Pemakaian transmisi matic yang benar

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by silentIm2 »

jalananDOHC wrote:tanya lagi, klo N ke D harus pake rem gak?
digrup sebelah, pengguna pug 307 sporty & mobilio dari N ke D tanpa rem
Ga harus bro... Yg ga boleh gas duluan saat netral waktu berhenti, trus dimasukin ke D.
chikiciuw
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Wed Mar 25, 2015 5:48

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by chikiciuw »

jalananDOHC wrote:tanya lagi, klo N ke D harus pake rem gak?
digrup sebelah, pengguna pug 307 sporty & mobilio dari N ke D tanpa rem
Kayaknya beda mobil beda mungkin om. Cmiiw
Yaris dari N ke D bisa langsung
E46 kalo gak di injak rem dia ga bs pindah dari N ke D..
Cmiiw yah masi newbie juga. Hahah
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by aspsilver »

BMW memang gak mau kalo keluar dari N, tanpa injak rem.

pertanyaan yang paling atas, kalo berhenti pindah ke N atau tetap di D,

15 th yang lalu, saya pernah menanyakan hal tersebut ke Mercedes Benz, melalui email ke MB jerman

saat itu dijawab, tidak ada bedanya mau pindah ke N atau tetap di D, keduannya tidak akan merusak transmisi, saran mereka cuma kalau berhenti cukup lama, pindah ke N saja.

di BMW dan Mercedes tipe2 baru, ada fitur untuk otomatis terpasang Rem, apabila mobil berhenti, supir tidak perlu menahan pedal rem agar mobil tetap berhenti dan transmisi tidak perlu dipindah ke N. apabila di gas, maka rem akan otomatis terlepas.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by octafiantos »

Saya juga kalo behenti lama doang baru pindah ke N. Kalo sebentar sebentar pindah, matic selectornya pusing tar [emoji14]

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by alexdonovan »

Saya selalu N kalo macet merayap... Biar kaki gak pegel :D :D :D
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
white11
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Sat Nov 15, 2014 7:41

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by white11 »

klu di lampu merah selalu di N, tarik rem tangan.

klu mau jalan, pindah ke D dari N, selalu nunggu 2 detik baru di gas.

setiap perpindahan gear wajib injak pedal rem secara penuh.
ganio20
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:55

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by ganio20 »

permisi om ane nubie nih hehe
ane lagi disuruh bikin tugas dari kampus nih ane ambil judul tentang perawatan transmisi matic nah ane lagi bingung nih ttg masalah overhaul mobil matic kira apa aja ya part yang harus diganti? terus biasanya di overhaul tuh setelah rusak atau setelah melawti beberapa rb km? terus estimasi biaya berapa ya? hehe maklum ane blm pernah piara mobil matic hehe paling awal bulan nanti ane miara mobil matic soalnya babeh beli mobil matic thanks om om
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by pernahmiskin »

Maaf bangkitin trit lama.

Mo nanya, baiknya pas nunggu agak lama kurleb 2 sampai 3 jam dgn mesin nyala juga ac nyala
(pas di feri, ga bisa keluar mobil pintu mepet kendaraan sebelah)

Baiknya taruh di N atau P ?
Terima kasih
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
gerobak nippon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Sat Sep 15, 2012 10:17
Daily Vehicle: Pajero 4N15

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by gerobak nippon »

Berhenti lama dgn mesin menyala sebaiknya posisi trans di N dan hand rem aktif..
Posisi trans di P dgn mesin menyala dalam waktu lama bisa merusak transmisi..
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by pernahmiskin »

gerobak nippon wrote: Fri Jul 13, 2018 18:32 Berhenti lama dgn mesin menyala sebaiknya posisi trans di N dan hand rem aktif..
Posisi trans di P dgn mesin menyala dalam waktu lama bisa merusak transmisi..
Siap om, makasih informasinya..

Sebelumnya agak rancu jg saya...

Mau taruh d P biar aman, tp sirkulasi ga jalan yg sebabkan ATF panas

Taruh di N, sirkulasi ATF lancar tp resiko kesenggol tuas'nya..

Sebab kadang sy istirahat/tidur kalau terpaksa d dalam mobil dlm jangka waktu lama..

Walapun jg resiko keracunan asap..

Soal ada pengalaman teman ipar yg meninggal karena keracunan asap mobil, padahal pintu garasi terbuka
(Alm lg seting audio)
Amit2 dah

Maaf oot
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by silentIm2 »

pernahmiskin wrote:
gerobak nippon wrote: Fri Jul 13, 2018 18:32 Berhenti lama dgn mesin menyala sebaiknya posisi trans di N dan hand rem aktif..
Posisi trans di P dgn mesin menyala dalam waktu lama bisa merusak transmisi..
Siap om, makasih informasinya..

Sebelumnya agak rancu jg saya...

Mau taruh d P biar aman, tp sirkulasi ga jalan yg sebabkan ATF panas

Taruh di N, sirkulasi ATF lancar tp resiko kesenggol tuas'nya..

Sebab kadang sy istirahat/tidur kalau terpaksa d dalam mobil dlm jangka waktu lama..

Walapun jg resiko keracunan asap..

Soal ada pengalaman teman ipar yg meninggal karena keracunan asap mobil, padahal pintu garasi terbuka
(Alm lg seting audio)
Amit2 dah

Maaf oot
transmisi P sama aja dengan netral om, cuma bedanya P itu parking pawl (kuku gigi parkir) aktif mengunci output shaft. Mau mesin nyala seharian ga masalah kok om untuk transmisi, karena solenoid kampas planetarynya ga ada yg aktif untuk meneruskan tenaga dari input shaft yang diputer mesin melalui torque converter.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by lemonadelovers »

pernahmiskin wrote: Fri Jul 13, 2018 19:27
gerobak nippon wrote: Fri Jul 13, 2018 18:32 Berhenti lama dgn mesin menyala sebaiknya posisi trans di N dan hand rem aktif..
Posisi trans di P dgn mesin menyala dalam waktu lama bisa merusak transmisi..
Siap om, makasih informasinya..

Sebelumnya agak rancu jg saya...

Mau taruh d P biar aman, tp sirkulasi ga jalan yg sebabkan ATF panas

Taruh di N, sirkulasi ATF lancar tp resiko kesenggol tuas'nya..

Sebab kadang sy istirahat/tidur kalau terpaksa d dalam mobil dlm jangka waktu lama..

Walapun jg resiko keracunan asap..

Soal ada pengalaman teman ipar yg meninggal karena keracunan asap mobil, padahal pintu garasi terbuka
(Alm lg seting audio)
Amit2 dah

Maaf oot
Terkait khawatir tuas transmisi kesenggol:

Bisa gak ya mekanisme diubah supaya N ke D harus tekan tombol di tuas, seperti dr N ke R

Soalnya dr N k D tinggal geser doang, kmrn di parkiran liat ad mobil meluncur gara2 tuas kesenggol (orgnya duduk di sisi kiri)
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
Soccerates
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Fri Sep 08, 2017 0:32
Location: Indonesia
Daily Vehicle: HR15DE - RX 2011

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by Soccerates »

lemonadelovers wrote: Sat Jul 14, 2018 23:16
pernahmiskin wrote: Fri Jul 13, 2018 19:27
gerobak nippon wrote: Fri Jul 13, 2018 18:32 Berhenti lama dgn mesin menyala sebaiknya posisi trans di N dan hand rem aktif..
Posisi trans di P dgn mesin menyala dalam waktu lama bisa merusak transmisi..
Siap om, makasih informasinya..

Sebelumnya agak rancu jg saya...

Mau taruh d P biar aman, tp sirkulasi ga jalan yg sebabkan ATF panas

Taruh di N, sirkulasi ATF lancar tp resiko kesenggol tuas'nya..

Sebab kadang sy istirahat/tidur kalau terpaksa d dalam mobil dlm jangka waktu lama..

Walapun jg resiko keracunan asap..

Soal ada pengalaman teman ipar yg meninggal karena keracunan asap mobil, padahal pintu garasi terbuka
(Alm lg seting audio)
Amit2 dah

Maaf oot
Terkait khawatir tuas transmisi kesenggol:

Bisa gak ya mekanisme diubah supaya N ke D harus tekan tombol di tuas, seperti dr N ke R

Soalnya dr N k D tinggal geser doang, kmrn di parkiran liat ad mobil meluncur gara2 tuas kesenggol (orgnya duduk di sisi kiri)
Betul om, teman saya pernah kejadian seperti itu. Kalo saya sih utk amannya, selama mesin hidup dan berhenti (dan memang diharuskan utk masuk mode N), sebaiknya parking brake diaktifkan. Lebih safe lagi kalo dimasukkan ke mode P dan sebisa mungkin driver tdk meninggalkan kursinya.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by pengendiesel »

Di kapal feri yang paling aman begitu parkir langsung matikan mesin, semua penumpang turun dari mobil dan menunggu di ruang tunggu atas.

Jaga2 kalau ombak besar, berada di dek mobil bisa jauh lebih serem daripada ngadepin mertua sewot.
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by pernahmiskin »

silentIm2 wrote: Sat Jul 14, 2018 22:20
pernahmiskin wrote:
gerobak nippon wrote: Fri Jul 13, 2018 18:32 Berhenti lama dgn mesin menyala sebaiknya posisi trans di N dan hand rem aktif..
Posisi trans di P dgn mesin menyala dalam waktu lama bisa merusak transmisi..
Siap om, makasih informasinya..

Sebelumnya agak rancu jg saya...

Mau taruh d P biar aman, tp sirkulasi ga jalan yg sebabkan ATF panas

Taruh di N, sirkulasi ATF lancar tp resiko kesenggol tuas'nya..

Sebab kadang sy istirahat/tidur kalau terpaksa d dalam mobil dlm jangka waktu lama..

Walapun jg resiko keracunan asap..

Soal ada pengalaman teman ipar yg meninggal karena keracunan asap mobil, padahal pintu garasi terbuka
(Alm lg seting audio)
Amit2 dah

Maaf oot
transmisi P sama aja dengan netral om, cuma bedanya P itu parking pawl (kuku gigi parkir) aktif mengunci output shaft. Mau mesin nyala seharian ga masalah kok om untuk transmisi, karena solenoid kampas planetarynya ga ada yg aktif untuk meneruskan tenaga dari input shaft yang diputer mesin melalui torque converter.
Terima Kasih tambahan informasinya om...

Ga sebabkan oli transmisi panas berlebih ya?
Sebab sy baca2 d SM jg ada yg bikang bikin panas transmisi...
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
gerobak nippon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Sat Sep 15, 2012 10:17
Daily Vehicle: Pajero 4N15

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by gerobak nippon »

Hati2 saja..
Karena pada saat mesin menyala lama dgn posisi trans di P, olie transmisi tidak bisa bersirkulasi dgn lancar..
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by efact »

pernahmiskin wrote: Fri Jul 13, 2018 17:07 Maaf bangkitin trit lama.

Mo nanya, baiknya pas nunggu agak lama kurleb 2 sampai 3 jam dgn mesin nyala juga ac nyala
(pas di feri, ga bisa keluar mobil pintu mepet kendaraan sebelah)

Baiknya taruh di N atau P ?
Terima kasih
Amannya sih di p saja om, ga takut kesenggol hahaha.. intinya sih 2 posisi itu sama saja kok, cuma beda di p parking pawlnya ngelock, doang..no load= ga akan overheat selama ada fluid nya hahahah
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by adityabp »

lemonadelovers wrote: Sat Jul 14, 2018 23:16 --cut--

Terkait khawatir tuas transmisi kesenggol:

Bisa gak ya mekanisme diubah supaya N ke D harus tekan tombol di tuas, seperti dr N ke R

Soalnya dr N k D tinggal geser doang, kmrn di parkiran liat ad mobil meluncur gara2 tuas kesenggol (orgnya duduk di sisi kiri)
Parking brake is a must. Biasakan mengaktifkan parking brake ketika di N.
Kalo sopirnya mau turun sebentar tapi mesin masih nyala, parking brake trus pindahkan ke P.
Semuanya demi keselamatan.
Boeds
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SR3

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by Boeds »

kemarin perhatiin suhu atf, maksimal di 88 C, itu saat marathon menaklukkan barisan panjang arus mudik di lintas sumatera.
jadi full gaya pedal to carpet.
kalo bawaan normal, biasanya di 70 tinggi sampai 80 lewat dikit.

saya juga aliran pindah ke N kalo macet. hitungannya, kalau sekitar 5 mobil ke depan stuck.
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Pemakaian transmisi matic yang benar

Post by pernahmiskin »

Makasih jawaban2nya om2 semua...
Nambah wawasan saya.
Ga rugi join SM.

Saya bakal coba kalau parkir lama taruh di P saja.

Dan bakal ganti atf dgn yg bagusan dgn merk yg populer di threat oli transmisi.
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent: