Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by y_anjasrana »

klu liat body luarnya, h1 kyknya ga beda jauh dgn l300. bedanya diinterior saja. tinggal mw ga mitsu kluarin l300 versi mewah?
cmiiw
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by artoodetoo »

Image

Ini desainnya bisa dibilang blunder gak? :mky_07: :wkkk:
Saya ndak bisa nahan ketawa lihat mata genitnya
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by y_anjasrana »

klu muncul di film Cars, ga perlu edit muka lagi nihh... bisa lgsg muncul apa adanya....
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by andy1800 »

artoodetoo wrote:Image

Ini desainnya bisa dibilang blunder gak? :mky_07: :wkkk:
Saya ndak bisa nahan ketawa lihat mata genitnya
emangnya ini mobil produksi?
bukannya concept ya?
mirip concept nya Emerg-E ?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3688
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by sandal »

Angkat trit ini bangkit dari kubur



Anyway, kalo di Indo blunder2 strategi pabrikan otomotif setahu ane :

Suzuki Ertiga facelift -> masa yang facelift ABS + Tweeter malah hilang, tapi di varian Dreza (a.k.a RCZ versi norak) ABS ada lagi. Nggak tahu kalo Dreza ada tweeternya apa nggak :big_bored: Strategi marketing yang bisa dibilang aneh & tidak masuk akal.

Nissan Evalia -> ngga tahu kalo penjualan tahun 2015 Evalia kaya gimana :mky_04:


Ada yang bisa nambahkan? :mky_01:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by kunaskun »

yg masuk hall of fame 2015 si jelas:
1. Chevy dengan spin. pabrik baru jalan 2 tahun, udah stop, kaya ga diitung long termnya..
2. Nissan masih lanjutin matiin produk sendiri, setelah evalia, juke, sekarang dilanjutin livina...
3. suzuki nerusin adik seperguruannya, di saat lawan utamanya nambahin fitur, ini malah kurangin fitur..
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1601
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by dsign1990 »

Saya suka bingung sendiri kok bisa- bisanya mobil tampang aneh bisa lolos seleksi internal divisi desain sebelum step N100/1000 misalnya. Akhirnya banyak bentuk2 hancur macam chevy spin, lova taxi, odyssey 2015, wagonR, Tribeca, dlllll padahal saya yakin di benak orang2 tim tersebut pasti merasakan sesuatu yg tidak pas/proporsional/pantas padahal saya kira sisi teknis bisa berkompromi jika ingin membuat sesuatu yg lebih pas dan enak dilihat.
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by 3mul »

sandal wrote:Angkat trit ini bangkit dari kubur

.....
Nissan Evalia -> ngga tahu kalo penjualan tahun 2015 Evalia kaya gimana :mky_04:


Ada yang bisa nambahkan? :mky_01:
Batu makam emang bikin banyak blunder. GL andalan mereka sempat bermasalah diawal produksi. Sekarang reliabilitynya sudah jauh lebih baik tapi sayang ga banyak orang yg tau. Selain itu, mereka lama sekali meluncurkan FL dan kelasnya dipatok lebih tinggi dari kompetitor. Mereka juga ga pernah promosikan build quality yg lebih baik dari yg lain. Akibatnya orang keburu berpaling ke merek tetangga. Sementara itu produk LMPV mereka (epalia) terlambat 20 taun masuk sini alias ga sesuai dg ekspektasi pasar.
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by 3mul »

dsign1990 wrote:Saya suka bingung sendiri kok bisa- bisanya mobil tampang aneh bisa lolos seleksi internal divisi desain sebelum step N100/1000 misalnya. Akhirnya banyak bentuk2 hancur macam chevy spin, lova taxi, odyssey 2015, wagonR, Tribeca, dlllll padahal saya yakin di benak orang2 tim tersebut pasti merasakan sesuatu yg tidak pas/proporsional/pantas padahal saya kira sisi teknis bisa berkompromi jika ingin membuat sesuatu yg lebih pas dan enak dilihat.
imho, masalah desain itu relatif om, tergantung selera pasar. disini brand, harga spare part, bengkel kayaknya lebih berperan. kita lihat aja vios lama, ipah lama, nia/panjah gen 2, brio, fortie pre-FL, buat ane semua aneh atau biasa2 aja tapi tetep laku. bahkan wagon r, laku tuh di india.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by alvin23 »

kunaskun wrote:yg masuk hall of fame 2015 si jelas:
1. Chevy dengan spin. pabrik baru jalan 2 tahun, udah stop, kaya ga diitung long termnya..
2. Nissan masih lanjutin matiin produk sendiri, setelah evalia, juke, sekarang dilanjutin livina...
3. suzuki nerusin adik seperguruannya, di saat lawan utamanya nambahin fitur, ini malah kurangin fitur..
:wkkk: :wkkk: :wkkk:
Perguruan Indomobil
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3688
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by sandal »

alvin23 wrote:
kunaskun wrote:yg masuk hall of fame 2015 si jelas:
2. Nissan masih lanjutin matiin produk sendiri, setelah evalia, juke, sekarang dilanjutin livina...
3. suzuki nerusin adik seperguruannya, di saat lawan utamanya nambahin fitur, ini malah kurangin fitur..
:wkkk: :wkkk: :wkkk:
Perguruan Indomobil
Wkwkwkwkwkwkwwk Perguruan Indomobil

Indomobil, bikin jualan enggak niat bener :wkkk: :mky_03:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
mobilkutu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Wed Dec 16, 2015 2:27

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by mobilkutu »

dsign1990 wrote:Saya suka bingung sendiri kok bisa- bisanya mobil tampang aneh bisa lolos seleksi internal divisi desain sebelum step N100/1000 misalnya. Akhirnya banyak bentuk2 hancur macam chevy spin, lova taxi, odyssey 2015, wagonR, Tribeca, dlllll padahal saya yakin di benak orang2 tim tersebut pasti merasakan sesuatu yg tidak pas/proporsional/pantas padahal saya kira sisi teknis bisa berkompromi jika ingin membuat sesuatu yg lebih pas dan enak dilihat.
Spin activ ganteng gitu kok dikatain ancur, memang si selera subjektif. Tapi chevy spin activ apalagi putih tu ganteng hihi
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
Location: Jakarta

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by piggypig77 »

mobilkutu wrote:
dsign1990 wrote:Saya suka bingung sendiri kok bisa- bisanya mobil tampang aneh bisa lolos seleksi internal divisi desain sebelum step N100/1000 misalnya. Akhirnya banyak bentuk2 hancur macam chevy spin, lova taxi, odyssey 2015, wagonR, Tribeca, dlllll padahal saya yakin di benak orang2 tim tersebut pasti merasakan sesuatu yg tidak pas/proporsional/pantas padahal saya kira sisi teknis bisa berkompromi jika ingin membuat sesuatu yg lebih pas dan enak dilihat.
Spin activ ganteng gitu kok dikatain ancur, memang si selera subjektif. Tapi chevy spin activ apalagi putih tu ganteng hihi
Chevy Spin anehnya tuh fender roda depan kalo liat dari samping om,tapi spin activ mendingan sih masi ada gagah n gantengnya dibanding lawan2nya.
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
Location: Jakarta

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by piggypig77 »

Yg menurut saya blunder sih

1. Spin mesin dan suspensi dah oke eh konyolnya dikasi jok yang tingginya jadi serasa naik truk dan kerasnya amit2,gada auto power window,pengatur arah semburan ac,sempit,modelnya juga pas2an sayang bgt padahal basicnya udah bagus.
2. Captiva ini mobil bbrp taun lagi bisa meredup nih pasarnya kalo cuma facelift kecil doang,model udah mulai out of date
3. Ertiga mobil yang dulunya bagus mulai sekarang modelnya tambah aneh n bakal tambah aneh lagi
4. Fortuner D4d non VNT: mahal,minim fitur,lemot,berisik,limbung hadeh. kalo abis naik mobil ini pindah ke hatchback rasanya enak kenceng,stabil n hening
5. Etios Valco: mobil tahun 2015 cuma manual only,hellooww???
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by alexdonovan »

menurut saya blunder... Ford cabut dari Indo :p
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by alvin23 »

alexdonovan wrote:menurut saya blunder... Ford cabut dari Indo :p
yup , padahal dari sisi sales gak menyedihkan, cukup bagus buat ukuran "importir cbu"
kalau udah gini,nanti begitu masuk lagi siapa mau percaya?
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by Turboman »

Image

Image
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by alexdonovan »

Turboman wrote:Image

Image
Kasihan kalo dealernya yang dibakar Om. Itu Auto Kencana baru setahun lebih hidupin Ford Jaksel di Fatmawati. Yang Nusantara BSD juga baru 1 tahun. Investor lokal yang kena tipu ini...

Saya beneran pengen tahu gimana ceritanya importir CBU kayak FMI ini bisa rugi. Employee mereka cuma 35 lho...
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
nerrazuri
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Sun Sep 27, 2015 3:22

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by nerrazuri »

:wkkk: :wkkk: :wkkk: lucu2 nih comment nya.

kalau versi gw yg blunder :
1. etios ---> gada matic
2. rusther FL --> bolak balik ganti alis, maskara n bedak doang, bakal di hajar ama BRV
3. Ertiga ---> semua tau lah :mky_07:
4. Mobilio ---> interior ga banget sampai harus di FL 2016 (Atau ini honda sengaja kali ya bukan blunder) :big_chicken:
5. Grand Vitara ---> masih ada gak sih? kurang promo kayaknya :big_bored:
6, Evalia ---> model nya, selera sih :mky_01:
7. VX-1 ---> udah gak ada ya?
8. march 1.5 ---> kemahalan :big_bored:
9. celerio ---> gak tega ngomong nya :mky_03:
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by alexdonovan »

sekarang coba blunder untuk spesifik model

Grand Livina:
- ga ada lampu kabin di bagian depan. susah cari duit buat bayar toll kalau malam
- jumlah cup holder yang minimalis.
- interior OGL dan ANGL cuma beda warna... facelift ga niat

Ecosport:
- ga ada tempat gantungan tangan
- semua pintu bisa dibuka dari dalam (kecuali child lock active - in which case, pintu ga bisa dibuka dari dalam sama sekali)

Sent from my SM-G313HZ using Tapatalk
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by martinnn »

pesen tempat dulu :mky_08:




:big_cat: :big_cat: :big_cat: :big_cat: :big_cat: :big_cat:
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by martinnn »

alexdonovan wrote:sekarang coba blunder untuk spesifik model

Grand Livina:
- ga ada lampu kabin di bagian depan. susah cari duit buat bayar toll kalau malam
- jumlah cup holder yang minimalis.
- interior OGL dan ANGL cuma beda warna... facelift ga niat

Ecosport:
- ga ada tempat gantungan tangan
- semua pintu bisa dibuka dari dalam (kecuali child lock active - in which case, pintu ga bisa dibuka dari dalam sama sekali)

Sent from my SM-G313HZ using Tapatalk
maksudnya apa om bisa dibuka dari dalam......

semua pintu mobil ya bisa dibuka dari dalam donk :big_bored:
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by Koddy »

ANKI - selain ruang dalam jadi lebih sempit, harga overprice sekali... blunder berat itu
ANF - rem belakang masih tromol, padahal di Thailand cakram. Blunder berat, tidak memperhatikan aspek keamanan.
ANPS - woodpanel interior bikin jelek, plus sunat fitur kebanyakan dengan harga masih mahal

Sent from my K016 using Tapatalk
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by kunaskun »

martinnn wrote:
alexdonovan wrote:sekarang coba blunder untuk spesifik model

Grand Livina:
- ga ada lampu kabin di bagian depan. susah cari duit buat bayar toll kalau malam
- jumlah cup holder yang minimalis.
- interior OGL dan ANGL cuma beda warna... facelift ga niat

Ecosport:
- ga ada tempat gantungan tangan
- semua pintu bisa dibuka dari dalam (kecuali child lock active - in which case, pintu ga bisa dibuka dari dalam sama sekali)

Sent from my SM-G313HZ using Tapatalk
maksudnya apa om bisa dibuka dari dalam......

semua pintu mobil ya bisa dibuka dari dalam donk :big_bored:
maksudnya: central lock pun percuma karena active safety mobil eropa kan selain engaged child lock maka pintu mau di central lock pun tetep bisa dibuka langsung dari dalem. mirip mobil modern yang central lock engaged tapi sisi driver tinggal tarik tuas dari dalam maka pintu langsung kebuka, nah ini semua pintu dianggap driver, tujuannya biar kalau ada apa2 gampang keluar dari mobil, masalahnya di indo kebiasaan kan central lock engaged maka ga bisa buka semua pintu dari dalem kecuali disengage central lock atau unlock sendiri terus buka pintu sendiri dari dalem.
journeytohell
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 136
Joined: Mon Jan 05, 2009 13:43
Location: Jkt
Daily Vehicle: Anki Q_W221

Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif

Post by journeytohell »

alexdonovan wrote:sekarang coba blunder untuk spesifik model
Ecosport:
- ga ada tempat gantungan tangan
- semua pintu bisa dibuka dari dalam (kecuali child lock active - in which case, pintu ga bisa dibuka dari dalam sama sekali)

Sent from my SM-G313HZ using Tapatalk
Lah semua european bukannya begitu? Bmw, audi, vw, merc, porsche juga bisa buka dr dalem kan meskipun keadaan terkunci?