Jarang yang report merek conti yah dimari, kebetulan Des 20 lalu ane ganti 4 ban di XV40 ane dari Bridgestone ER33 ke Continental Max Contact (MC) 6 ukuran 215/55/17.
Awalnya mau ganti Micheline antara pilot sport atau primacy. Ngobrol2 ama orang spooring di lautan ban serpong. Kalau pilot sport sih sudah mantaplah grip nya & karakter mobil jadi sporty, kembang juga awet serta rata habisnya (gak makan sebelah), cuman... bantingan pasti dikorbankan alias pasti lebih keras & tidak sesenyap primacy, waduh ane sih lebih prefer karakter nyaman deh di mobil ini.
Lalu disarankan kalau prefer nyaman & lebih senyap yah yang primacy, grip tidak semantap pilot sport, tapi sepengalaman dia (orang spooring) kembangnya terutama bagian pinggirnya lebih cepat habis, lalu ane dikasih liat ban2 bekas yang primacy tread (tengah) masih lumayan bagus tapi bagian pinggirnya sudah pada kemakan sehingga sulit di spooring... ini sih kata orang spooring yah.
Jadi bingung deh ane dari sudah siap ganti jadi pulang dulu bertapa cari wangsit, searching2 & baca2 forum juga dimari. Oh yah ane ngobrol2 ama orang spooring karena ane memang lagi spooring disana karena setir mobil ane suka lari2 ke kiri & kanan, dia bilang karena ban ane ER33 sudah gak rata habisnya (pinggiran kemakan) jadi pasti akan lari2 setrinya & spooringnya juga sulit dapat hasil maksimal.
Singkat kata ane tertarik ama Conti Max Contac 6 banding Mich Primacy 4 & kebetulan di permaisuri lagi ada promo ini ban. Awalnya sempat ragu2 juga takut lebih ke arah sport karakternya banding comfort & kurang senyap melihat tread kembangnya yang mirip2 ke Pilot Sport yaitu got nya lebar2.
Hasil searching, Conti MC6 ini launching taon lalu (kalau tidak salah) di Malaysia jadi asumsi ane ini ban pasti made in sana, tapi ternyata ane dapatnya yang produksi Thailand, orang permaisuri pikir juga produksi malaysia, dia juga bingung hahahah... ane dapet 3 ban taon produksi 2320 & 1 ban 2120, masih lumayan fresh lah yah. Speed Rating 94 W, Treadwear 340 (harusnya sih lumayan awet), Traction AA, Temperature A. Max Inflation Pressure 350 Kpa (51 Psi), Max Load 670 Kg (1477 Lb).
Setelah jalan +/-500 km dengan angin 35 psi rata 4 ban sih menurut butt O meter ane masih cukup empuk yah, grip di jalan kering jauh lebih improve banding ER33, waktu start awal lebih terasa narik & di rem sedikit juga lebih gigit. Jalan basah ane belum ketemu hujan deras sih, hanya jalan habis hujan di jalan basah masih enak gripnya.
Kesenyapan rasanya tidak bisa dibilang senyap sekali sih tapi jalan 100-120 kpj masih tolerable lah di kuping pangsit ane yang agak sensitive ini. Jalan ke bogor full loaded 3 dewasa + 2 anak kecil + bagasi full, lari max 120 kpj gak ada yang komplain berisik sih. Banding ama ER33 mirip2 lah, malah lebih hening Conti dikit (mungkin aja masih baru kali yah). Cuman ane nonton di YT pattern kembang baru di MC6 ini sih di claim bisa lebih ngebuang angin saat high speed sehingga bisa lebih senyap (tidak nge-jebak angin sehingga berisik)... ya mungkin bahasa marketing kali yah hehehe.
Jalan sampai 80 kpj sih masih senyap, diatas 80-120 kpj suara ban lebih masuk kabin, yah karakter mobil monokok suara ban lebih gampang masuk banding ladder frame. Oh yah kalau jalan banyak kerikil halus itu agak berisik di spakboard mungkin banyak kerikil2 halus yang nyangkut di got2 tread kembangnya yang lumayan lebar itu lalu mental2 keluar lagi terutama di speed lumayan tinggi.
Overall sih ane cukup puas ama ini ban, cukup balancelah antara performa grip, kenyamanan & kesenyapan, ntah ama durability apakah kembangnya akan rata habisnya atau akan makan sebelah, tapi kalau melihat harganya sih cukup value for money buat ane dari 1,6 jutaan/ban disc 29% di permaisuri, gratis tambah angin selamanya, gratis balancing selamanya, gratis rotasi ban selamanya (beli 4 ban sekaligus). Note: bukan sales ban manapun.
Terakhir penampakan ban setelah masuk di velg, ane merasa sidewallnya "lebih berotot", tidak sekurus ER33 tapi juga tidak donat... dengan emboss racing balap bling2nya keliatan agak "rame" hahahah. Oh yah dia ada velg protectornya (velg lebih menjorok masuk kedalam) yang mana ER33 tidak ada, pakai ER33 ada 1 velg ane serempetan ama trotoar, mungkin terlalu kurus & tidak ada protectornya.
Cuman 1 yang mengganjal sih buat ane di Conti Max Contact 6 ini yaitu pattern kembangnya yang menurut ane agak aneh, kerikil2 kecil/halus kayanya bakalan gampang nyangkut di pattern seperti itu & jujur kurang menarik sih setidaknya di mata ane yah. Kalau pattern got2nya sih mirip2 ama Mich Pilot Sport 4.
Waktu ane spooring di lautan ban, operator spooring ban nya bilang ini sih karakternya mirip ama Pilot Sport 4 melihat dari pattern got2nya itu & settingan spooringnya harus dirubah dari karakter ER33 yang cenderung comfort, ane pikir mah tinggal langsung setting aja dari komputernya mesin spooring, tapi dia bilang gak bisa, ada beberapa hal yang harus diadjust lagi karena menurut dia ini gripnya sudah beda. Sekian sharing dari ane & berikut beberapa penampakannya, semoga berkenan [emoji120].
20210110_160647.jpg
20201214_122758.jpg
20201214_124604.jpg
20201214_124643.jpg
20201214_124734.jpg
20201214_115858.jpg
20210110_162008.jpg
20210110_162038.jpg
20210110_162058.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.