Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by Turboman »

Yuk kita diskusi mengenai Chassis Tuning Bar, jenis Chassis Tuning Bar apa saja yg pernah anda aplikasikan dan bagaimana efeknya

Saya mulai

Kalau yg saya aplikasikan sejauh ini hanya UnderBrace di Ipah karena gaya nyetir saya santai

Image
(Gambar hanya contoh saja, yg saya pakai bukan buatan Under Control)

Efek yg saya rasakan :
Stabilitas saat menikung menjadi lebih baik

Ketika melewati jalan jelek / berlubang, bantingan di kabin terasa agak lebih kaku, wajar karena chassis sway berkurang

Chassis Bar ada berbagai macam bentuk, jika melihat website di bawah ini :
http://www.ultraracing.my/home/home/

Ada banyak sekali jenis Chassis Tuning Bar, bahkan ada yg dipasang di dalam kabin segala

Aplikasi Chassis Tuning Bar kembali kepada kebutuhan user, karena semakin banyak jenis yang diaplikasikan, bantingan mobil saat melewati lubang akan semakin kaku, walau memang saat menikung mobil menjadi lebih stabil / menjadi lebih "driver oriented"

Nah bagaimana pemilihan dan penggunaan jenis jenis chassis bar ini utk menghasilkan handling yang mantap sekaligus menjaga kenyamanan sebuah mobil adalah sebuah "seni tersendiri" (kalo pabrikan bilang TEKNOLOGI, kalau saya pribadi menyebutnya Seni ajah :mrgreen: )

Yuk monggo sharing pengalaman anda dlm aplikasi chassis tuning bar di mobil anda masing2.

*Bukan sales Ultra Racing products*
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by htannis »

bukan sales ultra racing tapi sales under control? :ngacir: :ngacir: :ngacir:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by ecco »

Pemakaian tuning bar ini apakah bisa menghilangkan bunyi2 gak jelas di mobil saat melewati jalan jelek atau poldur?
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by Turboman »

ecco wrote:Pemakaian tuning bar ini apakah bisa menghilangkan bunyi2 gak jelas di mobil saat melewati jalan jelek atau poldur?
Murni utk kontrol stabilitas

kalo ada bunyi2 mesti cek bushing2 / ball joint / tie rod end / shockbreker

ok Back to to topic about Chassis Tuning Bar discussion
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by JESKONENG »

sy lagi mencari2 info utk Pug 306 apakah ada perangkat semacam itu yg bisa dipasang... sejauh ini cuma ada stabilizer bar yg dipasang di atas kedua SA depan, di bawah kap mesin (namanya apa ya, "forkbrace" ?)
...

tiadanya perangkat chassis stabilizer utk Pug 306 itu apakah karna mobilnya sudah sangat stabil ya ? memang selama 3 th sy pake, manuver seperti high speed cornering, atau quick lane change terasa sangat mantaf, tidak ada gejala oleng atau limbung.....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by walid_007 »

Maaf om turbo, gwe mo nanya, klo dikasih alat gituan yg intinya membuat kaku chasis yg efekny ktny sbb
.....ketika belok di high speed cruising terasa lebih mantap....

Bukankan jika mobil yg digunakan sperti innova okelah memang mantap saat cornering,,, tp apa ga bahaya dan menimbulkan traksi yg minim....

Jadi mobil malah ngesot ngesot ngebes kayak orang ngedrift ..........

Maaf klo kata2 gwe sulit dimengerti
engine roaring!
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by artoodetoo »

Tanya om, kalo mobil kecil kek Mirage ane perlu gak diberi seperti itu? :mky_01:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by Turboman »

Aplikasi chassis bar tentunya dilakukan setelah kita melakukan upgrade shock arbsorber, krn ini sifatnya "next step"

saya sih pernah naek Ipah teman yg pake Underbrace + SwayBar + Chassis Bar + shock Bilstein Silver, dr Jogja sampe Jkt, mantap sih nikung2 di jalur selatan.......lawannya Sitikar macam Swift, di jalan lurus maupun jalan kelok2

Kalo yg pake Bar di roof belakang dan karpet tengah saya belom pernah coba
walid_007 wrote:Maaf om turbo, gwe mo nanya, klo dikasih alat gituan yg intinya membuat kaku chasis yg efekny ktny sbb
.....ketika belok di high speed cruising terasa lebih mantap....

Bukankan jika mobil yg digunakan sperti innova okelah memang mantap saat cornering,,, tp apa ga bahaya dan menimbulkan traksi yg minim....

Jadi mobil malah ngesot ngesot ngebes kayak orang ngedrift ..........

Maaf klo kata2 gwe sulit dimengerti
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by Turboman »

artoodetoo wrote:Tanya om, kalo mobil kecil kek Mirage ane perlu gak diberi seperti itu? :mky_01:
ada keluhan pada handling ngga ?

kalo ngga ada keluhan maka ga perlu
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by JESKONENG »

yg bikin sy masih sayang banget sm si ganolnem a.l. karna handlingnya yg mantap stabil tapi misih termasuk "empuk" ...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by Turboman »

Sundulll

ditunggu sharing rekan2 :mrgreen:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by ricz »

Tanya mods Turbo...

Kalo misalkan kt pasang underbrace trus hajar jalanan yg lobangnya dalem, apakah bs lepas baut2nya / kendor?
2021 Fortuner VRZ
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by Turboman »

ricz wrote:Tanya mods Turbo...

Kalo misalkan kt pasang underbrace trus hajar jalanan yg lobangnya dalem, apakah bs lepas baut2nya / kendor?
Buset

kalo sampe lepas ya komplain aja ke yg jual

Btw ane dah pake Underbrace selama 4 tahun lebi so far ga ada masala, mobil gak pernah dibawa offroad, tapi jalan2 berlubang sih sering nemuin, ya kita pelan2 aja
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by y_anjasrana »

bener ga sih klu chassis tuning bar kyk ini baru perlu klu sering belok sampai body miring bgt atau ban ngangkat? klu ga pernah ga begitu perlu.... cmiiw :mrgreen:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by htannis »

benar :ngacir: :ngacir: :ngacir:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by asudarsono »

Om Jes,
Kalau om mau bisa dibikinin ama Undercontrol kok. Dia bikin sendiri, jadi semua mobil bisa. Saya udah lama pakai buat depan dan belakang di 504.

Cuma kalau mobil Perancis emang didesain goyang om. Makin goyang makin ngebut. Apalagi 306 roda belakangnya ikut nyetir. Justru kalau terlalu kaku malah gak enak beloknya. Kita 504 pernah turing ke Kuningan. Aku nyetir 504 yg dipotong pernya malah ketinggalan jauh banget.

Kalau aku pakai krn gaya nyetirnya khan "lain". Khan ada limited slip diff ........ Sama 504 gue juga bisa nyetir pakai roda belakang.
Ready to Race
akulemu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Wed Jun 13, 2012 9:11
Location: Persebaya sampe tuek
Daily Vehicle: Venturer + cx9 sky + mobilio rs mt

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by akulemu »

Merk undercontrol katanya besi cor2an yah? bukan jenis pipa yang dalemnya kosong kayak ultra racing? Cmiiw pls. Anyway, kalo besi cor2an harusnya lebi gampang bikinnya karena harusnya dari besi yah, kalo pipa dari baja. Selaen itu bahannya lebi ekonomis besi cor, tapi jauh lebi ringan pipa baja. Di handling kalo besi cor harusnya jadi kaku banget ga ada flexibelnya sama sekali, kalo pipa baja karena ada rongga di dalemnya dia lebih balance antara kaku sama flexibelnya. Betulkan aku bila aku salah/ CMIIW :big_slap:
Cars have soul.
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by asudarsono »

Besi cor udah lama gak dipakai buat komponen mobil.

Baja yang dipakai itu high strength steel. Walau kuat tapi cukup ringan kok. Pengerjaan undercontrol menurut mata saya cukup profesional dan stabilizernya pernah menyelamatkan saya di jalur Wanayasa, saya naik Subaru R2. Salah hitung masuk tikungan dgn camber negatif.

Terus terang, aku baru tahu ada pemakaian pipa baja yang bolong buat chasis. Ilmunya beda nih.
Ready to Race
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2937
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by Salvanost »

penting buat passenger oriented ga?

sering banget nemu di toyota
mungkin karena keliatan dari belakang

thx buat infonya
saya juga udah keluhin sway pas nikung tajem
cuma kalau bikin kaku, berarti harus ganti per dulu ya

kalau ganti per turunin GC 2cm
kira2 stabilizer kolong mobil bikin GC makin rendah ga?
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by ZombiEE »

Turboman wrote:Yuk kita diskusi mengenai Chassis Tuning Bar, jenis Chassis Tuning Bar apa saja yg pernah anda aplikasikan dan bagaimana efeknya

Saya mulai

Kalau yg saya aplikasikan sejauh ini hanya UnderBrace di Ipah karena gaya nyetir saya santai

Image
(Gambar hanya contoh saja, yg saya pakai bukan buatan Under Control)

Efek yg saya rasakan :
Stabilitas saat menikung menjadi lebih baik

Ketika melewati jalan jelek / berlubang, bantingan di kabin terasa agak lebih kaku, wajar karena chassis sway berkurang

Chassis Bar ada berbagai macam bentuk, jika melihat website di bawah ini :
http://www.ultraracing.my/home/home/

Ada banyak sekali jenis Chassis Tuning Bar, bahkan ada yg dipasang di dalam kabin segala

Aplikasi Chassis Tuning Bar kembali kepada kebutuhan user, karena semakin banyak jenis yang diaplikasikan, bantingan mobil saat melewati lubang akan semakin kaku, walau memang saat menikung mobil menjadi lebih stabil / menjadi lebih "driver oriented"

Nah bagaimana pemilihan dan penggunaan jenis jenis chassis bar ini utk menghasilkan handling yang mantap sekaligus menjaga kenyamanan sebuah mobil adalah sebuah "seni tersendiri" (kalo pabrikan bilang TEKNOLOGI, kalau saya pribadi menyebutnya Seni ajah :mrgreen: )

Yuk monggo sharing pengalaman anda dlm aplikasi chassis tuning bar di mobil anda masing2.

*Bukan sales Ultra Racing products*
Oom, gambar yang disertakan, ikatan depan yg diikat arm bawah ya?
User avatar
sepatupuma
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 198
Joined: Tue Oct 01, 2013 8:02
Location: DCI Djakarta

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by sepatupuma »

Di mobil sy yang lama (suzuki forsa glx '89) cuma pasang strut bar aja. Awal-awal pasang, sempat ga bisa bedain roda mana yang melindas lobang kalau salah satu roda depan kena lobang. Getaran pada salah satu roda seperti (dan memang) disalurkan ke roda satunya. Berguna sekali walaupun cuma buat harian, terasa lebih stabil saat menikung. Feelnya jadi lebih enak.

Di mobil yang sekarang, strutbarnya masih tahap pembuatan. Sy juga sedang mempelajari bagian chassis mana yang harus direinforced. Saya ga mau asal pasang, salah-salah takutnya malah tambah understeer. Karena mobil yang sekarang juga hatchback, saya lagi mencari2 info bagaimana efeknya kalau dipasang brace yang menghubungkan antara 2 titik seatbelt kanan-kiri pada pilar C.
Kalo cuma buat tampilan, berarti ga ada fungsinya. Kalo ga ada fungsinya, buat apa dipasang?
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by nescafe »

nubie ikutan aah, kalau yang applikasikan sejauh ini hanya sturbar saja.

efeknya tidak terasa signifikan dalam kecepatan rendah baru terasa ketika menikung dalam kecepatan yang cukup tinggi dan terlebih lagi jika jalanannya tidak rata, rasanya jadi lebih less goyang2 :mky_01: . kalau untuk ke steering, rasanya sama2 saja tidak terasa lebih berat kalau dibandingkan sebelum pasang strutbar.

Image
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by ZombiEE »

nescafe wrote:nubie ikutan aah, kalau yang applikasikan sejauh ini hanya sturbar saja.

efeknya tidak terasa signifikan dalam kecepatan rendah baru terasa ketika menikung dalam kecepatan yang cukup tinggi dan terlebih lagi jika jalanannya tidak rata, rasanya jadi lebih less goyang2 :mky_01: . kalau untuk ke steering, rasanya sama2 saja tidak terasa lebih berat kalau dibandingkan sebelum pasang strutbar.

Image
Mantap master nescafe.....
User avatar
sepatupuma
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 198
Joined: Tue Oct 01, 2013 8:02
Location: DCI Djakarta

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by sepatupuma »

Kalau mau bikin sendiri strutbar, berapa ya tebal plat yang pas buat end platenya? 3mm cukup kah? Mobilnya kecil, 1000cc, bobot sekitar 800an kg.
Kalo cuma buat tampilan, berarti ga ada fungsinya. Kalo ga ada fungsinya, buat apa dipasang?
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Diskusi Chassis Tuning Bar utk meningkatkan stabilitas

Post by asudarsono »

Kayaknya cukup deh, asal kualitas bajanya bagus. Pengalaman saya, yg kalah biasanya bautnya. Kalaupun misalnya meleyot atau patah sekali pun, gak berbahaya kok asal cepet2 dicopot shg tidak mentok sana mentok sini.
Ready to Race