Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18759
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Turboman » 09 Dec 2014, 22:37

@b8099 :

Kalo pake banyak bisa lgs beli dari distronya, beli se dus dikasih diskon lumayan ama mereka

Hub 081901119220 / 083811688699 - Anton

Note :
Ane bukan seles Redline, tapi hanya sharing data aja

@sintoni :
Kalo sy pribadi utk tuang oli 2T ke bensin agak ragu, since oli 2T biar low ash tapi tetep ada ash nya, apa lama2 ga bikin endapan di elektroda busi ya

Pertamina sih ada bikin oli SAE 10 / 20 yg ash free oil (non additized), tapi harus beli 1 drum

montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: 22 May 2014, 10:38

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by montirangin » 09 Dec 2014, 22:41

kalo beli banyak kira2 disimpen 6 bulan dan habis dalam 12bulan, masih aman kah om turbo?

User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5351
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by nugroho bagor » 10 Dec 2014, 04:49

montirangin wrote:kalo beli banyak kira2 disimpen 6 bulan dan habis dalam 12bulan, masih aman kah om turbo?
Mau Aman simpan di Post Satpam om :upss: :big_weee: ..................... :ngacir:

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2626
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by b8099ok » 10 Dec 2014, 05:13

Turboman wrote:@b8099 :

Kalo pake banyak bisa lgs beli dari distronya, beli se dus dikasih diskon lumayan ama mereka

Hub 081901119220 / 083811688699 - Anton

Note :
Ane bukan seles Redline, tapi hanya sharing data aja

@sintoni :
Kalo sy pribadi utk tuang oli 2T ke bensin agak ragu, since oli 2T biar low ash tapi tetep ada ash nya, apa lama2 ga bikin endapan di elektroda busi ya

Pertamina sih ada bikin oli SAE 10 / 20 yg ash free oil (non additized), tapi harus beli 1 drum
Coba ane ajuin dl yak om,... Klo lolos lmyn nih :ngacir:
Tune and drive! :big_love:

User avatar
sintoni
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2759
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by sintoni » 10 Dec 2014, 08:50

Turboman wrote:@b8099 :

Kalo pake banyak bisa lgs beli dari distronya, beli se dus dikasih diskon lumayan ama mereka

Hub 081901119220 / 083811688699 - Anton

Note :
Ane bukan seles Redline, tapi hanya sharing data aja

@sintoni :
Kalo sy pribadi utk tuang oli 2T ke bensin agak ragu, since oli 2T biar low ash tapi tetep ada ash nya, apa lama2 ga bikin endapan di elektroda busi ya

Pertamina sih ada bikin oli SAE 10 / 20 yg ash free oil (non additized), tapi harus beli 1 drum
Bagaimana kalau kita menggunakan oli 2t ya pak untuk pelumasan. Sedangkan setelah beberapa pemakaian, baru bensin diberi aditif yg bersifat sebagai deterjen. Menurut teori bisa mungkin ya pak untuk membetsihkan residu2 bekas oli 2t?

Menurut opini saya, oli dyno 2t kan habis bs habis terbakar ya pak? Kan sifatnya organik. Hehe. Cmiiw pak turbo.

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18759
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Turboman » 10 Dec 2014, 08:57

sintoni wrote:
Bagaimana kalau kita menggunakan oli 2t ya pak untuk pelumasan. Sedangkan setelah beberapa pemakaian, baru bensin diberi aditif yg bersifat sebagai deterjen. Menurut teori bisa mungkin ya pak untuk membetsihkan residu2 bekas oli 2t?

Menurut opini saya, oli dyno 2t kan habis bs habis terbakar ya pak? Kan sifatnya organik. Hehe. Cmiiw pak turbo.
Monggo dicoba aja

Nanti setelah BBM habis 1 tangki coba di cek warna elektroda busi-nya, kalau misalnya jadi agak menghitam / banyak endapan maka jangan diteruskan

kalau saya sih dulu utk pelumasan Cyl Head mesin Petrol kasih :
Image

User avatar
sintoni
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2759
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by sintoni » 10 Dec 2014, 14:50

Turboman wrote:
sintoni wrote:
Bagaimana kalau kita menggunakan oli 2t ya pak untuk pelumasan. Sedangkan setelah beberapa pemakaian, baru bensin diberi aditif yg bersifat sebagai deterjen. Menurut teori bisa mungkin ya pak untuk membetsihkan residu2 bekas oli 2t?

Menurut opini saya, oli dyno 2t kan habis bs habis terbakar ya pak? Kan sifatnya organik. Hehe. Cmiiw pak turbo.
Monggo dicoba aja

Nanti setelah BBM habis 1 tangki coba di cek warna elektroda busi-nya, kalau misalnya jadi agak menghitam / banyak endapan maka jangan diteruskan

kalau saya sih dulu utk pelumasan Cyl Head mesin Petrol kasih :
Image
Wah boleh pak, ini aditif khusus lubrikasi untuk didalam sistem pembakaran ya pak.

autojohn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 05 Mar 2014, 07:29

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by autojohn » 12 Dec 2014, 00:15

Turboman wrote:Kalo ane skg sementara setop pake Olsam, krn skg pakai additive yg kemampuan nurunin HFRR nya setara Olsam rasio 1:200

@baruhut :
Kalau kita discuss dgn pak Bebin, diskusinya seputar strategi pemasaran produk otomotif..........itu field beliau

heheheheh

:big_grin:
om turbo,

bisa tolong di infokan additive apakah gerangan?
thanks

jalananDOHC
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: 26 Oct 2013, 09:48

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by jalananDOHC » 25 Dec 2014, 00:05

mobil bensin (taruna efi) tak cekokin oli 2T (castrol 2T) dg perbandingan 1: 1000 (khusus pemakai premium saja)
# mesin lebih halus tapi tenaga agak ngempos (saat awal pemakaian) .. setelahnya tenaga kembali (alias ngemposnya ngilang)

klo pertamax + oli 2T ada efek negatifnya (tidak disarankan) ..

d4534mi
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 13 Sep 2015, 17:52

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi

Post by d4534mi » 13 Sep 2015, 19:22

Masih new bie ijin minyak... Ya suhu

dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 898
Joined: 24 Apr 2015, 04:57

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi

Post by dieselman228 » 14 Sep 2015, 08:13

d4534mi wrote:Masih new bie ijin minyak... Ya suhu

selamat membaca om......... :mky_02:
i have got to keep moving

Imageriomahatra

Haagendasz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: 22 Aug 2015, 22:31

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi

Post by Haagendasz » 14 Sep 2015, 14:11

misi om2 sekalian ... mau nanya nih klo pake oli 2T yang labelnya masih FB oke ga yah ?

soalnya nyari yang FC susah amat ... klo kodenya JASO FC udah pasti oli 2T yah, bukan oli mesin 2T kan ?

thanks

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11056
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: RE: Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi

Post by VanzMatic » 01 Mar 2016, 22:12

Haagendasz wrote:misi om2 sekalian ... mau nanya nih klo pake oli 2T yang labelnya masih FB oke ga yah ?

soalnya nyari yang FC susah amat ... klo kodenya JASO FC udah pasti oli 2T yah, bukan oli mesin 2T kan ?

thanks
Ngga susah susah amat kok om.. Ada Castrol Activ 2T, ada Evalube 2T, ada pertamina enviro..dll..
Iya kalo Fc itu 2T. Kalo 4T itu JASO MA untuk kopling basah, JASO MB untuk kopling kering. CMIIW ya.

Up lagi ah.. secara, ane baru aplikasi oli 2T di 4D56 N/A dgn dosis 100cc untuk 65 liter solar. Takut kebanyakan. Kalo kata teman saya sih, setengah sloki olsam vespa. Dan disarankan selang seling. Tangki skrg pake, besok refuel ngga pake. Begitu selang selingnya.

Pertinyiinyi: Wajarkah di ujung knalpot belakang jadi ada jelaga? Saya colek pakai jari, jadi ada jelaga. Bbm masi pakai solar biasa dan nori diesel. Saat hanya pakai solar+nori diesel saja, ujung knalpot kering ngga basah blas atau jelaga pun nggada.
Kedua, dosis tsb apakah terlalu sedikit?
Ketiga, apakah benar diselang seling? Apa tujuannya?

Trima kasih yg berkenan menjawab..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11056
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi

Post by VanzMatic » 04 Mar 2016, 21:04

Up.. up.. ahh... sundul..

Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "

benteng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: 22 Jan 2010, 00:57

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi

Post by benteng » 05 Mar 2016, 01:07

Ide menambah oli 2T kedalam bbm solar, karena solar sekarang lebih sedikit mengandung bahan pelumas. Pernah inget pengalaman sebelum tahun 2000, sehabis kutak katik mesin, membersihkan tangan dengan solar, rasanya solar di tangan agak licin seperti bercampur oli.

Solar sekarang lebih tidak "berpelumas" agak mirip dengan minyak tanah bila dipegang. maka di tambahlah oli 2T kedalam bbm, untuk membantu pelumasan injector.

Pengalaman campur racun solar + oli 2T sepanjang 5000 km, tidak ditemui gangguan di injector/nosel bbm, kalau knalpot sih tetap ada jelaganya sebelum dan sesudah campur oli 2T.
Lebih baik pilih oli 2T yang low ash, ane sih prefer yang mineral, dosis oli 2T sedikit lebih baik daripada tidak ada. dosis awal mula 120 cc per 40 liter solar, pemakaian kontinyu, mungkin berikutnya pemakaian akan dicoba selang seling, tapi tetap ditambahkan racun solar macam redline atau crc.

semoga membantu.

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11056
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi

Post by VanzMatic » 05 Mar 2016, 02:29

Trima kasih om benteng..
Kenapa perlu diselang seling? Apakah mencegah penimbunan kerak atau jelaga di mesin?

Tentang jelaga, ini sedikit concern saya, karena sebelum pakai oli 2T, knalpot kering kerontang. No jelaga. Saya pakai solar/biosolar (whatsoever, saya tidak menciri setiap refueling) dengan tambahan Norival Diesel (aditif berbahan herbal murni) selama 3 tahun berjalan ini. Apakah "tambahan" hasil jelaga adalah akibat pemakaian oli 2T selama 200an km ini?

Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "

benteng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: 22 Jan 2010, 00:57

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi

Post by benteng » 06 Mar 2016, 11:30

VanzMatic wrote:Trima kasih om benteng..
Kenapa perlu diselang seling? Apakah mencegah penimbunan kerak atau jelaga di mesin?

Tentang jelaga, ini sedikit concern saya, karena sebelum pakai oli 2T, knalpot kering kerontang. No jelaga. Saya pakai solar/biosolar (whatsoever, saya tidak menciri setiap refueling) dengan tambahan Norival Diesel (aditif berbahan herbal murni) selama 3 tahun berjalan ini. Apakah "tambahan" hasil jelaga adalah akibat pemakaian oli 2T selama 200an km ini?

Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
1.selama ini pakai aditif langsung dicampur dengan oli 2T, memang tidak dirasa ada sumbatan di nosel,
lalu next dicoba selang seling, pertama pakai isi full tank + aditif, ke dua + 2 T, maksudnya mau ngetes apakah nosel jadi tersumbat kalau pakai oli 2T, kalau memang nosel agak tersumbat kan pengisian berikutnya tambah aditif.

2.Kekuatiran Penimbunan kerak sih ga ada, karena dosis ini jauuuh lebih sedikit dibanding pemakaian oli 2T dimotor dan kedua luas permukaan piston mesin diesel jauh lebih besar dari piston sepeda motor. Kalau masalah jelaga, coba aja colek knalpot mesin diesel yang tanpa norival dan tanpa oli 2T, pasti ada jelaganya.

3.Coba aja bro, next isi solar jangan pakai norival dan oli 2T, 2x full tank, nanti ketauan masalah ada jelaga atau tidak fi knalpot.

semoga membantu.

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11056
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi

Post by VanzMatic » 06 Mar 2016, 12:17

Matursuwun om Benteng atas penjelasannya. Saya sdg pakai komposisi biosolar+Nori diesel+oli 2T. Efeknya, tarikan lebih enteng lagi. Bikin kaki tambah nepsong aja bejek gas, dari lampu merah tau tau aja udah 90kpj..

Suara mesin juga jadi tambah haluus lagi.. malah skrg jadi ketauan kalau fanbelt nnya butuh belt dressing karena halusnya... waakakak...

Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "

lemonadelovers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1017
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi

Post by lemonadelovers » 26 Jul 2016, 20:38

masihkah ada yang rutin mencampur oli 2T dengan diesel? lagi mau coba ikutan campur oli 2T dengan dexlite

silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 616
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi

Post by silentIm2 » 27 Jul 2016, 00:02

Pas liat thread ini naek di front page portal SM, langsung penasaran. Googling sedikit, keluar ini:

http://www.fuelexpert.co.za/2-stroke-oi ... -study.php

Intinya dia mengetes diesel standar eropa, diesel standar Afrika Selatan dicampur oli 2 tak, efek terhadap keausan dan injektor, pake metode HFFR / ASTM D6079 dan SLBOCLE /ASTM D6078, & Sasol Common Rail Injector Fouling test di atas dynamoter.

Langsung liat di paling bawah, kesimpulannya:
1. At a 200:1 volumetric blending ratio, 2-stroke oil has a negligible effect on diesel lubricity.
2. All diesel fuel sold in South Africa has to meet the SANS 342:2014 lubricity specification to ensure the proper protection of diesel fuel pumps and injector systems.
3. The low sulphur diesel products sold by Sasol contain lubricity improver additives which are far more effective than 2-stroke oil.
4. At a 200:1 volumetric blending ratio, 2-stroke oil has a negligible effect on diesel cetane number.
5. No measurable effect on all other regulated diesel properties was measured at a 200:1 dose of 2-stroke oil in diesel.
6. 2-stroke oil can contain around 16ppm zinc, or higher depending on the formulation and batch.
7. Trace amounts of zinc in diesel are known to rapidly accelerate injector nozzle deposits.
8. Engine test results show that a 200:1 blend of 2-stroke oil in diesel results in a 2% loss of engine power in a 16 hour test due to injector fouling, a risk that would apply to any common rail diesel engine, but could also worsen fouling in older engines.
9. Vehicles fitted with a diesel particulate filter (DPF) in the exhaust system could experience reduced DPF life due to the collection of ash and metal based contaminants in the filter over time with the continued use of 2-stroke oil.

Aon999
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 17 Apr 2018, 11:44
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Pajero Sport

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi

Post by Aon999 » 12 Jul 2019, 00:34

Hari ini saya coba isi full tank 40 liter solar (ditangki masih ada sisa sekitar 25L) kemudian dicampur 100ml PSDK dan sekitar 50ml oli 2T jaso FC merk Castrol.
Siang hari ketika di isi belum seberapa significant untuk tarikannya..

Dan ketika sore menjelang malam ,baru tarikan terasa mantap sekali dan bunyi mesin sangat halus..
Serta stater ceoat sekali hidup mesinnya..
Bahkan menurut saya untuk tarikannya lebih terasa dibandingkan pakai Dex.
Mobil Pajero 2012 exceed.
Ini baru pertama kali nya saya isi dengan oli 2T.
(Sata Bukan sales Castrol maupun PSDK)

Pertanyaan Saya
Apakah di pertengahan tahun 2019 ini masih ada senior2 disini yang masih menggunakan Oli 2T sebagai pelumas Solar nya.. jika ada mohon bimbingannya.. apakah bole dipakai rutin setiap isi Solar..

Post Reply