ohh...okesip om..thx penjelasanyaDeasegara wrote:Ada benarnya bro, air hujan kan pH nya kurang dari 7, lebih asam mempercepat corrosion process. Kalo air tawar (PDAM) pH dimaintain 7.AB1050 wrote:di trid lain ane juga nanyain ini :
mobil yang abis kena air ujan harus dibilas pake air tawar dulu, katanya biar gak gampang karatan.. apa bener yaa???
Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1037
- Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
- Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
- Jangan menaruh air kemasan botol transparan dalam mobil yg bisa terkena langsung oleh sinar matahari waktu parkir dan ditinggal, air bisa membakar mobil anda.
- Setelah parkir ditempat panas dalam jangka waktu yg lama, buka jendela kiri dan kanan sebelum menghidupkan AC. Biarkan udara panas dalam kabin tertiup blower keluar beberapa saat baru tutup. Dashboard mobil yg terbuat dari plastic dan sejenisnya + pengkilap apabila terkena panas matahari akan terurai, vaporize/menguap dan uap panasnya sangat beracun dan dan berbahaya. Ini bukan mitos tapi logic. Kalau tidak percaya silakan tanya ke orang-orang yg berilmu alias para sarjana.
- Setelah parkir ditempat panas dalam jangka waktu yg lama, buka jendela kiri dan kanan sebelum menghidupkan AC. Biarkan udara panas dalam kabin tertiup blower keluar beberapa saat baru tutup. Dashboard mobil yg terbuat dari plastic dan sejenisnya + pengkilap apabila terkena panas matahari akan terurai, vaporize/menguap dan uap panasnya sangat beracun dan dan berbahaya. Ini bukan mitos tapi logic. Kalau tidak percaya silakan tanya ke orang-orang yg berilmu alias para sarjana.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 424
- Joined: Fri May 11, 2012 3:26
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Air bisa membakar mobil?
Serius? Gw taro di sisi pintu, bukan buat minum, buat cuci tangan, atau bahkan isi air wiper...
Serius? Gw taro di sisi pintu, bukan buat minum, buat cuci tangan, atau bahkan isi air wiper...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2726
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
om, kalo ane abis kejemur panas gitu biasanya langsung nyalain AC sambil buka seluruh kacaDeasegara wrote:- Jangan menaruh air kemasan botol transparan dalam mobil yg bisa terkena langsung oleh sinar matahari waktu parkir dan ditinggal, air bisa membakar mobil anda.
- Setelah parkir ditempat panas dalam jangka waktu yg lama, buka jendela kiri dan kanan sebelum menghidupkan AC. Biarkan udara panas dalam kabin tertiup blower keluar beberapa saat baru tutup. Dashboard mobil yg terbuat dari plastic dan sejenisnya + pengkilap apabila terkena panas matahari akan terurai, vaporize/menguap dan uap panasnya sangat beracun dan dan berbahaya. Ini bukan mitos tapi logic. Kalau tidak percaya silakan tanya ke orang-orang yg berilmu alias para sarjana.
Kipas ane setel di level tertinggi maksudnya biar cepat mendinginkan kabin
Menurut om gmn??
Aman ga buat kompresor kalo baru nyalain mesin langsung nyalain AC??
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5488
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Gw sering juga kok begitu,buat sirkulasi udara segar pas pagi hari,kebetulan ane di kampung jadi udara segar,gak kayak JKT , buat ngilangin bau apek tapi ya cuma 2 menit lah,aman kok om,saya sdh 5 tahunan begituJambangan wrote:om, kalo ane abis kejemur panas gitu biasanya langsung nyalain AC sambil buka seluruh kacaDeasegara wrote:- Jangan menaruh air kemasan botol transparan dalam mobil yg bisa terkena langsung oleh sinar matahari waktu parkir dan ditinggal, air bisa membakar mobil anda.
- Setelah parkir ditempat panas dalam jangka waktu yg lama, buka jendela kiri dan kanan sebelum menghidupkan AC. Biarkan udara panas dalam kabin tertiup blower keluar beberapa saat baru tutup. Dashboard mobil yg terbuat dari plastic dan sejenisnya + pengkilap apabila terkena panas matahari akan terurai, vaporize/menguap dan uap panasnya sangat beracun dan dan berbahaya. Ini bukan mitos tapi logic. Kalau tidak percaya silakan tanya ke orang-orang yg berilmu alias para sarjana.
Kipas ane setel di level tertinggi maksudnya biar cepat mendinginkan kabin
Menurut om gmn??
Aman ga buat kompresor kalo baru nyalain mesin langsung nyalain AC??
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
setau ane klu air minum terjemur matahari tidak mungkin membakar mobil. yg pasti bakteri2 yg ada dlm air bisa menjadi aktif dan berkembang biak pd suhu air yg hangat.
belum lg bbrp jenis plastik ada yg bisa melepaskan racun pd suhu tertentu. bisa dilihat dr grade plastiknya yg biasanya tercantum pd dasar botol. biasanya bisa dibaca dr petunjuk penyimpanan. bila diharuskan disimpan di tempat yg sejuk berarti tidak aman dijemur.
belum lg bbrp jenis plastik ada yg bisa melepaskan racun pd suhu tertentu. bisa dilihat dr grade plastiknya yg biasanya tercantum pd dasar botol. biasanya bisa dibaca dr petunjuk penyimpanan. bila diharuskan disimpan di tempat yg sejuk berarti tidak aman dijemur.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5488
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Agmon,aman gak di jemur om...........................y_anjasrana wrote:setau ane klu air minum terjemur matahari tidak mungkin membakar mobil. yg pasti bakteri2 yg ada dlm air bisa menjadi aktif dan berkembang biak pd suhu air yg hangat.
belum lg bbrp jenis plastik ada yg bisa melepaskan racun pd suhu tertentu. bisa dilihat dr grade plastiknya yg biasanya tercantum pd dasar botol. biasanya bisa dibaca dr petunjuk penyimpanan. bila diharuskan disimpan di tempat yg sejuk berarti tidak aman dijemur.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Air minum dalam botol kemasan itu kalau terpapar sinar matahari bisa menyebabkan timbulnya api, seperti kaca pembesar itu.
Ini buktinya
http://www.youtube.com/watch?v=zMOyydXUrYc
Atau search youtube dengan kata kunci: start fire with water bottle
Ini buktinya
http://www.youtube.com/watch?v=zMOyydXUrYc
Atau search youtube dengan kata kunci: start fire with water bottle
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Sequence nya seperti ini :Jambangan wrote:om, kalo ane abis kejemur panas gitu biasanya langsung nyalain AC sambil buka seluruh kacaDeasegara wrote:- Jangan menaruh air kemasan botol transparan dalam mobil yg bisa terkena langsung oleh sinar matahari waktu parkir dan ditinggal, air bisa membakar mobil anda.
- Setelah parkir ditempat panas dalam jangka waktu yg lama, buka jendela kiri dan kanan sebelum menghidupkan AC. Biarkan udara panas dalam kabin tertiup blower keluar beberapa saat baru tutup. Dashboard mobil yg terbuat dari plastic dan sejenisnya + pengkilap apabila terkena panas matahari akan terurai, vaporize/menguap dan uap panasnya sangat beracun dan dan berbahaya. Ini bukan mitos tapi logic. Kalau tidak percaya silakan tanya ke orang-orang yg berilmu alias para sarjana.
Kipas ane setel di level tertinggi maksudnya biar cepat mendinginkan kabin
Menurut om gmn??
Aman ga buat kompresor kalo baru nyalain mesin langsung nyalain AC??
- Sebelum mematikan mobil : Matikan AC, Audio, Lampu, juga peralatan lain yg connect ke electrical system mobil seperti charger dll. Tujuanya : supaya engine bener2 fully idle tanpa beban.
- Sebelum menghidupkan mesin : Pastikan semua step diatas sudah dilakukan (semuanya posisi off).
Tujuanya : Ketika mesin mulai hidup tidak langsung terbebani. Setelah mesin hidup tunggu sampai minimal 30 detik, baru hidupkan AC dll dan mobil bisa jalan pelan-pelan. Tujuanya : 30 detik memberikan waktu supaya pembakaran sempurna, setelah terjadi pembakaran akan timbul panas, setelah panas akan ada thermal growth / thermal expansion atau proses pemuaian pada piston dan cylinder. Pada kondisi dingin perlu keseimbangan pemuaian. Kalo piston memuai duluan cilinder belum (karena diluar dinding cilinder masih dingin) maka gap/ clearance antara piston dan cilinder makin rapat, bisa scratch. Setelah 30 detik baru nyalain AC dll dg full speed blower gak masalah, kalo habis parkir diterik matahari pikirkan secepat mungkin membuang udara yg mengandung racun dalam kabin dg blower high speed. Kesehatan kita lebih berharga. Kompressor AC mobil tidak dilengkapi dengan inverter/VFD (Variable Frequency Drive) sehingga bigitu on langsung full speed (karena speed tunggal, tidak variable). Blower terpisah dg compressor jadi tidak berefek ke compressor AC, blower sama dengan kipas angin yg dirumah, tugasnya hanya menghembuskan udara melalui kisi-kisi AC.
Justru yg tidak boleh adalah temperature di set sangat rendah tapi blowernya low speed. Efeknya suhu dalam ruangan lama tercapai karena udara yg dicirculate/dihembuskan oleh blower sedikit, sehingga transfer panas pada kisi-kisi AC juga sedikit/lambat. Ini akan mengakibatkan icing/freezing pada kisi-kisi., kenapa ? karena dingin yg diberikan oleh Freon dalam kisi-kisi tidak diberi beban yg sesuai (beban=udara dalam kabin). Makanya kalo freezing set temperature setinggi mungkin dan set blower maximum supaya mencair.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Ini dia maksud saya, bukan mitos bukan sulap tapi logic ! harap selalu diingat : Fire can be started by water or ICE.artoodetoo wrote:Air minum dalam botol kemasan itu kalau terpapar sinar matahari bisa menyebabkan timbulnya api, seperti kaca pembesar itu.
Ini buktinya
http://www.youtube.com/watch?v=zMOyydXUrYc
Atau search youtube dengan kata kunci: start fire with water bottle
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Sudah ada penjelasan di video, anggap saja kertas/sampah yg terbakar itu jok mobil anda yg mungkin terbuat dari beludru dan semacamnya, jadi waspadalah.pdm wrote:Air bisa membakar mobil?
Serius? Gw taro di sisi pintu, bukan buat minum, buat cuci tangan, atau bahkan isi air wiper...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Racun yg dihasilkan oleh uap dashboard mobil adalah BENZENA hati-hati racun ini penyebab kanker. Ini juga bukan sulap dan mitos, tapi NYATA !y_anjasrana wrote:setau ane klu air minum terjemur matahari tidak mungkin membakar mobil. yg pasti bakteri2 yg ada dlm air bisa menjadi aktif dan berkembang biak pd suhu air yg hangat.
belum lg bbrp jenis plastik ada yg bisa melepaskan racun pd suhu tertentu. bisa dilihat dr grade plastiknya yg biasanya tercantum pd dasar botol. biasanya bisa dibaca dr petunjuk penyimpanan. bila diharuskan disimpan di tempat yg sejuk berarti tidak aman dijemur.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 424
- Joined: Fri May 11, 2012 3:26
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Thanks buat semua penjelasan-nya, nambah wawasan
Btw uap dashboard itu gimana hindarin-nya kalo memang harus parkir di tempat yang terjemur sinar terik matahari.
Thanks!
Btw uap dashboard itu gimana hindarin-nya kalo memang harus parkir di tempat yang terjemur sinar terik matahari.
Thanks!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
sebelum matiin mesin setelah jalan jauh, idupin heater 1-2 menit biar evap nya kering..abis itu baru matiin mesin.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Banyak dijual sun shade yg warna siver mengkilat, bisa ditempel didalam kaca depan buat menolak/mengurangi panas.pdm wrote:Thanks buat semua penjelasan-nya, nambah wawasan
Btw uap dashboard itu gimana hindarin-nya kalo memang harus parkir di tempat yang terjemur sinar terik matahari.
Thanks!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2284
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
http://urbanlegends.about.com/od/automo ... _car_2.htm
IMHO sih, tidak perlu terlalu dikhawatirkan, tapi lebih baik berhati-hati. Petugas SPBU tiap hari mencium bensin, harusnya dapet tunjangan lebih tuh.
IMHO sih, tidak perlu terlalu dikhawatirkan, tapi lebih baik berhati-hati. Petugas SPBU tiap hari mencium bensin, harusnya dapet tunjangan lebih tuh.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2726
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Mantap penjelasannya suhu2 thx ya semuanya buat jawabannya
mulai sekarang ga mau lagi ninggalin botol minuman di mobil takut kenapa2
Ga rugi join di SM banyak info2 yg ane ga tau
mulai sekarang ga mau lagi ninggalin botol minuman di mobil takut kenapa2
Ga rugi join di SM banyak info2 yg ane ga tau
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Kalau diberi tunjangan tidak akan bisa menghindarkan mereka dari terpapar/menghirup uap bensin yang membahayakan kesehatan mereka. Yang benar adalah mereka diberikan dan diwajibkan memakai alat pelindung diri atau APD/PPE Personal Protective Equipment yang berupa hydrocarbon masker. Kasihan tanpa disadari mereka setiap hari menghirup racun yg lama-kelamaan terakumulasi dalam tubuh mereka.ilhami wrote:http://urbanlegends.about.com/od/automo ... _car_2.htm
IMHO sih, tidak perlu terlalu dikhawatirkan, tapi lebih baik berhati-hati. Petugas SPBU tiap hari mencium bensin, harusnya dapet tunjangan lebih tuh.
Seharusnya pihak Pertamina atau pengelola SPBU menjelaskan bahayanya ke mereka dan MSDS harus ditempel di setiap dispenser supaya siapapun yg ber-deal dg hydrocarbon liquid mengetahui bahaya dan cara menangani.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2726
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Numpang nanya lagi dong suhu
Kalo kebiasaan membiarkan mesin idle beberapa saat sebelum mematikan mesin itu ada manfaatnya ga sih sebenernya??
Katanya biar mesin ga "kaget" abis dari RPM tinggi tiba2 mesin dimatiin otomatis suplai oli terhenti
Kalo kebiasaan membiarkan mesin idle beberapa saat sebelum mematikan mesin itu ada manfaatnya ga sih sebenernya??
Katanya biar mesin ga "kaget" abis dari RPM tinggi tiba2 mesin dimatiin otomatis suplai oli terhenti
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
anuh, benzena bukan bensin.ilhami wrote:http://urbanlegends.about.com/od/automo ... _car_2.htm
IMHO sih, tidak perlu terlalu dikhawatirkan, tapi lebih baik berhati-hati. Petugas SPBU tiap hari mencium bensin, harusnya dapet tunjangan lebih tuh.
Benzena itu rantai karbon yang melingkar, sementara bensin isinya kebanyakan rantai karbon yang lurus panjang
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Bensin/petrol/gasoline mengandung benzene.artoodetoo wrote:anuh, benzena bukan bensin.ilhami wrote:http://urbanlegends.about.com/od/automo ... _car_2.htm
IMHO sih, tidak perlu terlalu dikhawatirkan, tapi lebih baik berhati-hati. Petugas SPBU tiap hari mencium bensin, harusnya dapet tunjangan lebih tuh.
Benzena itu rantai karbon yang melingkar, sementara bensin isinya kebanyakan rantai karbon yang lurus panjang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2284
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Benzena ada di bensin, tapi semikin lama makin dikurangi kadarnya. Bensin sendiri juga termasuk berbahaya kalau sering dihirup.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Melakukan cooling down terhadap engine adalah lebih baik (bahkan harus). Untuk mobil cukup 30-60 detik atau posisi berhenti idle matikan AC, audio, lampu lalu matikan engine ini sudah cukup. Untuk mesin-mesin tertentu bahkan ada 2 kunci stop Emergency stop dan Normal Stop. Kalu menggunakan kunci Normal Stop engine akan melalui automatic squence : coolingdown dulu baru stop. Kalo memakai Emergency Stop engine akan langsung stop tanpa melalui sequence cooling down.Jambangan wrote:Numpang nanya lagi dong suhu
Kalo kebiasaan membiarkan mesin idle beberapa saat sebelum mematikan mesin itu ada manfaatnya ga sih sebenernya??
Katanya biar mesin ga "kaget" abis dari RPM tinggi tiba2 mesin dimatiin otomatis suplai oli terhenti
Ada juga mesin berturbo yg dipasang turbo timer.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Untuk isi bensin waktu pagi hari atau temperature rendah bukanlah mitos tapi ilmiah alias nyata. Bensin yg diproduksi salah satu spec yg harus dipenuhi adalah RVP (Reid Vapor Pressure). Kualitas bensin dari pabriknya kita tidak tahu (termasuk RVPnya berapa), kalau RVP terlalu tinggi, maka apabila ada kenaikan temperature maka bensin akan mudah menguap. Kalau proses penguapanya sewaktu transportasi, maka akan tekanan dalam truck tanki akan naik dan uapnya akan keluar ke udara melalui sistem pengaman truck (namanya PV breaker) supaya trucknya tidak meledak. Tadinya diisi misal 5000 liter ditempat tujuan waktu temperature dingin bisa saja berkurang karena menguap dijalan.dany_pos wrote:klo ane pagi2 emang panasin mobil tp ndak nyampe 5 menit. tujuannya bukan buat manasin mesin, tapi buat buang udara kotor AC, soalnya pernah baca klo embusan angin AC yg pertama keluar setelah ndak dinyalain cukup lama bisa berbahaya buat kesehatan. bener kah?
Biasanya klo dashboard mobil ane bunyi gemetar (maklum bukan mobil baru), ane pukul tuh...lumayan untuk beberapa detik setelah dipukul bunyinya ilang
Pernah juga dibilangin temen klo beli bengsin jgn siang2, beda takarannya yg masuk. entah bener atau ndak, tapi ane klo beli bengsin biasanya pagi2 pas mau brgkt kuliah
Nah ini sama case nya kalo kita isi siang hari (pas panas), maka bensin akan mengembang waktu masuk ke tanki mobil kita. Nah waktu temperature turun, maka volumenya juga akan berkurang dari takaran sebelumnya. Seberapa penyusutanya itu tergantung RVP bensin tsb. Kalo kita isi waktu pagi hari maka dia lebih stabil dan tidak akan menyusut volumenya. Jadi perubahan temperature akan mempengaruhi volume liquid (bensin)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
kmungkinan terjadi dlm mobil sangat2 kecil. bisa dikatakan hampir tidak mungkin terjadi. utk membakar sesuatu butuh pengaturan fokus. ini bisa terjadi bila botolnya mengambang atau dipegang dlm waktu lama. lalu targetnya jg material yg sangat kering. selain itu jg butuh pasokan udara yg cukup.Deasegara wrote:Ini dia maksud saya, bukan mitos bukan sulap tapi logic ! harap selalu diingat : Fire can be started by water or ICE.artoodetoo wrote:Air minum dalam botol kemasan itu kalau terpapar sinar matahari bisa menyebabkan timbulnya api, seperti kaca pembesar itu.
Ini buktinya
http://www.youtube.com/watch?v=zMOyydXUrYc
Atau search youtube dengan kata kunci: start fire with water bottle
dlm mobil sinar matahari sudah saring oleh kaca dan kaca film. kmudian posiai botol air minum jg biasanya tergeletak, tidak mungkin auto focus dgn matahari. lalu material jok mobil jg tidak mudah terbakar dibanding yg dipakai di video.
Accurate V5 Accounting System Consultant