Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18096
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Turboman » 23 Apr 2014, 18:47

autojohn wrote:
Turboman wrote:Kalo bingung ya gak usah kasih oli 2T

Ginian sifatnya utk tambahan aja, boleh kasih - boleh engga

Yg utama tetep additip solar
bingungnya bukan antara pake ato gak pake oli 2t
tapi bingungnya mau jaso fb, fc ato fd om
Saya pribadi pake Motul 510 JASO FD

Kalo anda bimbang ya cukup additive yg daya lubrikasi bagus spt Power service diesel kleen

User avatar
Moonshade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: 12 Apr 2013, 16:38

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Moonshade » 27 Apr 2014, 20:02

yungjahja wrote:
Deasegara wrote:
sanfip77 wrote:Kok sepi banget ya.....Apakah masih ada yang menggunakan metode ini hingga saat ini??
Masih bro, bahkan ada rasa menyesal kalu isi solar kelupaan gak bawa Motul 2T, tapi bisa ditambahkan kapan saja tdk harus waktu isi solar di SPBU.
Saya sudah pakai 6 botol M510 2T dengan ratio antara 1:200 ~ 1:133

Sekarang beralih ke Shell Advance SX 2T baru habis 2 botol, flash point lebih tinggi di banding M510 2T,
dan terasa hampir tidak pernah knocking di rpm rendah dengan gigi tinggi apa mungkin bisa menambah nilai cetane
Campuran sangat homogen dan warna terang tidak seperti M510 2T jadi keruh dan gelap.

Saya selalu konsumsi Diesel Fuel dengan perbandingan umumnya merek: S*49 T*49 D*2
Jarang pakai D* karena terasa agak "gersang" dan lebih sering "knocking"
Kalau S* dan T* sebenarnya saya lebih berasa nyaman kalau pakai T*
Kebetulan untuk S* dan T* sangat gampang dan dekat dengan daerah saya di daan mogot dan jl. panjang kedoya.

Yang pasti saya pribadi selama ini sebisa mungkin tidak akan mengkonsumsi Solar Pertamina yg bersubsidi dengan alasan akan keluar biaya extra mahal untuk mengganti Diesel Fuel Filter dan Nozzle Injector yg mampet, Saya yakin fuel filter dan nozzle injector akan tetap prima minimum 5 tahun dengan kualitas BBM yg baik.
Juga saya sebisa mungkin menghindari additive, karena menurut pengamatan dan pendapat pribadi saya itu yg menyebabkan fuel pump seal bermasalah.

Kayaknya saya akan terus pakai Shell Advance SX 2T, lebih ekonomis dan berdasarkan review juga bagus.
Yang perlu dihindari menurut pengamatan saya adalah Cas***/Env** atau yg mengandung sintetis Poly Isobutylene karena dari beberapa artikel yg saya baca bisa menimbulkan jelaga tar yg mengeras dan mengkristal

Kalau bisa dapat Shell Advance VSX 2 akan lebih bagus karena sudah JASO FC
Anyway ga perlu banyak dikuatirkan untuk Captiva FL karena juga tidak ada DPF
apa pernyatan yang di bold itu benar om ? soalnya ane setiap isi solar ditambahkan env*ro perbandingan 1:200, perbedaanya ketara dibanding pakai additif" kaya crc, redline 85 gak gitu terasa bedanya, contoh suara mesin lebih halus bau knalpot, gak bau ( biasanya bau isi bio solar biasa doang ), tenaga kerasa lebih padet kalau di gas. apa mendingan ganti aja ke oli 2t lain ?

User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1186
Joined: 16 Nov 2009, 13:20
Location: Surabaya

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Xous » 28 Apr 2014, 11:26

Any update dr om Dea? uda 10 ribu blm yah, ane akhirnya ikutan juga, d racuni hopeng tp ikut spt om turboman punya, pake yg motul. So far plg terasa alus/smoothnya, maknyus.

baruhut
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: 05 Jun 2012, 12:49

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by baruhut » 28 Apr 2014, 13:22

Turboman wrote:
autojohn wrote:
Turboman wrote:Kalo bingung ya gak usah kasih oli 2T

Ginian sifatnya utk tambahan aja, boleh kasih - boleh engga

Yg utama tetep additip solar
bingungnya bukan antara pake ato gak pake oli 2t
tapi bingungnya mau jaso fb, fc ato fd om
Saya pribadi pake Motul 510 JASO FD

Kalo anda bimbang ya cukup additive yg daya lubrikasi bagus spt Power service diesel kleen

om Turbo, saya termasuk yg galau juga. pernah konsul via siaran radio dgn Pak Bebin Djuana, beliau tidak rekomendasikan hal ini karena bisa aja efeknya dijangka panjang bru muncul. jadi saya hanya kasih aditif CRC power renew & fuel theraphy bergantian tiap fulltank.

#bukanSiapaSiapanyaCRC :mky_01:

Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: 16 Mar 2011, 09:34

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Deasegara » 28 Apr 2014, 15:15

Xous wrote:Any update dr om Dea? uda 10 ribu blm yah, ane akhirnya ikutan juga, d racuni hopeng tp ikut spt om turboman punya, pake yg motul. So far plg terasa alus/smoothnya, maknyus.
Masih belum bro, malahan sekarang 4 hari sekali mobil baru jalan dipake istri antar anak sekolah cuma 4 km, banyak nongkrongnya, kebetulan saya lagi dilukot dalam waktu yg agak lama.

User avatar
Moonshade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: 12 Apr 2013, 16:38

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Moonshade » 29 Apr 2014, 08:37

yungjahja wrote:
Deasegara wrote:
sanfip77 wrote:Kok sepi banget ya.....Apakah masih ada yang menggunakan metode ini hingga saat ini??
Masih bro, bahkan ada rasa menyesal kalu isi solar kelupaan gak bawa Motul 2T, tapi bisa ditambahkan kapan saja tdk harus waktu isi solar di SPBU.
Saya sudah pakai 6 botol M510 2T dengan ratio antara 1:200 ~ 1:133

Sekarang beralih ke Shell Advance SX 2T baru habis 2 botol, flash point lebih tinggi di banding M510 2T,
dan terasa hampir tidak pernah knocking di rpm rendah dengan gigi tinggi apa mungkin bisa menambah nilai cetane
Campuran sangat homogen dan warna terang tidak seperti M510 2T jadi keruh dan gelap.

Saya selalu konsumsi Diesel Fuel dengan perbandingan umumnya merek: S*49 T*49 D*2
Jarang pakai D* karena terasa agak "gersang" dan lebih sering "knocking"
Kalau S* dan T* sebenarnya saya lebih berasa nyaman kalau pakai T*
Kebetulan untuk S* dan T* sangat gampang dan dekat dengan daerah saya di daan mogot dan jl. panjang kedoya.

Yang pasti saya pribadi selama ini sebisa mungkin tidak akan mengkonsumsi Solar Pertamina yg bersubsidi dengan alasan akan keluar biaya extra mahal untuk mengganti Diesel Fuel Filter dan Nozzle Injector yg mampet, Saya yakin fuel filter dan nozzle injector akan tetap prima minimum 5 tahun dengan kualitas BBM yg baik.
Juga saya sebisa mungkin menghindari additive, karena menurut pengamatan dan pendapat pribadi saya itu yg menyebabkan fuel pump seal bermasalah.

Kayaknya saya akan terus pakai Shell Advance SX 2T, lebih ekonomis dan berdasarkan review juga bagus.
Yang perlu dihindari menurut pengamatan saya adalah Cas***/Env** atau yg mengandung sintetis Poly Isobutylene karena dari beberapa artikel yg saya baca bisa menimbulkan jelaga tar yg mengeras dan mengkristal

Kalau bisa dapat Shell Advance VSX 2 akan lebih bagus karena sudah JASO FC
Anyway ga perlu banyak dikuatirkan untuk Captiva FL karena juga tidak ada DPF
Butyl rubber (as polyisobutylene succinimide, detergent to prevent fouling of diesel fuel injectors)

User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1186
Joined: 16 Nov 2009, 13:20
Location: Surabaya

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Xous » 29 Apr 2014, 09:10

Deasegara wrote:
Xous wrote:Any update dr om Dea? uda 10 ribu blm yah, ane akhirnya ikutan juga, d racuni hopeng tp ikut spt om turboman punya, pake yg motul. So far plg terasa alus/smoothnya, maknyus.
Masih belum bro, malahan sekarang 4 hari sekali mobil baru jalan dipake istri antar anak sekolah cuma 4 km, banyak nongkrongnya, kebetulan saya lagi dilukot dalam waktu yg agak lama.

Thx om buat updatenya, gpp om, justru ini menarik, bgmnkah efek sampingnya thd mbl yg jarang pake/ngendap-stop n go short trafic. Hehe. Klo punya ane jalan trus seh, so far adem ayem

User avatar
Moonshade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: 12 Apr 2013, 16:38

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Moonshade » 03 May 2014, 16:26

Update : baru pakai pertamina enviro rasio 1: 200, begitu mau isi solar lagi ada kerak di mulut tangki isi solar, warnanya ke putih biru"an. Ane curiga ini gara" envirqqo, bener gak yah ? Langsung serem gamau coba coba lagi deh

growbuckme
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: 25 May 2009, 12:51

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by growbuckme » 04 May 2014, 23:06

Akhirnya wkt terakhir posting mrn saya liat2 di dus kumpulan olsam adik saya, eh msh da sisa sekitar 200 ml shell advance vsx 2t. Saya putuskan coba aj d dgn perbandingan kurleb 140 ml ke tanki innova d4d full tank, so far da 2x isi solar dipakein plus campuran additive redline 85 tp kok rasanya ga da perbedaan kehalusan suara mesin yg bs saya bedakan dr biasanya...hehehehe...
Abis ini saya akan ganti additive pake PSDK dan rencana msh akan trs saya tambahin olsam. Abis shell ini abis, next saya pake olsam eneos 2t jaso fc juga. Dosis yg saya gunakan emg agak moderate makanya mgkn perbedaan suara mesin krg terdeteksi.
Pemakaian mobil sehari2 cuma jarak deket2 dan macet pula. Kurang sehat buat mesin dan olienya. Pemakaian solar pun agak boros jadinya, rata 1:7an dapetnya. Hr ini brgkt dr tomang ke bsd lwt tol tangerang saya kebut2, begitu sampe bsd turun 1/4 solarnya :big_think:

User avatar
sintoni
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2711
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by sintoni » 18 Jun 2014, 19:05

Threadnya kok jadi sepi? Padahal pingin coba jg.

Kalo motul 510 itu pasti ga berkerak ya pak? Dulu perna denger kalo oli sintetik ga bisa terbakar semua, yang paling bagus ya oli mineral, soalnya alami gt.

CMIIW.

autojohn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 05 Mar 2014, 07:29

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by autojohn » 14 Jul 2014, 22:15

Deasegara wrote:
Xous wrote:Any update dr om Dea? uda 10 ribu blm yah, ane akhirnya ikutan juga, d racuni hopeng tp ikut spt om turboman punya, pake yg motul. So far plg terasa alus/smoothnya, maknyus.
Masih belum bro, malahan sekarang 4 hari sekali mobil baru jalan dipake istri antar anak sekolah cuma 4 km, banyak nongkrongnya, kebetulan saya lagi dilukot dalam waktu yg agak lama.
Gimana om dea, udah 10 rb km?
Update dong

autojohn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 05 Mar 2014, 07:29

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by autojohn » 16 Aug 2014, 20:52

autojohn wrote:
Deasegara wrote:
Xous wrote:Any update dr om Dea? uda 10 ribu blm yah, ane akhirnya ikutan juga, d racuni hopeng tp ikut spt om turboman punya, pake yg motul. So far plg terasa alus/smoothnya, maknyus.
Masih belum bro, malahan sekarang 4 hari sekali mobil baru jalan dipake istri antar anak sekolah cuma 4 km, banyak nongkrongnya, kebetulan saya lagi dilukot dalam waktu yg agak lama.
Gimana om dea, udah 10 rb km?
Update dong
gimana om Dea?
update dong perkembangannya

pchar
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: 26 Sep 2014, 01:21

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by pchar » 27 Sep 2014, 08:29

kok sepi........ apakah sudah ada yang mengalami efek minusnya yang sudah pakai oli 2T selama 2 tahun ke atas?

User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5334
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by nugroho bagor » 28 Sep 2014, 20:31

pchar wrote:kok sepi........ apakah sudah ada yang mengalami efek minusnya yang sudah pakai oli 2T selama 2 tahun ke atas?
Hallo Om Dea

hendrabig
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: 25 Mar 2014, 14:21

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by hendrabig » 03 Dec 2014, 17:17

Br liat ada experimen ini.. Bagaimana ya kelanjutan penggunaan oli 2T nya?

User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5334
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by nugroho bagor » 09 Dec 2014, 07:16

hendrabig wrote:Br liat ada experimen ini.. Bagaimana ya kelanjutan penggunaan oli 2T nya?
Up Up Up

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2601
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by b8099ok » 09 Dec 2014, 09:01

Klo di mobil bensin? Ada efeknya gak? Khan lmyn buat ngelumasin pompa elektrik bensin ama as klep,...
Tune and drive! :big_love:

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18096
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Turboman » 09 Dec 2014, 09:05

Kalo ane skg sementara setop pake Olsam, krn skg pakai additive yg kemampuan nurunin HFRR nya setara Olsam rasio 1:200

@baruhut :
Kalau kita discuss dgn pak Bebin, diskusinya seputar strategi pemasaran produk otomotif..........itu field beliau

heheheheh

:big_grin:

User avatar
sintoni
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2711
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by sintoni » 09 Dec 2014, 10:07

b8099ok wrote:Klo di mobil bensin? Ada efeknya gak? Khan lmyn buat ngelumasin pompa elektrik bensin ama as klep,...
Secara teori boleh sih om. Tapi yang ga boleh ninggalin residu.

Secara mobil dengan mesin wankel jg merekomendasikan penggunaan oli 2t ke dalam bahan bakar.

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2601
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by b8099ok » 09 Dec 2014, 11:15

sintoni wrote:
b8099ok wrote:Klo di mobil bensin? Ada efeknya gak? Khan lmyn buat ngelumasin pompa elektrik bensin ama as klep,...
Secara teori boleh sih om. Tapi yang ga boleh ninggalin residu.

Secara mobil dengan mesin wankel jg merekomendasikan penggunaan oli 2t ke dalam bahan bakar.
Yang rekomen apa ya om?
Tune and drive! :big_love:

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18096
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Turboman » 09 Dec 2014, 11:28

b8099ok wrote:Klo di mobil bensin? Ada efeknya gak? Khan lmyn buat ngelumasin pompa elektrik bensin ama as klep,...
sebaiknya jangan campurin olsam ke gasoline

Gunakan aja additive lubricant semacam DCS valve lub dll yg ada tulisan lubricating upper cylinder

Utk bensin tetep additive yg paling utama adalah zat detergent spt PEA.........

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2601
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by b8099ok » 09 Dec 2014, 11:34

Turboman wrote:
b8099ok wrote:Klo di mobil bensin? Ada efeknya gak? Khan lmyn buat ngelumasin pompa elektrik bensin ama as klep,...
sebaiknya jangan campurin olsam ke gasoline

Gunakan aja additive lubricant semacam DCS valve lub dll yg ada tulisan lubricating upper cylinder

Utk bensin tetep additive yg paling utama adalah zat detergent spt PEA.........
Mslhnya klo aditif ga bisa di reimburse om,... Ada alternatif lain ngga? :(
Tune and drive! :big_love:

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18096
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Turboman » 09 Dec 2014, 11:57

b8099ok wrote:
Turboman wrote:
b8099ok wrote:Klo di mobil bensin? Ada efeknya gak? Khan lmyn buat ngelumasin pompa elektrik bensin ama as klep,...
sebaiknya jangan campurin olsam ke gasoline

Gunakan aja additive lubricant semacam DCS valve lub dll yg ada tulisan lubricating upper cylinder

Utk bensin tetep additive yg paling utama adalah zat detergent spt PEA.........
Mslhnya klo aditif ga bisa di reimburse om,... Ada alternatif lain ngga? :(
reimburse ?

memang additip mau pakai brp pail / brp drum pak ?

Redline CFSC itu 1 botol bisa utk 8 - 10X isi BBM full tank (isi dikit2) dan harganya juga ga sampe 150 rb / botol........sangat murah jatuhnya

*Bukan seles additip*

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2601
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by b8099ok » 09 Dec 2014, 12:09

Turboman wrote:
b8099ok wrote:
Turboman wrote:
sebaiknya jangan campurin olsam ke gasoline

Gunakan aja additive lubricant semacam DCS valve lub dll yg ada tulisan lubricating upper cylinder

Utk bensin tetep additive yg paling utama adalah zat detergent spt PEA.........
Mslhnya klo aditif ga bisa di reimburse om,... Ada alternatif lain ngga? :(
reimburse ?

memang additip mau pakai brp pail / brp drum pak ?

Redline CFSC itu 1 botol bisa utk 8 - 10X isi BBM full tank (isi dikit2) dan harganya juga ga sampe 150 rb / botol........sangat murah jatuhnya

*Bukan seles additip*
Buat armada kantor om,... Khan ada bbrp ekor kendaraan,...
Tune and drive! :big_love:

User avatar
sintoni
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2711
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by sintoni » 09 Dec 2014, 18:22

b8099ok wrote:
sintoni wrote:
b8099ok wrote:Klo di mobil bensin? Ada efeknya gak? Khan lmyn buat ngelumasin pompa elektrik bensin ama as klep,...
Secara teori boleh sih om. Tapi yang ga boleh ninggalin residu.

Secara mobil dengan mesin wankel jg merekomendasikan penggunaan oli 2t ke dalam bahan bakar.
Yang rekomen apa ya om?
Hehe. Tapi menurut pak Turbo ga boleh ke mesin piston om.

Kalo buat mesin rotari malah dianjurkan untuk melumasi apex seal.

Saya pribadi jg pake yg direkomendasikan pak Turbo, pakai RL CSFC untuk mesin piston saya.

Post Reply