apakah low trim disana sama kayak disini sunatannya, airbag aja kadang jumlahnya bedalemonadelovers wrote: Fri Jul 18, 2025 22:44 d malay populasi mobil low trim banyak lho. klo disini maunya middle n top trim.
Penjualan otomotif Indo memberi sinyal ekonomi sudah menurun tajam ???
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sat May 04, 2024 2:09
- Location: indonesia
Re: Penjualan otomotif Indo memberi sinyal ekonomi sudah menurun tajam ???
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6433
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Penjualan otomotif Indo memberi sinyal ekonomi sudah menurun tajam ???
kalo beban operasional di tanggung perusahaan beli EV ya perusahaan untung pas cop kelar loe cuma gigit jari evnya antara harga jeblok kalo jelek malah cuma tinggal scrap valuectopher7 wrote: Fri Jul 18, 2025 15:21 kalo beban operasional ditanggung perusahaan sbnernya mobil apa aja gajadi masalah
kalo beban operasional ditanggung sndiri, noh tamiya 3 huruf tinggal di abuse aja asal ga dapet unit lemon sampe harganya jeblos![]()

ud bener beli GR27, Vibrator atau zenix si saya bilang cuma ipar saya bilang zenix kayak om om keknya si bakalan GR2.7 jeblok si harganya cuma bisa di pake lama

kalo jaman dulu duit segitu gak pusing paling ambil CRV kalo masih 5AT atau corola cross bensin sekarang semua HYBRID kusut

terus mobil sekarang appealnya jelek banget gak kek mobil dulu

saya sih lebih milih nyari prado 2004, fortuner bensin model VNT, crv gen4 atau cygnus

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2547
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Penjualan otomotif Indo memberi sinyal ekonomi sudah menurun tajam ???
Sekarang model futuristik seperti santa fe terbaru.
Lampu model tetris
Lampu model tetris

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00
Re: Penjualan otomotif Indo memberi sinyal ekonomi sudah menurun tajam ???
Tidak mengejutkan sama sekali Indo DM akan disalip oleh Malay secara waktu pandemi Januari - Agustus 2020 pernah hancur lebur bahkan anjlok 51%. Melorot ke peringkat 5 di ASEAN DM yang berarti terparah di ASEAN DM bahkan hampir disalip oleh Pinoy. Sementata rata-rata negara ASEAN lainnya penurunan hanya 25%-30%.
Tanpa relaksasi pajak otomotif setelah itu kemungkinan besar sudah tidak ada Plant CKD di Indo DM saat ini seperti AUDM. Walaupun market leader pun tetap ikut kolaps.
Tak heran begitu relaksasi dicabut harga mobil Indo DM brand populer semakin tidak masuk akal dan mulai ditinggalkan konsumen dengan mulai populernya mobil listrik cina yang gantian dapat insentif besar di Indo DM.
Saat ini dengan situasi yang mulai memburuk lagi banyak pertanyaan seberapa lama Plant CKD di Indo DM bisa bertahan
Menunjukkan bahwa populasi besar tanpa buying power = ZONK.
Tanpa relaksasi pajak otomotif setelah itu kemungkinan besar sudah tidak ada Plant CKD di Indo DM saat ini seperti AUDM. Walaupun market leader pun tetap ikut kolaps.
Tak heran begitu relaksasi dicabut harga mobil Indo DM brand populer semakin tidak masuk akal dan mulai ditinggalkan konsumen dengan mulai populernya mobil listrik cina yang gantian dapat insentif besar di Indo DM.
Saat ini dengan situasi yang mulai memburuk lagi banyak pertanyaan seberapa lama Plant CKD di Indo DM bisa bertahan
Menunjukkan bahwa populasi besar tanpa buying power = ZONK.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5019
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: Public Transport
Re: Penjualan otomotif Indo memberi sinyal ekonomi sudah menurun tajam ???
kalo soal ini saya kurang tau om heheginting wrote: Fri Jul 18, 2025 6:49
apakah dengan kesepakatan US terapkan bea masuk Indo 19%,tapi Indo kenakan bea masuk 0% ke product US.
apakah nanti mbil Ford, Rubicorn jadi turun banyak, mbah ?


Past:
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
'12 Avanza K3VE
'23 BRV
'23 HRV
'12 GNKI 2KD
Now:
'23 voxy
'24 U11
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
'12 Avanza K3VE
'23 BRV
'23 HRV
'12 GNKI 2KD
Now:
'23 voxy
'24 U11
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12971
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Penjualan otomotif Indo memberi sinyal ekonomi sudah menurun tajam ???
Paling jd nambah pajak a b c untuk rakyat wakandaginting wrote: Fri Jul 18, 2025 6:49apakah dengan kesepakatan US terapkan bea masuk Indo 19%,tapi Indo kenakan bea masuk 0% ke product US.Pboyz97 wrote: Fri Jul 18, 2025 5:58 ada beberapa faktor sih, seperti badai PHK yg sempet ramai belakangan ini, serta mobil baru yg makin lama makin mahal tetapi yg didapat itu2 aja bisa jdi faktor utama penurunan penjualan otomotif di indo, , bisa jg mungkin pada beralih ke mobil seken. saya sendiri entah knp mobil baru, terutama dari brand mainstream, harganya cenderung agak overprice dan ngga sebanding dengan apa yg didapet.
untuk nextnya mngkn kalo beli baru saya tekat bulet mau ganti ke EV aja, atau minimal hybrid. kalo ICE baru apalagi dari merek mainstream no kalo saya. entah knp saya lebih prefer beli seken kalo ice, kelas lebih tinggi, fitur lebih banyak dan lebih nyaman , cuma kalah tahun aja which is soal waktu hunting & spare waktu buat beresin PR2nya kalo beli mobekas seperti yg dikatakan oleh kebanyakkan orang nggak jadi masalah berarti buat saya, jd no worries
apakah nanti mbil Ford, Rubicorn jadi turun banyak, mbah ?
Jd sama aja

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 828
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44
Re: Penjualan otomotif Indo memberi sinyal ekonomi sudah menurun tajam ???
Sepengamatan nubie memang penjualan mooil di +62 melemah drastis
biasana faktor penyebab yang dituding selalu ekonomi global yang sedang carut marut e-think:
Akan tetapi nubie setoedjoe banget jika ini juga dikarenakan model2 yg dijual saat ini gitu2 aza dan hargana ga ngotak lage
Kita bisa lihat pasar langsung bergairah dengan produk baru seperti Triple berlian DST
suzuki Fronx juga langsung melesat masuk 10 besar karena model atraktif dgn harga yg sepadan
Semoga segera melecut merk Jepun laenna agar segera menelurkan modek2 terbaru yg atraktif dgn harga yg sepadan
Ditengah gempuran mobil Tiongkok yg udah ga bisa dianggap enteng walo Jepun udah punya privilege brand image sejak lama.
Akan tetapi di masa sekarang itu bukan jaminan lage


biasana faktor penyebab yang dituding selalu ekonomi global yang sedang carut marut e-think:
Akan tetapi nubie setoedjoe banget jika ini juga dikarenakan model2 yg dijual saat ini gitu2 aza dan hargana ga ngotak lage


Kita bisa lihat pasar langsung bergairah dengan produk baru seperti Triple berlian DST


suzuki Fronx juga langsung melesat masuk 10 besar karena model atraktif dgn harga yg sepadan

Semoga segera melecut merk Jepun laenna agar segera menelurkan modek2 terbaru yg atraktif dgn harga yg sepadan

Ditengah gempuran mobil Tiongkok yg udah ga bisa dianggap enteng walo Jepun udah punya privilege brand image sejak lama.
Akan tetapi di masa sekarang itu bukan jaminan lage


ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 828
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44
Re: Penjualan otomotif Indo memberi sinyal ekonomi sudah menurun tajam ???
Memang +62 harus legowo menerima kenyataan kalo ekonomi +60 udah mulai meninggalkanna
Nubie setoedjoe kalo faktor tourism dan wisata medis membawa trend positif pada ekonomi +60
Udah ga terhitung sodara dan temen yg berobat ke KL , Penang bahkan +60 timur Kuching termasuk nyokap, bibi dan uncle ane. blom lagi trend IVF puluhan ribu pasutri +62, +65 dan +66 promil di +60 utk dapatkan anak jika ada masalah kesuburan karena penyakit ato usia yg ga muda lage . +60 lagi booming banget dapat duit dari sektor ni
Sementara sektor tourism kalo ke bukit bintang KL memang vibesna udah serasa global mirip Orchard road +65 dan Ginza Tokyo dgn puluhan ribu lalu lalang di sana dari berbagai benua tiap hari
Dimana vibes ini ga dirasakan bahkan jangankan di Bali apalage jakarta dan surabaya karena memang ga ada perencananna dari dulu
Sangat disayangkan potensi yg disia2kan
Fenomena Rojali lagi trend dan viral sekarang mengulang kembali seperti 2008
Ini berbeda dengan waktu ke mall di KL kok masih liat banyak yg bawa tas belanjaan apalage Dubai
Lha padahal backbone ekonomi kita adalah konsumsi jadi bisa dibayangkan efek dominona jika backbone terguncang



Nubie setoedjoe kalo faktor tourism dan wisata medis membawa trend positif pada ekonomi +60
Udah ga terhitung sodara dan temen yg berobat ke KL , Penang bahkan +60 timur Kuching termasuk nyokap, bibi dan uncle ane. blom lagi trend IVF puluhan ribu pasutri +62, +65 dan +66 promil di +60 utk dapatkan anak jika ada masalah kesuburan karena penyakit ato usia yg ga muda lage . +60 lagi booming banget dapat duit dari sektor ni

Sementara sektor tourism kalo ke bukit bintang KL memang vibesna udah serasa global mirip Orchard road +65 dan Ginza Tokyo dgn puluhan ribu lalu lalang di sana dari berbagai benua tiap hari


Dimana vibes ini ga dirasakan bahkan jangankan di Bali apalage jakarta dan surabaya karena memang ga ada perencananna dari dulu

Sangat disayangkan potensi yg disia2kan

Couldn't agree more UmAndhyka wrote: Fri Jul 18, 2025 4:59 Betul kondisi ekonomi lesu ini jadi fenomena paradox. Ekonomi lesu malah mal2 jadi ramai pengunjung, karena jadi tempat melepas penat dan melampiaskan stress sambil makan bareng sekeluarga, tetapi ya cuma jalan2 dan makan doang serta bayar parkir, tapi tidak belanja apapun.
Jalan2 di mall juga jadi tempat hiburan paling murah meriah. Saat long weekend, skrg lebih banyak yg memilih berdiam di dalam kota dan mengunjungi mall, daripada berlibur ke luar kota dan menginap di hotel yg tentunya keluar biaya jauh lebih besar.
Fenomena Rojali lagi trend dan viral sekarang mengulang kembali seperti 2008


Ini berbeda dengan waktu ke mall di KL kok masih liat banyak yg bawa tas belanjaan apalage Dubai

Lha padahal backbone ekonomi kita adalah konsumsi jadi bisa dibayangkan efek dominona jika backbone terguncang

Last edited by pcx on Mon Jul 21, 2025 7:16, edited 1 time in total.
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1875
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 693
- Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20
Re: Penjualan otomotif Indo memberi sinyal ekonomi sudah menurun tajam ???
bakalan tambah sakit mata nih setiap kali pulang dari LN liat mobil2nya di jalanan indon.
lama2 bisa seperti havana, cuba vibe nya.
lama2 bisa seperti havana, cuba vibe nya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3960
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Penjualan otomotif Indo memberi sinyal ekonomi sudah menurun tajam ???
Paling selisih bea masuk dijadiin margin perusahaan, ujung2nya otr tetep. Macem pas cov lah kasi insentif tp jato2nya masy beli harga mirip2 aja.ginting wrote: Fri Jul 18, 2025 6:49
apakah dengan kesepakatan US terapkan bea masuk Indo 19%,tapi Indo kenakan bea masuk 0% ke product US.
apakah nanti mbil Ford, Rubicorn jadi turun banyak, mbah ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1719
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Penjualan otomotif Indo memberi sinyal ekonomi sudah menurun tajam ???
klo ane lihat yg kelas menengah nahan duit entah nungguin emas yg kemarin ATH trus skg drop. ad jg yg inves d SBN n Saham jd banyak yg hold belanja meskipun dananya ada
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4418
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Penjualan otomotif Indo memberi sinyal ekonomi sudah menurun tajam ???
iya, mbah...betul sekali...lemonadelovers wrote: Tue Jul 22, 2025 1:05 klo ane lihat yg kelas menengah nahan duit entah nungguin emas yg kemarin ATH trus skg drop. ad jg yg inves d SBN n Saham jd banyak yg hold belanja meskipun dananya ada
saya aja sekarang lebih memilih buat invest di Government Bond via Welma BCA karena kita gak tau bakal macam apa ekonomi.
6.5% netto sih mayanlah. Pajak kupon juga cuma 10%, kalau bunga deposito 20% pajaknya.
sambil mantau 1 tahun 4 bulan lagi COP Innova Reborn Diesel sudah lunas, apakah nanti ambil COP baru atau ambil cash aja (lbh kecil jumlahnya kalau diambil mentahnya)... karena mobil juga masih sehat sehat belum penyakitan..
harga mobil di Indo sudah gak ngotak krn pajak ini yg paling bikin nyesek.
nah dlm kondisi APBN gak tercapai begini, malah makin kecil kemungkinan pajak diturunkan karena bakal makin kempes itu state treasury.
Ibu Sri Mulyadi pun jadi pusing gimana mencari solusi..
paling bener sih maunya Korupsi dibabat, Ormas disikat, pajak diturunkan sedikit supaya makin gairah..cuan tifis asal volume gede kann nanti banyak juga...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 273
- Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
- Location: Jakarta
Re: Penjualan otomotif Indo memberi sinyal ekonomi sudah menurun tajam ???
pajak tinggi klo pemakaiannya jelas sih gk mslh, lha dsini pajak tinggi tapi pemakaian gk jelas entah buat apa. yg mental korup dsini tuh bener2 dri yg paling atas smpe paling bawah. klo mau dibersihin semua, bisa2 separuh lebih pemerintah hilang tuh. ormas ditertibin? slama msh bnyk pejabat yg jdi "anggota kehormatan", gk bakal bisa soalnya secara gk lngsung dijadiin bekingnya si ormas.ginting wrote: Tue Jul 22, 2025 1:16iya, mbah...betul sekali...lemonadelovers wrote: Tue Jul 22, 2025 1:05 klo ane lihat yg kelas menengah nahan duit entah nungguin emas yg kemarin ATH trus skg drop. ad jg yg inves d SBN n Saham jd banyak yg hold belanja meskipun dananya ada
saya aja sekarang lebih memilih buat invest di Government Bond via Welma BCA karena kita gak tau bakal macam apa ekonomi.
6.5% netto sih mayanlah. Pajak kupon juga cuma 10%, kalau bunga deposito 20% pajaknya.
sambil mantau 1 tahun 4 bulan lagi COP Innova Reborn Diesel sudah lunas, apakah nanti ambil COP baru atau ambil cash aja (lbh kecil jumlahnya kalau diambil mentahnya)... karena mobil juga masih sehat sehat belum penyakitan..
harga mobil di Indo sudah gak ngotak krn pajak ini yg paling bikin nyesek.
nah dlm kondisi APBN gak tercapai begini, malah makin kecil kemungkinan pajak diturunkan karena bakal makin kempes itu state treasury.
Ibu Sri Mulyadi pun jadi pusing gimana mencari solusi..
paling bener sih maunya Korupsi dibabat, Ormas disikat, pajak diturunkan sedikit supaya makin gairah..cuan tifis asal volume gede kann nanti banyak juga...

4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00
Re: Penjualan otomotif Indo memberi sinyal ekonomi sudah menurun tajam ???
Pra krisis 1998 1 SGD masih 1 MYR/Rp1.500 dan pasca krisis 1998 terus naik bahkan sekarang 1 SGD=MYR 3,5/Rp 12,8K sehingga banyak WNI yang dulu rutin berobat atau general check up di SG beralih ke Malay.pcx wrote: Mon Jul 21, 2025 7:06 -Cut-
Udah ga terhitung sodara dan temen yg berobat ke KL , Penang bahkan +60 timur Kuching termasuk nyokap, bibi dan uncle ane. blom lagi trend IVF puluhan ribu pasutri +62, +65 dan +66 promil di +60 utk dapatkan anak jika ada masalah kesuburan karena penyakit ato usia yg ga muda lage . +60 lagi booming banget dapat duit dari sektor ni![]()
Sementara sektor tourism kalo ke bukit bintang KL memang vibesna udah serasa global mirip Orchard road +65 dan Ginza Tokyo dgn puluhan ribu lalu lalang di sana dari berbagai benua tiap hari![]()
![]()
Dimana vibes ini ga dirasakan bahkan jangankan di Bali apalage jakarta dan surabaya karena memang ga ada perencananna dari dulu![]()
Sangat disayangkan potensi yg disia2kan
- Cut-
Ini berbeda dengan waktu ke mall di KL kok masih liat banyak yg bawa tas belanjaan apalage Dubai![]()
Lha padahal backbone ekonomi kita adalah konsumsi jadi bisa dibayangkan efek dominona jika backbone terguncang
Awal 1990an KL belum jadi megapolitan masih kalah jauh dengan Jakarta yang sudah banyak mall dan hotel berbintang mewah. Juga sudah ada SCBD tahun 1992.
Bukit Bintang dan Petronas Twin Towers masih belum ada apalagi Dubai yang masih padang pasir.
Sementara pasca 1998 sampai sekarang transformasi KL & Dubai vs Jakarta sudah bagaikan bumi dan langit. Secara indikator kemajuan suatu kota di Asia dan Middle East adalah skyscrapers jelas tak perlu dibandingkan mana yang meroket dan mana yang declined.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1719
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Penjualan otomotif Indo memberi sinyal ekonomi sudah menurun tajam ???
salah satu booming mereka d pabrik chipset ad bbrp disana high-tech high-value ga perlu keruk SDA bener2 value added dr investorpcx wrote: Mon Jul 21, 2025 7:06 Memang +62 harus legowo menerima kenyataan kalo ekonomi +60 udah mulai meninggalkanna![]()
![]()
Nubie setoedjoe kalo faktor tourism dan wisata medis membawa trend positif pada ekonomi +60
Udah ga terhitung sodara dan temen yg berobat ke KL , Penang bahkan +60 timur Kuching termasuk nyokap, bibi dan uncle ane. blom lagi trend IVF puluhan ribu pasutri +62, +65 dan +66 promil di +60 utk dapatkan anak jika ada masalah kesuburan karena penyakit ato usia yg ga muda lage . +60 lagi booming banget dapat duit dari sektor ni![]()
Sementara sektor tourism kalo ke bukit bintang KL memang vibesna udah serasa global mirip Orchard road +65 dan Ginza Tokyo dgn puluhan ribu lalu lalang di sana dari berbagai benua tiap hari![]()
![]()
Dimana vibes ini ga dirasakan bahkan jangankan di Bali apalage jakarta dan surabaya karena memang ga ada perencananna dari dulu![]()
Sangat disayangkan potensi yg disia2kan
![]()
Couldn't agree more UmAndhyka wrote: Fri Jul 18, 2025 4:59 Betul kondisi ekonomi lesu ini jadi fenomena paradox. Ekonomi lesu malah mal2 jadi ramai pengunjung, karena jadi tempat melepas penat dan melampiaskan stress sambil makan bareng sekeluarga, tetapi ya cuma jalan2 dan makan doang serta bayar parkir, tapi tidak belanja apapun.
Jalan2 di mall juga jadi tempat hiburan paling murah meriah. Saat long weekend, skrg lebih banyak yg memilih berdiam di dalam kota dan mengunjungi mall, daripada berlibur ke luar kota dan menginap di hotel yg tentunya keluar biaya jauh lebih besar.
Fenomena Rojali lagi trend dan viral sekarang mengulang kembali seperti 2008![]()
![]()
Ini berbeda dengan waktu ke mall di KL kok masih liat banyak yg bawa tas belanjaan apalage Dubai![]()
Lha padahal backbone ekonomi kita adalah konsumsi jadi bisa dibayangkan efek dominona jika backbone terguncang
![]()
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3960
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Penjualan otomotif Indo memberi sinyal ekonomi sudah menurun tajam ???
Populasi besar tp 60% miskin, buying powernya ga sampe 50rb perak sehari. Jgn pake data bps ya soalnya lebih ga masuk akal lg yg dianggap miskin <550rb/bulan which is sekitar USD 33 dollar/bulan atau setara gaji part timer kerja 2-3 jam di amrik.Michaelktp wrote: Sat Jul 19, 2025 4:19 Tidak mengejutkan sama sekali Indo DM akan disalip oleh Malay secara waktu pandemi Januari - Agustus 2020 pernah hancur lebur bahkan anjlok 51%. Melorot ke peringkat 5 di ASEAN DM yang berarti terparah di ASEAN DM bahkan hampir disalip oleh Pinoy. Sementata rata-rata negara ASEAN lainnya penurunan hanya 25%-30%.
Tanpa relaksasi pajak otomotif setelah itu kemungkinan besar sudah tidak ada Plant CKD di Indo DM saat ini seperti AUDM. Walaupun market leader pun tetap ikut kolaps.
Tak heran begitu relaksasi dicabut harga mobil Indo DM brand populer semakin tidak masuk akal dan mulai ditinggalkan konsumen dengan mulai populernya mobil listrik cina yang gantian dapat insentif besar di Indo DM.
Saat ini dengan situasi yang mulai memburuk lagi banyak pertanyaan seberapa lama Plant CKD di Indo DM bisa bertahan
Menunjukkan bahwa populasi besar tanpa buying power = ZONK.
Gw rasa potential buyer mobil di indo ga nyampe 20 jt penduduk (anggap lah yg gw maksud potential buyer di indo yg penghasilan >10 jt/bulan dgn asumsi nyicil 3jt/bln). Ya mau berharap brp banyak yg beli mbl tiap tahun. Secepet2nya ganti mbl tiap 5 thn tunggu cicilan lunas ganti mobil nyicil lg
