Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda

Post by paddock »

Dear Smers

Di jaman krisis sekarang saya pengen mengajak Smers untuk menghemat biaya perawatan mobil anda.
Adalah hal yang menjengkelkan ketika kita di charge mahal oleh bengkel atas suatu jasa yang sebenarnya ringan dan memungkinkan untuk dilakukan sendiri

Kita mulai dengan Langkah2 Tune up yang dikerjakan seluruh bengkel di dunia untuk mesin bensin baik teknologi lawas sampai teknologi abad 22 Doraemon :big_peace:

1.Bersihkan filter udara anda sebulan sekali atau selambat2nya 2500 km sekali
cukup lepaskan kait di boks filter lalu ke tukang ban kasih 1000 suruh semprot pake kompressor
Ingat arah semprotan harus ke muka filter yang disedot Throttle body atau karbu.Jangan terbalik

2.Bersihkan filter bensin anda.Siapkan kunci pas 14 lalu lepaskan baut selang dari tangki dan yang menuju TB.setelah lepas,semprotkan kompresor lalu semprotkan fuel system cleaner yang bisa dibeli di toko2 oli atau bengkel.
Klo terlalu kotor bisa bongkar filter dan bersihkan elemen dalamnya.Tapi klo anda takut serahkan ke mekanik

3.Bersihkan dan stel ulang gap busi
bersihkan busi pakai kertas gosok (di toko bangunan) dan stel gap busi pakai feeler gauge (beli di toko tools) pasang 0.8 mm - 1.1 mm tergantung petunjuk di kemasan busi

4.Stel klep (khusus non HLA dan non SHIM) Agak susah nih.
Putar baut puli van belt pada kondisi gigi netral dengan kunci 16,cari posisi top silinder dengan memperhatikan tanda di pulley.Stel kerenggangan klep dengan feeler gauge sesuai anjuran di kap mesin

5.stel timing pengapian (untuk mobil yang distributor dan delco)
Capitkan salah satu mulut buaya pada salah satu kabel busi arahkan timing light ke pulley cari tandanya stel derajat pengapian dengan memutar baut di delco.Sesuaikan dengan anjuran pabrik

6.Semprotkan Injector/TB cleaner ke ruang bakar dan mulut TB.

7.Cek water coolant radiator,tambahkan bila perlu

8.Cek Minyak rem,minyak power steering dll.Tambahkan bila perlu

9.Tambahkan air aki bila kurang

Mungkin point2 diatas agak susah dilakukan terutama stel klep dan timing pengapian
Namun bila mobil anda seperti vios,blazer dohc,dll anda tidak perlu melakukannya.Stel klep umum dilakukan di mesin SOHC non HLA macam honda,daihatsu dll
sedangkan stel pengapian masih umum di Great corolla,soluna,civic yang masih pake distributor

dengan cara2 diatas anda dapat menyimpan dana service rutin untuk keperluan lain (spooring,balancing,oli bagus,susu bayi,hehe)

Mobil sehat,anak sehat istri senang hehe

Maap bila ada yang kurang,maklum agak ngantuk dah malem,.Klo mau konsultasi lagi atau mau ningkatin performa bisa tanyakan lagi.Insya Allah akan saya jawab.

Salam
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda

Post by paddock »

Postingan lagi negh buat yang mau bikin kerja ac berkurang and makin dingin di kabin

Caranya beli pembalut ac seperti yang dipake ac2 di rumah,trus balut selang2 ac yang ada di kap mesin,khususnya bagian sambungan2 dan yang deket sumber panas seperti header dll.

Fungsinya biar mencegah udara di selang yang mau menuju kabin keluar karna panas dapat diminimalisir.Istilah thermonya menjaga suhu didalam.

Sudah ane buktikan di 3 mobil ane.Asyiknya mobil makin dingin loh.

Terus yang mau upgrade performance dengan dana terbatas bisa ganti header dulu.
Langsung ngefek lo performanya.Kecuali new jazz 2007 keatas yang header standartnya sudah bagus
User avatar
gioprivatemove
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Wed Aug 06, 2008 3:44

Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda

Post by gioprivatemove »

nice info bro... Thanks
Failure is just another stepping stone to success.
User avatar
MasterzerO
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 631
Joined: Sat May 17, 2008 16:29
Location: Lippo Cikarang

Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda

Post by MasterzerO »

dicoba ah.. :thanks:
Never tell me the sky's the limit when there are footprints on the moon.
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda

Post by doq »

nice-nice inpo........tar praktekin ah.... :mrgreen: :thanks:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda

Post by Risol1 »

Info bagus, sayang gw cuma bisa praktekin yg no 7, 8, dan 9 hehehe..... :big_slap:
User avatar
gemelli
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Thu Jun 28, 2007 2:26

Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda

Post by gemelli »

Mau nanya Oli Minyak Rem nih....... kata orang beres honda kalo kurang jgn di tambah, krn ini indikator tingkat keausan rem... (kecuali ada kebocoran....) bener gak sih :thanks:
LeQ
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Mon Jul 14, 2008 0:33

Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda

Post by LeQ »

Bro mobil gw altis vvt-i '04...
Kalo mau tune up di bengkel gt biasanya pekerjaannya meliputi apa aja yah? Kan katanya stel klep ud gak perlu ya.. Biar gak dibegoin nanti ama orang bengkel...
Trus carbon cleaner tuh diapain sich? Ada yg pake DCS ada juga carbon spirit..
Bedanya apa ya? Sori banyak tanya bro.. :thanks:
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda

Post by paddock »

Risol1 wrote:Info bagus, sayang gw cuma bisa praktekin yg no 7, 8, dan 9 hehehe..... :big_slap:
Kan yang nomer 1 bisa om :big_peace:
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda

Post by paddock »

LeQ wrote:Bro mobil gw altis vvt-i '04...
Kalo mau tune up di bengkel gt biasanya pekerjaannya meliputi apa aja yah? Kan katanya stel klep ud gak perlu ya.. Biar gak dibegoin nanti ama orang bengkel...
Trus carbon cleaner tuh diapain sich? Ada yg pake DCS ada juga carbon spirit..
Bedanya apa ya? Sori banyak tanya bro.. :thanks:
Klo untuk sedan toyota yang menganut twincam rata2 dah ga perlu stel klep karena dilengkapi SHIM.
Altis udah pake SHIM.Banyak bengkel nakal,tune up cuma bersihin filter and busi doang.Juga di bengkel resmi hal ini lazim terjadi.karena saya pernah magang di auto 2000.mekaniknya males2 and asal maen ganti.Untung Toyota mesinnya durable.

Benernya DCS and carbon spirit sama tujuannya.Menghilangkan kerak.
Namun Carbon spirit lebih keras dan perlu kompresor untuk mmenyedot lagi cairan dari ruang bakar.
Klo DCS ga perlu pake kompresor.Semprot sendiri,trus distater selesai.

Kata orang2 sih lebih ampuh Carbon spirit,tapi ribet,ga bisa dikerjain sendiri,ga bisa buat bersihin busi and Throttle Body and Karburator.

Klo DCS murah and simpel.Buat bersihin delco dari air juga bisa.Klo mogok tinggal semprot ke delco stater,banjir bukan lagi masalah buat pengapian konvensional.
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda

Post by paddock »

gemelli wrote:Mau nanya Oli Minyak Rem nih....... kata orang beres honda kalo kurang jgn di tambah, krn ini indikator tingkat keausan rem... (kecuali ada kebocoran....) bener gak sih :thanks:
Seharusnya memang minyak rem tidak berkurang.Namun pada kenyataanya banyak bocor halus yang mengakibatkan minyak rem berkurang.

Klo kurang trus ga ditambah,jadi bahaya dung.Harus dikeluarin udaranya (dikuras and diisi lagi/ditambah)
User avatar
rambokampung
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 277
Joined: Wed Jun 18, 2008 12:37
Location: Kampungnya Rambo

Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda

Post by rambokampung »

Nice info yah bro, thank you :mrgreen:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda

Post by doq »

LeQ wrote:Bro mobil gw altis vvt-i '04...
Kalo mau tune up di bengkel gt biasanya pekerjaannya meliputi apa aja yah? Kan katanya stel klep ud gak perlu ya.. Biar gak dibegoin nanti ama orang bengkel...

iya ney, sy jg punya problem sama ky gini.....mobil sy baleno 1.6, nah ada yg bilang klo tune-up sebaiknya skalian sm setel klep.....tp kadang orang bengkel bilang g perlu...??
yg bener tu yg ky gmana ya? :e-think: :e-think:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda

Post by paddock »

Stel klep sangat perlu bos
Supaya ga longgar klepnya

Klo longgar boros and tarikan rada ga enak

Klo baleno 1.6 apakah ada HLA atau coin shimnya?
Klo ada salah satu dari diatas

Maka ga perlu stel klep
kecuali HLa and coinnya aus

Jujur aja stel klep
merupakan pekerjaan paling susah dari langkah2 tune up diatas

Wajar klo bengkel,agak males dalam hal ini
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda

Post by doq »

paddock wrote:Stel klep sangat perlu bos
Supaya ga longgar klepnya

Klo longgar boros and tarikan rada ga enak

Klo baleno 1.6 apakah ada HLA atau coin shimnya?
Klo ada salah satu dari diatas

Maka ga perlu stel klep
kecuali HLa and coinnya aus

Jujur aja stel klep
merupakan pekerjaan paling susah dari langkah2 tune up diatas

Wajar klo bengkel,agak males dalam hal ini
wadooh......g ngarti ney oom :e-wall:
tolong jelasin donk.......... :thanks:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
LeQ
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Mon Jul 14, 2008 0:33

Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda

Post by LeQ »

paddock wrote: Klo untuk sedan toyota yang menganut twincam rata2 dah ga perlu stel klep karena dilengkapi SHIM.
Altis udah pake SHIM.Banyak bengkel nakal,tune up cuma bersihin filter and busi doang.Juga di bengkel resmi hal ini lazim terjadi.karena saya pernah magang di auto 2000.mekaniknya males2 and asal maen ganti.Untung Toyota mesinnya durable.

Benernya DCS and carbon spirit sama tujuannya.Menghilangkan kerak.
Namun Carbon spirit lebih keras dan perlu kompresor untuk mmenyedot lagi cairan dari ruang bakar.
Klo DCS ga perlu pake kompresor.Semprot sendiri,trus distater selesai.

Kata orang2 sih lebih ampuh Carbon spirit,tapi ribet,ga bisa dikerjain sendiri,ga bisa buat bersihin busi and Throttle Body and Karburator.

Klo DCS murah and simpel.Buat bersihin delco dari air juga bisa.Klo mogok tinggal semprot ke delco stater,banjir bukan lagi masalah buat pengapian konvensional.
Ok berarti buat Altis gak perlu stel klep ya bro..
Nah kalo gw mau tune up di bengkel gt langkah2 pengerjaan meliputi apa aja donk bro? biar gak ketipu ama bengkel nakal kaya yg bro blg.

Trus ternyata oli yg dipake skrg 20W-50, kalo gw mau ganti ke 10W-40 mendingan tune up dulu or gimana? Perlu DCS gak bro?
Kmrn liat di toko ada DCS engine flush lebih murah harganya.. kalo yg ini buat apa?
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda

Post by gmx »

master paddock,
ane pengen konsultasi nih sama master, pajero ane V6 3.0 bensin thn 97, sehari2 minum premium, km 75rb. gw pegang sejak km 55rb, dan selama ini service berkala 5ribuan aja di bengkel resmi + ganti timing belt & kuras tanki waktu kam 60rb. Oli sekarang pake motul 15w-50. sampai saat ini kondisi baik2 aja tapi bensin dalkot 1:5 yang menurut ane sebagai nyubay mungkin bisa lebih diefisienkan lagi, karena bau asap si pajero dan si eterna kalo dicium terasa lebih jernih eterna, ane niru2 cara montirnya eterna yg waktu nyetel mesinnya eterna pake sensor panca indra, nyetel CO dgn cara ngebauin asapnya, hasilnya emang nyuusss.. oli si pajero baik2 saja, oli ngga berkurang, jadi ga ada masalah oli rembes ke ruang pembakaran

ane pengen serice 75rb, minta saran master paddock sebaiknya service apa aja nih supaya performance ga turun tapi bisa lebih irit, syukur2 bisa dapet 1:7 dalkot. yg kepikiran sih carbon clean & injector clean. mohon info jg bengkel yg recommended nanganin pajero yg tua2 keladi ini. sampai saat ini sih langganan di bengkel resmi mitsu di tebet, puas2 aja tapi kali aja ada yg lebih baik
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda

Post by evolution21 »

nice nice info
anda pernah magang di toyota?
jurusan mesin ya bro, pantesan komplit infonya :e-clap:
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda

Post by paddock »

doq wrote:
paddock wrote:Stel klep sangat perlu bos
Supaya ga longgar klepnya

Klo longgar boros and tarikan rada ga enak

Klo baleno 1.6 apakah ada HLA atau coin shimnya?
Klo ada salah satu dari diatas

Maka ga perlu stel klep
kecuali HLa and coinnya aus

Jujur aja stel klep
merupakan pekerjaan paling susah dari langkah2 tune up diatas

Wajar klo bengkel,agak males dalam hal ini
wadooh......g ngarti ney oom :e-wall:
tolong jelasin donk.......... :thanks:
HLA itu hydraulic Lash adjuster
Fungsinya menjaga kerenggangan klep agar tidak berubah
Berbeda dengan non HLA dan non SHIM layaknya mobil Honda rata2.
Setiap 5000 km sekali harus stel klep

SHIM itu bentuknya seperti coin.Umum dipake toyota.
Harganya lebih murah dibanding HLA.

SHIM dan HLA tentu punya masa pakai.Bila diatas 100 ribu mulai terdengar tek2
Itu tandanya HLA minta diganti

Saya kurang tahu Baleno udah HLA/SHIM apa belum.Caranya tentu bongkar cover head.
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda

Post by paddock »

LeQ wrote:
paddock wrote: Klo untuk sedan toyota yang menganut twincam rata2 dah ga perlu stel klep karena dilengkapi SHIM.
Altis udah pake SHIM.Banyak bengkel nakal,tune up cuma bersihin filter and busi doang.Juga di bengkel resmi hal ini lazim terjadi.karena saya pernah magang di auto 2000.mekaniknya males2 and asal maen ganti.Untung Toyota mesinnya durable.

Benernya DCS and carbon spirit sama tujuannya.Menghilangkan kerak.
Namun Carbon spirit lebih keras dan perlu kompresor untuk mmenyedot lagi cairan dari ruang bakar.
Klo DCS ga perlu pake kompresor.Semprot sendiri,trus distater selesai.

Kata orang2 sih lebih ampuh Carbon spirit,tapi ribet,ga bisa dikerjain sendiri,ga bisa buat bersihin busi and Throttle Body and Karburator.

Klo DCS murah and simpel.Buat bersihin delco dari air juga bisa.Klo mogok tinggal semprot ke delco stater,banjir bukan lagi masalah buat pengapian konvensional.
Ok berarti buat Altis gak perlu stel klep ya bro..
Nah kalo gw mau tune up di bengkel gt langkah2 pengerjaan meliputi apa aja donk bro? biar gak ketipu ama bengkel nakal kaya yg bro blg.

Trus ternyata oli yg dipake skrg 20W-50, kalo gw mau ganti ke 10W-40 mendingan tune up dulu or gimana? Perlu DCS gak bro?
Kmrn liat di toko ada DCS engine flush lebih murah harganya.. kalo yg ini buat apa?
Altis ga perlu stel klep.Perlunya ganti SHIM bila kilometer dah diatas 100 rebu atau bunyi tek tek.
Klo ganti oli enaknya tune up dulu baru ganti oli.Tpi sama aja sih.Enaknya bro aja deh.

Klo engine flush itu gunanya menguras oli lama di mesin.Biasanya dipake bengkel2 klo customer pindah jenis kekentalan oli.Misal dari 20-50 ke 10-40.saya sendiri belum pernah pake hehe.

Untuk mobil dah SHIM and HLA disarankan pake 10-40 agar awet HLAnya.

Langkah2 tune up setidaknya mencakup yang saya tulis di awal
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda

Post by paddock »

gmx wrote:master paddock,
ane pengen konsultasi nih sama master, pajero ane V6 3.0 bensin thn 97, sehari2 minum premium, km 75rb. gw pegang sejak km 55rb, dan selama ini service berkala 5ribuan aja di bengkel resmi + ganti timing belt & kuras tanki waktu kam 60rb. Oli sekarang pake motul 15w-50. sampai saat ini kondisi baik2 aja tapi bensin dalkot 1:5 yang menurut ane sebagai nyubay mungkin bisa lebih diefisienkan lagi, karena bau asap si pajero dan si eterna kalo dicium terasa lebih jernih eterna, ane niru2 cara montirnya eterna yg waktu nyetel mesinnya eterna pake sensor panca indra, nyetel CO dgn cara ngebauin asapnya, hasilnya emang nyuusss.. oli si pajero baik2 saja, oli ngga berkurang, jadi ga ada masalah oli rembes ke ruang pembakaran

ane pengen serice 75rb, minta saran master paddock sebaiknya service apa aja nih supaya performance ga turun tapi bisa lebih irit, syukur2 bisa dapet 1:7 dalkot. yg kepikiran sih carbon clean & injector clean. mohon info jg bengkel yg recommended nanganin pajero yg tua2 keladi ini. sampai saat ini sih langganan di bengkel resmi mitsu di tebet, puas2 aja tapi kali aja ada yg lebih baik
Kayaknya stelannya terlalu rich ya.Klo nyetel ini pakai alat khusus.Coba sambangi bengkel2 atau tuner ternama seperti firna Protechnick atau Garden Speed.Minta di stel lagi COnya.

Klo mau enak maka harus bersih2 ruang bakar dari kerak.bersihin Throttle Body.dll.Bisa pake DCS atau Gzox engine conditioner.Semprotkan lewat TB dengan melepas pipa filter udaranya lalu buka busi dan semprotkan lewat lubang busi.

Bersihkan busi dan stel kerenggangannya

Pasang busi dan filternya lagi

terus gas sampe 5000 rpm sampe asap hilang.

Klo pengen irit sebenarnya mesin 3000 cc ga bisa irit2.karena sudah diperhitungkan sama orang jepangnya masak kalah sama tuner lokal? hehe

Paling enak sih stel timing pengapian yang sesuai.Ganti filter bensin dan filter udara tiap 40.000 km sekali.Sering2 bersihkan juga kedua filter tersebut.

Porting Polished bisa jadi pilihan.sediakan dana agak besar tapi.1.8 juta buat PnP (firna pro)+ongkos lepas head 500 ribuan+paking top set (ini yang kurang tahu) sama cek kondisi HLA/SHIM

biasanya agak iritan meski ga banyak.Tapi klo Pajero sudah dilengkapi knock sensor atau distributorless maka timing pengapian ga bisa diutak atik.
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda

Post by paddock »

evolution21 wrote:nice nice info
anda pernah magang di toyota?
jurusan mesin ya bro, pantesan komplit infonya :e-clap:
Pernah bro kira2 september-oktober kemaren.Kebetulan toyota nawari magang 1 hari sabtu dimana ga ada kuliah.Tapi ilmunya nol hehe,.Males2 mekaniknya.dan banyakan parts masih bagus,minta diganti baru.

Yup mesin its.Tapi ga diajari bro di kuliah,belajar sendiri dari kenalan bengkel and tuner2 klo lagi kumpul2 mau bali kayak di asaf gtu,.Cuma ini di surabaya
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda

Post by esh »

@ paddock: untuk memasang busi kembali setelah kita lakukan poin no.3 bukannya ada aturan putaran maksimalnya supaya busi terpasang dengan baik?
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda

Post by paddock »

esh wrote:@ paddock: untuk memasang busi kembali setelah kita lakukan poin no.3 bukannya ada aturan putaran maksimalnya supaya busi terpasang dengan baik?
Ada bro esh.Klo di busi autolite XP itu setengah atau 1/4 putaran ke kanan dimulai dari busi sudah agak mengencang.Agak2 lupa sih.

Klo busi merk lain saya ga tahu.Klo di busi autolite ada petunjuknya di kemasan
User avatar
TiongBahru_Ahbeng
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1643
Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15

Re: Konsultasi perawatan mesin bensin mobil anda

Post by TiongBahru_Ahbeng »

bro, kalo bensin yg kecampur solar (walau pun dlm jumlah sgt dikit), apakah bs merusak mobil kita?