kayukayuthe5th wrote: Tue May 27, 2025 11:09gwa quotes ini jalah, yang lain panjangxlebarxtinggi semua hehe![]()

Gak di acara tv,
Gak di forum,
Panjang x lebar x tinggi x bawah,
Ngerumpinya selalu paling rame,
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
kayukayuthe5th wrote: Tue May 27, 2025 11:09gwa quotes ini jalah, yang lain panjangxlebarxtinggi semua hehe![]()
yang lebih baru lagi otomotif global south ga dianggep. selalu cman masukin info soal motorcycle mulu.......dan itu blundernya honda.zonepublic wrote: Tue May 27, 2025 12:33 Saya pernah nonton konpers public expose tahunan H jepang di yutub resminya H jepang ketika dia beberin omzet dan keuntungan perusahaan ,H indonesia kan memang jadi sapi perah penjualan honda global saat ini karena memang secara penjualan H indonesia paling besar omzet dan kuantitinya dibanding daerah lain,mana dilernya swasta pula yang pegang,tiap kota beda pemilik,bahkan 1 kota aja bisa beda pemilik jadi baik pemilik diler sampai principal morotin profitnya gede
Kalau soal kualitas honda disini panik ngikutin kompetitornya si T,jadi mau ga mau dia ngikutin
Kenapa ga main model unggulan seperti nissan yang ga jual LCGC? Ya kalo cuma main kelas atas kaya nissan ya berat ,endingnya bangkrut seperti nissan
Kalo soal penurunan signifikan honda di Indo,puncaknya salam 1 dasbor,salam 1 mesin di 2016 ,tapi benar sejak jaman lcgc tahun 2013 mulai memperluas segmen ke berbagai kalangan sampai melar2in body,saat brio cbu harga mulai dinilai terlalu mahal sampai tidak terjangkau,bahkan pengguna awal/ex user jazz aja ogah pindah ke brio 1.3 cbu thailand sampai dijual diskon 60juta dari otr 185 juta,kalau awal mula penurunan kualitas honda ya sejak era civic ferio berakhir,ketika tahun 2001 era civic ES ketika era fun to drive berakhir ketika double wishbone ditinggalkan,signifikan sekali itu perubahan rasa fun to drive handling khas honda yang hilang menjadi hambar
Screenshot_20250527_212821.jpg
https://www.youtube.com/live/mfjRwoMzaU ... n3QXTcdBai
Update press con public expose keuangan honda principal
adjust pricing cman honda salah juga , ga trained bwat manufactur global market untuk pasar ASPAC jadi gini deh.Jenson wrote: Tue May 27, 2025 18:18 Ini ahond naga2 bangkrutnya sadly uda kecium dari EU juga. Salesnya cenderung biasa aja, turun terus.
Buat HPM, kalo baca post ini, saatnya tobat. Kalo berani pricing hrv hybrid cmn naik maks 10jutaan dr price list. More than that buang momentum lagi.
Jadi inget jaman jon peace, varian lebih banyak, konsumen jadi lebih banyak pilihan. Coba launch varian CRV 2.0 type s sama e, harga start 499 buat s mt, - 599 buat e cvt. Harusmya laris itu baranf
nah sepakat jeleknya honda mobil gede macem crv,accrod, ma zrv(honda hrv US) pakenya 1.5t ya overstressed tuh engine *barusan cek facelift akhirnya pake 2.0l hybrid yaweslah.kendibocor wrote: Tue May 27, 2025 17:42Sebenernya si ngondah soal sunat2an dah dari jaman dlu om, makanya terkenal kan si jonpeace pisau sunatnya tajem bener. Dulu konsumen ga banyak pilihan. Kalo ga demen toyota ya mau gamau honda. Sijuki, daihatsu segala kadang dianggap merk jepang “kelas 2”. Mazda ga bisa maen volume gede jd ga dianggap lawan sepadan. Batumakam ya cuman seketika doang ngegoyang dengan xtrail n livina.rechtmasta wrote: Tue May 27, 2025 13:02
Kalo FK8, iya sih masih okelah. Cuma justru pas GK5 ini nih saya mulai ilfil sama Honda Indonesia. Rem belakang diganti jadi teromol, dengan alesan lebih cocok buat perkotaan Bilang aja biar cuan-nya lebih tebel sih...
Buat saya kalau produsen udah mulai bersilat lidah sampai dengan menyunat fitur penting di sebuah mobil produksinya, udah sangat red flag.
Yg gamau toyota kaya saya dlu ya mau gamau harus nerimo ngondah, tp sekarang uda ga bs lagi jualan model begitu caranya. Pilihan dah banyak. Tp ternyata sampe crv gen baru pun yg harga dah 800 jeti denger2 tetep aja ada hal2 recehan yg disunat.
Mazda masih ada yg point plus dijual om, dengan dia cbu setidaknya BQ masih terjaga, ga asal nyunat fitur bahkan dari 10 thn lalu CX5 dan mazda 2 dah hampir full feature dibanding ngodah toyota. Trus jg ga perlu pusing target produksi karena emang bukan ckd. Makanya mereka sales ga gitu gede ya santai dan survive2 aja disini. Udah gitu malah diliat2 sekarang mazda brandingnya bertahun2 cukup tepat nempatin mereka di posisi mid-luxury mopang dibawah lexus. Si ngondah susah mau branding jd luxury mopang, masih berantem di segmen lcgc tp mau harga model laen lebih mahal drpd sesama jepang dengan BQ yg malah searoma dengan adek2 lcgcnya. Ya kabur pada semua ke pilihan laen.mobilover wrote: Tue May 27, 2025 15:53 Sesuai dugaan, Honda akan terus declining market sharenya kegerus merek china sampai di titik mereka mau gak mau main pakai cara Mazda / Subaru. Jual CBU premium dan spesifik main di niche brandnya yaitu fun motorsport. Sepertinya honda jepang blm mau nyerah dan mau develop platform baru dari india? Tapi kl dari pengamatan skrg sih sudah menuju ke arah sana yah. Honda = new Mazda
Yg jelek dari mazdut cuman mesinnya aja gitu2 doang. Tp setidaknya jelas mana yg dikasih mesin 1.5 mana yg 2.0 mana yg 2.5. Lha si ngondah kasih mesin hajar kabeh 1.5. Dibedain turbo non turbo doang. Baru belakangan masukin 2.0 hybrid tp itu jg di accord yg volume penjualannya kecil sekali.
yes ini yyang mungkin honda prospectts (dan global) galiat. gwa ga sukanya prinsipel honda roda4 jarang banget ngelakuin survei kecil2an gitu. jaman john peace tuh selalu dikasi survei loh awal2 muncul mobilio harga berapa dkk.DrivingPotato wrote: Tue May 27, 2025 14:30 Percayalah, dealer jual LCGC sekarang itu pada rugi karena perang diskon. Hard truth yg orang-orang ga tahu. Harga ATPMnya udah gila.
Jual rugi 1jt per unit Agya
Jual rugi 2jt per unit Avanza
dst
Demi kejar market share & mereka akan retain di service nya.
Segmen yg price sensitive, jadi backbone nya Honda, jelas berat
Toyota lakuin yg sama, tp rasanya masih ketolong segmen lain yg profit: raja jalan tol
Yg varian produknya ga banyak aja kalau miss-management bisa bangkrut.
Contoh aja Mer*eka M*tor, dealer Toyota di Bandung. Dua duanya tutup. Satu diambil alih tunas, jadi Tunas Kiaracondong.
Automotive sector bener2 declining, dan yang tersambar paling kencang ya yg ga punya ekosistem kuat
vanosz wrote: Tue May 27, 2025 22:47kayukayuthe5th wrote: Tue May 27, 2025 11:09gwa quotes ini jalah, yang lain panjangxlebarxtinggi semua hehe![]()
![]()
Gak di acara tv,
Gak di forum,
Panjang x lebar x tinggi x bawah,
Ngerumpinya selalu paling rame,
yah walaupun jon peace juga tukang sunat. setidaknya harga masih masuk akal dijamannya. skrg udah ada merk cina ma SOKOR, belum lagi toyota dah mau "banting" harga yah susah.Jenson wrote: Tue May 27, 2025 18:18 Ini ahond naga2 bangkrutnya sadly uda kecium dari EU juga. Salesnya cenderung biasa aja, turun terus.
Buat HPM, kalo baca post ini, saatnya tobat. Kalo berani pricing hrv hybrid cmn naik maks 10jutaan dr price list. More than that buang momentum lagi.
Jadi inget jaman jon peace, varian lebih banyak, konsumen jadi lebih banyak pilihan. Coba launch varian CRV 2.0 type s sama e, harga start 499 buat s mt, - 599 buat e cvt. Harusmya laris itu baranf
Tp kalo 2000cc NA + transmisi ngondah super jadul harga gopektiau si skip jg om kayanya orang2. Ane sih skip dah kombinasi itu, dah trauma make 5 taon lebihJenson wrote: Tue May 27, 2025 18:18 Ini ahond naga2 bangkrutnya sadly uda kecium dari EU juga. Salesnya cenderung biasa aja, turun terus.
Buat HPM, kalo baca post ini, saatnya tobat. Kalo berani pricing hrv hybrid cmn naik maks 10jutaan dr price list. More than that buang momentum lagi.
Jadi inget jaman jon peace, varian lebih banyak, konsumen jadi lebih banyak pilihan. Coba launch varian CRV 2.0 type s sama e, harga start 499 buat s mt, - 599 buat e cvt. Harusmya laris itu baranf
Kayanya ngondah terlalu overestimated mereka punya banyak konsumen loyal (yg petrolhead) tp gamau kasih barang yg sesuai konsumen loyal mereka mau. Makin lama makin generik barangnya, salam 1 mesin salam 1 dashboard trus yg fatal ga berusaha ngebenerin atau setidaknya kelihatan berusaha ngebenerin masalah2 yg ada di mobilnya macem steering rack, kaki2 segala. Emang sih jd sumber cuan bwat mereka tp lama2 ya kabur lah loyalisnya.kayukayuthe5th wrote: Tue May 27, 2025 22:51
nah sepakat jeleknya honda mobil gede macem crv,accrod, ma zrv(honda hrv US) pakenya 1.5t ya overstressed tuh engine *barusan cek facelift akhirnya pake 2.0l hybrid yaweslah.
yah mazda emang pinter soal staging productnya. honda dibawah mibe ini aneh utah fetish elektrik , roda 4 dev gajelas , desainnya main aman. ketolong roda 2 aja yamaha, suzuki global rada gajes![]()
bener om, sy dpat kotakan isi roti 2, jajanan curah ambil sendiri, sama minum seduh sendiri, abis serpis adaa aja komponen yang pasangnya ga rapi, sedih banget, dealer di T*banankenop wrote: Tue May 27, 2025 12:56Ini serius dapet nya kayak gini? Kayak di suzuki dongcarlzeiss wrote: Tue May 27, 2025 12:20 Gimana ga sepi, servis jutaan, dpt nya cuman snek kecil doang , itu pun yang boleh refill yg snek kiloannya (kuping gajah, sumpia ) kalah banget ssma merk sebelah![]()
Di plaza toyota kl servis ada makan beratnya (nasi goreng / nasi uduk / nasi kuning), kopi (pake excelso) dan teh boleh refill sampe kembung![]()
kalo ini terjadi, berarti fix pricing mereka untuk produk civic, crv dan accord itu super ngawur.Zaxis wrote: Wed May 28, 2025 0:37 Kalo Onda mau survive mah gampang
Harga nya disesuaikan aja jangan serakah
Sipik diskon 100
Siarpih diskon 200
Akot diskon 300
Setau saya modif spesifikasi seperti buang ADAS malah gak ada manfaatnya buat ngurangin harga. Karena produksinya udah disetting utk itu di pabrik asalnya. Kalau mau ngurangin fitur, tapi volumenya kecil malah nambah cost utk setting ulang produksi di pabrik. Makanya Mazda gak kurangin fitur dan pakai spek yg dijual global supaya dapat volume produksi gede utk nekan cost.AbdulHakim wrote: Wed May 28, 2025 0:57kalo ini terjadi, berarti fix pricing mereka untuk produk civic, crv dan accord itu super ngawur.Zaxis wrote: Wed May 28, 2025 0:37 Kalo Onda mau survive mah gampang
Harga nya disesuaikan aja jangan serakah
Sipik diskon 100
Siarpih diskon 200
Akot diskon 300
hehe.. emang iya siy
Langkah pertama, buang itu fitur ADAS, manfaat minim, tapi bikin price maksi
kan ai ud ngomong dari kemaren2x dimana honda di china masih no4 di bawah byd-vw-toyota-hondakayukayuthe5th wrote: Tue May 27, 2025 11:09
gwa quotes ini jalah, yang lain panjangxlebarxtinggi semua hehe![]()
tapi gwa mayoritas sepakat sih terlebih opini suhu @ChZ. dimana emang dijaman billy ini kaia sekadar lewat doang aja ini brand jujur
kalo dari saya sih simple kesalahan honda skrg :
1. produk nanggung nan labil ; wrv n brv dah ngerti susah jualan diskonnya cman 10 juta mentok padahal wrv itu skrg satu2nya produk honda yang bisa "heads on heads" , brio ? cashcow dan platform lama orang dah mulai bosen dan perlahan melirik agya yang ternyata jauh lebih irit di 3 cylindernya
2. telat ngikutin jaman masih aja percaya ama unibody platform G_CON ACE yang keren.......di tahun 2010s dimana yang lain udah pake scalable platform ala TNGA bikin driving experience krg engaged
3. salam satu dashboard+powertrain yah walaupun akhirnya L15zf jadi DOHC tetep aja masih belum bisa kasih sesuatu yang "wah"
4. pricing issue terutama produk global ama regional terlalu disparitas tinggi
5. desain jelek, jujur ini yang ngedesain kaia orang yang terlalu "teratur"
6. visi perusahaan (atau CEO/CFO) gak kompak; kaia honda jepun bilangnya all in EV, america bilang mixed, EU fleksibel, ASPAC ICE focused based ditambah mixed. beda ama toyota yang dipimpin mbah akio (lagi disiapin daisuke anaknya buat next CEO) dimana mau dari ujung eropa ampe australia mereka pake jargon "multipathway solution"
kalo dari saya , masih sabar tunggu PF2 (global platform dev. dari india, desain thai+jepun) notabene ini bisa mixed (ICE,HEV,ma EV) walaupun gwa bilang agak sangat terlambat sekali karena nanti 2027 baru masuk market![]()
fokus di roda 4 next CEO bakal berat sih balikin image. aneh deh emang dijaman mibe ini.b0ku wrote: Wed May 28, 2025 1:16kan ai ud ngomong dari kemaren2x dimana honda di china masih no4 di bawah byd-vw-toyota-hondakayukayuthe5th wrote: Tue May 27, 2025 11:09
gwa quotes ini jalah, yang lain panjangxlebarxtinggi semua hehe![]()
tapi gwa mayoritas sepakat sih terlebih opini suhu @ChZ. dimana emang dijaman billy ini kaia sekadar lewat doang aja ini brand jujur
kalo dari saya sih simple kesalahan honda skrg :
1. produk nanggung nan labil ; wrv n brv dah ngerti susah jualan diskonnya cman 10 juta mentok padahal wrv itu skrg satu2nya produk honda yang bisa "heads on heads" , brio ? cashcow dan platform lama orang dah mulai bosen dan perlahan melirik agya yang ternyata jauh lebih irit di 3 cylindernya
2. telat ngikutin jaman masih aja percaya ama unibody platform G_CON ACE yang keren.......di tahun 2010s dimana yang lain udah pake scalable platform ala TNGA bikin driving experience krg engaged
3. salam satu dashboard+powertrain yah walaupun akhirnya L15zf jadi DOHC tetep aja masih belum bisa kasih sesuatu yang "wah"
4. pricing issue terutama produk global ama regional terlalu disparitas tinggi
5. desain jelek, jujur ini yang ngedesain kaia orang yang terlalu "teratur"
6. visi perusahaan (atau CEO/CFO) gak kompak; kaia honda jepun bilangnya all in EV, america bilang mixed, EU fleksibel, ASPAC ICE focused based ditambah mixed. beda ama toyota yang dipimpin mbah akio (lagi disiapin daisuke anaknya buat next CEO) dimana mau dari ujung eropa ampe australia mereka pake jargon "multipathway solution"
kalo dari saya , masih sabar tunggu PF2 (global platform dev. dari india, desain thai+jepun) notabene ini bisa mixed (ICE,HEV,ma EV) walaupun gwa bilang agak sangat terlambat sekali karena nanti 2027 baru masuk market![]()
LINE upnya ngeri buat long term sooner or later bakalan kolaps![]()
cuma amrik aja mereka suprisingsly malah naek
karena mobilnya emang boring itu2x aja kalo mau ngelawan china justru musti kekeh bertahan ice dengan line up yang engaging kalo toyota punya brand image kuat jd orang yang males pake EV lsg larinya kesana semua ditambah masih berani jualan mobil simple dan robust![]()
kalo honda orang beli karena image mobil emak2x kepasar yang bisa di jadiin mobil sport dan robust eh malah dia bunuh karakter kek gini ud males bikin AT baru CVT mulu di amrik aja buat enthusiat dengan gampangnya mereka kasih 6MT ajapadahal toyota aja GR yaris malah di upgrade kasih 8AT
![]()
padahal kan gak semua enthusiast mau pake manual buat daily kadang pegel bro kasih AT pinter lah biar win win kayak GE8 5AT aja ud engaging banget lupain dulu deh larinya kenceng apa kagak![]()
makin kesini petrolhead juga makin lupa sama angka karena kalo cuma mau angka ya beli EV aja
dan jangan lupa reputasi mereka selama ini didapet dari jualan mobil ringan dan kokoh sekarang mau jualan BABI GEMUK (EV) sama babi less gemuk (HYBRID) siape yang mau honda kek gini
gw aja sekarang lari ke mazda padahal mazda cuma menang chasis sama AT doank mesinnya juga sucks kek diesel![]()
itu diaqushay20019 wrote: Tue May 27, 2025 13:15
Sebagai user product ahond CBU Thai NIK 2007 & CKD NIK 2017, ane ngerasa jurang kematian ahond, khususnya di wakanda, adalah cutting too many corners dari kualitas barang jualan.
Jadi buat menjawab pertanyaan bro ChZ, produk Honda gak identik sama sama motorsport. Produk honda (khususnya buatan HPM) identik dgn BQ yg terlalu rendah; gak worth untuk price point yg mereka minta. Alias cuma jualan emblem aja. Lama2 org identikkan ahond dgn mobil berisik, kaki2 lemah cepet bunyi2 yg ujung2nya org gak ngerasa dapet kemewahan yg dijanjikan dari pricelist nya.
Masih jauh lah omMSU wrote: Wed May 28, 2025 6:09 tinggal pertanyaan berikutnya -> mungkinkah honda sama kayak nissan nasibnya?
kenak dieselgates bro. jadinya akhirnya semua lineup diesel cut prod. masuk fokus ke hybrid. nah itu nanti PF2 next gen global platform dari vrindavan rencanya model2 pake MHEV ala2 SHVS punya suzukizonepublic wrote: Wed May 28, 2025 6:46 Oh ya 1 lagi T di indo punya unit diesel,yang ikut berkontribusi signifikan buat para alay dan cumi ngebul,sedangkan H ga berani bersaing di mobil disel,iDTEC ga berani dimasukin,padahal kalo brv dikasih iDTEC 1.3 matic yg di negara india masuk indo bisa jadi hype lawan avanza di 2013 an lho,kaya chevy spin&ertiga disel yang cuma keluarin manual aja disini,sekarang hypenya diesel sudah lewat,pada adu hybrid,mbok ya keluarin wrv hybrid basis mesin L15z dikasi motor harga 200-300jt buat lawan fronx gitu biar pake mild hybrid mungkin bisa ngangkat penjualan
gamungkin kalo seleruhan, wong taun ini motorcycle katanya profit gede banget , bisnis hondajet mau expansion ke eropa, ma mau masuk robotik juga. cman kalo roda4 bisa jadi agak susah saing aja. tapi kalo kaia nissan as whole company for me ATM nahMSU wrote: Wed May 28, 2025 6:09 tinggal pertanyaan berikutnya -> mungkinkah honda sama kayak nissan nasibnya?
untuk kedepan sih karena nanti udah pake global platform dari PF2, EHEV 2.0, Y-EV (china EV platform), ama 0 series. atleast untuk global product macem civic, accord, cr-v bisa lah itu QC dibenerin ama desain interior ga plek ketiplek. contoh tuh toyota walaupun ada beberap commonparts juga ga ctrlc, ctrlv juga kaliChZ wrote: Wed May 28, 2025 3:02itu diaqushay20019 wrote: Tue May 27, 2025 13:15
Sebagai user product ahond CBU Thai NIK 2007 & CKD NIK 2017, ane ngerasa jurang kematian ahond, khususnya di wakanda, adalah cutting too many corners dari kualitas barang jualan.
Jadi buat menjawab pertanyaan bro ChZ, produk Honda gak identik sama sama motorsport. Produk honda (khususnya buatan HPM) identik dgn BQ yg terlalu rendah; gak worth untuk price point yg mereka minta. Alias cuma jualan emblem aja. Lama2 org identikkan ahond dgn mobil berisik, kaki2 lemah cepet bunyi2 yg ujung2nya org gak ngerasa dapet kemewahan yg dijanjikan dari pricelist nya.
ketika image motorsport pun luntur sama image kaki kaki berisik dan QC amburadul.
HPM ini kayak melakukan pengiritan kecil-kecil yang gak perlu, padahal yang mereka perlu buat cut cost itu perampingan lineup, gak usah main-main mobil murah karena bukan pasarnya. kita tau city, jazz itu mobil low end tier, tapi itu bukan mobil murahan.
ya macem pemerintah wakanda. yang dihemat AC, listrik kantor dinas. tapi anggaran di atas gemuk, mobil dinas, rumah dinas, dll masih ada.
hmmmmm...kalo motorcycle profit gede...ntah di negara lain sih om...cuma mestinya porto mereka indo pegang porsi gede lah ya...kayukayuthe5th wrote: Wed May 28, 2025 6:59kenak dieselgates bro. jadinya akhirnya semua lineup diesel cut prod. masuk fokus ke hybrid. nah itu nanti PF2 next gen global platform dari vrindavan rencanya model2 pake MHEV ala2 SHVS punya suzukizonepublic wrote: Wed May 28, 2025 6:46 Oh ya 1 lagi T di indo punya unit diesel,yang ikut berkontribusi signifikan buat para alay dan cumi ngebul,sedangkan H ga berani bersaing di mobil disel,iDTEC ga berani dimasukin,padahal kalo brv dikasih iDTEC 1.3 matic yg di negara india masuk indo bisa jadi hype lawan avanza di 2013 an lho,kaya chevy spin&ertiga disel yang cuma keluarin manual aja disini,sekarang hypenya diesel sudah lewat,pada adu hybrid,mbok ya keluarin wrv hybrid basis mesin L15z dikasi motor harga 200-300jt buat lawan fronx gitu biar pake mild hybrid mungkin bisa ngangkat penjualangamungkin kalo seleruhan, wong taun ini motorcycle katanya profit gede banget , bisnis hondajet mau expansion ke eropa, ma mau masuk robotik juga. cman kalo roda4 bisa jadi agak susah saing aja. tapi kalo kaia nissan as whole company for me ATM nahMSU wrote: Wed May 28, 2025 6:09 tinggal pertanyaan berikutnya -> mungkinkah honda sama kayak nissan nasibnya?![]()
power agak turun om kalo dari kemarin profilnya, hondajet yang lagi naik daun ama motorcycle.MSU wrote: Wed May 28, 2025 7:23hmmmmm...kalo motorcycle profit gede...ntah di negara lain sih om...cuma mestinya porto mereka indo pegang porsi gede lah ya...kayukayuthe5th wrote: Wed May 28, 2025 6:59kenak dieselgates bro. jadinya akhirnya semua lineup diesel cut prod. masuk fokus ke hybrid. nah itu nanti PF2 next gen global platform dari vrindavan rencanya model2 pake MHEV ala2 SHVS punya suzukizonepublic wrote: Wed May 28, 2025 6:46 Oh ya 1 lagi T di indo punya unit diesel,yang ikut berkontribusi signifikan buat para alay dan cumi ngebul,sedangkan H ga berani bersaing di mobil disel,iDTEC ga berani dimasukin,padahal kalo brv dikasih iDTEC 1.3 matic yg di negara india masuk indo bisa jadi hype lawan avanza di 2013 an lho,kaya chevy spin&ertiga disel yang cuma keluarin manual aja disini,sekarang hypenya diesel sudah lewat,pada adu hybrid,mbok ya keluarin wrv hybrid basis mesin L15z dikasi motor harga 200-300jt buat lawan fronx gitu biar pake mild hybrid mungkin bisa ngangkat penjualangamungkin kalo seleruhan, wong taun ini motorcycle katanya profit gede banget , bisnis hondajet mau expansion ke eropa, ma mau masuk robotik juga. cman kalo roda4 bisa jadi agak susah saing aja. tapi kalo kaia nissan as whole company for me ATM nahMSU wrote: Wed May 28, 2025 6:09 tinggal pertanyaan berikutnya -> mungkinkah honda sama kayak nissan nasibnya?![]()
sedangkan jualan di indo lg stag sih...
ya mungkin bisnis honda keseluruhan masih beruntung ada motor & power product juga
atleast bikin dhasboardnya juga desainnya cakep elegan ala KODO punya mazda kan betahDOHC wrote: Wed May 28, 2025 9:30 mustinya honda itu balik ke pakem jaman dl , jgn kaya skrg, masa dari kelas lcgc ampe akort dikasi enjin sama , yah orang mikir sejuta kali lah, mo ngapain beli mahal2 toh dapetnya enjin yg sama , belom lg salam satu dashboard
kl jaman dl kan, tiap beda klaas, beda dashbard dan beda enjin