Hadeh u baut oil pan aja ngga bisa dipake tu TW SelleryOmnibus wrote: ↑Fri Oct 30, 2020 15:32nanya ini pasti cuma pengalihan isu ini. level punggawa garasi 69 pasti sambil ngunyah roti sumbu cengengesan ngerjain saya.
ini mengarang indah ya mbah, mon dimaafken kl ternyata belum sesuai.
kategori akurasi tinggi (deviasi TW 4% kebawah):
- baut jeroan mesin, transmisi, gardan.
- baut flywheel dan drive train lainnya spt dekrup dll.
- baut propeller shaft rwd.
- baut drive shaft
- baut harmonic damper pulley
- baut pulley2 yg lain
- baut oil pan n valve cover
kategori akurasi rendah (deviasi TW max. 10%):
- baut komponen rem
- baut shock, control arm n kaki2 lainnya.
- baut/mur roda
- baut interior parts
- baut body (pintu, kap mesin, dll)
- baut engine mounting.
- baut pendukung engine bay (air filter box, reservoirs, dll)
Koleksi hand tools [Part 03]
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1924
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HR15 - 2012
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
nubie in all things - still need to learn
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11029
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
Omnibus wrote: ↑Fri Oct 30, 2020 15:32
nanya ini pasti cuma pengalihan isu ini. level punggawa garasi 69 pasti sambil ngunyah roti sumbu cengengesan ngerjain saya.
ini mengarang indah ya mbah, mon dimaafken kl ternyata belum sesuai.
kategori akurasi tinggi (deviasi TW 4% kebawah):
- baut jeroan mesin, transmisi, gardan.
- baut flywheel dan drive train lainnya spt dekrup dll.
- baut propeller shaft rwd.
- baut drive shaft
- baut harmonic damper pulley
- baut pulley2 yg lain
- baut oil pan n valve cover
kategori akurasi rendah (deviasi TW max. 10%):
- baut komponen rem
- baut shock, control arm n kaki2 lainnya.
- baut/mur roda
- baut interior parts
- baut body (pintu, kap mesin, dll)
- baut engine mounting.
- baut pendukung engine bay (air filter box, reservoirs, dll)
wah... ntap. ini bener-bener masukan berharga.
endak mbah.... ini serius, murni bertanya karena ketidaktahuan saya, pengetahuan masih dangkal.
kalo bohong, biar mbah DOHC kelolodan kaos kaki.
wah, mur/baut roda yang saya pikir butuh akurasi tinggi ternyata toleransinya cukup besar ya.... dan baut valve cover, yang saya kira toleransinya boleh besar, ternyata masuk golongan maksimal 4%.
baiklah....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11029
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
sellery kalo obeng masih oke lah.... torq wrench? sabar nabung lagi, tambahin sedikit lagi dapet merk yang jelas, yang nyantumin deviasi berapa % kaya yang lagi dibeli sama ....
eeeh.... nggg... lupa, musti matiin kompor bentar....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1924
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HR15 - 2012
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
Ini mbah yanuar beli Torque Wrench digital ya?
nubie in all things - still need to learn
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11328
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
bisa kok bisa om, ga hrs akurasi tinggi kok itu. oh lupa kesebut ... maapken om.blloewy wrote: ↑Fri Oct 30, 2020 15:35Hadeh u baut oil pan aja ngga bisa dipake tu TW SelleryOmnibus wrote: ↑Fri Oct 30, 2020 15:32nanya ini pasti cuma pengalihan isu ini. level punggawa garasi 69 pasti sambil ngunyah roti sumbu cengengesan ngerjain saya.
ini mengarang indah ya mbah, mon dimaafken kl ternyata belum sesuai.
kategori akurasi tinggi (deviasi TW 4% kebawah):
- baut jeroan mesin, transmisi, gardan.
- baut flywheel dan drive train lainnya spt dekrup dll.
- baut propeller shaft rwd.
- baut drive shaft
- baut harmonic damper pulley
- baut pulley2 yg lain
- baut oil pan n valve cover
kategori akurasi rendah (deviasi TW max. 10%):
- baut komponen rem
- baut shock, control arm n kaki2 lainnya.
- baut/mur roda
- baut interior parts
- baut body (pintu, kap mesin, dll)
- baut engine mounting.
- baut pendukung engine bay (air filter box, reservoirs, dll)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3925
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
Engga mbah bukan ane suer dehblloewy wrote: ↑Fri Oct 30, 2020 16:04Ini mbah yanuar beli Torque Wrench digital ya?
Punya satu aja ngga habis2 mbah
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11328
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
sebetulnya sy juga ngasal mbah, apa lah sy ini juga masih ngeraba2 apa yg sy omongin.marmut wrote: ↑Fri Oct 30, 2020 15:49
wah... ntap. ini bener-bener masukan berharga.
endak mbah.... ini serius, murni bertanya karena ketidaktahuan saya, pengetahuan masih dangkal.
kalo bohong, biar mbah DOHC kelolodan kaos kaki.
wah, mur/baut roda yang saya pikir butuh akurasi tinggi ternyata toleransinya cukup besar ya.... dan baut valve cover, yang saya kira toleransinya boleh besar, ternyata masuk golongan maksimal 4%.
baiklah....
cuma dasarnya yg sy pakai itu begini mbah. contoh valve cover, ada bbrp fsm yg sampai instruksinya itu ttg urutan baut mana dulu kan. sampai kaya gitu disuruh fsm berarti TW nya jg hrs yg akurat dong. dan lagi, kedua, konsekuensinya kl ga akurat. kan bocor jadinya.
skrg baut propeller shaft rwd. itu kan ada banyak. kl ga kencengnya hampir sama, kayanya geter atau mungkin jadi aus prematur krn gesekan ga merata dsb. jd harus akurasi tinggi.
knp baut roda, baut rem, baut suspensi sy ga masukin. pertama, lihat dr foto yg mbah tampilin bbrp waktu lalu bahwa baut roda dikasih range torque spec nya. berarti dia mengakomodir ketidaktepatan. mungkin yg ganti ban kan bisa siapa saja jd pabrik memasukan faktor human error disitu tp ga sampai celaka gitu. suspensi n rem juga sama, yg gantinya model asem reges pinggir jalan kan juga ga pernah bikin sampai org celaka padahal boro2 pake TW, krn safety factor nya sdh diperhitungkan sama pabrik. kasarnya, org bukan pro aja hrs bisa repair itu dgn limited tools. tapi coba ganti flywheel ga pakai TW. bisa tp kl sy mampir ke bengkel gitu mending lari drpd sy yg kena apesnya.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26923
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
Btw, ud 4 hari koq baru pej 8
Itu tret oli kapan kebalap neh pas akhir taon ini
Itu tret oli kapan kebalap neh pas akhir taon ini
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11029
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11029
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
Omnibus wrote: ↑Fri Oct 30, 2020 16:39
sebetulnya sy juga ngasal mbah, apa lah sy ini juga masih ngeraba2 apa yg sy omongin.
cuma dasarnya yg sy pakai itu begini mbah. contoh valve cover, ada bbrp fsm yg sampai instruksinya itu ttg urutan baut mana dulu kan. sampai kaya gitu disuruh fsm berarti TW nya jg hrs yg akurat dong. dan lagi, kedua, konsekuensinya kl ga akurat. kan bocor jadinya.
skrg baut propeller shaft rwd. itu kan ada banyak. kl ga kencengnya hampir sama, kayanya geter atau mungkin jadi aus prematur krn gesekan ga merata dsb. jd harus akurasi tinggi.
knp baut roda, baut rem, baut suspensi sy ga masukin. pertama, lihat dr foto yg mbah tampilin bbrp waktu lalu bahwa baut roda dikasih range torque spec nya. berarti dia mengakomodir ketidaktepatan. mungkin yg ganti ban kan bisa siapa saja jd pabrik memasukan faktor human error disitu tp ga sampai celaka gitu. suspensi n rem juga sama, yg gantinya model asem reges pinggir jalan kan juga ga pernah bikin sampai org celaka padahal boro2 pake TW, krn safety factor nya sdh diperhitungkan sama pabrik. kasarnya, org bukan pro aja hrs bisa repair itu dgn limited tools. tapi coba ganti flywheel ga pakai TW. bisa tp kl sy mampir ke bengkel gitu mending lari drpd sy yg kena apesnya.
neruga.
tapi kalo valve cover mesin toyota K-series cuma 2 mur-nya mbah....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11328
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11328
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11029
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1924
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HR15 - 2012
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
Olahraga ringan pagi ini.
Toolsnya cm kunci T ukuran 8 mm pny Teki
Sama kunci shock 14 mm pny ......ya tau lah dari kotaknya itu
Maafkan saya mbah shifu...meskipun sdh gabung disini tp msh pake cara asemreges saat tuang oli nya
Krn corong ngga nemu yg pas akhirnya pake kertas pun jadi
Dan krn butuh 1,1 L oli berikut ganti pilter, dipakailah skill asemreges yg namanya trial dan liat dipstick
Demikian report olahraga pagi ini dr kawasan zona merah Kopid 19
Owh iya lupa nambahin...ngencengin baut nya sdh ikut aturan diktat Von Asem Reges...
1/4 putaran dgn kunci sdh cukup setelah dikencangkan dgn tangan
Ganti oli motor matic sijuki kesayangan yg sdh 13,5 thn menemani.Toolsnya cm kunci T ukuran 8 mm pny Teki
Sama kunci shock 14 mm pny ......ya tau lah dari kotaknya itu
Maafkan saya mbah shifu...meskipun sdh gabung disini tp msh pake cara asemreges saat tuang oli nya
Krn corong ngga nemu yg pas akhirnya pake kertas pun jadi
Dan krn butuh 1,1 L oli berikut ganti pilter, dipakailah skill asemreges yg namanya trial dan liat dipstick
Demikian report olahraga pagi ini dr kawasan zona merah Kopid 19
Owh iya lupa nambahin...ngencengin baut nya sdh ikut aturan diktat Von Asem Reges...
1/4 putaran dgn kunci sdh cukup setelah dikencangkan dgn tangan
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
nubie in all things - still need to learn
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26923
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
Sebenernya cuman perlu post extension aj koq mbah
Lgs part 4 deh
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 348
- Joined: Mon May 27, 2019 13:07
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
Ini kalau liat fotonya ada kertas yang nyantumin klaim akurasi +4% (di poin no. 7), tapi masalahnya ga keliatan ada kertas yang nunjukin hasil kalibrasi mereka, jadi entah apa dikalibrasi atau engga di pabriknya
https://www.tokopedia.com/hwtoolsjkt/ku ... ery?whid=0
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2916
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
Nubi ikutan nimbrung...
Pagi ini mau coba iseng ngukur gap busi n iseng mau intip ruang bakar..
Handtool yg digunakan:
- American tools deep socket 14mm
- teteh kiro "Trelek"
- teteh kiro spark gap (gauge)
- borescope entah merk apa
2 busi 1mm peret, 2 sisanya 1mm tp agak loss.... Tak ketuk sikit biar jd 1mm peret juga.
Masup ke intip2 ruang bakar, ke piston 2 & 3. 1 n 4 lagi naik ke atas jd susah difoto
Borescope tinggal culuk ke powerbank dan liat hasil pake hape. Koneksi pake wifi (borescope sebagai hotspotnya)
Demikian nubi sharing.
Pagi ini mau coba iseng ngukur gap busi n iseng mau intip ruang bakar..
Handtool yg digunakan:
- American tools deep socket 14mm
- teteh kiro "Trelek"
- teteh kiro spark gap (gauge)
- borescope entah merk apa
2 busi 1mm peret, 2 sisanya 1mm tp agak loss.... Tak ketuk sikit biar jd 1mm peret juga.
Masup ke intip2 ruang bakar, ke piston 2 & 3. 1 n 4 lagi naik ke atas jd susah difoto
Borescope tinggal culuk ke powerbank dan liat hasil pake hape. Koneksi pake wifi (borescope sebagai hotspotnya)
Demikian nubi sharing.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26923
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
Mobil apa mbahjosomba wrote: ↑Sat Oct 31, 2020 2:51 Nubi ikutan nimbrung...
Pagi ini mau coba iseng ngukur gap busi n iseng mau intip ruang bakar..
Handtool yg digunakan:
- American tools deep socket 14mm
- teteh kiro "Trelek"
- teteh kiro spark gap (gauge)
- borescope entah merk apa
Screenshot_20201031-094309_Gallery.jpg
Screenshot_20201031-094338_Gallery.jpg
Screenshot_20201031-094336_Gallery.jpg
2 busi 1mm peret, 2 sisanya 1mm tp agak loss.... Tak ketuk sikit biar jd 1mm peret juga.
Masup ke intip2 ruang bakar, ke piston 2 & 3. 1 n 4 lagi naik ke atas jd susah difoto
20201031_0911028.png
20201031_0912030.png
Screenshot_20201031-094330_Gallery.jpg
Borescope tinggal culuk ke powerbank dan liat hasil pake hape. Koneksi pake wifi (borescope sebagai hotspotnya)
Demikian nubi sharing.
Busi agak sdikit kotor ya, tp masi wajar seh
Kotor tp kering
Ga kaya yg honda jazz GK5 2019 yg odo belasan rebu tp ud ganti
Trekstang
Link stabil
Boot trekstang + oetikerclamps
Fanbelt
Ban michelin
Wiper 2x
Oli full amsoil
Tembak vet ke joint steer, steering rack ama cv joint pake amsoil
Tp busi nya foiled
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11328
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2916
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
Masdut mbah...DOHC wrote: ↑Sat Oct 31, 2020 3:00
Mobil apa mbah
Busi agak sdikit kotor ya, tp masi wajar seh
Kotor tp kering
Ga kaya yg honda jazz GK5 2019 yg odo belasan rebu tp ud ganti
Trekstang
Link stabil
Boot trekstang + oetikerclamps
Fanbelt
Ban michelin
Wiper 2x
Oli full amsoil
Tembak vet ke joint steer, steering rack ama cv joint pake amsoil
Tp busi nya foiled
Ini juga joint di intermediate shaft kemaren pas dibuka mbah marmut, kita cuba gerak2in juga mulai gredeg gredeggg
Itu gk5 ndak salah baru belasan rebu dah kena link stabil? Masa kalah ama DD4, di 60an rebu baru mulai kendor tp belom oblak banget sih.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2916
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
Awas kompor ga dimatiin, ntuh nyeduh kopi jd makin pahit nanti
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11328
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
nah ini dia .... yg kaya gini seharusnya busi.josomba wrote: ↑Sat Oct 31, 2020 2:51 Nubi ikutan nimbrung...
Pagi ini mau coba iseng ngukur gap busi n iseng mau intip ruang bakar..
Handtool yg digunakan:
- American tools deep socket 14mm
- teteh kiro "Trelek"
- teteh kiro spark gap (gauge)
- borescope entah merk apa
Screenshot_20201031-094309_Gallery.jpg
Screenshot_20201031-094338_Gallery.jpg
Screenshot_20201031-094336_Gallery.jpg
2 busi 1mm peret, 2 sisanya 1mm tp agak loss.... Tak ketuk sikit biar jd 1mm peret juga.
Masup ke intip2 ruang bakar, ke piston 2 & 3. 1 n 4 lagi naik ke atas jd susah difoto
20201031_0911028.png
20201031_0912030.png
Screenshot_20201031-094330_Gallery.jpg
Borescope tinggal culuk ke powerbank dan liat hasil pake hape. Koneksi pake wifi (borescope sebagai hotspotnya)
Demikian nubi sharing.
heat range; timing; AFR -- all good
dikasih bensin apa mbah? krn ini setting timing dr pabrik sedikit ke arah advance. kl dikasih yg bergizi bisa lebih ngacir mobilnya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11328
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
trek stang sm link stabil ane ga rusak yeejosomba wrote: ↑Sat Oct 31, 2020 3:10Masdut mbah...DOHC wrote: ↑Sat Oct 31, 2020 3:00
Mobil apa mbah
Busi agak sdikit kotor ya, tp masi wajar seh
Kotor tp kering
Ga kaya yg honda jazz GK5 2019 yg odo belasan rebu tp ud ganti
Trekstang
Link stabil
Boot trekstang + oetikerclamps
Fanbelt
Ban michelin
Wiper 2x
Oli full amsoil
Tembak vet ke joint steer, steering rack ama cv joint pake amsoil
Tp busi nya foiled
Ini juga joint di intermediate shaft kemaren pas dibuka mbah marmut, kita cuba gerak2in juga mulai gredeg gredeggg
Itu gk5 ndak salah baru belasan rebu dah kena link stabil? Masa kalah ama DD4, di 60an rebu baru mulai kendor tp belom oblak banget sih.
itu msh disimpen bekasnya, buat serep. wkwkwkwk
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26923
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
Tau tuh ownernya si GK5 anehjosomba wrote: ↑Sat Oct 31, 2020 3:10Masdut mbah...DOHC wrote: ↑Sat Oct 31, 2020 3:00
Mobil apa mbah
Busi agak sdikit kotor ya, tp masi wajar seh
Kotor tp kering
Ga kaya yg honda jazz GK5 2019 yg odo belasan rebu tp ud ganti
Trekstang
Link stabil
Boot trekstang + oetikerclamps
Fanbelt
Ban michelin
Wiper 2x
Oli full amsoil
Tembak vet ke joint steer, steering rack ama cv joint pake amsoil
Tp busi nya foiled
Ini juga joint di intermediate shaft kemaren pas dibuka mbah marmut, kita cuba gerak2in juga mulai gredeg gredeggg
Itu gk5 ndak salah baru belasan rebu dah kena link stabil? Masa kalah ama DD4, di 60an rebu baru mulai kendor tp belom oblak banget sih.
Busi aj ampe 2 kali ganti, atau 3 kali.. foiled mulu ampe basah item legam berbulu busi nya
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26923
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
Belom ad nambah apa2 lg mbah
Trakir cuman nambah deep soket 10mm jtech, ama soket 32 merk terompet GmbH
Ini Mo ke glodok beli sbiji TW jarum buat dijadiin breaker bar ala mbah marmut, ama tw beneran aj blom sempet mulu
Btw yg musti dtagih mbah yanuarra tuh
Tools pesenan doi yg toptul ama teng tools 2 kontainer dah lama nyampe blom d riviu d marih
numpang lewat aja....