Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Megalontong »

Risol1 wrote: Dan memang setelah ane pikir kata bobrok / sampah tersebut mungkin terlalu sarkastik hiperbolik .

O k deh , mungkin lebih baik kata2 tersebut diperhalus menjadi reliabilitynya kurang baik . Apakah bro risol setuju ? .
Hanya karena ane bilang hiperbola, bukan berarti anda atau si megalontong harus undo statement2 tsb.

Hiperbola nya bukan cuma pada saat menyebut BMW bobrok bin sampah, TAPI lebih kepada Mercedes dan Peugeot GAK ada masalah sama sekali, kayaknya kualitas dan reliabilitas Mercy dan Pug JAUUUUUHHHH banget diatas BMW.....hiperbolanya lebih kearah sini.
Kalo ada yg bilang Peugeot gak pernah rusak, ane mah ketawa aja deh, gak tau musti ngomong apa lagi :mrgreen:

Jelas penyakit BMW jauh lebih banyak dari peugeot, apalagi mercedes. Karena BMW paling canggih diantara ketiganya (pujian). Mau ketawa kalau risol malah membalik kenyataan ini.
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Megalontong »

asudarsono wrote:Moso mobil BMW thn 2002 udah dianggap tua, ya?

Temen2 saya banyak pakai 306 thn 1997an masih kayak mobil baru.
1998 dianggap tua ya?
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Megalontong »

Dino_lowrider wrote:Ane bisa menunjukkan banyak bukti teantang reliability bmw bukan dari google tetapi dari data2 di bengkel. Kebetulan ane tahu2 dikit masalah engine dan sensor2 karena itu sudah menjadi hoby dan pelajaran saat ane kuliah dulu.

Dan kebetulan juga sodara/kakak ane punya bengkel yang lumayan canggih dalam mengatasi problem semua mobil termasuk bmw
Langsung aja bro dibeber disini.....

Ane sebenernya cuma nanya alesan anda (gak harus fakta), tapi behubung anda punya bukti (fakta), ya lebih bagus lagi....

Ane beneran pengen tau ini:
1. sensor BMW (kode part apa) yg tingkat toleransinya lebih rendah daripada mercedes?
misal: kalo Catalytic Converter sensor BMW cuma kuat sampe kategori 2, kalo mercedes punya CC sensor bisa kategori 4

2. Bahan engine/cooling system seperti apa yg dipake bmw yg bikin dia lebih rentan thp rusak
misal: selang radiator BMW itu bahannya dari X yg cuma tahan panas sampe 200F, sedangkan mercedes selangnya pake bahan Y yg tahan sampe 250F....

Memang beda, makanya reliabilitynya beda. BMW itu mesin high performance tp sayangnya karena cost saving, material pendukungnya tidak memadahi. Makanya reliabilitynya lebih rendah dari mercedes.
Konyolnya lagi disini ada fanatik merk yang ngga ngerti teknis malah sensitif & bahkan gelap mata balik menuduh dibully.
KM rendah kok dibuat patokan / standar baku :big_slap: Jarang pakai melintasi segala medan bukan berarti mobil itu reliabel juga.
BMW melintasi banjir / genangan air? Pasti sensor2nya kena semua (korslet), namanya banjir / genangan air kan siapa yang tahu (apalagi di jakarta).
Merk lain kok ngga apa2 yah? Jadi merk lain ngga reliabel gitu?
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Megalontong »

Dino_lowrider wrote:Atau menurut bro risol ane tidak berhak bertanya karena ane bukan pengguna bmw , sehingga pernyataan ane bersifat subyektif.
Sehingga bro risol meminta pernyataan yang disertai fakta.
Nope, anda BUKAN bertanya, MELAINKAN anda yg membuat statement: "BMW pabrik mobil yg TOLOL", "BMW MOBIL SAMPAH", dan "BMW reliabilitynya JAUH dibawah Mercedes"
Ane lah yg bertanya "apa sih alesannya?"....udah gitu doang.

Tolong fakta jangan dibolak balik....
Dimana ane pernah melarang ente bertanya atau memberi pernyataan hanya karena ente bukan pengguna BMW?? :off_no:

di amerika sekarang lagi ada "penyakit" baru yg namanya ROMNESIA :mrgreen:
Artinya orang yg suka flip flopping, backtracking, side stepping, nih liat pidatonya obama: http://www.youtube.com/watch?v=8BBEXB1Wf9c
tolong lah jangan kita terjangkit 'virus' ini hehehe :mrgreen:

Ane gak meminta fakta, yang ane minta itu reason atau alesan dari statement anda. Spt ane bilang sebelumnya, gak masalah alesan itu bener atau tidak, yg penting ada. Makanya ane bilang si megalontong masih mending, seengaknya dulu dia bilang BMW bobrok karena nikasil, BEHR plastik, dll....

Tetep aja risol memungkiri segala reliability rendah itu padahal sudah dibeber. Malah membuat teori baru jatuhnya harga BMW karena sebab lain. Malah bicara popularitas, padahal BMW di indonesia ini termasuk populer juga. Tapi fakta di lapangan harganya hancur lebur.
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Megalontong »

Dino_lowrider wrote:Kita batasi masalah reliability bmw jadul..

Sekarang ane punya 1 pertanyaan , apa menurut bro risol reliability bmw tahun segitu baik atau sebanding lurus dengan harganya ?
Where i stand on that topic (benz waktu jaman2 W124) udah ane jelaskan panjang lebar di hal belakang, silakan dilihat lagi.
Tapi semakin kemari, gap semakin sedikit....itu inti pembicaraan ane.

Spt yg ane bilang juga diatas bahwa reliability memang salah satu faktor yg menentukan resale value, tapi bukan satu2nya.
harga perdana yg lebih mahal, level kepopuleran di suatu market, dll....JUGA menentukan harga jualnya.

ibaratnya gini deh supaya lebih mudah dicerna, CRV = Mercy, Xtrail = BMW
Cuma karena resale valuenya Xtrail bekas di tahun yg sama lebih rendah dari CRV, bukan berarti Xtrail mobil rongsok, atau bukan berarti reliabilitynya JAUUUUHHH dibawah CRV....gitu lho.
Xtrail punya penyakit2 yg "xtrail specific", demikian juga CRV. Tapi Xtrail overall reliabilitynya hampir2 sama aja dengan CRV.

Xtrail, kalaupun harga bekasnya lebih murah dari CRV, engga bisa dibilang terjun bebas. gitu kan?
Kalo ada yg bilang terjun bebas, artinya orang tsb ngomongnya terlalu hiperbola.
Hiperbola? Ini karena Risol ngga pandai berhitung (masih menghitung pakai jari), padahal ada kalkulator.
E320 New eyes 98 pasarannya berapa? BMW 528i 98 pasarannya berapa?
Selisihnya kira2 2x lipat, nah itu bukan terjun bebas?

Lagi, W202 C200 95 yg kabelnya biodegradeable itu pasaran berapa? 320i 95 pasaran berapa?
Jauh dong kalau masih blm nganggap BMW ngga terjun bebas.

Terlalu hiperbola rasanya kalau beda pasaran 2x lipat itu dikatakan beda "sedikit"
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Megalontong »

E39 cooling system

http://forums.bimmerforums.com/forum/sh ... ?t=1509648

Saya sangat percaya user BMW di forum itu bukanlah kaum id1ot yang hanya bisa menggunakan mobil tapi tidak mampu merawatnya. Tapi walau sudah dirawatpun, penyakitnya sering datang lebih dini.


Masalah harga pasaran
http://www.autobildindonesia.com/read/2 ... -beautiful

BMW
528i E39
Tahun: 2000
Mesin: 2.800 cc 6 silinder, 170 dk
0-100
km/jam: 8,8 detik
Harga: Rp 105 juta


Mercedes-Benz E 320 (New Eyes)
Tahun: 2000
Mesin: 3.200 cc V6, 228 dk
0-100
km/jam: 9,5 detik
Harga: Rp 290 juta
*sengaja di bold agar lebih jelas bagi daya pandang lemah


Hiperbola? Atau Raja Ngeyel?



HonestJohn BMW 5 Series E39 (1996 - 2003 )
http://www.honestjohn.co.uk/carbycar/bm ... ection=bad

Penyakitnya dibeber semua disini. Saya yakin HonestJohn obyektif & jujur.
FortunerMan

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by FortunerMan »

mklasse wrote:Sebenarnya sama aja.. Mercedes pun banyak cerita horornya di luar.. bahkan sampe Lamborghini pun sampe ada yg sengaja di rusak sama konsumennya karena menurut dia mobilnya tidak reliable. Toyota pun pernah menjadi heboh dengan kasus sticky gas pedal-nya..

Ini salah satu contoh mobil Mercedes-Benz yang kasusnya sampai ke meja hijau di indonesia:

Otosia.com - Para produsen kendaraan roda empat tampaknya perlu meningkatkan kontrol kualitas atas produk-produk mereka. Pasalnya, belakangan ini marak terjadi perseteruan antara produsen maupun distributor dengan para konsumen, yang ujung-ujungnya berakhir di meja hijau.
Setelah kasus Nissan March dan BMW Z7 yang baru saja terjadi, kini giliran Mercedes-Benz yang digugat konsumen karena alasan telah menjual produk yang cacat pabrik. Sang penggugat, Soekotjo, yang adalah Direktur Utama PT Warna Warni Perdana, mengklaim bahwa C280 AVG yang dimilikinya bermasalah.

Melalui kuasa hukumnya, Juniver Girsang, Soekotjo dalam sebuah siaran pers, menjelaskan bahwa klakson mobilnya itu rusak tanpa penyebab yang pasti. Padahal, kerusakan itu terjadi selang dua bulan setelah mobil mewah itu dibelinya pada tanggal 15 Februari 2010 lalu.

Tak hanya itu, 2 bulan setelahnya saat dikendarai, tiba-tiba mobil mengeluarkan asap dan dari bawah kemudi muncul api yang menyebabkan mobil itu akhirnya terbakar. Untungnya dalam kejadian tersebut pengemudi mobil bisa diselamatkan sebelum api membesar.

Alhasil, Soekotjo pun menuntut PT Dipo Angkasa Motor dan PT Kedaung Satrya Motor, sebagai dealer Mercedes-Benz, serta PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia dan Mercedes-Benz International. Menurut Soekotjo, Mercedes-Benz tak memberikan keamanan dan kenyamanan pada mobil operasional perusahaannya tersebut.

Pihak kepolisian telah menangani kasus tersebut dan setelah diselidiki memang terdapat cacat pada kelistrikan mobil. Kasus pun bergulir ke Pengadilan Jakarta Utara, yang memenangkan gugatan Soekotjo. Pada tanggal 11 April lalu hakim memerintahkan para tergugat untuk membayar Rp 797 juta sebagai ganti rugi atas kelalaian menjual mobil cacat pada konsumen. (kpl/bun)

Sumber: http://www.otosia.com/berita/mercy-pun- ... sumen.html

Waktu saya study diluar dan mau membeli C-class, saya pun banyak kok denger cerita2 horror dari konsumen yg kecewa sama mobilnya, sampe denger cerita ada yg parkirin mobilnya di depan showroom sambil ditempel2 spanduk kalo mobilnya jelek dll.
Bahkan mobil saya sebelumnya (Mercedes ML320 W163) menurut survey Top Gear thn 2004 merupakan mobil kedua terburuk kualitasnya (Although quality improved over the years, especially after the facelift in 2001 for the 2002 model year, the ML still ranked second last out of the 142 cars in the Top Gear Motoring Survey 2004 - Sumber: wikipedia).
Tetapi karena memang udah jatuh cintrong ya dibeli juga tuh kedua mobil tsb, tanpa mempedulikan "bad press" yang beredar saat itu, dan kenyataannya, waktu saya pakai baik2 aja tuh kedua mobil tsb, malah ML saya boleh dibilang lebih durable dibandingkan dengan Corolla Altis saya untuk interiornya.. untuk mesin saya cuma pakai sampe 30rb km lalu dijual Corollanya, kalo ML saya pakai kemarin sampai 65rb km dan masih sehat waktu dijual.
Kasus2 seperti BMW Z4 dan Mercedes C280 di atas kan sebenarnya gak banyak, biasanya menjadi heboh karena orang yg kecewa tentunya lebih berkoar2 di internet dibandingkan dengan yang puas, terlebih udah rahasia umum kan media itu suka membesar2kan suatu kasus agar terdengar lebih heboh dan menarik.. :mrgreen:
Intinya, belilah mobil sesuai dengan kata hati dengan segala resikonya.. mau cari aman ya pilih jepang, resikonya ya ga se-fun mobil eropa.. mau mobil fun ya pilih merk eropa, resikonya ya tidak se-reliable mobil jepang.. tinggal kita yang pilih kan.. kalo untuk dikasih ke supir dipakai sehari2 anter anak sekolah ya pakai saja yg udah terkenal bandelnya.. macam toyota innova.. kalo buat pakai sendiri pas weekend, ya boleh pilih yang lebih beresiko.. :big_peace:
Jadi yg bener mana nih...kata megalontong Merc jarang cerita horror :p
Ini posting dari pemakai Mercedes yg reputasi bisa dipercaya (om mklasse). Dino_rider punyanya Mercedes model apa? :mrgreen:
FortunerMan

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by FortunerMan »

Megalontong wrote:HonestJohn BMW 5 Series E39 (1996 - 2003 )
http://www.honestjohn.co.uk/carbycar/bm ... ection=bad

Penyakitnya dibeber semua disini. Saya yakin HonestJohn obyektif & jujur.
HonestJohn Mercedes-Benz E-Class W211 (2002 - 2009 )
http://www.honestjohn.co.uk/carbycar/me ... ection=bad

Kok baca2 review W211? Ya saya punya mobilnya...
FortunerMan

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by FortunerMan »

Megalontong wrote:Terlepas dari tuduhan2 tak berdasar tetap aja BMW reliabilitynya rendah, tapi khusus BMW risol tentu beda, karena jarang dipakai & KM rendah. Mau ditaruh 20tahun juga tetap reliabel. Karena ya jarang dipakai :off_good:
Punya saya juga cukup reliable. 1996 E39, nyaris 190 ribu km. Barusan dipake Bali-Jakarta...untuk yg keempat kalinya dalam setahun :)

Yuk naik kapal...
Image

Pitstop di Banyuwangi buat supir (alias ke WC)
Image

Isi bensin dulu + istirahat bersama teman2nya
Image

Sudah biasa dengan adegan begini...
Image
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW

Post by imsus2c »

-----
Last edited by imsus2c on Mon Oct 29, 2012 18:33, edited 1 time in total.
Reason: merged
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW

Post by Risol1 »

To: Om imsus2c

Sori nih om, tapi kayaknya om salah nangkep essence dari thread ini.
Ini thread bukan mencari siapa yg lebih unggul antara BMW dengan Mercedes. Thread ini dibentuk karena ada oknum yg bilang bahwa bmw sangat sampah dan bobrok dibanding mercedes dan peugeot, sedangkan ada oknum lain yg bilang bahwa "eh gak segitu bobroknya, BMW apalagi yg model2 baru udah gak kalah reliability nya, nih buktinya...." gitu lho.

Kalo om liat diawal2 thread, gak ada mercedes yg dijelek2an dan gak ada yg bilang BMW lebih superior dari mercedes. YG ada itu adalah statement bahwa bmw kualitas dan reliabilitasnya udah mirip, kalo engga mao dibilang sama dengan mercedes.

Jadi kalo mao diringkas, ibaratnya begini:

Oknum A: Mercedes & Pug 100, BMW 0
Oknum B: Mercedes 50, BMW 50 (more or less hampir sama aja terutama di generasi2 baru)
Oknum B gak bilang bahwa Mercedes 0, BMW 100, bukan itu inti pembicaraan si oknum B.

Oknum B kalo sampai membawa2 mercedes, itu hanya unutk menunjukkan bahwa mercedes juga punya masalah yg sama dengan BMW, BUKAN untuk menunjukkan superioritas BMW thd Mercedes, gitu lho....

Jadi ane rasa judulnya kurang tepat, karena disini gak ada yg bilang BMW paling hebat (adu kebut).
Judulnya semestinya adalah "BMW MOBIL PALING BOBROK DAN SAMPAH....JAUH SAMA MERCEDES DAN PEUGEOT", nah itu baru pas :frm_tumbleft:
Yg setuju dengan judul, bisa masuk ke thread ini dan tambahin kebobrokan BMW, yg gak setuju bisa kasi alesan kenapa kurang tepat, kan enak.

Karena kalo ane liat diatas, pada saat oknum A bilang BMW bobrok dibanding mercedes, si oknum B:
1. bilang dan jelasin kenapa BMW gak segitu bobroknya
2. oknum B TIDAK balik membobrokan mercedes
Point #1 and #2 itu beda sekali essensi-nya.

Meluruskan image miring BMW dengan menjelaskan point2 persepsi yg salah ttg BMW
SANGATLAH BERBEDA dengan
Meluruskan image miring BMW dengan menjelek-jelekkan (atau mencari2 kejelekkan) Mercedes.

Tapi kalo yg bro Imsus2c tangkep beda, ya gapapa, silakan aja dilanjut :mrgreen:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW

Post by imsus2c »

Risol1 wrote:To: Om imsus2c

Sori nih om, tapi kayaknya om salah nangkep essence dari thread ini.
Ini thread bukan mencari siapa yg lebih unggul antara BMW dengan Mercedes. Thread ini dibentuk karena ada oknum yg bilang bahwa bmw sangat sampah dan bobrok dibanding mercedes dan peugeot, sedangkan ada oknum lain yg bilang bahwa "eh gak segitu bobroknya, BMW apalagi yg model2 baru udah gak kalah reliability nya, nih buktinya...." gitu lho.
-----
-----
-----
Tapi kalo yg bro Imsus2c tangkep beda, ya gapapa, silakan aja dilanjut :mrgreen:
selow meneer... :drinking:
masalah judul bisa diralat kapanpun
ini topic pengungsian dari beberapa post/bahasan senada yan bertebaran ngga karuan di topic lain yang (mungkin) mengganggu user lain dan terutama TS :mky_06:
sekalian forumnya (diusahakan) biar tetep rapi :frm_tumbright:

kalau judulnya memang kurang heboh...bisa diatur nanti :cupss:
maklum ngerjakannya sambil ngebut juga... :mrgreen:
nanti akan dilihat/dianalisa lagi...musti bobo dulu skrg, sdh dinihari disini :e-dance:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW

Post by Risol1 »

pantes aja sepi bener ni thread, udah malem :mky_01:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW

Post by ZombiEE »

Ada apa dgn bmw?
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW

Post by abrof »

Kesimpulannya.....saya gak akan beli BMW maupun Mercy.....bila gak punya duit.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW

Post by Belphegor »

Welcome back om FM!

Mungkin bro megalontong pernah piara bmw dan mercy seperti yang dibilang di page sebelum2nya yaitu W202 dan E36. Sorry no offense bro, sekarang udah sampe W204 dan F10, apa bro megalontong bisa kasih review (jangka panjang) dari keduanya? Review disini kalau cuma numpang duduk juga tdk akurat, harus memiliki dan dirawat benar2, jadi penilaian bisa lebih fair. Dari E36 (anggaplah 1997) sampai F10 2012, itu 15 tahun loh bro, masa tidak ada perbaikan di sisi reliability? :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

Megalontong wrote:Jadi cooling system set yg oleh BMW diharuskan ganti per 60.000miles itu reliability? Jauh dong reliabilitynya dibanding eropa lain apalagi radiator jepang seperti Honda Toyota .... yang ngga nuntut secepat itu penggantiannya agar mobil jalan sebagaimana mestinya. Bahkan mereka bertahun-tahun beratus ribu KM ngga nuntut soalnya kan konstruksinya memang kokoh.
Mau ngotot sereliabel apa tetep aja BMW idola anda itu ngga reliabel dibanding merk lain.
nah mulai lagi pembohongan publik nya :mrgreen:

Gak ada yg mengHARUSkan ganti cooling system per 60rb miles. Ini straight up BOHONG. Pada saat 60 ribu miles servis interval, cooling system cuma dicek. Kalo kondisi masih bagus dan kerja masih normal, ya gak perlu ganti. Kalo udah mulai keliatan wear and tear, ya dianjurkan ganti.

Nih buktinya, diambil dari driverside.com, yg ngambil data dari DealerTrack company, disitu terlihat bahwa cuma flush cooling system doang dan test pressure yg dilakukan pas 60k miles, itu pun recommended, gak dipaksa:
Image

Ente tuh kalo ane liat punya kebiasaan yg asal ceplos. Dan gak ada angin gak ada ujan, tiba2 Dhuerr....asal ceplos tersebut berubah menjadi fakta.
Nah kemudian anda memakai 'fakta' jadi2an ini sebagai basis dari argumen anda yg selanjutnya.

Coba deh kita liat:
Asal ceplos #1: "cooling system set yg oleh BMW diharuskan ganti per 60.000miles"
Tiba2 asal ceplos tsb menjadi fakta, untuk mendukung statement anda yg selanjutnya:
Statement selanjutnya: "Jauh dong reliabilitynya dibanding eropa lain apalagi radiator jepang seperti Honda Toyota .... yang ngga nuntut secepat itu penggantiannya agar mobil jalan sebagaimana mestinya. Bahkan mereka bertahun-tahun beratus ribu KM ngga nuntut soalnya kan konstruksinya memang kokoh."

Sebenernya statement #2 tsb gak valid karena statement #1 yg dipake sebagai dasar argumen udah salah, gitu lho.

Juga kalo ane perhatiin, abis ngomong asal ceplos #1, anda tiba2 percaya bahwa it is the truth, lalu meminta ane membuktikan terbalik statement #2. Gimana ane mao buktiin #2 kalo kita engga in agreement di asal ceplos #1 nya? :mrgreen:

Nah sekarang kalo ente gak setuju dengan pernyataan ane diatas, tolong dikasi bukti sebaliknya.....gak perlu berkoar yg gak nyambung (kaya "risol sales, risol idola BMW, risol fanatikan, dsb)
Last edited by Risol1 on Tue Oct 30, 2012 3:06, edited 1 time in total.
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW

Post by Belphegor »

Another great fact om risol1 :frm_tumbright: :frm_tumbleft:

Ane lebih suka yg debat pakai fakta seperti om risol1 ini. Mungkin om megalontong mau kasih fakta yg memberatkan?
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

Megalontong wrote:
Risol1 wrote:BMW itu mobil yg sok high performance , kualitas keawetannya (durability) terlalu mepet.
W202 dari dulu pakai ngga pernah masalah besar, tp E36 waduh.... banyak pusingnya daripada enjoynya *fakta

sekali lagi BMW "sok high performance" itu absurd alias gak bisa dibuktikan, cuma opini sampean aja.
Juga ane gak even ngerti apa arti dari kata2 "kualitas keawetan terlalu mepet" .....itu apaan seh? :wkkk:
Sok high performance memang opini saya, tapi reliability rendah itu fakta dunia.
BMW risol tembus diatas 500.000KM? atau cuma mobil weekend yg jarang dipakai :wkkk:
Jadi anda bilang BMW "sok high performance" tanpa alesan gitu? ya gak papa sih... Bagusnya besok2 pake alesan jadi engga terkesan asal ceplos :mrgreen:

Gak usah ributin mobil orang. Ente tau darimana ane ada BMW? kalaupun ada, tau darimana cuma mobil weekend yg jarang dipake?
Semuanya cuma asal ceplos, yg gak ada hubungannya dengan topic yg lagi dibahas.

Mobil si risol ya cuma si risol yg paling tau. Kalo megalontong mengaku lebih tau ttg keadaan dan kondisi mobil si risol, artinya megalontong cuma asal ceplos + agak sok tau, gitu kan? :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

Megalontong wrote:Jaman jadul tetap aja kan mobilnya reliability rendah. Cooling system tetap aja tuh sampai seri terbaru serba plastik.
itu memang tuntutan jaman, sekarang semuanya udah pake plastik.
Mobil mercedes yg anda bangga2in aja coba liat pake bahan apa sebagian besar cooling system partsnya? plastik bukan?
(kan udah ane kasi gambar beserta spek teknisnya dibelakang) :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

Megalontong wrote:Juarang? Mobil weekend jarang jalan kok dibuat patokan / standar baku :wkkk: guling2 deh Sol.
KM anda ama KMnya orang amerika tentu beda, wilayahnya luas Amerika gitu.
Reliability ketahuannya jam terbang tinggi, bukan yang dielus2 di garasi seperti punya anda
Mungkin parts2nya tidak didesain untuk itu? Baru main mobil ya Sol?
yep juarang, kalo mobil ente termasuk yg udah jalan sejuta kilo, berarti anda termasuk yg jarang.
Entar ane balik lagi deh ke topik ini hehehe.....baru kali ini denger reliability diukur pas mobil udah jalan 500k-1juta kilo :mrgreen:

intinya wajar banget suatu mobil parts2nya udah pada diganti pas udah jalan di range 500k - 1juta km.

Gak usah sok tau lah bilang mobil ane sama mileage orang amerika beda, jangan sok tau juga bilang mobil ane cuma dielus2....
ente itu siapa sih kayaknya paling tau ttg mobil orang :mrgreen: Itu informasi dapet darimana? dari asal ceplos? :mrgreen:

bahas informasi yg relevan di topik ini aja lah, bawa2 mobil orang gak ada hub kesini hehehe...
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

Megalontong wrote:
Risol1 wrote:Konyol sekali si Risol, macam sales bmw aja dia.
Gak usah dikit2 bawa2 sales. Sales itu cuma sebuah profesi dan tidak identik dengan kata konyol :mrgreen:

Sabar2.....ada penelitian yg mengatakan/menyimpulkan bahwa kalo orang udah ketauan belangnya atau udah keliatan omdo-nya, maka yg digedein tinggal marahnya doang :mrgreen:

ngomong2 ttg "konyol", biasanya "comment yg konyol" itu identik dengan comment yg gak tepat (false, cenderung pembohongan publik), comment yg cuma ngomong doang (gak ada bukti), comment yg terlalu hiperbola mengagungkan suatu merek tertentu, dll....ya ngga?

Nah sekarang ane tanya, comment ane dimana yg masuk ke salah satu kategori diatas? coba ditunjukkan....

Kalo sebaliknya ente yg nanya ane, ane bisa tunjukkin disini....hehehehe....

Nah sekarang jelas kan, siapa sebenernya yg konyol? :big_peace:

Mana hasil search Risol yg mengacu mesin nikasil Mercy / Porsche sama bobroknya dgn BMW? Jelas kan yang OmDo tu kamu.
Search Nikasil BMW resultnya banyaaaaaak sekali Sol.
Konyol kan kamu. Bisa omong tp melompong.

Ngomong2 koq jaguar gak dibawa2 lagi neh? :mrgreen: kemaren2 katanya Jaguar juga pake bahan nikasil yg bagus. Udah liat kan di internet banyak banget Jag yg rusak gara2 nikasil hehehe...

kalo porsche kan udah ane kasi alesannya, coba aja dicari di halaman belakang :mrgreen:
Gak pasti bener sih (namanya juga my own opinion, tapi at least masuk akal....dan ane gak cuma bilang porsche juga bobrok dan sampah tanpa alesan yg jelas, kaya ente ke BMW)

nah kalo mercy, ane udah berkali2 tanya balik ke ente, emang mesin mercy mana sih yg pake nikasil? masih nunggu jawabannya nih...

Juga semestinya ente yg seharusnya membuktikan bahwa Nikasil itu ada bbrp macamnya (yg murahan yg dipake BMW; dan yg mahalan yg dipake Merc, Porsche, dan Jag), BUKAN ane yg diharuskan untuk memberikan pembuktian terbalik.
Karena Statement bahwa "ada bbrp macam nikasil dan BMW pake yg murahan" itu datangnya dari ANDA. Ini anda yg selalu terbalik: anda yg ngomong, tapi ane yg disuruh jelasin....kan lucu :mrgreen:

Kalo menurut ane sih nikasil itu cuma lapisan yg didapat dari campuran/senyawaan dari nikel dan silikon partikel, dan ane gak ngerti Nikasil yg jelek itu yg gimana ya? Yg silikonnya lebih dikit gitu?
Sekali lagi Mana Buktinya? :mrgreen:


Nikasilnya porsche & mercedes memang hancur kena bbm ber-sulfur ya? Kalau BMW kan udah rontok kemana2 tuh. Rontok = reliabel?
Mesin eropa lain & honda toyota aja tembus 1juta KM tanpa masalah di negara apapun & kondisi apapun walau tanpa nikasil. Nikasil hebat?
sebelum ngomong lebih lanjut, coba tolong dikasi tau mercy mesin mana yg pake nikasil? entar baru lanjut lagi deh
koar2 mercy nikasilnya nomor satu, nikasil mercy gak rusak kalo kena BBM jelek, tapi mesin mana yg pake nikasil aja gak tau....gimana nih?

Argumen gak usah dibalik2 lah pake bawa2 honda toyota sekarang hehehe....
inget jangan kena virus Romnesia yg suka flip flopping :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

Megalontong wrote:
Risol1 wrote:Ane setuju dgn statement bro risol1, jangan karena bmw tahun lama itu reliabilitynya sampah, lalu stereotype bahwa semua bmw itu reliabilitynya sampah. BMW sekarang kan juga garansi 5 tahun, apa itu ngga menunjukkan bahwa BMW at least bisa menjamin realibilitynya selama 5 tahun ke depan, di sisi lain mercy hanya menggaransi 3 tahun (dengar2 akan garansi 5 tahun ke depannya).

Siapa bilang tahun lama aja? Cooling system blown up yg lagi santer saya sorot itu dari jaman lama sampai termodern sama aja.
Setelah digaransi selama itu pun nilai jual kembali masih lebih rendah dari Mercy. Memang kebobrokannya (setelah 5tahun rusaknya aneh2) itu yg bikin hancur harga.
sekali lagi mana buktinya?

kalo bisa ngomong cooling system bmw baru sampah, mana bukti dan rationale nya? at least opinion yg masuk akal-nya?

Kalo cuma bisa ngomong tapi pas ditanya alesannya cuma bisa marah2 ya ketauan siapa yg kosong melompong :wkkk:

Kita2 sih cuma minta bukti dari omongan ente, gitu aja :mrgreen:
ya gini deh kalo argumen udah abis, ujung2nya cuma bilang "risol mobilnya jarang dipake", "risol mobilnya KM remdah"....yg gak nyambung dengan pertanyaan diatas

itu ngomong2 kalo quote yg bener dong, ane gak mao dituduh sama member lain ngomong sesuatu yg asal ceplos :mrgreen:


Marah2? Si anak TK sensitif bilang saya marah :wkkk:
Terlepas dari tuduhan2 tak berdasar tetap aja BMW reliabilitynya rendah, tapi khusus BMW risol tentu beda, karena jarang dipakai & KM rendah. Mau ditaruh 20tahun juga tetap reliabel. Karena ya jarang dipakai :off_good:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

Megalontong wrote:Kapan anda ngaku BMW ngga perfect? Dari awal kan terus aja bohong menutupin kelemahan boilnya, sambil balik menuduh saya terlalu negatif.
Kalo soal ini udah cape jelasinnya, silakan baca sendiri :mrgreen:
Megalontong wrote:Mercedes Pug en eropa mana yg BLOWN UP? Paling overheat.
Overheat tu bisa jadi masalah sepele thermostat failed. Tapi blown up, itu beda.
Kalau nalarnya belum sampai memang pasti menganggap overheat = blown up..
intinya mao karena blow up atau karena thermostat, kalo udah bikin mobil overheat, ya efek nya sama aja...jebol itu mesin

Kalo emang mao liat yg blown up, nih ane kasi bbrp contoh, ini ane cuma ambil dari salah satu forum mercy doang dan ambil entry yg pertama doang dari tiap2 kategori (cuma perlu bbrp menit untuk browsing ginian).
Sekali lagi ane ingetin, cuma karena ada mercedes by blow up bukan berarti cooling system mercedes bobrok.

Mao yg mana dulu, silakan dilihat :mrgreen: :
expansion tank leaks:
http://www.benzworld.org/forums/r170-sl ... -leak.html

radiator blew up:
http://www.benzworld.org/forums/w202-c- ... ew-up.html

water pump blew up:
http://www.benzworld.org/forums/w140-s- ... ew-up.html

coolant hose blew up:
http://www.benzworld.org/forums/w124-e- ... wrong.html
Megalontong wrote:Jelasin BEHR mercy kenapa ngga blown up seperti di BMW aja tidak bisa. Malah meracau ngga jelas.
memang gak bisa jelasin karena ane gak setuju dengan pernyataan diatas, Mo ngapain jelasin sesuatu yg ane gak setuju?
Kalo ane yg bikin statement diatas, ane jelasin.
Lah yg bilang BMW doang yg blown up kan anda, koq ane yg diminta jelasin?

Coba baca teori "asal ceplos" ente yg ane tulis diatas :mrgreen: persis dah
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

Megalontong wrote: Lalu si Anak TK itu bersikeukeh bahwa variabel di atas tetap dikategorikan sebagai reliability yg bagus sambil balik nuduh saya terlalu antipati dengan merk tersebut.
emang anda gak antipati?
Ane kalo ngomong ada buktinya... :mrgreen: