Pemakaian transmisi matic yang benar

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

PXwhite
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Thu Nov 01, 2012 7:49

Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by PXwhite »

Sebelumnya saya pake mobil dg transmisi manual & sekarang beralih ke matic, krn kejamnya kemacetan jkt. Kebiasaan dg mobil manual kebawa di matic, jd setiap berhenti krn mct ato lampu merah pasti saya pindah ke netral. Kebetulan Saat saya bawa teman yg biasa pake matic ksh info kalo cara tsb kurang tepat krn transmisi cepat aus & rusak. Mohon info dari master2 krn msh awam dgn hal tsb.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by Turboman »

PXwhite wrote:Sebelumnya saya pake mobil dg transmisi manual & sekarang beralih ke matic, krn kejamnya kemacetan jkt. Kebiasaan dg mobil manual kebawa di matic, jd setiap berhenti krn mct ato lampu merah pasti saya pindah ke netral. Kebetulan Saat saya bawa teman yg biasa pake matic ksh info kalo cara tsb kurang tepat krn transmisi cepat aus & rusak. Mohon info dari master2 krn msh awam dgn hal tsb.
Saya juga saat macet berhenti total selalu pindah ke N, yg penting asal saat pindah D ke N or sebaliknya rem diinjak penuh.

Pengamatan via OBD2 reader (i-Trax) : saat berhenti tetap di D atau pindah ke N, suhu ATF lebih rendah jika kita pindah ke N, juga engine load lebih rendah yg berarti kons BBM lebih sedikit.

Jika tetap di D suhu ATF pelan2 akan naik.

Ini hasil pengamatan saya dgn iTrax di D4 D Matic saya

*Bukan sales i-Trax*
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by kompresorz »

saya setiap berenti macet sebentar ato lama selalu pindah ke n..
malah saya suka pindah2 ke mode sport manual selagi jalan n lgsg paksa gas..ampe pernah kondisi manual dipaksa ampe pindah sendiri..klo ada fasilitas fitur di matik nikmati aja biar tau...yang penting oli jangan telat ganti..itu yang bahaya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by Turboman »

kompresorz wrote:saya setiap berenti macet sebentar ato lama selalu pindah ke n..
malah saya suka pindah2 ke mode sport manual selagi jalan n lgsg paksa gas..ampe pernah kondisi manual dipaksa ampe pindah sendiri..klo ada fasilitas fitur di matik nikmati aja biar tau...yang penting oli jangan telat ganti..itu yang bahaya
Hihihi.....saya sealiran nich ama bang komprezor :frm_tumbright:

Memang sebetulnya gak masalah krn matic modern kerjanya dikontrol oleh TCU (Transmission Control Unit) aka ECU nya transmisi

Betul yang paling penting gunakan ATF berkualitas yg sesuai spec & ganti jangan kejauhan

Tambahan dari ane : kalau perlu tambah ATF cooler :mrgreen:
PXwhite
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Thu Nov 01, 2012 7:49

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by PXwhite »

Saya punya asumsi yg sama dg master2 dg shift to netral saat stop krn macet ato lampu merah dg durasi lbh dr 30 sec. Bagaimana dengan perlakuan matic pada system transmisi yg laen, mungkin dari master2 ada penalaman ato info secara teoritis yg menjelaskan hal tsb. Ato juga pengalaman transmisi yg jebol krn sering pindah2 posisi.
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by Asfur »

Sy pernah nanya ke mekanik T dan H, ngk ada mslh malah emang seharusnya spt itu setiap macet/brenti yah pindahkan ke N. Yg bikin gear box jebol, biasanya krn pemakaian ATF yg salah, spt contohnya jazz atau oddy matic nya cvt dipakein atf yg bkn utk cvt. Atau olie nya ngk diganti sesuai jadwal svc yg ditentukan.
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by nugroho bagor »

Selain dari N ke S,yang lainnya harus benar2 berhenti n jangan lupa Rem Pull :ungg:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by andy1800 »

Asfur wrote:Sy pernah nanya ke mekanik T dan H, ngk ada mslh malah emang seharusnya spt itu setiap macet/brenti yah pindahkan ke N. Yg bikin gear box jebol, biasanya krn pemakaian ATF yg salah, spt contohnya jazz atau oddy matic nya cvt dipakein atf yg bkn utk cvt. Atau olie nya ngk diganti sesuai jadwal svc yg ditentukan.
wah klo yg bold itu mah contoh extrem.

olie yg dimaksud, olie apa om? biasanya jenis apa?

klo atf, ane pribadi krn bukan master zat2 cair, maka utk minimize kesalahan maka selalu pakai merk pabrikan nya aja.
lebih pasti dan jelas shg "terjamin". meskipun ada saja yg berpendapat justru cairan2 cap pabrikan tu "abal2".
bener gak sih, sikap ane itu?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by Turboman »

PXwhite wrote:Saya punya asumsi yg sama dg master2 dg shift to netral saat stop krn macet ato lampu merah dg durasi lbh dr 30 sec. Bagaimana dengan perlakuan matic pada system transmisi yg laen, mungkin dari master2 ada penalaman ato info secara teoritis yg menjelaskan hal tsb. Ato juga pengalaman transmisi yg jebol krn sering pindah2 posisi.
Nuwbie (bukan master) sharing aza :
- 9 tahun dgn E39 Matic
- 6,5 tahun dgn D4 D Matic (125 rb Km)

Selalu nerapin pola : masuk ke N saat berhenti waktu macet

So far mobil fine2 aja

Krn di D4 D pake i-Trax yg bisa monitor suhu ATF jadi kelihatan kalau tetap di D saat diam suhu ATF naik scr pelan2, juga engine load yg lebih besar, BBM jadi lebih boros. Kalo berlama lama spt itu suhu ATF bisa naik lebih dr 80 deg C.

Kalo nerapin D - N - D - N - D saat berhenti - jalan di kemacetan suhu ATF tetap rendah, tetap di bawah 80 deg C, paling tinggi juga 76 - 77 deg C.

Jadi yaa bisa disimpulkan dah :mrgreen:
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by newrubble »

Saat pertama saya diajarkan steer mobil th 79 (pakai 1948 desoto matic 2 speed) malah sy di anjurkan saat tunggu trafficlight merah ke hijau ...posisi cukup P dan dengan berbagai mobil matic yg (pernah) di miliki ...kebiasaan itu ada hingga sekarang

Jika macet dgn permukaan jalan datar sy posisikan N ..baik matic 2speed (benz) matic 3speed, 4speed maupun beberapa mobil sy dgn trx matic terkini

Sukur blm pernah ada yg rusak ...dan metode ini cukup efisien dlm mempekerjakan rem saat macet ...tapi mmg tdk bisa restart dgn agresif ...krn driving mode sy bkn spt itu
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by Asfur »

andy1800 wrote:
Asfur wrote:Sy pernah nanya ke mekanik T dan H, ngk ada mslh malah emang seharusnya spt itu setiap macet/brenti yah pindahkan ke N. Yg bikin gear box jebol, biasanya krn pemakaian ATF yg salah, spt contohnya jazz atau oddy matic nya cvt dipakein atf yg bkn utk cvt. Atau olie nya ngk diganti sesuai jadwal svc yg ditentukan.
wah klo yg bold itu mah contoh extrem.

olie yg dimaksud, olie apa om? biasanya jenis apa?

klo atf, ane pribadi krn bukan master zat2 cair, maka utk minimize kesalahan maka selalu pakai merk pabrikan nya aja.
lebih pasti dan jelas shg "terjamin". meskipun ada saja yg berpendapat justru cairan2 cap pabrikan tu "abal2".
bener gak sih, sikap ane itu?
Wah ane jg bukan ahli olie2 an om, cuman dulu sempet punya jazz jg, nah ada yg cerita matik jazz jebol yah lantaran ganti olie dibengkel biasa dan digantiin olie atf biasa bukan yg utk cvt. Kalo ane jg selalu ganti ke beres sih om, even buat olie mesin sekalipun. Jadi ane selalu pake yg emang rekomen dr beres tsb.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by Turboman »

Kalo transmisi CVT itu saat ganti oli harus hati2 & perhatikan benar2 spec yg diminta di buku manual, krn beda CVT olinya juga bisa beda, tuk amannya sih pakai oli genuine nya aja, trus gantinya jangan lama2.

Kalau transmisi matic sistem konvensional jauh lebih mudah dalam pemilihan oli, tinggal lihat spec nya mintanya apa trus bisa pakai yg Fully Synthetic yg multi standard yg comply ke std itu juga
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by andy1800 »

Turboman wrote: Krn di D4 D pake i-Trax yg bisa monitor suhu ATF jadi kelihatan kalau tetap di D saat diam suhu ATF naik scr pelan2, juga engine load yg lebih besar, BBM jadi lebih boros. Kalo berlama lama spt itu suhu ATF bisa naik lebih dr 80 deg C.

Kalo nerapin D - N - D - N - D saat berhenti - jalan di kemacetan suhu ATF tetap rendah, tetap di bawah 80 deg C, paling tinggi juga 76 - 77 deg C.

Jadi yaa bisa disimpulkan dah :mrgreen:
btw pernah gak sih ada info ttg lsg jd rusak, klo ketahan lama di D ?

soalnya ane pernah gak sengaja/missed/gak nyadar, pasang parkingbrake pdhl posisi msh D
skitar 15 menitan
so far sih ga ada keanehan apa2, baik2 aja n no worries at all.

btw TCU bukan canggih tu ada algoritma failsafe gak sih?
misalnya krn detect kejadian gak sengaja ketahan di D spt ane gitu, tp lbh lama, misalnya stgh atau 1 jam...atau krn temperatur ATF meningkat lbh dr 80....trus TCU mikir, ini perlu masuk ke mode failsafe.
gak ada algiritma gitu ya?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by Asfur »

Oh iya, perihal matik bisa jebol kalo R-N-D secara cepet pas mau parkir. Kayaknya ini jg masih tanda tanya sih keabsahannya, bukan mau ngajarin yg jelek2. Tp di ktr sejak 7 taon lalu, sudah dikasih pake boil matik semua. Ada yg pake ipah, ada yg dpt stream, ada ford everest ada jg livina, kebetulan ane dpt jatah pake carens 2 matik. Sbg gambaran aja, semua dipake scr kejam alias ngk pake jeda jadi kalo mau jalan tuas lgs di pindah scr cepet dr P ke D kmdn kalo mau brenti juga lgs nguikkk D-P scr cepet. Kalo mau parkir juga maju mundur D-R-D-R gitu terus tanpa tunggu boilnya stop bener2.
Yah kalo berdasarkan referensi dari rekan2 SM tentunya ini cara stir yg salah, tp sampe km 120-150 rb an semua blm ada yg gear box nya jebol. Termasuk carens 2 sy, yg produk korea :wkkk: . Jadi kesimpulannya mgkn yah, krn semua kan masuk ke beres, yah olie nya ikutin anjuran beres aja.
Skrg dah pada ganti kendaraan, bawa nya pun sama aja gitu juga, ngk pake nunggu jeda brenti dulu, semua lgs bejek :big_slap: .
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by andy1800 »

Asfur wrote:
andy1800 wrote:
Asfur wrote:Sy pernah nanya ke mekanik T dan H, ngk ada mslh malah emang seharusnya spt itu setiap macet/brenti yah pindahkan ke N. Yg bikin gear box jebol, biasanya krn pemakaian ATF yg salah, spt contohnya jazz atau oddy matic nya cvt dipakein atf yg bkn utk cvt. Atau olie nya ngk diganti sesuai jadwal svc yg ditentukan.
wah klo yg bold itu mah contoh extrem.

olie yg dimaksud, olie apa om? biasanya jenis apa?

klo atf, ane pribadi krn bukan master zat2 cair, maka utk minimize kesalahan maka selalu pakai merk pabrikan nya aja.
lebih pasti dan jelas shg "terjamin". meskipun ada saja yg berpendapat justru cairan2 cap pabrikan tu "abal2".
bener gak sih, sikap ane itu?
Wah ane jg bukan ahli olie2 an om, cuman dulu sempet punya jazz jg, nah ada yg cerita matik jazz jebol yah lantaran ganti olie dibengkel biasa dan digantiin olie atf biasa bukan yg utk cvt. Kalo ane jg selalu ganti ke beres sih om, even buat olie mesin sekalipun. Jadi ane selalu pake yg emang rekomen dr beres tsb.
ic :thanks:
sori, sori om...soalnya klo ada yg nyebut oli dan AT Fluid scara bersamaan, scara subjektif ane lsg waspada shg lsg nanya (takut kalau2 hrsnya udah ganti oli, tp krn ane gak tau gimana ngegantinya jdnya gak ganti2 oli deh)... soalnya ane blm pernah dan ingin tau ttg ganti Oli transmisi. klo ganti AT Fluid sih udah pernah.

jd maksud ane pertanyaannya adlh:
Oli trasnmisi ini sebenarnya ada atau tidak sih? perlu diganti nya per brp km? biasanya brp liter?

maksud saya Oli ya i.e. Oil, bukan Fluid...transmission oil, bukan AT fluid.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by andy1800 »

Asfur wrote:Oh iya, perihal matik bisa jebol kalo R-N-D secara cepet pas mau parkir. Kayaknya ini jg masih tanda tanya sih keabsahannya, bukan mau ngajarin yg jelek2. Tp di ktr sejak 7 taon lalu, sudah dikasih pake boil matik semua. Ada yg pake ipah, ada yg dpt stream, ada ford everest ada jg livina, kebetulan ane dpt jatah pake carens 2 matik. Sbg gambaran aja, semua dipake scr kejam alias ngk pake jeda jadi kalo mau jalan tuas lgs di pindah scr cepet dr P ke D kmdn kalo mau brenti juga lgs nguikkk D-P scr cepet. Kalo mau parkir juga maju mundur D-R-D-R gitu terus tanpa tunggu boilnya stop bener2.
Yah kalo berdasarkan referensi dari rekan2 SM tentunya ini cara stir yg salah, tp sampe km 120-150 rb an semua blm ada yg gear box nya jebol. Termasuk carens 2 sy, yg produk korea :wkkk: . Jadi kesimpulannya mgkn yah, krn semua kan masuk ke beres, yah olie nya ikutin anjuran beres aja.
Skrg dah pada ganti kendaraan, bawa nya pun sama aja gitu juga, ngk pake nunggu jeda brenti dulu, semua lgs bejek :big_slap: .
same here :off_woman:


berdasar ref temen2 SM itu tentu dibilang sbg perlakuan yg salah? ....belum tentu sih. :e-think: mari kita tunggu para pendapat. :beer:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by Turboman »

andy1800 wrote: jd maksud ane pertanyaannya adlh:
Oli trasnmisi ini sebenarnya ada atau tidak sih? perlu diganti nya per brp km? biasanya brp liter?
See owners manual :mrgreen:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by andy1800 »

Turboman wrote:
andy1800 wrote: jd maksud ane pertanyaannya adlh:
Oli trasnmisi ini sebenarnya ada atau tidak sih? perlu diganti nya per brp km? biasanya brp liter?
See owners manual :mrgreen:
I prefer see SerayaMotor's manual :big_weee: hahaa :big_peace:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by Turboman »

andy1800 wrote: btw TCU bukan canggih tu ada algoritma failsafe gak sih?
misalnya krn detect kejadian gak sengaja ketahan di D spt ane gitu, tp lbh lama, misalnya stgh atau 1 jam...atau krn temperatur ATF meningkat lbh dr 80....trus TCU mikir, ini perlu masuk ke mode failsafe.
gak ada algiritma gitu ya?
adanya sensor suhu ATF pasti ada maksudnya :mrgreen:

Tapi level kritis suhu ATF yg diprogram pada TCU sih ane gak paham sampe berapa, soalnya ATF sampe 113 deg C saat nanjak ke Tangkuban Perahu juga gak ada check engine nyala.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by andy1800 »

Turboman wrote:
andy1800 wrote: btw TCU bukan canggih tu ada algoritma failsafe gak sih?
misalnya krn detect kejadian gak sengaja ketahan di D spt ane gitu, tp lbh lama, misalnya stgh atau 1 jam...atau krn temperatur ATF meningkat lbh dr 80....trus TCU mikir, ini perlu masuk ke mode failsafe.
gak ada algiritma gitu ya?
adanya sensor suhu ATF pasti ada maksudnya :mrgreen:

Tapi level kritis suhu ATF yg diprogram pada TCU sih ane gak paham sampe berapa, soalnya ATF sampe 113 deg C saat nanjak ke Tangkuban Perahu juga gak ada check engine nyala.
o ic ic :thanks:

loh itu taunya temperatur ATF sampai 113 dari mana? wah, sip bener itu. klo mobil standar, ada display nya kah? atau pasang sendiri? atau hanya mobil premium yg ada? di bmw ada?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by Turboman »

andy1800 wrote: loh itu taunya temperatur ATF sampai 113 dari mana? wah, sip bener itu. klo mobil standar, ada display nya kah? atau pasang sendiri? atau hanya mobil premium yg ada? di bmw ada?
i-Trax om

http://www.facebook.com/pages/ITRAX-MID/230110681531

Btw gak semua OBD2 reader bisa nampilkan suhu ATF, utk i-Trax ini kebetulan ane kenal baik & sering discuss ama creatornya, jadi waktu development cari kode utk suhu ATF itu test bench-nya pakai D4-D Matic saya, pakai Launch OBD2 scanner buat mancing data, trus pakai reader khusus data OBD2 buat baca kode-nya. Hal ini dilakukan setelah pak Irawan (creator i-Trax) baca wiring diagram Ipah dia ngelihat ada sensor suhu ATF.

Akhirnya dapat dah tuh kode suhu ATF dan bisa keluar :mrgreen:

i-Trax ini OBD2 reader khusus Protocalnya Ipah / 42ner / HiLux / Pansah gen.1 yg mana Protocolnya beda sendiri.

*Bukan seles i-Trax*
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by RVR »

Yg sering denger sih kalau macet parah di tanjakan (contoh di puncak), kalo tetep kekeuh di D waktu berenti lama, temperatur engine naik & bahkan sampai AC off sendiri (failsafe)

Khusus cvt oil, yak, tiap merk punya spec sendiri2, jadi jgn coba2 asal pake cvt oil yg beda spec kalo mau aman

CVT oil generasi akhir bahkan long life type, sehingga ga perlu ganti, di outlander sport & mirage udah pake yg longlife, menurut bukunya sih ganti hanya kalo pakenya berat (contoh taxi), itupun 40K km gantinya....

Ada juga idle netral control seperti di mirage (saya
pake), dimana saat berenti di D & injek rem, beberapa saat kemudian cvt akan putus hubungan ama engine, rasanya seprti netral. Menurut beres sih feature ini untuk efisiensi bbm
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by andy1800 »

Turboman wrote:
andy1800 wrote: loh itu taunya temperatur ATF sampai 113 dari mana? wah, sip bener itu. klo mobil standar, ada display nya kah? atau pasang sendiri? atau hanya mobil premium yg ada? di bmw ada?
i-Trax om

http://www.facebook.com/pages/ITRAX-MID/230110681531

Btw gak semua OBD2 reader bisa nampilkan suhu ATF, utk i-Trax ini kebetulan ane kenal baik & sering discuss ama creatornya, jadi waktu development cari kode utk suhu ATF itu test bench-nya pakai D4-D Matic saya, pakai Launch OBD2 scanner buat mancing data, trus pakai reader khusus data OBD2 buat baca kode-nya. Hal ini dilakukan setelah pak Irawan (creator i-Trax) baca wiring diagram Ipah dia ngelihat ada sensor suhu ATF.

Akhirnya dapat dah tuh kode suhu ATF dan bisa keluar :mrgreen:

i-Trax ini OBD2 reader khusus Protocalnya Ipah / 42ner / HiLux / Pansah gen.1 yg mana Protocolnya beda sendiri.

*Bukan seles i-Trax*
ooo...ternyata ni dia "rahasia" nya ...haha. okay2. :off_good_job: :thanks:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by andy1800 »

RVR wrote:Yg sering denger sih kalau macet parah di tanjakan (contoh di puncak), kalo tetep kekeuh di D waktu berenti lama, temperatur engine naik & bahkan sampai AC off sendiri (failsafe)

Khusus cvt oil, yak, tiap merk punya spec sendiri2, jadi jgn coba2 asal pake cvt oil yg beda spec kalo mau aman

CVT oil generasi akhir bahkan long life type, sehingga ga perlu ganti, di outlander sport & mirage udah pake yg longlife, menurut bukunya sih ganti hanya kalo pakenya berat (contoh taxi), itupun 40K km gantinya....

Ada juga idle netral control seperti di mirage (saya
pake), dimana saat berenti di D & injek rem, beberapa saat kemudian cvt akan putus hubungan ama engine, rasanya seprti netral. Menurut beres sih feature ini untuk efisiensi bbm
oo ic :off_good_job: :thanks:

but, i think CVT fluid is not oil ...... is it ?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by kompresorz »

Turboman wrote:
kompresorz wrote:saya setiap berenti macet sebentar ato lama selalu pindah ke n..
malah saya suka pindah2 ke mode sport manual selagi jalan n lgsg paksa gas..ampe pernah kondisi manual dipaksa ampe pindah sendiri..klo ada fasilitas fitur di matik nikmati aja biar tau...yang penting oli jangan telat ganti..itu yang bahaya
Hihihi.....saya sealiran nich ama bang komprezor :frm_tumbright:

Memang sebetulnya gak masalah krn matic modern kerjanya dikontrol oleh TCU (Transmission Control Unit) aka ECU nya transmisi

Betul yang paling penting gunakan ATF berkualitas yg sesuai spec & ganti jangan kejauhan

Tambahan dari ane : kalau perlu tambah ATF cooler :mrgreen:
kan kompresor n turbo memang sealiran om sama2 doping hahahaha...
om turbo..atf cooler itu apa lg?maklum saya ganti oli matik saya serahkan kebengkel spesialisnya..tinggal nunggu beres aja..
ya sebenarnya rusaknya matik krn metode pemakaian gak bisa diprediksi namanya elektonik yang penting oli jgn telat ganti n arus sesuai spek aja..
saya termasuk kasar pake matik n coba2..pernah tarik2an ditol dr lari 140 tiba2 depan masuk mobil mendadak pelan lgsg saya paksa masuk manual pindah gigi berurutan cepat sampe 1 sampe meraung mesinnya n bantu rem jg ampe lari tinggal 20an..n masih sampe skrg kadang saya bawa sperti itu...
n jg pernah tes kondisi netral gas ampe rpm 2 n masuk D kirain lgsg lari cm slip n jeduk...sama dgn masuk D tanpa injak rem slip jg n jeduk...tapi syukur masih bagus
saya ganti oli matik di saranin bengkel 50000 kilometer..