di pelosok daerah di Jombang. Dan sayangnya lagi, bengkelnya belum punya ATF changer. Jadi selesai servis, diisi oli spek secukupnya, baru dibawa ke bengkel/toko oli yg punya atf changer buat diganti oli yg spek bagus.
Waktu pertama kali lihat bengkelnya, sebenarnya rada ngeri..., secara di tengah desa dan tanpa SOP/peralatan yg sophisticated.
Tapi nyatanya hasilnya memuaskan dan lebih murah dibanding yg di Surabaya.

Kalau masih tertarik, silakan PM.

Cuma untuk perkara mesin, saya masih percaya teman saya yang di Surabaya.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
ToniGun
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Wed Oct 01, 2014 15:13

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by ToniGun »

Wahhh...thread bagus nih!
Sayang baru tahu & kelihatannya sdh lama mati suri...

Rencana mau kawinkan mesin 2KD-FTV eks Hilux M/T (20.4 kgm / 1400-3400 rpm, 102 PS / 3600 rpm) dg automatic tranny Aisin AW 03-72LE (AW372LE) c/w transfer case 4WD.
Kira2 AW372LE sanggup gak ya meneruskan torsi & power dari D4D Hilux M/T?

Om Imsus, tolong check inbox..
Nubie mau minta alamat & contact person bengkel AT di Jombang :D
ToniGun
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Wed Oct 01, 2014 15:13

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by ToniGun »

Wahhh...thread bagus nih..
Sayang mati suri...

Saya mau konsultasi ke master2 SM d mai, mdh2an ada yg sudi respon..

Rencana mau kawinkan engine 2KD-FTV sari Hilux single cabin MT (102 PS / 3600 rpm, 20.4 kgm / 1400 - 3400 rpm) dg automatic gearbox Aisin AW 03-72LE (AW372LE) c/w transfer case 4WD.

1. Apakah torque & power dari D4D milik ex. Hilux tsb bisa dihandle dg baik sama tranny AW372LE?
2. Apakah ECM bawaan AW372LE perlu disetting ulang menyesuaikan dg ECU 2KD-FTV, atau bekerja terpisah tanpa komunikasi electric?
3. Kalau torsi & power medin kegedean, bisakah torque converter saja yg diganti/modif?

Terima kasih sebelumnya.
User avatar
mpvfreak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Mon Feb 15, 2016 14:47

Re: RE: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by mpvfreak »

Turboman wrote:Hingga hari ini mesti diakui bahwa Transmisi otomatis konvensional dgn Torque converter masih merajai utk kemampuan menghandle Torsi besar

Bisa dilihat pada gambar sample Matic dr Aisin warner bahwa rata2 Matic utk RWD kemampuan mengnandle Torsi lebih besar drpd rata2 Matic utk FWD

skg bisa dilihat perbandingan dengan CVT utk cc besar yg dibuat Jatco
http://www.jatco.co.jp/ENGLISH/products/cvt/jf010e.html

The 1st in the world* to mass produce what was considered the impossible, a “3.5 liter class” belt CVT.

kemampuan CVT yg terbesar dari Jatco utk mesin 3500 cc itu cuman setara Matic RWD Aisin kelas 3040 yg juga utk sama sama mesin 3500 cc

Yang menarik adalah bahwa mobil mobil Double Cabin dan SUV ladder frame rata rata menggunakan Transmisi otomatis kemampuan tinggi, karena pertimbangan kendaraan2 tsb harus dapat menghela trailer hingga 3 Ton-an, dan yang menarik transmisi otomatis yang digunakan seringkali sama spt yg digunakan sedan mewah cc besar / mobil sport cc besar !!

Seperti Maticnya Chevy Colorado & Trailblazer itu menggunakan GM 6L50 yang notabene sama spt matic-nya Cadillac STS / Camaro V6 dimana kemampuan menghandle Torsi yg besar, krn TB 2.8 spec Torsinya aja udah 470 Nm (stock)

Maticnya Isuzu D-Max / MU-X menggunakan Aisin TB 50 LS yang sanggup menghandle Torsi hingga 450 Nm scr santai (short burst 500 an Nm kayaknya kuat)

AN Ranger dan AN BT 50 menggunakan matic Ford 6R80 (thanks info om billy) yg notabene adalah kembaran ZF 6HP26 yang digunakan di BMW seri 5 dan seri 7 yg cc besar, matic Ford 6R80 ini juga digunakan pada Ford F150......dimana variant tertinggi-nya sanggup menghandle Torsi hingga 800 Nm !!!

Sedangkan Ipah & 42ner D4 D mengggunakan Aisin 3040 / A 304 yang mana matic tsb utk kelas mesin 3500 cc (350 Nm) yang mana bbrp variant zaman dulu pernah digunakan di Toyota Supra Turbo dan Lexus LS 400 generasi pertama (sanggup hanlde Torsi 400 Nm), kapabilitas utk handle 600 Nm scr short burst sudah terbukti.

So bagi para penggemar modif, mempelajari spec matic dr mobil yang dimiliki / hendak dibeli adalah hal yg menarik

Salam 2 pedal
Om Turbo.. Cara mengetahui spek A/T mobil kita gimana ya? Gugel2 ga nemu... Kalo w124 saya tahu maticnya 722.4 . kalo mobil jepangan baru gitu gimana tahu spek a/t kita?

Sent from my LG-D855 using Tapatalk
Car Is My Life
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by daftar »

mau nanya nih, kekuatan transmisi maksimal apa cuman diukur pake torsi & tenaga doang? misal berat mobil & ukuran ban apa tidak mempengaruhi juga?
:ngacir:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by htannis »

daftar wrote:mau nanya nih, kekuatan transmisi maksimal apa cuman diukur pake torsi & tenaga doang? misal berat mobil & ukuran ban apa tidak mempengaruhi juga?
Ngaruh tapi sedikit saja, kan berat sama ukuran ban balik2 ke torsi on wheel, power sama torsi mesin lebih pengaruh banyak
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
Chevyman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 717
Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by Chevyman »

maaf om nubi mau nanya transmisi matik an innova n forti 6 speed specnya apa dan bisa handle torsi max brp ya?..klo .sama 8speed nya pjs kuat mana...thanks
richard1689
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Thu Jul 30, 2015 13:58

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by richard1689 »

mau nanya nih para sesepuh matik

ane rencana kepingin ambil mobil matic pilihannya sih 6 mobil tsb :

xtrail 2008-2010 cvt 2nd
juke rx cvt 2nd
gk5 cvt 2nd
grand livina hws autech cvt baru
ertiga dreza at gir
mobilio rs cvt

bakal ane rawat ke beres rencananya

nah pertanyaan saya apakah cvt mudah jebol kalo sering kena macet atau suka kick down di tol? (rumor dari temen2 cvt agak serem kalo rusak, apa hal tsb benar?)

soalnya kalo emang cvt kurang bisa dipakai agak kasar (maklum yg pake banyak orang dalam keluarga bakalannya) terpksa ujung2nya ertiga.

thx
C4e54r
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Mon Nov 19, 2018 7:23
Location: Depok
Daily Vehicle: honda beat

Re: Sejauh mana Kekuatan Transmisi otomatis mobil anda

Post by C4e54r »

ToniGun wrote: Sun Nov 23, 2014 13:07 Wahhh...thread bagus nih..
Sayang mati suri...

Saya mau konsultasi ke master2 SM d mai, mdh2an ada yg sudi respon..

Rencana mau kawinkan engine 2KD-FTV sari Hilux single cabin MT (102 PS / 3600 rpm, 20.4 kgm / 1400 - 3400 rpm) dg automatic gearbox Aisin AW 03-72LE (AW372LE) c/w transfer case 4WD.

1. Apakah torque & power dari D4D milik ex. Hilux tsb bisa dihandle dg baik sama tranny AW372LE?
2. Apakah ECM bawaan AW372LE perlu disetting ulang menyesuaikan dg ECU 2KD-FTV, atau bekerja terpisah tanpa komunikasi electric?
3. Kalau torsi & power medin kegedean, bisakah torque converter saja yg diganti/modif?

Terima kasih sebelumnya.

Wah terakhir 2014, dan yg ini blm dpt jwban y....
Krn lutut kiri sdh tdk mampu kena macet, sy niat melakukan hal serupa pada merk lain.....