Tolong bantuannya dunk...........

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Post by aspsilver »

To Bung Digitall

terima kasih kalo pendapat saya dianggap baik.

to trungtung

mobil 88 ada di arteri TB Simatupang Sebelum RS Fatmawati dari arah Depok.
tapi ada juga di Klp Gading, Kali Malang, Tebet, dsb. ada banyak deh outletnya. lihat2 aja.

kalo divisi mobil bekas Peugeot, lihat koran aja deh diiklan baris kadang mereka pasang iklan juga. atau kalo gak salah dihalaman kuning juga ada.

tapi saran saya jangan terpaku pada 1 merk mobil. coba dulu beberapa agar tidak menyesal kemudian. kalo gak jadi beli kan paling tidak ada pengalaman coba yang lain.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Post by aspsilver »

to Bung Digitall

emang sih MB emang timeless dan keren.

kalo tua jadi antik lagi. so gak pernah jelek.

cuma C-Class coupe aja yang duh jelek banget, koq bisa sih bikin model kayak gitu. bagasinya itu lho.

tetapi selain keren. it is easy to maintain dan it is not that expensive. compared to the price of the car.

dan karena kerennya itu naik C-class 94 atau E-class 90 ke mall atau ke hotel kamu akan lebih dianggap sama petugas parkir dibanding yang naik Civic or Altis or CR-V dsb padahal harganya bisa 2 kali lebih banyak.

thats the power of Mercedes Benz. the syle nerver dies.
Trungtung
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Fri Nov 12, 2004 23:39

Post by Trungtung »

@ aspsilver

tapi koq saya lihat di beberapa website mobil MB bekas yg tahun tua 88/89 diatas cepek boss blm ketemu yg 80jtan.

trus saya itu punya kelemahan paling gak bisa nolak atw orangnya gak enakkan takutnya udah nyoba2 taunya gak jadi beli gimana yach rasanya....?????
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Post by aspsilver »

wah kalo lihat harga jangan di web site, majalah, tabloid, dsb. sering salah. (overpriced). dan itu kalo gak salah harga si showroom, kalo ke pemilik harganya lebih murah.

mercy tahun segitu sebenarnya harganya sudah mandek, gak turun2 sejak 5 tahun yang lalu. soalnya itu jadi barang antik. harganya kadang gak jelas. kadang bisa kemahalan banget

dan jangan heran mercy tahun 86 baru jalan dikit. soalnya banyak orang punya mobil gituan gak pernah dipake jadi km rendah banget. walaupun ada kemungkinan di putar sama yang jual sih.

perlu diingat, mercy 300E tahun 86 sampe 89 punya model dan mesin sama, tahun 90-93 mesin sama tapi ada tambahan di exteriornya. baru tahun 94-96 ada perubahan besar di exterior dan interior dan huruf E pindah ke depan menjadi E 320 dengan mesin baru.

tapi dari tahun 86 sampe 96 basic bodynya sama persis, interior juga mirip sekali. jadi banyak mercy 86-93 yang disulap jadi model 96.

kalo mau lihat harga lihat di Poskota atau jalan2 ke pasar mobil kemayoran.

yah coba2 kan boleh, tidak ada keharusan untuk beli. emang kalo dah coba terus gak srek harus beli juga. tidak usah gak enak.

gini soalnya kalo biasa mobil jepang kadang pindah ke mobil eropa agak gak biasa. nah untuk menghindari menyesal lebih baik coba dulu.

soalnya karakter mobilnya beda dan kadang2 hal2 yang kecil2 mahal terlewat dari perhatian dan itu yang mengganggu. misalnya sein di kiri, wiper dikanan, kontrol lampu di dasboard, power window di tengah, central lock di tengah.

mercedes E-class 86-96
tuas sein di kanan,
tuas wiper dikanan (diputar di tuas sein)
kiri tidak ada tuas apa2 (jadi gak terbalik)
kunci kontak di kiri (ini yang gak biasa)
tuas lampu di dashboard sebelah kanan (hampir semua mercedes gini)
kontrol power window di consol tengah
central lock di dasboard tengah
spion kanan manual yang electrik kiri doang
tidak ada rem tangan yang ada rem parkir di kaki, ada pedal kecil di sebelah kiri kopling (rem kalo matic) ini rem tangannya. kalo mau lepasin tarik tuas di dashboard sebelah kanan.
tuas buka kap mesin kalo gak salah di sebelah kiri, yang baruan sih dikanan tapi seri ini saya lupa
masuk gigi mundur tarik tuas perneling keatas dan pindahkan ke gigi 1 (300E- E320) pindahkan ke gigi 2 (200 - 230E - E220)

gini2 an itu kalo gak biasa kadang repot juga. dan ini kan gak kelihatan kalo gak dicoba.

Peugeot 306
ban serep cara keluarinnya kayak kijang/panther, bannya ada diluar bagasi terus dikerek naik.
tuas sein di kiri
tuas wiper di kanan (nah ini kebalik melulu)
klakson di tuas sein.

kunci kontak mercedes duplikatnya sulit kalo masih ada yang bisa soalnya bentuknya lain sama mobil Jepang pada umumnya. Honda baru mengaplikasikan kunci model tersebut pada keluaran terbarunya sejak 2002 padahal mercedes menggunakan kunci model tersebut tahun 86

malah keluaran terbaru sejak tahun 94 ada kodenya (chip) di kunci sehingga walaupun anak kunci nya bisa bikin tapi tanpa chip itu jangan harap mobil bisa start, so paling tidak, mobilnya tidak gampang hilang.

peugeot 97 sudah mengapikasikan kunci yang ada chipnya itu,

nah kunci ini jangan kebanting atau hilang, soalnya kalo rusak atau hilang gantinya harus ke dealer.
kalo Mercedes harus pesan dulu ke Jerman dan harganya tidak murah.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Post by aspsilver »

oh iya lupa mercy sampe tahun 2000 kalo beli gak dapat radio tape. jadi jangan heran kalo radionya beda2 soalnya standarnya gak ada.

juga peleknya dapat kaleng dan dop, so bentuk velgnya pasti beda2 juga.

emang gila mercy itu masak mobil 100 juta (waktu itu honda accord prestige harganya 36 juta). gak ada radionya dan pelek pake kaleng.

tapi itu lah mercedes. mereka sombong sekali karena tahu dagangannya bagus.

dulu mana ada test drive segala. kalo pameran aja mobilnya dikunci, dan emang jarang banget pameran.
sekarang aja banyak kompetitor seperti BMW, Audi, Volvo, Jaguar, juga pemain Jepang seperti Toyota Camry, Toyota Crown, Nissan Teana, Infinity, Honda Accord, dsb
jadi agak gak sombong.
Trungtung
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Fri Nov 12, 2004 23:39

Post by Trungtung »

Iya sih tapi tau sendirikan kalo seles gimana ngerayunya.......

Saya ngerasa gak enak kalo udah nyoba2 tau taunya gak sreg trus harus alasan apa sama mereka gitu biasanya kita udah alasan macem2 tapi mereka jago banget ngelesnya.
Trungtung
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Fri Nov 12, 2004 23:39

Post by Trungtung »

Btw mobil MB boros bahan bakar gak bosss.......????

tapi volvo 740 1991 ada yg nawarin cuma 38jt nego lagi koq bisa beda jauh banget sama MB padahal mereka bukannya sekelas........????

bahkan ada yg bilang volvo mobil paling nyaman buktinya para Pejabat negara selalu ngeributin soal mobil dinas yg namanya VOLVO
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

semua sih boros pak truntung apalagi kalo mesin nya gede.

wah jangan volvo pak kata orang sparepart nya mahal lagian 91 udah ketuaan tuh ntar pusing bolak balik masuk bengkel lagi hehehe.

kalo pejabat sih itu kan taktik nya mereke semua sih nyaman di beli pake duit masyarakat yang bayar pajak dan duit hasil memeras orang lain.
coba suruh banting tulang kerja sendiri dapet duit 500 jt beli in volvo pasti mikir mikir beli sekarang besok makan apa.

lagian mereka di rumah udah banyak mobil mewah heheheh jadi semua nyaman.
Trungtung
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Fri Nov 12, 2004 23:39

Post by Trungtung »

hahahahahahahahaha bung mpoezz bener zuga...........
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Post by aspsilver »

Kalo 300E kalo gak salah 1:7 sedangkan 200 1:6. tapi paling tidak kedua mobil ini tidak lebih boros dari kijang 2000 yang bisa 1:5.

Volvo itu jatuh karena
1. modelnya begitu kaku, lama2 orang bosan dan model barunya cantik sehingga model lama kebanting.
2. ongkos perawatannya mahal sekali. jadi orang berpikir 2 kali sebelum beli.

tapi daripada beli Volvo 740 91 mending beli volvo 960 GL 93 paling tinggal <50 juta, bodi lebih gede, model lebih bagus dikit. dan ini volvo gak gitu rewel. jangan beli yang turbo, karena sering masalah.


kenapa MB gak jatuh harganya yah karena itu tadi
1. model abadi, orang gak bosan.
2. ongkos perawatan relatif murah.

MB untuk barang yang sama harganya lebih murah drp sesama mobil mewah lainnya (BMW, Volvo, Audi, dsb)

saya berani bilang MB 300E 86 lebih gak banyak masalah dibanding Volvo 740 GLE/turbo 91.

nyaman mana???

tuas transmisi Volvo 91 itu sangat tidak ergonomis bentuknya, segi empat. manualnya kalo gak salah lebih aneh lagi, anehnya gimana lupa sih tapi seingat saya itu aneh.

Volvo joknya lebih empuk drp Mercedes, nyaman untuk perjalanan dekat2 tapi untuk perjalanan jauh MB lebih nyaman.

tuas pembuka pintu Volvo aneh, gak kayak biasanya. susah saya jelasinnya, lihat aja sendiri.

tehnologi mesin Volvo 740 GLE 91 lebih ketinggalan drp MB 300E 86.

pengalaman pribadi saya, menunjukkan MB lebih awet drp Volvo, mau model mana aja. dan ongkos perawatannyapun lebih murah. jadi untung dua kali, spare parts lebih murah dan frekuensi kerusakan lebih rendah.

kenapa mentri pake Volvo???

dulu kan Presiden kita jaman ORBA dekat dengan Indomobil. yah Volvo kan dagangannya Indomobil. jelas kan?

kalo sekarang yah latah aja, dulu pake Volvo sekarang pake juga.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Post by aspsilver »

oh iya lupa soal sales..

nggak usah ngerayu2. lah.

gini aja, datang tanya2 harga, model, dsb. terus tanya boelh coba tidak. kalo gak boleh, yah pindah ke showroom sebelah. ulangi lagi.

nah kalo gak srek tinggal bilang aja. dia mau omong apa juga.

emang sih koq kayaknya gitu amat sama yang jual.

saya sih bukan sales, tapi teman baik saya sales toyota, yah emang itu kerjaan dia, banyak orang tanya2 doang tapi gak beli.

mereka kan jualan, gimana kita bisa mau beli kalo gak dicoba??

yah nyobainnya kira2 lah jangan diajak ke bogor. haha.

kalo jualan mobil bekas sih biasanya mereka tidak terlalu bernafsu. kalo mobil baru yang agak nafsu.

saya pernah ditelponin terus sama sales Volvo. gara2 lihat pameran.
dia mau saya coba mobilnya dulu. saya bilang saya biasa pake MB dan kayaknya gak mau pindah.
dia mau suruh saya test drive. bahkan menawarkan mengantarkan mobilnya ke rumah saya. tapi saya kasihan sama dia, tahu gak mau beli koq disuruh nganterin segala, malah showroom di Bintaro rumah saya di Pluit.
yah ditolak halus saja.

mereka kan jualan, jadi kadang omongan mereka tidak bisa dipercaya 100% jadi kalo gak coba, nanti mobil gak enak kan nyesel. gimana?? dia sih enak dapat duit.

so jangan sungkan untuk coba.
Trungtung
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Fri Nov 12, 2004 23:39

Post by Trungtung »

Hahahahahaha bos aspsilver ini pengalamannya boleh juga, saya harus belajar banyaknih dari si boss untuk bisa berhati baja biar tahan rayuan hehehehehe................
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

hehehe bener tuh kata pak apsilver kecap nya mereka pasti no1 ngak ada kecap yang no 2 hehehe
hdrw
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46

Post by hdrw »

Saya juga sarankan, kalau tetap mau beli sedan eropa, MB 300E/E320 saja, dan kalau bisa yang A/T.
Soalnya selain nyaman & kaki ngak pegal, yang A/T kedua bangku depannya (driver & penumpang) sudah electric seat dan ada tombol memorynya untuk 2 posisi.
Jadi kalau sering dipakai oleh 2 orang (suami/istri/anak), kita ngak usah repot untuk selalu ngepasin posisi ideal driver setiap mau bawa mobil, enak kan.
Juga penumpang depan, bisa punya 2 memory sendiri untuk posisi idealnya.
Mb ini baru ada yang A/T mulai generasi baby benz 86, jadi generasi MB Tiger 1985 dan generasi MB sebelumnya belum ada yang A/T.
Last edited by hdrw on Sun Nov 21, 2004 15:24, edited 1 time in total.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

hebat yah benz bmw aja sampe sekarang seri 318i ama 325i nya kursi nya ngak otomatis masih manual,yg otomatis cuman punya nya 330i itu juga gara gara cbu thailand dan harga selangit.si benz aja udah otomatis dari tahun 86.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Post by aspsilver »

sorry koreksi dikit.
BMW seri 3 kan emang dibawah E class, so kalo mereka gak pake electrik seat yah wajar2 saja.
sama seperti C-class juga gak pake electrik seat. sekarang semi electrik bangku naik turun electrik sedangkan maju mundur dan sandaran manual.

E-class manual juga gak pake electrik seat, yah untuk memangkas harga juga sih. soalnya barang gituan itu kalo baru harganya bisa 30 juta sebuah so kalo kanan kiri yah 60 juta. berasa juga kan buat beli bangku harga segitu. bisa dapat mobil 1 lagi.

saya setuju dengan hdrw kalo mau mobil eropa pilih MB, lebih terjamin.
dan yang pasti lebih keren. dah gak ada matinya deh naik MB. mau tua juga.

walaupun BMW sebenarnya punya mesin sedikit lebih canggih drp MB (yg sejaman) tapi BMW itu lebih rewel dan juga hara spare partsnya lebih mahal 1.5 s/d 2 kali. Volvo bisa 3 kali lebih mahal drp MB, jadi walaupun kerusakannya sama ongkosnya pun lebih besar.

eh kalo gak salah tipe tiger dan sebelumnya ada deh yang matic. soalnya dulu temennya babe gua punya 280E matic. cuma jarang ada.
hdrw
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46

Post by hdrw »

Setahu saya MB sebelum generasi Baby Benz 86 belum ada yang A/T, mungkin Tiger 280E nya rubahan kali.
Kalau generasi sebelum Tiger apalagi, ngak ada yang A/T.
Kalau bung aspsilver suka ke Auto Service, coba deh tanya ke Pak Tan/Jeffry, buat pastiin.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Post by aspsilver »

mungkin dia punya import kali??

kalo ada sih pasti ada soalnya dari tahun 55 saja MB sudah ada transmisi matic. perkara masuk indonesia (resmi ATPM) atau tidak yang jadi masalahnya.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

hehehe kalah ama jeep dong seri 3.
jeep ciro-q aja yang tahun 94 udah electric seat untuk maju mundur dan turun naik nya sandaran masih manual.
hdrw
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46

Post by hdrw »

Mungkin Import Built Up, tapi ngak tahu juga, soalnya saya ngak pernah lihat Tiger A/T, apalagi generasi sebelumnya.
Mungkin di umpetin kali yah karena antik nya.
Tapi saya sih saranin jangan beli yang built up lah, ambil saja yang ATPM, kan MB 300E/E320 yang ATPM banyak mobilnya.
Trungtung
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Fri Nov 12, 2004 23:39

Post by Trungtung »

Weleh-weleh jadi nguiler ma MB juga nich PUSSSSSSSSIIIIIIIIINNNNNNNNGGGGGGGGGGGG

Kalo beli MB dengan modal 80jt dijamin gak ngecewain dari segi bahan bakar,kenyamanan mengemudi,juga sparepart/kekuatan mesin.

Dear All.......... klo MB yg 80jtan yg modelnya agak Sporty atw OK! buat di modif Sporty type apaan yach...........??????????
ray
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Fri Mar 19, 2004 7:38

Post by ray »

mpoezz wrote:wah eropa mah memang brand dan prestise nya yang selalu maju di depan hehehe (untuk indonesia) malah bmw itu mahal karena huruf W nya.cobba W nya di ganti X jadi BMX heheheh.
Salah tuh, bmw mahal karena semua hurufnya.
Soale bisa Bring More Woman. :wink: he he he
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Kalo ngga MB C180 tahun 98 juga udah murah tuh. Kemaren liat di majalah sekitar 130 juta.
Kalo mau yang lebih kenceng cari C180 Kompressor, udah cukup untuk pemakaian sehari2.
Trungtung
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Fri Nov 12, 2004 23:39

Post by Trungtung »

DigitALL wrote:Kalo ngga MB C180 tahun 98 juga udah murah tuh. Kemaren liat di majalah sekitar 130 juta.
Kalo mau yang lebih kenceng cari C180 Kompressor, udah cukup untuk pemakaian sehari2.

berarti judulnya lebih dari anggaran dong bos kan cm 80 jt........
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

Iya C180 Kompressor cukup kencang, meskipun dibekali kompressor (supercharger) dan sensor by wire pada pedal. Tetep aja lag pada saat bejek gas masih ada. Tapi kalo dah pas ya mau lari.....
Rasanya aneh dech ngebut pake MB.......