Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12775
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

draxx13 wrote: Mon Jun 30, 2025 0:56
Suryaputra wrote: Sun Jun 29, 2025 22:48
draxx13 wrote: Sun Jun 29, 2025 16:30
Sekitar 700 ml kurang lebih
Ujung knalpot kering?
Asap knalpot warna putih dan banyak? atau minim?
Asap minim om
Coba pakai oli buat spec mobil eropa :mky_03:
Contoh:
- Fastron Gold 5w30
- Adnoc Voyager Gold 5w30
- Q8 Special RN 5w30

Coolant kapan terakhir ganti?..

Smoga ngurangin
Last edited by Suryaputra on Mon Jun 30, 2025 2:41, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
c3sfandro
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Fri Jun 05, 2015 6:28

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by c3sfandro »

draxx13 wrote: Sun Jun 29, 2025 15:26 Malem om om, mungkin ada rekomendasi oli buat livina 2010 ?
Sebelumnya udah coba berbagai merk di visko 5w30 dari adnoc,top 1, ptt, valvoline, tq9000,sieken, bardahl selalu ada penguapan setelah menempuh 3000an km
Mungkin ada rekomendasi oli yg tahan high temp hr15de livina?
Oh iya untuk cooling aman, selalu pantau pake obd di 88-90 derajat
Saya biasa pakai 0w-20 penguapan sekitar 150ml
mkamil
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by mkamil »

Suryaputra wrote: Mon Jun 30, 2025 1:41
draxx13 wrote: Mon Jun 30, 2025 0:56
Suryaputra wrote: Sun Jun 29, 2025 22:48

Ujung knalpot kering?
Asap knalpot warna putih dan banyak? atau minim?
Asap minim om
Coba pakai oli buat spec mobil eropa :mky_03:
Contoh:
- Fastron Gold 5w30
- Adnoc Voyager Gold 5w30
- Q8 Special RN 5w30

Coolant kapan terakhir ganti?..

Smoga ngurangin
tambahin alternatif fuchs gt1 flex c23 API SP atau PTT euro 504/507
andrejunior
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 187
Joined: Sun Nov 25, 2018 16:03

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by andrejunior »

Suryaputra wrote: Sun Jun 29, 2025 14:44
sunsun89 wrote: Sun Jun 29, 2025 10:20 permisi om saya mau tanya..
kalau oli sama2 0w20, boleh campur sama merk laen dengan SAE yg sama ga ya?

karena kemarin saya ada tune up ke bengkel honda, trus olinya diganti pake oli honda gold yang 0w20..
sebelum nya saya pakai oli Q8 0w20.. karena di bengkel ga ada q8 jadi nya dimasukin oli honda gold.. nah kebetulan saya cek dipstik oli cm 3/4.. ga sampe batas max.. rencana saya mau masukin sisanya sampe max pake oli sisa q8 0w20 yang kemarin.. kira2 boleh ga ya om??

terimakasih yang udah jawab..
gpp koq
cuma fungsi long drain nya jadi hilang aja

ganti per 5rb km / 6 bln
klo honda gold w20
Kenapa fungsi long drainnya jadi ilang, kan justru nambah2 dikit
Yg tadinya ga long (pake onda emas) jadi nambah long dikit setelah dikasi vitamin kyu et
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12775
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

andrejunior wrote: Mon Jun 30, 2025 9:06
Suryaputra wrote: Sun Jun 29, 2025 14:44
sunsun89 wrote: Sun Jun 29, 2025 10:20 permisi om saya mau tanya..
kalau oli sama2 0w20, boleh campur sama merk laen dengan SAE yg sama ga ya?

karena kemarin saya ada tune up ke bengkel honda, trus olinya diganti pake oli honda gold yang 0w20..
sebelum nya saya pakai oli Q8 0w20.. karena di bengkel ga ada q8 jadi nya dimasukin oli honda gold.. nah kebetulan saya cek dipstik oli cm 3/4.. ga sampe batas max.. rencana saya mau masukin sisanya sampe max pake oli sisa q8 0w20 yang kemarin.. kira2 boleh ga ya om??

terimakasih yang udah jawab..
gpp koq
cuma fungsi long drain nya jadi hilang aja

ganti per 5rb km / 6 bln
klo honda gold w20
Kenapa fungsi long drainnya jadi ilang, kan justru nambah2 dikit
Yg tadinya ga long (pake onda emas) jadi nambah long dikit setelah dikasi vitamin kyu et


Mungkin klo perbandingannya kyukyu 80%
Onda gold 20%
Nah msh bs longer.

Ini kebalik kan

Ini lbh pas dijawab sm bestiekyueit lgs aja :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ivanaldie
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Mon Sep 18, 2017 6:25

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by ivanaldie »

Mobil saya CX5 tahun 2021 di KM 26 ribuan dan sudah waktunya ganti oli (kelebihan 1 bulan dan 1000 km dari seharusnya). Pada penggantian oli di periode sebelumnya dikarenakan terpaksa karena kesibukan kerja di luar kota dan karena gak ketemu jadwal yang pas di Beres, saya ganti oli di salah satu bengkel dengan menggunakan P*t performace super synthetic 0w20 di km 15,500. karena oli p*t ini adalah yang paling "murah" diantara oli-oli lain yang ditawarkan bengkel tersebut. Sebelum-sebelumnya, saya selalu taat ganti oli di Beres dan pake Oli MGO.

Kemarin pagi saya cek oli di dipstick, dan surprisingly setelah pemakaian hampir 11 ribu km oli malah tidak berkurang alias tetap berada di level max pada dipstick. Saya kurang paham perhitungan lab untuk pemakaaian oli seperti TBN dan sebagainya, tapi sebagai orang awam saya takjub karena saya merasa peguapannya sangat minim (menurut penarawangan mata awam saya).

Nah, kegalauan saya adalah, apakah saya kembali ke jalan yang benar pake oli MGO di Beres, atau tetap bermigrasi menggunakan oli P*t ini? selain itu masalahnya, saya gak tau apakah ada Beres mazdut yang bisa bawa oli sendiri.

Mohon masukan suhu-suhu oli SMers
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12775
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

ivanaldie wrote: Mon Jun 30, 2025 9:57 Mobil saya CX5 tahun 2021 di KM 26 ribuan dan sudah waktunya ganti oli (kelebihan 1 bulan dan 1000 km dari seharusnya). Pada penggantian oli di periode sebelumnya dikarenakan terpaksa karena kesibukan kerja di luar kota dan karena gak ketemu jadwal yang pas di Beres, saya ganti oli di salah satu bengkel dengan menggunakan P*t performace super synthetic 0w20 di km 15,500. karena oli p*t ini adalah yang paling "murah" diantara oli-oli lain yang ditawarkan bengkel tersebut. Sebelum-sebelumnya, saya selalu taat ganti oli di Beres dan pake Oli MGO.

Kemarin pagi saya cek oli di dipstick, dan surprisingly setelah pemakaian hampir 11 ribu km oli malah tidak berkurang alias tetap berada di level max pada dipstick. Saya kurang paham perhitungan lab untuk pemakaaian oli seperti TBN dan sebagainya, tapi sebagai orang awam saya takjub karena saya merasa peguapannya sangat minim (menurut penarawangan mata awam saya).

Nah, kegalauan saya adalah, apakah saya kembali ke jalan yang benar pake oli MGO di Beres, atau tetap bermigrasi menggunakan oli P*t ini? selain itu masalahnya, saya gak tau apakah ada Beres mazdut yang bisa bawa oli sendiri.

Mohon masukan suhu-suhu oli SMers
just my opinion / disclemer...

stick to PTT supersyn, atau klo mau coba dgn long drain lain, bisa yg sekelas harganya atau lebih tinggi.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ivanaldie
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Mon Sep 18, 2017 6:25

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by ivanaldie »

Suryaputra wrote: Mon Jun 30, 2025 10:05
ivanaldie wrote: Mon Jun 30, 2025 9:57 Mobil saya CX5 tahun 2021 di KM 26 ribuan dan sudah waktunya ganti oli (kelebihan 1 bulan dan 1000 km dari seharusnya). Pada penggantian oli di periode sebelumnya dikarenakan terpaksa karena kesibukan kerja di luar kota dan karena gak ketemu jadwal yang pas di Beres, saya ganti oli di salah satu bengkel dengan menggunakan P*t performace super synthetic 0w20 di km 15,500. karena oli p*t ini adalah yang paling "murah" diantara oli-oli lain yang ditawarkan bengkel tersebut. Sebelum-sebelumnya, saya selalu taat ganti oli di Beres dan pake Oli MGO.

Kemarin pagi saya cek oli di dipstick, dan surprisingly setelah pemakaian hampir 11 ribu km oli malah tidak berkurang alias tetap berada di level max pada dipstick. Saya kurang paham perhitungan lab untuk pemakaaian oli seperti TBN dan sebagainya, tapi sebagai orang awam saya takjub karena saya merasa peguapannya sangat minim (menurut penarawangan mata awam saya).

Nah, kegalauan saya adalah, apakah saya kembali ke jalan yang benar pake oli MGO di Beres, atau tetap bermigrasi menggunakan oli P*t ini? selain itu masalahnya, saya gak tau apakah ada Beres mazdut yang bisa bawa oli sendiri.

Mohon masukan suhu-suhu oli SMers
just my opinion / disclemer...

stick to PTT supersyn, atau klo mau coba dgn long drain lain, bisa yg sekelas harganya atau lebih tinggi.
Thank you om Surya, sebelumnya emang saya orang yang "lurus" kalau untuk soal dunia per-olian dan selalu taat dengan oli resmi. Cuma memang selama ini saya belum pernah bawa mobil lebih dari 10 ribu km dalam satu periode perawatan. Pada periode kali ini bisa sampai lebih dari 10 ribu km pemakaian, dikarenakan pada waktu lebaran kemarin saya bawa keliling sampai ke ujung pulau Sumatera. Biasanya saya ganti oli karena memang sudah masuk waktu pergantian per 6 bulan, dan bukan karena jarak tempuh.

Ada toko offline atau online yang recommended untuk beli oli2 kelas keraton om2?
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Sun Jun 29, 2025 9:15 Impresi pakai ini
Vs sebelumnya pk voyager silver plus 5w30
11 12 :big_exellent:

Screensh :mky_03: ot_20250629_160712.jpg

Sebelumnya 1 tahun jalan 3rb km
masuk kelas keraton (m1,q8, amsoil, ravenol) ato midhigh (IFG-5, Motul, castrol)? :big_childish:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by kayukayuthe5th »

ivanaldie wrote: Mon Jun 30, 2025 9:57 Mobil saya CX5 tahun 2021 di KM 26 ribuan dan sudah waktunya ganti oli (kelebihan 1 bulan dan 1000 km dari seharusnya). Pada penggantian oli di periode sebelumnya dikarenakan terpaksa karena kesibukan kerja di luar kota dan karena gak ketemu jadwal yang pas di Beres, saya ganti oli di salah satu bengkel dengan menggunakan P*t performace super synthetic 0w20 di km 15,500. karena oli p*t ini adalah yang paling "murah" diantara oli-oli lain yang ditawarkan bengkel tersebut. Sebelum-sebelumnya, saya selalu taat ganti oli di Beres dan pake Oli MGO.

Kemarin pagi saya cek oli di dipstick, dan surprisingly setelah pemakaian hampir 11 ribu km oli malah tidak berkurang alias tetap berada di level max pada dipstick. Saya kurang paham perhitungan lab untuk pemakaaian oli seperti TBN dan sebagainya, tapi sebagai orang awam saya takjub karena saya merasa peguapannya sangat minim (menurut penarawangan mata awam saya).

Nah, kegalauan saya adalah, apakah saya kembali ke jalan yang benar pake oli MGO di Beres, atau tetap bermigrasi menggunakan oli P*t ini? selain itu masalahnya, saya gak tau apakah ada Beres mazdut yang bisa bawa oli sendiri.

Mohon masukan suhu-suhu oli SMers
sretauku sejak dipegang eurokars gaboleh deh. stick PTT
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12775
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

ivanaldie wrote: Mon Jun 30, 2025 10:29
Suryaputra wrote: Mon Jun 30, 2025 10:05
ivanaldie wrote: Mon Jun 30, 2025 9:57 Mobil saya CX5 tahun 2021 di KM 26 ribuan dan sudah waktunya ganti oli (kelebihan 1 bulan dan 1000 km dari seharusnya). Pada penggantian oli di periode sebelumnya dikarenakan terpaksa karena kesibukan kerja di luar kota dan karena gak ketemu jadwal yang pas di Beres, saya ganti oli di salah satu bengkel dengan menggunakan P*t performace super synthetic 0w20 di km 15,500. karena oli p*t ini adalah yang paling "murah" diantara oli-oli lain yang ditawarkan bengkel tersebut. Sebelum-sebelumnya, saya selalu taat ganti oli di Beres dan pake Oli MGO.

Kemarin pagi saya cek oli di dipstick, dan surprisingly setelah pemakaian hampir 11 ribu km oli malah tidak berkurang alias tetap berada di level max pada dipstick. Saya kurang paham perhitungan lab untuk pemakaaian oli seperti TBN dan sebagainya, tapi sebagai orang awam saya takjub karena saya merasa peguapannya sangat minim (menurut penarawangan mata awam saya).

Nah, kegalauan saya adalah, apakah saya kembali ke jalan yang benar pake oli MGO di Beres, atau tetap bermigrasi menggunakan oli P*t ini? selain itu masalahnya, saya gak tau apakah ada Beres mazdut yang bisa bawa oli sendiri.

Mohon masukan suhu-suhu oli SMers
just my opinion / disclemer...

stick to PTT supersyn, atau klo mau coba dgn long drain lain, bisa yg sekelas harganya atau lebih tinggi.
Thank you om Surya, sebelumnya emang saya orang yang "lurus" kalau untuk soal dunia per-olian dan selalu taat dengan oli resmi. Cuma memang selama ini saya belum pernah bawa mobil lebih dari 10 ribu km dalam satu periode perawatan. Pada periode kali ini bisa sampai lebih dari 10 ribu km pemakaian, dikarenakan pada waktu lebaran kemarin saya bawa keliling sampai ke ujung pulau Sumatera. Biasanya saya ganti oli karena memang sudah masuk waktu pergantian per 6 bulan, dan bukan karena jarak tempuh.

Ada toko offline atau online yang recommended untuk beli oli2 kelas keraton om2?
Oli bengkel resmi, spy garansi gak void ajah mbah :big_peace:

Tokoijo:
- OS Custom
- speedservices
- td motor
- Panda Auto Indonesia
- Nutech Autoparts
- Tdmotor
- Cakra Motor 11
- dsb
Last edited by Suryaputra on Mon Jun 30, 2025 10:57, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12775
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Mon Jun 30, 2025 10:37
Suryaputra wrote: Sun Jun 29, 2025 9:15 Impresi pakai ini
Vs sebelumnya pk voyager silver plus 5w30
11 12 :big_exellent:

Screensh :mky_03: ot_20250629_160712.jpg

Sebelumnya 1 tahun jalan 3rb km
masuk kelas keraton (m1,q8, amsoil, ravenol) ato midhigh (IFG-5, Motul, castrol)? :big_childish:
kelas mid-hi dgn harga spesial

gass sebelum harga naik :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ivanaldie
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Mon Sep 18, 2017 6:25

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by ivanaldie »

Suryaputra wrote: Mon Jun 30, 2025 10:55
ivanaldie wrote: Mon Jun 30, 2025 10:29
Suryaputra wrote: Mon Jun 30, 2025 10:05

just my opinion / disclemer...

stick to PTT supersyn, atau klo mau coba dgn long drain lain, bisa yg sekelas harganya atau lebih tinggi.
Thank you om Surya, sebelumnya emang saya orang yang "lurus" kalau untuk soal dunia per-olian dan selalu taat dengan oli resmi. Cuma memang selama ini saya belum pernah bawa mobil lebih dari 10 ribu km dalam satu periode perawatan. Pada periode kali ini bisa sampai lebih dari 10 ribu km pemakaian, dikarenakan pada waktu lebaran kemarin saya bawa keliling sampai ke ujung pulau Sumatera. Biasanya saya ganti oli karena memang sudah masuk waktu pergantian per 6 bulan, dan bukan karena jarak tempuh.

Ada toko offline atau online yang recommended untuk beli oli2 kelas keraton om2?
Oli bengkel resmi, spy garansi gak void ajah mbah :big_peace:

Tokoijo:
- OS Custom
- speedservices
- td motor
- Panda Auto Indonesia
- Nutech Autoparts
- Tdmotor
- Cakra Motor 11
- dsb
Terimakasih om...segera meluncur
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Mon Jun 30, 2025 10:56
kayukayuthe5th wrote: Mon Jun 30, 2025 10:37
Suryaputra wrote: Sun Jun 29, 2025 9:15 Impresi pakai ini
Vs sebelumnya pk voyager silver plus 5w30
11 12 :big_exellent:

Screensh :mky_03: ot_20250629_160712.jpg

Sebelumnya 1 tahun jalan 3rb km
masuk kelas keraton (m1,q8, amsoil, ravenol) ato midhigh (IFG-5, Motul, castrol)? :big_childish:
kelas mid-hi dgn harga spesial

gass sebelum harga naik :mky_03:
wah saya terlanjur beli valvoline (penasaran ini soalnya oli siluman, gapernah muncul gapernah promo tiba2 udah API SP aja wkwk)
apakah bisa menggantikan Tq9000 andalan selama ini hehe (harga di toko omfordbadak beli 6 gasampe 600k :big_exellent: )
next aja ane coba di 1krvet si setarplas
-bukan ajakan membeli, promotor, sales dsb-
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12775
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Mon Jun 30, 2025 11:32
Suryaputra wrote: Mon Jun 30, 2025 10:56
kayukayuthe5th wrote: Mon Jun 30, 2025 10:37
masuk kelas keraton (m1,q8, amsoil, ravenol) ato midhigh (IFG-5, Motul, castrol)? :big_childish:
kelas mid-hi dgn harga spesial

gass sebelum harga naik :mky_03:
wah saya terlanjur beli valvoline (penasaran ini soalnya oli siluman, gapernah muncul gapernah promo tiba2 udah API SP aja wkwk)
apakah bisa menggantikan Tq9000 andalan selama ini hehe (harga di toko omfordbadak beli 6 gasampe 600k :big_exellent: )
next aja ane coba di 1krvet si setarplas
-bukan ajakan membeli, promotor, sales dsb-
Kmrn di tempat om fordbadak mau ganti valvoline jg.
Tp digodain sm adnoc itu, harga sama + dapat dex1 gen3, walau naik visco 5w30

Tp di manual book bisa nelen sampai 20w50, ya udah gas lah :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Mon Jun 30, 2025 11:42
kayukayuthe5th wrote: Mon Jun 30, 2025 11:32
Suryaputra wrote: Mon Jun 30, 2025 10:56

kelas mid-hi dgn harga spesial

gass sebelum harga naik :mky_03:
wah saya terlanjur beli valvoline (penasaran ini soalnya oli siluman, gapernah muncul gapernah promo tiba2 udah API SP aja wkwk)
apakah bisa menggantikan Tq9000 andalan selama ini hehe (harga di toko omfordbadak beli 6 gasampe 600k :big_exellent: )
next aja ane coba di 1krvet si setarplas
-bukan ajakan membeli, promotor, sales dsb-
Kmrn di tempat om fordbadak mau ganti valvoline jg.
Tp digodain sm adnoc itu, harga sama + dapat dex1 gen3, walau naik visco 5w30

Tp di manual book bisa nelen sampai 20w50, ya udah gas lah :big_biglaugh:
wow mantep tuh. :mky_02:
gwa penasaran ama ini waktu diakusisi aramco, :mky_03:
belum ada itu PTT api SQ gwa pantengin mulu dah podcast di IG ama utube masih belum dateng2 juga :big_bored: