Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
aldittodi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Jun 24, 2020 5:44
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Honda Jazz GE8

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by aldittodi »

Suryaputra wrote: Mon Jul 06, 2020 10:02
in my view.
klo berdasarkan asumsi & ngawang2, ini bahaya.
ini yg biasa dilakukan oleh teknisi2 ala asam reges :big_peace:

spec di manual book minta oli viskositas w30 & dikasih buntut w40 ya resiko di internal mesin lbh besar.

sebetulnya gak mslh di keausan mesin jg, klo pakai oli viskositas yg sama spt dari awal.
pabrik dah melakukan R&D oleh insinyur dan teknisi kelas dunia.

klo celahnya mesin masih sempit, bisa berabe pakai oli kental.
jumlah pelumas harusnya cukup, tp karena terlalu kental, jadi gak optimal masuk ke celah mesin & dah on duluan mesin nya :upss:

perlu diketahui juga, resiko wear tertinggi bisa terjadi ketika cold start.
karena ketika suhu mesin masih di bawah 40 C, itu oli sifatnya lbh kental dibanding klo mesin sudah panas.

makanya ada bbrp kasus, mobil ketika pakai oli kental ada bunyi tek tek tek di pagi hari, dan hilang ketika sudah panas.

intinya.. klo celahnya udh longgar, no issue juga dikasih oli buntut encer, karena sifat dr pelumas mesin udh bekerja duluan dan lbh cepat.

paling resiko terburuk klo celah mesin udh longgar, ya olinya nguap doang masuk ke ruang bakar dan sisa residu oli terbakar ada di ujung knalpot.

ujung knalpot masih kering jg kan om ?
I see. Mantap sekali penjelasannya. Terima kasih :D
Ujung knalpot sih selama cold start sampai panas sih masih kering om. Jadi masih aman saja ya kalau saya lanjut pakai buntut 30.

DOHC wrote: Mon Jul 06, 2020 10:10 Mesin ahond mah slama belom brisik, ga perlu stel klep jg gapapa

Saya punya L15AZ1 ampe km 110 rebu aj baru iseng saya buka cover head , ukur2 ternyata celah klep masi pd within limit

Mesin2 ahond justru bagus nya dikasi oli encer, biar bsa vitek kik in yoo
Tujuan dari stel klep itu sebenarnya untuk apa sih? Apa dampak buruk ketika klep lama tidak disetel?
Apakah indikator klep harus disetel itu dari suara mesinnya saja atau ada indikator lain?

Oke, tetap pertahankan oli berbuntut 30 kalau begitu hahaha. Terima kasih om sarannya.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

ini salah satu oli dgn kandungan PAO up to 70%
gilee juga,
https://tokopedia.link/A43Qo7eIT7
Mobil 1 EP 0w20
Rp198.000 / 946ml

SDS : https://www.google.com/url?sa=t&source= ... S6LF5uJ71m
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 10:29
Suryaputra wrote: Mon Jul 06, 2020 10:02
in my view.
klo berdasarkan asumsi & ngawang2, ini bahaya.
ini yg biasa dilakukan oleh teknisi2 ala asam reges :big_peace:

spec di manual book minta oli viskositas w30 & dikasih buntut w40 ya resiko di internal mesin lbh besar.

sebetulnya gak mslh di keausan mesin jg, klo pakai oli viskositas yg sama spt dari awal.
pabrik dah melakukan R&D oleh insinyur dan teknisi kelas dunia.

klo celahnya mesin masih sempit, bisa berabe pakai oli kental.
jumlah pelumas harusnya cukup, tp karena terlalu kental, jadi gak optimal masuk ke celah mesin & dah on duluan mesin nya :upss:

perlu diketahui juga, resiko wear tertinggi bisa terjadi ketika cold start.
karena ketika suhu mesin masih di bawah 40 C, itu oli sifatnya lbh kental dibanding klo mesin sudah panas.

makanya ada bbrp kasus, mobil ketika pakai oli kental ada bunyi tek tek tek di pagi hari, dan hilang ketika sudah panas.

intinya.. klo celahnya udh longgar, no issue juga dikasih oli buntut encer, karena sifat dr pelumas mesin udh bekerja duluan dan lbh cepat.

paling resiko terburuk klo celah mesin udh longgar, ya olinya nguap doang masuk ke ruang bakar dan sisa residu oli terbakar ada di ujung knalpot.

ujung knalpot masih kering jg kan om ?
I see. Mantap sekali penjelasannya. Terima kasih :D
Ujung knalpot sih selama cold start sampai panas sih masih kering om. Jadi masih aman saja ya kalau saya lanjut pakai buntut 30.

DOHC wrote: Mon Jul 06, 2020 10:10 Mesin ahond mah slama belom brisik, ga perlu stel klep jg gapapa

Saya punya L15AZ1 ampe km 110 rebu aj baru iseng saya buka cover head , ukur2 ternyata celah klep masi pd within limit

Mesin2 ahond justru bagus nya dikasi oli encer, biar bsa vitek kik in yoo
Tujuan dari stel klep itu sebenarnya untuk apa sih? Apa dampak buruk ketika klep lama tidak disetel?
Apakah indikator klep harus disetel itu dari suara mesinnya saja atau ada indikator lain?

Oke, tetap pertahankan oli berbuntut 30 kalau begitu hahaha. Terima kasih om sarannya.
klo saya sih.. ini saya yaa.
dgn kondisi mesin prima spt itu dan knalpot kering.
sy berani experimen pakai 0w20

mesindgn satu turunan yg sama jg dipakai di jazz gk5, which recommend pakai 0w20.

dan mesin honda dah pakai roller cam jg.
bukan flat tappet.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by kompresorz »

Suryaputra wrote: Mon Jul 06, 2020 12:04
aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 10:29
Suryaputra wrote: Mon Jul 06, 2020 10:02
in my view.
klo berdasarkan asumsi & ngawang2, ini bahaya.
ini yg biasa dilakukan oleh teknisi2 ala asam reges :big_peace:

spec di manual book minta oli viskositas w30 & dikasih buntut w40 ya resiko di internal mesin lbh besar.

sebetulnya gak mslh di keausan mesin jg, klo pakai oli viskositas yg sama spt dari awal.
pabrik dah melakukan R&D oleh insinyur dan teknisi kelas dunia.

klo celahnya mesin masih sempit, bisa berabe pakai oli kental.
jumlah pelumas harusnya cukup, tp karena terlalu kental, jadi gak optimal masuk ke celah mesin & dah on duluan mesin nya :upss:

perlu diketahui juga, resiko wear tertinggi bisa terjadi ketika cold start.
karena ketika suhu mesin masih di bawah 40 C, itu oli sifatnya lbh kental dibanding klo mesin sudah panas.

makanya ada bbrp kasus, mobil ketika pakai oli kental ada bunyi tek tek tek di pagi hari, dan hilang ketika sudah panas.

intinya.. klo celahnya udh longgar, no issue juga dikasih oli buntut encer, karena sifat dr pelumas mesin udh bekerja duluan dan lbh cepat.

paling resiko terburuk klo celah mesin udh longgar, ya olinya nguap doang masuk ke ruang bakar dan sisa residu oli terbakar ada di ujung knalpot.

ujung knalpot masih kering jg kan om ?
I see. Mantap sekali penjelasannya. Terima kasih :D
Ujung knalpot sih selama cold start sampai panas sih masih kering om. Jadi masih aman saja ya kalau saya lanjut pakai buntut 30.

DOHC wrote: Mon Jul 06, 2020 10:10 Mesin ahond mah slama belom brisik, ga perlu stel klep jg gapapa

Saya punya L15AZ1 ampe km 110 rebu aj baru iseng saya buka cover head , ukur2 ternyata celah klep masi pd within limit

Mesin2 ahond justru bagus nya dikasi oli encer, biar bsa vitek kik in yoo
Tujuan dari stel klep itu sebenarnya untuk apa sih? Apa dampak buruk ketika klep lama tidak disetel?
Apakah indikator klep harus disetel itu dari suara mesinnya saja atau ada indikator lain?

Oke, tetap pertahankan oli berbuntut 30 kalau begitu hahaha. Terima kasih om sarannya.
klo saya sih.. ini saya yaa.
dgn kondisi mesin prima spt itu dan knalpot kering.
sy berani experimen pakai 0w20

mesindgn satu turunan yg sama jg dipakai di jazz gk5, which recommend pakai 0w20.

dan mesin honda dah pakai roller cam jg.
bukan flat tappet.
saya berani eksperimen oli ravenol 0-16.... :emo-big_love:


tinggal pilih mesin bmw 2.800 cc flat tape atau alpad 2.500 sudah 97ribu Km....

gaya nyetir pedal to carpet....


siapa mau sponsorin... :upss:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

0w16 sultan betul omm hahahaa.
1 liter rivanol 0w16, bs dpt segalon TQ 9000 5w30 :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by maastricht889 »

Suryaputra wrote: Mon Jul 06, 2020 12:35 0w16 sultan betul omm hahahaa.
1 liter rivanol 0w16, bs dpt segalon TQ 9000 5w30 :big_biglaugh:
Di c**f** shell 0W20 SN+ botol jambon 300rb/liter loh om, kaliin 4 aja buat segalonnya wkwwkkwkw sampe speechless saya :big_biglaugh:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by maastricht889 »

aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 8:42
erwinign wrote: Mon Jul 06, 2020 6:25
aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 5:32

Hahah jadi bingung lagi ini mau milih olinya hahaha. Takutnya emang beneran apa bagaimana.




Mobil saya Jazz GE8 AT tahun 2008 akhir. Selama ini sih kalau ganti oli kebanyakan pakai 5W-30 terus Shell HX7. Ganti oli setiap 5000 KM dan selalu disertai penggantian filter oli, tune up, dan carbon clean.

Kemarin-kemarin nyoba main ke bengkel disaranin pakai yg buntutnya 40 karena celah pistonnya sudah tidak sesempit mobil baru dan lebih aman untuk lubrikasi serta tahan dari penguapan dan gesekan. Apakah betul?
Wah ini sih maintenance jazznya yahuddddd om, rutin banget ganti oli sama olinya cukup bergizi. +rutin stel klep ga om? Udah cek daleman mesin dr tutup tempat tuang oli? Penguapan oli dr dipstick gimana?

Masalahnya honda kl pake buntut 40 itu ga enak samsek om, bbrp kali pake jazz ge yg dicekokin shell 10w40 sama blm stel klep padahal br jalan 60rb aja ga karuan.

Kl 3 hal yg saya tanyain itu, sering stel klep=suara mesin ttp halus dan tarikan oke, daleman mesin bersih oke, penguapan oli dr dipstick ga ada/bates wajar sih ttp stay di 5w30 ato bs ke 0w20 sekalian om, cr yg bagusan misal amsoil OE 0W20 SN+, total 9000 5w30 yg murmer oke. Sepengalaman saya sih pake 10w40 cm enak di awal om, seolah2 suara mesin jd alus tapi lama2 tarikan berat dan boros banget jdnya.

Avanza saya th 2008 km 240rb sblmnya pake prima xp 10w40 sama bbrp kali pake shell eco 5w30. Kemarin saya beraniin pake shell eco 0w20 no problem om, mesin jd lbh halus. Masih mantau sampe 5000km ke depan

Nah tentang stel klep di mobil-mobil Honda harus menjadi makanan rutin baru tahu dua bulan belakangan ini sayangnya. Terakhir stel klep mungkin pas mobil saya dibawa ke BeRes empat tahun lalu yang mungkin kilometernya masih di 110.[cencored]. Jadi setelah itu tidak pernah melakukan stel klep lagi karena sudah tidak pernah dibawa ke BeRes lagi.

Kalau cek daleman mesin terakhir bulan Febuari lalu sih masih bersih om, tidak ada sludge dkk yang mengkhawatirkan. Kalau penguapan, dari terakhir ganti oli 5.000 KM yg lalu (sekitar April lalu) sampai sekarang sih masih di batas normal.

Rencana ini mau coba HKS Premium yg 5W-30 atau FK Eco Touring 10W-30. Nah karena dari sebelumnya pakai Shell terus, apakah harus flush dulu kalau mau ganti oli selain Shell?
Soalnya terakhir pakai HX7 ini kok ngerasa pas udah mau 5000 agak jadi berat ya :D

coklatMetalik wrote: Mon Jul 06, 2020 7:27
aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 5:32

Mobil saya Jazz GE8 AT tahun 2008 akhir. Selama ini sih kalau ganti oli kebanyakan pakai 5W-30 terus Shell HX7. Ganti oli setiap 5000 KM dan selalu disertai penggantian filter oli, tune up, dan carbon clean.

Kemarin-kemarin nyoba main ke bengkel disaranin pakai yg buntutnya 40 karena celah pistonnya sudah tidak sesempit mobil baru dan lebih aman untuk lubrikasi serta tahan dari penguapan dan gesekan. Apakah betul?
Yg sy bold itu, bengkelnya bilang cuma "katanya" dan "biasanya" atau memang si bengkelnya sudah memeriksa mesin mobil om secara detail & dideteksi adanya keausan pada ring piston dkk?

Jika bener2 sudah diperiksa & dinyatakan ada gejala keausan piston dkk berarti bisa dipertimbangkan utk ganti ke buntut 40. Jika hanya berdasarkan katanya & biasanya, mending tetep di buntut 30 aja atau sesuai spek yg diminta manual book.

Kalau si bengkelnya sih mungkin menyarankan itu karena melihat kilometer dan umur mobil mungkin. Soalnya gak dicek apa2 jeroannya.
Sekarang GE8 nya kilometer berapa om? Bbrp kali pernah ada yg nanyain GE8 nya, udah jalan hampir 200rb km lebih apa om ya? Ngomong2 soal pake oli kentel dari mekanik yang pake embel2 "katanya" "biasanya" "kalo udah gini" saya jd keinget sesuatu om.

Pas isi bengsin di shell ada poster soal edukasi oli, nah ngebaginya berdasar umur. Umur 1-5th pake 5W30, 5-10th pake 10W40, 10-15th pake 15W40. Kayanya mekanik2 juga kehasut sama poster ini deh om, tp yg saya kritisi di poster itu ga ada batasan sama asumsi apa2 :big_biglaugh: . Saya berpendapat kaya gt krn notabene di semua bengkel pasti jual shell.

Kl saran bengkel yg begitu sih, bener juga lulusan asem reges itu kaya kata om DOHC. Nanti kl suru ngecek juga kita yg kena ongkos lagi (buka mesin, turung stgh mesin), yg nyebelin ya mereka sukanya kira2. Kita sbg owner kadang hrs pake jurus ngeyel sama teknisi yg begitulah. Padahal mobil lbh banyak kita yg pake otomatis kerasa sih mestinya ada beda. Tp dr apa yg saya bilang buat pengecekan, terutama buat honda sih 3 parameter itu udah cukup mewakili om. Kalo bagus, ya pake 0W20 yg bagus sih no prob ya buat saya. Soal stel klep itu, banyak org awam yg ga ngeh menurut saya om. Sering liat freed, jazz lewat aja suara mesinnya udah kaya mesin jahit (tiktiktik) sama tarikan juga beda. Dulu pernah di CRV K24 saya, sy coba stel klep itu rasanya tarikan lebih enak om, glindingnya lbh plong rasanya wkwkwk
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

erwinign wrote: Mon Jul 06, 2020 13:03
Suryaputra wrote: Mon Jul 06, 2020 12:35 0w16 sultan betul omm hahahaa.
1 liter rivanol 0w16, bs dpt segalon TQ 9000 5w30 :big_biglaugh:
Di c**f** shell 0W20 SN+ botol jambon 300rb/liter loh om, kaliin 4 aja buat segalonnya wkwwkkwkw sampe speechless saya :big_biglaugh:
wow... murahan di spbu shell nya yaa om
1 jt segalon :ungg:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
copper rod
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Mon Jul 27, 2009 14:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by copper rod »

Mhn sarannya ya teman2
inopah G 2010 km udah skitar 140rb pk shell hx5 5-40,
Mending stay di 5-40 tp ganti merk lain atau ganti ke total9000 5-30?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

copper rod wrote: Mon Jul 06, 2020 14:28 Mhn sarannya ya teman2
inopah G 2010 km udah skitar 140rb pk shell hx5 5-40,
Mending stay di 5-40 tp ganti merk lain atau ganti ke total9000 5-30?
Coba cek manual book, klo tidak salah Ipah 2010 5w30.

TQ9000 5w30 salah satu pilihan best value krn cmn 320rb segalon
& kemasan seliternya 86rb klo gak salah.
di duniaoli tokoijo

Alternatif ke-2 ya ada PTT 5w30,
di atasnya lagi ada amsoil OE 5w30.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by marmut »

aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 10:29

Tujuan dari stel klep itu sebenarnya untuk apa sih? Apa dampak buruk ketika klep lama tidak disetel?
Apakah indikator klep harus disetel itu dari suara mesinnya saja atau ada indikator lain?

-

sila buka google, search dengan keyword valve clearance adjustment.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

marmut wrote: Mon Jul 06, 2020 15:49
aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 10:29

Tujuan dari stel klep itu sebenarnya untuk apa sih? Apa dampak buruk ketika klep lama tidak disetel?
Apakah indikator klep harus disetel itu dari suara mesinnya saja atau ada indikator lain?

-

sila buka google, search dengan keyword valve clearance adjustment.
Mbah

Mo nanya

Kl lg nyetel klep gt, knapa kadang musti wajip muter nya cuman bole clock wise doank, itu primbon nya kira2 knapa mbah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Tue Jul 07, 2020 1:14
marmut wrote: Mon Jul 06, 2020 15:49
aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 10:29

Tujuan dari stel klep itu sebenarnya untuk apa sih? Apa dampak buruk ketika klep lama tidak disetel?
Apakah indikator klep harus disetel itu dari suara mesinnya saja atau ada indikator lain?

-

sila buka google, search dengan keyword valve clearance adjustment.
Mbah

Mo nanya

Kl lg nyetel klep gt, knapa kadang musti wajip muter nya cuman bole clock wise doank, itu primbon nya kira2 knapa mbah
https://www.hagerty.com/media/maintenan ... am-engine/
"If you think it’s a little too tight, adjust it. A little loose is better than a little tight. As I said, too tight can burn valves."

gak berani ngutak ngatik sayah :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kingpower
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sun Mar 06, 2016 8:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by kingpower »

Suryaputra wrote: Mon Jul 06, 2020 10:33 ini salah satu oli dgn kandungan PAO up to 70%
gilee juga,
https://tokopedia.link/A43Qo7eIT7
Mobil 1 EP 0w20
Rp198.000 / 946ml

SDS : https://www.google.com/url?sa=t&source= ... S6LF5uJ71m
Om surya izin nimbrung ya.
Kalo seller yang om quote itu termasuk trusted seller ga om?
Mobil 1 nya lumayan lebih murah daripada di toda.
Trims
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

kingpower wrote: Tue Jul 07, 2020 2:12
Suryaputra wrote: Mon Jul 06, 2020 10:33 ini salah satu oli dgn kandungan PAO up to 70%
gilee juga,
https://tokopedia.link/A43Qo7eIT7
Mobil 1 EP 0w20
Rp198.000 / 946ml

SDS : https://www.google.com/url?sa=t&source= ... S6LF5uJ71m
Om surya izin nimbrung ya.
Kalo seller yang om quote itu termasuk trusted seller ga om?
Mobil 1 nya lumayan lebih murah daripada di toda.
Trims
in my view.. klo melihat testinya sih ok ya.
kecuali klo harganya dekat 100rb-an br dicurigain :upss:

lagipula oli mobil 1 gtu kan produk sultan, resiko dipalsuin lbh kecil, krn penjualan gak sekencang brand2 mainstream.

mungkin suhu2 di sini ada yg pernah beli di toko tsb ?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by zzzprince »

Mau tanya sesepuh, disini ada yg punya pengalaman bawa oli dari luar buat diganti di beres? Posisi mobil sdh diluar servis gratis dan garansi. Sebelumnya selalu servis disana, selalu bawa oli dari luar. Kok kemarin dapat laporan kalo beres sdh gak terima oli dari luar, baik saat servis berkala atopun servis biasa. Padahal oli yg saya bawa q8 0w20 dexos 1 gen 2.. murni kebijakan baru ato akal2an kabeng aja

Note: kejadian di salah satu Bengkel a2k di kota malang
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

zzzprince wrote: Tue Jul 07, 2020 2:36 Mau tanya sesepuh, disini ada yg punya pengalaman bawa oli dari luar buat diganti di beres? Posisi mobil sdh diluar servis gratis dan garansi. Sebelumnya selalu servis disana, selalu bawa oli dari luar. Kok kemarin dapat laporan kalo beres sdh gak terima oli dari luar, baik saat servis berkala atopun servis biasa. Padahal oli yg saya bawa q8 0w20 dexos 1 gen 2.. murni kebijakan baru ato akal2an kabeng aja

Note: kejadian di salah satu Bengkel a2k di kota malang
coba kontak & cari bengkel resmi lokasi lain.
servis di bengkel non resmi jg gak masalah klo dah di luar garansi.
toyota ini udh terkenal reliability nya :big_grin:

intinya ya bengkel resmi ditarget jualan oli TMO lahhh :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
aldittodi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Jun 24, 2020 5:44
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Honda Jazz GE8

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by aldittodi »

Suryaputra wrote: Mon Jul 06, 2020 12:04
klo saya sih.. ini saya yaa.
dgn kondisi mesin prima spt itu dan knalpot kering.
sy berani experimen pakai 0w20

mesindgn satu turunan yg sama jg dipakai di jazz gk5, which recommend pakai 0w20.

dan mesin honda dah pakai roller cam jg.
bukan flat tappet.
Wah lebih encer lagi ya itu hahah. BTW jika ingin ganti oli dengan viskositas dan atau merk yang berbeda dari oli yg sebelumnya apakah wajib untuk engine flush?
erwinign wrote: Mon Jul 06, 2020 13:14
Sekarang GE8 nya kilometer berapa om? Bbrp kali pernah ada yg nanyain GE8 nya, udah jalan hampir 200rb km lebih apa om ya? Ngomong2 soal pake oli kentel dari mekanik yang pake embel2 "katanya" "biasanya" "kalo udah gini" saya jd keinget sesuatu om.

Pas isi bengsin di shell ada poster soal edukasi oli, nah ngebaginya berdasar umur. Umur 1-5th pake 5W30, 5-10th pake 10W40, 10-15th pake 15W40. Kayanya mekanik2 juga kehasut sama poster ini deh om, tp yg saya kritisi di poster itu ga ada batasan sama asumsi apa2 :big_biglaugh: . Saya berpendapat kaya gt krn notabene di semua bengkel pasti jual shell.

Kl saran bengkel yg begitu sih, bener juga lulusan asem reges itu kaya kata om DOHC. Nanti kl suru ngecek juga kita yg kena ongkos lagi (buka mesin, turung stgh mesin), yg nyebelin ya mereka sukanya kira2. Kita sbg owner kadang hrs pake jurus ngeyel sama teknisi yg begitulah. Padahal mobil lbh banyak kita yg pake otomatis kerasa sih mestinya ada beda. Tp dr apa yg saya bilang buat pengecekan, terutama buat honda sih 3 parameter itu udah cukup mewakili om. Kalo bagus, ya pake 0W20 yg bagus sih no prob ya buat saya. Soal stel klep itu, banyak org awam yg ga ngeh menurut saya om. Sering liat freed, jazz lewat aja suara mesinnya udah kaya mesin jahit (tiktiktik) sama tarikan juga beda. Dulu pernah di CRV K24 saya, sy coba stel klep itu rasanya tarikan lebih enak om, glindingnya lbh plong rasanya wkwkwk
Sekarang sedang berjalan 189.[cencored] :big_peace: ''
I see.



Baiklah kalau begitu, terima kasih banyak atas tanggapan dan responsenya. Dapat ilmu baru lagi :D
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by marmut »

DOHC wrote: Tue Jul 07, 2020 1:14

Kl lg nyetel klep gt, knapa kadang musti wajip muter nya cuman bole clock wise doank, itu primbon nya kira2 knapa mbah

gatau.
jaman masih suka stel klep, suka muter CCW kalo kelewat, tapi setelah itu diputer CW lagi sampe pas.

Suryaputra wrote: Tue Jul 07, 2020 2:03

https://www.hagerty.com/media/maintenan ... am-engine/
"If you think it’s a little too tight, adjust it. A little loose is better than a little tight. As I said, too tight can burn valves."

gak berani ngutak ngatik sayah :ngacir:

sans. ada batas toleransinya kok.
karena, walaupun pake feeler gauge dengan ukuran yang sama, tiap mekanik punya kebiasaan masalah ukuran "pas"nya seberapa.
ada istilah "rapet" dan "renggang" di dunia penyetelan klep. anda musti coba sendiri supaya ngerti.
enak kok nyetel klep, apalagi kalo sampe ketemu baut stelan klep yang macet atau shim tappet mencolot nyemplung got, atau jari tergores pinggiran cylinder head yang tajem sampe darah ngucur deres, indahnya dunia.....
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

aldittodi wrote: Tue Jul 07, 2020 2:58
Suryaputra wrote: Mon Jul 06, 2020 12:04
klo saya sih.. ini saya yaa.
dgn kondisi mesin prima spt itu dan knalpot kering.
sy berani experimen pakai 0w20

mesindgn satu turunan yg sama jg dipakai di jazz gk5, which recommend pakai 0w20.

dan mesin honda dah pakai roller cam jg.
bukan flat tappet.
Wah lebih encer lagi ya itu hahah. BTW jika ingin ganti oli dengan viskositas dan atau merk yang berbeda dari oli yg sebelumnya apakah wajib untuk engine flush?

--------
klo gak ada penampakan varnish, sludge, dll. gak usah om.
aditif flush2 gtu resiko bikin seal mesin wassalam.
kecuali engine flush nya pakai oli asli spt; PTT oil flush

ganti oli brand apapun, cukup Dorong oli lama pakai oli murah shell atau mesran 1-2 liter.
& cukup ganti filter oli, tiap ganti oli.

marmut wrote: Tue Jul 07, 2020 3:13
DOHC wrote: Tue Jul 07, 2020 1:14

Kl lg nyetel klep gt, knapa kadang musti wajip muter nya cuman bole clock wise doank, itu primbon nya kira2 knapa mbah

gatau.
jaman masih suka stel klep, suka muter CCW kalo kelewat, tapi setelah itu diputer CW lagi sampe pas.

Suryaputra wrote: Tue Jul 07, 2020 2:03

https://www.hagerty.com/media/maintenan ... am-engine/
"If you think it’s a little too tight, adjust it. A little loose is better than a little tight. As I said, too tight can burn valves."

gak berani ngutak ngatik sayah :ngacir:

sans. ada batas toleransinya kok.
karena, walaupun pake feeler gauge dengan ukuran yang sama, tiap mekanik punya kebiasaan masalah ukuran "pas"nya seberapa.
ada istilah "rapet" dan "renggang" di dunia penyetelan klep. anda musti coba sendiri supaya ngerti.
enak kok nyetel klep, apalagi kalo sampe ketemu baut stelan klep yang macet atau shim tappet mencolot nyemplung got, atau jari tergores pinggiran cylinder head yang tajem sampe darah ngucur deres, indahnya dunia.....
Sungguh experience yg sesuatu banget :big_exellent: :mky_01:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

marmut wrote: Mon Jul 06, 2020 15:49
aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 10:29

Tujuan dari stel klep itu sebenarnya untuk apa sih? Apa dampak buruk ketika klep lama tidak disetel?
Apakah indikator klep harus disetel itu dari suara mesinnya saja atau ada indikator lain?

-

sila buka google, search dengan keyword valve clearance adjustment.
sayangnya di HR15 itu kagak bisa distel valve clearance adjusment :big_sorry:
jd kl ada suara2 berisik, solusi termudah kasih oli yg lbh kentel begitu kata para suhu di grup HR15 :big_peace:
makanya ada yg pede pake oli diesel 15W-40 Pertamina selama 5 tahun dgn interval penggantian 6-8 bln sekali :big_grin:
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Tue Jul 07, 2020 2:03
DOHC wrote: Tue Jul 07, 2020 1:14
marmut wrote: Mon Jul 06, 2020 15:49


sila buka google, search dengan keyword valve clearance adjustment.
Mbah

Mo nanya

Kl lg nyetel klep gt, knapa kadang musti wajip muter nya cuman bole clock wise doank, itu primbon nya kira2 knapa mbah
https://www.hagerty.com/media/maintenan ... am-engine/
"If you think it’s a little too tight, adjust it. A little loose is better than a little tight. As I said, too tight can burn valves."

gak berani ngutak ngatik sayah :ngacir:
Nahh ini rada rancu jg yah

Saya dl perna stel klep mitsu 4G93, itu bener2 musti pas, kendor dikit aj klep brisik dan mesin ga mau langsam

Balik lg sperti yg si mbah tikus olahraga beban d atas bilang, nyetel klep itu ada seni nya.. seni patahin punggung, seni stengah berteriak kebon binatang, seni nyeruput kopi item ama pisgor buat tenaga tambahan, seni jari atau tangan berdarah.. seru deh pokoknya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

blloewy wrote: Tue Jul 07, 2020 4:17
marmut wrote: Mon Jul 06, 2020 15:49
aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 10:29

Tujuan dari stel klep itu sebenarnya untuk apa sih? Apa dampak buruk ketika klep lama tidak disetel?
Apakah indikator klep harus disetel itu dari suara mesinnya saja atau ada indikator lain?

-

sila buka google, search dengan keyword valve clearance adjustment.
sayangnya di HR15 itu kagak bisa distel valve clearance adjusment :big_sorry:
jd kl ada suara2 berisik, solusi termudah kasih oli yg lbh kentel begitu kata para suhu di grup HR15 :big_peace:
makanya ada yg pede pake oli diesel 15W-40 Pertamina selama 5 tahun dgn interval penggantian 6-8 bln sekali :big_grin:
Enjin HR15DE itu enjin resing lejen, rakjat tjelata haram hukum nya sentuh2 tuh daleman mesin.. watjip kasi oli bagus bensin bagus.. mau servis musti panggil montir dr jepun sana buat ganti shim bucket nya, d ukurnya pun musti pake milimeter caliper mitutoyo
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by severmaya »

blloewy wrote: Tue Jul 07, 2020 4:17
marmut wrote: Mon Jul 06, 2020 15:49
aldittodi wrote: Mon Jul 06, 2020 10:29

Tujuan dari stel klep itu sebenarnya untuk apa sih? Apa dampak buruk ketika klep lama tidak disetel?
Apakah indikator klep harus disetel itu dari suara mesinnya saja atau ada indikator lain?

-

sila buka google, search dengan keyword valve clearance adjustment.
sayangnya di HR15 itu kagak bisa distel valve clearance adjusment :big_sorry:
jd kl ada suara2 berisik, solusi termudah kasih oli yg lbh kentel begitu kata para suhu di grup HR15 :big_peace:
makanya ada yg pede pake oli diesel 15W-40 Pertamina selama 5 tahun dgn interval penggantian 6-8 bln sekali :big_grin:
Ga coba dengan oli lebih encer? Saya di t30 pernah bunyi pelan bgt, dan pagi doank. Waktu itu pakai oli 10w-40. Waktu ganti oli pakai 5w30 dah ga pernah dengar lagi dengar suara mi tek tek.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by marmut »

blloewy wrote: Tue Jul 07, 2020 4:17
sayangnya di HR15 itu kagak bisa distel valve clearance adjusment :big_sorry:
jd kl ada suara2 berisik, solusi termudah kasih oli yg lbh kentel begitu kata para suhu di grup HR15 :big_peace:
makanya ada yg pede pake oli diesel 15W-40 Pertamina selama 5 tahun dgn interval penggantian 6-8 bln sekali :big_grin:

pake tappet atau hidrolik?
kalau hidrolik, ya tinggal dilepas botol hidroliknya dibersihkan lalu pasang lagi.
andai pake tappet, solid tappet atau shim tappet?
tinggal diganti saja tappet atau shim-nya dengan ukuran yang sesuai.
suara berisik lalu kasih oli kentel? pinter sekali itu.... lebih jago dari insinyur nissan.