Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18079
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Diskusi

Post by Turboman » 18 Sep 2013, 00:30

Topik utk diskusi :

Konon oli 2T dgn spec JASO FC yg mempunyai kadar detergent tinggi, bila dicampur sedikit ke solar juga dapat membantu menjaga kebersihan Vane di Turbo VGT / VNT pada mesin Diesel dgn turbo VGT / VNT (ratio oli 1:200 thd solar)

Di AfSel ada yg selalu isi oli 2T JASO FC scr rutin ke BBM solar mobil Diesel VGT nya dan setelah odo nya jauh banget dia cek vane di VGT nya tetap bersih
Image

Bawah : contoh Vane yg penuh deposit karbon
Image

http://www.4x4community.co.za/forum/sho ... p?t=151648

Bila ini benar maka ini suatu hal yg Ruar biasaaaa

Bagaimana menurut rekan rekan ?

Bagaimana juga menurut pengalaman rekan rekan pengguna motor 2T thd oli 2T dn spec JASO FC / FD thd endapan karbon pada piston / saluran exhaust ? benarkah lebih bersih ? (Dgn catatan : rasio oli 2T nya normal & jangan dibuat rich)

Yuk kita bahas


P.S. :
Apa itu std JASO FC / FD / ISO L-EGD dan syarat2 utk bisa lolos std tsb :
http://www.exhaustgas.com/PDF/1778.pdf

liora
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: 03 Apr 2013, 18:49

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by liora » 18 Sep 2013, 07:39

P E R T A M A X :big_biglaugh:

liora
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: 03 Apr 2013, 18:49

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by liora » 18 Sep 2013, 07:40

KLO CRDI SANTI ADA VGT NYA GA?

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18079
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Turboman » 18 Sep 2013, 08:05

liora wrote:KLO CRDI SANTI ADA VGT NYA GA?
AN santi CRDi / H1 CRDi / 42ner & Hi Lux VNT / PJS Dakar / Captiva VCDi / Everest & Ranger TDCi / BMW 2.0 dan 3.0 d / ML 250 CDI itu semua pake VGT / VNT turbo

User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16436
Joined: 03 Apr 2007, 21:24

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Hansen » 18 Sep 2013, 08:14

Kalo mobil bensin berturbo kayak CX-7, C200/C250 CGI, 320i/328i gitu turbonya udah VGT belum om? :e-think:
Image

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18079
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Turboman » 18 Sep 2013, 08:17

Hansen wrote:Kalo mobil bensin berturbo kayak CX-7, C200/C250 CGI, 320i/328i gitu turbonya udah VGT belum om? :e-think:
Gasoline jaraannng banget yg VGT since EGT nya bisa sampe 900 - 1000 deg C

kebanyakan yg dipake adalah Turbo type Twin Scroll, yaitu turbo yg saluran inlet Turbin-nya 2 sebagai perpanjangan header Turbo

Apa itu twin scroll Turbo, bisa di google

vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 982
Joined: 20 Aug 2013, 15:41

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by vp920b » 18 Sep 2013, 08:51

Buat solar yang belum VGT seperti PJS exceed, apakah perbandingannya harus 1:200? Bearti 65L solar dicampur 325ML oli 2Tak?

Thanks

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18079
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Turboman » 18 Sep 2013, 09:04

vp920b wrote:Buat solar yang belum VGT seperti PJS exceed, apakah perbandingannya harus 1:200? Bearti 65L solar dicampur 325ML oli 2Tak?

Thanks
nah trit ini sebetulnya ane buka utk diskusi, sebab ane juga amat sgt jarang sekali mix oli 2T

Rasio 1:200 or higher sih logikanya (1:300)

oli 2Tak nya pilih minimal yg JASO FC

terbuka utk diskusi / opini lain...yuk hayuk :mrgreen:

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11056
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by VanzMatic » 18 Sep 2013, 09:51

Baru tau ada hal begini...

:e-think:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14217
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by maskopat » 18 Sep 2013, 10:31

numpang mantau aja deh. kagak ngarti ginian dan gak punya mesin dengan vgt
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green

Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: 16 Mar 2011, 09:34

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Deasegara » 19 Sep 2013, 10:03

Langsung ngacir ke Ace Hardware ketemu oli 2T Motul 510 Jaso FC/D harga 94 rb dan Shell 2T harga 32 rb. Gue ambil yg Motul 510 langsung isi full tank biosolar di Captiva VCDI sampai lober dicampur 1 botol aqua paling kecil ( 300 ml motul) langsung test geber muter-muter. Awalnya tarikan agak berat, suara agak ngebas tapi halus gak ada cetek-cetek, lama-lama tambah halus. Coba kickdown mendekati redline suara mantap...halus...waktu berhenti, dengerin diluar..juga lebih halus dari sebelumnya :frm_tumbright: :e-dance: thanks pak Turboman sharingnya. Selama ini gue suka nyiksa si VCDI geber hingga redline, sekarang ketemu suplemen buat VGTnya... :mky_02:

Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 837
Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Location: Yogyakarta

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Cloud » 19 Sep 2013, 10:21

Dulu selama pake 2t, pake oli samping smokeless full synth dengan setelan tepat, baik cold start maupun ketika panas gas buang sama sekali tak berasap. dan anehnya, di crown piston, head, inlet port sama exhaust port bersih, yang mengherankan headnya malah mengkilap gitu.

kalo dibandingkan pake oli mineral pertamina 2t kasta terendah, pada km 3000 sudah terbentuk endapan karbon di piston, head, dan exhaust port (tidak begitu banyak). kalo inlet port masih bersih. inlet port baru kotor setelah 10.000 km (emang saatnya bersih2). setelan oli dibuat tidak berasap, tapi mesin ok2 aja. bedanya, waktu cold start masih keluar asap. ketika panas, asap hilang.

beda lagi kalo setelan oli terlalu banyak, ky bakar sate. belum pernah coba buat smokeless fullsynth. sayang mahal. tapi buat oli mineral pernah coba. katanya buat inreyen harus diboroskan. eh, tenaga malah ngempos, kerak tebal meski baru 1000 km, gk enak banget.

kalo di mesin 2t yang pencampuran oli lebih banyak saja tidak masalah (1 liter dicampur 25-35 ml oli), pada pemakaian yang pencampurannya lebih lean harusnya tidak bermasalah juga, dengan syarat, olinya harus berkualitas.

akulemu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 187
Joined: 13 Jun 2012, 16:11

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by akulemu » 19 Sep 2013, 10:26

Deasegara wrote:Langsung ngacir ke Ace Hardware ketemu oli 2T Motul 510 Jaso FC/D harga 94 rb dan Shell 2T harga 32 rb. Gue ambil yg Motul 510 langsung isi full tank biosolar di Captiva VCDI sampai lober dicampur 1 botol aqua paling kecil ( 300 ml motul) langsung test geber muter-muter. Awalnya tarikan agak berat, suara agak ngebas tapi halus gak ada cetek-cetek, lama-lama tambah halus. Coba kickdown mendekati redline suara mantap...halus...waktu berhenti, dengerin diluar..juga lebih halus dari sebelumnya :frm_tumbright: :e-dance: thanks pak Turboman sharingnya. Selama ini gue suka nyiksa si VCDI geber hingga redline, sekarang ketemu suplemen buat VGTnya... :mky_02:
Kalo dibandingin pake crc, redline, dll akselerasinya gimana om?

User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: 07 Sep 2010, 18:33

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by kaos_oblong » 19 Sep 2013, 10:37

om Turbo, oli 2tak Jaso FC ini mineral atau synthetic yang boleh di kocorkan ke dalam tangki ?

Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: 16 Mar 2011, 09:34

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Deasegara » 19 Sep 2013, 10:41

akulemu wrote:
Deasegara wrote:Langsung ngacir ke Ace Hardware ketemu oli 2T Motul 510 Jaso FC/D harga 94 rb dan Shell 2T harga 32 rb. Gue ambil yg Motul 510 langsung isi full tank biosolar di Captiva VCDI sampai lober dicampur 1 botol aqua paling kecil ( 300 ml motul) langsung test geber muter-muter. Awalnya tarikan agak berat, suara agak ngebas tapi halus gak ada cetek-cetek, lama-lama tambah halus. Coba kickdown mendekati redline suara mantap...halus...waktu berhenti, dengerin diluar..juga lebih halus dari sebelumnya :frm_tumbright: :e-dance: thanks pak Turboman sharingnya. Selama ini gue suka nyiksa si VCDI geber hingga redline, sekarang ketemu suplemen buat VGTnya... :mky_02:
Kalo dibandingin pake crc, redline, dll akselerasinya gimana om?
Waktu diawal terasa agak berat, tapi lama kelamaan setelah sekitar 20an km terasa seperti tambah licin dan jadi enteng lagi. CRC belum pernah pake, dulu pernah beberapa kali pake redline, terakhir Norival. Waktu isi terakhir masih ada campuran norival sisa di tanki sekitar 25 liter.

User avatar
dieselkiki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 554
Joined: 24 Oct 2008, 17:42

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by dieselkiki » 19 Sep 2013, 11:40

waaahhh ada yang langsung dicoba dan kasih testimoni..

beneran Pak Dea ? rencananya apakah akan dicampur terus sampai berapa periode atau seterusnya pakai cara ini ?
sama norival enak mana hasilnya pak ?
saya pengen coba juga buat mesin crdi cuma masih nunggu yang sharing efek negatifnya dan kebetulan ini mobil sampai 2000 rpm lambat turbonya ngangkat dibanding waktu masih baru

pak turboman , :big_chicken: turbomama :big_biglaugh: ampun deeh kocak banget, efek negatifnya apa ya kalo dicampur oli tersebut dalam jangka waktu lama ?
- faith humanity freedom -

Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: 16 Mar 2011, 09:34

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Deasegara » 19 Sep 2013, 12:34

dieselkiki wrote:waaahhh ada yang langsung dicoba dan kasih testimoni..

beneran Pak Dea ? rencananya apakah akan dicampur terus sampai berapa periode atau seterusnya pakai cara ini ?
sama norival enak mana hasilnya pak ?
saya pengen coba juga buat mesin crdi cuma masih nunggu yang sharing efek negatifnya dan kebetulan ini mobil sampai 2000 rpm lambat turbonya ngangkat dibanding waktu masih baru

pak turboman , :big_chicken: turbomama :big_biglaugh: ampun deeh kocak banget, efek negatifnya apa ya kalo dicampur oli tersebut dalam jangka waktu lama ?
Barusan tes geber lagi...edann....makin halus suaranya. Yang significant berubah adalah Captiva VCDI biasanya suaranya renyah atau garing, setelah dicampur oli 2T langsung berubah tidak renyah atau garing lagi jadi seperti diredam. Norival menghilangkan bau masem knalpot, yg sekarang masih ada sisa campuran Norival 25 literan. Untuk pengisian berikutnya mau coba tanpa Norival. Akan dicampur terus bro, mumpung masih warranty. Kalau ada kerusakan masih bisa klaim. Tapi gue rasa efeknya akan positif karena :
- Pada motor 2 tak digunakan juga untuk campuran bensin sebagai pelumasan diruang bakar, pada diesel saya rasa juga akan melumasi ruang bakar, piston tambah licin. Kompresi mesin disel juga menghasilkan temperatur yg tinggi sehingga juga sanggup membakar oli, apalagi olinya dikabutkan campur solar.
- Ketika dipompa, solar yg bercampur oli juga makin licin, suara pompanya otomatis juga makin halus dan pasti juga akan lebih awet.

Yang masih tanda tanya adalah kalau injektor pumpnya bertekanan tinggi macam Captiva dan Santi itu kan port injektornya lebih kecil lagi, mungkin bisa tersumbat atau mungkin malah tambah lancar, kan makin licin ya :big_weee: yang jelas sampai tes terakhir benar-benar halus mak nyus....

Untuk fortuner dan PS mungkin lebih aman ya, tekanan railnya kan tidak setinggi captiva dan santi.

Sekali lagi thanks to pak Turboman, you are the man for DIESEL....

Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: 16 Mar 2011, 09:34

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Deasegara » 04 Oct 2013, 09:40

Setelah mengkonsumsi 2 botol, 1 botol Motul 2T Jaso FC/D harga 95 rb dan 1 botol Castrol 2T Jaso FC harga 27 rb ternyata hasilnya masih OK, mesin masih halus, coLd start-up pagi hari juga masih maknyus tanpa asap. Dua kali isi biosolar tanpa pake Norival bau knalpot menyengat. Setiap isi biosolar 45-50 ltrs+1 botol aqua kecil (330 ml) oli 2T+1 tutup botol Norival hasilnya maknyus. Bukan sales oli dan Norival, hanya sharing aja.....

vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 982
Joined: 20 Aug 2013, 15:41

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by vp920b » 04 Oct 2013, 09:50

Buset berani juga nih orang pke oli 2T. Saya agak ragu jadi pke Norival aja. wwkwkwkw

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18079
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Turboman » 04 Oct 2013, 09:56

Kalo saya sih skg pake :
PowerService Diesel Kleen + Motul 510 JASO FD isi 125 ml selang 2X isi solar full tank di D4 D

PSDK isi tiap isi solar full

Saya sih senengnya pake additip kayak Redline 85+ / CRC 1 Tank / PSDK krn produsennya cantumin MSDS di website nya

*Bukan seles additip manapun*

Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: 16 Mar 2011, 09:34

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Deasegara » 04 Oct 2013, 10:31

Turboman wrote:Kalo saya sih skg pake :
PowerService Diesel Kleen + Motul 510 JASO FD isi 125 ml selang 2X isi solar full tank di D4 D

PSDK isi tiap isi solar full

Saya sih senengnya pake additip kayak Redline 85+ / CRC 1 Tank / PSDK krn produsennya cantumin MSDS di website nya

*Bukan seles additip manapun*
Pak Turboman, dulu awalnya saya juga pake redline 85+ dari dosis maintenance sampai maximum, tenaga ok tapi bau knalpot masih menyengat dan di ujung knalpot selalu keluar cairan seperti oli, lama kelamaan mengental macam parafin. Takutnya CC mampet, akhirnya pake Norival bau nyengat berkurang jauh dan exhaust tip tetap kering dan jelaga tipis sekali.

Yang membedakan Motul 510 Jaso FD dan Castrol Jaso FC apa saja pak Turbo selain harga, perasaan saya waktu nyetir sama aja, sama halusnya dan juga sama-sama tidak keluar asap waktu pagi hari.

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18079
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Turboman » 04 Oct 2013, 10:39

Deasegara wrote:
Yang membedakan Motul 510 Jaso FD dan Castrol Jaso FC apa saja pak Turbo selain harga, perasaan saya waktu nyetir sama aja, sama halusnya dan juga sama-sama tidak keluar asap waktu pagi hari.
Scr teoritis JASO FD = kadar detergent nya lebih tinggi drpd JASO FC

Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: 16 Mar 2011, 09:34

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Deasegara » 04 Oct 2013, 13:06

Turboman wrote:
Deasegara wrote:
Yang membedakan Motul 510 Jaso FD dan Castrol Jaso FC apa saja pak Turbo selain harga, perasaan saya waktu nyetir sama aja, sama halusnya dan juga sama-sama tidak keluar asap waktu pagi hari.
Scr teoritis JASO FD = kadar detergent nya lebih tinggi drpd JASO FC

OK pak Turbo, dimengerti terima kasih.

User avatar
yungjahja
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 11 Oct 2012, 11:55

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by yungjahja » 15 Oct 2013, 20:22

Deasegara wrote:
Turboman wrote:
Deasegara wrote:
Yang membedakan Motul 510 Jaso FD dan Castrol Jaso FC apa saja pak Turbo selain harga, perasaan saya waktu nyetir sama aja, sama halusnya dan juga sama-sama tidak keluar asap waktu pagi hari.
Scr teoritis JASO FD = kadar detergent nya lebih tinggi drpd JASO FC

OK pak Turbo, dimengerti terima kasih.
Baru coba juga nih kemarin (Captiva FL) pakai Motul 510 2T, mix 1:200 dengan Total Diesel.
Pertama saya siapkan botol yg bisa 1000ml, dengan oli 2T 300ml saya premix dulu dengan bbm diesel total,
setelah tank mobil mau penuh baru saya tuang yg sudah premix, terus baru lanjut lagi bbm sampai full.
Sudah jalan +/- 60km (tol) hasil belum kelihatan, mungkin masih sedikit yg baru mengalir ke mesin, dan mesin memang masih dalam kondisi fit sekali (suara dan getaran halus, tarikan masih mantap).
Dari baru selalu isi bbm total diesel, ga pernah pakai solar subsidi.

Yg saya masih kuatir, apa efek campuran tersebut terhadap fuel filter, apa cepat mampat atau ....??
Tapi kalau soal nozzle injector saya yakin kemungkinan kecil saja akan tersumbat nya.
Dari hasil googling dan pendapat pribadi, sepertinya lebih cocok FASO FC dan Semi Synthetic.
Kalau FASO FB full mineral, sifatnya lebih mudah terbakar pada temp rendah, sehingga mungkin efeknya lebih panas??
Kalau FASO FC/D Semi/Full Synthetic, sifatnya mulai terbakar pada temp tinggi, sehingga mungkin efeknya jadi lebih dingin??
Kalau FASO D Full Synthetic katanya kurang bersahabat terhadap fuel filter dan meninggalkan residu crystal

Nanti kalau sudah 3 minggu atau jalan sekitar 600km baru saya report lagi.
Oh ya mungkin link ini ada manfaatnya untuk pertimbangan:
h_tt_p://forum.detik.com/sharing-olie-samping-khusus-pemakai-2-tak-t21847p8.html

Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: 16 Mar 2011, 09:34

Re: Efek oli 2T - JASO FC pada solar & Diesel VGT / VNT (Dis

Post by Deasegara » 19 Oct 2013, 09:15

Setelah mencoba 1 botol Motul2T 510, 2 botol Castrol jaso FC, kemarin di Giant nemu produk pertamina Enviro 2T jaso FC, ambil satu mau coba tes. Harga motul 95 rb, castrol 25 rb, pertamina 2T 40 ribu. Yang produk pertamina ada tambahan pewangi, dan ada tertulis untuk motor 2T berpendingin udara. Kalau dipake yg berpendingin liquid gimana ya pak Turboman ? pls advise. Untuk motul dipagi hari tdk ada asap, pake castrol awalnya gak ada asap setelah beberapa hari setelah start kadang keluar asap hitam sebentar trus hilang. Digeber gak keluar asap.
Image

Post Reply