perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3003
Joined: 02 Apr 2007, 08:45
Location: Indonesia
Contact:

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by solar_kerosen » 26 Mar 2016, 20:14

aki mahal banget indonesia gak mampu bikin , digetok sama jepang harganya kemarin beli aki N50z harganya naujubileh 756 ribu rupiah
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun

User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5334
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by nugroho bagor » 05 Apr 2017, 19:12

Baca2 ada Ctek buat stabilin aki lemah,tapi hargannya mayan juga ya,ada yang sudah pakai?

Auanz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: 26 Aug 2018, 21:43
Location: cengkareng

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Auanz » 13 Feb 2019, 12:11

mau tanya kalo ngecas aki perlu lepas kepala aki mobil ga sih ? soalna kl lepas kepala aki dari mobil ane perlu reset2 sistemnya lagi.

User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5908
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by BADAK » 13 Feb 2019, 12:14

solar_kerosen wrote:
26 Mar 2016, 20:14
aki mahal banget indonesia gak mampu bikin , digetok sama jepang harganya kemarin beli aki N50z harganya naujubileh 756 ribu rupiah
Emang tau dr mana indonesia gak mampu bikin aki?
Jangan kan kelas pabrik, kelas home industry aja mampu koq bikin aki. Cmn memang bahan dasar timahnya lg mahal, jd otomatis harga jual jg jd mahal.
Emang aki apa yg digetok sama jepang?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today

Jagonyaaki
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: 11 Jan 2016, 09:08
Location: Bandung

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Jagonyaaki » 13 Feb 2019, 12:37

Auanz wrote:
13 Feb 2019, 12:11
mau tanya kalo ngecas aki perlu lepas kepala aki mobil ga sih ? soalna kl lepas kepala aki dari mobil ane perlu reset2 sistemnya lagi.
Bisa.... Asal jng kondisi d cas trs d stater mbl nya. Langganan sy ad yg seperti itu. Dia kira sama aj kaya d "pancing" pake aki lg. Langsung meledak tu trafo nya :wkkk:

Jagonyaaki
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: 11 Jan 2016, 09:08
Location: Bandung

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Jagonyaaki » 13 Feb 2019, 12:44

BADAK wrote:
13 Feb 2019, 12:14
solar_kerosen wrote:
26 Mar 2016, 20:14
aki mahal banget indonesia gak mampu bikin , digetok sama jepang harganya kemarin beli aki N50z harganya naujubileh 756 ribu rupiah
Emang tau dr mana indonesia gak mampu bikin aki?
Jangan kan kelas pabrik, kelas home industry aja mampu koq bikin aki. Cmn memang bahan dasar timahnya lg mahal, jd otomatis harga jual jg jd mahal.
Emang aki apa yg digetok sama jepang?
Indonesia termasuk produsen aki konvensional terbesar d dunia. Salah satunya Pt. Nippres, bahkan sudah bs bikin aki lithium.

Kl mau murah tu aki d buatnya dr oncom :wkkk:

Bisanya kl kangtaw lg seret, semua harga jg kerasa mahal :big_peace:

FU27
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 203
Joined: 03 May 2017, 16:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GranMax
Contact:

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by FU27 » 13 Feb 2019, 22:15

Aki baru seminggu, tapi sudah nampak garam2 di kutub negatif. Harus dikasih apa ya, biar gak ada garam2 seperti itu? Akinya GS MF

supriyadi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 414
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by supriyadi » 14 Feb 2019, 06:10

FU27 wrote:
13 Feb 2019, 22:15
Aki baru seminggu, tapi sudah nampak garam2 di kutub negatif. Harus dikasih apa ya, biar gak ada garam2 seperti itu? Akinya GS MF
Kalo baca2 dihalaman awal kemungkinan overcharge Om. Coba cek altenatornya :big_okay:

MSU
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 151
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by MSU » 14 Feb 2019, 07:07

FU27 wrote:
13 Feb 2019, 22:15
Aki baru seminggu, tapi sudah nampak garam2 di kutub negatif. Harus dikasih apa ya, biar gak ada garam2 seperti itu? Akinya GS MF
banyak yang bilang siram air panas...pas udh bersih kasih gemuk.
dulu saya sering liat di truk2 dikasi gemuk di kutub aki-nya...

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 893
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by josomba » 14 Feb 2019, 07:36

FU27 wrote:
13 Feb 2019, 22:15
Aki baru seminggu, tapi sudah nampak garam2 di kutub negatif. Harus dikasih apa ya, biar gak ada garam2 seperti itu? Akinya GS MF
https://mechanics.stackexchange.com/que ... -corrosion

https://jalopnik.com/heres-the-deal-wit ... ap-on-your
Image
Image

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by marmut » 14 Feb 2019, 09:40

pipes - cigars - coffee

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 893
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by josomba » 14 Feb 2019, 09:43

marmut wrote:
14 Feb 2019, 09:40

suhu, yang jalopnik kok nda isa dibuka suhu....?
Iya juga hu, saya bingung tadi pagian masih bisa hu. :big_childish:
Image
Image

tbr541
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 30 Mar 2016, 13:00

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by tbr541 » 14 Feb 2019, 09:50

Suhu-suhu mau tanya nih, gmna cara yang benar menambah air aki yang berkurang?
Apakah dapat dibenarkan menambah air aki sambil mesin dihidupkan? (Ini kmarin sya diberi saran sama toko aki)..

Jagonyaaki
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: 11 Jan 2016, 09:08
Location: Bandung

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Jagonyaaki » 14 Feb 2019, 16:21

    tbr541 wrote:
    14 Feb 2019, 09:50
    Suhu-suhu mau tanya nih, gmna cara yang benar menambah air aki yang berkurang?
    Apakah dapat dibenarkan menambah air aki sambil mesin dihidupkan? (Ini kmarin sya diberi saran sama toko aki)..
    Kl sy pribadi sih, dlm kondisi mesin mati + mobil dalam posisi yg datar. Di usahakan aki dlm kondisi dingin. Knp mesti dingin akinya, krn sy berasumsi pd saat kondiai dingin itulah kondisi level air aki sesungguhnya. Apabila dlm kondisi telah panas, level air aki pasti lebih tinggi.. Cmiiw

    iwing
    New Member of Mechanic Engineer
    New Member of Mechanic Engineer
    Posts: 1135
    Joined: 23 Feb 2016, 09:09

    Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

    Post by iwing » 14 Feb 2019, 17:02

    tbr541 wrote:
    14 Feb 2019, 09:50
    Suhu-suhu mau tanya nih, gmna cara yang benar menambah air aki yang berkurang?
    Apakah dapat dibenarkan menambah air aki sambil mesin dihidupkan? (Ini kmarin sya diberi saran sama toko aki)..
    saya biasanya isi air aki pada saat dingin. gak pernah kondisi mesin nyala. saya kalo isi air aki menggunakan suntikan agar isi air aki nya merata, misal per lubang diisi 20 ml (sampai garis batas atas). menggunakan air aki botol/tutup biru, jangan yang merah

    tbr541
    New Member of Junior Mechanic
    New Member of Junior Mechanic
    Posts: 15
    Joined: 30 Mar 2016, 13:00

    Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

    Post by tbr541 » 14 Feb 2019, 19:09

    Thank u penjelasannya para mastah..
    Satu lagi nih, klo ngisi air akinya lewat diatas garis upper level efek negatifnya apa aja om? Selain nantinya air aki akan tumpah klo udah panas..
    :thanks:

    kunaskun
    Member of Mechanic Engineer
    Member of Mechanic Engineer
    Posts: 1881
    Joined: 26 Mar 2007, 15:16

    Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

    Post by kunaskun » 14 Feb 2019, 20:31

    tbr541 wrote:
    14 Feb 2019, 09:50
    Suhu-suhu mau tanya nih, gmna cara yang benar menambah air aki yang berkurang?
    Apakah dapat dibenarkan menambah air aki sambil mesin dihidupkan? (Ini kmarin sya diberi saran sama toko aki)..
    saya si mesin dingin, dan keadaan mati. alasan? keamanan aja, kali2 apes mesin nyala, terus extra fan nyala terus nyamber tangan, juga biar dingin aja jadi gampang buka tutup aki. lagian aki sudah dipake jalan kan panas akibat suhu ruang mesin. juga pernah baca di buku manual-nya, untuk safety jangan isi air aki setelah kendaraan digunakan, mesin menyala karena dikhawatirkan ada salah satu sel yang tekanannya tingg jadi ketika dibuka bisa muncrat kemana2. dan well aki kan isinya korosif.

    ilhami
    Member of Mechanic Engineer
    Member of Mechanic Engineer
    Posts: 1754
    Joined: 23 Jan 2008, 08:48

    Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

    Post by ilhami » 14 Feb 2019, 20:49

    tbr541 wrote:
    14 Feb 2019, 19:09
    Thank u penjelasannya para mastah..
    Satu lagi nih, klo ngisi air akinya lewat diatas garis upper level efek negatifnya apa aja om? Selain nantinya air aki akan tumpah klo udah panas..
    :thanks:
    Biasanya akan meluap. Tutup aki itu berlubang dan karet nya juga sering tidak terlalu rapat. Akibatnya air aki tumpah ke tatakan aki dan bisa ke body menyebabkan karat.

    ginting
    SM Moderator
    SM Moderator
    Posts: 3419
    Joined: 08 Dec 2013, 23:05

    Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

    Post by ginting » 20 Feb 2019, 10:10

    Oom oom, saya mau tanya.

    Kalau untuk menncegah AKI Tekor, maka saya lagi kepikir untuk mencoba untuk menambah jumlah AKI jadi 2.
    Tujuannya supaya persediaan setrum lebih banyak.
    Rencananya saya akan buat gini : saat AKI pertama sudah dipakai sekitar 6 bulan, maka saya tambah 1 lagi aki baru.
    dengan asumsi bahwa aki yg pertama akan lebih dahulu rusak.
    maka nanti kalau aki pertama sudah lemah, akan saya cabut dan ganti. maka setelah sekian tahun, aki kedua yg akan lemah, lalu diganti, demikian seterusnya.

    Nah, selain membuat tatakan tempat aki baru, apakah bisa kalau AKI baru dibuat di bagasi belakang, lalu dihubungkan dengan kabel ke aki yang didepan (paralel).

    Apakah ada kabel khusus untuk menghubungkan kedua aki ini ?

    sekarang semua alat tambahan (rig, lampu) saya nyantel di kepala aki utama, apakah nantinya perlu untuk dipilah-pilah.
    Terima kasih atas masukannya.

    adityabp
    New Member of Mechanic Engineer
    New Member of Mechanic Engineer
    Posts: 851
    Joined: 07 May 2014, 09:36

    Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

    Post by adityabp » 20 Feb 2019, 11:12

    ginting wrote:
    20 Feb 2019, 10:10
    Oom oom, saya mau tanya.

    Kalau untuk menncegah AKI Tekor, maka saya lagi kepikir untuk mencoba untuk menambah jumlah AKI jadi 2.
    Tujuannya supaya persediaan setrum lebih banyak.
    Rencananya saya akan buat gini : saat AKI pertama sudah dipakai sekitar 6 bulan, maka saya tambah 1 lagi aki baru.
    dengan asumsi bahwa aki yg pertama akan lebih dahulu rusak.
    maka nanti kalau aki pertama sudah lemah, akan saya cabut dan ganti. maka setelah sekian tahun, aki kedua yg akan lemah, lalu diganti, demikian seterusnya.

    Nah, selain membuat tatakan tempat aki baru, apakah bisa kalau AKI baru dibuat di bagasi belakang, lalu dihubungkan dengan kabel ke aki yang didepan (paralel).

    Apakah ada kabel khusus untuk menghubungkan kedua aki ini ?

    sekarang semua alat tambahan (rig, lampu) saya nyantel di kepala aki utama, apakah nantinya perlu untuk dipilah-pilah.
    Terima kasih atas masukannya.
    Gak ribet om, miara 2 aki tapi 1 fungsi?
    :big_think:

    MSU
    New Member of Senior Mechanic
    New Member of Senior Mechanic
    Posts: 151
    Joined: 06 Jan 2019, 09:51
    Location: INA
    Daily Vehicle: Diesel

    Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

    Post by MSU » 20 Feb 2019, 12:00

    adityabp wrote:
    20 Feb 2019, 11:12
    ginting wrote:
    20 Feb 2019, 10:10
    Oom oom, saya mau tanya.

    Kalau untuk menncegah AKI Tekor, maka saya lagi kepikir untuk mencoba untuk menambah jumlah AKI jadi 2.
    Tujuannya supaya persediaan setrum lebih banyak.
    Rencananya saya akan buat gini : saat AKI pertama sudah dipakai sekitar 6 bulan, maka saya tambah 1 lagi aki baru.
    dengan asumsi bahwa aki yg pertama akan lebih dahulu rusak.
    maka nanti kalau aki pertama sudah lemah, akan saya cabut dan ganti. maka setelah sekian tahun, aki kedua yg akan lemah, lalu diganti, demikian seterusnya.

    Nah, selain membuat tatakan tempat aki baru, apakah bisa kalau AKI baru dibuat di bagasi belakang, lalu dihubungkan dengan kabel ke aki yang didepan (paralel).

    Apakah ada kabel khusus untuk menghubungkan kedua aki ini ?

    sekarang semua alat tambahan (rig, lampu) saya nyantel di kepala aki utama, apakah nantinya perlu untuk dipilah-pilah.
    Terima kasih atas masukannya.
    Gak ribet om, miara 2 aki tapi 1 fungsi?
    :big_think:
    kalo saya terpikir mesti modif alternator lagi..tp kalo aki ditaro di bagasi saya takut keracunan uap-nya sih

    dsign1990
    New Member of Mechanic Engineer
    New Member of Mechanic Engineer
    Posts: 1260
    Joined: 28 May 2015, 07:12

    Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

    Post by dsign1990 » 20 Feb 2019, 13:27

    ginting wrote:
    20 Feb 2019, 10:10
    Oom oom, saya mau tanya.

    Kalau untuk menncegah AKI Tekor, maka saya lagi kepikir untuk mencoba untuk menambah jumlah AKI jadi 2.
    Tujuannya supaya persediaan setrum lebih banyak.
    Rencananya saya akan buat gini : saat AKI pertama sudah dipakai sekitar 6 bulan, maka saya tambah 1 lagi aki baru.
    dengan asumsi bahwa aki yg pertama akan lebih dahulu rusak.
    maka nanti kalau aki pertama sudah lemah, akan saya cabut dan ganti. maka setelah sekian tahun, aki kedua yg akan lemah, lalu diganti, demikian seterusnya.

    Nah, selain membuat tatakan tempat aki baru, apakah bisa kalau AKI baru dibuat di bagasi belakang, lalu dihubungkan dengan kabel ke aki yang didepan (paralel).

    Apakah ada kabel khusus untuk menghubungkan kedua aki ini ?

    sekarang semua alat tambahan (rig, lampu) saya nyantel di kepala aki utama, apakah nantinya perlu untuk dipilah-pilah.
    Terima kasih atas masukannya.
    pernah nemu nih yg kayak gini ada di sistem bawaan bmw e38 750iL
    entah buat apa fungsinya entah krn butuh cranking extra gede saat start, atau krn sistem elektroniknya dipisah2 krn komponen elekronik zaman itu boros listrik kalau banyak gak cukup 1

    Jagonyaaki
    Full Member of Junior Mechanic
    Full Member of Junior Mechanic
    Posts: 128
    Joined: 11 Jan 2016, 09:08
    Location: Bandung

    Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

    Post by Jagonyaaki » 20 Feb 2019, 14:47

    ginting wrote:
    20 Feb 2019, 10:10
    Oom oom, saya mau tanya.

    Kalau untuk menncegah AKI Tekor, maka saya lagi kepikir untuk mencoba untuk menambah jumlah AKI jadi 2.
    Tujuannya supaya persediaan setrum lebih banyak.
    Rencananya saya akan buat gini : saat AKI pertama sudah dipakai sekitar 6 bulan, maka saya tambah 1 lagi aki baru.
    dengan asumsi bahwa aki yg pertama akan lebih dahulu rusak.
    maka nanti kalau aki pertama sudah lemah, akan saya cabut dan ganti. maka setelah sekian tahun, aki kedua yg akan lemah, lalu diganti, demikian seterusnya.

    Nah, selain membuat tatakan tempat aki baru, apakah bisa kalau AKI baru dibuat di bagasi belakang, lalu dihubungkan dengan kabel ke aki yang didepan (paralel).

    Apakah ada kabel khusus untuk menghubungkan kedua aki ini ?

    sekarang semua alat tambahan (rig, lampu) saya nyantel di kepala aki utama, apakah nantinya perlu untuk dipilah-pilah.
    Terima kasih atas masukannya.
    Bantu jwb om ginting... Nambah aki jd 2 ( d pararel) cm membebani fungsi alternator aj om. Kl menurut sy sih paling simpel upgrade aj alternatornya jd lbh besar ampernya. Aki ckp 1 aj, cari yg CCA ny lbh besar. Cm sisi negatifnya apabila upgrade alternator, tarikan mbl tambah berat...

    ginting
    SM Moderator
    SM Moderator
    Posts: 3419
    Joined: 08 Dec 2013, 23:05

    Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

    Post by ginting » 20 Feb 2019, 17:22

    Terima kasih oom atas masukannya..

    Btw, kenapa ya ada aki yang CCAnya rendah, padahal sama sama 70MAh.
    Lalu ada yang CCAnya tinggi.

    Boeds
    Member of Senior Mechanic
    Member of Senior Mechanic
    Posts: 245
    Joined: 01 Mar 2018, 13:39
    Location: Jakarta
    Daily Vehicle: SR3

    Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

    Post by Boeds » 20 Feb 2019, 20:30

    Karena kebutuhan pasar om... Ada yg hanya butuh cca 50A, 100A, 150A, 250A, dst.
    Kalo menurut saya pribadi, kalo starter kita hanya perlu cca 70A, sayang duitnya utk beli cca yg jauh diatasnya.
    Saya lebih milih utk upgrade kapasitas Amp hournya, sebatas kemampuan space tatakannya.
    Cca mobil kebanyakan ga spesial banget, cca sekelas batre motor aja cukup utk starter mobil.

    Cas batre terminal mobil masih terpasang? Hati².... Pastikan anda paham prinsip kerja chargernya, karena ada charger auto detect yg saat inisiasi awalnya mengeluarkan tegangan sp 24v utk mendeteksi tipe batre. Saya punya kebetulan yg spt ini.
    Kalo bisa dipastikan hanya mengeluarkan tegangan di bawah 15v, mungkin bisa dipakai tanpa copot kabel mobil

    Post Reply