Siap Siap !!! ........ ............... M U D I K - Part 01

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Locked
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: RE: Re: Siap Siap !!! ........ ............... M U D I K

Post by ginting »

scorpio wrote:merak - bakau klo lagi hoki dapet kapal yang macam kapal pesiar, mobil dibawah semua, diatas 1 dek full dari depan sampe belakang ruang ac. yg non ac malah sedikit. klo lagi apes ya kaya foto diatas, ruangan ac cuma 1 2 ruangan. sisanya ngampar di dek terbuka. klo malem mungkin enak, nah klo siang2 bisa berjemur gratis :mrgreen:
Waktu braangkat 16 juni sy dpt yg gede..
Waktu pulangnya , malam minggu, dapat yg tua dan kecil..



Sent from my K012 using Tapatalk

ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: 21 Mar 2007, 16:49

Re: Siap Siap !!! ........ ............... M U D I K

Post by ZEXELGRIFONE »

Pengalaman mudik kemaren..

Mobil dah di servis sebelum lebaran.. Saya cuma minta ganti/kuras oli rem dan p.steering karena sudah waktunya (ada 2-3 th), tapi adek bilang sekalian AC nya di servis. Yo wes sakarepe.. pdhal AC mobil jg masih oke.

Saat lebaran hari H, adek+suaminya nyamperin ane yg lagi di tempat mertua pake mobil ortu, untuk kemudian bersama2 ke Solo..
Dalam perjalanan, AC mobil kondisinya menyala tapi serasa panas.. kayak kluar angin doank tanpa hawa dingin. Beberapa kali saya keluhkan ke adek.

Saat perjalanan saya perhatikan suara kompresor AC.. Seperti keseringan hidup-mati dan klo pun hidup itu ga lama (cuma beberapa detik) lalu mati lagi (lebih banyak matinya malah). Saat kompresor hidup udara keluaran jadi dingin, tapi itupun cuma beberapa saat. Dan saat kompresor mati, udara yg keluar jadi tidak dingin lagi.
Saya curiga, agak anomali jg kayaknya.. Karena harusnya kompresor AC bekerja/hidup lebih lama, apalagi puteran AC mentok full dan udara keluaran jg seharusnya dingin.

Sampai di solo, setelah ketemu sodara2, rencana mo ke bengkel AC.. tapi masih lebaran gitu, mana ada yg buka?
Akhirnya sambil cari2 bengkel AC yg buka, sambil lanjut perjalanan ke jogja dengan kondisi AC mobil yg seperti itu..

Karena penasaran, kemudian browsing (thanks to google), dan nemu artikel bahwa salah satu penyebabnya AC ga dingin dengan gejala yg dialami mobil saya itu kemungkinan karena freon ACnya yg berlebihan (kebanyakan) saat mengisi/menambahkan (teknisnya mungkin suhu2 sini bisa menjelaskan). Solusinya kudu kurangin/buang freon..

Saat perjalanan, adek jg browsing dan nemu tukang AC mobil panggilan.. okelah, setelah bisa dikontak kita janjian sehabis maghrib di hotel tempat kami menginap di jogja. Singkat kata, saya ditemani adek ipar ketemu dengan tukang AC yg datang sehabis isya (ngaret euy!). Mobil kemudian di cek pake alat yg pake selang2 dan ada meterannya bulet biru dan merah itu (manifold gauge namanya ya?), sambil glove box dashboard dibuka (ngecek apanya itu.. lupa).

Hasil dari pengukuran manifold, untuk tekanan rendahnya (biru) katanya normal, sedangkan untuk tekanan tinggi (merah) katanya tinggi.. Nyampe 270 lebih (mobil kondisi berhenti/stasioner) dengan kondisi AC dihidupkan. Tukang AC bilang ini (yg merah) ga normal, kemungkinan ada yg mampet, karena freon palsu, dsb..

Sempat kepikiran mo bongkar malem itu.. tapi setelah tanya2 biaya 850rb, butuh 2-3 jam, blum lagi butuh listrik+air, akhirnya saya batalkan..
Biarin dah dibengkelin di rumah aja/balikin ke bengkel sebelumnya.

Tapi sebelum tukang AC pergi, saya minta dia untuk kurangin freonnya. Awalnya tukang AC bilang nanti ga akan ngefek atau malah nanti ga dingin AC nya (lah emang udah ga dingin :D).
Tapi saya kekeuh untuk coba saja dulu, resiko saya yg tanggung. Akhirnya ritual kurangin freon dilakukan, sampai tekanan tinggi (merah) berkurang menjadi 150/160 (lupa persisnya, kondisi stasioner).

Hasilnya? Setelah freon dikurangi..
Malam itu juga saya coba untuk jemput istri dan adek saya yg lagi di Amplas..
Saya rasakan hembusan udara dari AC jadi dingin/normal kembali. Dan saya perhatikan kinerja kompresor AC sepertinya normal kembali..

Esok harinya saat perjalanan (rute ke hutan pinus mangunan lanjut puter2 jogja cari oleh2 saat siang, dan kembali ke solo - ke rumah) tetap sama (AC dingin) dan kinerjanya normal..

Total Cost : Rp 200rb (yg bayar bukan saya :D :D)
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: RE: Re: Siap Siap !!! ........ ............... M U D I K

Post by y_anjasrana »

ZEXELGRIFONE wrote:Pengalaman mudik kemaren..

Mobil dah di servis sebelum lebaran.. Saya cuma minta ganti/kuras oli rem dan p.steering karena sudah waktunya (ada 2-3 th), tapi adek bilang sekalian AC nya di servis. Yo wes sakarepe.. pdhal AC mobil jg masih oke.

Saat lebaran hari H, adek+suaminya nyamperin ane yg lagi di tempat mertua pake mobil ortu, untuk kemudian bersama2 ke Solo..
Dalam perjalanan, AC mobil kondisinya menyala tapi serasa panas.. kayak kluar angin doank tanpa hawa dingin. Beberapa kali saya keluhkan ke adek.

Saat perjalanan saya perhatikan suara kompresor AC.. Seperti keseringan hidup-mati dan klo pun hidup itu ga lama (cuma beberapa detik) lalu mati lagi (lebih banyak matinya malah). Saat kompresor hidup udara keluaran jadi dingin, tapi itupun cuma beberapa saat. Dan saat kompresor mati, udara yg keluar jadi tidak dingin lagi.
Saya curiga, agak anomali jg kayaknya.. Karena harusnya kompresor AC bekerja/hidup lebih lama, apalagi puteran AC mentok full dan udara keluaran jg seharusnya dingin.

Sampai di solo, setelah ketemu sodara2, rencana mo ke bengkel AC.. tapi masih lebaran gitu, mana ada yg buka?
Akhirnya sambil cari2 bengkel AC yg buka, sambil lanjut perjalanan ke jogja dengan kondisi AC mobil yg seperti itu..

Karena penasaran, kemudian browsing (thanks to google), dan nemu artikel bahwa salah satu penyebabnya AC ga dingin dengan gejala yg dialami mobil saya itu kemungkinan karena freon ACnya yg berlebihan (kebanyakan) saat mengisi/menambahkan (teknisnya mungkin suhu2 sini bisa menjelaskan). Solusinya kudu kurangin/buang freon..

Saat perjalanan, adek jg browsing dan nemu tukang AC mobil panggilan.. okelah, setelah bisa dikontak kita janjian sehabis maghrib di hotel tempat kami menginap di jogja. Singkat kata, saya ditemani adek ipar ketemu dengan tukang AC yg datang sehabis isya (ngaret euy!). Mobil kemudian di cek pake alat yg pake selang2 dan ada meterannya bulet biru dan merah itu (manifold gauge namanya ya?), sambil glove box dashboard dibuka (ngecek apanya itu.. lupa).

Hasil dari pengukuran manifold, untuk tekanan rendahnya (biru) katanya normal, sedangkan untuk tekanan tinggi (merah) katanya tinggi.. Nyampe 270 lebih (mobil kondisi berhenti/stasioner) dengan kondisi AC dihidupkan. Tukang AC bilang ini (yg merah) ga normal, kemungkinan ada yg mampet, karena freon palsu, dsb..

Sempat kepikiran mo bongkar malem itu.. tapi setelah tanya2 biaya 850rb, butuh 2-3 jam, blum lagi butuh listrik+air, akhirnya saya batalkan..
Biarin dah dibengkelin di rumah aja/balikin ke bengkel sebelumnya.

Tapi sebelum tukang AC pergi, saya minta dia untuk kurangin freonnya. Awalnya tukang AC bilang nanti ga akan ngefek atau malah nanti ga dingin AC nya (lah emang udah ga dingin :D).
Tapi saya kekeuh untuk coba saja dulu, resiko saya yg tanggung. Akhirnya ritual kurangin freon dilakukan, sampai tekanan tinggi (merah) berkurang menjadi 150/160 (lupa persisnya, kondisi stasioner).

Hasilnya? Setelah freon dikurangi..
Malam itu juga saya coba untuk jemput istri dan adek saya yg lagi di Amplas..
Saya rasakan hembusan udara dari AC jadi dingin/normal kembali. Dan saya perhatikan kinerja kompresor AC sepertinya normal kembali..

Esok harinya saat perjalanan (rute ke hutan pinus mangunan lanjut puter2 jogja cari oleh2 saat siang, dan kembali ke solo - ke rumah) tetap sama (AC dingin) dan kinerjanya normal..

Total Cost : Rp 200rb (yg bayar bukan saya :D :D)
wahh baru denger kelebihan freon bisa bikin ga dingin. emang yg ngisi dulu sapa om? koq bisa kelebihan? atau mungkin ga ada pembungkus pipa yg bocor? jd panas mesin bikin tekanan naik... cmiiw

Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app

Accurate V5 Accounting System Consultant
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: 21 Mar 2007, 16:49

Re: RE: Re: Siap Siap !!! ........ ............... M U D I K

Post by ZEXELGRIFONE »

y_anjasrana wrote: 05 Jul 2017, 18:32
ZEXELGRIFONE wrote:Pengalaman mudik kemaren..

Mobil dah di servis sebelum lebaran.. Saya cuma minta ganti/kuras oli rem dan p.steering karena sudah waktunya (ada 2-3 th), tapi adek bilang sekalian AC nya di servis. Yo wes sakarepe.. pdhal AC mobil jg masih oke.

Saat lebaran hari H, adek+suaminya nyamperin ane yg lagi di tempat mertua pake mobil ortu, untuk kemudian bersama2 ke Solo..
Dalam perjalanan, AC mobil kondisinya menyala tapi serasa panas.. kayak kluar angin doank tanpa hawa dingin. Beberapa kali saya keluhkan ke adek.

Saat perjalanan saya perhatikan suara kompresor AC.. Seperti keseringan hidup-mati dan klo pun hidup itu ga lama (cuma beberapa detik) lalu mati lagi (lebih banyak matinya malah). Saat kompresor hidup udara keluaran jadi dingin, tapi itupun cuma beberapa saat. Dan saat kompresor mati, udara yg keluar jadi tidak dingin lagi.
Saya curiga, agak anomali jg kayaknya.. Karena harusnya kompresor AC bekerja/hidup lebih lama, apalagi puteran AC mentok full dan udara keluaran jg seharusnya dingin.

Sampai di solo, setelah ketemu sodara2, rencana mo ke bengkel AC.. tapi masih lebaran gitu, mana ada yg buka?
Akhirnya sambil cari2 bengkel AC yg buka, sambil lanjut perjalanan ke jogja dengan kondisi AC mobil yg seperti itu..

Karena penasaran, kemudian browsing (thanks to google), dan nemu artikel bahwa salah satu penyebabnya AC ga dingin dengan gejala yg dialami mobil saya itu kemungkinan karena freon ACnya yg berlebihan (kebanyakan) saat mengisi/menambahkan (teknisnya mungkin suhu2 sini bisa menjelaskan). Solusinya kudu kurangin/buang freon..

Saat perjalanan, adek jg browsing dan nemu tukang AC mobil panggilan.. okelah, setelah bisa dikontak kita janjian sehabis maghrib di hotel tempat kami menginap di jogja. Singkat kata, saya ditemani adek ipar ketemu dengan tukang AC yg datang sehabis isya (ngaret euy!). Mobil kemudian di cek pake alat yg pake selang2 dan ada meterannya bulet biru dan merah itu (manifold gauge namanya ya?), sambil glove box dashboard dibuka (ngecek apanya itu.. lupa).

Hasil dari pengukuran manifold, untuk tekanan rendahnya (biru) katanya normal, sedangkan untuk tekanan tinggi (merah) katanya tinggi.. Nyampe 270 lebih (mobil kondisi berhenti/stasioner) dengan kondisi AC dihidupkan. Tukang AC bilang ini (yg merah) ga normal, kemungkinan ada yg mampet, karena freon palsu, dsb..

Sempat kepikiran mo bongkar malem itu.. tapi setelah tanya2 biaya 850rb, butuh 2-3 jam, blum lagi butuh listrik+air, akhirnya saya batalkan..
Biarin dah dibengkelin di rumah aja/balikin ke bengkel sebelumnya.

Tapi sebelum tukang AC pergi, saya minta dia untuk kurangin freonnya. Awalnya tukang AC bilang nanti ga akan ngefek atau malah nanti ga dingin AC nya (lah emang udah ga dingin :D).
Tapi saya kekeuh untuk coba saja dulu, resiko saya yg tanggung. Akhirnya ritual kurangin freon dilakukan, sampai tekanan tinggi (merah) berkurang menjadi 150/160 (lupa persisnya, kondisi stasioner).

Hasilnya? Setelah freon dikurangi..
Malam itu juga saya coba untuk jemput istri dan adek saya yg lagi di Amplas..
Saya rasakan hembusan udara dari AC jadi dingin/normal kembali. Dan saya perhatikan kinerja kompresor AC sepertinya normal kembali..

Esok harinya saat perjalanan (rute ke hutan pinus mangunan lanjut puter2 jogja cari oleh2 saat siang, dan kembali ke solo - ke rumah) tetap sama (AC dingin) dan kinerjanya normal..

Total Cost : Rp 200rb (yg bayar bukan saya :D :D)
wahh baru denger kelebihan freon bisa bikin ga dingin. emang yg ngisi dulu sapa om? koq bisa kelebihan? atau mungkin ga ada pembungkus pipa yg bocor? jd panas mesin bikin tekanan naik... cmiiw

Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
Pas saat itu service rem sekalian AC mobil oleh adek saya di satu tempat (bukan bengkel spesialis AC), yg ngisi freon orang bengkelnya..
Ane lupa/kurang tau kondisi fisik AC mobil dirumah ortu itu.. Tapi sebelum servis lebaran itu, kondisi AC mobil sepertinya dingin2 aja, meskipun suara kompresor agak kasar.

Saya pernah nanya ke tukang AC rumahan, klo freon berlebih katanya malah ga jalan/ga normal AC nya.. Dan hasil browsing yg saya dapet kayak gitu om. :D
Sumber :
https://otomotifmobil.com/2016/05/penye ... cetek.html
http://otomotrip.com/akibat-kelebihan-f ... mobil.html

Mungkin klo ngisi freonnya kebanyakan, maka tekanan tinggi (merah) jadi gampang berlebih (atau panas/overheat) dan kalau dibiarkan mungkin akan ada yg kalah (entah pipa2, seal, dsb) yg berakibat kerusakan. Nah mungkin ini ada semacam mekanisme pengaman di kompresor AC klo mendeteksi tekanan/suhu sudah berlebih, maka kompresor akan mati.. dan kompresor akan hidup lagi setelah tekanan turun/normal.

Disaat kompresor mati, sirkulasi pendinginan udara jg mati, yg jalan hanya blower saja.. Akhirnya ya cuma kluar angin saja, ga ada dingin2 nya.. :D

Mohon pencerahan suhu2 AC, klo ada kesalahan mohon koreksinya :D
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1079
Joined: 16 Aug 2013, 14:51

Re: Siap Siap !!! ........ ............... M U D I K

Post by Mamang555 »

Libur telah usai, kembali ke aktivitas seperti sedia kala
Meski telat, mohon maap lahir batin dulu untuk teman2 SM :D

Sebelum thread ini mati suri selama 1 tahun kedepan, saya mau sedikit report aja untuk mudik lebaran 2017 ini
Buat jadi bahan evaluasi juga untuk liburan tahun2 mendatang...hehehe

=============================================================
Kota tujuan : Malang
Kendaraan : Suzuki Splash AT 2013

- Start dari Jakarta (Pd Gede lebih tepatnya) adalah hari Rabu tgl 21 Juni jam 00.00 teng (H-4). Sebelum jalan saya coba cek googlemaps koq merah merona di tol cikampek hingga cikarang..coba compare dengan waze sami mawon, so saya putuskan ga usah masuk tol dan lewat luar saja (Kalimalang). Masuk2 lagi di Karawang Timur. Alhamdulillah keputusan tepat, jalanan sampai Karawang lancar jaya.

- Karena tetap memutuskan puasa, kami sekeluarga istirahat sekalian makan sahur di rest area 57. Kondisi rest area saat itu sudah ramai, tapi masih belum terlalu crowded. Mencari parkir tidak terlalu sulit meski harus sedikit ke ujung. Karena tidak mau terlalu lama, jam 02.00 kami langsung cuss lagi dengan harapan bisa jalan sejauh mungkin sebelum akhirnya stop lagi untuk shalat subuh.

- Tol Cikampek dan Cipali secara overall rame tapi masih lancar. Titik ramai biasanya jelang rest area (karena berebut mau masuk) apalagi jelang waktu sahur tiba jam 3 dan 4 subuh. Kami bablas terus saja dan memutuskan agar bisa sejauh mungkin menghindari keramaian di rest area. Total speed disini tidak bisa terlalu kencang karena jalanan ramai, rata2 tercatat hanya kisaran 80 kpj saja meski kadang bisa juga 100 kpj (tapi tidak lebih). Sepengamatan saya, semua rest area Cipali PADAT (ada 4 rest area). Akhirnyas saya berhenti untuk shalat di rest area tol Palikanci (karena rest area Pajagan setau saya jelek).

Image

- Iseng2 pantau lewat gmaps dan waze, exit tol brexit kelihatannya ada kecelakaan dan agak padat (meski saya ga tau sepadat apa), saya memutuskan untuk exit di Brebes Barat. Dan kami exit disitu sekitar jam 6 pagi. Tidak terlalu cepat, tapi imo juga tidak terlalu lambat. Tanya2 iseng ke petugas tol katanya tol fungsional dibuka baru jam 8 pagi.. yowis bablas pantura ajah.

- Tegal - Pemalang - Pekalongan - Kendal - Semarang ditempuh kurang lebih dalam 5 jam, sehingga saya sampai di terminal Mangkang Semarang (itu lho yang ada tulisannya KOTA SEMARANG) jam 11 siang. Kondisi jalanan lagi2 ramai lancar dengan rerata speed sekitar 70-80 kpj. Hanya saja selepas itu, jalanan menuju kota Semarang sangat padat (karena ada trafic light juga sih). So, lepas dari Semarang sekitar jam 12 siang (menuju Demak).

Image

- Demak Kudus istri menawarkan diri untuk gantian, yowis gpp. Tapi ybs hanya kuat nyetir 1 jam saja kemudian tepar. Wkakakakakak. Dan karena kami tidak mau terlalu capek, akhirnya berhenti di Rembang jam 2 siang sesuai rencana awal. Demak Kudus Pati Rembang tuntas dalam 2 jam saja karena jalanan selepas Semarang sudah sangat sangat lancar. Kami sekeluarga menginap di Fave depan alun2 persis.

- Saat mau buka puasa, kami tergiur dengan aneka kuliner tenda depan hotel dan memutuskan makan disitu, hanya saja harga yang ditawarkan termasuk tinggi untuk kota kecil seperti Rembang. Kami agak curiga mereka mark up harga. Tapi karena sudah keburu lapar, akhirnya tetap disikat juga. Hehehe (makan lalapan ayam berdua 65 ribu dengan minum).

Image

- Esok harinya selepas sahur kami langsung jalan menuju Malang. Dan ga ada yang bisa diceritakan karena jalanan sangat sangat kosong mulai dari Lasem (sempat ada kecelakaan), Tuban, masuk ke Babat kemudian Lamongan, Gresik lanjut ngetol keluar Pandaan hingga masuk kota Malang. Kemacetan justru dijumpai kala sudah masuk kota Malang (jembatan pertigaan Arjosari menuju Blimbing yang memang acap macet). Sekitar jam 11.30 siang kami sudah sampai di Malang dengan durasi dari Rembang sekitar 5,5 jam saja.

Image

- Total jarak tempuh dari Pondok Gede adalah 890 km dan menghabiskan bensin sekitar 480 ribu (Pertalite)

Bersambung
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1079
Joined: 16 Aug 2013, 14:51

Re: Siap Siap !!! ........ ............... M U D I K

Post by Mamang555 »

Lanjut sebelum malas :D

=======================================================

Saya balik ke Jakarta hari Jumat kemarin tanggal 7 Juli 2017 atau H+12 wkwkwkw...

- Berangkat dari Malang jam 2 subuh dan kali ini dengan pede nya langsung booking hotel di Pemalang (sebagai titik istirahat). Sesuai dugaan, jalanan lancar jaya dan bisa sampai ke Tuban hanya dalam waktu 3 jam saja (normalnya 4-5 jam).

- Istirahat dan leyeh2 sebentar setelah shalat subuh di Tuban, akhirnya kami lanjut jalan. Sampai di Kudus, istri bersikeras untuk beristirahat di salah satu mushola langganan kami (ada di tepi jalan menjelang masuk kota kudus yang ada tugu berbentuk sirip2 dan ada tulisan Kudus Kota Kreteknya itu lho). Sementara saya maunya masuk kota Semarang sekalian makan siang saja. Tapi istri menang karena dipikir2 takut macet juga kalo kelamaan didalam kota Semarang. Sekitar jam 9an kami berhenti dan istirahat lagi di Kudus selama 1 jam kurang lebih.

- Sempat ngantuk dan tiduran sebentar di Lasem (sebelum Rembang kalo dari Sby) selama 15 menit

- Demak menjelang Semarang ramai sesuai dugaan tapi tidak sampai macet dan tersendat. Overall lancar jaya sebelum akhirnya masuk tol Manyaran dan bablas langsung hingga menuju Kendal. Terlihat kepadatan yang cukup fantastis dan bombastis di arah sebaliknya menuju masuk kota Semarang. Oya truk2 besar sudah mulai terlihat mendominasi karena sudah diperbolehkan jalan. So, ga bisa terlalu ngebut juga atau berhati2 saat mau overtake.

- Sampai ke Pemalang jam 2.30 siang atau 12,5 jam perjalanan. Relatif cepat lah ya

- Dari Pemalang, esok harinya (sabtu 8 juli) kami cus jam 03.30 pagi dan luancarrr jaya hingga shalat di rest area Cipali km 164. Rest area dan banyak pom di pantura masih sangat amat ramai dengan pemudik yang beristirahat. Tapi ga sampai kesulitan mencari parkiran sih. Jam 7.30 pagi kami sudah sampai di tol cikampek yang koq malahan ketemu muacet. Hahaha... Keputusan cepat diambil : keluar tol segera dan mlipir lewat pinggir2 Kalimalang hingga sampai rumah di area Pondok Gede jam 08.30 pagi. Total 5 jam sampai.

- Dari Malang ke Jakarta relatif cepat, total hanya 17,5 jam saja.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: RE: Re: Siap Siap !!! ........ ............... M U D I K

Post by adityabp »

y_anjasrana wrote: 05 Jul 2017, 18:32 --cut--
wahh baru denger kelebihan freon bisa bikin ga dingin. emang yg ngisi dulu sapa om? koq bisa kelebihan? atau mungkin ga ada pembungkus pipa yg bocor? jd panas mesin bikin tekanan naik... cmiiw

Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
Gak dingin krn kompresornya keburu dimatiin sama pressure switch yg ada di kondensor AC.
Saya pernah sekali ngalami nambah freon kebanyakan. Alhasil, baru jalan dari bengkel AC mobil jalannya ndut2xan krn kompresor AC mati-nyala-mati-nyala. :mky_01:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: Siap Siap !!! ........ ............... M U D I K

Post by maskopat »

Mamang555 wrote: 10 Jul 2017, 09:59 Libur telah usai, kembali ke aktivitas seperti sedia kala
Meski telat, mohon maap lahir batin dulu untuk teman2 SM :D

Sebelum thread ini mati suri selama 1 tahun kedepan, saya mau sedikit report aja untuk mudik lebaran 2017 ini
Buat jadi bahan evaluasi juga untuk liburan tahun2 mendatang...hehehe

=============================================================
Kota tujuan : Malang
Kendaraan : Suzuki Splash AT 2013

- Start dari Jakarta (Pd Gede lebih tepatnya) adalah hari Rabu tgl 21 Juni jam 00.00 teng (H-4). Sebelum jalan saya coba cek googlemaps koq merah merona di tol cikampek hingga cikarang..coba compare dengan waze sami mawon, so saya putuskan ga usah masuk tol dan lewat luar saja (Kalimalang). Masuk2 lagi di Karawang Timur. Alhamdulillah keputusan tepat, jalanan sampai Karawang lancar jaya.

- Karena tetap memutuskan puasa, kami sekeluarga istirahat sekalian makan sahur di rest area 57. Kondisi rest area saat itu sudah ramai, tapi masih belum terlalu crowded. Mencari parkir tidak terlalu sulit meski harus sedikit ke ujung. Karena tidak mau terlalu lama, jam 02.00 kami langsung cuss lagi dengan harapan bisa jalan sejauh mungkin sebelum akhirnya stop lagi untuk shalat subuh.

- Tol Cikampek dan Cipali secara overall rame tapi masih lancar. Titik ramai biasanya jelang rest area (karena berebut mau masuk) apalagi jelang waktu sahur tiba jam 3 dan 4 subuh. Kami bablas terus saja dan memutuskan agar bisa sejauh mungkin menghindari keramaian di rest area. Total speed disini tidak bisa terlalu kencang karena jalanan ramai, rata2 tercatat hanya kisaran 80 kpj saja meski kadang bisa juga 100 kpj (tapi tidak lebih). Sepengamatan saya, semua rest area Cipali PADAT (ada 4 rest area). Akhirnyas saya berhenti untuk shalat di rest area tol Palikanci (karena rest area Pajagan setau saya jelek).

Image

- Iseng2 pantau lewat gmaps dan waze, exit tol brexit kelihatannya ada kecelakaan dan agak padat (meski saya ga tau sepadat apa), saya memutuskan untuk exit di Brebes Barat. Dan kami exit disitu sekitar jam 6 pagi. Tidak terlalu cepat, tapi imo juga tidak terlalu lambat. Tanya2 iseng ke petugas tol katanya tol fungsional dibuka baru jam 8 pagi.. yowis bablas pantura ajah.

- Tegal - Pemalang - Pekalongan - Kendal - Semarang ditempuh kurang lebih dalam 5 jam, sehingga saya sampai di terminal Mangkang Semarang (itu lho yang ada tulisannya KOTA SEMARANG) jam 11 siang. Kondisi jalanan lagi2 ramai lancar dengan rerata speed sekitar 70-80 kpj. Hanya saja selepas itu, jalanan menuju kota Semarang sangat padat (karena ada trafic light juga sih). So, lepas dari Semarang sekitar jam 12 siang (menuju Demak).

Image

- Demak Kudus istri menawarkan diri untuk gantian, yowis gpp. Tapi ybs hanya kuat nyetir 1 jam saja kemudian tepar. Wkakakakakak. Dan karena kami tidak mau terlalu capek, akhirnya berhenti di Rembang jam 2 siang sesuai rencana awal. Demak Kudus Pati Rembang tuntas dalam 2 jam saja karena jalanan selepas Semarang sudah sangat sangat lancar. Kami sekeluarga menginap di Fave depan alun2 persis.

- Saat mau buka puasa, kami tergiur dengan aneka kuliner tenda depan hotel dan memutuskan makan disitu, hanya saja harga yang ditawarkan termasuk tinggi untuk kota kecil seperti Rembang. Kami agak curiga mereka mark up harga. Tapi karena sudah keburu lapar, akhirnya tetap disikat juga. Hehehe (makan lalapan ayam berdua 65 ribu dengan minum).

Image

- Esok harinya selepas sahur kami langsung jalan menuju Malang. Dan ga ada yang bisa diceritakan karena jalanan sangat sangat kosong mulai dari Lasem (sempat ada kecelakaan), Tuban, masuk ke Babat kemudian Lamongan, Gresik lanjut ngetol keluar Pandaan hingga masuk kota Malang. Kemacetan justru dijumpai kala sudah masuk kota Malang (jembatan pertigaan Arjosari menuju Blimbing yang memang acap macet). Sekitar jam 11.30 siang kami sudah sampai di Malang dengan durasi dari Rembang sekitar 5,5 jam saja.

Image

- Total jarak tempuh dari Pondok Gede adalah 890 km dan menghabiskan bensin sekitar 480 ribu (Pertalite)

Bersambung
Wah lewat Kalimalang ya keluar Jakarta?
Ane tanggal 8 Juli sore keluar Jakarta ke arah Cirebon lewat I Gusti Ngurah Rai, terus lewati Stasiun KA Kranji dan Bekasi. Keluar juga di Karawang Timur. Lumayan jalan jam 4:30 dari Rawamangun masuk Tol Karawang Timur jam 7 malam, setelah istirahat 30 menit di daerah Cikarang.
Soalnya waktu itu kemacetan ke arah gerbang tol Cikarang Utama lagi parah2nya...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
kampakhoras
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: 04 Mar 2016, 12:58

Re: Siap Siap !!! ........ ............... M U D I K

Post by kampakhoras »

ZEXELGRIFONE wrote: 05 Jul 2017, 17:57 Pengalaman mudik kemaren..

Mobil dah di servis sebelum lebaran.. Saya cuma minta ganti/kuras oli rem dan p.steering karena sudah waktunya (ada 2-3 th), tapi adek bilang sekalian AC nya di servis. Yo wes sakarepe.. pdhal AC mobil jg masih oke.

Saat lebaran hari H, adek+suaminya nyamperin ane yg lagi di tempat mertua pake mobil ortu, untuk kemudian bersama2 ke Solo..
Dalam perjalanan, AC mobil kondisinya menyala tapi serasa panas.. kayak kluar angin doank tanpa hawa dingin. Beberapa kali saya keluhkan ke adek.

Saat perjalanan saya perhatikan suara kompresor AC.. Seperti keseringan hidup-mati dan klo pun hidup itu ga lama (cuma beberapa detik) lalu mati lagi (lebih banyak matinya malah). Saat kompresor hidup udara keluaran jadi dingin, tapi itupun cuma beberapa saat. Dan saat kompresor mati, udara yg keluar jadi tidak dingin lagi.
Saya curiga, agak anomali jg kayaknya.. Karena harusnya kompresor AC bekerja/hidup lebih lama, apalagi puteran AC mentok full dan udara keluaran jg seharusnya dingin.

yup saya ngalamin hal yang sama, Ford Everest kompressor AC nya saya ganti ama yang denso 17A, pas awal isi freon spertinya kebanyakan, udah sempat jalan 2 hari, kompresor ac cetak cetek mulu, ampe balik lagi ke tukang ac nya solusi kurangin freon, baru normal lagi.
alhamdulillah kemarin dipakai mudik Ciputat - Medan - Aceh aman2 saja.


sekedar share juga
pengalaman mudik kemarin persiapan alat tambal ban darurat, jarum dan cacing tambal ban + mini kompresor sangat membantu.
kejadian di perbatasan riau - jambi, ban belakang kanan bocor kena baut 2 inch, sempat jalan 5 km cari spbu ngga nemu, ahirnya melipir ke masjid terdekat, dan nambal sendiri,lumayan cepat dari pada nurunin ban serep.
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1079
Joined: 16 Aug 2013, 14:51

Re: Siap Siap !!! ........ ............... M U D I K

Post by Mamang555 »

maskopat wrote: 17 Jul 2017, 14:33 Wah lewat Kalimalang ya keluar Jakarta?
Ane tanggal 8 Juli sore keluar Jakarta ke arah Cirebon lewat I Gusti Ngurah Rai, terus lewati Stasiun KA Kranji dan Bekasi. Keluar juga di Karawang Timur. Lumayan jalan jam 4:30 dari Rawamangun masuk Tol Karawang Timur jam 7 malam, setelah istirahat 30 menit di daerah Cikarang.
Soalnya waktu itu kemacetan ke arah gerbang tol Cikarang Utama lagi parah2nya...
Ooo arus baliknya ya om kopat?

Saya tgl 8 Juli start dari Pemalang jam stgh 4 subuh dan jalanan luancar jaya. Sampe ke Karawang Barat kisaran jam stgh 8 pagi
Tapi karena jalanan padet merayap, saya putuskan untuk exit tol di Cibitung kalo ga salah. Ada kawasan industri Jababeka nya.
Dari situ saya menyisir jalan kalimalang hingga tembus di Bekasi Barat dan touch down di Jatibening kisaran jam stgh 9 pagi (langsung makan di RM Sederhana pinggiran Jatibening situ hahaha).

Kalo dibablas tol terus sih bisa jam 11 siang kali sampe ke Bekasi

Overall, pulang pergi relatif lancar. Dan kalo kita bisa cari rute alternatif, maka bisa terhindar macet parah yak.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Siap Siap !!! ........ ............... M U D I K

Post by coklatMetalik »

coklatMetalik wrote: 23 Jun 2017, 19:58 Di cipali sptnya ada "bukit magnet" jg ya?

Td ketika macet2an di jalan agak menanjak, ketika lepas rem malah agak gelinding ke atas, bukan ke bawah

Lokasinya kalo tdk salah setelah kalijati sebelum cikedung
Setelah diingat2 sy jd ragu
Bs jd ini bukan bukitnya yg aneh tp gejala awal bocornya master kopling LGX saya.... :mky_01:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Siap Siap !!! ........ ............... M U D I K

Post by nugroho bagor »

Hallo,buat pemanasan saja

Fyi,jalur temanggung sudah ok,gak mulus banget,tapi sudah ada pelebaran jalan, dan jalan cenderung bergelombang,tapi tidak banyak lobang di jalan

Thanks
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Siap Siap !!! ........ ............... M U D I K

Post by ginting »

menurut penerawangan kawan2, apakah Lebaran kali ini akan :

1- Lancar : karena sudah banyak toll, dan sudah lempeng dari jakarta - Semarang full toll.

2- Malah macet : karena mentang2 sudah toll semua, orang makin pada nafsu untuk mudik, sehingga kapasitas toll kewalahan, terutama pas jelang exit

3- Lancar tapi macet tetap ada.
secara umum sudah makin baik, dan karena di Pejagan sudah pecah arus sama yg mau ke selatan, juga di semarang sudah pecah antara arus yg mau ke utara (Demak kudus pati rembang) dengan yang mau ke selatan (bawen salatiga, solo, ngawi dll)

nah, gimana penerawangan kawan2 semua.

dan kira2 tanggal berapa puncak mudik 2018 .

Saya ingin ikut ke tiimur nih waktu lebaran nanti. Sampe dimana roadt tripnya nanti ? Tergantung kantong dan waktu.
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Siap Siap !!! ........ ............... M U D I K

Post by nugroho bagor »

ginting wrote: 14 Mar 2018, 15:31 menurut penerawangan kawan2, apakah Lebaran kali ini akan :

1- Lancar : karena sudah banyak toll, dan sudah lempeng dari jakarta - Semarang full toll.

2- Malah macet : karena mentang2 sudah toll semua, orang makin pada nafsu untuk mudik, sehingga kapasitas toll kewalahan, terutama pas jelang exit

3- Lancar tapi macet tetap ada.
secara umum sudah makin baik, dan karena di Pejagan sudah pecah arus sama yg mau ke selatan, juga di semarang sudah pecah antara arus yg mau ke utara (Demak kudus pati rembang) dengan yang mau ke selatan (bawen salatiga, solo, ngawi dll)

nah, gimana penerawangan kawan2 semua.

dan kira2 tanggal berapa puncak mudik 2018 .

Saya ingin ikut ke tiimur nih waktu lebaran nanti. Sampe dimana roadt tripnya nanti ? Tergantung kantong dan waktu.
Keren,jadi lebaran gak di Jakarta ya ,Mod?
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Siap Siap !!! ........ ............... M U D I K

Post by ginting »

nugroho bagor wrote: 14 Mar 2018, 15:33
ginting wrote: 14 Mar 2018, 15:31 menurut penerawangan kawan2, apakah Lebaran kali ini akan :

1- Lancar : karena sudah banyak toll, dan sudah lempeng dari jakarta - Semarang full toll.

2- Malah macet : karena mentang2 sudah toll semua, orang makin pada nafsu untuk mudik, sehingga kapasitas toll kewalahan, terutama pas jelang exit

3- Lancar tapi macet tetap ada.
secara umum sudah makin baik, dan karena di Pejagan sudah pecah arus sama yg mau ke selatan, juga di semarang sudah pecah antara arus yg mau ke utara (Demak kudus pati rembang) dengan yang mau ke selatan (bawen salatiga, solo, ngawi dll)

nah, gimana penerawangan kawan2 semua.

dan kira2 tanggal berapa puncak mudik 2018 .

Saya ingin ikut ke tiimur nih waktu lebaran nanti. Sampe dimana roadt tripnya nanti ? Tergantung kantong dan waktu.
Keren,jadi lebaran gak di Jakarta ya ,Mod?
He he he...Saat Lebaran 2016 (tragedy brexit) sy sudah pernah juga roadtrip ke Timur. Tapi sy curi start H-13 sudah jalan duluan.
Jakarta - Bekasi - Semarang (2 malam) - Rembang - Tuban - SBY - Malang (2 malam) - Batu (2 malam) - Pujon - Pare - Solo (1 malam) - Semarang (1 malam) - Bekasi - Jakarta.

Saat tragedy brexit sy habiskan 6.5 jam untuk jarak 18 kilometer (dari daerah bulakamba kalau gak salah sampai pintu toll...dari jam 3 sore sampai jam 9.30 malam...saya dari Semarang sepulang gereja di GKI Beringin...sepanjang jalan toll itu macet banget yg arah ke Jawa..yang arah ke Jakarta lancar jaya...

Nah, sy ingin coba lagi tapi rute masih digodok dan uang dikumpulin dulu. :big_deal: :big_deal:
Giri
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: 25 Dec 2016, 00:17

Re: Siap Siap !!! ........ ............... M U D I K

Post by Giri »

Om Nug udah membangkitkan gairah mudik. Saya vote yg no. 3.

yang macet perkiraan saya
1.Sekitar Bumiayu.
2. ruas Solo-Jogja.
3. exit tol Salatiga.
4. tanjakan Ambarawa-Jambu.
5. gerbang tol Wilangan-Nganjuk.
6. pertigaan Mengkreng (Kediri-Jombang-Nganjuk)
7. Surabaya-Malang.
8. Probolinggo-Pasuruan.
9. Pekalongan.

yang bagian barat, kurang paham saya.
adhika
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: 15 Feb 2016, 22:48

Re: Siap Siap !!! ........ ............... M U D I K

Post by adhika »

Paling tidak, jangan terlalu ngarep sama jalan tol fungsional, suka PHP dibukanya. Pelajari rute jalur pantura ke jalur tengah seperti Cirebon-Kuningan-Ciamis. Prupuk-Purwokerto. Pemalang/Pekalongan-Banjarnegara/Wonosobo. Semarang-Purwodadi-Blora-Cepu-Babat. Sering2 liat Waze/GMap. Jangan ragu untuk putar balik untuk lewat rute2 tsb kalo macet panjang tak bergerak.

Tapi yang paling neraka adalah Japek layang.
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Siap Siap !!! ........ ............... M U D I K

Post by nugroho bagor »

Rencana toll
Rencana toll
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Siap Siap !!! ........ ............... M U D I K

Post by coklatMetalik »

Sy curiga di waktu2 puncak arus, perjalanan di cipali ttp tersendat2 spt taun lalu. Apalagi arus baliknya....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
yudhisuwandono
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: 08 Sep 2008, 15:01

Re: Siap Siap !!! ........ ............... M U D I K

Post by yudhisuwandono »

puasa juga belum, udah rame mudik..
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: 30 Oct 2015, 00:33

Re: Siap Siap !!! ........ ............... M U D I K

Post by ipat »

Liat brita di tv,tiket kreta udah mulai abis...
Klo saya sekarang mudik smg-madiun lewat jalur biasa, smg-pwd-blora-cepu-ngawi-madiun, saya ga lewat tol karna nanti banyak yg lewat tol,apalagi tol baru,banyak yg coba2,dan monoton ga bisa sering brenti buat istirahat
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Siap Siap !!! ........ ............... M U D I K

Post by nugroho bagor »

yudhisuwandono wrote: 14 Mar 2018, 19:51 puasa juga belum, udah rame mudik..
Jangan kaget,ntar ada tuch road trip 2019 :upss:
medkintos
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: 20 Apr 2016, 23:23
Location: jakarta
Daily Vehicle: C180 W204
Contact:

Re: Siap Siap !!! ........ ............... M U D I K

Post by medkintos »

Saya penasaran rasanya mudik tuh begimana....

Keluarga bapak dan mamak udah ngumpul di jakarta semua... jadi ya menikmati sepinya jalanan jakarta saja...
mari ber Kendara! web | youtube
------
W204 C180 '11 | W211 E280 ‘09 | W166 GLE400 '17 | W244 B170 ‘08 | Dodge Journey '11 | HR-V E '16 | T32 '17 | Harrier XU30 ‘12 | Ranger Wildtrak ‘14 | Mazda8 | Q5 '10
mio
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 20 Feb 2018, 20:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Siap Siap !!! ........ ............... M U D I K

Post by mio »

Sami di die mang, penasaran mo ikutan mudik pas Lebaran
Kayak apa rasanya :big_think:

Keluarga di betawi sih :big_smoking:
ride as slow as you can, as fast as you need
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10928
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Siap Siap !!! ........ ............... M U D I K

Post by marmut »

ipat wrote: 14 Mar 2018, 21:35
-

Klo saya sekarang mudik smg-madiun lewat jalur biasa, smg-pwd-blora-cepu-ngawi-madiun,

-

kondisi jalur yang om sebut itu saat ini bagaimana? sudah mulus kah? saya lewat jalur itu 8 tahun lalu.
Locked
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post