Re: Serba Serbi Ban Part 4

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Supersedan »

Pagi pagi udah disuruh lepas ban :big_biglaugh:
Mau cobain tambal tiptop, biasanya kalo ban bocor dari dulu tambal tubless biasa.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by doko86 »

Supersedan wrote: Wed Apr 17, 2024 23:59 Pagi pagi udah disuruh lepas ban :big_biglaugh:
Mau cobain tambal tiptop, biasanya kalo ban bocor dari dulu tambal tubless biasa.
Tambal tiptop aman om, punya saya aja di pakai sampai kena TWI masih aman. Dengan kondisi ban waktu tambal tiptop di 60%

Kurang lebih 1 tahunan lah om.

Apalagi, tambalan om di posisi tapak ban, harusnya lebih aman.

Habis di tiptop, di balancing sekalian juga om
Yanuar59
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Thu Apr 18, 2024 15:57
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Hyundai Creta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Yanuar59 »

Perkenalkan saya Yanuar dari Karanganyar Jawa Tengah penggunaan mobil Hyundai Creta.

Saya menggunakan ban bawaan mobil Creta mesin 1.500cc merek Goodyear Assurance Triplemax dengan ukuran ban : 215 / 60 / R17 tekanan anginnya 33Psi.

Berkendara di jalan Tol sewaktu hujan dengan kecepatan 80-100Km/jam apabila kena genangan air terasa sedikit efek Aquaplaning / hydroplaning seperti roda depan terasa bergeser. Kecil tapi terasa pada kemudi.

Hal tersebut diatas tidak pernah terjadi sewaktu saya menggunakan mobil Honda HRV Prestige mesin 1.800cc memakai ban GT Radial Savero SUV ukuran ban: 215/55 R17.

Pertanyaannya efek Aquaplaning / hydroplaning terjadi apakah ini pengaruh dari merek/ tipe ban??

Sebelumnya terimakasih banyak bagi yg menjawab.
trio198
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Fri Oct 07, 2016 1:31

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by trio198 »

Nanya lagi donk Oom...

Klo mobil jarang dipake (udah 7 tahun aja masih 42K odo ane), ukuran 205/60R16, rekomendasi pake apa ya?
Keretanya sendiri Ecosport, ban bawaan GY Assurance udah bocel2, karet dah mulai keras.....
Continental UC7 udah susah impornya, dan mayan pula klo ganti 4 ban.....
Kinergy Ex gak ada yang ukuran itu.
Sincera juga udah sejuta lebih skr....

Sayang rasanya klo beli yang bagus2, tapi rusak gara2 umur doank....bukan karena dipake.
RS7
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Tue Dec 12, 2017 0:26
Location: Jakarta / Purwokerto
Daily Vehicle: XP90 TRD Ver 2

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by RS7 »

well wrote: Wed Apr 17, 2024 5:54
opini pribadi bisa pilih ATM2, sy mantan pengguna LM705, harganya saat ini sudah kurang bersahabat.
Saya cari2 referensi harga memang ATM2 lumayan lebih murah sih om dibanding kandidat2 lainnya. ATM2 kemaren nemu cuma 600an
t105erd wrote: Wed Apr 17, 2024 6:13
BFG dong, satu perusahaan sama miselin katanya. liat di tyrereview emang lebih ke comfort bukan yg performance atau kontinental.
Makasih sarannya om. Kebetulan saya emang lagi cari yang comfort oriented sih, karena kadang dipake jauh juga
Suryaputra wrote: Wed Apr 17, 2024 6:26 Conti CC7
alternatif bisa coba GY Maxguard (pengganti ATM2)
Makasih sarannya omm. GY Maxguard lebih nyaman dibanding ATM2 yah? Nanti saya coba cari2 dulu om
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9701
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

Yanuar59 wrote: Thu Apr 18, 2024 16:48 Perkenalkan saya Yanuar dari Karanganyar Jawa Tengah penggunaan mobil Hyundai Creta.

Saya menggunakan ban bawaan mobil Creta mesin 1.500cc merek Goodyear Assurance Triplemax dengan ukuran ban : 215 / 60 / R17 tekanan anginnya 33Psi.

Berkendara di jalan Tol sewaktu hujan dengan kecepatan 80-100Km/jam apabila kena genangan air terasa sedikit efek Aquaplaning / hydroplaning seperti roda depan terasa bergeser. Kecil tapi terasa pada kemudi.

Hal tersebut diatas tidak pernah terjadi sewaktu saya menggunakan mobil Honda HRV Prestige mesin 1.800cc memakai ban GT Radial Savero SUV ukuran ban: 215/55 R17.

Pertanyaannya efek Aquaplaning / hydroplaning terjadi apakah ini pengaruh dari merek/ tipe ban??

Sebelumnya terimakasih banyak bagi yg menjawab.

Why?.. karena:
- GT radial savero suv, punya total depth tire groove lbh dalam dan lebar dibanding GY ATM2
- Umumnya, Ban makin besar, justru makin rentan aquaplaning (dibanding ban ukuran lbh kecil)

maka dari itu ada batas kecepatan aman di jalan tol, udah ditampilin sbg rambu / waspada :big_peace:

satu lagi, mengurangi aquaplaning

Image

klo tebelnya dah <60% gak usah kenceng2 di jalan basah, apalagi genangan air :big_peace:
Last edited by Suryaputra on Tue Apr 23, 2024 4:40, edited 5 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
RS7
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Tue Dec 12, 2017 0:26
Location: Jakarta / Purwokerto
Daily Vehicle: XP90 TRD Ver 2

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by RS7 »

Kaleng wrote: Wed Apr 17, 2024 6:57
Di sekitar serpong utk GY pengganti ATM2 yakni assurancemax, harganya hanya lebih murah sedikit dibandingkan dengan LM705 di toko ban dekat rumah saya. Untuk pembelian online bisa dapat GY lebih murah, tapi belum termasuk pasang jatuhnya kurang lebih sama. Sehingga akhirnya saya pilih Dunlop LM705 utk ukuran persis spt yang dicari om RS7.
Makasih sarannya om. Kemaren saya liat di tokped untuk goodyear juga lumayan sih diskonnya hehe, tapi storenya masih agak kejauhan
azu wrote: Wed Apr 17, 2024 7:35
kelasnya mirip2 sih om, mungkin cek aja yg harganya paling murah dan ada stoknya :mky_01:

pengalaman saya LM705 sekarang harganya udah jauuh naik dibandingkan dulu. taun kemaren saya mau beli LM705 uk 195/65 R15 utk Nav1 pas cek harganya udah lebih dari 1jt terus ketemu yg jual CC6 produksi 2022 cuma 700rb yaudah jadinya saya ambil itu CC6. pengalaman saya LM705 vs CC6 secara noise dan kenyamanan enakan CC6 tapi gripnya LM705 lebih baik. CC7 harusnya sih lebih baik gripnya daripada CC6 ya, karena setau saya improvement utama CC6 dibanding CC7 untuk grip saat basah.

mungkin pertimbangan lainnya:
- LM705 untuk ukuran segitu dinding bannya cuma 1ply, CC6 juga 1ply jadi kemungkinan CC7 juga 1ply. Kedua ban ini dindingnya termasuk lembek, jadi tekanan angin pastikan jangan sampai kurang. Untuk LM705 saya biasanya +2 psi dari tekanan standar pabrikan (di Vios 2007), kalau CC6 saya +1 psi (di Nav1). Lebih dari itu bikin bantingan jadi keras.
- Goodyear bisa coba Assurance Maxguard, ini seri terbaru. Untuk ukuran tersebut Goodyear dinding bannya sudah 2ply, harusnya lebih kuat daripada 1ply.
- BFG Advantage Touring saya ga tau dia berapa ply, tapi ini brand under Michelin harusnya sih oke ya.

Ini mobilnya untuk Yaris XP90 itu yg Bapao bukan ya? Kalau Yaris Bapao bukannya aslinya pakai 185/60 R15 ya om?
Waah mantap makasih reviewnya om. Nah malah tadinya saya belum kepikiran untuk ketebalan dinding bannya, cuma baru lihat2 review yang sekiranya ban nyaman. Berhubung saya kadang pergi ke jateng, sepertinya prefer yang dinding bannya tebel macem GY Assurance Maxguard.
Kebetulan saya tinggal di bekasi utara, kondisi jalannya cukup menyedihkan, jadi saya naikin ketebalan bannya biar gak terlalu gasruk ke lobang :mky_01:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1641
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by darrelund »

DrivingPotato wrote: Wed Apr 17, 2024 14:54
Sekaligus butuh saran, CX3 kan defaultnya 215/50 R18. Karena spek ghaib saya niatnya ganti ke 215/55 R18 atau 225/50 R18, kira kira ada saran kah om yg grip-nya not bad dan terpenting adalah senyap? Jujur aja pake ban bawaan nih komplain saya cuma berisiknya aja yg terlalu parah. Grip sih mantep banget. Saya coba search ukuran tsb udah jarang ada Continental UC series.

Yg banyak pilihan 235/50 R18 tapi rasanya bakal gesrot liner fender kalo full belok
cari ban spek touring aja um

prime 4, primacy, UC/PC, BFG advantage etc etc

klo mau cari jepangan, bisa cari yokohama advan (belum perna coba, hanya rekom nama).

tapi oe penasaran sama ban ini

merk muchomacho

https://cosmotires.com/product/muchomacho/

ataw ini um, el tigre

https://cosmotires.com/product/el-tigre-at/
setiabk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Wed Apr 28, 2021 1:27
Daily Vehicle: Innova Reborn

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by setiabk »

hitamputih wrote: Mon Apr 15, 2024 18:15 Mohon masukannya & sharing dr suhu2 dsini, barangkali ada yg pernah pakai ban GT Savero SUV, rute pemakaian ane hampir mayoritas 70% di toll untuk bolak balik ngantor. Atau mungkin ada rekomendasi ban lain untuk ukuran 215/55/R17

Soalnya ane belum pernah pakai produk Gajah Tunggal, selama ini pakai merk Turanza & LM 704(sejauh ini cukup puas dgn kedua produk ini), sempet pakai cc6 jg selama setahunan sebelum mobil di lego

Yg ingin ane tanyakan :
1. Savero ini apakah produk yg OK? (Sebab harganya cukup marah di kantong, dikala harga ban saat ini merangkak naik)
2. Savero ini apakah sidewall nya masih 1ply? Gampang benjol/sobek?
3. Apakah tingkat silent berubah drastis saat memasuki umur 1thn?
4. Beberapa page terakhir byk yg rekomen untuk GY Maxguard, jika dibandingkan dgn Savero SUV bagaimana? (Tanpa melihat garansinya GY 1thn / 20rb km)

Mohon pencerahannya....Terima kasih
Halo om.. bisa sharing turanza vs cc6 nya? Soalnya lagi bimbang mau ganti ban enasave di brio ane yg lumayam bising, paling senyap yg mana antara turanza atau cc6. Trims 🙏
setiabk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Wed Apr 28, 2021 1:27
Daily Vehicle: Innova Reborn

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by setiabk »

Suryaputra wrote: Thu Mar 28, 2024 4:57
Intip
Continental Ultra Contact 7

new product and better dibanding Micin Primacy 4.
Micin Primacy 4 setara dgn Conti UC6
gara-gara SM akhirnya nyoba primacy 4 di reborn, sebelumnya pake turanza T005A.
Sebenarnya cukup puas dgn Turanza, agak sedikit gambling nyoba primacy... tapi bersyukurnya sama-sama senyap

tidak begitu notice perbedaan yg signifikan antara turanza T005A dgn primacy 4... sama-sama senyap nya, hanya saja nyari primacy 4 lebih susah dapatnya (karena import) dan usia ban nya biasanya dapat lebih tua dari Turanza, beli di bln April 2024, tapi dapat ban nya thn 2023.... sebelumnya ditawarin Turanza T005A yang lebih muda (prod tahun 2024), tapi ane tolak karena penasaran sama si primacy 4.... :big_childish:

semoga daya tahan nya lebih awet dari turanza.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9701
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

setiabk wrote: Tue Apr 23, 2024 7:49
Suryaputra wrote: Thu Mar 28, 2024 4:57
Intip
Continental Ultra Contact 7

new product and better dibanding Micin Primacy 4.
Micin Primacy 4 setara dgn Conti UC6
gara-gara SM akhirnya nyoba primacy 4 di reborn, sebelumnya pake turanza T005A.
Sebenarnya cukup puas dgn Turanza, agak sedikit gambling nyoba primacy... tapi bersyukurnya sama-sama senyap

tidak begitu notice perbedaan yg signifikan antara turanza T005A dgn primacy 4... sama-sama senyap nya, hanya saja nyari primacy 4 lebih susah dapatnya (karena import) dan usia ban nya biasanya dapat lebih tua dari Turanza, beli di bln April 2024, tapi dapat ban nya thn 2023.... sebelumnya ditawarin Turanza T005A yang lebih muda (prod tahun 2024), tapi ane tolak karena penasaran sama si primacy 4.... :big_childish:

semoga daya tahan nya lebih awet dari turanza.
Reborn itu NVH ok (senyap) karena:
- Ladder frame / Sasis Truck
- Peredam lantai ok
- Bushing kaki-nya tebel

Beda sm honda sekelas harga itu, bushing kakinya cenderung rigid, sasis monokok, makanya lebih berasa noise / vibrasi sasisnya.
Tapi handlingnya gak kaleng2 emang.
wkwkwkw.
Last edited by Suryaputra on Tue Apr 23, 2024 9:58, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 709
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by azu »

trio198 wrote: Tue Apr 23, 2024 3:23 Nanya lagi donk Oom...

Klo mobil jarang dipake (udah 7 tahun aja masih 42K odo ane), ukuran 205/60R16, rekomendasi pake apa ya?
Keretanya sendiri Ecosport, ban bawaan GY Assurance udah bocel2, karet dah mulai keras.....
Continental UC7 udah susah impornya, dan mayan pula klo ganti 4 ban.....
Kinergy Ex gak ada yang ukuran itu.
Sincera juga udah sejuta lebih skr....

Sayang rasanya klo beli yang bagus2, tapi rusak gara2 umur doank....bukan karena dipake.
bulan kemaren Bapak saya baru pecah ban bawaan Ecosportnya di tol trans jawa daerah Tegal dalam perjalanan dari Jawa Timur ke Bandung, KM sudah 80ribu kali ya :mky_01:

akhirnya ganti semuanya dengan Dunlop SP Touring R1 karena disana adanya cuma itu daripada di jalan kenapa2 juga :mky_01:

harganya kalau ga salah sekitar 800ribu per ban
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 850
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by well »

azu wrote: Tue Apr 23, 2024 8:57
trio198 wrote: Tue Apr 23, 2024 3:23 Nanya lagi donk Oom...

Klo mobil jarang dipake (udah 7 tahun aja masih 42K odo ane), ukuran 205/60R16, rekomendasi pake apa ya?
Keretanya sendiri Ecosport, ban bawaan GY Assurance udah bocel2, karet dah mulai keras.....
Continental UC7 udah susah impornya, dan mayan pula klo ganti 4 ban.....
Kinergy Ex gak ada yang ukuran itu.
Sincera juga udah sejuta lebih skr....

Sayang rasanya klo beli yang bagus2, tapi rusak gara2 umur doank....bukan karena dipake.
bulan kemaren Bapak saya baru pecah ban bawaan Ecosportnya di tol trans jawa daerah Tegal dalam perjalanan dari Jawa Timur ke Bandung, KM sudah 80ribu kali ya :mky_01:

akhirnya ganti semuanya dengan Dunlop SP Touring R1 karena disana adanya cuma itu daripada di jalan kenapa2 juga :mky_01:

harganya kalau ga salah sekitar 800ribu per ban
wih, 80rb itu bener2 gundul ya bannya om? ngeri..
knp tidak diganti dl om sblm perjalanan jauh? resiko besar di jalan
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 709
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by azu »

kebetulan posisi ortu saat itu beda kota om.. sebelumnya sempet ganti dua dulu yg depan pakai Dunlop R1 juga karena di kotanya cuma ada itu.. dan saya sendiri ga tau kondisi bannya karena lama ga lihat mobilnya :mky_01:

tapi mobil sempet ga dipakai setahun lebih karena gearboxnya ga bisa masuk gigi mundur, kemungkinan itu juga memperparah kondisi ban.. kondisinya sih kemarin mobil baru direpair gearboxnya karena mau balik ke Bandung tapi bawa mobil karena biasanya cuma naik kereta, saya lupa ingetin untuk cek bannya :mky_01:

Alhamdulillah pas pecah bisa langsung menepi dan untungnya ga jauh dari exit Tegal.. langsung saya googling toko ban di daerah sana dan teleponin, cuma ada satu toko yg punya stok untuk ukurannya Ecosport itu.. langsung ganti deh itu ban belakang dua2nya, karena yg ban depan umurnya relatif baru.. bener deh dari pengalaman ini kalau mau perjalanan jauh lewat tol harus bener2 perhatiin kondisi ban..
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
trio198
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Fri Oct 07, 2016 1:31

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by trio198 »

azu wrote: Tue Apr 23, 2024 10:00 kebetulan posisi ortu saat itu beda kota om.. sebelumnya sempet ganti dua dulu yg depan pakai Dunlop R1 juga karena di kotanya cuma ada itu.. dan saya sendiri ga tau kondisi bannya karena lama ga lihat mobilnya :mky_01:

tapi mobil sempet ga dipakai setahun lebih karena gearboxnya ga bisa masuk gigi mundur, kemungkinan itu juga memperparah kondisi ban.. kondisinya sih kemarin mobil baru direpair gearboxnya karena mau balik ke Bandung tapi bawa mobil karena biasanya cuma naik kereta, saya lupa ingetin untuk cek bannya :mky_01:

Alhamdulillah pas pecah bisa langsung menepi dan untungnya ga jauh dari exit Tegal.. langsung saya googling toko ban di daerah sana dan teleponin, cuma ada satu toko yg punya stok untuk ukurannya Ecosport itu.. langsung ganti deh itu ban belakang dua2nya, karena yg ban depan umurnya relatif baru.. bener deh dari pengalaman ini kalau mau perjalanan jauh lewat tol harus bener2 perhatiin kondisi ban..
Transmisi ecos emg butuh perhatian khusus....bagian bawah ada lubang buat ventilasi transmisi yg rawan masuk air dan bikin karat. Makanya klo abis nerabas banjir, bawa jalan2 dulu biar air yg mungkin masuk, nguap....

Ini ukuran bannya juga nyebelin.....bikin harganya malah lebih mahal dr ukuran di atasnya (205/65 ato bahkan di R17).
W42d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Wed Jan 25, 2017 14:22

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by W42d »

setiabk wrote: Tue Apr 23, 2024 5:51
hitamputih wrote: Mon Apr 15, 2024 18:15 Mohon masukannya & sharing dr suhu2 dsini, barangkali ada yg pernah pakai ban GT Savero SUV, rute pemakaian ane hampir mayoritas 70% di toll untuk bolak balik ngantor. Atau mungkin ada rekomendasi ban lain untuk ukuran 215/55/R17

Soalnya ane belum pernah pakai produk Gajah Tunggal, selama ini pakai merk Turanza & LM 704(sejauh ini cukup puas dgn kedua produk ini), sempet pakai cc6 jg selama setahunan sebelum mobil di lego

Yg ingin ane tanyakan :
1. Savero ini apakah produk yg OK? (Sebab harganya cukup marah di kantong, dikala harga ban saat ini merangkak naik)
2. Savero ini apakah sidewall nya masih 1ply? Gampang benjol/sobek?
3. Apakah tingkat silent berubah drastis saat memasuki umur 1thn?
4. Beberapa page terakhir byk yg rekomen untuk GY Maxguard, jika dibandingkan dgn Savero SUV bagaimana? (Tanpa melihat garansinya GY 1thn / 20rb km)

Mohon pencerahannya....Terima kasih
Halo om.. bisa sharing turanza vs cc6 nya? Soalnya lagi bimbang mau ganti ban enasave di brio ane yg lumayam bising, paling senyap yg mana antara turanza atau cc6. Trims 🙏
Izin sharing om. Terakhir di brio pake turanza. Entah kuping saya yang salah apa gmn, mnrt saya berisik banget di brio, lbh berisik drpd ban eco hankook yg uda dipake lama.
setiabk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Wed Apr 28, 2021 1:27
Daily Vehicle: Innova Reborn

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by setiabk »

W42d wrote: Tue Apr 23, 2024 10:41 Izin sharing om. Terakhir di brio pake turanza. Entah kuping saya yang salah apa gmn, mnrt saya berisik banget di brio, lbh berisik drpd ban eco hankook yg uda dipake lama.
Siap, ta catet dulu om.. trims 🙏
Yanuar59
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Thu Apr 18, 2024 15:57
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Hyundai Creta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Yanuar59 »

Suryaputra wrote: Tue Apr 23, 2024 4:30
Yanuar59 wrote: Thu Apr 18, 2024 16:48 Perkenalkan saya Yanuar dari Karanganyar Jawa Tengah penggunaan mobil Hyundai Creta.

Saya menggunakan ban bawaan mobil Creta mesin 1.500cc merek Goodyear Assurance Triplemax dengan ukuran ban : 215 / 60 / R17 tekanan anginnya 33Psi.

Berkendara di jalan Tol sewaktu hujan dengan kecepatan 80-100Km/jam apabila kena genangan air terasa sedikit efek Aquaplaning / hydroplaning seperti roda depan terasa bergeser. Kecil tapi terasa pada kemudi.

Hal tersebut diatas tidak pernah terjadi sewaktu saya menggunakan mobil Honda HRV Prestige mesin 1.800cc memakai ban GT Radial Savero SUV ukuran ban: 215/55 R17.

Pertanyaannya efek Aquaplaning / hydroplaning terjadi apakah ini pengaruh dari merek/ tipe ban??

Sebelumnya terimakasih banyak bagi yg menjawab.

Why?.. karena:
- GT radial savero suv, punya total depth tire groove lbh dalam dan lebar dibanding GY ATM2
- Umumnya, Ban makin besar, justru makin rentan aquaplaning (dibanding ban ukuran lbh kecil)

maka dari itu ada batas kecepatan aman di jalan tol, udah ditampilin sbg rambu / waspada :big_peace:

satu lagi, mengurangi aquaplaning

Image

klo tebelnya dah <60% gak usah kenceng2 di jalan basah, apalagi genangan air :big_peace:
Terimakasih banyak atas pencerahannya Om Suryaputra. Memang setelah saya cermati Ban bawaannya mobil Creta merek Goodyear Assurance Triplemax untuk alur tengah tidak dalam & kalau saya tidak salah ingat ban GT Radial Savero SUV alur tengah lebih dalam juga lebar.

Dirasakan waktu berkendara ban Goodyear Assurance Triplemax terasa lebih nyaman, empuk & senyap dibandingkan GT Radial SUV. Tapi sayangnya kalau kena genangan air kecepatan diatas 80Km/jam terasa aquaplaning.
trio198
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Fri Oct 07, 2016 1:31

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by trio198 »

azu wrote: Tue Apr 23, 2024 8:57
bulan kemaren Bapak saya baru pecah ban bawaan Ecosportnya di tol trans jawa daerah Tegal dalam perjalanan dari Jawa Timur ke Bandung, KM sudah 80ribu kali ya :mky_01:

akhirnya ganti semuanya dengan Dunlop SP Touring R1 karena disana adanya cuma itu daripada di jalan kenapa2 juga :mky_01:

harganya kalau ga salah sekitar 800ribu per ban
SP Touring R1 gimana impresinya oom? Di group fb ecos afa bbrp yg nganjurin jg....
Ada alternative apalagi selain dunlop?
Hankook kayaknya ada optimo sama ventus yak?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9701
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

Yanuar59 wrote: Tue Apr 23, 2024 14:07
Suryaputra wrote: Tue Apr 23, 2024 4:30
Yanuar59 wrote: Thu Apr 18, 2024 16:48 Perkenalkan saya Yanuar dari Karanganyar Jawa Tengah penggunaan mobil Hyundai Creta.

Saya menggunakan ban bawaan mobil Creta mesin 1.500cc merek Goodyear Assurance Triplemax dengan ukuran ban : 215 / 60 / R17 tekanan anginnya 33Psi.

Berkendara di jalan Tol sewaktu hujan dengan kecepatan 80-100Km/jam apabila kena genangan air terasa sedikit efek Aquaplaning / hydroplaning seperti roda depan terasa bergeser. Kecil tapi terasa pada kemudi.

Hal tersebut diatas tidak pernah terjadi sewaktu saya menggunakan mobil Honda HRV Prestige mesin 1.800cc memakai ban GT Radial Savero SUV ukuran ban: 215/55 R17.

Pertanyaannya efek Aquaplaning / hydroplaning terjadi apakah ini pengaruh dari merek/ tipe ban??

Sebelumnya terimakasih banyak bagi yg menjawab.

Why?.. karena:
- GT radial savero suv, punya total depth tire groove lbh dalam dan lebar dibanding GY ATM2
- Umumnya, Ban makin besar, justru makin rentan aquaplaning (dibanding ban ukuran lbh kecil)

maka dari itu ada batas kecepatan aman di jalan tol, udah ditampilin sbg rambu / waspada :big_peace:

satu lagi, mengurangi aquaplaning

Image

klo tebelnya dah <60% gak usah kenceng2 di jalan basah, apalagi genangan air :big_peace:
Terimakasih banyak atas pencerahannya Om Suryaputra. Memang setelah saya cermati Ban bawaannya mobil Creta merek Goodyear Assurance Triplemax untuk alur tengah tidak dalam & kalau saya tidak salah ingat ban GT Radial Savero SUV alur tengah lebih dalam juga lebar.

Dirasakan waktu berkendara ban Goodyear Assurance Triplemax terasa lebih nyaman, empuk & senyap dibandingkan GT Radial SUV. Tapi sayangnya kalau kena genangan air kecepatan diatas 80Km/jam terasa aquaplaning.
Usage GY dah brp lama?
Brp km mbah?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Yanuar59
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Thu Apr 18, 2024 15:57
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Hyundai Creta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Yanuar59 »

Suryaputra wrote: Wed Apr 24, 2024 5:32
Yanuar59 wrote: Tue Apr 23, 2024 14:07
Suryaputra wrote: Tue Apr 23, 2024 4:30


Why?.. karena:
- GT radial savero suv, punya total depth tire groove lbh dalam dan lebar dibanding GY ATM2
- Umumnya, Ban makin besar, justru makin rentan aquaplaning (dibanding ban ukuran lbh kecil)

maka dari itu ada batas kecepatan aman di jalan tol, udah ditampilin sbg rambu / waspada :big_peace:

satu lagi, mengurangi aquaplaning

Image

klo tebelnya dah <60% gak usah kenceng2 di jalan basah, apalagi genangan air :big_peace:
Terimakasih banyak atas pencerahannya Om Suryaputra. Memang setelah saya cermati Ban bawaannya mobil Creta merek Goodyear Assurance Triplemax untuk alur tengah tidak dalam & kalau saya tidak salah ingat ban GT Radial Savero SUV alur tengah lebih dalam juga lebar.

Dirasakan waktu berkendara ban Goodyear Assurance Triplemax terasa lebih nyaman, empuk & senyap dibandingkan GT Radial SUV. Tapi sayangnya kalau kena genangan air kecepatan diatas 80Km/jam terasa aquaplaning.
Usage GY dah brp lama?
Brp km mbah?

Dari mobil beli bulan November 2022 jarak tempuh sekarang 70rb/Km. Kondisi tapak masih Ok
Last edited by Yanuar59 on Wed Apr 24, 2024 14:03, edited 1 time in total.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5708
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by sintoni »

Yanuar59 wrote: Wed Apr 24, 2024 14:01 Dari mobil beli bulan November 2022 jarak tempuh sekarang 70rb/Km. Kondisi tapak masih Ok
70rb masih belom gundul sih hebat jg om.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9701
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

Yanuar59 wrote: Wed Apr 24, 2024 14:01
Suryaputra wrote: Wed Apr 24, 2024 5:32
Yanuar59 wrote: Tue Apr 23, 2024 14:07

Terimakasih banyak atas pencerahannya Om Suryaputra. Memang setelah saya cermati Ban bawaannya mobil Creta merek Goodyear Assurance Triplemax untuk alur tengah tidak dalam & kalau saya tidak salah ingat ban GT Radial Savero SUV alur tengah lebih dalam juga lebar.

Dirasakan waktu berkendara ban Goodyear Assurance Triplemax terasa lebih nyaman, empuk & senyap dibandingkan GT Radial SUV. Tapi sayangnya kalau kena genangan air kecepatan diatas 80Km/jam terasa aquaplaning.
Usage GY dah brp lama?
Brp km mbah?

Dari mobil beli bulan November 2022 jarak tempuh sekarang 70rb/Km. Kondisi tapak masih Ok
Serius?
Sy aja pk gy atm2.
Menuju 30rb km udh 50-60% twi kira2 :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Yanuar59
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Thu Apr 18, 2024 15:57
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Hyundai Creta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Yanuar59 »

Suryaputra wrote: Wed Apr 24, 2024 15:08
Yanuar59 wrote: Wed Apr 24, 2024 14:01
Suryaputra wrote: Wed Apr 24, 2024 5:32

Usage GY dah brp lama?
Brp km mbah?

Dari mobil beli bulan November 2022 jarak tempuh sekarang 70rb/Km. Kondisi tapak masih Ok
Serius?
Sy aja pk gy atm2.
Menuju 30rb km udh 50-60% twi kira2 :mky_03:
Serius ban mobil masih layak pakai dilihat dari Tread Wear Indicator pada alur tengah ban tanda indikator belum tergerus masih ada selisih kurang lebih 1mm. Sudah saya foto tapi tidak tahu cara upload ke sini.

Saya rutin spooring & rotasi ban tiap kelipatan 15rb Km kalau ada keausan ban & tidak layak lagi montirnya pasti laporan
Yanuar59
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Thu Apr 18, 2024 15:57
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Hyundai Creta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Yanuar59 »

sintoni wrote: Wed Apr 24, 2024 14:46
Yanuar59 wrote: Wed Apr 24, 2024 14:01 Dari mobil beli bulan November 2022 jarak tempuh sekarang 70rb/Km. Kondisi tapak masih Ok
70rb masih belom gundul sih hebat jg om.

Maaf2 salah tulis jarak tempuh sekarang 40rb :big_peace: