Page 1 of 42

Forum spare parts part II

Posted: Wed Jul 21, 2010 8:44
by nescafe
silahkan dilanjutkan disini.. :D

Re: Forum spare parts part II

Posted: Wed Jul 21, 2010 8:44
by jalu
pertamaxxxxxx

Re: Forum spare parts part II

Posted: Wed Jul 21, 2010 8:47
by nescafe
@jalu: :2gunfire:

Re: Forum spare parts part II

Posted: Wed Jul 21, 2010 8:48
by maskopat

Re: Forum spare parts part II

Posted: Wed Jul 21, 2010 9:16
by doq
tag!!!!!!! :big_weee: :big_weee:

Re: Forum spare parts part II

Posted: Wed Jul 21, 2010 10:40
by imsus2c
sampai mana kemaren ya... :e-think:

oya....kopling TRD :e-whistle:

Re: Forum spare parts part II

Posted: Wed Jul 21, 2010 13:27
by Hansen
Tagged this photo as a favorite.



:big_weee:

Re: Forum spare parts part II

Posted: Wed Jul 21, 2010 14:59
by sjamsul
nescafe wrote:silahkan dilanjutkan disini.. :D
siappppppppppppppp............... :upss: .....

Re: Forum spare parts part II

Posted: Wed Jul 21, 2010 15:05
by Hansen
@betawi barat : metga & salken........:big_weee:

Re: Forum spare parts part II

Posted: Wed Jul 21, 2010 17:10
by sjamsul
Hansen wrote:@betawi barat : metga & salken........:big_weee:
@salken: metga ................ :upss: .... :ngacir: :ngacir: :ngacir: .....

Re: Forum spare parts part II

Posted: Fri Jul 23, 2010 13:35
by DOHC
jgn ad pertamax diantara kita.... mahal itu soalnya....

btw, yg penting mejeng di pejwan..... :big_peace: :big_peace: :big_peace:

Re: Forum spare parts part II

Posted: Fri Jul 23, 2010 13:38
by DOHC
btw biar btt... akhirnya stelah pengabdian selama 2 taon 5 bulan, tewas jg aki lipina ane, cuman sial nya ntuh aki tewas di tengah jalan, jadi terpaksa ane pulang ke rumah naek ojek buat ambil aki baru... :frm_bang_head: :frm_bang_head: dan skrg terpasang lah aki GS hybrid menggantikan GS premium.... muda2an aki yg baru ini seawet yg lama...

oh iya, sekedar info buat pengguna lipina laen nya... aki lipina itu ternyata pake ns60 loh.. 60 ini maksud nya amper yah ?? gede jg yahh... cuman beda 5 angka doank ama panther ane yg ns65...

Re: Forum spare parts part II

Posted: Fri Jul 23, 2010 13:57
by Hansen
Bukan chiong......NS60 itu brarti 60A dikurang 20% :upss:

Re: Forum spare parts part II

Posted: Fri Jul 23, 2010 14:59
by m4rio
wuahh.. ampe dibikin versi part II nya nih....

Re: Forum spare parts part II

Posted: Fri Jul 23, 2010 15:20
by BADAK
NS60 itu kode ukuran DOHC, tapi bukan ampere nya. Ini neh yg sering jd salah kaprah n bikin repot toko spare part :upss:
Ampere nya tuh ditulis pake angka kecil n di blkg nya ada satuan aH ( ampere hour).
NS60 = 45aH.
Kalo panther stadndardnya pake NS70 = 65aH, jadi bedanya 20aH dgn NS60.
Kalo buat lipina coba pake aki tipe JASI NX110 aja, itu aki ukuran 55aH tp dgn dimensi fisik seperti NS60.

Re: Forum spare parts part II

Posted: Fri Jul 23, 2010 15:45
by maskopat
pake batre charger AA 11 biji bisa gak ya gantiin aki? :e-think:

Re: Forum spare parts part II

Posted: Fri Jul 23, 2010 16:05
by Hansen
setau saya nih...

N = Normal
S = minus 20% dari nominal ampere
60 = nominal ampere

jadi NS60 itu yah setelah dikalkulasi realnya adalah 48A


CMIIW :ungg:

Re: Forum spare parts part II

Posted: Fri Jul 23, 2010 16:26
by BADAK
Hansen wrote:setau saya nih...

N = Normal
S = minus 20% dari nominal ampere
60 = nominal ampere

jadi NS60 itu yah setelah dikalkulasi realnya adalah 48A


CMIIW :ungg:
Hmmmm...masuk akal jg boss.
Gw malah baru tau neh.
Kalo gw hitung mmg benar sih untuk ukuran 50 ampere ke bawah, tp untuk ukuran NS70 selisihnya ckp jauh jg = 9 ampere :e-think: :e-think:
Kalo dr perhitungan NS70 berarti hny 56 ampere, padahal nominal yg tertulis adalah 65 aH.

Re: Forum spare parts part II

Posted: Fri Jul 23, 2010 16:31
by DOHC
btw knapa di lipina aki nya segitu gede yahh... sdgkan di ipah kecil banget... kayanya seukuran ama apansa tuh...

pantesan kalo stel cd di lipina tuh volume 6 atau 7 aja uda kenceng... tapi kalo di ipah musti ampe 20 baru berasa kenceng...

Re: Forum spare parts part II

Posted: Fri Jul 23, 2010 16:34
by jalu
itu mah beda HU nya chiong...... :big_weee:

Re: Forum spare parts part II

Posted: Fri Jul 23, 2010 16:35
by maskopat
kayaknya kalo keras kencengnya volume sound system, gak dipengaruhi oleh besaran ampere aki deh.. cmiiw..

Re: Forum spare parts part II

Posted: Fri Jul 23, 2010 16:36
by BADAK
Barusan nemu dr mbah gugel, tryt benar jg sen.
wah selain pinter tebak2an tryt hamsiong jg luas pengetahuannya :e-clap:

Cara Baca Kode Aki 1


Banyak orang yang bingung pilih jenis aki yang sesuai dengan type mobilnya, kenapa ya?

Ikhwalnya, banyak orang yang hanya tahu kode akinya yang terpasang di dudukan mesin mobilnya. Nah, mau tahu gimana cara baca kode aki di mobil kita, supaya kita tahu berapa ampere sih standar aki di mobil kita, bahkan bukan hanya itu, kita juga bisa tahu ukuran ampere kita ketika di up-grade supaya lebih safety saat kita mau tambah sound system audio atau lightings di mobil kita.

Secara garis besar, ada dua standarisasi penamaan aki. Yakni standar Jepang atau dikenal dengan JIS ( Japanese Industrial Standards) yang banyak digunakan untuk mobil mobil buatan Jepang ; dan Standar Jerman yang disebut DIN (Deutsches Institut für Normung) banyak digunakan mobil mobil buatan Eropah. Dari kedua standar itu punya karakter dan spesifikasi teknis yang sangat berbeda.

JIS (Japan Industrial Standard) type.

Pertama, mari bedah kode standar JIS. Ambil contoh kode paling panjang NS40ZLS. Huruf ‘N’ = berarti Normal, dan huruf kedua ‘S’ = merupakan pengurangan daya aki sebesar 20%. Kode 40 = adalah angka utama daya. Huruf Z = yakni penambahan daya aki sekitar 10% setelah dikurang huruf ‘S’ pertama. Huruf ‘L’ = artinya “left”, yang menandakan pole (posisi kutup kepala aki (-) berada disebelah kiri). Terakhir huruf ’S’ = menandakan aki memiliki pole besar. Contoh rumusnya, seperti NS40ZLS ? type Jepang, 40Ah – 20% + 10% = 35 Ah, pole kutub negatif di sebelah kiri dan kepala aki besar.

Masih bingung? Coba kita mulai dari angka yang simpel, misalnya N40. aki ini punya daya 40Ah, tanpa ada pengurangan atau penambahan persentase. Tapi, perlu diketahui juga, type aki yang memiliki pole kepala aki besar bukan hanya yang memiliki kode ’S’ di paling belakang, seperti NS40ZS, NS40ZLS, NS60S dan NS60LS, tapi type N40 ini juga memiliki pole kepala aki besar. Kenapa? Karena dasarnya yang harus diingat yang memiliki kepala aki kecil hanya aki yang berkode ’NS’ di depan angka dan memiliki ampere di bawah 45Ah. Berarti NS70 = 70Ah – 20% = 56Ah, memiliki pole kepala aki besar, meski tanpa memiliki kode ’S’ di paling belakang. Tambahan lain yang perlu diingat, kode aki yang memiliki kode huruf ’L’, dipastikan kutup pole negatif berada di posisi sebelah kiri, dan yang tidak memiliki kode ’L’, dipastikan juga kutub negatifnya berada di posisi sebelah kanan.

Lantas bagaimana cara mengetahui posisi pole di aki? Caranya, pastikan pole aki harus persis di depan Anda disesuaikan dengan cara baca “danger / peringatan” dengan benar, kemudian lihat pole negatif ada di sebelah kiri atau kanan.

Satu sisi, perkembangan zaman belakangan ini, semua type aki yang baru bermunculan, namun tetap pada kadar ampere yang sama, hanya pada perubahan kodenya saja. Seperti, 35B24R merupakan kode pengganti NS40Z, yang artinya 35 = 35Ah, B = kode pabrik, 24 = panjang 24 cm, dan R= Right (kanan).

DIN Type

Lain halnya dengan type JIS, type DIN memiliki arti yang berbeda lagi. Namun penamaannya lebih simpel. Kode aki DIN hanya berupa rangkaian lima angka. Yang perlu diperhatikan, adalah tiga digit angka terdepan yang menunjukkan kapasitas powernya.

Digit pertama melambangkan angka pertama daya, 5 = 0, 6 = 1, 7 = 2. kedua angka berikutnya tinggal ditempelkan ke angka pertama untuk mengetahui daya aki. Misal kode 55533, angka pertama 5 = 0, lalu dua angka berikutnya 55, maka daya aki ini adalah 055Ah. Contoh lain kode 60038, yang berarti angka pertama 6 = 1, dan angka dua berikutnya 00, yang artinya daya aki ini adalah 100Ah.

Seluruh aki punya kode besar dan letak kepala pole akinya itu “tenggelam“ (sering disebut mendem), sehingga total tinggi/TT (ditambah tinggi pole) sama dengan tinggi/T (hanya sampai wadah aki). Beda dengan aki JIS yang punya kepala pole akinya “timbul ke atas“ (sering disebut nongol), sehingga total tinggi/TT lebih besar dari tinggi aki/T. Oleh sebab itu, aki type JIS dan DIN mempunyai penggunaan yang relatif berbeda, yang cenderung disesuaikan dengan spesifik jenis mobil.

Jadi, sekarang tidak perlu binggung lagi melihat ukuran ampere yang digunakan di mobil kita. Dengan mencermati ukuran aki lama di mobil kita, pasti sudah mudah menentukan berapa ampere ukuran yang cocok untuk ditemukan aki yang cocok dengan kendaraan kita. Bukan hanya itu, kita juga bisa mencari aki berkapasitas lebih besar yang disesuaikan dengan breket aki standar.Semoga bermanfaat. (wie)

Re: Forum spare parts part II

Posted: Fri Jul 23, 2010 16:40
by DOHC
hah masa sehh gara2 HU doank... soalnya di panther ane pake pionner seri 3... itu volume 8 aja uda berasa tendangan bass nya, padahal cuman nambah speaker coaxial merek skeleton doank.. kaga pake sub pula.... sdgkan dgn HU dan speaker yg sama dipasang di atoz temen ane malah jadi cupu gt suaranya, volume ampe 18 aja masi berasa biasa aja gt...

btw kalo emang dari HU, bearti HU nya ipah jelek banget donk yah, padahal uda 2 din tuh... bagusan lipina punya... :upss: :upss:

Re: Forum spare parts part II

Posted: Fri Jul 23, 2010 16:41
by BADAK
Kenceng gak nya sound gak dipengaruhi besarnya daya aki DOHC.
Kalo kurang daya biasanya suara akan terasa mbrebet (nyendat2) saat volume tinggi, akibat power kekurangan pasokan.
Coba aja diganti tipe JASO 55aH rasanya udah mumpuni. Setau gw lipina hrs ngerubah dudukan aki kl diganti aki lebih dr 45aH. Kalo ipah bensin herannya dr dealer cmn dikasi aki 32aH. Wew, mobilnya segede gajah tp aki nya minim banget :e-doh:

Re: Forum spare parts part II

Posted: Fri Jul 23, 2010 16:46
by DOHC
hoo kaga di pengaruhi tohh... bearti emang bener dah.. tuh HU bawaan ipah jelekan punya... btw aki lipina mahh ane kaga mau ganti ukuran ke yg lebi gede dakk.. toh jg uda ckup koq buat pemakaian standard...

nah kalo ipah bensin ane mo upgrade ke aki yg lebi gede mendingan pake type brapa dak... trus aman ga tuh kalo di upgrade gt...