Data Penjualan Mobil - updated !!!

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

carl
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
Daily Vehicle: transjakarta

Re: Data Penjualan Mobil - updated !!!

Post by carl »

Bulgogi wrote: Wed May 17, 2017 16:02 Itu brio knp dipisah ya..
Veloz & avanza aja digabung..
Brio dianggap beda kelas om, yang satu ikut lcgc satunya lg engga
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: RE: Re: Data Penjualan Mobil - updated !!!

Post by Bulgogi »

Indra97 wrote:
Bulgogi wrote: Wed May 17, 2017 16:02 Itu brio knp dipisah ya..
Veloz & avanza aja digabung..
Karena brio satya dan brio rs masuk ke 2 kelas yg berbeda, yg satu lcgc satunya lagi city car, dalam arti kata lcgc terpisah dari city car

Sama kayak HR-V yg juga dibagi ke 2 kelas, varian 1.5 masuk ke LSUV (low suv) dan 1.8 prestige masuk kelas medium suv (atau istilah gaikindo tepatnya suv aja), jadi hrv prestige sekelas sama fortuner, crv, xtrail, OS, dll sedangkan 1.5 sekelas dgn juke, rush, brv, trax, dl

Kalau veloz dan avanza kan intinya sekelas sama sama LMPV

*semua itu merupakan pembagian kategori mobil versi gaikindo
Oh gituu.. standard gitu sengaja gaikindo bentuk atau based on consumen perspektif?

Unik aja hrv beda mesin dipisah, avanza beda mesin jadi satu kategori.. brio mesin sama malah beda kategori.. [emoji28]
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: RE: Re: Data Penjualan Mobil - updated !!!

Post by Bulgogi »

carl wrote:
Bulgogi wrote: Wed May 17, 2017 16:02 Itu brio knp dipisah ya..
Veloz & avanza aja digabung..
Brio dianggap beda kelas om, yang satu ikut lcgc satunya lg engga
Oh gituu..
I see.. I see..
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: RE: Re: Data Penjualan Mobil - updated !!!

Post by grimjow »

elrae wrote:
kurniakerten wrote: Wed May 17, 2017 11:31 Berikut 20 mobil terlaris April 2017 berdasarkan data Gaikindo.

1. Toyota Avanza: 11.906 unit
2. Toyota Calya: 5.861 unit
3. Toyota Kijang Innova: 4.898 unit
4. Honda Brio Satya: 4.149 unit
5. Daihatsu Gran Max Pikap: 4.123 unit
6. Honda Mobilio: 3.608 unit
7. Toyota Agya: 3.185 unit
8. Suzuki Ertiga: 3.180 unit
9. Honda HR-V: 3.071 unit
10. Daihatsu Sigra: 2.786 unit
11. Daihatsu Ayla: 2.747 unit
12. Daihatsu Xenia: 2.538 unit
13. Suzuki Carry Pikap: 2.522 unit
14. Suzuki Ignis: 2.476 unit
15. Toyota Rush: 2.230 unit
16. Toyota Fortuner: 1.772 unit
17. Toyota Yaris: 1.477 unit
18. Daihatsu Terios: 1.312 unit
19. Honda Brio: 1.212 unit
20. Mitsubishi Pajero Sport 1.195 uni

Sumber detik...
avanza kembali merajai...
Avanza luar biasa
3 honda (brio - mobilio - hrv ) kalah lawan avanza sendiri.
Fortuner diatas pajero
Yaris diatas jazz
Yang menarik dari data ini adalah no 14.
Hebat sekali masih bisa laku dengan model yang umurnya >10 tahun.
Bahkan bisa mengalahkan model lebih baru (Sienta dan BRV).
Fenomena apa ini?
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: RE: Re: RE: Re: Data Penjualan Mobil - updated !!!

Post by grimjow »

grimjow wrote:
elrae wrote:
kurniakerten wrote: Wed May 17, 2017 11:31 Berikut 20 mobil terlaris April 2017 berdasarkan data Gaikindo.

1. Toyota Avanza: 11.906 unit
2. Toyota Calya: 5.861 unit
3. Toyota Kijang Innova: 4.898 unit
4. Honda Brio Satya: 4.149 unit
5. Daihatsu Gran Max Pikap: 4.123 unit
6. Honda Mobilio: 3.608 unit
7. Toyota Agya: 3.185 unit
8. Suzuki Ertiga: 3.180 unit
9. Honda HR-V: 3.071 unit
10. Daihatsu Sigra: 2.786 unit
11. Daihatsu Ayla: 2.747 unit
12. Daihatsu Xenia: 2.538 unit
13. Suzuki Carry Pikap: 2.522 unit
14. Suzuki Ignis: 2.476 unit
15. Toyota Rush: 2.230 unit
16. Toyota Fortuner: 1.772 unit
17. Toyota Yaris: 1.477 unit
18. Daihatsu Terios: 1.312 unit
19. Honda Brio: 1.212 unit
20. Mitsubishi Pajero Sport 1.195 uni

Sumber detik...
avanza kembali merajai...
Avanza luar biasa
3 honda (brio - mobilio - hrv ) kalah lawan avanza sendiri.
Fortuner diatas pajero
Yaris diatas jazz
Yang menarik dari data ini adalah no 14.
Hebat sekali masih bisa laku dengan model yang umurnya >10 tahun.
Bahkan bisa mengalahkan model lebih baru (Sienta dan BRV).
Fenomena apa ini?
Wah sampai salah liat, nomor 15 maksudnya
kurniakerten
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 388
Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27

Re: Data Penjualan Mobil - updated !!!

Post by kurniakerten »

dimassn25 wrote: Wed May 17, 2017 15:21 1. Bravo suzuki dengan ignisnya

2. Yaris masuk lagi dan jazz out?, apakah pertanda honda mulai mengurangi produksi jazz karena mau facelift?

3. Pajero apa mulai mau transisi ke ckd makanya pengiriman dari thailand dikurangi?

4. Rush teri masuk lagi semakin jauh dari major change (atau model change) kalo gitu
Gila juga ya animo masyarakat sama Ignis... langsung menyodok masuk 20 besar...
Suzuki kayaknya berjaya lagi dengan masuknya Ignis
E300 W212
maxbilly
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 160
Joined: Tue Dec 06, 2016 14:11

Re: RE: Re: Data Penjualan Mobil - updated !!!

Post by maxbilly »

kurniakerten wrote:
dimassn25 wrote: Wed May 17, 2017 15:21 1. Bravo suzuki dengan ignisnya

2. Yaris masuk lagi dan jazz out?, apakah pertanda honda mulai mengurangi produksi jazz karena mau facelift?

3. Pajero apa mulai mau transisi ke ckd makanya pengiriman dari thailand dikurangi?

4. Rush teri masuk lagi semakin jauh dari major change (atau model change) kalo gitu
Gila juga ya animo masyarakat sama Ignis... langsung menyodok masuk 20 besar...
Suzuki kayaknya berjaya lagi dengan masuknya Ignis
Wah ignis siap2 jadi mobil sejuta umat dah emang hype nya ignis gila bgt sampai2 kebagian sebiji masuk garasi ane

Sent from my HTC One_E8 dual sim using Seraya Motor mobile app

kurniakerten
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 388
Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27

Re: Data Penjualan Mobil - updated !!!

Post by kurniakerten »

Untuk duo rushteri yg 10 thn ga major change tapi tetap laku, itu membuktikan masyarakat Indonesia sangat teredukasi masalah otomotif... hehe
E300 W212
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Data Penjualan Mobil - updated !!!

Post by vipere »

ignis mah paling karena indent awal2 aja baru launching..coba lihat aja nanti setelah penjualan stabil kira kira 3-4 bulan lagi masih masuk apa gak.
kayak duo calya sigra awal2 aja mau jadi avanza killer, ternyata hanya euforia saat launching doang. habis itu jauh banget penjualannya dibanding avanza.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - updated !!!

Post by ChZ »

Data penjualan ini sepertinya cuma data berapa unit yang beredar dari pabrik ke dealer... Bukan yang beredar di masyarakat langsung.
vipere wrote: Thu May 18, 2017 2:18 ignis mah paling karena indent awal2 aja baru launching..coba lihat aja nanti setelah penjualan stabil kira kira 3-4 bulan lagi masih masuk apa gak.
kayak duo calya sigra awal2 aja mau jadi avanza killer, ternyata hanya euforia saat launching doang. habis itu jauh banget penjualannya dibanding avanza.
Avanza masih laku di daerah ketimbang Calya om... plus corporate juga biasanya lebih milih Avanza bwat operasional.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 655
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Data Penjualan Mobil - updated !!!

Post by Dogies »

Sepertinya Ignis terkendala masih impor dari India... shg terkendala antara supply & demand...
Model2 macho lagi trend... 6 model ada di list (hrv, ignis, rush, 42ner, terios, pasport) total 12.056 unit
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: RE: Re: Data Penjualan Mobil - updated !!!

Post by Bulgogi »

kurniakerten wrote:Untuk duo rushteri yg 10 thn ga major change tapi tetap laku, itu membuktikan masyarakat Indonesia sangat teredukasi masalah otomotif... hehe
Menurut saya rush laku karena masyarakat butuh, cuma dia mobil paling murah yg bisa hajar light offroad.. saya sendiri ambil rush karena lokasi kerja saya yg harus lewat tanah & bebatuan tajam.. ga mungkin pake avanza pasti gasruk sana sini.. ladderframe juga kemahalan..

Padahal ini mobil aslinya ga enak, tapi ya karena butuh terpaksa dibeli..
User avatar
Hanggar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 334
Joined: Tue Aug 16, 2005 4:38

Re: Data Penjualan Mobil - updated !!!

Post by Hanggar »

No. 1 laku keras karena demam taksol alias taksi online.
User avatar
katumiri
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Sun Dec 25, 2016 2:18
Location: Jakarta

Re: Data Penjualan Mobil - updated !!!

Post by katumiri »

kijang memang tiada duanya, masih bertengger di posisi 3. hasil dari edukasi? :big_peace:
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Data Penjualan Mobil - updated !!!

Post by adrevolution »

katumiri wrote: Thu May 18, 2017 5:58 kijang memang tiada duanya, masih bertengger di posisi 3. hasil dari edukasi? :big_peace:
sepertinya kalau kijang memang wajar si ada di posisi 3, lah wong gak ada lawannya yg sepadan. bener2 gak ada tandingannya utk kelas itu. cukup heran kapan ya Honda bakal ngusik kelas ini padahal demand gede loh.

lain cerita sama fortuner, nah kalo itu mungkin hasil 'edukasi'
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
User avatar
katumiri
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Sun Dec 25, 2016 2:18
Location: Jakarta

Re: Data Penjualan Mobil - updated !!!

Post by katumiri »

adrevolution wrote: Thu May 18, 2017 6:16
katumiri wrote: Thu May 18, 2017 5:58 kijang memang tiada duanya, masih bertengger di posisi 3. hasil dari edukasi? :big_peace:
sepertinya kalau kijang memang wajar si ada di posisi 3, lah wong gak ada lawannya yg sepadan. bener2 gak ada tandingannya utk kelas itu. cukup heran kapan ya Honda bakal ngusik kelas ini padahal demand gede loh.

lain cerita sama fortuner, nah kalo itu mungkin hasil 'edukasi'
padahal dibilang over price buat spec mobil seperti itu ya om, tapi banyak juga yang beli. settingan mindset-nya kijang berhasil. kijang baru atau bekas tetep banyak pembelinya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - updated !!!

Post by ChZ »

adrevolution wrote: Thu May 18, 2017 6:16
sepertinya kalau kijang memang wajar si ada di posisi 3, lah wong gak ada lawannya yg sepadan. bener2 gak ada tandingannya utk kelas itu. cukup heran kapan ya Honda bakal ngusik kelas ini padahal demand gede loh.

lain cerita sama fortuner, nah kalo itu mungkin hasil 'edukasi'
Dulu Freed direncakan sebagai "kijang-killer" tapi gagal...

Sama seperti Livina juga demikian... ntah nama Kijang terlalu perkasa atau gimana...

Tapi saya rasa Honda kecil kemungkinan punya MPV 7-penumpang, ladder frame. Cuma di Honda US yang punya lineup ladder frame SUV (Pilot Ridgeline). Krn demand truck di US besar.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Data Penjualan Mobil - updated !!!

Post by mobilover »

Yg paling mungkin mengusik kijang itu mitsubishi dan isuzu. Isuzu dengan panther dan mitsubishi dgn produk baru pengembangan dr chasis colt diesel. Tp seperti masih lama sampai kijang ada rival yg sepadan. Makanya fitur mobil 300 jtan bisa kalah sama mobil 100 jtan karena yah itu. Tidak ada rival di kelasnya. Karena itu ane selalu mendukung merek2 non mainstream untuk melawan merek mainstream supaya mereka sadar diri dan ga pelit kasih fitur. Monopoli is never good for customer...
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Data Penjualan Mobil - updated !!!

Post by adrevolution »

ChZ wrote: Thu May 18, 2017 6:27
adrevolution wrote: Thu May 18, 2017 6:16
sepertinya kalau kijang memang wajar si ada di posisi 3, lah wong gak ada lawannya yg sepadan. bener2 gak ada tandingannya utk kelas itu. cukup heran kapan ya Honda bakal ngusik kelas ini padahal demand gede loh.

lain cerita sama fortuner, nah kalo itu mungkin hasil 'edukasi'
Dulu Freed direncakan sebagai "kijang-killer" tapi gagal...

Sama seperti Livina juga demikian... ntah nama Kijang terlalu perkasa atau gimana...

Tapi saya rasa Honda kecil kemungkinan punya MPV 7-penumpang, ladder frame. Cuma di Honda US yang punya lineup ladder frame SUV (Pilot Ridgeline). Krn demand truck di US besar.
Yes, dulu th 2007 grand livina dibilang kijang-killer, laku banget memang waktu itu, tapi memang blunder nissan di ASS, reliability (2 poin ini sgt strong di kijang series) sama positioning yg sebetulnya nanggung krn di th itu jg ada avanza S 1500cc yg harusnya jd target dia (scr price, again reliability & ASS kalah juga), bukan innova. Okelah punya opsi mesin 1800cc, tapi balik lagi ke 2 strong pointnya kijang tadi. Nissan agak kepedean disini. Kalo resale value keknya ngikutin demand lah, rumusnya makin laku makin bagus RV nya

Freed juga digadang2 jd kijang killer th 2009, reliable yes, ASS cukup oke di mata orang, tapi dikasih engine cuma L15A dikasih bobot segitu, mana kuat lawan D4D :ngacir:

Imho lawan kijang yg sepadan gak harus ladder frame, bisa aja monokok, yg penting strong pointnya kijang kena semua, reliable secara produk, brand image dan ASS itu wajib, plus suspensi empuk, ruang kabin lega ampe baris 3, GC agak tinggi (gak usah setinggi SUV, 180 mm cukup), displacement mesin rada gede tapi jgn kegedean samain aja ama kijang skrg (stigma org sini mirip kayak org US, more displacement more power, don't really care about engine tech) dan masih bisa nenggak bbm termurah yg ada di pasaran. Sama kalo diesel harus irit yaa minimal 1:12 kombinasi, kuat nanjak dan kuat dicekokin biosolar. Makanya dulu panther termasuk sukses karena pake formula begini, sayang aja nggak dikembangin sama isuzu.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 655
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Data Penjualan Mobil - updated !!!

Post by Dogies »

ChZ wrote: Thu May 18, 2017 6:27
adrevolution wrote: Thu May 18, 2017 6:16
sepertinya kalau kijang memang wajar si ada di posisi 3, lah wong gak ada lawannya yg sepadan. bener2 gak ada tandingannya utk kelas itu. cukup heran kapan ya Honda bakal ngusik kelas ini padahal demand gede loh.

lain cerita sama fortuner, nah kalo itu mungkin hasil 'edukasi'
Dulu Freed direncakan sebagai "kijang-killer" tapi gagal...

Sama seperti Livina juga demikian... ntah nama Kijang terlalu perkasa atau gimana...

Tapi saya rasa Honda kecil kemungkinan punya MPV 7-penumpang, ladder frame. Cuma di Honda US yang punya lineup ladder frame SUV (Pilot Ridgeline). Krn demand truck di US besar.
Klo menurut ane Honda Elysion (yg model lekukannya bulat bukan patah2 kayak model yg terbaru) lumayan bagus tuh desainnya. Di lokalkan pake pintu buka samping bukan geser... di kasih harga mirip2 ipah, fitur mirip2lah ato klo bisa lebih...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - updated !!!

Post by ChZ »

adrevolution wrote: Thu May 18, 2017 7:02
Yes, dulu th 2007 grand livina dibilang kijang-killer, laku banget memang waktu itu, tapi memang blunder nissan di ASS, reliability (2 poin ini sgt strong di kijang series) sama positioning yg sebetulnya nanggung krn di th itu jg ada avanza S 1500cc yg harusnya jd target dia (scr price, again reliability & ASS kalah juga), bukan innova. Okelah punya opsi mesin 1800cc, tapi balik lagi ke 2 strong pointnya kijang tadi. Nissan agak kepedean disini. Kalo resale value keknya ngikutin demand lah, rumusnya makin laku makin bagus RV nya

Freed juga digadang2 jd kijang killer th 2009, reliable yes, ASS cukup oke di mata orang, tapi dikasih engine cuma L15A dikasih bobot segitu, mana kuat lawan D4D :ngacir:

Imho lawan kijang yg sepadan gak harus ladder frame, bisa aja monokok, yg penting strong pointnya kijang kena semua, reliable secara produk, brand image dan ASS itu wajib, plus suspensi empuk, ruang kabin lega ampe baris 3, GC agak tinggi (gak usah setinggi SUV, 180 mm cukup), displacement mesin rada gede tapi jgn kegedean samain aja ama kijang skrg (stigma org sini mirip kayak org US, more displacement more power, don't really care about engine tech) dan masih bisa nenggak bbm termurah yg ada di pasaran. Sama kalo diesel harus irit yaa minimal 1:12 kombinasi, kuat nanjak dan kuat dicekokin biosolar. Makanya dulu panther termasuk sukses karena pake formula begini, sayang aja nggak dikembangin sama isuzu.
Mungkin kalo skemanya sama kayak Mobilio yang full-monokok lawan Avanza yang semi-ladder... Lawan sepadannya Honda Stream ... atau Honda Jade kalo skrg (penerusnya Stream).

Image

Minusnya di desain low-slung aja... dia pendek krn basisnya Civic... 1.800cc, reliable dan ASS dapet. Saingan sama Mazda5 juga. Tapi skemanya mirip kayak Mobilio yang juga desainnya low-slung krn based on Brio... vs Avanza.
Dogies wrote: Thu May 18, 2017 7:13 Klo menurut ane Honda Elysion (yg model lekukannya bulat bukan patah2 kayak model yg terbaru) lumayan bagus tuh desainnya. Di lokalkan pake pintu buka samping bukan geser... di kasih harga mirip2 ipah, fitur mirip2lah ato klo bisa lebih...
Elysion kelasnya Alphard oom... skrg digantiin all-new Odyssey RC1.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Data Penjualan Mobil - updated !!!

Post by adrevolution »

ChZ wrote: Thu May 18, 2017 8:04
adrevolution wrote: Thu May 18, 2017 7:02
Yes, dulu th 2007 grand livina dibilang kijang-killer, laku banget memang waktu itu, tapi memang blunder nissan di ASS, reliability (2 poin ini sgt strong di kijang series) sama positioning yg sebetulnya nanggung krn di th itu jg ada avanza S 1500cc yg harusnya jd target dia (scr price, again reliability & ASS kalah juga), bukan innova. Okelah punya opsi mesin 1800cc, tapi balik lagi ke 2 strong pointnya kijang tadi. Nissan agak kepedean disini. Kalo resale value keknya ngikutin demand lah, rumusnya makin laku makin bagus RV nya

Freed juga digadang2 jd kijang killer th 2009, reliable yes, ASS cukup oke di mata orang, tapi dikasih engine cuma L15A dikasih bobot segitu, mana kuat lawan D4D :ngacir:

Imho lawan kijang yg sepadan gak harus ladder frame, bisa aja monokok, yg penting strong pointnya kijang kena semua, reliable secara produk, brand image dan ASS itu wajib, plus suspensi empuk, ruang kabin lega ampe baris 3, GC agak tinggi (gak usah setinggi SUV, 180 mm cukup), displacement mesin rada gede tapi jgn kegedean samain aja ama kijang skrg (stigma org sini mirip kayak org US, more displacement more power, don't really care about engine tech) dan masih bisa nenggak bbm termurah yg ada di pasaran. Sama kalo diesel harus irit yaa minimal 1:12 kombinasi, kuat nanjak dan kuat dicekokin biosolar. Makanya dulu panther termasuk sukses karena pake formula begini, sayang aja nggak dikembangin sama isuzu.
Mungkin kalo skemanya sama kayak Mobilio yang full-monokok lawan Avanza yang semi-ladder... Lawan sepadannya Honda Stream ... atau Honda Jade kalo skrg (penerusnya Stream).

Image

Minusnya di desain low-slung aja... dia pendek krn basisnya Civic... 1.800cc, reliable dan ASS dapet. Saingan sama Mazda5 juga. Tapi skemanya mirip kayak Mobilio yang juga desainnya low-slung krn based on Brio... vs Avanza.
Dogies wrote: Thu May 18, 2017 7:13 Klo menurut ane Honda Elysion (yg model lekukannya bulat bukan patah2 kayak model yg terbaru) lumayan bagus tuh desainnya. Di lokalkan pake pintu buka samping bukan geser... di kasih harga mirip2 ipah, fitur mirip2lah ato klo bisa lebih...
Elysion kelasnya Alphard oom... skrg digantiin all-new Odyssey RC1.
Yep tadinya ane kira setelah BR-V rilis 2016 awal honda bakal nyikat pasar MPV 300 jutaan dgn strategi mirip2 ama mobilio, pake jade. Menarik banget buat yg mau beli MPV 3 baris kelas innova tapi bosen sama innova. Kasih aja mesin R20 atau K20 (ngarep :mrgreen: ) kalau ragu masukin L15B7 detuned karena mesin2 tsb proven cukup badak di CR-V. Tapi kok kayaknya nggak ada kabar ya, padahal lumayan loh yg pengen mpv medium 3 row non-roti tawar tapi mulai bosen ama kijang (incl bapak ane, 10 tahun bok pake innova bensin), cuma apa boleh buat di kelas itu pilihannya cuma kijang innova :ungg:

Kijang memang tiada duanya. Mau di duain nggak ada alternatifnya :glodak:
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - updated !!!

Post by ChZ »

adrevolution wrote: Thu May 18, 2017 9:06
Yep tadinya ane kira setelah BR-V rilis 2016 awal honda bakal nyikat pasar MPV 300 jutaan dgn strategi mirip2 ama mobilio, pake jade. Menarik banget buat yg mau beli MPV 3 baris kelas innova tapi bosen sama innova. Kasih aja mesin R20 atau K20 (ngarep :mrgreen: ) kalau ragu masukin L15B7 detuned karena mesin2 tsb proven cukup badak di CR-V. Tapi kok kayaknya nggak ada kabar ya, padahal lumayan loh yg pengen mpv medium 3 row non-roti tawar tapi mulai bosen ama kijang (incl bapak ane, 10 tahun bok pake innova bensin), cuma apa boleh buat di kelas itu pilihannya cuma kijang innova :ungg:

Kijang memang tiada duanya. Mau di duain nggak ada alternatifnya :glodak:
Mungkin consideration Honda ga bikin MPV sekelas Innova karena takut nabrak kelasnya CR-V... karena Innova skrg juga udah sekelas CR-V masalah harga... :big_slap:

bikin CR-V versi MPV kok susah (CR-V versi MPV = Civic versi MPV karena 1 basis, Jade kayak Civic versi wagon aja soalnya)... karena CR-V sendiri udah kayak perpaduan sedan MPV SUV a.k.a softroader. sedangkan Innova dan Fortuner diferensiasinya lebih banyak.

Tapi kalo Honda berani masukin Jade itu keren sih... dan kalo bisa gerogotin Innova dikit-dikit kayak Mobilio.

Brand lain harusnya bisa... Mitsu bikin MPV sekelas Innova (Pajero Sport versi MPV)... mesin sama dengan ANPS...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: Data Penjualan Mobil - updated !!!

Post by Koddy »

Honda mah kalau mau kalahin Innova, masukin mesin dieselnya dulu.
CRV Diesel dan Mobilio Diesel dulu dah bawa kemari.

Sent from my K016 using Tapatalk

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Data Penjualan Mobil - updated !!!

Post by ChZ »

Koddy wrote: Thu May 18, 2017 9:35 Honda mah kalau mau kalahin Innova, masukin mesin dieselnya dulu.
CRV Diesel dan Mobilio Diesel dulu dah bawa kemari.

Sent from my K016 using Tapatalk
Avanza dijel udh ada? D kelas LMPV yg dijel cm ertiga... penjualannya bgs sih lebih dari target 10% penjualan ertiga... tp targetnya cuma 10% kan pertanyaan... brarti sijuki sendiri g yakin dijel ertiga bs laku keras. Krn kenyataan memang orang indo g demen dijel kok.

X-Trail Dijel? CX-5 Dijel?

Ntar deh tunggu EURO4 diterapin... kalo gak wacana...

Bkn perkara dijel ato ga... krn blom ada yg sebanding ama innova dari sisi fleksibilitas... adapun uda jadul panther... innova setau sy jg masih lakuan yg bensin... CMIIW.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7