perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1871
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by kunaskun » 20 Feb 2019, 21:14

ginting wrote:
20 Feb 2019, 10:10
Oom oom, saya mau tanya.

Kalau untuk menncegah AKI Tekor, maka saya lagi kepikir untuk mencoba untuk menambah jumlah AKI jadi 2.
Tujuannya supaya persediaan setrum lebih banyak.
Rencananya saya akan buat gini : saat AKI pertama sudah dipakai sekitar 6 bulan, maka saya tambah 1 lagi aki baru.
dengan asumsi bahwa aki yg pertama akan lebih dahulu rusak.
maka nanti kalau aki pertama sudah lemah, akan saya cabut dan ganti. maka setelah sekian tahun, aki kedua yg akan lemah, lalu diganti, demikian seterusnya.

Nah, selain membuat tatakan tempat aki baru, apakah bisa kalau AKI baru dibuat di bagasi belakang, lalu dihubungkan dengan kabel ke aki yang didepan (paralel).

Apakah ada kabel khusus untuk menghubungkan kedua aki ini ?

sekarang semua alat tambahan (rig, lampu) saya nyantel di kepala aki utama, apakah nantinya perlu untuk dipilah-pilah.
Terima kasih atas masukannya.
daripada repot2 rentan kebakaran dsb kenapa tidak invest saja charger aki yang modern, saya pakai keluaran NOCO G3500 sudah 2 tahun lebih (ini kadang error kalau pas lagi charge, lalu aki ada beban -misal nyalain audio kenceng2- dari mobil maka restart sendiri, atau kepanasan ketika harus charge aki soak atau lagi jalankan fungsi rejuvenate/repair aki) https://www.amazon.com/NOCO-G3500-Ultra ... GC19BHZAP0. charge aki GS 45Ah seminggu sekali, sudah 4 tahun, bulan lalu sempat nyaris soak total, dicolok lagi semalaman, pagi lancar lagi = jangan dicoba2 ya karena ini iseng saya saja.

ada juga satu lagi titip teman beli di Amazon USA hand carry ke Indo ukurannya kecil banget merek mictuning https://www.amazon.com/MICTUNING-Intell ... 1H73DFV8 ini saya pakai colok terus ke aki 70aH untuk inverter 220v.

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 846
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by adityabp » 05 Mar 2019, 09:29

ginting wrote:
20 Feb 2019, 17:22
Terima kasih oom atas masukannya..

Btw, kenapa ya ada aki yang CCAnya rendah, padahal sama sama 70MAh.
Lalu ada yang CCAnya tinggi.
Krn konstruksinya beda om.
CCA tinggi didapat dgn cara membuat elektroda setipis dan seluas mungkin, sehingga reaksi kimia antara elektrolit dan elektroda berlangsung masif dlm waktu yg singkat. Kelemahannya: elektroda rawan hancur saking tipisnya.
Sebaliknya, kalo elektrodanya tebal atau sama tipisnya tapi luasnya gak banyak ya otomatis CCAnya rendah krn jumlah reaksi kimia yg terjadi dlm waktu yg sama tidak se-masif yg CCAnya tinggi.

Aki mobil elektrodanya sdh pasti tipis krn yg dibutuhkan dari aki mobil sebenarnya adalah CCA-nya. Makanya tegangan aki mobil gak boleh kurang dari 10V, krn kalo dibawah itu elektrodanya sudah pasti hancur. Alias soak.

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2920
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by marmut » 05 Mar 2019, 10:09

adityabp wrote:
05 Mar 2019, 09:29
ginting wrote:
20 Feb 2019, 17:22
Terima kasih oom atas masukannya..

Btw, kenapa ya ada aki yang CCAnya rendah, padahal sama sama 70MAh.
Lalu ada yang CCAnya tinggi.
Krn konstruksinya beda om.
CCA tinggi didapat dgn cara membuat elektroda setipis dan seluas mungkin, sehingga reaksi kimia antara elektrolit dan elektroda berlangsung masif dlm waktu yg singkat. Kelemahannya: elektroda rawan hancur saking tipisnya.
Sebaliknya, kalo elektrodanya tebal atau sama tipisnya tapi luasnya gak banyak ya otomatis CCAnya rendah krn jumlah reaksi kimia yg terjadi dlm waktu yg sama tidak se-masif yg CCAnya tinggi.

Aki mobil elektrodanya sdh pasti tipis krn yg dibutuhkan dari aki mobil sebenarnya adalah CCA-nya. Makanya tegangan aki mobil gak boleh kurang dari 10V, krn kalo dibawah itu elektrodanya sudah pasti hancur. Alias soak.

mantap. jadi nambah ilmu lagi....
pipes - cigars - coffee

supriyadi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 409
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by supriyadi » 05 Mar 2019, 13:09

Kalo pas mobil standby dirumah apakah aman saya charge sambil aki terpasang dimobil. Kebetulan ada charger buat baterai kering untuk alat ditempat kerja dulu yang nggak terpakai

ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1753
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by ilhami » 14 Jun 2019, 08:38

supriyadi wrote:
05 Mar 2019, 13:09
Kalo pas mobil standby dirumah apakah aman saya charge sambil aki terpasang dimobil. Kebetulan ada charger buat baterai kering untuk alat ditempat kerja dulu yang nggak terpakai
Aman. Saya sering mengecas aki sambil terpasang begitu. tinggal pasang penjepit buaya di konektor aki.

bembenk95
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: 23 Jul 2016, 15:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by bembenk95 » 14 Jun 2019, 08:53

supriyadi wrote:
05 Mar 2019, 13:09
Kalo pas mobil standby dirumah apakah aman saya charge sambil aki terpasang dimobil. Kebetulan ada charger buat baterai kering untuk alat ditempat kerja dulu yang nggak terpakai
amannya check spec alatnya om,
emang di peruntukkan utk range di aki mobil/ tidak. Kalo salah keluarin tegangan & arus terlalu tinggi, malah bisa bikin meleduk. [emo-police]
i am, a sleeper

NonaR
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 10 Jul 2019, 19:27
Location: Jakarta Selatan-Kota Jakarta Selatan
Daily Vehicle: Sepeda motor

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by NonaR » 10 Jul 2019, 20:08

Suhu mau tanya donk... pusing nih masalah aki mobil.
Saya nih purchasing yg kerjaannya beli aki mobil juga.
Truk di kantor banyak nih jadi urusan ama aki jg sering.
Jadi mau nanya:
1.Kenapa sih kutub accu bisa meleleh?
Dulu aki bawaan mobil tu jarang yg kutubnya leleh (seringnya merk GS), trus aku ganti merk bosch awalnya sih ga ada masalah, lama2 banyak yg leleh, trus ganti merk furukawa juga sama kyk merk bosch. Waktu aku komplain ke supplier bilangnya karena kesalahan pemasangan, klem atau konektornya kendor trus dibiarn (itu menurut supplier). Tapi masih penasaran nih, apa bener? Soalnya mayan sering yg leleh.

2. Kenapa sih accu bisa meledak?
Nih accu baru juga sebulan dah meledak, aku komplain jg alasannya sama tuh kayak yg atas, krn connectornya kendor trus didiemin. Nih udah 2 supplier dengan merk beda alasannya gt.
Tapi klo emang kendor knp merk bawaan mobil (GS) ga ada masalah? Emang merek yg berbicara atau gmn nih?
Mohon pencerahannya suhu... gelisah nih krn pengen tau :mky_05:

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1871
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by kunaskun » 10 Jul 2019, 21:10

NonaR wrote:
10 Jul 2019, 20:08
Suhu mau tanya donk... pusing nih masalah aki mobil.
Saya nih purchasing yg kerjaannya beli aki mobil juga.
Truk di kantor banyak nih jadi urusan ama aki jg sering.
Jadi mau nanya:
1.Kenapa sih kutub accu bisa meleleh?
Dulu aki bawaan mobil tu jarang yg kutubnya leleh (seringnya merk GS), trus aku ganti merk bosch awalnya sih ga ada masalah, lama2 banyak yg leleh, trus ganti merk furukawa juga sama kyk merk bosch. Waktu aku komplain ke supplier bilangnya karena kesalahan pemasangan, klem atau konektornya kendor trus dibiarn (itu menurut supplier). Tapi masih penasaran nih, apa bener? Soalnya mayan sering yg leleh.

2. Kenapa sih accu bisa meledak?
Nih accu baru juga sebulan dah meledak, aku komplain jg alasannya sama tuh kayak yg atas, krn connectornya kendor trus didiemin. Nih udah 2 supplier dengan merk beda alasannya gt.
Tapi klo emang kendor knp merk bawaan mobil (GS) ga ada masalah? Emang merek yg berbicara atau gmn nih?
Mohon pencerahannya suhu... gelisah nih krn pengen tau :mky_05:
1. kalau google si selain kendor, ada juga karena: short/korslet/overload/bad connection dsb
2. meledak karena overcharge atau overload. bisa akibat pengisian, short/korslet, kendor, dsb. intinya mirip pertama.

btw yang maintenance itu fleet siapa? ilmunya kok meragukan :mky_01: apalagi aki ini urusan dengan elektrikal = banyak bahayanya.

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2920
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by marmut » 10 Jul 2019, 21:16

NonaR wrote:
10 Jul 2019, 20:08
Suhu mau tanya donk... pusing nih masalah aki mobil.
Saya nih purchasing yg kerjaannya beli aki mobil juga.
Truk di kantor banyak nih jadi urusan ama aki jg sering.
Jadi mau nanya:
1.Kenapa sih kutub accu bisa meleleh?
Dulu aki bawaan mobil tu jarang yg kutubnya leleh (seringnya merk GS), trus aku ganti merk bosch awalnya sih ga ada masalah, lama2 banyak yg leleh, trus ganti merk furukawa juga sama kyk merk bosch. Waktu aku komplain ke supplier bilangnya karena kesalahan pemasangan, klem atau konektornya kendor trus dibiarn (itu menurut supplier). Tapi masih penasaran nih, apa bener? Soalnya mayan sering yg leleh.

2. Kenapa sih accu bisa meledak?
Nih accu baru juga sebulan dah meledak, aku komplain jg alasannya sama tuh kayak yg atas, krn connectornya kendor trus didiemin. Nih udah 2 supplier dengan merk beda alasannya gt.
Tapi klo emang kendor knp merk bawaan mobil (GS) ga ada masalah? Emang merek yg berbicara atau gmn nih?
Mohon pencerahannya suhu... gelisah nih krn pengen tau :mky_05:

1. kutub meleleh.
pernah ngalamin bertahun-tahun lalu. mobil lagi jalan normal, mendadak mesin mati. distart langsung nyala. jalan beberapa saat, mati lagi. start ulang langsung nyala. berulang terus beberapa kali sampai akhirnya semua mati tidak ada listrik sama sekali.
setelah diperiksa, salah satu kepala aki meleleh dan kutubnya tinggal setengah karena meleleh.
penyebabnya karena kendor.

2. aki meledak.
bisa karena overcharge, atau dengan sengaja kedua kutubnya disambung.
bisanya overcharge pasti penyebabnya dari alternator.

intinya semua sambungan kelistrikan musti kencang sesuai dengan speknya. tidak boleh kendor atau akibatnya panas kemudian meleleh dan terbakar.
pipes - cigars - coffee

Jagonyaaki
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: 11 Jan 2016, 09:08
Location: Bandung

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Jagonyaaki » 11 Jul 2019, 12:40

NonaR wrote:
10 Jul 2019, 20:08
Suhu mau tanya donk... pusing nih masalah aki mobil.
Saya nih purchasing yg kerjaannya beli aki mobil juga.
Truk di kantor banyak nih jadi urusan ama aki jg sering.
Jadi mau nanya:
1.Kenapa sih kutub accu bisa meleleh?
Dulu aki bawaan mobil tu jarang yg kutubnya leleh (seringnya merk GS), trus aku ganti merk bosch awalnya sih ga ada masalah, lama2 banyak yg leleh, trus ganti merk furukawa juga sama kyk merk bosch. Waktu aku komplain ke supplier bilangnya karena kesalahan pemasangan, klem atau konektornya kendor trus dibiarn (itu menurut supplier). Tapi masih penasaran nih, apa bener? Soalnya mayan sering yg leleh.

2. Kenapa sih accu bisa meledak?
Nih accu baru juga sebulan dah meledak, aku komplain jg alasannya sama tuh kayak yg atas, krn connectornya kendor trus didiemin. Nih udah 2 supplier dengan merk beda alasannya gt.
Tapi klo emang kendor knp merk bawaan mobil (GS) ga ada masalah? Emang merek yg berbicara atau gmn nih?
Mohon pencerahannya suhu... gelisah nih krn pengen tau :mky_05:
1. Kepala aki d mbl truk sering meleleh biasanya krn kepala aki/kleman aki longgar ato kotor. Begitu d stater kl longgar/kotor otomatis keluar percikan api d kepala aki. Ini yg lama2 kepala aki meleleh

2. Kl aki meledak d truk yg sering sy tmukan penyebab krn lubang ventilasi d tutup aki tersumbat kotoran. Bisa pasir,tanah dll. Ini biasanya penutup aki bagian atasnya tdk d pasang ato hilang. Krn posisi aki truk ad d bagian bawah d blkng roda depan, jd s aki sering kotor bagian atasnya. Selain itu bs krn air aki abis dan overcharge dr alternator

NonaR
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 10 Jul 2019, 19:27
Location: Jakarta Selatan-Kota Jakarta Selatan
Daily Vehicle: Sepeda motor

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by NonaR » 11 Jul 2019, 17:38

Jagonyaaki wrote:
11 Jul 2019, 12:40
NonaR wrote:
10 Jul 2019, 20:08
Suhu mau tanya donk... pusing nih masalah aki mobil.
Saya nih purchasing yg kerjaannya beli aki mobil juga.
Truk di kantor banyak nih jadi urusan ama aki jg sering.
Jadi mau nanya:
1.Kenapa sih kutub accu bisa meleleh?
Dulu aki bawaan mobil tu jarang yg kutubnya leleh (seringnya merk GS), trus aku ganti merk bosch awalnya sih ga ada masalah, lama2 banyak yg leleh, trus ganti merk furukawa juga sama kyk merk bosch. Waktu aku komplain ke supplier bilangnya karena kesalahan pemasangan, klem atau konektornya kendor trus dibiarn (itu menurut supplier). Tapi masih penasaran nih, apa bener? Soalnya mayan sering yg leleh.

2. Kenapa sih accu bisa meledak?
Nih accu baru juga sebulan dah meledak, aku komplain jg alasannya sama tuh kayak yg atas, krn connectornya kendor trus didiemin. Nih udah 2 supplier dengan merk beda alasannya gt.
Tapi klo emang kendor knp merk bawaan mobil (GS) ga ada masalah? Emang merek yg berbicara atau gmn nih?
Mohon pencerahannya suhu... gelisah nih krn pengen tau :mky_05:
1. Kepala aki d mbl truk sering meleleh biasanya krn kepala aki/kleman aki longgar ato kotor. Begitu d stater kl longgar/kotor otomatis keluar percikan api d kepala aki. Ini yg lama2 kepala aki meleleh

2. Kl aki meledak d truk yg sering sy tmukan penyebab krn lubang ventilasi d tutup aki tersumbat kotoran. Bisa pasir,tanah dll. Ini biasanya penutup aki bagian atasnya tdk d pasang ato hilang. Krn posisi aki truk ad d bagian bawah d blkng roda depan, jd s aki sering kotor bagian atasnya. Selain itu bs krn air aki abis dan overcharge dr alternator

Makasih banyak ya sudah dikasih info...saya jadi tahu tindakan pencegahan selanjutnya

NonaR
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 10 Jul 2019, 19:27
Location: Jakarta Selatan-Kota Jakarta Selatan
Daily Vehicle: Sepeda motor

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by NonaR » 11 Jul 2019, 19:06

kunaskun wrote:
10 Jul 2019, 21:10
NonaR wrote:
10 Jul 2019, 20:08
Suhu mau tanya donk... pusing nih masalah aki mobil.
Saya nih purchasing yg kerjaannya beli aki mobil juga.
Truk di kantor banyak nih jadi urusan ama aki jg sering.
Jadi mau nanya:
1.Kenapa sih kutub accu bisa meleleh?
Dulu aki bawaan mobil tu jarang yg kutubnya leleh (seringnya merk GS), trus aku ganti merk bosch awalnya sih ga ada masalah, lama2 banyak yg leleh, trus ganti merk furukawa juga sama kyk merk bosch. Waktu aku komplain ke supplier bilangnya karena kesalahan pemasangan, klem atau konektornya kendor trus dibiarn (itu menurut supplier). Tapi masih penasaran nih, apa bener? Soalnya mayan sering yg leleh.

2. Kenapa sih accu bisa meledak?
Nih accu baru juga sebulan dah meledak, aku komplain jg alasannya sama tuh kayak yg atas, krn connectornya kendor trus didiemin. Nih udah 2 supplier dengan merk beda alasannya gt.
Tapi klo emang kendor knp merk bawaan mobil (GS) ga ada masalah? Emang merek yg berbicara atau gmn nih?
Mohon pencerahannya suhu... gelisah nih krn pengen tau :mky_05:
1. kalau google si selain kendor, ada juga karena: short/korslet/overload/bad connection dsb
2. meledak karena overcharge atau overload. bisa akibat pengisian, short/korslet, kendor, dsb. intinya mirip pertama.

btw yang maintenance itu fleet siapa? ilmunya kok meragukan :mky_01: apalagi aki ini urusan dengan elektrikal = banyak bahayanya.
Makasih banyak buat infonya
Nih yg maintanance mekanik sendiri di lapangan... tapi ya gt antara armada ama jumlah yg maintance ga sebanding
Kadang jg aq ragu sih ama mereka...
tp mo gmn lg...pinter2 kita aja yg musti cari tau

NonaR
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 10 Jul 2019, 19:27
Location: Jakarta Selatan-Kota Jakarta Selatan
Daily Vehicle: Sepeda motor

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by NonaR » 11 Jul 2019, 19:08

marmut wrote:
10 Jul 2019, 21:16
NonaR wrote:
10 Jul 2019, 20:08
Suhu mau tanya donk... pusing nih masalah aki mobil.
Saya nih purchasing yg kerjaannya beli aki mobil juga.
Truk di kantor banyak nih jadi urusan ama aki jg sering.
Jadi mau nanya:
1.Kenapa sih kutub accu bisa meleleh?
Dulu aki bawaan mobil tu jarang yg kutubnya leleh (seringnya merk GS), trus aku ganti merk bosch awalnya sih ga ada masalah, lama2 banyak yg leleh, trus ganti merk furukawa juga sama kyk merk bosch. Waktu aku komplain ke supplier bilangnya karena kesalahan pemasangan, klem atau konektornya kendor trus dibiarn (itu menurut supplier). Tapi masih penasaran nih, apa bener? Soalnya mayan sering yg leleh.

2. Kenapa sih accu bisa meledak?
Nih accu baru juga sebulan dah meledak, aku komplain jg alasannya sama tuh kayak yg atas, krn connectornya kendor trus didiemin. Nih udah 2 supplier dengan merk beda alasannya gt.
Tapi klo emang kendor knp merk bawaan mobil (GS) ga ada masalah? Emang merek yg berbicara atau gmn nih?
Mohon pencerahannya suhu... gelisah nih krn pengen tau :mky_05:

1. kutub meleleh.
pernah ngalamin bertahun-tahun lalu. mobil lagi jalan normal, mendadak mesin mati. distart langsung nyala. jalan beberapa saat, mati lagi. start ulang langsung nyala. berulang terus beberapa kali sampai akhirnya semua mati tidak ada listrik sama sekali.
setelah diperiksa, salah satu kepala aki meleleh dan kutubnya tinggal setengah karena meleleh.
penyebabnya karena kendor.

2. aki meledak.
bisa karena overcharge, atau dengan sengaja kedua kutubnya disambung.
bisanya overcharge pasti penyebabnya dari alternator.

intinya semua sambungan kelistrikan musti kencang sesuai dengan speknya. tidak boleh kendor atau akibatnya panas kemudian meleleh dan terbakar.
Makasih banyak buat infonya suhu
Ini buat masukan juga buat para mekanik q yg dilapangan

Post Reply