Page 1 of 14

Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Tue Jun 28, 2011 12:26
by BADAK
Perkenankan nubie membuka tret baru, karena sangat ingin mengetahui info2 dlm dunia otomotif..
Kebanyakan didalam forum otomotif membahas fluida semacam oli mesin, oli ATF, radiator coolant, etc.
Sedangkan minyak rem jarang dibahas karena minyak rem sendiri umurnya sangat panjang & tidak begitu terasa perbedaan antara yg satu dgn yg lainnya. Padahal disadari atau tidak, minyak rem juga merupakan fluida penting dalam sistem rem mobil.
Walaupun harganya murah, tapi minyak rem memiliki fungsi yg sangat vital, bahkan lebih vital drpd oli mesin.
Minyak rem sendiri dibagi berdasarkan kandungan (glycol-based / silicone-based) dan standard DOT (Departement Of Transportation USA). Dan saat ini banyak sekali produsen oli yg juga ikut2an memproduksi minyak rem, baik itu DOT3 ataupun DOT4.
Yang nubie ingin tanyakan;
1. Apakah tidak ada standard khusus mengenai kualitas minyak rem? Sebagai perbandingan pada oli ada stadard API service dan JASO.
2. Bagaimanakah ciri2 minyak rem yg bagus, apakah bisa dilihat dr kekentalan dan warnanya saja?
Mungkin master2 disini bisa menjelaskan perbedaan2 antara minyak rem yg berkualitas tinggi dgn minyak rem yg kualitasnya rendah. Karena saya heran jg, ada minyak rem seharga 10rb, tp ada juga minyak rem dr produsen oli terkenal seharga 50rb ke atas..
:thanks:

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Tue Jun 28, 2011 13:51
by imsus2c
belom bisa kasih komen...
cuman sharing aja, sekarang pakai minyak rem conoco, sudah setahun lebih dan waktunya kuras:
Image
Image
mungkin ada yg pake barang se-merk?

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Tue Jun 28, 2011 18:25
by doq
menarik!!
betul sekali oom badak, walaupun mempunyai peran yg sangat vital, namun di lapangan masih merupakan barang yg kurang diperhatikan..........
sy juga sama, klo utk oli mesin sudah memiliki merk2 dan spek tertentu utk dijadikan pegangan dalam memilih, lain hal nya dengan minyak rem (selain DOT nya aja), terus terang saya sendiri juga sdh lupa terakhir pakai minyak rem merk apa :oops: :ungg:

hal2 yg diketahui sehubungan minyak rem jg tdk terlalu banyak pembahasan nya, di bandingkan misal nya tentang oli mesin. Hampir mirip dengan oli power steering.

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Tue Jun 28, 2011 23:42
by m4rio
kalo ane selami ini pake patokan DOT aja, yang ane pake itu DOT 3 Merek Shell.

selain DOT 3 yang ane tau ada juga DOT 4. yang dimana perbedaannya hanyalah pada ketahanan panas minyak rem itu sendiri.

CMIIW

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Wed Jun 29, 2011 0:11
by ak4ng
sy mah pake minyak rem toyota............ ga tau merk apaan........

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Wed Jun 29, 2011 0:24
by BADAK
Sebenernya yg saya ingin tau lebih drpd merk itu sendiri. Tapi perbedaan & spec drpd merk2 yg beredar dipasaran. Selama ini dipasaran minyak rem didominasi merk Prest*n*, tanpa kita tahu keunggulan & kandungan didalamnya. Sementara itu dipasaran semakin banyak dibanjiri merk2 baru dgn harga & kualitas unknown. Bisa dipastikan produsen oli sekarang jg msmbuat minyak rem.
Susahnya, tidak ada standard baku mengenai kualitas minyak rem yg tercantum dikemasan & apa aja kandungannya. Akhirnya muncul berbagai macam merk & harga minyak rem dipasaran.
Mungkin rekan2 yg mengerti hal teknisnya bisa dishare, krn hal ini cukup berguna drpd saling meledek antar member :D

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Wed Jun 29, 2011 0:28
by m4rio
wuahhh kalo bicara kandungan minyak rem mah ane gk faham.

kalo kandungan ............ hmmmm.. :e-think: :e-think:

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Wed Jun 29, 2011 12:34
by Turboman
AFAIK
Standard di minyak rem so far yah DOT, ada 3 / 4 / 5 / 5.1

Umumnya minyak rem terbuat dr bahan Glycol
http://en.wikipedia.org/wiki/Brake_fluid

DOT 3 / 4 / 5.1 umumnya terbuat dr senyawa Glycol sedang DOT 5 banyak yg terbuat dari senyawa Silicone (DOT 5 umumnya utk race purpose)

Percobaan oweh selama ini DOT 4 aman utk banyak mobil, DOT 5.1 pernah coba di panther LS AT selama hampir 5 tahun juga aman.

DOT makin tinggi = boiling point makin tinggi, tapi sifatnya higroskopis-nya juga umumnya makin besar.

Minyak rem di pasaran banyak merek, kalo di rumah mobil2 ane standarin pake Shell DOT-4, including ToKiDies en Katana tuwir ane.

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Wed Jun 29, 2011 13:39
by DOHC
om turbo... mau nanya donk... kan mobil2 skrg biasanya utk minyak kopling dan minyak rem jadi satu reservoir tuh... nah kira2 ada perbedaan ga kalo pake dot 3 atau 4 gt...

dan sdikit oot neh om.. kalo ane mau kuras minyak kopling ipah, dmana yahh.. scara kalo kuras minyak rem.. kayanya yg bagian jalur pipa yg kopling kaga kena terkuras jg tuh...

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Thu Jun 30, 2011 1:40
by Andrian
@om turboman : om, kalo DOT 2 gimana om?
di motor kalo gak salah pake yg DOT 2 / DOT 3 ya?

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Thu Jun 30, 2011 1:56
by BADAK
@Andrian: Standard DOT cmn mengukur titik didih dr minyak rem bro. Aku blm pernah tau kl DOT2. Yg umum dipake DOT3, kemudian DOT4 di racing, dan 5.1 di mbl dgn sistem ABS+EBD.

Yg kita tidak ketahui adalah spec kualitas masing2 merk, knapa ada yg seharga 10rb tp ada jg yg seharga 50rb. Kalo cmn berdasarkan DOT mestinya gak ada bedanya antara minyak rem hrg murah dgn yg mahal..

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Thu Jun 30, 2011 2:07
by maskopat
Turboman wrote:AFAIK
Standard di minyak rem so far yah DOT, ada 3 / 4 / 5 / 5.1

Umumnya minyak rem terbuat dr bahan Glycol
http://en.wikipedia.org/wiki/Brake_fluid

DOT 3 / 4 / 5.1 umumnya terbuat dr senyawa Glycol sedang DOT 5 banyak yg terbuat dari senyawa Silicone (DOT 5 umumnya utk race purpose)

Percobaan oweh selama ini DOT 4 aman utk banyak mobil, DOT 5.1 pernah coba di panther LS AT selama hampir 5 tahun juga aman.

DOT makin tinggi = boiling point makin tinggi, tapi sifatnya higroskopis-nya juga umumnya makin besar.

Minyak rem di pasaran banyak merek, kalo di rumah mobil2 ane standarin pake Shell DOT-4, including ToKiDies en Katana tuwir ane.
higroskopis itu apaan ya? :e-think:

ane sih selama ini pake DOT3 untuk SL... pake merk sieken putih...
nah satu lagi, bedanya warna merah dan putih apaan ya? dicampur merah dan putih boleh kah? :e-think:
:thanks:

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Thu Jun 30, 2011 2:07
by Andrian
@badak : maksudny makin tinggi DOT makin gimana bro? ane beneran blom paham nih. :ungg:

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Thu Jun 30, 2011 2:28
by BADAK
@pak kopat: Kalo gak salah higroskopis itu daya serap air, yg mana jd kelemahan minyak rem. Merah & putih gak boleh dicampur om, kl dicampur pst jebol karet rem nya. CMIIW.

@Andrian: makin tinggi DOT makin tinggi titik didihnya. Jadi lebih tahan thd kerja rem yg berat. CMIIW lg..

Ini gw yg pgn tanya koq mlh jd yg jawab ya :e-doh:

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Thu Jun 30, 2011 2:40
by Turboman
Kalo ane sih beli minyak rem dari trusted producer aja dah......

So far yg ane pernah pake :
- Shell DOT 4 (sampe skg), terbukti ramah thd karet2
- Igol / Motul DOT 5.1 di Panther LS AT dulu, juga ramah thd karet2.

Kalo buat minyak kopling di ToKiDies ane pake Shell DOT 3, dimana gak butuh performa khusus.

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Thu Jun 30, 2011 4:34
by maskopat
benerin kalo ane salah... DOT4 lebih ramah terhadap karet ya?
ane pernah pengen coba DOT4, tapi montir ngelarang, karena katanya terlalu keras dan bikin karet2 jebol...
jadi DOT4 di SL tua ane gak masalah? :e-think:

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Thu Jun 30, 2011 4:52
by Turboman
maskopat wrote:benerin kalo ane salah... DOT4 lebih ramah terhadap karet ya?
ane pernah pengen coba DOT4, tapi montir ngelarang, karena katanya terlalu keras dan bikin karet2 jebol...
jadi DOT4 di SL tua ane gak masalah? :e-think:
DOT 3 lebih ramah

Tergantung situasi, jika karet2 sistem rem baru diganti semua (yg di booster / seal piston caliper) monggo pake DOT 4, tapi jika karet2 dah belasan tahun pake DOT 3 better tetep DOT 3.

Katana 97 saya sih pake DOT 4 so far aman2 aja.

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Thu Jun 30, 2011 6:25
by Andrian
minyak rem buat mobil gak apa2 kan dipeke ke motor (sama2 DOT 3)?

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Thu Jun 30, 2011 8:23
by maskopat
Turboman wrote:
maskopat wrote:benerin kalo ane salah... DOT4 lebih ramah terhadap karet ya?
ane pernah pengen coba DOT4, tapi montir ngelarang, karena katanya terlalu keras dan bikin karet2 jebol...
jadi DOT4 di SL tua ane gak masalah? :e-think:
DOT 3 lebih ramah

Tergantung situasi, jika karet2 sistem rem baru diganti semua (yg di booster / seal piston caliper) monggo pake DOT 4, tapi jika karet2 dah belasan tahun pake DOT 3 better tetep DOT 3.

Katana 97 saya sih pake DOT 4 so far aman2 aja.
terima kasih om turbo untuk penjelasannya... sangat bermanfaat.
jadi untuk SL ane, ane akan tetap ke DOT3 aja dulu...

nah, kalo warna, bedanya merah dan putih apa ya? katanya sama aja? :e-think:

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Mon Feb 13, 2012 6:27
by andy1800
hari gini dmana pabrikan mobil umumnya jg udah ngeluarin/ngelabelin produk2 minyak dan oli....

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Wed Feb 15, 2012 5:22
by y_anjasrana
terakhir ganti bbrp bulan yg lalu, itu jg sekalian ganti master rem. pakai yg warna bening. tp merknya lupa, prestone dot 3 kalu ga salah. tp efeknya ga jelas juga, soalnya barengan dgn ganti master rem. jd pastinya jelas lebih baik dibanding sebelumnya.

:mky_01:

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Mon Feb 09, 2015 18:47
by poorboys
diatas ada dibahas DOT 4 sifatnya higroskopis, klo daya serap airnya tinggi efeknya gimana oom?

minyak rem ini baiknya diganti setiap berapa lama?

dan apa beda minyak rem dan minyak kopling?

thx

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Tue Feb 10, 2015 1:08
by marmut
poorboys wrote:diatas ada dibahas DOT 4 sifatnya higroskopis, klo daya serap airnya tinggi efeknya gimana oom?

minyak rem ini baiknya diganti setiap berapa lama?

dan apa beda minyak rem dan minyak kopling?

thx
ganti minyak rem disarankan 1 tahun sekali.
minyak rem dan minyak kopling sama aja cairannya. tapi tabung reservoir-nya ada yang terpisah dan ada juga yang menyatu.

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Tue Feb 10, 2015 6:12
by b8099ok
Ane pake castrol dot 4 warna bening,... Biar tabung minyak rem kaga jorok (klo pake warna merah/biru, suka nempel pewarnanya).

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Posted: Tue Feb 10, 2015 8:00
by poorboys
marmut wrote: ganti minyak rem disarankan 1 tahun sekali.
minyak rem dan minyak kopling sama aja cairannya. tapi tabung reservoir-nya ada yang terpisah dan ada juga yang menyatu.
mobil saya sudah 4th lebih belum pernah diganti dari pabrik, berarti sangat terlambat ya oom. :big_childish:
klo bawaan mobil biasa menggunakan minyak DOT berapa oom marmut?
semisal DOT3 apakah sebaiknya tetap atau ganti DOT4?
b8099ok wrote:Ane pake castrol dot 4 warna bening,... Biar tabung minyak rem kaga jorok (klo pake warna merah/biru, suka nempel pewarnanya).
bening jadi terlihat lebih bersih ya oom, baru tau klo pewarnanya bisa nempel :big_slap:
efek higroskopis DOT4 yang oom rasakan bagaimana? apa harus lebih sering diganti?