Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

autojohn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 05 Mar 2014, 07:29

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by autojohn » 31 Mar 2014, 17:06

Deasegara wrote:Kemarin isi 44 liter biosolar, sisa di tanki kira-kira masih 30 literan, coba-coba masukin 200 ml oli 2T Pertamina Enviro Jaso FC tanpa Norival. Tes rpm rendah-tinggi mendekati redline rasanya mesin lebih halus dibanding pake Castrol. Tarikan juga ok. Yang paling menyolok adalah bau knalpot yg tadinya bau asap hydrocarbon endus sana-endus sini di ujung knalpot dua-duanya ternyata hampir gak ada bau hydrocarbon dan sepertinya ada sedikit wewangian. Ternyata ampuh juga ya pewangi yg ditambahkan oleh Pertamina. Kalau sudah jalan 10 ribu km nanti mau coba cek turbonya dan juga injektornya.
Image
gimana om @deasegara.

apakah udah jalan 10 rb?
gimana turbo dan injektornya?

Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: 16 Mar 2011, 09:34

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Deasegara » 31 Mar 2014, 18:25

autojohn wrote:
Deasegara wrote:Kemarin isi 44 liter biosolar, sisa di tanki kira-kira masih 30 literan, coba-coba masukin 200 ml oli 2T Pertamina Enviro Jaso FC tanpa Norival. Tes rpm rendah-tinggi mendekati redline rasanya mesin lebih halus dibanding pake Castrol. Tarikan juga ok. Yang paling menyolok adalah bau knalpot yg tadinya bau asap hydrocarbon endus sana-endus sini di ujung knalpot dua-duanya ternyata hampir gak ada bau hydrocarbon dan sepertinya ada sedikit wewangian. Ternyata ampuh juga ya pewangi yg ditambahkan oleh Pertamina. Kalau sudah jalan 10 ribu km nanti mau coba cek turbonya dan juga injektornya.
Image
gimana om @deasegara.

apakah udah jalan 10 rb?
gimana turbo dan injektornya?
Baru 6 rb an bro, setelah baca artikel yg bro kirim sepertinya kembali lagi ke enviro jaso FC deh, motul FD stop dulu.

autojohn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 05 Mar 2014, 07:29

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by autojohn » 31 Mar 2014, 19:10

Deasegara wrote:
autojohn wrote:
Deasegara wrote:Kemarin isi 44 liter biosolar, sisa di tanki kira-kira masih 30 literan, coba-coba masukin 200 ml oli 2T Pertamina Enviro Jaso FC tanpa Norival. Tes rpm rendah-tinggi mendekati redline rasanya mesin lebih halus dibanding pake Castrol. Tarikan juga ok. Yang paling menyolok adalah bau knalpot yg tadinya bau asap hydrocarbon endus sana-endus sini di ujung knalpot dua-duanya ternyata hampir gak ada bau hydrocarbon dan sepertinya ada sedikit wewangian. Ternyata ampuh juga ya pewangi yg ditambahkan oleh Pertamina. Kalau sudah jalan 10 ribu km nanti mau coba cek turbonya dan juga injektornya.
Image
gimana om @deasegara.

apakah udah jalan 10 rb?
gimana turbo dan injektornya?
Baru 6 rb an bro, setelah baca artikel yg bro kirim sepertinya kembali lagi ke enviro jaso FC deh, motul FD stop dulu.
tapi om punya dpf nya udah dicabut?

Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: 16 Mar 2011, 09:34

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Deasegara » 31 Mar 2014, 19:49

Punya saya non FL bro, gak ada dpf nya. Yang saya lepas hanya catalityc converternya aja, diganti pipa plong.

autojohn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 05 Mar 2014, 07:29

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by autojohn » 01 Apr 2014, 08:08

Deasegara wrote:Punya saya non FL bro, gak ada dpf nya. Yang saya lepas hanya catalityc converternya aja, diganti pipa plong.
stop motul 510 jaso fd, apa ragu juga dgn ash burn yg lebih banyak ya?

karena dr 2 link tsb, menyebutkan yg jaso fd lebih banyak ash burn nya dan juga kurang friendly dgn dpf

Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: 16 Mar 2011, 09:34

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Deasegara » 01 Apr 2014, 10:17

autojohn wrote:
Deasegara wrote:Punya saya non FL bro, gak ada dpf nya. Yang saya lepas hanya catalityc converternya aja, diganti pipa plong.
stop motul 510 jaso fd, apa ragu juga dgn ash burn yg lebih banyak ya?

karena dr 2 link tsb, menyebutkan yg jaso fd lebih banyak ash burn nya dan juga kurang friendly dgn dpf
Betul sekali bro, ada baiknya minta advise master Turboman lebih cocok yg FC or FD buat daily use.

User avatar
yungjahja
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 11 Oct 2012, 11:55

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by yungjahja » 01 Apr 2014, 10:47

Deasegara wrote:
sanfip77 wrote:Kok sepi banget ya.....Apakah masih ada yang menggunakan metode ini hingga saat ini??
Masih bro, bahkan ada rasa menyesal kalu isi solar kelupaan gak bawa Motul 2T, tapi bisa ditambahkan kapan saja tdk harus waktu isi solar di SPBU.
Saya sudah pakai 6 botol M510 2T dengan ratio antara 1:200 ~ 1:133

Sekarang beralih ke Shell Advance SX 2T baru habis 2 botol, flash point lebih tinggi di banding M510 2T,
dan terasa hampir tidak pernah knocking di rpm rendah dengan gigi tinggi apa mungkin bisa menambah nilai cetane
Campuran sangat homogen dan warna terang tidak seperti M510 2T jadi keruh dan gelap.

Saya selalu konsumsi Diesel Fuel dengan perbandingan umumnya merek: S*49 T*49 D*2
Jarang pakai D* karena terasa agak "gersang" dan lebih sering "knocking"
Kalau S* dan T* sebenarnya saya lebih berasa nyaman kalau pakai T*
Kebetulan untuk S* dan T* sangat gampang dan dekat dengan daerah saya di daan mogot dan jl. panjang kedoya.

Yang pasti saya pribadi selama ini sebisa mungkin tidak akan mengkonsumsi Solar Pertamina yg bersubsidi dengan alasan akan keluar biaya extra mahal untuk mengganti Diesel Fuel Filter dan Nozzle Injector yg mampet, Saya yakin fuel filter dan nozzle injector akan tetap prima minimum 5 tahun dengan kualitas BBM yg baik.
Juga saya sebisa mungkin menghindari additive, karena menurut pengamatan dan pendapat pribadi saya itu yg menyebabkan fuel pump seal bermasalah.

Kayaknya saya akan terus pakai Shell Advance SX 2T, lebih ekonomis dan berdasarkan review juga bagus.
Yang perlu dihindari menurut pengamatan saya adalah Cas***/Env** atau yg mengandung sintetis Poly Isobutylene karena dari beberapa artikel yg saya baca bisa menimbulkan jelaga tar yg mengeras dan mengkristal

Kalau bisa dapat Shell Advance VSX 2 akan lebih bagus karena sudah JASO FC
Anyway ga perlu banyak dikuatirkan untuk Captiva FL karena juga tidak ada DPF

Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: 16 Mar 2011, 09:34

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Deasegara » 01 Apr 2014, 10:54

yungjahja wrote:
Deasegara wrote:
sanfip77 wrote:Kok sepi banget ya.....Apakah masih ada yang menggunakan metode ini hingga saat ini??
Masih bro, bahkan ada rasa menyesal kalu isi solar kelupaan gak bawa Motul 2T, tapi bisa ditambahkan kapan saja tdk harus waktu isi solar di SPBU.
Saya sudah pakai 6 botol M510 2T dengan ratio antara 1:200 ~ 1:133

Sekarang beralih ke Shell Advance SX 2T baru habis 2 botol, flash point lebih tinggi di banding M510 2T,
dan terasa hampir tidak pernah knocking di rpm rendah dengan gigi tinggi apa mungkin bisa menambah nilai cetane
Campuran sangat homogen dan warna terang tidak seperti M510 2T jadi keruh dan gelap.

Saya selalu konsumsi Diesel Fuel dengan perbandingan umumnya merek: S*49 T*49 D*2
Jarang pakai D* karena terasa agak "gersang" dan lebih sering "knocking"
Kalau S* dan T* sebenarnya saya lebih berasa nyaman kalau pakai T*
Kebetulan untuk S* dan T* sangat gampang dan dekat dengan daerah saya di daan mogot dan jl. panjang kedoya.

Yang pasti saya pribadi selama ini sebisa mungkin tidak akan mengkonsumsi Solar Pertamina yg bersubsidi dengan alasan akan keluar biaya extra mahal untuk mengganti Diesel Fuel Filter dan Nozzle Injector yg mampet, Saya yakin fuel filter dan nozzle injector akan tetap prima minimum 5 tahun dengan kualitas BBM yg baik.
Juga saya sebisa mungkin menghindari additive, karena menurut pengamatan dan pendapat pribadi saya itu yg menyebabkan fuel pump seal bermasalah.

Kayaknya saya akan terus pakai Shell Advance SX 2T, lebih ekonomis dan berdasarkan review juga bagus.
Yang perlu dihindari menurut pengamatan saya adalah Cas***/Env** atau yg mengandung sintetis Poly Isobutylene karena dari beberapa artikel yg saya baca bisa menimbulkan jelaga tar yg mengeras dan mengkristal
Itu yg SX yg botolnya warna kuning ya bro, wah cas & env sy sdh habis beberapa botol nanti mau coba SX 2T.

User avatar
yungjahja
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 11 Oct 2012, 11:55

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by yungjahja » 01 Apr 2014, 12:16

Deasegara wrote:
Itu yg SX yg botolnya warna kuning ya bro, wah cas & env sy sdh habis beberapa botol nanti mau coba SX 2T.
Shell Advance SX 2T:
Image
Image
Image
Shell Advance VSX 2:
Image

gunfire
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 07 Feb 2014, 11:01

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by gunfire » 09 Apr 2014, 18:45

Baru tau nih ada thread begini, mohon bimbingannya ya om Turbo dan Sm'ers skalian..

Kebetulan ayah saya baru beli spin diesel 1.3 dan ini merupakan mobil pertama di keluarga yang pake diesel sebelumnya mah bensin mulu jadi ilmunya tentang diesel masih sangat2 cetek. Nah, untuk jenis diesel spin ini apakah bisa juga menggunakan oli 2T buat dicampur ke solarnya? Perbedaannya dengan menggunakan additive (seperti di trit http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =4&t=16888) apa ya?

Mohon maaf kalo pertanyaannya rada katrok, maklum masih nubie :big_blushing:
hehe

Penikmat_Kopi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: 09 Nov 2012, 07:39

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Penikmat_Kopi » 10 Apr 2014, 08:14

menarik juga untuk dicoba nih. Terima kasih infonya para suhu ya

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18968
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Turboman » 10 Apr 2014, 08:34

gunfire wrote:Baru tau nih ada thread begini, mohon bimbingannya ya om Turbo dan Sm'ers skalian..

Kebetulan ayah saya baru beli spin diesel 1.3 dan ini merupakan mobil pertama di keluarga yang pake diesel sebelumnya mah bensin mulu jadi ilmunya tentang diesel masih sangat2 cetek. Nah, untuk jenis diesel spin ini apakah bisa juga menggunakan oli 2T buat dicampur ke solarnya? Perbedaannya dengan menggunakan additive (seperti di trit http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =4&t=16888) apa ya?

Mohon maaf kalo pertanyaannya rada katrok, maklum masih nubie :big_blushing:
hehe
Additip solar tetap yg utama

Oli 2T hanya utk tambahan aja, boleh kasih - boleh engga

User avatar
yungjahja
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 11 Oct 2012, 11:55

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by yungjahja » 10 Apr 2014, 14:22

gunfire wrote:Baru tau nih ada thread begini, mohon bimbingannya ya om Turbo dan Sm'ers skalian..

Kebetulan ayah saya baru beli spin diesel 1.3 dan ini merupakan mobil pertama di keluarga yang pake diesel sebelumnya mah bensin mulu jadi ilmunya tentang diesel masih sangat2 cetek. Nah, untuk jenis diesel spin ini apakah bisa juga menggunakan oli 2T buat dicampur ke solarnya? Perbedaannya dengan menggunakan additive (seperti di trit http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =4&t=16888) apa ya?

Mohon maaf kalo pertanyaannya rada katrok, maklum masih nubie :big_blushing:
hehe
Secara umum oli kan fungsinya pelumas, kalau jenis oli samping (2T) memang untuk dicampur dan dibakar.
Yang pasti segi positifnya bikin awet Fuel Pump, injector, mesin, VGT dan suara jadi lebih halus.
Bahkan menurut pengalaman orang lain yg di share bisa mengurangi deposit karbon di EGR dan VGT.
Tapi kalau yg dikonsumsi bbm kualitas jelek/kotor tetap saja jelek hasilnya.

gunfire
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 07 Feb 2014, 11:01

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by gunfire » 10 Apr 2014, 18:05

@ Om Turboman dan Om Yungjahja

Maaf sebelumnya om, VGT dan VNT itu jenis turbonya kah? :big_childish:
Soalnya saya liat spek spin diesel pakenya turbo FGT (cmiiw), apa penambahan oli/additif tetep bisa dilakukan?

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18968
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Turboman » 10 Apr 2014, 18:11

FGT = Fixed Geometry Turbo alias Turbo biasa / Turbo konvensional kayak di D4D.........si GM sok2 gaya aja tuh.......hahahahhaahahah

Additip BBM nothing to do with turbo..........

gunfire
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 07 Feb 2014, 11:01

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by gunfire » 10 Apr 2014, 18:31

Turboman wrote:FGT = Fixed Geometry Turbo alias Turbo biasa / Turbo konvensional kayak di D4D.........si GM sok2 gaya aja tuh.......hahahahhaahahah

Additip BBM nothing to do with turbo..........
Oalaaahh masih konvensional ternyata..
Baru tau saya, soalnya bener2 masih sangat awam di bidang permesinan.

Anyway thanks infonya ya om Turboman dan om Yungjahja :big_exellent:

sanfip77
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: 06 Nov 2010, 06:54

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by sanfip77 » 12 Apr 2014, 08:52

kemarin coba cari Shell SX 2T.. dapet seharga Rp 29500. Kok lebih murah dari Enviro 2T :big_think:
Coba beli tanpa saya baca kemasan di labelnya. Sampai rumah mau saya coba baca spek di belakangnya ternyata Jaso FB :big_think:
Kok bisa ya.. terpaksa tidak jadi saya pakai, masih takut kalo pakai oli 2T spek JASO FB untuk campuran solar. Terpaksa pakai lagi Orange 2T.

label kemasannya seperti ini
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

User avatar
yungjahja
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 11 Oct 2012, 11:55

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by yungjahja » 14 Apr 2014, 12:25

sanfip77 wrote:kemarin coba cari Shell SX 2T.. dapet seharga Rp 29500. Kok lebih murah dari Enviro 2T :big_think:
Coba beli tanpa saya baca kemasan di labelnya. Sampai rumah mau saya coba baca spek di belakangnya ternyata Jaso FB :big_think:
Kok bisa ya.. terpaksa tidak jadi saya pakai, masih takut kalo pakai oli 2T spek JASO FB untuk campuran solar. Terpaksa pakai lagi Orange 2T.

label kemasannya seperti ini
Betul Shell advanced SX 2T itu jaso FB karena jenis mineral, bukan semi synth.
Maaf kalau salah, setahu saya kalau mulai jaso FC itu semi synth, kalau jaso FD sudah full synth.
Kalau saya pribadi memang menghindari yg semi synth apalagi full synth, jadi lebih prefer yg mineral only minimal jaso FB.

Masing2 pendapat dan tujuan penggunaan sangat beragam, jadi sangat relative.

rezamaulana
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 23 Oct 2013, 13:54

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by rezamaulana » 15 Apr 2014, 00:49

sanfip77 wrote:kemarin coba cari Shell SX 2T.. dapet seharga Rp 29500. Kok lebih murah dari Enviro 2T :big_think:
Coba beli tanpa saya baca kemasan di labelnya. Sampai rumah mau saya coba baca spek di belakangnya ternyata Jaso FB :big_think:
Kok bisa ya.. terpaksa tidak jadi saya pakai, masih takut kalo pakai oli 2T spek JASO FB untuk campuran solar. Terpaksa pakai lagi Orange 2T.

label kemasannya seperti ini
Tuang aja pak. Saya suka pake shell sx tapi sekarang lagi nyoba total 2t. Yg penting sih jangan synthetic

User avatar
gils
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 420
Joined: 04 Jun 2013, 01:49
Location: Jakarta-Bandung (via Tol)
Daily Vehicle: c200AVG2011

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by gils » 15 Apr 2014, 09:53

om om.. mau tanya ini oli 2t nya di tuang ke tangki solar gitu? maaf baru mau coba takut salah.. hehee.. nanti mau beli oli nya dulu skalian isi solar..
For everything, there is a season, there is a reason...

2014 Fortuner VNTurbo

2011 w204 C200 AVG

Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: 16 Mar 2011, 09:34

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Deasegara » 15 Apr 2014, 11:27

sanfip77 wrote:kemarin coba cari Shell SX 2T.. dapet seharga Rp 29500. Kok lebih murah dari Enviro 2T :big_think:
Coba beli tanpa saya baca kemasan di labelnya. Sampai rumah mau saya coba baca spek di belakangnya ternyata Jaso FB :big_think:
Kok bisa ya.. terpaksa tidak jadi saya pakai, masih takut kalo pakai oli 2T spek JASO FB untuk campuran solar. Terpaksa pakai lagi Orange 2T.

label kemasannya seperti ini
Wah sama bro, setelah beli baru saya lihat ternyata Jaso FB, sudah terlanjur beli saya isikan juga, sudah 2x isi.

growbuckme
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: 25 May 2009, 12:51

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by growbuckme » 21 Apr 2014, 15:40

yungjahja wrote:
sanfip77 wrote:kemarin coba cari Shell SX 2T.. dapet seharga Rp 29500. Kok lebih murah dari Enviro 2T :big_think:
Coba beli tanpa saya baca kemasan di labelnya. Sampai rumah mau saya coba baca spek di belakangnya ternyata Jaso FB :big_think:
Kok bisa ya.. terpaksa tidak jadi saya pakai, masih takut kalo pakai oli 2T spek JASO FB untuk campuran solar. Terpaksa pakai lagi Orange 2T.

label kemasannya seperti ini
Betul Shell advanced SX 2T itu jaso FB karena jenis mineral, bukan semi synth.
Maaf kalau salah, setahu saya kalau mulai jaso FC itu semi synth, kalau jaso FD sudah full synth.
Kalau saya pribadi memang menghindari yg semi synth apalagi full synth, jadi lebih prefer yg mineral only minimal jaso FB.

Masing2 pendapat dan tujuan penggunaan sangat beragam, jadi sangat relative.
Tul jg om yungjahja, sepertinya kalo jaso FC sudah semisynthetic kelasnya. Tp kalo pake mineral based maka JASO spec nya ga sesuai yg ddisarankan dr artikel yg di post om TB sebelumnya...hehehe...jd pake yg mana yah? Kebetulan adik saya pake olie samping eneos 2T di motornya dan saya iseng lirik ternyata JASO FC tapi ya semisyn. Jd patokkannya based oil ato JASO spec yah? :mky_04:

autojohn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 05 Mar 2014, 07:29

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by autojohn » 23 Apr 2014, 00:19

growbuckme wrote:
yungjahja wrote:
sanfip77 wrote:kemarin coba cari Shell SX 2T.. dapet seharga Rp 29500. Kok lebih murah dari Enviro 2T :big_think:
Coba beli tanpa saya baca kemasan di labelnya. Sampai rumah mau saya coba baca spek di belakangnya ternyata Jaso FB :big_think:
Kok bisa ya.. terpaksa tidak jadi saya pakai, masih takut kalo pakai oli 2T spek JASO FB untuk campuran solar. Terpaksa pakai lagi Orange 2T.

label kemasannya seperti ini
Betul Shell advanced SX 2T itu jaso FB karena jenis mineral, bukan semi synth.
Maaf kalau salah, setahu saya kalau mulai jaso FC itu semi synth, kalau jaso FD sudah full synth.
Kalau saya pribadi memang menghindari yg semi synth apalagi full synth, jadi lebih prefer yg mineral only minimal jaso FB.

Masing2 pendapat dan tujuan penggunaan sangat beragam, jadi sangat relative.
Tul jg om yungjahja, sepertinya kalo jaso FC sudah semisynthetic kelasnya. Tp kalo pake mineral based maka JASO spec nya ga sesuai yg ddisarankan dr artikel yg di post om TB sebelumnya...hehehe...jd pake yg mana yah? Kebetulan adik saya pake olie samping eneos 2T di motornya dan saya iseng lirik ternyata JASO FC tapi ya semisyn. Jd patokkannya based oil ato JASO spec yah? :mky_04:

yup, bingung juga. nunggu pencerahan om turbo nih.
pilih mineral base yg jaso fb ato semisynthetic yg jaso fc ato juga jaso fd yg fullsynthetic yg dengar2 banyak asg burnnya.

bingung mode ON

help pak Turbo.......

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18968
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Turboman » 23 Apr 2014, 06:35

Kalo bingung ya gak usah kasih oli 2T

Ginian sifatnya utk tambahan aja, boleh kasih - boleh engga

Yg utama tetep additip solar

autojohn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 05 Mar 2014, 07:29

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by autojohn » 23 Apr 2014, 18:42

Turboman wrote:Kalo bingung ya gak usah kasih oli 2T

Ginian sifatnya utk tambahan aja, boleh kasih - boleh engga

Yg utama tetep additip solar
bingungnya bukan antara pake ato gak pake oli 2t
tapi bingungnya mau jaso fb, fc ato fd om

Post Reply