Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
klu liat body luarnya, h1 kyknya ga beda jauh dgn l300. bedanya diinterior saja. tinggal mw ga mitsu kluarin l300 versi mewah?
cmiiw
cmiiw
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
Ini desainnya bisa dibilang blunder gak?
Saya ndak bisa nahan ketawa lihat mata genitnya
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
klu muncul di film Cars, ga perlu edit muka lagi nihh... bisa lgsg muncul apa adanya....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
emangnya ini mobil produksi?artoodetoo wrote:
Ini desainnya bisa dibilang blunder gak?
Saya ndak bisa nahan ketawa lihat mata genitnya
bukannya concept ya?
mirip concept nya Emerg-E ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3688
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
Angkat trit ini bangkit dari kubur
Anyway, kalo di Indo blunder2 strategi pabrikan otomotif setahu ane :
Suzuki Ertiga facelift -> masa yang facelift ABS + Tweeter malah hilang, tapi di varian Dreza (a.k.a RCZ versi norak) ABS ada lagi. Nggak tahu kalo Dreza ada tweeternya apa nggak Strategi marketing yang bisa dibilang aneh & tidak masuk akal.
Nissan Evalia -> ngga tahu kalo penjualan tahun 2015 Evalia kaya gimana
Ada yang bisa nambahkan?
Anyway, kalo di Indo blunder2 strategi pabrikan otomotif setahu ane :
Suzuki Ertiga facelift -> masa yang facelift ABS + Tweeter malah hilang, tapi di varian Dreza (a.k.a RCZ versi norak) ABS ada lagi. Nggak tahu kalo Dreza ada tweeternya apa nggak Strategi marketing yang bisa dibilang aneh & tidak masuk akal.
Nissan Evalia -> ngga tahu kalo penjualan tahun 2015 Evalia kaya gimana
Ada yang bisa nambahkan?
2017 Ignis
2021 HRV SE Improvement
2021 HRV SE Improvement
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
yg masuk hall of fame 2015 si jelas:
1. Chevy dengan spin. pabrik baru jalan 2 tahun, udah stop, kaya ga diitung long termnya..
2. Nissan masih lanjutin matiin produk sendiri, setelah evalia, juke, sekarang dilanjutin livina...
3. suzuki nerusin adik seperguruannya, di saat lawan utamanya nambahin fitur, ini malah kurangin fitur..
1. Chevy dengan spin. pabrik baru jalan 2 tahun, udah stop, kaya ga diitung long termnya..
2. Nissan masih lanjutin matiin produk sendiri, setelah evalia, juke, sekarang dilanjutin livina...
3. suzuki nerusin adik seperguruannya, di saat lawan utamanya nambahin fitur, ini malah kurangin fitur..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1601
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
Saya suka bingung sendiri kok bisa- bisanya mobil tampang aneh bisa lolos seleksi internal divisi desain sebelum step N100/1000 misalnya. Akhirnya banyak bentuk2 hancur macam chevy spin, lova taxi, odyssey 2015, wagonR, Tribeca, dlllll padahal saya yakin di benak orang2 tim tersebut pasti merasakan sesuatu yg tidak pas/proporsional/pantas padahal saya kira sisi teknis bisa berkompromi jika ingin membuat sesuatu yg lebih pas dan enak dilihat.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 609
- Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
- Daily Vehicle: 205系電車
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
Batu makam emang bikin banyak blunder. GL andalan mereka sempat bermasalah diawal produksi. Sekarang reliabilitynya sudah jauh lebih baik tapi sayang ga banyak orang yg tau. Selain itu, mereka lama sekali meluncurkan FL dan kelasnya dipatok lebih tinggi dari kompetitor. Mereka juga ga pernah promosikan build quality yg lebih baik dari yg lain. Akibatnya orang keburu berpaling ke merek tetangga. Sementara itu produk LMPV mereka (epalia) terlambat 20 taun masuk sini alias ga sesuai dg ekspektasi pasar.sandal wrote:Angkat trit ini bangkit dari kubur
.....
Nissan Evalia -> ngga tahu kalo penjualan tahun 2015 Evalia kaya gimana
Ada yang bisa nambahkan?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 609
- Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
- Daily Vehicle: 205系電車
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
imho, masalah desain itu relatif om, tergantung selera pasar. disini brand, harga spare part, bengkel kayaknya lebih berperan. kita lihat aja vios lama, ipah lama, nia/panjah gen 2, brio, fortie pre-FL, buat ane semua aneh atau biasa2 aja tapi tetep laku. bahkan wagon r, laku tuh di india.dsign1990 wrote:Saya suka bingung sendiri kok bisa- bisanya mobil tampang aneh bisa lolos seleksi internal divisi desain sebelum step N100/1000 misalnya. Akhirnya banyak bentuk2 hancur macam chevy spin, lova taxi, odyssey 2015, wagonR, Tribeca, dlllll padahal saya yakin di benak orang2 tim tersebut pasti merasakan sesuatu yg tidak pas/proporsional/pantas padahal saya kira sisi teknis bisa berkompromi jika ingin membuat sesuatu yg lebih pas dan enak dilihat.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1958
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
kunaskun wrote:yg masuk hall of fame 2015 si jelas:
1. Chevy dengan spin. pabrik baru jalan 2 tahun, udah stop, kaya ga diitung long termnya..
2. Nissan masih lanjutin matiin produk sendiri, setelah evalia, juke, sekarang dilanjutin livina...
3. suzuki nerusin adik seperguruannya, di saat lawan utamanya nambahin fitur, ini malah kurangin fitur..
Perguruan Indomobil
Rocky R ADS CVT 2021
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3688
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
Wkwkwkwkwkwkwwk Perguruan Indomobilalvin23 wrote:kunaskun wrote:yg masuk hall of fame 2015 si jelas:
2. Nissan masih lanjutin matiin produk sendiri, setelah evalia, juke, sekarang dilanjutin livina...
3. suzuki nerusin adik seperguruannya, di saat lawan utamanya nambahin fitur, ini malah kurangin fitur..
Perguruan Indomobil
Indomobil, bikin jualan enggak niat bener
2017 Ignis
2021 HRV SE Improvement
2021 HRV SE Improvement
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 408
- Joined: Wed Dec 16, 2015 2:27
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
Spin activ ganteng gitu kok dikatain ancur, memang si selera subjektif. Tapi chevy spin activ apalagi putih tu ganteng hihidsign1990 wrote:Saya suka bingung sendiri kok bisa- bisanya mobil tampang aneh bisa lolos seleksi internal divisi desain sebelum step N100/1000 misalnya. Akhirnya banyak bentuk2 hancur macam chevy spin, lova taxi, odyssey 2015, wagonR, Tribeca, dlllll padahal saya yakin di benak orang2 tim tersebut pasti merasakan sesuatu yg tidak pas/proporsional/pantas padahal saya kira sisi teknis bisa berkompromi jika ingin membuat sesuatu yg lebih pas dan enak dilihat.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 634
- Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
- Location: Jakarta
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
Chevy Spin anehnya tuh fender roda depan kalo liat dari samping om,tapi spin activ mendingan sih masi ada gagah n gantengnya dibanding lawan2nya.mobilkutu wrote:Spin activ ganteng gitu kok dikatain ancur, memang si selera subjektif. Tapi chevy spin activ apalagi putih tu ganteng hihidsign1990 wrote:Saya suka bingung sendiri kok bisa- bisanya mobil tampang aneh bisa lolos seleksi internal divisi desain sebelum step N100/1000 misalnya. Akhirnya banyak bentuk2 hancur macam chevy spin, lova taxi, odyssey 2015, wagonR, Tribeca, dlllll padahal saya yakin di benak orang2 tim tersebut pasti merasakan sesuatu yg tidak pas/proporsional/pantas padahal saya kira sisi teknis bisa berkompromi jika ingin membuat sesuatu yg lebih pas dan enak dilihat.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 634
- Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
- Location: Jakarta
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
Yg menurut saya blunder sih
1. Spin mesin dan suspensi dah oke eh konyolnya dikasi jok yang tingginya jadi serasa naik truk dan kerasnya amit2,gada auto power window,pengatur arah semburan ac,sempit,modelnya juga pas2an sayang bgt padahal basicnya udah bagus.
2. Captiva ini mobil bbrp taun lagi bisa meredup nih pasarnya kalo cuma facelift kecil doang,model udah mulai out of date
3. Ertiga mobil yang dulunya bagus mulai sekarang modelnya tambah aneh n bakal tambah aneh lagi
4. Fortuner D4d non VNT: mahal,minim fitur,lemot,berisik,limbung hadeh. kalo abis naik mobil ini pindah ke hatchback rasanya enak kenceng,stabil n hening
5. Etios Valco: mobil tahun 2015 cuma manual only,hellooww???
1. Spin mesin dan suspensi dah oke eh konyolnya dikasi jok yang tingginya jadi serasa naik truk dan kerasnya amit2,gada auto power window,pengatur arah semburan ac,sempit,modelnya juga pas2an sayang bgt padahal basicnya udah bagus.
2. Captiva ini mobil bbrp taun lagi bisa meredup nih pasarnya kalo cuma facelift kecil doang,model udah mulai out of date
3. Ertiga mobil yang dulunya bagus mulai sekarang modelnya tambah aneh n bakal tambah aneh lagi
4. Fortuner D4d non VNT: mahal,minim fitur,lemot,berisik,limbung hadeh. kalo abis naik mobil ini pindah ke hatchback rasanya enak kenceng,stabil n hening
5. Etios Valco: mobil tahun 2015 cuma manual only,hellooww???
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 610
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
menurut saya blunder... Ford cabut dari Indo :p
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1958
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
yup , padahal dari sisi sales gak menyedihkan, cukup bagus buat ukuran "importir cbu"alexdonovan wrote:menurut saya blunder... Ford cabut dari Indo :p
kalau udah gini,nanti begitu masuk lagi siapa mau percaya?
Rocky R ADS CVT 2021
-
- SM Specialist
- Posts: 21985
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 610
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
Kasihan kalo dealernya yang dibakar Om. Itu Auto Kencana baru setahun lebih hidupin Ford Jaksel di Fatmawati. Yang Nusantara BSD juga baru 1 tahun. Investor lokal yang kena tipu ini...Turboman wrote:
Saya beneran pengen tahu gimana ceritanya importir CBU kayak FMI ini bisa rugi. Employee mereka cuma 35 lho...
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Sep 27, 2015 3:22
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
lucu2 nih comment nya.
kalau versi gw yg blunder :
1. etios ---> gada matic
2. rusther FL --> bolak balik ganti alis, maskara n bedak doang, bakal di hajar ama BRV
3. Ertiga ---> semua tau lah
4. Mobilio ---> interior ga banget sampai harus di FL 2016 (Atau ini honda sengaja kali ya bukan blunder)
5. Grand Vitara ---> masih ada gak sih? kurang promo kayaknya
6, Evalia ---> model nya, selera sih
7. VX-1 ---> udah gak ada ya?
8. march 1.5 ---> kemahalan
9. celerio ---> gak tega ngomong nya
kalau versi gw yg blunder :
1. etios ---> gada matic
2. rusther FL --> bolak balik ganti alis, maskara n bedak doang, bakal di hajar ama BRV
3. Ertiga ---> semua tau lah
4. Mobilio ---> interior ga banget sampai harus di FL 2016 (Atau ini honda sengaja kali ya bukan blunder)
5. Grand Vitara ---> masih ada gak sih? kurang promo kayaknya
6, Evalia ---> model nya, selera sih
7. VX-1 ---> udah gak ada ya?
8. march 1.5 ---> kemahalan
9. celerio ---> gak tega ngomong nya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 610
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
sekarang coba blunder untuk spesifik model
Grand Livina:
- ga ada lampu kabin di bagian depan. susah cari duit buat bayar toll kalau malam
- jumlah cup holder yang minimalis.
- interior OGL dan ANGL cuma beda warna... facelift ga niat
Ecosport:
- ga ada tempat gantungan tangan
- semua pintu bisa dibuka dari dalam (kecuali child lock active - in which case, pintu ga bisa dibuka dari dalam sama sekali)
Sent from my SM-G313HZ using Tapatalk
Grand Livina:
- ga ada lampu kabin di bagian depan. susah cari duit buat bayar toll kalau malam
- jumlah cup holder yang minimalis.
- interior OGL dan ANGL cuma beda warna... facelift ga niat
Ecosport:
- ga ada tempat gantungan tangan
- semua pintu bisa dibuka dari dalam (kecuali child lock active - in which case, pintu ga bisa dibuka dari dalam sama sekali)
Sent from my SM-G313HZ using Tapatalk
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2898
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
pesen tempat dulu
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2898
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
maksudnya apa om bisa dibuka dari dalam......alexdonovan wrote:sekarang coba blunder untuk spesifik model
Grand Livina:
- ga ada lampu kabin di bagian depan. susah cari duit buat bayar toll kalau malam
- jumlah cup holder yang minimalis.
- interior OGL dan ANGL cuma beda warna... facelift ga niat
Ecosport:
- ga ada tempat gantungan tangan
- semua pintu bisa dibuka dari dalam (kecuali child lock active - in which case, pintu ga bisa dibuka dari dalam sama sekali)
Sent from my SM-G313HZ using Tapatalk
semua pintu mobil ya bisa dibuka dari dalam donk
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 729
- Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
- Location: Semarang
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
ANKI - selain ruang dalam jadi lebih sempit, harga overprice sekali... blunder berat itu
ANF - rem belakang masih tromol, padahal di Thailand cakram. Blunder berat, tidak memperhatikan aspek keamanan.
ANPS - woodpanel interior bikin jelek, plus sunat fitur kebanyakan dengan harga masih mahal
Sent from my K016 using Tapatalk
ANF - rem belakang masih tromol, padahal di Thailand cakram. Blunder berat, tidak memperhatikan aspek keamanan.
ANPS - woodpanel interior bikin jelek, plus sunat fitur kebanyakan dengan harga masih mahal
Sent from my K016 using Tapatalk
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
maksudnya: central lock pun percuma karena active safety mobil eropa kan selain engaged child lock maka pintu mau di central lock pun tetep bisa dibuka langsung dari dalem. mirip mobil modern yang central lock engaged tapi sisi driver tinggal tarik tuas dari dalam maka pintu langsung kebuka, nah ini semua pintu dianggap driver, tujuannya biar kalau ada apa2 gampang keluar dari mobil, masalahnya di indo kebiasaan kan central lock engaged maka ga bisa buka semua pintu dari dalem kecuali disengage central lock atau unlock sendiri terus buka pintu sendiri dari dalem.martinnn wrote:maksudnya apa om bisa dibuka dari dalam......alexdonovan wrote:sekarang coba blunder untuk spesifik model
Grand Livina:
- ga ada lampu kabin di bagian depan. susah cari duit buat bayar toll kalau malam
- jumlah cup holder yang minimalis.
- interior OGL dan ANGL cuma beda warna... facelift ga niat
Ecosport:
- ga ada tempat gantungan tangan
- semua pintu bisa dibuka dari dalam (kecuali child lock active - in which case, pintu ga bisa dibuka dari dalam sama sekali)
Sent from my SM-G313HZ using Tapatalk
semua pintu mobil ya bisa dibuka dari dalam donk
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 136
- Joined: Mon Jan 05, 2009 13:43
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: Anki Q_W221
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
Lah semua european bukannya begitu? Bmw, audi, vw, merc, porsche juga bisa buka dr dalem kan meskipun keadaan terkunci?alexdonovan wrote:sekarang coba blunder untuk spesifik model
Ecosport:
- ga ada tempat gantungan tangan
- semua pintu bisa dibuka dari dalam (kecuali child lock active - in which case, pintu ga bisa dibuka dari dalam sama sekali)
Sent from my SM-G313HZ using Tapatalk