Pengalaman mudik kemaren..
Mobil dah di servis sebelum lebaran.. Saya cuma minta ganti/kuras oli rem dan p.steering karena sudah waktunya (ada 2-3 th), tapi adek bilang sekalian AC nya di servis. Yo wes sakarepe.. pdhal AC mobil jg masih oke.
Saat lebaran hari H, adek+suaminya nyamperin ane yg lagi di tempat mertua pake mobil ortu, untuk kemudian bersama2 ke Solo..
Dalam perjalanan, AC mobil kondisinya menyala tapi serasa panas.. kayak kluar angin doank tanpa hawa dingin. Beberapa kali saya keluhkan ke adek.
Saat perjalanan saya perhatikan suara kompresor AC.. Seperti keseringan hidup-mati dan klo pun hidup itu ga lama (cuma beberapa detik) lalu mati lagi (lebih banyak matinya malah). Saat kompresor hidup udara keluaran jadi dingin, tapi itupun cuma beberapa saat. Dan saat kompresor mati, udara yg keluar jadi tidak dingin lagi.
Saya curiga, agak anomali jg kayaknya.. Karena harusnya kompresor AC bekerja/hidup lebih lama, apalagi puteran AC mentok full dan udara keluaran jg seharusnya dingin.
Sampai di solo, setelah ketemu sodara2, rencana mo ke bengkel AC.. tapi masih lebaran gitu, mana ada yg buka?
Akhirnya sambil cari2 bengkel AC yg buka, sambil lanjut perjalanan ke jogja dengan kondisi AC mobil yg seperti itu..
Karena penasaran, kemudian browsing (thanks to google), dan nemu artikel bahwa salah satu penyebabnya AC ga dingin dengan gejala yg dialami mobil saya itu kemungkinan karena freon ACnya yg berlebihan (kebanyakan) saat mengisi/menambahkan (teknisnya mungkin suhu2 sini bisa menjelaskan). Solusinya kudu kurangin/buang freon..
Saat perjalanan, adek jg browsing dan nemu tukang AC mobil panggilan.. okelah, setelah bisa dikontak kita janjian sehabis maghrib di hotel tempat kami menginap di jogja. Singkat kata, saya ditemani adek ipar ketemu dengan tukang AC yg datang sehabis isya (ngaret euy!). Mobil kemudian di cek pake alat yg pake selang2 dan ada meterannya bulet biru dan merah itu (manifold gauge namanya ya?), sambil glove box dashboard dibuka (ngecek apanya itu.. lupa).
Hasil dari pengukuran manifold, untuk tekanan rendahnya (biru) katanya normal, sedangkan untuk tekanan tinggi (merah) katanya tinggi.. Nyampe 270 lebih (mobil kondisi berhenti/stasioner) dengan kondisi AC dihidupkan. Tukang AC bilang ini (yg merah) ga normal, kemungkinan ada yg mampet, karena freon palsu, dsb..
Sempat kepikiran mo bongkar malem itu.. tapi setelah tanya2 biaya 850rb, butuh 2-3 jam, blum lagi butuh listrik+air, akhirnya saya batalkan..
Biarin dah dibengkelin di rumah aja/balikin ke bengkel sebelumnya.
Tapi sebelum tukang AC pergi, saya minta dia untuk kurangin freonnya. Awalnya tukang AC bilang nanti ga akan ngefek atau malah nanti ga dingin AC nya (lah emang udah ga dingin
).
Tapi saya kekeuh untuk coba saja dulu, resiko saya yg tanggung. Akhirnya ritual kurangin freon dilakukan, sampai tekanan tinggi (merah) berkurang menjadi 150/160 (lupa persisnya, kondisi stasioner).
Hasilnya? Setelah freon dikurangi..
Malam itu juga saya coba untuk jemput istri dan adek saya yg lagi di Amplas..
Saya rasakan hembusan udara dari AC jadi dingin/normal kembali. Dan saya perhatikan kinerja kompresor AC sepertinya normal kembali..
Esok harinya saat perjalanan (rute ke hutan pinus mangunan lanjut puter2 jogja cari oleh2 saat siang, dan kembali ke solo - ke rumah) tetap sama (AC dingin) dan kinerjanya normal..
Total Cost : Rp 200rb (yg bayar bukan saya
)