Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
terakhir isi Dex di Jombang 3-4 bulan lalu, harga masih sekitar Rp.11.000,-/L
lumayan juga turunnya akhir-akhir ini
saatnya minum dex lagi
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
dgn analogi yang sama maka dex kl disimpan lama karena gak laku speknya turun jd seperti solar gitu ? ato mungkin total ganti spek tapi hak ganti harga
kok sepertinya gak mungkin bbm disimpan dlm jangka waktu tertentu trus speknya turun. ato mungkin saya yg gak ngerti nisa tolonh dijelaskan ?
setia kepada solar subsidi drpd semua dimakan koruptor mendingan ikut makan subsidi
boleh usul om TM ? kalok om TM ada waktu, sebaiknya diadakan test penggunaan biodiesel + berbagai merk aditif utk solar, dalam hal :
- banyaknya jelaga & bau masam dari knalpot
- getaran mesin
- akselerasi (dari kondisi mobil diam lalu pada rpm brapa mobil mulai bergerak maju, dan dari 0 - 402m brapa detik/kpj)
- FC (km per liter)
- harga dan dosis/takaran
- (kalok memungkinkan) sekalian kandungan sulphur dll
supaya jelas produk mana yg paling direkomen
Last edited by JESKONENG on Wed Jul 04, 2012 12:43, edited 1 time in total.
Norival Fuel Enhancer Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
tolong buatkan juga list aditif diesel tp di ranking berdasarkan performa. belinya bisa di mana harga berapa dan dpt ukuran brapa ml. tolong omm lg nyari substitusi ni... di ace hardware mulai seret pasokan saya..
Ya ampun, itu PertaDex Cetane Number nya cuma 48.5? Jauh di bawah spesifikasi yang dibilang Pertamina, yakni 53. Jadi urung niat untuk mengisi PertaDex. Mahal pula di sini harganya, 161.000/10 liter untuk pengisian pertama, kedua dan seterusnya 145.000/10 liter.
Om Turboman, apakah ini artikel dari majalah AutoBild Indonesia yang terbaru?
Saya sangat kurang paham akan teknis dari spek bahan bakar, cuma mustinya sulphur content harusnya serendah mungkin yah? Saya aware-nya sulphur content itu dalam unit ppm, apakah dari persentase bisa diubah ke ppm? Kalau bisa, gimana caranya yah? Maksudnya, saya ingin tahu kalau Shell Diesel atau PertaDex itu sulphur content-nya berapa ppm, gitu...
menurut ane hasil tes diatas sulit dijadikan acuan karrna kualitas solar masih ga stabil di tiap merek. rasanya kalo autobild mau ngetes di kota berbeda trrbuka sekali kemungkinan mendapat hasil yg berbeda pula.
dieselkiki wrote:
kalo standar euro 3 4 5 kadar sulfurnya berapa ?
Euro :
3 = 350 ppm
4 = 50 ppm
5 = 10 ppm
Standard konversi
0,1% = 1000 ppm
0,01% = 100 ppm
mengenai Biosolar :
Yah memang dangdut lah, antar SPBU di Jkt aja bisa beda2......Biosolar d best yg ane pernah temui ya di SPBU 31 - Permata Ijo, beningnya dah kayak DEX dan busa sedikit
SPBU 31 Daan Mogot / 34 Bimoli Pluit / 34 Latumeten dekat Borobudur = lumayan oke juga
Yuk kita saling sharing SPBU yg Biosolarnya oke
Dimanaa....dimana...dimanaaa........kuharusss mencari biosolarrr (yg oke)........
Kalo gitu, ngga perlu lah ane bermimpi punya mesin diesel canggih sekarang, kalo tetep aja mabok diminumin solar disini...
Heran.. ATPM nya keburu napsu amat sih ya masukin mesin diesel canggih, berlagak macam Indonesya ini dah macam Luar Negeri aja kali yak..
Ah 2KD ane dah 6 taun jalan 120 rb Km masih sgt sehat walafiat tuh
Malah konon di Sumatra bayak D4 D yg udah jalan 500.000 Km masih still going on walau suara mesin dah kayak Diesel jadoel
D4 D tuh yaaa.......yg KO duluan bukan Injector-nya, biasanya kalo dah 5 tahunan tuh yg KO :
- Water pump
- Bearing tensioner, jika pernah lewatin banjir
Coba deh bikin statistik kerusakan D4 D dalam 5 tahun lebih banyak mana yg ngalamin Injector rusak vs water pump diganti
4D56 Di-D dan ord TDCi 2.5 juga fine2 aja.......selama Pressure CRD masih 1500 Bar or below mah lebih flexible minum solar jelek.
Kalo dah 1600 Bar or above ya kasih racun aza.......khan Ipah D4 D yg udah pada pakai Piggyback yg maen FRP itu Pressure Maximum CRD-nya sebetulnya naik jadi 1500 - 1600 Bar or bahkan bisa lebih dr 1800 Bar jika diukur scr riil, toh aman2 aja biar dah tahunan
Yang saya komplain disini bukan mesin rusak karena solar busuk. Tapi paru-paru rusak karena partikulat, emisi NOx, dan sulfur. Modif tutup EGR meningkatkan emisi.
Kalau dipakai di kebun sawit saya sih masih maklum. Lha berapa ekor jumlah kendaraan di kebun sawit. Tapi kalau di jakarta ya jelas saya komplain habis-habisan. Karena PS sedang drop off penumpang di lobby rumah sakit PREMIER tapi baunya nggak beda dengan panther tahun 96. Saya bandingkan vs busway BBG, PS itu (dan diesel mewah lain) jauh lebih bersih busway emisinya. Jadi jelas kan siapa yang harus malu pakai solar busuk.
Kalau mesin diesel moderen yang bersih wajib minum Pertades sebagai solar terbersih.
Kalau Om turbo disini kasih saran tutup egr dsb, maka secara ETIKA harus ada catatan bahwa hal tersebut melanggar emisi yang ditetapkan undang-undang.
Kalo gitu, ngga perlu lah ane bermimpi punya mesin diesel canggih sekarang, kalo tetep aja mabok diminumin solar disini...
Heran.. ATPM nya keburu napsu amat sih ya masukin mesin diesel canggih, berlagak macam Indonesya ini dah macam Luar Negeri aja kali yak..
Ah 2KD ane dah 6 taun jalan 120 rb Km masih sgt sehat walafiat tuh
Malah konon di Sumatra bayak D4 D yg udah jalan 500.000 Km masih still going on walau suara mesin dah kayak Diesel jadoel
D4 D tuh yaaa.......yg KO duluan bukan Injector-nya, biasanya kalo dah 5 tahunan tuh yg KO :
- Water pump
- Bearing tensioner, jika pernah lewatin banjir
Coba deh bikin statistik kerusakan D4 D dalam 5 tahun lebih banyak mana yg ngalamin Injector rusak vs water pump diganti
4D56 Di-D dan ord TDCi 2.5 juga fine2 aja.......selama Pressure CRD masih 1500 Bar or below mah lebih flexible minum solar jelek.
Kalo dah 1600 Bar or above ya kasih racun aza.......khan Ipah D4 D yg udah pada pakai Piggyback yg maen FRP itu Pressure Maximum CRD-nya sebetulnya naik jadi 1500 - 1600 Bar or bahkan bisa lebih dr 1800 Bar jika diukur scr riil, toh aman2 aja biar dah tahunan
kalau begitu, kenapa pada ketakutan kalo minum biosolar?
Rasanya, Captiva Diesel mantan bos dulu, juga minum biosolar melulu...?
Kenapa jadi pada merasa harus kudu minum solar lux?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
tp coba perhatikan, Diesel keluaran baru itu dari awal sudah terkena peraturan emisi EURO II.
Sementara kopaja itu mobil 10-20 tahun yang lalu yang belum kena peraturan EURO II.
nilai emisi untuk truk dan bus itu beda dengan sedan/mpv/mobil kecil.
Jadi kalau PS/Captiva/fortuner ngebul dan NOx tinggi ...jelas harus lebih malu.
Last edited by ilhami on Thu Jul 05, 2012 5:35, edited 2 times in total.
imo rakyat indonesia sudah terbiasa dimanja dengan bbm subsidi. padahal kebanyakan atau semua spek2 mobil baru gak ada yg sesuai dengan spek bbm subsidi. atpm juga serba salah mau masukkin mobil baru tp mesti mikir2 dan akal2in supaya tahan minum bbm subsidi..bbm non subsidi pun penyebarannya belum merata..mending premium & solar dihapus deh, ganti bbm subsidi jenis laen yg lbh baik dengan harga lebih mahal...oh my country oh my country