Koleksi hand tools [Part 03]

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: FRD, y_anjasrana, artoodetoo, b8099ok, F 272, ginting

Post Reply
Taufiq6210
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: 27 May 2019, 20:07

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by Taufiq6210 »

Terima kasih om Marmut atas hadiahnya, jadi sekarang punya 2 filter oli deh :big_love:
IMG_5489.JPG
Berhubung bukan yang seneng bongkar sendiri part-part mobil jadi mohon dimaklumi keterbatasan tools yang ada. Ini berbagai macam kunci yang kayaknya udah lama ada di rumah, kapan dibelinya pun saya ga inget. Tentunya sebagian besar kunci ini jarang kepake :big_cry:
IMG_5469.JPG
Sementara foto ini adalah tools yang terkait dengan ban, yang udah agak lama itu dongkraknya aja, sisanya seperti kunci roda dan pompa ban relatif baru lah, karena waktu beli mobilnya ga dapet kunci roda :big_bored:
IMG_5473.JPG
Ini adalah alat yang belakangan ini agak sering kepake untuk (nyoba) diagnosa kelistrikan mobil, ada multimeter (tapi masih jarum bukan digital), congkelan plastik untuk ngebuka tutup sekrup dan/atau klip, sama kunci torx dan obeng biasa serta tang buat nyopot sekring (ga kefoto)
IMG_5486.JPG
Dan yang terakhir adalah alat yang agak mubazir sebenernya karena sejak beli cuma kepake sekali yaitu Lexia / PP2000 / PPS. Waktu itu beli karena pengen ngaktifin trip computer. Dulu mikirnya kan bakal kepake juga suatu saat nanti, tapi faktanya setiap butuh PPS ya mobil lagi di bengkel, jadinya pake punyanya bengkel.
IMG_5490.JPG
Sekian koleksi tools yang terbatas dari saya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

Tags:
User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5060
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by marmut »

yanuarra wrote: 26 Oct 2020, 15:22 Waduuuuh udah pindah part... progres tercepat di trit hand tools ada di 2020 :big_exellent:

Pelaku utamanya ada trio petinggi institut kita tercinta yaitu mbah rektor omnibus, warektor mbah marmut, warektor mbah DOHC :big_biglaugh:

Ane anak bawang nyimak aja



:ngacir:


anak bawang? sudah pernah diiket ke pohon trus kakinya dikelitikin pake bulu ayam?
anak bawang kok mainannya torq wrench digital......

:2gunfire:
pijp - sigaar - koffie
User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5060
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by marmut »

wih, baru hari pertama udah masup halaman 2.

bener juga kata suhu mbah shifu, banyak warga yang malu-malu kasih unjuk perkakasnya, dan sekarang satu per satu bermunculan seperti mbah Taufiq6210, baru dateng udah pajang tools segambreng. ini yang disuka....

:big_okay:

ntap mbah Taufiq6210, semoga bisa kepake filternya. kalo enggak ya bisa jadi asbak..... tapi itu kok warna dasar tulisan purflux-nya beda ya?
pijp - sigaar - koffie
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3811
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by Omnibus »

muantaapp bener koleksinya ...

memang sptnya harus ada sayembara baru pada keluar tools kelas collector's items :upss:

bagi yang kami hormati mbah rektor marmut selaku ketum perguruan institut vorsprung durch technik van asem reges le indonesie yang juga sbg panitia penyelenggara sayembara give away kami persilahkan utk melakukan acara serupa dalam tempo yg sesingkat2nya.

giftnya akan dari saya. berupa jangka sorong (vernier caliper) manual. jangan terlalu excited dulu, barangnya bukan keraton, made in cungkuo tapi msh bagus dlm kotak. msh bisa dipakai tp ga pernah sy pakai. buat memeriahkan acara saja. :big_grin:

selanjutnya kami persilahkan mbah marmut utk memimpin acara, jika berkenan bantu bikin sayembara lagi yg lebih heboh. :mky_03:
Taufiq6210
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: 27 May 2019, 20:07

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by Taufiq6210 »

marmut wrote: 26 Oct 2020, 18:47 tapi itu kok warna dasar tulisan purflux-nya beda ya?
Awalnya sih cuma mikir mungkin beda waktu produksinya aja, kalau dulu warnanya ini sekarang warnanya itu. Tapi sekarang malah jadi kepikiran apa jangan jangan ada yang palsu :big_think:
Poporing
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 198
Joined: 14 Jun 2020, 13:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by Poporing »

Omnibus wrote: 26 Oct 2020, 17:22
Poporing wrote: 26 Oct 2020, 16:06
umm.. ga suka bentuknya charge... baik charge alx, ti atau tti...
sama kyk MUT, skeletool, squirt, OHT dll.. hahah

inceran sy tinggal Signal... tp lg ngincer yg warnanya unik... susah nyarinya di indo...
oh padahal material knife nya S30V itu bagus bgt ga mudah tumpul dan sangat tajam. konon S30V tdk dipasangkan di sembarang model, cuma tertentu aja.

sy beli charge TTi 5 taun lalu dgn harga spesial di toped. ga tau gmn caranya si seller bisa jual cuma 40% (disc 60%) drpd harga seller lain. ga sampai 1 juta.

ini penampakannya. sdh ikut sy mengembara ke benua biru ujung utara. tool yg pasti sy pilih kl disuruh adventure journey. :big_smoking:

toss om, sesama fans leatherman :big_deal:


IMG_20201026_171119~2.jpg


ini aksesoris screwdriver bits nya. ga tau ada ngga disini, dapet beli di benua biru. ada ukuran hex (kunci L) n torx nya juga. dan berfungsi dgn baik, bukan kaleng2 ... :big_exellent:

IMG_20201026_171636.jpg


IMG_20201026_171757.jpg
betul om.. s30v emg tajem. tp kalo mau diasah jg lbh susah. jadinya byk juga pake 154cm
tp dulu2 lmyn sering jg liat ada yg jual blade s30v buat mods LM selain charge..

harga LM 5 taun lalu emg masi waras om... surge masi sejuta.. saya sempet beli 2. wave masi 800-900.. skrg? surge 2jt lebih. wave 1.5 lebih...
charge alx dulu 1.2, charge ti/tti (lupa yg mana) masi 1.6... skrg? harga ghoib... hahaha.. harga resmi old friend/ruparupa 3juta lbh.. :big_dunno:

keistimewaan charge ya di materialnya yg enteng, jadinya enak dipake di belt/pocket... apalagi yg titanium (ti/tti).. tp saya ga bgitu sreg ama cedokan (kurva) dia yg deket tang/plier.. ga elok di mata saya. hahahah
nyesel jg kenapa ga beli dr dulu.... :big_peace:
enteng, bahan ga kaleng2, dan blade yg lmyn besar, makanya byk fans LM yg bahkan cm koleksi seri ini.. hahahah

soal bit kit LM, saya ga terlalu suka om, suka ngelupas coatingnya (bukan coating sih kayaknya.. cm krayon hitam)... knp ga lgsg bare metal aja.. lbh ciamik kalo ada luka perang...
dan kebetulan obengnya ini yg lmyn sering saya pake.. multi tools yg ada obeng, gunting, tang, wire cutter, serrated knife, file, pasti sy lirik... (kok banyak)

btw, walopun saya banyak leatherman, tapi tetep suatu saat pgn punya swisstool (bukan yg spirit).. hahahah
dlu pernah beliin surge buat bokap, biar dia ngasih swisstoolnya ke saya, eh malah ga dikasi ampe skrg... haha
finishingnya victorinox keren banget... nitip ya om kalo ke benua biru lg...

*byk jg ngetiknya ya....*
wzn
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 27 Jun 2009, 13:48

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by wzn »

Taufiq6210 wrote: 26 Oct 2020, 19:10
marmut wrote: 26 Oct 2020, 18:47 tapi itu kok warna dasar tulisan purflux-nya beda ya?
Awalnya sih cuma mikir mungkin beda waktu produksinya aja, kalau dulu warnanya ini sekarang warnanya itu. Tapi sekarang malah jadi kepikiran apa jangan jangan ada yang palsu :big_think:
kayanya yang sekarang palsu mungkin ya om
soalnya isi yg sekarang beda sama yang dulu
tp ga tau jg sih :big_dunno:
20201026_193738.jpg
20201026_193646.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
wzn
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 27 Jun 2009, 13:48

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by wzn »

sekalian ah post yang ala kadarnya
20201026_194241.jpg
20201026_194103.jpg
salam kenal buat om semuanya dari bandung :big_okay: :big_okay:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
blloewy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by blloewy »

Goldroom wrote: 26 Oct 2020, 14:27 Wahh udah part 3 aja..

Permisi suhu-suhu nubi izin share pengalaman ganti minyak rem pake brake bleeder kit/vacuum pump, lumayan jadi praktis bisa ganti minyak rem sendirian dan ga perlu kocok/tahan pedal rem.
bleeder kit.jpg


Pertama kuras dulu reservoir minyak rem, abis dikuras langsung diganti pake minyak rem yang baru biar lebih cepet proses bleedingnya.
reservoir.jpg


Abis ganti minyak rem di reservoir, cek FSM buat urutan bleedingnya, urutan bleedingnya pertama rem belakang kiri, kedua rem depan kanan, ketiga rem belakang kanan, dan keempat rem depan kiri.
bleeding order.jpg


Untuk bleeding ban belakang sebenernya spacenya cukup buat ngerogoh masang selang bleedernya ke nepel tapi takut belepotan jadi sekalian lepas aja bannya. :big_biglaugh:
ban belakang.jpg


Lanjut ke ban depan lebih gampang ga usah lepasin ban tinggal dibelokin aja bannya supaya aksesnya lebih mudah.
ban depan.jpg


Berikut komparasi minyak rem lama dan barunya, terakhir ganti minyak rem itu kalo ga salah sekitar Mei 2018
komparasi.jpg
Om, ini nguras yg di tabung langsung disedot aja ya?
Begitu habis langsung tuang yg baru begitu?
Untuk yg diban, khan nipple dikendorkan u ngeluarin minyak rem lama lewat selang.
Itu biasanya khan sambil diteken2 pedal rem, kl pake alat ini apa cukup tunggu sampai minyak rem yg keluar berubah warna baru nipple ditutup lagi?
nubie in all things - still need to learn
blloewy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by blloewy »

Omnibus wrote: 26 Oct 2020, 18:54 muantaapp bener koleksinya ...

memang sptnya harus ada sayembara baru pada keluar tools kelas collector's items :upss:

bagi yang kami hormati mbah rektor marmut selaku ketum perguruan institut vorsprung durch technik van asem reges le indonesie yang juga sbg panitia penyelenggara sayembara give away kami persilahkan utk melakukan acara serupa dalam tempo yg sesingkat2nya.

giftnya akan dari saya. berupa jangka sorong (vernier caliper) manual. jangan terlalu excited dulu, barangnya bukan keraton, made in cungkuo tapi msh bagus dlm kotak. msh bisa dipakai tp ga pernah sy pakai. buat memeriahkan acara saja. :big_grin:

selanjutnya kami persilahkan mbah marmut utk memimpin acara, jika berkenan bantu bikin sayembara lagi yg lebih heboh. :mky_03:
Menunggu sayembara nya dimulai 😁😁
nubie in all things - still need to learn
yanuarra
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 895
Joined: 28 Dec 2019, 16:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by yanuarra »

blloewy wrote: 26 Oct 2020, 20:21
Goldroom wrote: 26 Oct 2020, 14:27 Wahh udah part 3 aja..

Permisi suhu-suhu nubi izin share pengalaman ganti minyak rem pake brake bleeder kit/vacuum pump, lumayan jadi praktis bisa ganti minyak rem sendirian dan ga perlu kocok/tahan pedal rem.
bleeder kit.jpg


Pertama kuras dulu reservoir minyak rem, abis dikuras langsung diganti pake minyak rem yang baru biar lebih cepet proses bleedingnya.
reservoir.jpg


Abis ganti minyak rem di reservoir, cek FSM buat urutan bleedingnya, urutan bleedingnya pertama rem belakang kiri, kedua rem depan kanan, ketiga rem belakang kanan, dan keempat rem depan kiri.
bleeding order.jpg


Untuk bleeding ban belakang sebenernya spacenya cukup buat ngerogoh masang selang bleedernya ke nepel tapi takut belepotan jadi sekalian lepas aja bannya. :big_biglaugh:
ban belakang.jpg


Lanjut ke ban depan lebih gampang ga usah lepasin ban tinggal dibelokin aja bannya supaya aksesnya lebih mudah.
ban depan.jpg


Berikut komparasi minyak rem lama dan barunya, terakhir ganti minyak rem itu kalo ga salah sekitar Mei 2018
komparasi.jpg
Om, ini nguras yg di tabung langsung disedot aja ya?
Begitu habis langsung tuang yg baru begitu?
Untuk yg diban, khan nipple dikendorkan u ngeluarin minyak rem lama lewat selang.
Itu biasanya khan sambil diteken2 pedal rem, kl pake alat ini apa cukup tunggu sampai minyak rem yg keluar berubah warna baru nipple ditutup lagi?
Iya om untuk bleeding tinggal dipompa-pompa aja smbil cek tabung atas klo turun diisi lagi
blloewy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by blloewy »

yanuarra wrote: 26 Oct 2020, 20:26
blloewy wrote: 26 Oct 2020, 20:21
Goldroom wrote: 26 Oct 2020, 14:27 Wahh udah part 3 aja..

Permisi suhu-suhu nubi izin share pengalaman ganti minyak rem pake brake bleeder kit/vacuum pump, lumayan jadi praktis bisa ganti minyak rem sendirian dan ga perlu kocok/tahan pedal rem.
bleeder kit.jpg


Pertama kuras dulu reservoir minyak rem, abis dikuras langsung diganti pake minyak rem yang baru biar lebih cepet proses bleedingnya.
reservoir.jpg


Abis ganti minyak rem di reservoir, cek FSM buat urutan bleedingnya, urutan bleedingnya pertama rem belakang kiri, kedua rem depan kanan, ketiga rem belakang kanan, dan keempat rem depan kiri.
bleeding order.jpg


Untuk bleeding ban belakang sebenernya spacenya cukup buat ngerogoh masang selang bleedernya ke nepel tapi takut belepotan jadi sekalian lepas aja bannya. :big_biglaugh:
ban belakang.jpg


Lanjut ke ban depan lebih gampang ga usah lepasin ban tinggal dibelokin aja bannya supaya aksesnya lebih mudah.
ban depan.jpg


Berikut komparasi minyak rem lama dan barunya, terakhir ganti minyak rem itu kalo ga salah sekitar Mei 2018
komparasi.jpg
Om, ini nguras yg di tabung langsung disedot aja ya?
Begitu habis langsung tuang yg baru begitu?
Untuk yg diban, khan nipple dikendorkan u ngeluarin minyak rem lama lewat selang.
Itu biasanya khan sambil diteken2 pedal rem, kl pake alat ini apa cukup tunggu sampai minyak rem yg keluar berubah warna baru nipple ditutup lagi?
Iya om untuk bleeding tinggal dipompa-pompa aja smbil cek tabung atas klo turun diisi lagi
Owh gt...
Namanya apa om alatnya?
Saya pernah ganti begini di motor...pegel.mompa minyak rem nya dari tuas rem motor 😁
Baru ganti minyak rem setelah 60.000 km dalam jangka waktu 12 thn itu motor 🤣🤣🤣
nubie in all things - still need to learn
User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5060
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by marmut »

Omnibus wrote: 26 Oct 2020, 18:54 muantaapp bener koleksinya ...

memang sptnya harus ada sayembara baru pada keluar tools kelas collector's items :upss:

bagi yang kami hormati mbah rektor marmut selaku ketum perguruan institut vorsprung durch technik van asem reges le indonesie yang juga sbg panitia penyelenggara sayembara give away kami persilahkan utk melakukan acara serupa dalam tempo yg sesingkat2nya.

giftnya akan dari saya. berupa jangka sorong (vernier caliper) manual. jangan terlalu excited dulu, barangnya bukan keraton, made in cungkuo tapi msh bagus dlm kotak. msh bisa dipakai tp ga pernah sy pakai. buat memeriahkan acara saja. :big_grin:

selanjutnya kami persilahkan mbah marmut utk memimpin acara, jika berkenan bantu bikin sayembara lagi yg lebih heboh. :mky_03:


tebak nomor sepatu suhu mbah shifu?
pijp - sigaar - koffie
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3811
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by Omnibus »

blloewy wrote: 26 Oct 2020, 20:42
yanuarra wrote: 26 Oct 2020, 20:26
blloewy wrote: 26 Oct 2020, 20:21

Om, ini nguras yg di tabung langsung disedot aja ya?
Begitu habis langsung tuang yg baru begitu?
Untuk yg diban, khan nipple dikendorkan u ngeluarin minyak rem lama lewat selang.
Itu biasanya khan sambil diteken2 pedal rem, kl pake alat ini apa cukup tunggu sampai minyak rem yg keluar berubah warna baru nipple ditutup lagi?
Iya om untuk bleeding tinggal dipompa-pompa aja smbil cek tabung atas klo turun diisi lagi
Owh gt...
Namanya apa om alatnya?
Saya pernah ganti begini di motor...pegel.mompa minyak rem nya dari tuas rem motor 😁
Baru ganti minyak rem setelah 60.000 km dalam jangka waktu 12 thn itu motor 🤣🤣🤣
besar kemungkinan pegel jari jemari itu ... apalagi mobil ada 4 sisi. :big_weee:

makanya sy cinta mati sm apapun yg pneumatic. meskipun lebih murah ongkos pijit refleksi drpd beli kompresor.
Taufiq6210
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: 27 May 2019, 20:07

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by Taufiq6210 »

wzn wrote: 26 Oct 2020, 19:55
Taufiq6210 wrote: 26 Oct 2020, 19:10
marmut wrote: 26 Oct 2020, 18:47 tapi itu kok warna dasar tulisan purflux-nya beda ya?
Awalnya sih cuma mikir mungkin beda waktu produksinya aja, kalau dulu warnanya ini sekarang warnanya itu. Tapi sekarang malah jadi kepikiran apa jangan jangan ada yang palsu :big_think:
kayanya yang sekarang palsu mungkin ya om
soalnya isi yg sekarang beda sama yang dulu
tp ga tau jg sih :big_dunno:

20201026_193738.jpg
20201026_193646.jpg
Kalau punya saya yang lama, warna oranyenya malah mirip merk pureflow (merk yang baru baru ini saya liat). Jangan jangan kalau dulu kw-nya masih ngaku purflux, sekarang jadi ngakunya pureflow
User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5060
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by marmut »

di part 2 sebelumnya, waktu lagi iseng periksa busi, ternyata gasket valve cover 1KR-DE SkyActiv sudah waktunya diganti.
tadi menjelang sore baru dateng setelah beli di toko online,


20201026_153256.jpg

20201026_160130.jpg


bukan genuine part, tapi sepintas dari penampakan dan tes kekenyalan, nampak bagus untuk harga dibawah 100ribu rupiah.

emang dasar mobil jaman sekarang, ngga ada kata sederhana buat sekedar ganti gasket valve cover.
setelah melepas beberapa bagian, baut yang jumlahnya saya lupa, perjuangan masih lumayan...


20201026_160145.jpg


lebih dari 5 tahun tidak pernah dibuka, yaaaa.... lengket lah antara gasket dengan permukaan cylinder head.
pelan-pelan.dicongkel dengan obeng flat tip yang tipis, sambil deg-degan kaya apa tampang dalemnya.....


20201026_161045.jpg

IMG_20201026_161057.jpg


bisa dilihat lubang busi #1 (paling kiri) ada bekas basah oli, pertanda lokasi kebocoran gasket.



20201026_161454.jpg


sekitar 2 atau 3 tahun lalu pernah kena sludge entah apa sebabnya. bisa jadi karena pelumas. tapi yang pasti selalu pakai pelumas asli.



20201026_161940.jpg

20201026_162003.jpg


ketauan ada sludge waktu itu iseng buka tutup pengisian oli, cukup parah.
langsung drain oli dan diganti dengan kendall dxa 10w30 buat bilas. dipakai (kalau nggak salah) sekitar 5000 KM. buang, isi oli baru plus ganti filter olinya.

saatnya bersih-bersih


20201026_162646.jpg


masih ada lebihan wurth foam sepertiga kaleng. lumayanlah hasilnya....



*bersambung
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
pijp - sigaar - koffie
User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5060
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by marmut »

Taufiq6210 wrote: 26 Oct 2020, 21:15
wzn wrote: 26 Oct 2020, 19:55
Taufiq6210 wrote: 26 Oct 2020, 19:10

Awalnya sih cuma mikir mungkin beda waktu produksinya aja, kalau dulu warnanya ini sekarang warnanya itu. Tapi sekarang malah jadi kepikiran apa jangan jangan ada yang palsu :big_think:
kayanya yang sekarang palsu mungkin ya om
soalnya isi yg sekarang beda sama yang dulu
tp ga tau jg sih :big_dunno:

20201026_193738.jpg
20201026_193646.jpg
Kalau punya saya yang lama, warna oranyenya malah mirip merk pureflow (merk yang baru baru ini saya liat). Jangan jangan kalau dulu kw-nya masih ngaku purflux, sekarang jadi ngakunya pureflow


wah... masukan berharga ini.
saya beli di toko spare part di atrium, sudah langganan semenjak masih di proyek senen sebelum kebakaran. yang pake peugeot renault pasti tau lah inisial J seperti nama kota di timur sana.
pijp - sigaar - koffie
Taufiq6210
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: 27 May 2019, 20:07

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by Taufiq6210 »

marmut wrote: 26 Oct 2020, 21:20
Taufiq6210 wrote: 26 Oct 2020, 21:15
wzn wrote: 26 Oct 2020, 19:55

kayanya yang sekarang palsu mungkin ya om
soalnya isi yg sekarang beda sama yang dulu
tp ga tau jg sih :big_dunno:

20201026_193738.jpg
20201026_193646.jpg
Kalau punya saya yang lama, warna oranyenya malah mirip merk pureflow (merk yang baru baru ini saya liat). Jangan jangan kalau dulu kw-nya masih ngaku purflux, sekarang jadi ngakunya pureflow


wah... masukan berharga ini.
saya beli di toko spare part di atrium, sudah langganan semenjak masih di proyek senen sebelum kebakaran. yang pake peugeot renault pasti tau lah inisial J seperti nama kota di timur sana.
Saya juga kebetulan filter ini beli disitu om hehe

Ya mudah mudahan warna ini hanya sekedar perbedaan era produksi
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3811
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by Omnibus »

marmut wrote: 26 Oct 2020, 21:20
Taufiq6210 wrote: 26 Oct 2020, 21:15
wzn wrote: 26 Oct 2020, 19:55

kayanya yang sekarang palsu mungkin ya om
soalnya isi yg sekarang beda sama yang dulu
tp ga tau jg sih :big_dunno:

20201026_193738.jpg
20201026_193646.jpg
Kalau punya saya yang lama, warna oranyenya malah mirip merk pureflow (merk yang baru baru ini saya liat). Jangan jangan kalau dulu kw-nya masih ngaku purflux, sekarang jadi ngakunya pureflow


wah... masukan berharga ini.
saya beli di toko spare part di atrium, sudah langganan semenjak masih di proyek senen sebelum kebakaran. yang pake peugeot renault pasti tau lah inisial J seperti nama kota di timur sana.
Jimbuktu Motor?


:mky_08:
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3811
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by Omnibus »

marmut wrote: 26 Oct 2020, 21:17 di part 2 sebelumnya, waktu lagi iseng periksa busi, ternyata gasket valve cover 1KR-DE SkyActiv sudah waktunya diganti.
tadi menjelang sore baru dateng setelah beli di toko online,



20201026_153256.jpg



20201026_160130.jpg



bukan genuine part, tapi sepintas dari penampakan dan tes kekenyalan, nampak bagus untuk harga dibawah 100ribu rupiah.

emang dasar mobil jaman sekarang, ngga ada kata sederhana buat sekedar ganti gasket valve cover.
setelah melepas beberapa bagian, baut yang jumlahnya saya lupa, perjuangan masih lumayan...



20201026_160145.jpg



lebih dari 5 tahun tidak pernah dibuka, yaaaa.... lengket lah antara gasket dengan permukaan cylinder head.
pelan-pelan.dicongkel dengan obeng flat tip yang tipis, sambil deg-degan kaya apa tampang dalemnya.....



20201026_161045.jpg



IMG_20201026_161057.jpg



bisa dilihat lubang busi #1 (paling kiri) ada bekas basah oli, pertanda lokasi kebocoran gasket.




20201026_161454.jpg



sekitar 2 atau 3 tahun lalu pernah kena sludge entah apa sebabnya. bisa jadi karena pelumas. tapi yang pasti selalu pakai pelumas asli.




20201026_161940.jpg



20201026_162003.jpg



ketauan ada sludge waktu itu iseng buka tutup pengisian oli, cukup parah.
langsung drain oli dan diganti dengan kendall dxa 10w30 buat bilas. dipakai (kalau nggak salah) sekitar 5000 KM. buang, isi oli baru plus ganti filter olinya.

saatnya bersih-bersih



20201026_162646.jpg



masih ada lebihan wurth foam sepertiga kaleng. lumayanlah hasilnya....



*bersambung
saya baru tau kl enjin resing 1KR-UZ dalemnya terbuat dari emas. wah lagi tinggi harga emas skrg .... :big_smoking:
User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5060
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by marmut »

Omnibus wrote: 26 Oct 2020, 21:35

Jimbuktu Motor?


:mky_08:


jayapura motor. koh miming alias aming.
anda salah. jadi tak dapat hadiah.

weeeeeekkkk....

:big_weee:
pijp - sigaar - koffie
yanuarra
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 895
Joined: 28 Dec 2019, 16:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by yanuarra »

blloewy wrote: 26 Oct 2020, 20:42
yanuarra wrote: 26 Oct 2020, 20:26
blloewy wrote: 26 Oct 2020, 20:21

Om, ini nguras yg di tabung langsung disedot aja ya?
Begitu habis langsung tuang yg baru begitu?
Untuk yg diban, khan nipple dikendorkan u ngeluarin minyak rem lama lewat selang.
Itu biasanya khan sambil diteken2 pedal rem, kl pake alat ini apa cukup tunggu sampai minyak rem yg keluar berubah warna baru nipple ditutup lagi?
Iya om untuk bleeding tinggal dipompa-pompa aja smbil cek tabung atas klo turun diisi lagi
Owh gt...
Namanya apa om alatnya?
Saya pernah ganti begini di motor...pegel.mompa minyak rem nya dari tuas rem motor 😁
Baru ganti minyak rem setelah 60.000 km dalam jangka waktu 12 thn itu motor 🤣🤣🤣
Apa ya namanya...lupa euy.. coba aja di search pompa bleeding gitu om..
Klo engga ada kompressor lumayan lah ini pompa sedot...
Pompa2 dikit ntr dia bisa nyedot gitu.. :big_biglaugh: :big_exellent:
Dripd injek2 pedal kan :big_grin:
Pompa smpe ukuran tertentu trus tngan kita bisa istirahat om...biarkan dia nyedot sendiri om..
Pas dia lg nyedot kita tinggal nikmatin aja om..eh keliru :big_biglaugh: kita tinggal perhatiin masih ada gelembung udara apa nggk..
User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5060
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by marmut »

lanjut lagi....

setelah dibersihkan,


20201026_170000.jpg

20201026_170122.jpg

20201026_170048.jpg


lumayan lah, walopun nggak sempurna. setidaknya lebih baik dari sebelumnya.
saatnya memasang kembali daaaaaan..... kunci momennya mana ya.....? ini butuh 7,7 nm. dan paling kecil torq wrench yang ada 10 nm.

:agrue:

ah, pasang saja dahulu.


20201026_171632.jpg


masih ingat dulu pernah saya pajang fotonya kan? torq wrench buat sepeda merk ritchey, 5 nm saja. cukup untuk putaran awal.
setelah rata semua 5 nm, lanjut dengan torq wrench 1 lagi merk specialized 6,2 nm.


20201026_171729.jpg

20201026_171804.jpg


:big_grin:

ya, masih kurang 1,5 nm dari spek, tapi setidaknya semua baut sudah rata tingkat kekencangannya.

:beer:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
pijp - sigaar - koffie
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3811
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by Omnibus »

marmut wrote: 26 Oct 2020, 21:17
mbah ... mobilnya udah odometer brp ya? saya kok ketularan parnonya mbah klep nih, jangan2 mesin mobil sy ......












...... mengandung lumpur dan emas juga

ampun mbah, serius mbah. beneran nanya. :big_blushing:
User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5060
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by marmut »

Omnibus wrote: 26 Oct 2020, 21:37

saya baru tau kl enjin resing 1KR-UZ dalemnya terbuat dari emas. wah lagi tinggi harga emas skrg .... :big_smoking:

tambahkan 2 sdm mustard dan 1 gr safron setiap penggantian oli mesin.


:big_deal:
pijp - sigaar - koffie
Post Reply