Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ctopher7 wrote: Wed May 21, 2025 9:43
mana nih om ChZ kudu cobain seal facelift, siapa tau impresinya jd kyk mg4
soon ya om.
kalo kayak MG4 prediksi saya sih enggak ya oom. rancang bangunnya beda juga.
tapi better mungkin iya. ya baguslah kalo BYD dengerin masukan konsumen. yang konyol kan sekarang yang belain bilang seal gak buat kebut kebutan lah 0-100 3.8s dipamerin terus itu kalo gak buat ngebut terus apa.
sekarang direvisi suspensinya, berarti review saya dan temen-temen yang lain valid.
dealer honda juga udah berubah jadi EV china. yah honda musti cepet sih, mending dah masukin HEV aja dan masukin honda china EV deh, kaia strategi mazda EZ series mayan loh di yurop ama mainland pre-ordernya.
ditambah nissan-toyota ternyata makin kenceng rumornya (via holding; kalo beneran yah mungkin ini awal jepang mau akhirnya terjun ke model ekonomi kontemporer, ga dikit2 anti-competition ama anti-trust etc.) https://www.cnbcindonesia.com/news/2025 ... ang-begini
kayukayuthe5th wrote: Fri May 23, 2025 12:40
dealer honda juga udah berubah jadi EV china. yah honda musti cepet sih, mending dah masukin HEV aja dan masukin honda china EV deh, kaia strategi mazda EZ series mayan loh di yurop ama mainland pre-ordernya.
ditambah nissan-toyota ternyata makin kenceng rumornya (via holding; kalo beneran yah mungkin ini awal jepang mau akhirnya terjun ke model ekonomi kontemporer, ga dikit2 anti-competition ama anti-trust etc.) https://www.cnbcindonesia.com/news/2025 ... ang-begini
badai pasti berlalu tinggal tobat aja sono tiap ganti model ganti drivetrain minimal maticnya lah
HEV mopang ud jelas gagal hybrid mana sih yang suksess selain camry sama zenik???
zenik hybrid aja felling lagi mulai tahap turun......
balik ke ev's safety: saya masi ngikuti investigasi resmi BYD Seal yg terbakar di jakarta barat.
kalau mobil diem 3 hari saja bisa kebakar (saksi bilang ada yg denger ledakan?) , gimana itu mobil kalau di jalan panas2, terus tiba serempetan atau kesenggol kendaraan lain?
timbermaniac123 wrote: Wed May 21, 2025 14:17
Terakhir denger2 seal performance yang versi lama dijual dibawah 600... bearti disc lebih drpd yg minggu kemarin 100jt. Beda 1 minggu bisa beda disc 30 juta. Masa yg premium 500 juta setelah disc ?
Bearti bener kaya di thailand yg waktu itu disc bisa nembus 150 juta... gimana ya peeasaan yang baru ambil di sebelum lebaran ga ada disc...
Yah gmn yaaa
Over supply
Over capacity
Lower demand
Higher warehouse cost
Bakarrr
Jgn2 ntar bisa buy 1 get 1 free
Skarang sih masih buy 2 get 1
Cuman ya. Gw dapet bocoran dari temen yg kerja jd sales mobcin.
BY* tuh sebenernya stock banyak di gudang (lokasi indonesia), cuman belagu sok sok tahan stock aja… Bilang ke konsumen indent 2 minggu lah, 3 minggu, sebulan . Mereka playing hard to get, ngaku-ngaku stock barang limited. Makanya belagu kan kaga mau turunin harga (kek di thailand) tapi maen diskon gede
Lagian barang dumpingan doang dari mainland, udah belinya murah jg tuh principal. Masih belagu mo jualan buy 2 get 1 pake speak2 bilang barang indent lah. Prett. Diketawain sama warga thailand
timbermaniac123 wrote: Wed May 21, 2025 14:17
Terakhir denger2 seal performance yang versi lama dijual dibawah 600... bearti disc lebih drpd yg minggu kemarin 100jt. Beda 1 minggu bisa beda disc 30 juta. Masa yg premium 500 juta setelah disc ?
Bearti bener kaya di thailand yg waktu itu disc bisa nembus 150 juta... gimana ya peeasaan yang baru ambil di sebelum lebaran ga ada disc...
Yah gmn yaaa
Over supply
Over capacity
Lower demand
Higher warehouse cost
Bakarrr
Jgn2 ntar bisa buy 1 get 1 free
Skarang sih masih buy 2 get 1
Cuman ya. Gw dapet bocoran dari temen yg kerja jd sales mobcin.
BY* tuh sebenernya stock banyak di gudang (lokasi indonesia), cuman belagu sok sok tahan stock aja… Bilang ke konsumen indent 2 minggu lah, 3 minggu, sebulan . Mereka playing hard to get, ngaku-ngaku stock barang limited. Makanya belagu kan kaga mau turunin harga (kek di thailand) tapi maen diskon gede
Lagian barang dumpingan doang dari mainland, udah belinya murah jg tuh principal. Masih belagu mo jualan buy 2 get 1 pake speak2 bilang barang indent lah. Prett. Diketawain sama warga thailand
Agak lain ya
Gmn mau improve scr kontinyu, klo qty produksinya lebay dan dumpingan gtu.
Klo mayoritas mobil,
- jepang
- korea
- barat
Produksi secara bertahap dan berkelanjutan, spy bisa improve secara bertahap, akumulasinya jd better product.
Lah klo produksi dumping barang gtu, Biar kt hybrid atau ICE juga males sih.
Update software ttp aja gak balance, krn hny sampai software level
Belum lg bcr subsidi, artinya produk yg dibuat, gak sesuai sm real value vs performancenya.
Subsidi ada batasnya, begitu ngos2an, tinggal nunggu downfallnya aja, kyk startap.
Good product akan survive, time will tell
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sm4 wrote: Fri May 23, 2025 14:06
balik ke ev's safety: saya masi ngikuti investigasi resmi BYD Seal yg terbakar di jakarta barat.
kalau mobil diem 3 hari saja bisa kebakar (saksi bilang ada yg denger ledakan?) , gimana itu mobil kalau di jalan panas2, terus tiba serempetan atau kesenggol kendaraan lain?
Ini : diluar faktor eksternal, desainnya unik ya ?. Pake LFP (juga), taruh dibawah jok penumpang belakang. Berarti ini mau ngirit kabel, soalnya power-nya BYD model all in one : https://otomotif.kompas.com/read/2024/0 ... an-dolphin
Itu semua :elektronik : Motor Controller, Battery Management System, DC-DC Converter, Vehicle Control Unit, On Board Charger, Power Distribution Unit dikumpulin jadi satu kotak. Nah buat ngirit kabel DC-DC akinya taruh bawah, kayaknya yg panjang cuma kabel HVDC buat kompressor AC. Tinggal pertanyaan : faktor eksternal apa ?.. jangan2 banjir kali yak ?, rembes ke konektor ?. Bisa lahan bisnis nih : jasa bungkus konektor pake heat shrink cover .... Lupa dah cerita lun, Omoda 5 tu konektor HV keluar batere ternyata harus direcall (silent kali, SMS ke owner), soalnya bisa rembes, pada kejadian pas banjir Sincia kemaren. Hebatnya ndak bocor ke media dan Seraya
Kalo I5, motor controller sendiri diatas motor, BMS didalam battery box, power distribution unit sendiri didalem battery jg (ini yg diangkat pake aki 12V), VCU sendiri. Yg dijadiin satu DC-DC converter+onboard charger, jadi ICCU (ini yg bolak-balik recall), kalo njeblug mobil jalan tapi harus cas DC (pancing dulu pake stater portabel)
Over supply
Over capacity
Lower demand
Higher warehouse cost
Bakarrr
Jgn2 ntar bisa buy 1 get 1 free
Skarang sih masih buy 2 get 1
Cuman ya. Gw dapet bocoran dari temen yg kerja jd sales mobcin.
BY* tuh sebenernya stock banyak di gudang (lokasi indonesia), cuman belagu sok sok tahan stock aja… Bilang ke konsumen indent 2 minggu lah, 3 minggu, sebulan . Mereka playing hard to get, ngaku-ngaku stock barang limited. Makanya belagu kan kaga mau turunin harga (kek di thailand) tapi maen diskon gede
Lagian barang dumpingan doang dari mainland, udah belinya murah jg tuh principal. Masih belagu mo jualan buy 2 get 1 pake speak2 bilang barang indent lah. Prett. Diketawain sama warga thailand
Agak lain ya
Gmn mau improve scr kontinyu, klo qty produksinya lebay dan dumpingan gtu.
Klo mayoritas mobil,
- jepang
- korea
- barat
Produksi secara bertahap dan berkelanjutan, spy bisa improve secara bertahap, akumulasinya jd better product.
Lah klo produksi dumping barang gtu, Biar kt hybrid atau ICE juga males sih.
Update software ttp aja gak balance, krn hny sampai software level
Belum lg bcr subsidi, artinya produk yg dibuat, gak sesuai sm real value vs performancenya.
Subsidi ada batasnya, begitu ngos2an, tinggal nunggu downfallnya aja, kyk startap.
kayukayuthe5th wrote: Fri May 23, 2025 12:40
dealer honda juga udah berubah jadi EV china. yah honda musti cepet sih, mending dah masukin HEV aja dan masukin honda china EV deh, kaia strategi mazda EZ series mayan loh di yurop ama mainland pre-ordernya.
ditambah nissan-toyota ternyata makin kenceng rumornya (via holding; kalo beneran yah mungkin ini awal jepang mau akhirnya terjun ke model ekonomi kontemporer, ga dikit2 anti-competition ama anti-trust etc.) https://www.cnbcindonesia.com/news/2025 ... ang-begini
badai pasti berlalu tinggal tobat aja sono tiap ganti model ganti drivetrain minimal maticnya lah
HEV mopang ud jelas gagal hybrid mana sih yang suksess selain camry sama zenik???
zenik hybrid aja felling lagi mulai tahap turun......
masih kemahalan menurutku ama tax deduction 3percents mah ganiat minimal itu 10-15% kaia jepun ama thai gitu nah itu baru bisa ok.
sebenernya ga gagal cman transitionnya krg smooth. beda ama reguler terlalu jomplang.
zenik dah turun kok emang
b0ku wrote: Fri May 23, 2025 13:28
zenik hybrid aja felling lagi mulai tahap turun......
bukan mulai tahap turun.. kalau saya liat si emang engga naik2 memenuhi target toyota.
indikasinya: mereka masi buka spot order innova reborn. tadinya mau discontinue, eh engga jadi. di daerah masi pada minta RWD.
indikasi lain: dengar2 ada lagi tu mobil dinamai toyota kijang super 2025...tapi ya fwd dengan cvt kayaknya, cuma pakai nama besar "kijang"
tapi jujur zenik ini kaia enjineernya musi improves lagi sih masa mobil segede gitu kasi suspensi travel pendek ban r17? ckckck
makanya toyota dah jangan kepedean bikin ala FWD
kalo yang gwa liat2 rumor di thai ma aussie toyota lagi prepped 48V (yah daripada MHEV nanti bingung kaia susuki masih 24v ) diesel engine kemungkinan bwat next fortuner, hilux, ma maybe next gen "kijang"
bukan om. rangga kan hilux rangga. dah banyak di jalan. toyota kijang super 2025 itu beda lagi. mobil baru. katanya baru mau launching (di google mulai banyak yg bahas)
KielConstantine wrote: Fri May 23, 2025 17:18
Cuman ya. Gw dapet bocoran dari temen yg kerja jd sales mobcin.
BY* tuh sebenernya stock banyak di gudang (lokasi indonesia), cuman belagu sok sok tahan stock aja… Bilang ke konsumen indent 2 minggu lah, 3 minggu, sebulan . Mereka playing hard to get, ngaku-ngaku stock barang limited. Makanya belagu kan kaga mau turunin harga (kek di thailand) tapi maen diskon gede
Lagian barang dumpingan doang dari mainland, udah belinya murah jg tuh principal. Masih belagu mo jualan buy 2 get 1 pake speak2 bilang barang indent lah. Prett. Diketawain sama warga thailand
gw udah duga dari dulu juga gini. makanya keluar produk cepet bener bukannya harusnya life cycle itu 5-6 taon, kalo product improvement ya 2-3 taon layaknya mobil umum. ini tiap taon ada model improvement.
lah ternyata emang dari pusatnya ya cuma ngebuang barang, pantes harga gampang bener turun, lah wong barang oversupply dibuang, disononya udah nikmatin mobil yang 2-3 generasi lebih maju
artinya tiggo CSH sendiri juga bukan barang baru, itu emang arah developmentnya udah kesana siap siap dibanjiri mobil hybrid plug-in. jangan2 EV udah mulai ditinggalin kali di sono
Cuman ya. Gw dapet bocoran dari temen yg kerja jd sales mobcin.
BY* tuh sebenernya stock banyak di gudang (lokasi indonesia), cuman belagu sok sok tahan stock aja… Bilang ke konsumen indent 2 minggu lah, 3 minggu, sebulan . Mereka playing hard to get, ngaku-ngaku stock barang limited. Makanya belagu kan kaga mau turunin harga (kek di thailand) tapi maen diskon gede
Lagian barang dumpingan doang dari mainland, udah belinya murah jg tuh principal. Masih belagu mo jualan buy 2 get 1 pake speak2 bilang barang indent lah. Prett. Diketawain sama warga thailand
Agak lain ya
Gmn mau improve scr kontinyu, klo qty produksinya lebay dan dumpingan gtu.
Klo mayoritas mobil,
- jepang
- korea
- barat
Produksi secara bertahap dan berkelanjutan, spy bisa improve secara bertahap, akumulasinya jd better product.
Lah klo produksi dumping barang gtu, Biar kt hybrid atau ICE juga males sih.
Update software ttp aja gak balance, krn hny sampai software level
Belum lg bcr subsidi, artinya produk yg dibuat, gak sesuai sm real value vs performancenya.
Subsidi ada batasnya, begitu ngos2an, tinggal nunggu downfallnya aja, kyk startap.
Sebenernya bukan hanya byd aja yang jualan nya banyak gaya. Semua mobil yg lagi hype entah itu jimny, i5, byd dll. Pas baru masuk ya jualannya sombong pelit disc sampe harga markup. Cuma yg memang pelit disc lagi di atas angin itu ya toyota. Honda udah mulai sadar susah jualan kalau ga disc gede, biasa di bulan april bisa dapet disc hrv seperti disc di akhir taun. Sedangkan kaya yarcross itu selama belum ganti tahun mentok di 25-30 disc nya.
Tapi ini kan ekonomi makin susah, penjualan otomotif makin nurun, ev lagi pada disc besar2an. Seal bisa 100, atto 80. ditambah phev cina bisa dipdapet di harga 500 (belum disc). Tinggal nunggu moment nya paling cepet giias / awal taun depan pasti lebih masif lagi disc nya. Apakah mobil jepang bisa bersaing ?
Agak lain ya
Gmn mau improve scr kontinyu, klo qty produksinya lebay dan dumpingan gtu.
Klo mayoritas mobil,
- jepang
- korea
- barat
Produksi secara bertahap dan berkelanjutan, spy bisa improve secara bertahap, akumulasinya jd better product.
Lah klo produksi dumping barang gtu, Biar kt hybrid atau ICE juga males sih.
Update software ttp aja gak balance, krn hny sampai software level
Belum lg bcr subsidi, artinya produk yg dibuat, gak sesuai sm real value vs performancenya.
Subsidi ada batasnya, begitu ngos2an, tinggal nunggu downfallnya aja, kyk startap.
sulit
apalagi chery sbg bumd fokusnya mau garap PHEV
maybe mereka gak kasi 0% lagi bEV+PHEV tapi tetep ada potongan.ditambah lagi karena perubahan regulasi EU ma UK agak melunak soal emisi ditambah trumps lewat EPA ama senat juga udah selangkah confirm phased out EV mandates https://www.gridoto.com/read/224252679/ ... pajak-juga
timbermaniac123 wrote: Sat May 24, 2025 6:42
Sebenernya bukan hanya byd aja yang jualan nya banyak gaya. Semua mobil yg lagi hype entah itu jimny, i5, byd dll. Pas baru masuk ya jualannya sombong pelit disc sampe harga markup. Cuma yg memang pelit disc lagi di atas angin itu ya toyota. Honda udah mulai sadar susah jualan kalau ga disc gede, biasa di bulan april bisa dapet disc hrv seperti disc di akhir taun. Sedangkan kaya yarcross itu selama belum ganti tahun mentok di 25-30 disc nya.
Tapi ini kan ekonomi makin susah, penjualan otomotif makin nurun, ev lagi pada disc besar2an. Seal bisa 100, atto 80. ditambah phev cina bisa dipdapet di harga 500 (belum disc). Tinggal nunggu moment nya paling cepet giias / awal taun depan pasti lebih masif lagi disc nya. Apakah mobil jepang bisa bersaing ?
kalo honda sih agak missed di CBU thai ternyata mahal jadi ga bisa kasih diskon gede2 macem WRV, BRV, City produk global juga karena yang bisa assembly ASPAC cman di thai ma malay dan itu juga ternyata ga murah2 amat.
yarcross karena doi subsidi silang (niatanya mau dibikin ala rocky-raize, agya-ayla tapi keburu kena "kasus" di jepun akhirnya ya mau gamau harus "tahan harga" karena joint dev.)
soal regulasi nah itu rumornya kan skrg ada kajian bahwa LCGC ama Hybird nanti dilebur plus dikasih insentif (rumornya sih , new LCGC dari toyota-daihatsu )
ctopher7 wrote: Wed May 21, 2025 9:43
mana nih om ChZ kudu cobain seal facelift, siapa tau impresinya jd kyk mg4
soon ya om.
kalo kayak MG4 prediksi saya sih enggak ya oom. rancang bangunnya beda juga.
tapi better mungkin iya. ya baguslah kalo BYD dengerin masukan konsumen. yang konyol kan sekarang yang belain bilang seal gak buat kebut kebutan lah 0-100 3.8s dipamerin terus itu kalo gak buat ngebut terus apa.
sekarang direvisi suspensinya, berarti review saya dan temen-temen yang lain valid.
Akselerasi under 5s tapi Topspeed cuma 180kpj..
Itu meh sekali.
Kalau ga salah Seal itu pakai HV DC 550V ya yang lama, kalau pakai HV cable 70mm² cuma bisa 260A yang artinya cuma bisa handle power kisaran 210kw/280HP. Kalau lihat Topspeed berarti limitnya jauh di bawah
KielConstantine wrote: Fri May 23, 2025 17:18
Skarang sih masih buy 2 get 1
Cuman ya. Gw dapet bocoran dari temen yg kerja jd sales mobcin.
BY* tuh sebenernya stock banyak di gudang (lokasi indonesia), cuman belagu sok sok tahan stock aja… Bilang ke konsumen indent 2 minggu lah, 3 minggu, sebulan . Mereka playing hard to get, ngaku-ngaku stock barang limited. Makanya belagu kan kaga mau turunin harga (kek di thailand) tapi maen diskon gede
Lagian barang dumpingan doang dari mainland, udah belinya murah jg tuh principal. Masih belagu mo jualan buy 2 get 1 pake speak2 bilang barang indent lah. Prett. Diketawain sama warga thailand
berarti modusnya sama donk kek di mainland kadang saya males share takut di bantah dan pada tantrum dan kadang juga saya mikir ini yang bikin video bisa jadi ngadi2x
KielConstantine wrote: Fri May 23, 2025 17:18
Skarang sih masih buy 2 get 1
Cuman ya. Gw dapet bocoran dari temen yg kerja jd sales mobcin.
BY* tuh sebenernya stock banyak di gudang (lokasi indonesia), cuman belagu sok sok tahan stock aja… Bilang ke konsumen indent 2 minggu lah, 3 minggu, sebulan . Mereka playing hard to get, ngaku-ngaku stock barang limited. Makanya belagu kan kaga mau turunin harga (kek di thailand) tapi maen diskon gede
Lagian barang dumpingan doang dari mainland, udah belinya murah jg tuh principal. Masih belagu mo jualan buy 2 get 1 pake speak2 bilang barang indent lah. Prett. Diketawain sama warga thailand
berarti modusnya sama donk kek di mainland kadang saya males share takut di bantah dan pada tantrum dan kadang juga saya mikir ini yang bikin video bisa jadi ngadi2x
kadang takut didatengin PEMBAWA ACARA.......
dan ini aja masih ada skema NEVs.
intinya sih kalo saya bukan komenin mobilny (untuk skrg) tapi cara jualannya mungkin kalo macem elektronik sih masih ok2 aja cman kalo mobil musti tuh pikir lagi strategi.
Pugman wrote: Sat May 24, 2025 13:57
Akselerasi under 5s tapi Topspeed cuma 180kpj..
Itu meh sekali.
Kalau ga salah Seal itu pakai HV DC 550V ya yang lama, kalau pakai HV cable 70mm² cuma bisa 260A yang artinya cuma bisa handle power kisaran 210kw/280HP. Kalau lihat Topspeed berarti limitnya jauh di bawah
Arsitektur 172s1p (blade), tapi dia pake LiFePo, jd nominal 3.2V, total 550V. Ini dah masuk arsitektur 800V (inverter, charger ama cabling bisa pake arsitektur 800V). Tapi tanggung. Kalo 800V yg pake NMC, kayak I5 dia arsitektur 180s2p, nominal 3.6V, dapetnya 648V.
Nah, masalahnya bukan cuma top speed, tp jg kalo batere < 20%, kalo arsitektur 800V tp tanggung, ada masalah voltage sagging, makanya Seal jg dicekek powernya pas sisa dibawah 20%.
kayukayuthe5th wrote: Sat May 24, 2025 22:34
dan ini aja masih ada skema NEVs.
intinya sih kalo saya bukan komenin mobilny (untuk skrg) tapi cara jualannya mungkin kalo macem elektronik sih masih ok2 aja cman kalo mobil musti tuh pikir lagi strategi.
nah kalo saya hitung wholesales sama retail harusnya ada sisa stock 300an sih
byd kan gampang di track karena baru mulai di 2024 jd totalin aja semua wholesales 2024-2025 kurangin retail 2024-2025
honda aja -300 kalo gak salah tahun ini artinya retailnya banyak buangin stock 2024
ctopher7 wrote: Wed May 21, 2025 9:43
mana nih om ChZ kudu cobain seal facelift, siapa tau impresinya jd kyk mg4
soon ya om.
kalo kayak MG4 prediksi saya sih enggak ya oom. rancang bangunnya beda juga.
tapi better mungkin iya. ya baguslah kalo BYD dengerin masukan konsumen. yang konyol kan sekarang yang belain bilang seal gak buat kebut kebutan lah 0-100 3.8s dipamerin terus itu kalo gak buat ngebut terus apa.
sekarang direvisi suspensinya, berarti review saya dan temen-temen yang lain valid.
Akselerasi under 5s tapi Topspeed cuma 180kpj..
Itu meh sekali.
Kalau ga salah Seal itu pakai HV DC 550V ya yang lama, kalau pakai HV cable 70mm² cuma bisa 260A yang artinya cuma bisa handle power kisaran 210kw/280HP. Kalau lihat Topspeed berarti limitnya jauh di bawah
argumennya nanti
ngapain top speed ga buat kebut kebutan
aduh biyung.
dealer ma salesmu itu loh jualannya akselerasi 0-100 3.8s terussssss... kaga buat kebut kebutan gimane.
itu pan sama kayak bilang porse 911 gak buat kebut kebutan. padahal jualannya aja bawa-bawa motorsport.
padahal saya lebih demen bawa MG4 juga sih, feel securenya lebih dapet daripada bawa seal.
Last edited by ChZ on Mon May 26, 2025 2:48, edited 2 times in total.