Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 694
- Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35
Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
Dear Smers
Di jaman krisis sekarang saya pengen mengajak Smers untuk menghemat biaya perawatan mobil anda.
Adalah hal yang menjengkelkan ketika kita di charge mahal oleh bengkel atas suatu jasa yang sebenarnya ringan dan memungkinkan untuk dilakukan sendiri
Kita mulai dengan Langkah2 Tune up yang dikerjakan seluruh bengkel di dunia untuk mesin bensin baik teknologi lawas sampai teknologi abad 22 Doraemon
1.Bersihkan filter udara anda sebulan sekali atau selambat2nya 2500 km sekali
cukup lepaskan kait di boks filter lalu ke tukang ban kasih 1000 suruh semprot pake kompressor
Ingat arah semprotan harus ke muka filter yang disedot Throttle body atau karbu.Jangan terbalik
2.Bersihkan filter bensin anda.Siapkan kunci pas 14 lalu lepaskan baut selang dari tangki dan yang menuju TB.setelah lepas,semprotkan kompresor lalu semprotkan fuel system cleaner yang bisa dibeli di toko2 oli atau bengkel.
Klo terlalu kotor bisa bongkar filter dan bersihkan elemen dalamnya.Tapi klo anda takut serahkan ke mekanik
3.Bersihkan dan stel ulang gap busi
bersihkan busi pakai kertas gosok (di toko bangunan) dan stel gap busi pakai feeler gauge (beli di toko tools) pasang 0.8 mm - 1.1 mm tergantung petunjuk di kemasan busi
4.Stel klep (khusus non HLA dan non SHIM) Agak susah nih.
Putar baut puli van belt pada kondisi gigi netral dengan kunci 16,cari posisi top silinder dengan memperhatikan tanda di pulley.Stel kerenggangan klep dengan feeler gauge sesuai anjuran di kap mesin
5.stel timing pengapian (untuk mobil yang distributor dan delco)
Capitkan salah satu mulut buaya pada salah satu kabel busi arahkan timing light ke pulley cari tandanya stel derajat pengapian dengan memutar baut di delco.Sesuaikan dengan anjuran pabrik
6.Semprotkan Injector/TB cleaner ke ruang bakar dan mulut TB.
7.Cek water coolant radiator,tambahkan bila perlu
8.Cek Minyak rem,minyak power steering dll.Tambahkan bila perlu
9.Tambahkan air aki bila kurang
Mungkin point2 diatas agak susah dilakukan terutama stel klep dan timing pengapian
Namun bila mobil anda seperti vios,blazer dohc,dll anda tidak perlu melakukannya.Stel klep umum dilakukan di mesin SOHC non HLA macam honda,daihatsu dll
sedangkan stel pengapian masih umum di Great corolla,soluna,civic yang masih pake distributor
dengan cara2 diatas anda dapat menyimpan dana service rutin untuk keperluan lain (spooring,balancing,oli bagus,susu bayi,hehe)
Mobil sehat,anak sehat istri senang hehe
Maap bila ada yang kurang,maklum agak ngantuk dah malem,.Klo mau konsultasi lagi atau mau ningkatin performa bisa tanyakan lagi.Insya Allah akan saya jawab.
Salam
Di jaman krisis sekarang saya pengen mengajak Smers untuk menghemat biaya perawatan mobil anda.
Adalah hal yang menjengkelkan ketika kita di charge mahal oleh bengkel atas suatu jasa yang sebenarnya ringan dan memungkinkan untuk dilakukan sendiri
Kita mulai dengan Langkah2 Tune up yang dikerjakan seluruh bengkel di dunia untuk mesin bensin baik teknologi lawas sampai teknologi abad 22 Doraemon
1.Bersihkan filter udara anda sebulan sekali atau selambat2nya 2500 km sekali
cukup lepaskan kait di boks filter lalu ke tukang ban kasih 1000 suruh semprot pake kompressor
Ingat arah semprotan harus ke muka filter yang disedot Throttle body atau karbu.Jangan terbalik
2.Bersihkan filter bensin anda.Siapkan kunci pas 14 lalu lepaskan baut selang dari tangki dan yang menuju TB.setelah lepas,semprotkan kompresor lalu semprotkan fuel system cleaner yang bisa dibeli di toko2 oli atau bengkel.
Klo terlalu kotor bisa bongkar filter dan bersihkan elemen dalamnya.Tapi klo anda takut serahkan ke mekanik
3.Bersihkan dan stel ulang gap busi
bersihkan busi pakai kertas gosok (di toko bangunan) dan stel gap busi pakai feeler gauge (beli di toko tools) pasang 0.8 mm - 1.1 mm tergantung petunjuk di kemasan busi
4.Stel klep (khusus non HLA dan non SHIM) Agak susah nih.
Putar baut puli van belt pada kondisi gigi netral dengan kunci 16,cari posisi top silinder dengan memperhatikan tanda di pulley.Stel kerenggangan klep dengan feeler gauge sesuai anjuran di kap mesin
5.stel timing pengapian (untuk mobil yang distributor dan delco)
Capitkan salah satu mulut buaya pada salah satu kabel busi arahkan timing light ke pulley cari tandanya stel derajat pengapian dengan memutar baut di delco.Sesuaikan dengan anjuran pabrik
6.Semprotkan Injector/TB cleaner ke ruang bakar dan mulut TB.
7.Cek water coolant radiator,tambahkan bila perlu
8.Cek Minyak rem,minyak power steering dll.Tambahkan bila perlu
9.Tambahkan air aki bila kurang
Mungkin point2 diatas agak susah dilakukan terutama stel klep dan timing pengapian
Namun bila mobil anda seperti vios,blazer dohc,dll anda tidak perlu melakukannya.Stel klep umum dilakukan di mesin SOHC non HLA macam honda,daihatsu dll
sedangkan stel pengapian masih umum di Great corolla,soluna,civic yang masih pake distributor
dengan cara2 diatas anda dapat menyimpan dana service rutin untuk keperluan lain (spooring,balancing,oli bagus,susu bayi,hehe)
Mobil sehat,anak sehat istri senang hehe
Maap bila ada yang kurang,maklum agak ngantuk dah malem,.Klo mau konsultasi lagi atau mau ningkatin performa bisa tanyakan lagi.Insya Allah akan saya jawab.
Salam
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 694
- Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
Postingan lagi negh buat yang mau bikin kerja ac berkurang and makin dingin di kabin
Caranya beli pembalut ac seperti yang dipake ac2 di rumah,trus balut selang2 ac yang ada di kap mesin,khususnya bagian sambungan2 dan yang deket sumber panas seperti header dll.
Fungsinya biar mencegah udara di selang yang mau menuju kabin keluar karna panas dapat diminimalisir.Istilah thermonya menjaga suhu didalam.
Sudah ane buktikan di 3 mobil ane.Asyiknya mobil makin dingin loh.
Terus yang mau upgrade performance dengan dana terbatas bisa ganti header dulu.
Langsung ngefek lo performanya.Kecuali new jazz 2007 keatas yang header standartnya sudah bagus
Caranya beli pembalut ac seperti yang dipake ac2 di rumah,trus balut selang2 ac yang ada di kap mesin,khususnya bagian sambungan2 dan yang deket sumber panas seperti header dll.
Fungsinya biar mencegah udara di selang yang mau menuju kabin keluar karna panas dapat diminimalisir.Istilah thermonya menjaga suhu didalam.
Sudah ane buktikan di 3 mobil ane.Asyiknya mobil makin dingin loh.
Terus yang mau upgrade performance dengan dana terbatas bisa ganti header dulu.
Langsung ngefek lo performanya.Kecuali new jazz 2007 keatas yang header standartnya sudah bagus
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Wed Aug 06, 2008 3:44
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
nice info bro... Thanks
Failure is just another stepping stone to success.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 631
- Joined: Sat May 17, 2008 16:29
- Location: Lippo Cikarang
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
dicoba ah..
Never tell me the sky's the limit when there are footprints on the moon.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
nice-nice inpo........tar praktekin ah....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
Info bagus, sayang gw cuma bisa praktekin yg no 7, 8, dan 9 hehehe.....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Thu Jun 28, 2007 2:26
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
Mau nanya Oli Minyak Rem nih....... kata orang beres honda kalo kurang jgn di tambah, krn ini indikator tingkat keausan rem... (kecuali ada kebocoran....) bener gak sih
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 63
- Joined: Mon Jul 14, 2008 0:33
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
Bro mobil gw altis vvt-i '04...
Kalo mau tune up di bengkel gt biasanya pekerjaannya meliputi apa aja yah? Kan katanya stel klep ud gak perlu ya.. Biar gak dibegoin nanti ama orang bengkel...
Trus carbon cleaner tuh diapain sich? Ada yg pake DCS ada juga carbon spirit..
Bedanya apa ya? Sori banyak tanya bro..
Kalo mau tune up di bengkel gt biasanya pekerjaannya meliputi apa aja yah? Kan katanya stel klep ud gak perlu ya.. Biar gak dibegoin nanti ama orang bengkel...
Trus carbon cleaner tuh diapain sich? Ada yg pake DCS ada juga carbon spirit..
Bedanya apa ya? Sori banyak tanya bro..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 694
- Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
Kan yang nomer 1 bisa omRisol1 wrote:Info bagus, sayang gw cuma bisa praktekin yg no 7, 8, dan 9 hehehe.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 694
- Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
Klo untuk sedan toyota yang menganut twincam rata2 dah ga perlu stel klep karena dilengkapi SHIM.LeQ wrote:Bro mobil gw altis vvt-i '04...
Kalo mau tune up di bengkel gt biasanya pekerjaannya meliputi apa aja yah? Kan katanya stel klep ud gak perlu ya.. Biar gak dibegoin nanti ama orang bengkel...
Trus carbon cleaner tuh diapain sich? Ada yg pake DCS ada juga carbon spirit..
Bedanya apa ya? Sori banyak tanya bro..
Altis udah pake SHIM.Banyak bengkel nakal,tune up cuma bersihin filter and busi doang.Juga di bengkel resmi hal ini lazim terjadi.karena saya pernah magang di auto 2000.mekaniknya males2 and asal maen ganti.Untung Toyota mesinnya durable.
Benernya DCS and carbon spirit sama tujuannya.Menghilangkan kerak.
Namun Carbon spirit lebih keras dan perlu kompresor untuk mmenyedot lagi cairan dari ruang bakar.
Klo DCS ga perlu pake kompresor.Semprot sendiri,trus distater selesai.
Kata orang2 sih lebih ampuh Carbon spirit,tapi ribet,ga bisa dikerjain sendiri,ga bisa buat bersihin busi and Throttle Body and Karburator.
Klo DCS murah and simpel.Buat bersihin delco dari air juga bisa.Klo mogok tinggal semprot ke delco stater,banjir bukan lagi masalah buat pengapian konvensional.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 694
- Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
Seharusnya memang minyak rem tidak berkurang.Namun pada kenyataanya banyak bocor halus yang mengakibatkan minyak rem berkurang.gemelli wrote:Mau nanya Oli Minyak Rem nih....... kata orang beres honda kalo kurang jgn di tambah, krn ini indikator tingkat keausan rem... (kecuali ada kebocoran....) bener gak sih
Klo kurang trus ga ditambah,jadi bahaya dung.Harus dikeluarin udaranya (dikuras and diisi lagi/ditambah)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 277
- Joined: Wed Jun 18, 2008 12:37
- Location: Kampungnya Rambo
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
Nice info yah bro, thank you
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
LeQ wrote:Bro mobil gw altis vvt-i '04...
Kalo mau tune up di bengkel gt biasanya pekerjaannya meliputi apa aja yah? Kan katanya stel klep ud gak perlu ya.. Biar gak dibegoin nanti ama orang bengkel...
iya ney, sy jg punya problem sama ky gini.....mobil sy baleno 1.6, nah ada yg bilang klo tune-up sebaiknya skalian sm setel klep.....tp kadang orang bengkel bilang g perlu...??
yg bener tu yg ky gmana ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 694
- Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
Stel klep sangat perlu bos
Supaya ga longgar klepnya
Klo longgar boros and tarikan rada ga enak
Klo baleno 1.6 apakah ada HLA atau coin shimnya?
Klo ada salah satu dari diatas
Maka ga perlu stel klep
kecuali HLa and coinnya aus
Jujur aja stel klep
merupakan pekerjaan paling susah dari langkah2 tune up diatas
Wajar klo bengkel,agak males dalam hal ini
Supaya ga longgar klepnya
Klo longgar boros and tarikan rada ga enak
Klo baleno 1.6 apakah ada HLA atau coin shimnya?
Klo ada salah satu dari diatas
Maka ga perlu stel klep
kecuali HLa and coinnya aus
Jujur aja stel klep
merupakan pekerjaan paling susah dari langkah2 tune up diatas
Wajar klo bengkel,agak males dalam hal ini
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
wadooh......g ngarti ney oompaddock wrote:Stel klep sangat perlu bos
Supaya ga longgar klepnya
Klo longgar boros and tarikan rada ga enak
Klo baleno 1.6 apakah ada HLA atau coin shimnya?
Klo ada salah satu dari diatas
Maka ga perlu stel klep
kecuali HLa and coinnya aus
Jujur aja stel klep
merupakan pekerjaan paling susah dari langkah2 tune up diatas
Wajar klo bengkel,agak males dalam hal ini
tolong jelasin donk..........
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 63
- Joined: Mon Jul 14, 2008 0:33
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
Ok berarti buat Altis gak perlu stel klep ya bro..paddock wrote: Klo untuk sedan toyota yang menganut twincam rata2 dah ga perlu stel klep karena dilengkapi SHIM.
Altis udah pake SHIM.Banyak bengkel nakal,tune up cuma bersihin filter and busi doang.Juga di bengkel resmi hal ini lazim terjadi.karena saya pernah magang di auto 2000.mekaniknya males2 and asal maen ganti.Untung Toyota mesinnya durable.
Benernya DCS and carbon spirit sama tujuannya.Menghilangkan kerak.
Namun Carbon spirit lebih keras dan perlu kompresor untuk mmenyedot lagi cairan dari ruang bakar.
Klo DCS ga perlu pake kompresor.Semprot sendiri,trus distater selesai.
Kata orang2 sih lebih ampuh Carbon spirit,tapi ribet,ga bisa dikerjain sendiri,ga bisa buat bersihin busi and Throttle Body and Karburator.
Klo DCS murah and simpel.Buat bersihin delco dari air juga bisa.Klo mogok tinggal semprot ke delco stater,banjir bukan lagi masalah buat pengapian konvensional.
Nah kalo gw mau tune up di bengkel gt langkah2 pengerjaan meliputi apa aja donk bro? biar gak ketipu ama bengkel nakal kaya yg bro blg.
Trus ternyata oli yg dipake skrg 20W-50, kalo gw mau ganti ke 10W-40 mendingan tune up dulu or gimana? Perlu DCS gak bro?
Kmrn liat di toko ada DCS engine flush lebih murah harganya.. kalo yg ini buat apa?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
master paddock,
ane pengen konsultasi nih sama master, pajero ane V6 3.0 bensin thn 97, sehari2 minum premium, km 75rb. gw pegang sejak km 55rb, dan selama ini service berkala 5ribuan aja di bengkel resmi + ganti timing belt & kuras tanki waktu kam 60rb. Oli sekarang pake motul 15w-50. sampai saat ini kondisi baik2 aja tapi bensin dalkot 1:5 yang menurut ane sebagai nyubay mungkin bisa lebih diefisienkan lagi, karena bau asap si pajero dan si eterna kalo dicium terasa lebih jernih eterna, ane niru2 cara montirnya eterna yg waktu nyetel mesinnya eterna pake sensor panca indra, nyetel CO dgn cara ngebauin asapnya, hasilnya emang nyuusss.. oli si pajero baik2 saja, oli ngga berkurang, jadi ga ada masalah oli rembes ke ruang pembakaran
ane pengen serice 75rb, minta saran master paddock sebaiknya service apa aja nih supaya performance ga turun tapi bisa lebih irit, syukur2 bisa dapet 1:7 dalkot. yg kepikiran sih carbon clean & injector clean. mohon info jg bengkel yg recommended nanganin pajero yg tua2 keladi ini. sampai saat ini sih langganan di bengkel resmi mitsu di tebet, puas2 aja tapi kali aja ada yg lebih baik
ane pengen konsultasi nih sama master, pajero ane V6 3.0 bensin thn 97, sehari2 minum premium, km 75rb. gw pegang sejak km 55rb, dan selama ini service berkala 5ribuan aja di bengkel resmi + ganti timing belt & kuras tanki waktu kam 60rb. Oli sekarang pake motul 15w-50. sampai saat ini kondisi baik2 aja tapi bensin dalkot 1:5 yang menurut ane sebagai nyubay mungkin bisa lebih diefisienkan lagi, karena bau asap si pajero dan si eterna kalo dicium terasa lebih jernih eterna, ane niru2 cara montirnya eterna yg waktu nyetel mesinnya eterna pake sensor panca indra, nyetel CO dgn cara ngebauin asapnya, hasilnya emang nyuusss.. oli si pajero baik2 saja, oli ngga berkurang, jadi ga ada masalah oli rembes ke ruang pembakaran
ane pengen serice 75rb, minta saran master paddock sebaiknya service apa aja nih supaya performance ga turun tapi bisa lebih irit, syukur2 bisa dapet 1:7 dalkot. yg kepikiran sih carbon clean & injector clean. mohon info jg bengkel yg recommended nanganin pajero yg tua2 keladi ini. sampai saat ini sih langganan di bengkel resmi mitsu di tebet, puas2 aja tapi kali aja ada yg lebih baik
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
nice nice info
anda pernah magang di toyota?
jurusan mesin ya bro, pantesan komplit infonya
anda pernah magang di toyota?
jurusan mesin ya bro, pantesan komplit infonya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 694
- Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
HLA itu hydraulic Lash adjusterdoq wrote:wadooh......g ngarti ney oompaddock wrote:Stel klep sangat perlu bos
Supaya ga longgar klepnya
Klo longgar boros and tarikan rada ga enak
Klo baleno 1.6 apakah ada HLA atau coin shimnya?
Klo ada salah satu dari diatas
Maka ga perlu stel klep
kecuali HLa and coinnya aus
Jujur aja stel klep
merupakan pekerjaan paling susah dari langkah2 tune up diatas
Wajar klo bengkel,agak males dalam hal ini
tolong jelasin donk..........
Fungsinya menjaga kerenggangan klep agar tidak berubah
Berbeda dengan non HLA dan non SHIM layaknya mobil Honda rata2.
Setiap 5000 km sekali harus stel klep
SHIM itu bentuknya seperti coin.Umum dipake toyota.
Harganya lebih murah dibanding HLA.
SHIM dan HLA tentu punya masa pakai.Bila diatas 100 ribu mulai terdengar tek2
Itu tandanya HLA minta diganti
Saya kurang tahu Baleno udah HLA/SHIM apa belum.Caranya tentu bongkar cover head.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 694
- Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
Altis ga perlu stel klep.Perlunya ganti SHIM bila kilometer dah diatas 100 rebu atau bunyi tek tek.LeQ wrote:Ok berarti buat Altis gak perlu stel klep ya bro..paddock wrote: Klo untuk sedan toyota yang menganut twincam rata2 dah ga perlu stel klep karena dilengkapi SHIM.
Altis udah pake SHIM.Banyak bengkel nakal,tune up cuma bersihin filter and busi doang.Juga di bengkel resmi hal ini lazim terjadi.karena saya pernah magang di auto 2000.mekaniknya males2 and asal maen ganti.Untung Toyota mesinnya durable.
Benernya DCS and carbon spirit sama tujuannya.Menghilangkan kerak.
Namun Carbon spirit lebih keras dan perlu kompresor untuk mmenyedot lagi cairan dari ruang bakar.
Klo DCS ga perlu pake kompresor.Semprot sendiri,trus distater selesai.
Kata orang2 sih lebih ampuh Carbon spirit,tapi ribet,ga bisa dikerjain sendiri,ga bisa buat bersihin busi and Throttle Body and Karburator.
Klo DCS murah and simpel.Buat bersihin delco dari air juga bisa.Klo mogok tinggal semprot ke delco stater,banjir bukan lagi masalah buat pengapian konvensional.
Nah kalo gw mau tune up di bengkel gt langkah2 pengerjaan meliputi apa aja donk bro? biar gak ketipu ama bengkel nakal kaya yg bro blg.
Trus ternyata oli yg dipake skrg 20W-50, kalo gw mau ganti ke 10W-40 mendingan tune up dulu or gimana? Perlu DCS gak bro?
Kmrn liat di toko ada DCS engine flush lebih murah harganya.. kalo yg ini buat apa?
Klo ganti oli enaknya tune up dulu baru ganti oli.Tpi sama aja sih.Enaknya bro aja deh.
Klo engine flush itu gunanya menguras oli lama di mesin.Biasanya dipake bengkel2 klo customer pindah jenis kekentalan oli.Misal dari 20-50 ke 10-40.saya sendiri belum pernah pake hehe.
Untuk mobil dah SHIM and HLA disarankan pake 10-40 agar awet HLAnya.
Langkah2 tune up setidaknya mencakup yang saya tulis di awal
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 694
- Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
Kayaknya stelannya terlalu rich ya.Klo nyetel ini pakai alat khusus.Coba sambangi bengkel2 atau tuner ternama seperti firna Protechnick atau Garden Speed.Minta di stel lagi COnya.gmx wrote:master paddock,
ane pengen konsultasi nih sama master, pajero ane V6 3.0 bensin thn 97, sehari2 minum premium, km 75rb. gw pegang sejak km 55rb, dan selama ini service berkala 5ribuan aja di bengkel resmi + ganti timing belt & kuras tanki waktu kam 60rb. Oli sekarang pake motul 15w-50. sampai saat ini kondisi baik2 aja tapi bensin dalkot 1:5 yang menurut ane sebagai nyubay mungkin bisa lebih diefisienkan lagi, karena bau asap si pajero dan si eterna kalo dicium terasa lebih jernih eterna, ane niru2 cara montirnya eterna yg waktu nyetel mesinnya eterna pake sensor panca indra, nyetel CO dgn cara ngebauin asapnya, hasilnya emang nyuusss.. oli si pajero baik2 saja, oli ngga berkurang, jadi ga ada masalah oli rembes ke ruang pembakaran
ane pengen serice 75rb, minta saran master paddock sebaiknya service apa aja nih supaya performance ga turun tapi bisa lebih irit, syukur2 bisa dapet 1:7 dalkot. yg kepikiran sih carbon clean & injector clean. mohon info jg bengkel yg recommended nanganin pajero yg tua2 keladi ini. sampai saat ini sih langganan di bengkel resmi mitsu di tebet, puas2 aja tapi kali aja ada yg lebih baik
Klo mau enak maka harus bersih2 ruang bakar dari kerak.bersihin Throttle Body.dll.Bisa pake DCS atau Gzox engine conditioner.Semprotkan lewat TB dengan melepas pipa filter udaranya lalu buka busi dan semprotkan lewat lubang busi.
Bersihkan busi dan stel kerenggangannya
Pasang busi dan filternya lagi
terus gas sampe 5000 rpm sampe asap hilang.
Klo pengen irit sebenarnya mesin 3000 cc ga bisa irit2.karena sudah diperhitungkan sama orang jepangnya masak kalah sama tuner lokal? hehe
Paling enak sih stel timing pengapian yang sesuai.Ganti filter bensin dan filter udara tiap 40.000 km sekali.Sering2 bersihkan juga kedua filter tersebut.
Porting Polished bisa jadi pilihan.sediakan dana agak besar tapi.1.8 juta buat PnP (firna pro)+ongkos lepas head 500 ribuan+paking top set (ini yang kurang tahu) sama cek kondisi HLA/SHIM
biasanya agak iritan meski ga banyak.Tapi klo Pajero sudah dilengkapi knock sensor atau distributorless maka timing pengapian ga bisa diutak atik.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 694
- Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
Pernah bro kira2 september-oktober kemaren.Kebetulan toyota nawari magang 1 hari sabtu dimana ga ada kuliah.Tapi ilmunya nol hehe,.Males2 mekaniknya.dan banyakan parts masih bagus,minta diganti baru.evolution21 wrote:nice nice info
anda pernah magang di toyota?
jurusan mesin ya bro, pantesan komplit infonya
Yup mesin its.Tapi ga diajari bro di kuliah,belajar sendiri dari kenalan bengkel and tuner2 klo lagi kumpul2 mau bali kayak di asaf gtu,.Cuma ini di surabaya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
@ paddock: untuk memasang busi kembali setelah kita lakukan poin no.3 bukannya ada aturan putaran maksimalnya supaya busi terpasang dengan baik?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 694
- Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
Ada bro esh.Klo di busi autolite XP itu setengah atau 1/4 putaran ke kanan dimulai dari busi sudah agak mengencang.Agak2 lupa sih.esh wrote:@ paddock: untuk memasang busi kembali setelah kita lakukan poin no.3 bukannya ada aturan putaran maksimalnya supaya busi terpasang dengan baik?
Klo busi merk lain saya ga tahu.Klo di busi autolite ada petunjuknya di kemasan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1643
- Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15
Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda
bro, kalo bensin yg kecampur solar (walau pun dlm jumlah sgt dikit), apakah bs merusak mobil kita?