Sebelum SX keluar saya pakenya SC om, lalu setelah itu lumayan lama pake SX, ada kalo 5 tahunan. Tapi ya hasilnya begitu di saya.bramray wrote:classicrock wrote: Sat May 30, 2020 7:56Botol merah setau saya Meditran S sama Meditran SC deh om.bramray wrote:om om seklian
mau tnay donk,
oli meditran SX yg botol merah, itu tahan berapa KM / Bulan ya?
oli itu mineral ya om ?
trims
Dulu banget 1999 sd 2009 saya pake SC dan SX di Taft F70, ganti rutin per 5.000 km, pas belah mesin kaget, kerak oli di mana mana, di karter penuh endapan. Ring piston juga kalah, km 230.000an lubang breather udah banyak keluar asap.
Kapok euy...akhirnya di Taft satunya yang F73 saya ngikutin previous owner, ngelanjutin pakai Mobil Delvac MX, mesin bersih cling, padahal udah kilometer 255.000.
iya OM,,
botol merah tulisan SX tapi API Nya CH
klo g salah baca,
di internet tyta SX nya botol abu2 ya, Beda API CI juga,
teryata berkerak ya om klo di mesin?
apakh yg merah ini om?
atau yg abu2 yg bkin mesin taft nya bnyak endapan?
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 374
- Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: GNA G 1300 AT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 374
- Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: GNA G 1300 AT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Yakin asli om. Ganti juga ga pernah lebih dari 5.000 km. Tapi hasilnya di saya ga memuaskan. Akhirnya buat Taft yang satunya saya ga pernah lepas dari Mobil Delvac MX 15W40, lalu Panther Touring dulu juga saya isi Mobil Delvac MX.MSU wrote:Kayaknya med sx sekarang botol merah semua deh...cmiiwbramray wrote: Sat May 30, 2020 9:29classicrock wrote: Sat May 30, 2020 7:56 Botol merah setau saya Meditran S sama Meditran SC deh om.
Dulu banget 1999 sd 2009 saya pake SC dan SX di Taft F70, ganti rutin per 5.000 km, pas belah mesin kaget, kerak oli di mana mana, di karter penuh endapan. Ring piston juga kalah, km 230.000an lubang breather udah banyak keluar asap.
Kapok euy...akhirnya di Taft satunya yang F73 saya ngikutin previous owner, ngelanjutin pakai Mobil Delvac MX, mesin bersih cling, padahal udah kilometer 255.000.
iya OM,,
botol merah tulisan SX tapi API Nya CH
klo g salah baca,
di internet tyta SX nya botol abu2 ya, Beda API CI juga,
teryata berkerak ya om klo di mesin?
apakh yg merah ini om?
atau yg abu2 yg bkin mesin taft nya bnyak endapan?
Btw dulu med sc & sx yg dibeli yakinkah asli? Interval ganti gimana?
Di diesel bokap rutin pake med sx aman sampe sekarang sih
Cuma sekarang udah ga miara diesel lagi...hehehe...di Avanza sekarang dari baru pake TMO 5W30 (ganti tiap 5.000 km), cuma belakangan ini udah tiga kali saya pake DGO 5W30 (ganti tiap 5.000 km juga), dari lubang isi oli keliatan masih kinclong...kilometer sekarang jelang 45.000.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Impression pake TMO sama DGO gimana om selama pemakaian?classicrock wrote: Sat May 30, 2020 12:56Yakin asli om. Ganti juga ga pernah lebih dari 5.000 km. Tapi hasilnya di saya ga memuaskan. Akhirnya buat Taft yang satunya saya ga pernah lepas dari Mobil Delvac MX 15W40, lalu Panther Touring dulu juga saya isi Mobil Delvac MX.MSU wrote:Kayaknya med sx sekarang botol merah semua deh...cmiiwbramray wrote: Sat May 30, 2020 9:29
iya OM,,
botol merah tulisan SX tapi API Nya CH
klo g salah baca,
di internet tyta SX nya botol abu2 ya, Beda API CI juga,
teryata berkerak ya om klo di mesin?
apakh yg merah ini om?
atau yg abu2 yg bkin mesin taft nya bnyak endapan?
Btw dulu med sc & sx yg dibeli yakinkah asli? Interval ganti gimana?
Di diesel bokap rutin pake med sx aman sampe sekarang sih
Cuma sekarang udah ga miara diesel lagi...hehehe...di Avanza sekarang dari baru pake TMO 5W30 (ganti tiap 5.000 km), cuma belakangan ini udah tiga kali saya pake DGO 5W30 (ganti tiap 5.000 km juga), dari lubang isi oli keliatan masih kinclong...kilometer sekarang jelang 45.000.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 98
- Joined: Mon Jan 25, 2016 7:58
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Iyah penasaran nih sm impresi dgo
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
DGO itu confirm buatan pertamina koq, d tulis d botol nya, mustinya gapapa sehh
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
14 rb berapa lama om? 1 thn?rendr wrote: Fri May 29, 2020 10:46caur bener.... ga karuan, mesin berisik, ngelitik tiap saat... hahahahahaSuryaputra wrote: Fri May 29, 2020 7:37gmn rasanya TQ9000 nyampe 14rb ?rendr wrote: Fri May 29, 2020 6:57
saya udh coba si TQ9000 nya ganti di toko lgsg... saya abuse sampe 14rb km kmrn... hahahaha
consider bensin dan traffic di dalem kota mungkin 9000 km sih nyampe nih oli...
zinc nya kurang nampol buat mesin flat tappet btw..![]()
![]()
surprisingly belom jadi sludge....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Wah menarik banget schaeffer 15w40. Beli dimana om? Saya di Surabaya toko online mana di JKT yg jual? Yg penting asli, ongkir dibagi 8 liter hitungannya per liter cuma tambah 6/7 ribuTurboman wrote: Sat May 30, 2020 7:55jangan lebih dr 4000 - 5000 km / 6 bulan Maxbramray wrote:om om seklian
mau tnay donk,
oli meditran SX yg botol merah, itu tahan berapa KM / Bulan ya?
oli itu mineral ya om ?
trims
mana yg duluan
btw kenapa gak pake Fastron Diesel atau Schaeffer 15W40 aja ?
Schaeffer 15W40 cuman 65 rb / L bisa 10.000 km / 11 bulan Max, dia udah Semi Syn - PAO
Test di Triton di KalBar jalan 9000 km TBN masi 8,3 mg KOH (batas kritis 2,5 mg KOH)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 216
- Joined: Fri Jul 22, 2016 2:23
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Halo om, mau tanya, sekarang ini oli kendall utk motor kok jarang yang jual ya baik di blib*i ato online shop lainnya. Kalau di toko ijo kebanyakan untuk mobil adanya. Ada update info mengenai oli ini, apa sudah diskontinyu di Indonesia?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
PTT Perfomance 5w30, lupa pastinya berapa. Ntah 1.25 jt ntah 1,35 jt. Include ongkir. Harga normal waktu itu 125rb/lpengendiesel wrote: Sat May 30, 2020 9:04Woke, reminder sudah diset buat jumat depansupriyadi wrote: Sat May 30, 2020 8:48Diskon PTT gak tiap hari. Biasanya hari Jumat jam 1-5 sore, kata Om Turboman. Saya termasuk beruntung bisa dapet diskonan PTT, 1 lusin saya ambilpengendiesel wrote: Sat May 30, 2020 6:50
Ptt yang mana om? Ane cek di blibli yang bensin kok gak ada diskonnya, padahal om2 di sini pada ngomong ptt diskon![]()
Ambil ptt 1 lusin oli apa om, harga berapa?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12534
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
lg nyobain Q8 0w20 om.Fookyoo wrote: Sat May 30, 2020 10:48Saya lagi pake PTT 5W-30, juga kayaknya mau balik pake Total Q9000 5W-30 ajaSuryaputra wrote: Sat May 30, 2020 8:53Buat mbl bensin mending TQ9000 5w30.snoepje wrote: Sat May 30, 2020 7:49
Tadi pagi saya lihat yang Performa 5W30 seliter 90 ribu, cuma waktunya tinggal 2 jam lagi.
sekarang harganya sudah balik normal lagi.
di duniaoli 320rb per 4 liter.
pernah coba 2-2nya![]()
Ga berasa beda jauh kok ya menurut nubie, lalu si TQ jauuuhhhh lebih murah dari PTT, dan udah proven enak sampe 7000 km lah max.
Yg bener2 enteng berasa bedanya waktu pake Unil 0W-20 sih
Tp Unil dipake High RPM agak kasar suaranya.![]()
mantulll.
buat rpm tinggi jg tetep halus, cold start jg enteng dan lbh halus dibanding 5w30

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 374
- Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: GNA G 1300 AT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Impresinya gimana ya...hmm saya jujur aja kurang sensitif sama mesin bensin, mungkin efek kelamaan pakai diesel yang suaranya gratakan, jadi jelas terasa kalau ada perubahan suara dan getaran utamanya di rpm tinggi saat hi speed cruising.erwinign wrote:Impression pake TMO sama DGO gimana om selama pemakaian?classicrock wrote: Sat May 30, 2020 12:56Yakin asli om. Ganti juga ga pernah lebih dari 5.000 km. Tapi hasilnya di saya ga memuaskan. Akhirnya buat Taft yang satunya saya ga pernah lepas dari Mobil Delvac MX 15W40, lalu Panther Touring dulu juga saya isi Mobil Delvac MX.MSU wrote: Kayaknya med sx sekarang botol merah semua deh...cmiiw
Btw dulu med sc & sx yg dibeli yakinkah asli? Interval ganti gimana?
Di diesel bokap rutin pake med sx aman sampe sekarang sih
Cuma sekarang udah ga miara diesel lagi...hehehe...di Avanza sekarang dari baru pake TMO 5W30 (ganti tiap 5.000 km), cuma belakangan ini udah tiga kali saya pake DGO 5W30 (ganti tiap 5.000 km juga), dari lubang isi oli keliatan masih kinclong...kilometer sekarang jelang 45.000.
Cuma yang bisa saya bagi mungkin beberapa hal kalo di Avanza selama pake TMO dan DGO, cold start pagi jam 5.30an ya halus aja, ga ada suara kasar, tik tik tik atau apa lah. Hi speed cruising di tol siang hari juga enak enak aja, kalau keluar kota saat dan harus nyalip saya kickdown rpm bisa sampai 5.000 lebih ya smooth aja. Sejauh ini diintip dari lubang isi oli ya kinclong, ga ada warna kuning, km masih pendek sih, baru jelang 45.000. Yang menarik dari DGO sih harganya ya, beli di official store, murah.
Pernah suatu hari mesinnya rajin ngelitik, tapi isunya lebih ke bahan bakar, rasanya isi pertamax di tempat yang kurang bagus. Begitu pengisian berikutnya di tempat lain sembuh.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1104
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
5w30 om, penguapan.. emm ga gitu merhatiin penguapannya
Ga sampe 6 bulan om..
gaspol resing tim
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
SchaefferProfith83 wrote:Wah menarik banget schaeffer 15w40. Beli dimana om? Saya di Surabaya toko online mana di JKT yg jual? Yg penting asli, ongkir dibagi 8 liter hitungannya per liter cuma tambah 6/7 ribuTurboman wrote: Sat May 30, 2020 7:55jangan lebih dr 4000 - 5000 km / 6 bulan Maxbramray wrote:om om seklian
mau tnay donk,
oli meditran SX yg botol merah, itu tahan berapa KM / Bulan ya?
oli itu mineral ya om ?
trims
mana yg duluan
btw kenapa gak pake Fastron Diesel atau Schaeffer 15W40 aja ?
Schaeffer 15W40 cuman 65 rb / L bisa 10.000 km / 11 bulan Max, dia udah Semi Syn - PAO
Test di Triton di KalBar jalan 9000 km TBN masi 8,3 mg KOH (batas kritis 2,5 mg KOH)
Toped = PAPASARI
Schaeffer Supreme 7000 15W-40 engine oil (Curah dari Drum)
https://tokopedia.link/dJpaIxeKe6 di toko PT PAPASARI Rp650.000 di Tokopedia
Saya sendiri lagi pake ini, feel nya mirip oli 10W40
isi 80 - 90% F aja
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Udah The End......gak ikut SNIEscaflowne wrote:Halo om, mau tanya, sekarang ini oli kendall utk motor kok jarang yang jual ya baik di blib*i ato online shop lainnya. Kalau di toko ijo kebanyakan untuk mobil adanya. Ada update info mengenai oli ini, apa sudah diskontinyu di Indonesia?
kalo ada seller yg punya stok, beli aja
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: Sat Apr 07, 2018 3:06
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: L15Z
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
#oot
Om-om mo tanya saat ini oli gardan pake gl-4 dan mulai ada suara dengung di kecepatan 60an. Untuk mengurangi suara dengung apa perlu ganti yg gl-5?
Untuk oli gl-5 yg murmer dan gampang diperoleh apa ya?
Terima kasih
Om-om mo tanya saat ini oli gardan pake gl-4 dan mulai ada suara dengung di kecepatan 60an. Untuk mengurangi suara dengung apa perlu ganti yg gl-5?
Untuk oli gl-5 yg murmer dan gampang diperoleh apa ya?
Terima kasih
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 259
- Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Rored 90 gl 5Peter10 wrote: Sun May 31, 2020 6:07 #oot
Om-om mo tanya saat ini oli gardan pake gl-4 dan mulai ada suara dengung di kecepatan 60an. Untuk mengurangi suara dengung apa perlu ganti yg gl-5?
Untuk oli gl-5 yg murmer dan gampang diperoleh apa ya?
Terima kasih
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Ohh pastilah dengung, kan gigi nya ud pada ausPeter10 wrote: Sun May 31, 2020 6:07 #oot
Om-om mo tanya saat ini oli gardan pake gl-4 dan mulai ada suara dengung di kecepatan 60an. Untuk mengurangi suara dengung apa perlu ganti yg gl-5?
Untuk oli gl-5 yg murmer dan gampang diperoleh apa ya?
Terima kasih
Ganti aj pake gl5 secepetnya, mau yg murah pake pertamina rored
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Pertamina Rored HDA, yg jerigen warna abu, itu GL5. Di SPBU kayanya adaPeter10 wrote: Sun May 31, 2020 6:07 #oot
Om-om mo tanya saat ini oli gardan pake gl-4 dan mulai ada suara dengung di kecepatan 60an. Untuk mengurangi suara dengung apa perlu ganti yg gl-5?
Untuk oli gl-5 yg murmer dan gampang diperoleh apa ya?
Terima kasih
Jangan ketuker dgn Rored EPA yg jerigen merah, yg itu GL4, sama juga bohong

1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Om...om.semua terutama om turbo.
Ini ada share mesin HR15DE di grup Galiloli yg pake Liqui Moly 5W-30.
Interval ganti oli per 10k km dgn durasi ngga tentu bisa 12 bln atau lebih.
Infonya top up maksimal 500ml sejak 2000km, sayangnya beliau ngga test UOA.
Saya jg ngga tau test UOA dmn dan harga berapa
Apakah itu sdh mulai terbentuk lapisan furnish?
Kl sdh terbentuk solusinya bagaimana Om?
Ini ada share mesin HR15DE di grup Galiloli yg pake Liqui Moly 5W-30.
Interval ganti oli per 10k km dgn durasi ngga tentu bisa 12 bln atau lebih.
Infonya top up maksimal 500ml sejak 2000km, sayangnya beliau ngga test UOA.
Saya jg ngga tau test UOA dmn dan harga berapa

Apakah itu sdh mulai terbentuk lapisan furnish?
Kl sdh terbentuk solusinya bagaimana Om?

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
nubie in all things - still need to learn
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Kalau dilihat dari foto daleman Engine HR15DE nya di foto tsb clean no sludge. Sudah benar cara ownernya ganti oli mesinnya selama ini. Pakai oli mesin sesuai anjuran buku manualnya buntut W30 dan saya yakin itu mesin selama ini pakai oli synthetic. Good job.

HR15DE 2014
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Maksudnya, varnish kali ya?blloewy wrote: Sun May 31, 2020 7:49 Om...om.semua terutama om turbo.
Ini ada share mesin HR15DE di grup Galiloli yg pake Liqui Moly 5W-30.
Interval ganti oli per 10k km dgn durasi ngga tentu bisa 12 bln atau lebih.
Infonya top up maksimal 500ml sejak 2000km, sayangnya beliau ngga test UOA.
Saya jg ngga tau test UOA dmn dan harga berapa![]()
Apakah itu sdh mulai terbentuk lapisan furnish?
Kl sdh terbentuk solusinya bagaimana Om?![]()
Imho, kalau jeroan mobil saya kek gitu, akan pake oli diesel dulu sih..
tp kalau dr diskusi di BITOG, varnish seh.....tidak se-menyeramkan sludge ya...bahkan ada yg ngmg, kalau gamau ada varnish....gausah buku tuh valve cover n liat.


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Sudah terbentuk lapisan varnish itu Om... Olinya ganti aja ama yang Fully Synthetic kelas keraton beneran (bukan yang ngaku2nya kelas keraton).blloewy wrote:Om...om.semua terutama om turbo.
Ini ada share mesin HR15DE di grup Galiloli yg pake Liqui Moly 5W-30.
Interval ganti oli per 10k km dgn durasi ngga tentu bisa 12 bln atau lebih.
Infonya top up maksimal 500ml sejak 2000km, sayangnya beliau ngga test UOA.
Saya jg ngga tau test UOA dmn dan harga berapa![]()
Apakah itu sdh mulai terbentuk lapisan furnish?
Kl sdh terbentuk solusinya bagaimana Om?
Liqui Moly ini klaimnya "diatas semi synthetic tapi di bawah fully syntehtic"... bahasa marketing kelas dewa. Yang kaya gini terus terang sih ane ngerikkk. Btw ane juga ex user OGL si raja ngelitik.
Kata Om kelep, ini mesin racing maka harus pakai oli kelas keraton, sudah panas mendidih, makan oli pulak & rajanya ngelitik, kapasitas oli seuprit 3,5 liter + filter. Jadi lengkap sudah penderitaan [emoji1]
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Anuu, kapasitas nya cuman 3 liter ud penuh om, 3.5 liter ntar beleber kmana2benzz89 wrote: Sun May 31, 2020 9:13Sudah terbentuk lapisan varnish itu Om... Olinya ganti aja ama yang Fully Synthetic kelas keraton beneran (bukan yang ngaku2nya kelas keraton).blloewy wrote:Om...om.semua terutama om turbo.
Ini ada share mesin HR15DE di grup Galiloli yg pake Liqui Moly 5W-30.
Interval ganti oli per 10k km dgn durasi ngga tentu bisa 12 bln atau lebih.
Infonya top up maksimal 500ml sejak 2000km, sayangnya beliau ngga test UOA.
Saya jg ngga tau test UOA dmn dan harga berapa![]()
Apakah itu sdh mulai terbentuk lapisan furnish?
Kl sdh terbentuk solusinya bagaimana Om?
Liqui Moly ini klaimnya "diatas semi synthetic tapi di bawah fully syntehtic"... bahasa marketing kelas dewa. Yang kaya gini terus terang sih ane ngerikkk. Btw ane juga ex user OGL si raja ngelitik.
Kata Om kelep, ini mesin racing maka harus pakai oli kelas keraton, sudah panas mendidih, makan oli pulak & rajanya ngelitik, kapasitas oli seuprit 3,5 liter + filter. Jadi lengkap sudah penderitaan [emoji1]
Btw, dl saya pake oli 5-30 gonta ganti merek aj ga ampe varnish kaya gt.. 10rebu klamaan itu, 7000an aj
Pliara mobil resing harus brani kuar duit lebih
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Maaf Om Kelep, sudah lupa ane ama kapasitas oli si raja ngelitik. 3 liter ama filter yah, pantes dulu kaga pernah nenteng oli lebih dari beres kalau ganti oli.DOHC wrote:Anuu, kapasitas nya cuman 3 liter ud penuh om, 3.5 liter ntar beleber kmana2benzz89 wrote: Sun May 31, 2020 9:13Sudah terbentuk lapisan varnish itu Om... Olinya ganti aja ama yang Fully Synthetic kelas keraton beneran (bukan yang ngaku2nya kelas keraton).blloewy wrote:Om...om.semua terutama om turbo.
Ini ada share mesin HR15DE di grup Galiloli yg pake Liqui Moly 5W-30.
Interval ganti oli per 10k km dgn durasi ngga tentu bisa 12 bln atau lebih.
Infonya top up maksimal 500ml sejak 2000km, sayangnya beliau ngga test UOA.
Saya jg ngga tau test UOA dmn dan harga berapa![]()
Apakah itu sdh mulai terbentuk lapisan furnish?
Kl sdh terbentuk solusinya bagaimana Om?
Liqui Moly ini klaimnya "diatas semi synthetic tapi di bawah fully syntehtic"... bahasa marketing kelas dewa. Yang kaya gini terus terang sih ane ngerikkk. Btw ane juga ex user OGL si raja ngelitik.
Kata Om kelep, ini mesin racing maka harus pakai oli kelas keraton, sudah panas mendidih, makan oli pulak & rajanya ngelitik, kapasitas oli seuprit 3,5 liter + filter. Jadi lengkap sudah penderitaan [emoji1]
Btw, dl saya pake oli 5-30 gonta ganti merek aj ga ampe varnish kaya gt.. 10rebu klamaan itu, 7000an aj
Pliara mobil resing harus brani kuar duit lebih
Solusi varnish ini bijimane Om Kelep? Kasih Amsoil SS Diesel 5W -30 pake 10 ribu KM langsung bersih kali yah itu varnish?
Harga per liter 185 ribu x 3 liter gak sampe 600 ribu masih oke lah yah buat mesin racing, sing penting varnish lenyap... asal jangan nguapnya 1 liter itu mesin racing [emoji38]
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Justru itu Om...sebelumnya dia pakainya ngawur olinya.Herman7103 wrote: Sun May 31, 2020 8:40 Kalau dilihat dari foto daleman Engine HR15DE nya di foto tsb clean no sludge. Sudah benar cara ownernya ganti oli mesinnya selama ini. Pakai oli mesin sesuai anjuran buku manualnya buntut W30 dan saya yakin itu mesin selama ini pakai oli synthetic. Good job.
Dan skrg jg msh ngawur itu LM pakenya tp ya gt, interval ganti sesuka hati jd pas dibuka sdh ada bentuk lapisan kuning itu varnish ya namanya

nubie in all things - still need to learn