oh gitu ya.... kalo bisa tau bedanya dimana ya gan antara ikh20 sama vkh20???imsus2c wrote:Kalau di "cross reference", NGK SILFR6A11 ini kompatibel sama DENSO IKH20 atau DENSO VKH20kiddy wrote:sore semua numpang tanya saya pake autolite xp iridium tp kayanya nggak cocok padahal udah pake pertamax tp suara ngegelitik masih ada. di buku manual nya sih disaranin ngk iridium SILFR6A11. kira2 nyari nya dimana ya? udh keliling toko belom nemu, thanks
Serba Serbi Busi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Wed Feb 17, 2010 6:14
Re: Serba Serbi Busi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: Serba Serbi Busi
Beda dikit sih Om. Silakan baca di: http://www.globaldenso.com/en/products/ ... /qa_5.htmlkiddy wrote:oh gitu ya.... kalo bisa tau bedanya dimana ya gan antara ikh20 sama vkh20???imsus2c wrote:Kalau di "cross reference", NGK SILFR6A11 ini kompatibel sama DENSO IKH20 atau DENSO VKH20kiddy wrote:sore semua numpang tanya saya pake autolite xp iridium tp kayanya nggak cocok padahal udah pake pertamax tp suara ngegelitik masih ada. di buku manual nya sih disaranin ngk iridium SILFR6A11. kira2 nyari nya dimana ya? udh keliling toko belom nemu, thanks
VK itu yang Tough, IK itu yang Power.
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Serba Serbi Busi
^^^
Yg seri V (tough), ground-nya platinum
Klaimnya supaya lebih awet lagi dibanding iridium "biasa"
Yg seri V (tough), ground-nya platinum
Klaimnya supaya lebih awet lagi dibanding iridium "biasa"
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27206
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Serba Serbi Busi
@ meener imsus...
utk pembakaran denger2 bagusan yg iridium yahh... trus utk yg NGK konon lebi bagus karena bentuk shape electorde nya V, dibanding denso yg kotak biasa....
utk pembakaran denger2 bagusan yg iridium yahh... trus utk yg NGK konon lebi bagus karena bentuk shape electorde nya V, dibanding denso yg kotak biasa....
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Serba Serbi Busi
iridium aja ternyata dibagi2 kelas lagi..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Serba Serbi Busi
Pengalaman sy di motor, pake busi iridium (harga sekitar 90 ribuan) umur busi pendek (kurang dari 20rb km) utk kondisi harian yg banyak macet2. Yg paling awet dan gak mahal adalah busi bosch Platinum-Iridium series (1 busi mengandung dua unsur)
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Serba Serbi Busi
selama ini denger sih busi iridium kurang worth it cuman ya mungkin kalo yg biasa 2 kali ganti, iridium 1 kali. masih kurang sebanding sama harganya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Serba Serbi Busi
Konon teori dan klaimnya bilang begituDOHC wrote:@ meener imsus...
utk pembakaran denger2 bagusan yg iridium yahh... trus utk yg NGK konon lebi bagus karena bentuk shape electorde nya V, dibanding denso yg kotak biasa....
Tapi salah satu yg terbukti itu konsistensi-nya.
Untuk busi iridium, gap-nya sudah preset dan presisi dari pabrik. Selama businya benar tipe-nya dan mesinnya sehat, ngga ada acara lagi buat setel gap busi sampai umurnya habis
Teori-nya, karena gap-nya presisi dan konsisten, ya pembakaran lebih akurat.
Dan hati2 kalau lagi tune up/servis, terutama bagi para mekanik yg belum ngerti, bisa2 nanti di setel gap-nya, alamat patah itu elektroda-nya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Serba Serbi Busi
Penggunaan busi iridium, dulu di persepsikan utk kendaraan oprekan atau balap, bukan untuk harian.montirangin wrote:selama ini denger sih busi iridium kurang worth it cuman ya mungkin kalo yg biasa 2 kali ganti, iridium 1 kali. masih kurang sebanding sama harganya
Tapi teknologi jaman sekarang, busi jenis ini mulai diaplikasikan ke jenis mobil harian biasa.
Salah satu kelebihan busi iridium ada di umur pakai dan konsistensi (gap) nya.
Busi copper biasa, di periode tertentu mesti di setel ulang gap-nya (5000-7500km sekali)
Ngga masalah untuk yg hobby diy/tune up sendiri di mobil2 lama. Tingga lepas coil dan atau kabel busi, bisa langsung dilepas businya.
Untuk desain mesin mobil2 sekarang, acara lepas busi ini cukup ribet. Ada yg mesti lepas throttle segala (terutama utk mesin yg throttle body-nya di depan dan pakai bahan plastik). Jadi ngga praktis lagi, apalagi kalau setiap 5000 km mesti copot busi buat di cek (dan di stel ulang) gap-nya.
Belum lagi kalau konfigurasi/jumlah busi-nya lebih dari 4 (misalnya 6, 8, 12 dst...), acara cek dan setel gap busi jadi ritual menyebalkan
Dgn konsistensi busi iridium ini, diharapkan mengurangi interval acara melepas busi tadi.
Sama dengan teknologi oli, yg sekarang dirancang untuk tahan 10.000an km
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Serba Serbi Busi
Klo itv20 tu cross-referencednya utk merk lain apa ya?
FWD + eRWD + 4WD + 4WD =
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Serba Serbi Busi
Bisa coba disini: Spark Plug Cross Referenceb8099ok wrote:Klo itv20 tu cross-referencednya utk merk lain apa ya?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Serba Serbi Busi
Beh, cross referencenya sama aja susahimsus2c wrote:Bisa coba disini: Spark Plug Cross Referenceb8099ok wrote:Klo itv20 tu cross-referencednya utk merk lain apa ya?
FWD + eRWD + 4WD + 4WD =
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Sat Feb 21, 2015 6:40
Re: Serba Serbi Busi
Misi agan2...butuh pencerahan,mohon maaf jika di forum sblm nya sdh pernah diulas..
Saya pernah baca (bahasan mengenai busi utk ck4),ada kode R yg berarti busi tsb mempunyai resistor/tahanan. jika kita salah meng-aplikasikan busi -tanpa kode R, bisa mengakibatkan kerusakan serius utamanya pd sektor kelistrikan (panel indikator kacau,bahkan berpengaruh ke kinerja ecu).
Mohon kiranya agan2, suhu dan para master bisa berbagi ilmu disini. Seberapa jauh pengaruh salah aplikasi busi thd mobil dan komponen2 didalamnya? Trmkasih sebelumnya..
Saya pernah baca (bahasan mengenai busi utk ck4),ada kode R yg berarti busi tsb mempunyai resistor/tahanan. jika kita salah meng-aplikasikan busi -tanpa kode R, bisa mengakibatkan kerusakan serius utamanya pd sektor kelistrikan (panel indikator kacau,bahkan berpengaruh ke kinerja ecu).
Mohon kiranya agan2, suhu dan para master bisa berbagi ilmu disini. Seberapa jauh pengaruh salah aplikasi busi thd mobil dan komponen2 didalamnya? Trmkasih sebelumnya..
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27206
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Serba Serbi Busi
yg plg obvious... cobain aj pake busi yg tanpa hambatan nya... trus nyalain radio sambil di gas...fareed wrote:Misi agan2...butuh pencerahan,mohon maaf jika di forum sblm nya sdh pernah diulas..
Saya pernah baca (bahasan mengenai busi utk ck4),ada kode R yg berarti busi tsb mempunyai resistor/tahanan. jika kita salah meng-aplikasikan busi -tanpa kode R, bisa mengakibatkan kerusakan serius utamanya pd sektor kelistrikan (panel indikator kacau,bahkan berpengaruh ke kinerja ecu).
Mohon kiranya agan2, suhu dan para master bisa berbagi ilmu disini. Seberapa jauh pengaruh salah aplikasi busi thd mobil dan komponen2 didalamnya? Trmkasih sebelumnya..
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 498
- Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46
Re: Serba Serbi Busi
Busi tanpa hambatan akan membuat arus yang mengalir lebih besar. otomatis bunga api lebih besar. Bunga api besar bisa mengakibatkan kegagalan pengapian, butuh loncatan baru, sehingga busi dengan elektrode banyak lebih cocok.fareed wrote:Saya pernah baca (bahasan mengenai busi utk ck4),ada kode R yg berarti busi tsb mempunyai resistor/tahanan. jika kita salah meng-aplikasikan busi -tanpa kode R, bisa mengakibatkan kerusakan serius utamanya pd sektor kelistrikan (panel indikator kacau,bahkan berpengaruh ke kinerja ecu).
soal kelistrikan, karena arus di busi lebih besar, otomatis arus yang disedot lebih besar. Komponen standard tidak dirancang untuk sedotan arus yang lebih besar. Efeknya adalah komponen yang dilewati arus akan jadi jauh lebih panas. Kalau panasnya berlebihan, ya jebol. Kalau motor karbu paling cuma coil dan CDInya. kalau injeksi maka ECU juga bisa ikut kena.
Kalau ada pembatas arusnya, pakai busi tanpa resistansi tidak ada efeknya.
menambah tenaga tanpa aditif
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: Serba Serbi Busi
Om kompre, gak salah tuh 2 jam item gitu?
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Serba Serbi Busi
ya begitulah tes pake di tol...smooth
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Serba Serbi Busi
^^^
Dicopot kenapa pak?
Penasaran pengen lihat penampakannya atau kerasa ngga enak kah?
Dicopot kenapa pak?
Penasaran pengen lihat penampakannya atau kerasa ngga enak kah?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Serba Serbi Busi
brebet pak..tarikan awal jg berat..di main2kan pedal gas injak mendadak mobil jg gak mau lompat..
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27206
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Serba Serbi Busi
ngangkat tret lama lagi ahh...
td subuh iseng2 mau ajak si ipah olah raga pagi, apalagi ud berminggu2 kbanyakan jd garage queen... masuk 140an kph ke atas ud agak sulit... bejek ad knocking dikit, dan suara wuosshhh khas TB mesh yg ud diilangin agak berkurang... jd nya stelah ampe rumah, ritual bersih2 TB dan busi, dan cek gap busi dilakukan...
oli masi baru ganti 2600an km yg lalu bserta busi nya...
penampakan busi umur 2600an km, bensin slalu premium tanpa aditip aneh2... oli 5-30 embel2 full syn, filter udara masi baru dan bersih, fuel filter abis ane bersihin minggu lalu...
td skalian di intip di kpala piston, utk piston no 1-4 smua nya seragam, pada sisi pinggir nampak ad leleran oli dikit.. mungkin seal klep ud kena... pantes tiap pagi kl dnyalain ad bau2 oli... utk pinggang busi yg lengket dan bercak2 coklat gt, ane masi ga tau darimana asalnya, seal cover enjin head baru ane ganti beserta seal busi nya...
PR lain nya, kopling kayanya ud mulai agak slip... gigi 5 d 110 kph, d bejek malah slip... umurnya pendek jg ini kopling aisin oem atoyot...
td subuh iseng2 mau ajak si ipah olah raga pagi, apalagi ud berminggu2 kbanyakan jd garage queen... masuk 140an kph ke atas ud agak sulit... bejek ad knocking dikit, dan suara wuosshhh khas TB mesh yg ud diilangin agak berkurang... jd nya stelah ampe rumah, ritual bersih2 TB dan busi, dan cek gap busi dilakukan...
oli masi baru ganti 2600an km yg lalu bserta busi nya...
penampakan busi umur 2600an km, bensin slalu premium tanpa aditip aneh2... oli 5-30 embel2 full syn, filter udara masi baru dan bersih, fuel filter abis ane bersihin minggu lalu...
td skalian di intip di kpala piston, utk piston no 1-4 smua nya seragam, pada sisi pinggir nampak ad leleran oli dikit.. mungkin seal klep ud kena... pantes tiap pagi kl dnyalain ad bau2 oli... utk pinggang busi yg lengket dan bercak2 coklat gt, ane masi ga tau darimana asalnya, seal cover enjin head baru ane ganti beserta seal busi nya...
PR lain nya, kopling kayanya ud mulai agak slip... gigi 5 d 110 kph, d bejek malah slip... umurnya pendek jg ini kopling aisin oem atoyot...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1113
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: Serba Serbi Busi
Sori nih om nubi mau belajar sedikit mengenai busi. Kebetulan mazda2 saya kalo dibejek udh agak berat. Tranmsisi 4 a/t skr serasa transmisi cvt alias kalo dibejek rpm naeknya lemes tp speed naek (kalo downshiftnya sih msh bekerja dgn baik). Posisi km 90rb, ganti oli matic di 78rb. Apa businya harus saya ganti? Soalnya setahu saya busi cuma utk ignite api pembakaran di nyala awal om.DOHC wrote:ngangkat tret lama lagi ahh...
td subuh iseng2 mau ajak si ipah olah raga pagi, apalagi ud berminggu2 kbanyakan jd garage queen... masuk 140an kph ke atas ud agak sulit... bejek ad knocking dikit, dan suara wuosshhh khas TB mesh yg ud diilangin agak berkurang... jd nya stelah ampe rumah, ritual bersih2 TB dan busi, dan cek gap busi dilakukan...
oli masi baru ganti 2600an km yg lalu bserta busi nya...
penampakan busi umur 2600an km, bensin slalu premium tanpa aditip aneh2... oli 5-30 embel2 full syn, filter udara masi baru dan bersih, fuel filter abis ane bersihin minggu lalu...
td skalian di intip di kpala piston, utk piston no 1-4 smua nya seragam, pada sisi pinggir nampak ad leleran oli dikit.. mungkin seal klep ud kena... pantes tiap pagi kl dnyalain ad bau2 oli... utk pinggang busi yg lengket dan bercak2 coklat gt, ane masi ga tau darimana asalnya, seal cover enjin head baru ane ganti beserta seal busi nya...
PR lain nya, kopling kayanya ud mulai agak slip... gigi 5 d 110 kph, d bejek malah slip... umurnya pendek jg ini kopling aisin oem atoyot...
Thx before nih.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27206
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Serba Serbi Busi
busi ud jelek biasanya bsa diliat dari tarikan agak lemes om... ini noticeable banget di mobil manual... kl matic kadang ktutup ama oli matic yg ud jelek..
nah kl busi ud jelek biasanya bsa jg diliat dari start up pagi agak susah, ga cek grengg gt... dan yg pasti glitik...
mau lebi pasti lg, yah mau ga mau buka busi cek fisik... btw, setau ane masda2 itu busi nya iridium kan yah ?? cmiiw... kl iya, trakir ganti busi kapan... busi iridium kl hajar premium terus rata2 50-60 rebu jg uda babak belur eletroda nya... kl busi biasa yg nikel, pake premium 15 rebu jg ud babak belur...
btw busi utk mesin bensin kerja nya terus2an slama mesin nyala om... tiap kl piston muter ke atas buat kompresi bensin dan udara, ntuh busi nyalain api... beda ama busi pijar di diesel jadul, itu cuman awal start mesin doank...
nah kl busi ud jelek biasanya bsa jg diliat dari start up pagi agak susah, ga cek grengg gt... dan yg pasti glitik...
mau lebi pasti lg, yah mau ga mau buka busi cek fisik... btw, setau ane masda2 itu busi nya iridium kan yah ?? cmiiw... kl iya, trakir ganti busi kapan... busi iridium kl hajar premium terus rata2 50-60 rebu jg uda babak belur eletroda nya... kl busi biasa yg nikel, pake premium 15 rebu jg ud babak belur...
btw busi utk mesin bensin kerja nya terus2an slama mesin nyala om... tiap kl piston muter ke atas buat kompresi bensin dan udara, ntuh busi nyalain api... beda ama busi pijar di diesel jadul, itu cuman awal start mesin doank...
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1113
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: Serba Serbi Busi
Hmm.. Start up nggak ad masalah, glitik jg ngga.. Iya bnr katanya sih maz2 stdnya iridium. Minumnya premium trs, dan nggak pernah ganti busi hahaha.. Ya coba deh nanti saya ganti aja x ya businya. Ahhh icic.. Yg cuma start awal mesin diesel ya..DOHC wrote:busi ud jelek biasanya bsa diliat dari tarikan agak lemes om... ini noticeable banget di mobil manual... kl matic kadang ktutup ama oli matic yg ud jelek..
nah kl busi ud jelek biasanya bsa jg diliat dari start up pagi agak susah, ga cek grengg gt... dan yg pasti glitik...
mau lebi pasti lg, yah mau ga mau buka busi cek fisik... btw, setau ane masda2 itu busi nya iridium kan yah ?? cmiiw... kl iya, trakir ganti busi kapan... busi iridium kl hajar premium terus rata2 50-60 rebu jg uda babak belur eletroda nya... kl busi biasa yg nikel, pake premium 15 rebu jg ud babak belur...
btw busi utk mesin bensin kerja nya terus2an slama mesin nyala om... tiap kl piston muter ke atas buat kompresi bensin dan udara, ntuh busi nyalain api... beda ama busi pijar di diesel jadul, itu cuman awal start mesin doank...
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27206
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Serba Serbi Busi
wahh kl ga perna ganti mendingan cpet dganti om.... apalagi premium user.... dl busi iridium lipina ane aj 60 rebu ud ampe retak keramik nya
Sent from my Mi 4i using Tapatalk
Sent from my Mi 4i using Tapatalk
numpang lewat aja....