Tanya asuransi mobil yang claimnya ga ribet.com

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
kh
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: 18 Jun 2007, 09:42

Re: Tanya asuransi mobil yang claimnya ga ribet.com

Post by kh »

kompresorz wrote:Toyota metromini sudah lewat jatuh tempo tgl 1-7-2016...

Td sore di telpon marketing...pak untuk perpanjangan tdk ada diskon krn ada biaya klaim sebelumnya lebih dr 100 persen dr biaya pendaftaran..
Ya gak apa hitung saja berapa n lgsg kirim polisnya ke rumah....

Anki saja br 5 bulan mungkin sudah menghabiskan biaya reparasi 17 jutaan...

Saya gak perlu diskon yg penting klaim mudah n bisa masuk bengkel resmi....

Taun depan klo ada mobil baru pun lgsg saya masukin asuransi raksa pratikara...

Selama saya nyaman selama itu pula loyal ...
Om, kebetulan saya juga pakai Raksa nih tapi belum pernah klaim. Kalau klaim tinggal telepon ke Raksa terus datang ke bengkel rekanannya gt ya? Saya belum pernah klaim asuransi samsek nih jadi newbie.
irdna
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 290
Joined: 14 Aug 2014, 16:54

Re: RE: Re: Tanya asuransi mobil yang claimnya ga ribet.com

Post by irdna »

ceiszha wrote:
irdna wrote:nanya dng agak oot sih cmn bingung mau nanya di mana

kalau ada baret2 di mobil, biasa pada claim garansi atau di biarin aja ya?

numpang curhat:
-kondisi mobil sya asuransi cmn 1 thun abis akhir taun
-kondisi mobil jg udah coating
- sblm nya uda pernah claim asuransi di pintu kanan baret dikit tp di cat ulang 1 panel, masalahnya warnanya kalau di perhatiin jadi beda ga sama kyk pertama kali
- ke 2 sya rencana nambah asuransi buat di tahun ke 2 kira2 kalau sya ga claim skrg trus perpanjang asuransi apa nanti baret2 yg timbul sblm perpanjangan asuransi ga bsa di claim ya?

bingung nih minta saran dari member sini yg sering pengalaman ttg asuransi
Bknnya dpt garansi dri bengkel cat nya Om? Klo belang klaim lg aja.
Lbh baik klaim dlu Om bru perpanjang, soalnya ntr dihitung cacat semula sm surveyor asuransinya. Mobil ane wktu ganti asuransi tu surveyor mlh bisa nemuin baret yg ane sendiri gk sadar ada. Hahaha

Sent from my Lenovo A7010a48 using Seraya Motor mobile app

garansinya 3 bln om dan udah lewat 3 bln, cmn sya ga sadar baru sadar pas kemaren parkir di tempat terik matahari warnanya agak beda

atau saya baret in lagi aja ya biar skalian di cat ulang lagi?hahaha cmn serem takut ketauan sengaja

lebih baik claim lg aja ya? kalau di hitung cacat semula ga akan bsa di claim kah?

misal sya perpanjang asuransi itu biayanya perhitungannya bakal sama kyk yg sya bayar di thn pertama atau gmn ya?
ceiszha
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: 05 Dec 2014, 12:15
Location: medan

Re: RE: Re: RE: Re: Tanya asuransi mobil yang claimnya ga ribet.com

Post by ceiszha »

irdna wrote:
ceiszha wrote:
irdna wrote:nanya dng agak oot sih cmn bingung mau nanya di mana

kalau ada baret2 di mobil, biasa pada claim garansi atau di biarin aja ya?

numpang curhat:
-kondisi mobil sya asuransi cmn 1 thun abis akhir taun
-kondisi mobil jg udah coating
- sblm nya uda pernah claim asuransi di pintu kanan baret dikit tp di cat ulang 1 panel, masalahnya warnanya kalau di perhatiin jadi beda ga sama kyk pertama kali
- ke 2 sya rencana nambah asuransi buat di tahun ke 2 kira2 kalau sya ga claim skrg trus perpanjang asuransi apa nanti baret2 yg timbul sblm perpanjangan asuransi ga bsa di claim ya?

bingung nih minta saran dari member sini yg sering pengalaman ttg asuransi
Bknnya dpt garansi dri bengkel cat nya Om? Klo belang klaim lg aja.
Lbh baik klaim dlu Om bru perpanjang, soalnya ntr dihitung cacat semula sm surveyor asuransinya. Mobil ane wktu ganti asuransi tu surveyor mlh bisa nemuin baret yg ane sendiri gk sadar ada. Hahaha

Sent from my Lenovo A7010a48 using Seraya Motor mobile app

garansinya 3 bln om dan udah lewat 3 bln, cmn sya ga sadar baru sadar pas kemaren parkir di tempat terik matahari warnanya agak beda

atau saya baret in lagi aja ya biar skalian di cat ulang lagi?hahaha cmn serem takut ketauan sengaja

lebih baik claim lg aja ya? kalau di hitung cacat semula ga akan bsa di claim kah?

misal sya perpanjang asuransi itu biayanya perhitungannya bakal sama kyk yg sya bayar di thn pertama atau gmn ya?
Surveyor nya blg sih ttp bsa klaim tp tambahin dulu baretnya. Hehehe
orchard
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 272
Joined: 26 Jun 2014, 16:28

Re: RE: Re: Tanya asuransi mobil yang claimnya ga ribet.com

Post by orchard »

irdna wrote:
ceiszha wrote:
irdna wrote:nanya dng agak oot sih cmn bingung mau nanya di mana

kalau ada baret2 di mobil, biasa pada claim garansi atau di biarin aja ya?

numpang curhat:
-kondisi mobil sya asuransi cmn 1 thun abis akhir taun
-kondisi mobil jg udah coating
- sblm nya uda pernah claim asuransi di pintu kanan baret dikit tp di cat ulang 1 panel, masalahnya warnanya kalau di perhatiin jadi beda ga sama kyk pertama kali
- ke 2 sya rencana nambah asuransi buat di tahun ke 2 kira2 kalau sya ga claim skrg trus perpanjang asuransi apa nanti baret2 yg timbul sblm perpanjangan asuransi ga bsa di claim ya?

bingung nih minta saran dari member sini yg sering pengalaman ttg asuransi
Bknnya dpt garansi dri bengkel cat nya Om? Klo belang klaim lg aja.
Lbh baik klaim dlu Om bru perpanjang, soalnya ntr dihitung cacat semula sm surveyor asuransinya. Mobil ane wktu ganti asuransi tu surveyor mlh bisa nemuin baret yg ane sendiri gk sadar ada. Hahaha

Sent from my Lenovo A7010a48 using Seraya Motor mobile app

garansinya 3 bln om dan udah lewat 3 bln, cmn sya ga sadar baru sadar pas kemaren parkir di tempat terik matahari warnanya agak beda

atau saya baret in lagi aja ya biar skalian di cat ulang lagi?hahaha cmn serem takut ketauan sengaja

lebih baik claim lg aja ya? kalau di hitung cacat semula ga akan bsa di claim kah?

misal sya perpanjang asuransi itu biayanya perhitungannya bakal sama kyk yg sya bayar di thn pertama atau gmn ya?
afaik, kalo perpanjang asuransi yg sama (bahkan beda asuransi jg gpp) selama msh blm lewat masa asuransi(atau cm lwt 1hari) gk perlu survey2 foto ulang..
ceiszha
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: 05 Dec 2014, 12:15
Location: medan

Re: RE: Re: RE: Re: Tanya asuransi mobil yang claimnya ga ribet.com

Post by ceiszha »

afaik, kalo perpanjang asuransi yg sama (bahkan beda asuransi jg gpp) selama msh blm lewat masa asuransi(atau cm lwt 1hari) gk perlu survey2 foto ulang..[/quote]

Ya Anda benar Om, ane perpanjang di asuransi yg sama gk perlu survey lg tp pindah asuransi baru tau klo gk perlu survey.
niubi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: 03 Jan 2016, 13:32

Re: Tanya asuransi mobil yang claimnya ga ribet.com

Post by niubi »

pindah asuransi gak usah survey, saya juga ada pengalaman gitu asal pindah nya masih dalam masa coverage asuransi sebelumnya, malah terakhir pindah asuransi sewaktu mobilnya masih di bengkel baret sana sini, dalam proses klaim asuransi sebelumnya
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: 21 Mar 2004, 00:59
Location: in the globe

Re: Tanya asuransi mobil yang claimnya ga ribet.com

Post by edward »

Mumpung ngomongin asuransi,,saya sangat heran kalo ada pemilik mobil yg keukeuh tidak mau make asuransi buat mobilnya.
Kejadian dg teman saya pemilik jazz,lagi enak2 parkir di klinik gigi eh tiba2 kesruduk ama kebo gendut yg mau keluar dr parkiran..Jazz nya keserempet habis disebelah kiri sampi ke kaca belakang hancur-dan setelah di bawa ke bengkel diestimasi utk repair nya habis sekitar 50jutaan.Ndilalah jazz teman saya ini ga pake asuransi sama dg pemilik kebo nya ga pake asuransi pula (mgk sebelumnya pake dan tdk perpanjang lagi),sehingga si pemilik kebo ini harus ngasih depe 15juta buat biaya reparasi...
saya ada foto nya di WA,jadi kerusakan penyok dr atas roda kiri,ke pintu kiri lanjut ke pintu belakang sampai bumper belakang dan kaca belakang pecah...

Pengalaman saya di innova pake sinar mas krn paketan dg leasing mobil,jadi kesannya pas mbenerin baretan ga rapi,ketahuan pas masuk ke bengkel hasta-dikasih tau klo cat nya ga rapi dan belang..hehehe

Pengalaman terakhir dg mobil amrik saya yg melibatkan pihak ketiga,kali ini pake ACA,prosesnya sgt gampang.
Tinggal bawa ke tmp asuransi terdekat,pilih bengkel repair rekanan asuransi trus nginep deh mobilnya.Bahkan kesan saya,asuransi dan bengkelnya sangat wahh dlm ngeganti part2nya,ini ganti aja itu ganti aja,lampu utama pecah dan retak ganti aja,bumper lecet seluruhnya di ganti dll....
Begitu jg dg pihak ketiga yg kena masalah dg mobil kita,juga masuk dlm tanggungan asuransi saya,sampai ngeganti pintu belakang yg penyok dan rusak dan inden 3bulan pun dapat tanggungan...

So saran saya,selalulah pake asuransi.
Saya hormati keyakinan sebagian orang yg tidak mau ber asuransi krn faktor agama dan keyakinan,tetapi pengalaman saya menunjukan,seandainya saya ga punya asuransi,alangkah berantakan keuangan saya krn tiba2 hrs keluarkan anggaran utk mengganti dua lampu utama,satu set bumper,satu set radiator,satu set evaporator dan satu set kap mesin?belum ditambah ongkos bengkel dll belum lagi di tambah menanggung biaya kerusakan pihak ketiga?

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
cresentmoon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: 18 Nov 2015, 22:55

Re: RE: Re: Tanya asuransi mobil yang claimnya ga ribet.com

Post by cresentmoon »

edward wrote:Mumpung ngomongin asuransi,,saya sangat heran kalo ada pemilik mobil yg keukeuh tidak mau make asuransi buat mobilnya.
Kejadian dg teman saya pemilik jazz,lagi enak2 parkir di klinik gigi eh tiba2 kesruduk ama kebo gendut yg mau keluar dr parkiran..Jazz nya keserempet habis disebelah kiri sampi ke kaca belakang hancur-dan setelah di bawa ke bengkel diestimasi utk repair nya habis sekitar 50jutaan.Ndilalah jazz teman saya ini ga pake asuransi sama dg pemilik kebo nya ga pake asuransi pula (mgk sebelumnya pake dan tdk perpanjang lagi),sehingga si pemilik kebo ini harus ngasih depe 15juta buat biaya reparasi...
saya ada foto nya di WA,jadi kerusakan penyok dr atas roda kiri,ke pintu kiri lanjut ke pintu belakang sampai bumper belakang dan kaca belakang pecah...

Pengalaman saya di innova pake sinar mas krn paketan dg leasing mobil,jadi kesannya pas mbenerin baretan ga rapi,ketahuan pas masuk ke bengkel hasta-dikasih tau klo cat nya ga rapi dan belang..hehehe

Pengalaman terakhir dg mobil amrik saya yg melibatkan pihak ketiga,kali ini pake ACA,prosesnya sgt gampang.
Tinggal bawa ke tmp asuransi terdekat,pilih bengkel repair rekanan asuransi trus nginep deh mobilnya.Bahkan kesan saya,asuransi dan bengkelnya sangat wahh dlm ngeganti part2nya,ini ganti aja itu ganti aja,lampu utama pecah dan retak ganti aja,bumper lecet seluruhnya di ganti dll....
Begitu jg dg pihak ketiga yg kena masalah dg mobil kita,juga masuk dlm tanggungan asuransi saya,sampai ngeganti pintu belakang yg penyok dan rusak dan inden 3bulan pun dapat tanggungan...

So saran saya,selalulah pake asuransi.
Saya hormati keyakinan sebagian orang yg tidak mau ber asuransi krn faktor agama dan keyakinan,tetapi pengalaman saya menunjukan,seandainya saya ga punya asuransi,alangkah berantakan keuangan saya krn tiba2 hrs keluarkan anggaran utk mengganti dua lampu utama,satu set bumper,satu set radiator,satu set evaporator dan satu set kap mesin?belum ditambah ongkos bengkel dll belum lagi di tambah menanggung biaya kerusakan pihak ketiga?
Mungkin asuransinya TLO doang om jadi kalp gak rusak 75% ga diganti. Sy taun dpn mau tlo jadi all risk aja deh. Mobil dipake ade takut knp2
cresentmoon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: 18 Nov 2015, 22:55

Re: RE: Re: Tanya asuransi mobil yang claimnya ga ribet.com

Post by cresentmoon »

edward wrote:Mumpung ngomongin asuransi,,saya sangat heran kalo ada pemilik mobil yg keukeuh tidak mau make asuransi buat mobilnya.
Kejadian dg teman saya pemilik jazz,lagi enak2 parkir di klinik gigi eh tiba2 kesruduk ama kebo gendut yg mau keluar dr parkiran..Jazz nya keserempet habis disebelah kiri sampi ke kaca belakang hancur-dan setelah di bawa ke bengkel diestimasi utk repair nya habis sekitar 50jutaan.Ndilalah jazz teman saya ini ga pake asuransi sama dg pemilik kebo nya ga pake asuransi pula (mgk sebelumnya pake dan tdk perpanjang lagi),sehingga si pemilik kebo ini harus ngasih depe 15juta buat biaya reparasi...
saya ada foto nya di WA,jadi kerusakan penyok dr atas roda kiri,ke pintu kiri lanjut ke pintu belakang sampai bumper belakang dan kaca belakang pecah...

Pengalaman saya di innova pake sinar mas krn paketan dg leasing mobil,jadi kesannya pas mbenerin baretan ga rapi,ketahuan pas masuk ke bengkel hasta-dikasih tau klo cat nya ga rapi dan belang..hehehe

Pengalaman terakhir dg mobil amrik saya yg melibatkan pihak ketiga,kali ini pake ACA,prosesnya sgt gampang.
Tinggal bawa ke tmp asuransi terdekat,pilih bengkel repair rekanan asuransi trus nginep deh mobilnya.Bahkan kesan saya,asuransi dan bengkelnya sangat wahh dlm ngeganti part2nya,ini ganti aja itu ganti aja,lampu utama pecah dan retak ganti aja,bumper lecet seluruhnya di ganti dll....
Begitu jg dg pihak ketiga yg kena masalah dg mobil kita,juga masuk dlm tanggungan asuransi saya,sampai ngeganti pintu belakang yg penyok dan rusak dan inden 3bulan pun dapat tanggungan...

So saran saya,selalulah pake asuransi.
Saya hormati keyakinan sebagian orang yg tidak mau ber asuransi krn faktor agama dan keyakinan,tetapi pengalaman saya menunjukan,seandainya saya ga punya asuransi,alangkah berantakan keuangan saya krn tiba2 hrs keluarkan anggaran utk mengganti dua lampu utama,satu set bumper,satu set radiator,satu set evaporator dan satu set kap mesin?belum ditambah ongkos bengkel dll belum lagi di tambah menanggung biaya kerusakan pihak ketiga?
Mungkin asuransinya TLO doang om jadi kalp gak rusak 75% ga diganti. Sy taun dpn mau tlo jadi all risk aja deh. Mobil dipake ade takut knp2
cresentmoon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: 18 Nov 2015, 22:55

Re: RE: Re: Tanya asuransi mobil yang claimnya ga ribet.com

Post by cresentmoon »

edward wrote:Mumpung ngomongin asuransi,,saya sangat heran kalo ada pemilik mobil yg keukeuh tidak mau make asuransi buat mobilnya.
Kejadian dg teman saya pemilik jazz,lagi enak2 parkir di klinik gigi eh tiba2 kesruduk ama kebo gendut yg mau keluar dr parkiran..Jazz nya keserempet habis disebelah kiri sampi ke kaca belakang hancur-dan setelah di bawa ke bengkel diestimasi utk repair nya habis sekitar 50jutaan.Ndilalah jazz teman saya ini ga pake asuransi sama dg pemilik kebo nya ga pake asuransi pula (mgk sebelumnya pake dan tdk perpanjang lagi),sehingga si pemilik kebo ini harus ngasih depe 15juta buat biaya reparasi...
saya ada foto nya di WA,jadi kerusakan penyok dr atas roda kiri,ke pintu kiri lanjut ke pintu belakang sampai bumper belakang dan kaca belakang pecah...

Pengalaman saya di innova pake sinar mas krn paketan dg leasing mobil,jadi kesannya pas mbenerin baretan ga rapi,ketahuan pas masuk ke bengkel hasta-dikasih tau klo cat nya ga rapi dan belang..hehehe

Pengalaman terakhir dg mobil amrik saya yg melibatkan pihak ketiga,kali ini pake ACA,prosesnya sgt gampang.
Tinggal bawa ke tmp asuransi terdekat,pilih bengkel repair rekanan asuransi trus nginep deh mobilnya.Bahkan kesan saya,asuransi dan bengkelnya sangat wahh dlm ngeganti part2nya,ini ganti aja itu ganti aja,lampu utama pecah dan retak ganti aja,bumper lecet seluruhnya di ganti dll....
Begitu jg dg pihak ketiga yg kena masalah dg mobil kita,juga masuk dlm tanggungan asuransi saya,sampai ngeganti pintu belakang yg penyok dan rusak dan inden 3bulan pun dapat tanggungan...

So saran saya,selalulah pake asuransi.
Saya hormati keyakinan sebagian orang yg tidak mau ber asuransi krn faktor agama dan keyakinan,tetapi pengalaman saya menunjukan,seandainya saya ga punya asuransi,alangkah berantakan keuangan saya krn tiba2 hrs keluarkan anggaran utk mengganti dua lampu utama,satu set bumper,satu set radiator,satu set evaporator dan satu set kap mesin?belum ditambah ongkos bengkel dll belum lagi di tambah menanggung biaya kerusakan pihak ketiga?
Mungkin asuransinya TLO doang om jadi kalp gak rusak 75% ga diganti. Sy taun dpn mau tlo jadi all risk aja deh. Mobil dipake ade takut knp2
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7353
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Tanya asuransi mobil yang claimnya ga ribet.com

Post by newrubble »

kalo sy jaman masih di jkt dulu ..... tdk pernah yg namanya susah claim

krn piara hub baik dgn sales tempat mobil di beli dr brandnew n minta tolong dia urusan claim

ya itung itung bagi bagi rejeki n bikin sama sama senang ......
Ajun06
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: 06 Sep 2015, 14:52

Re: Tanya asuransi mobil yang claimnya ga ribet.com

Post by Ajun06 »

kompresorz wrote:Toyota metromini sudah lewat jatuh tempo tgl 1-7-2016...

Td sore di telpon marketing...pak untuk perpanjangan tdk ada diskon krn ada biaya klaim sebelumnya lebih dr 100 persen dr biaya pendaftaran..
Ya gak apa hitung saja berapa n lgsg kirim polisnya ke rumah....

Anki saja br 5 bulan mungkin sudah menghabiskan biaya reparasi 17 jutaan...

Saya gak perlu diskon yg penting klaim mudah n bisa masuk bengkel resmi....

Taun depan klo ada mobil baru pun lgsg saya masukin asuransi raksa pratikara...

Selama saya nyaman selama itu pula loyal ...
Om mau nanya saya pake asuransi raksa, mobil saya toyota. Saya cari di google kok ga ada kerja sama dengan bengkel toyota yaa. Kalo boleh tau om kalo claim ke bengkel mana? Prosesnya gimana? Kebetulan saya blm pernah claim


Sent from my iPhone using Tapatalk
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: 23 Dec 2012, 09:30

Re: Tanya asuransi mobil yang claimnya ga ribet.com

Post by g4ndalf »

Kalau saya pakai asuransi Ramayana tbk. Udah sekian tahun gak pernah ribet mslh klaim (tapi mmg jarang klaim sih). Bengkel rujukan juga bengkel2 yg relatif top di area masing2. Beres astra / honda biasanya masuk.
bubble
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 09 Feb 2012, 11:56
Location: DKI

Re: Tanya asuransi mobil yang claimnya ga ribet.com

Post by bubble »

Autocillin Adira, Comprehensive
20 Sept, damaged, nubi foto sendiri kerusakannya, buka app, upload, lapor claim dan pilih bengkel via app. Hari yg sama ada konfirmasi laporan diterima via email dan app.
21 Sept, pihak bengkel hubungi nubi utk janjian pick up mobil, no further survey
26 Sept, mobil selesai reparasi dan diantar kembali ke nubi

Komunikasi via telp yang terjadi hanya dr pihak bengkel utk janjian jemput dan antar mobil.

tips:
selalu simpan nmr polis di HP,
dokumen STNK mobil dan data pribadi (KTP/SIM scanned) selalu stand by in cloud atau di HP
kh
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: 18 Jun 2007, 09:42

Re: Tanya asuransi mobil yang claimnya ga ribet.com

Post by kh »

Batas lapor 3-5 hari itu beneran ga sih? Ga mungkin bisa ngeklaim semobil jd mulus lagi ya kl lebih dari itu?

Maaf polos belum pernah klaim asuransi :D
ternakblog
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: 28 Dec 2013, 15:38

Re: Tanya asuransi mobil yang claimnya ga ribet.com

Post by ternakblog »

:mky_02:
kh wrote:Batas lapor 3-5 hari itu beneran ga sih? Ga mungkin bisa ngeklaim semobil jd mulus lagi ya kl lebih dari itu?

Maaf polos belum pernah klaim asuransi :D
Secara tertuliz iya om
Maximal 2hari sejak kejadian
Tapi ya kalo mau klaim taun dpn ya gpp,blg aja kejadiannya baru kmrn,mrk ga pernah kroscek kok kalo cuma kejadian misal bemper sompel gara2 nabrak batu
Beda cerita kalo mau klaim total lost,mrk beneran kroscek dg laporan kepolisian
kh
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: 18 Jun 2007, 09:42

Re: Tanya asuransi mobil yang claimnya ga ribet.com

Post by kh »

ternakblog wrote::mky_02:
kh wrote:Batas lapor 3-5 hari itu beneran ga sih? Ga mungkin bisa ngeklaim semobil jd mulus lagi ya kl lebih dari itu?

Maaf polos belum pernah klaim asuransi :D
Secara tertuliz iya om
Maximal 2hari sejak kejadian
Tapi ya kalo mau klaim taun dpn ya gpp,blg aja kejadiannya baru kmrn,mrk ga pernah kroscek kok kalo cuma kejadian misal bemper sompel gara2 nabrak batu
Beda cerita kalo mau klaim total lost,mrk beneran kroscek dg laporan kepolisian
ooo tapi ke bengkelnya harus dlm waktu dket jg kah...?
ternakblog
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: 28 Dec 2013, 15:38

Re: Tanya asuransi mobil yang claimnya ga ribet.com

Post by ternakblog »

kh wrote:
ternakblog wrote::mky_02:
kh wrote:Batas lapor 3-5 hari itu beneran ga sih? Ga mungkin bisa ngeklaim semobil jd mulus lagi ya kl lebih dari itu?

Maaf polos belum pernah klaim asuransi :D
Secara tertuliz iya om
Maximal 2hari sejak kejadian
Tapi ya kalo mau klaim taun dpn ya gpp,blg aja kejadiannya baru kmrn,mrk ga pernah kroscek kok kalo cuma kejadian misal bemper sompel gara2 nabrak batu
Beda cerita kalo mau klaim total lost,mrk beneran kroscek dg laporan kepolisian
ooo tapi ke bengkelnya harus dlm waktu dket jg kah...?
Nah tergantung asuransinya juga om
Srtauku garda oto spk akan expired 3hari sejak diterbitken
Kalo pansasific spk expired 21 hari setelah terbit
Kalo aca blm pernah nanyain krn hbs spk keluar lgsg masuk bengkel
zanira
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: 01 Oct 2016, 18:33

Re: Tanya asuransi mobil yang claimnya ga ribet.com

Post by zanira »

Pernah klaim sekali waktu pake panfic, klo ga salah 4x kejadian,tp dihitung 2x kejadian, hari ini survey,hari itu jg msk bengkel,pilihan bengkel bebas sesuka kita,selama itu msh rekanan :big_okay:
Ryanjuniardi
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 18 Jul 2017, 16:23
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Livina

Re: Tanya asuransi mobil yang claimnya ga ribet.com

Post by Ryanjuniardi »

Gan boleh tanya ga..
Ada yang bisa rekomendasi bengkel rekanan ABDA yang bagus buat nissan grand livina di jakarta ga yah?
Thanks yah gan
User avatar
speedy208
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: 09 Jun 2005, 11:17

Re: Tanya asuransi mobil yang claimnya ga ribet.com

Post by speedy208 »

Ryanjuniardi wrote:Gan boleh tanya ga..
Ada yang bisa rekomendasi bengkel rekanan ABDA yang bagus buat nissan grand livina di jakarta ga yah?
Thanks yah gan
Boleh coba Cindy Mobil yang di Srengseng...lumayan rapih juga pengerjaannya

Sent from my Nexus 6P

sanessinichi
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 20 Jul 2017, 17:47
Location: Depok
Daily Vehicle: Avanza

Re: Tanya asuransi mobil yang claimnya ga ribet.com

Post by sanessinichi »

Nimbrung Gan,,,

Kebetulan ane 7 taun di asuransi. Udah pernah di klaim dan marketing jadi ya kurang lebih tau dari berapa sudut pandang. N asuransi t4 ane kerja juga beberapa kali agam sebutin. Tapi sama sekali ane ga mau promosi ya ane coba objektif.

Ok. Menurut gw gini... ribet apa ngga ini banyak faktor.
1. SOP asuransinya. SoP begkel g gitu ngaruh.
2. Skill n kulitas front liner yg handle baik bengkel dan asuransi (marketing, staff surveyor, dan bengkel).
3. Kualitas kerjaan bengkelnya
4. Kronologi kejadian (circumstances)
5. Parts yg perlu di ganti
6. Sifat dan sikap Orang yg klaimnya.

Jadi di sini kita ngga bisa bilang asuransi mana yg ga ribet, dapat jawaban dan akan jadibgaransi ga akan ribet. Asuransi itu hanya poin1 dan 2 poin 3 sampai 4 itu belum di tentukan. Ya ngga si hehehehe.

Ane g perlu beropini kenapa ane tulis poin 1 s.d 6 ya gan.... ane yakin agam bisa kira2 ndiri.

Tp ane cuman kasih tips aja, biar bisa mengantisipasi kemudian juga meminimalisir keribetan dan keributan saat klaim.

1. Tanya2 rekomendasi spt ini ada baik nya, paling ngga ini bisa masuk di poin 1.
2. Pastikan d orang yg bisa di pegang, artinya jika suatu hari ada klaim ada orang yg bisa agan telpon / hubungi. Misal kenalan orang klaim atau paling gampang adalah simpan kontak si marketing dan bag hubungan baik. Tips ane, bertekanan dg doi disosmed, setidaknya bisa tetep keep contact.
3. Jika terjadi kecelakaan, pastikan :
a. Ambil bukti lapangan sebanyak2nya, terutama untuk kasus2 yg perlu investigasi, misal mobil ulang, kena banjir, dll. Kalau perlu ambil video gan. amamin juga barang bukti.
b. Jangan tunda2 lapor klaim, walopun cm WA ke marketing, tp kasi tau mereka.
c. Kalau misalnya tabrakan ama orang minta data lengkap doi, terutama kl kita yg nabrak dan dia minta ganti.
4. Pilih bengkel yg OK
Ini penting gan, dalam kasus parsial loss ,,asuransi cuman urus admin , bengkel yg eksekusi. Jadi kalau bengkel nya ble'e agan bakalan ribet.
Jadi sebelum deal beli asuransi,agan wajib tanyakan ke marketing nya ada kah bengkel "andalan"agan di list mereka.
5. Usahakan survey klaimnya di bengkel. Hayo kenapa coba ?

Kita tau lah namanya surveyor itu bukan semuanya eks montir gan, dan bengkel juga kadang2 suka ngga telaten nyatet nya, dia pikir "tar gampang order ulang". Agak susah ya jelasinya. Hehehe.
Jadi kadang untuk yg kerusakan PARAH dia suka kelewatan baik dari sisi surveyor atau bengkelnya. sehingga nanti ada judul "survey ulang" trus order parts ulang. Itu akan men-duakali-kan karjaan. Kalau survey di bengkel, si montir sama surveyornya suru kerja bareng biar lsg case closed.

Selanjutnya ini adalah act Of God kaitanya ama SPARE PARTS dan Circumstances.
Kalau klaimnya harus ganti parts yg fast living itu ya banyak soal, yg masalah adalah kl parts nya yg jarang2 orang ganti. Atauuuuu merk mobilnya yg eropah atau merek jepangan yg ehm.. anda pasti tau. Kadang kita ga sabar nunggu, jadi reminder bolak balik capek parts ga datang2.
Kalau musibahnya adalah kasus2 yg perlu investigasi pasti asuransi akan ribet survey2 dan cari data2. Makanya ane bilang diatas perlu kumpulan data evidence selengkap2nya.
6. Pastiin SIM agam idup n gablanggar lalu lintas.
7. Ati2 serahiun mobil ke TEMEN / SOPIR karena kalau ulang ga bakalan di ganti. Ati2 juga tidurin mobil di bengkel gan... kalau ampenkwjadian ini rawan fraud. Ane ga perlu sharing di sini ya, takutnya OOT.

Nah terahir , ribet itu bisa datang dari sisi agan dan aganwati sendiri. Ada yg di hubungi susah, begitu call back marah2 hahaha.. ada yg mau pake cara sendiri ujung2 nya mentok trus ribut sendiri. Ya kalo ini saya ga berani ngasi solusinya. Hehehe.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Tanya asuransi mobil yang claimnya ga ribet.com

Post by kompresorz »

saya br bayar lunas avanza e matik operasional bawa barang mobil jg msh di sowrom urus stnk...

dapat asuransi gratis 3 bulan garda oto di tawarkan sales bayar 9 bulannya jd 1 taun...

tapi saya mau masukin ke raksa lg.
jadi nanti asuransi mobil ada 2...1 tahun raksa n 3 bulan garda..maklum gak mau ribet selesai dr garda 3 bulannya nanti masuk raksa ribet cek fisik lg...

td minta di uangkan aja garda oto tp gak bisa...
User avatar
NewMarine
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: 02 Aug 2017, 11:51
Location: Boyolali, Jawa Tengah
Daily Vehicle: ANPS Dakar 2017

Re: Tanya asuransi mobil yang claimnya ga ribet.com

Post by NewMarine »

sanessinichi wrote:Nimbrung Gan,,,

Kebetulan ane 7 taun di asuransi. Udah pernah di klaim dan marketing jadi ya kurang lebih tau dari berapa sudut pandang. N asuransi t4 ane kerja juga beberapa kali agam sebutin. Tapi sama sekali ane ga mau promosi ya ane coba objektif.

Ok. Menurut gw gini... ribet apa ngga ini banyak faktor.
1. SOP asuransinya. SoP begkel g gitu ngaruh.
2. Skill n kulitas front liner yg handle baik bengkel dan asuransi (marketing, staff surveyor, dan bengkel).
3. Kualitas kerjaan bengkelnya
4. Kronologi kejadian (circumstances)
5. Parts yg perlu di ganti
6. Sifat dan sikap Orang yg klaimnya.

Jadi di sini kita ngga bisa bilang asuransi mana yg ga ribet, dapat jawaban dan akan jadibgaransi ga akan ribet. Asuransi itu hanya poin1 dan 2 poin 3 sampai 4 itu belum di tentukan. Ya ngga si hehehehe.

Ane g perlu beropini kenapa ane tulis poin 1 s.d 6 ya gan.... ane yakin agam bisa kira2 ndiri.

Tp ane cuman kasih tips aja, biar bisa mengantisipasi kemudian juga meminimalisir keribetan dan keributan saat klaim.

1. Tanya2 rekomendasi spt ini ada baik nya, paling ngga ini bisa masuk di poin 1.
2. Pastikan d orang yg bisa di pegang, artinya jika suatu hari ada klaim ada orang yg bisa agan telpon / hubungi. Misal kenalan orang klaim atau paling gampang adalah simpan kontak si marketing dan bag hubungan baik. Tips ane, bertekanan dg doi disosmed, setidaknya bisa tetep keep contact.
3. Jika terjadi kecelakaan, pastikan :
a. Ambil bukti lapangan sebanyak2nya, terutama untuk kasus2 yg perlu investigasi, misal mobil ulang, kena banjir, dll. Kalau perlu ambil video gan. amamin juga barang bukti.
b. Jangan tunda2 lapor klaim, walopun cm WA ke marketing, tp kasi tau mereka.
c. Kalau misalnya tabrakan ama orang minta data lengkap doi, terutama kl kita yg nabrak dan dia minta ganti.
4. Pilih bengkel yg OK
Ini penting gan, dalam kasus parsial loss ,,asuransi cuman urus admin , bengkel yg eksekusi. Jadi kalau bengkel nya ble'e agan bakalan ribet.
Jadi sebelum deal beli asuransi,agan wajib tanyakan ke marketing nya ada kah bengkel "andalan"agan di list mereka.
5. Usahakan survey klaimnya di bengkel. Hayo kenapa coba ?

Kita tau lah namanya surveyor itu bukan semuanya eks montir gan, dan bengkel juga kadang2 suka ngga telaten nyatet nya, dia pikir "tar gampang order ulang". Agak susah ya jelasinya. Hehehe.
Jadi kadang untuk yg kerusakan PARAH dia suka kelewatan baik dari sisi surveyor atau bengkelnya. sehingga nanti ada judul "survey ulang" trus order parts ulang. Itu akan men-duakali-kan karjaan. Kalau survey di bengkel, si montir sama surveyornya suru kerja bareng biar lsg case closed.

Selanjutnya ini adalah act Of God kaitanya ama SPARE PARTS dan Circumstances.
Kalau klaimnya harus ganti parts yg fast living itu ya banyak soal, yg masalah adalah kl parts nya yg jarang2 orang ganti. Atauuuuu merk mobilnya yg eropah atau merek jepangan yg ehm.. anda pasti tau. Kadang kita ga sabar nunggu, jadi reminder bolak balik capek parts ga datang2.
Kalau musibahnya adalah kasus2 yg perlu investigasi pasti asuransi akan ribet survey2 dan cari data2. Makanya ane bilang diatas perlu kumpulan data evidence selengkap2nya.
6. Pastiin SIM agam idup n gablanggar lalu lintas.
7. Ati2 serahiun mobil ke TEMEN / SOPIR karena kalau ulang ga bakalan di ganti. Ati2 juga tidurin mobil di bengkel gan... kalau ampenkwjadian ini rawan fraud. Ane ga perlu sharing di sini ya, takutnya OOT.

Nah terahir , ribet itu bisa datang dari sisi agan dan aganwati sendiri. Ada yg di hubungi susah, begitu call back marah2 hahaha.. ada yg mau pake cara sendiri ujung2 nya mentok trus ribut sendiri. Ya kalo ini saya ga berani ngasi solusinya. Hehehe.
Aku pernah punya pengalaman,Om. Bulan April kemarin klaim asuransi. Mobil ditabrak motor. Rusak depan kanan. Kena bumper, fender, roda depan kanan + sensor ATSC nyala. Dari mulai klaim ampe keluar SPK utk bengkel kira2 semingguan lebih. Alasannya over budget. Akibatnya mobil perbaikannya ampe lama. 2 bulan lebih karena nunggu spare part juga.. Ada suggestion, benarkah alasan overbudget tsb? Emang kira2 berapa budget utk repair sebuah mobil. Tks Om..

Sent from my SM-A520F

User avatar
2KD4D56
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: 06 Jul 2017, 15:33
Location: semarang
Daily Vehicle: pajero

Re: Tanya asuransi mobil yang claimnya ga ribet.com

Post by 2KD4D56 »

2 tahun terakhir pake KBRU ga ada problem. Dulu waktu masih leasing auto2000 pake nya garda oto. Mudah jg claimnya.

Yg penting cari agen yg kenal aja biar bisa bantu claim
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post