Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by NYoman »

haha, asik dong, mobil goyang..upss.. :upss:

ok kita kembali ketopik..
saya masih bingung dengan tipe rigid axle ini..
karena ada yang 5 link ada yang 4 link..bedanya ada dimana ya?
ada yang bisa menjelaskan?(contoh kasus terios dan rush)
oh ya satu lagi apa itu anti rollbar?kok tambah bingung saya ya? :e-doh:
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
Mr otoamtsiong
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun Nov 29, 2009 5:56

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by Mr otoamtsiong »

aldy wrote:Kok ane pake city VTEC lengket bgt ya diaspal (suspensi lebih kaku ban profil lebih tipis dibanding city i-DSi)..cz ane punya jazz i-DSi juga suspensi beda lumayan jauh (lebih lembut) selain itu ban lebih tebel (potensi limbung lebih tinggi)..jazz i-DSi jalan 140km/h udah limbung..City VTEC 140km/h masih lengket diaspal ga ada gejala limbung gitu juga buat nikung tajam.. :e-think:
kok bisa lengket,,klo mw lengket pake seri ban type batlax,, pasir aja lengket semua,,apalgi aspal jalanan,, seperti layakx rosi menikung,, pake ban batlax
Mr otoamtsiong
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun Nov 29, 2009 5:56

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by Mr otoamtsiong »

GTR wrote:Ada satu macam lagi yg non-independent suspension tapi ada beda dari common torsionbeam, yaitu H-shaped beam (jazz/city);
ini cara kerjanya tidak dibiarkan 'free' spt common torsionbeam, tapi malah mirip anti roll bar (/stabilizer; cuma dgn dimensi jauh lebih besar).
Kedua ujung2 "beam"nya "diikat" ke chasis, sehingga efek kerja mirip stabilizer,
ini akan semakin mengurangi "independent-travel"nya antara kiri kanan;
travel/arah suspensi yg disebabkan salahsatu sisi => akan diikuti pula oleh sisi lawannya (note hanya ada 2 arah : naik & turun).

contoh (kondisi H-shape beam yg blm tentu terjadi di common tosionbeam) meminjam gambar posting bro handling di thread ini:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... ion#p57328
Torsion2.jpg
Torsion5.jpg
benefitnya, minim body roll saat tikungan, karena apabila salahsatu sisi body "turun" (karena beban/gaya), sisi lainnya akan ikut "turun" juga... cmiiw

Torsion beam & rigid axle (populer juga : solid axle leaf spring/per daun) mirip2, cuma aja rigid axle lebih terbatas fleksibilitas sudutnya krn dibatasi sudut kemiringan2 maksimal yg bisa dibentuk kerja as kopel ke gardan.
umumnya torsion beam = 3link, umumnya rigid axle = 5link.
http://www.carbibles.com/suspension_bible.html
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by aldy »

@diatas maaf bro bahasa ane ga pas maksudnya lengket tuh buat nikung kecepatan tinggi maupun jalan 140km/h enggak limbung.. :big_peace:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
Mr otoamtsiong
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun Nov 29, 2009 5:56

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by Mr otoamtsiong »

share untuk suspension:jazz
Sistem Suspensi Depan
Dengan memakai macpherson strut sama persis dengan apa yang dipakai oleh CR-V dengan menggunakan bushing jenis baru untuk meningkatkan gerak vertical dan horizontal. Serta sudut caster yang diperbesar dari 2.2degree hingga 3.3degree (caster trail from 5mm to 20mm) sehingga meningkatkan akurasi pengendalian steer.

Sistem Suspensi belakang
Menggunakan H Shape Torsion Beam, dengan memperpanjang trailing arm (+39mm), memperbesar rear trailing arm bush (hingga 43%), bentuk torsion beam yang dirubah sehingga system suspensi ini dapat meredam getaran (lebih empuk) hingga 25% dan kestabilan hingga 48%.
-------
Double wishbone:
system suspensi dengan 2 link roda. diatas. dan dibawah. Gerakan link yang sejajar antara bawah( terkait pd roda bagian bawah) dan atas(terkait pada roda bagian atas) ,membuat ayunan roda tegak lurus terhadap jalan. Ada gerakan roda masuk sedikit kedalam saat terjadi ayunan. DW mengikuti kontur jalan ,lebih stabil drpd mac pherson.DW dg reactive link gue kurang tahu. Mungkin istilah saja utk stabiliser yg menghubungkan kiri dan kanan.

Mac.pherson.
Hanya memiliki 1 link , di bagian bawah roda. bagian atas terkait pada shock absorber , dan koil , dengan sedikit gerakan elastis. Kelebihannya lebih kompak. Ayunan roda yg terjadi tidak tegak lurus thd jalan,.Kalau roda kita lihat dr belakang , membentuk sudut thd jalan. (analogi gue Hampir sama spt gerakan pendulum terhadap titik pusatnya,dimana titik pusat adalah as link,titik link dengan sasis.).Utk kestabilan masih dibawah DW.

Multilink
System dg 3 atau lebih link dapat dikatakan multilink. Pada honda double wishbone dg tambahan 3 link(utk mengurangi gerakan roda masuk kedalam). Pada bmw karena membentuk link z ,dikatakan sbg z axle. Pada audi quadralink( 4link) dll. Merupakan system suspensi yg terbaik ,rumit dan mahal. Mengeliminasi gerakan roda ke dalam ,ke depan/ belakang/ sudut berlebih ,dg mengijinkan terjadinya sedikit perubahan sudut agar mengikuti kontur jalan ,flexible,dan nyaman.

Trailing arm/ semi trailing.
Biasa dipakai kendaraan lama. di bagian belakang dg gardan belakang. Intinya adalah roda memiliki 1 arm besar yang terkait dengan sasis., dan satunya lagi roda terkait pada as gardan. Perbedaannya .
trailing arm , as arm di sasis lurus/melintang horisontal thd body. Jadi hanya mengijinkan gerakan roda naik dan turun. Tidak flexible.
Semi trailing:
sama ,tapi as armnya membentuk sudut thd body.Sehingga memungkinkan terjadinya gerakan sedikit sudut dari roda saat berbelok(sedikit understeer). Lebih flexible.membantu pengendalian.
Keduanya sudah jarang dipake utk jaman sekarang.

Torsion Beam.
Biasa utk sedan kompak. Roda kanan dan kiri dikaitkan dengan batang as besar ,juga berguna sebagai anti roll bar.Dikatakan juga semi /setengah independent. Karena ada satu link dari tiap roda ke sasis. Di bagian atas selain terkait link ,juga terkait dg shock dan coil/per./spiral. Dg pengembangan yg advance ,kestabilannya oke dibandingkan dg kompetitor terdekatnya yaitu mc.pherson.

Torsion bar dan torsion beam beda.Torsion beam system suspensi. Torsion bar ,bagian dari system.berupa batang torsi( berbentuk seperti stabiliser menghubungkan roda kiri dan kanan) dengan memuntir batang,terkait pada sasis,sehingga bersifat seperti spring. kelebihannya adalah mudah meninggikan/men ceperkan mobil dg memutar batang torsi.dipakai pada kijang ,panther dan blazer yg gue tahu.

kesimpulan:
system terbaik adalah multilink diikuti double wishbone.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Mr otoamtsiong
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun Nov 29, 2009 5:56

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by Mr otoamtsiong »

ada keluhan suspensi jazz kurang empuk,,??
sebenarnya bukan karena tidak independent, saya rasa depan sudah independent(memakai suspensi cr-v),blkg bsa dikatakan semiindpendnt,,, dikarenakan spring (seperti per) digambar yang warna merah terlalu besar kembangannya, jika lebih rapat seperti punya vios ato yg empuk sbgainya, pasti empuk,sebenarnya sudah bagus punyanya jazz cuma karena rongga spring nya terlalu besar saja.honda membuat itu karena mgkin honda jazz punya bagasi yang lebih besar dikelasnya, jadi walaupun krg empuk tpi kuat menahan beban,jadi mgkin rongga spring nya jauh dibuat bgtu agar radius ban dgn rongga bodi tidak terlalu dekat..n tetap enak akselerasinya,,
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by evolution21 »

pak, bukannya kalo jarak antar per makin rapat itu makin keras?

biasa per buat racing itu bentuknya pendek dan jaraknya dikit sekali kan bro?
User avatar
longlife
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Thu Aug 21, 2008 7:21

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by longlife »

Bos....mumpung belum linglun...kalo suspensi belakang trajet itu pake apa bos..koq beda sama mobil2 yg lain...
apa mobilku yg terlalu aneh ya???