Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by PRBS »

pengendiesel wrote: Fri Sep 11, 2020 5:04
Turboman wrote: Wed Sep 09, 2020 8:56
Always35 wrote:
Saya biasanya kalau sudah ketemu modelan seperti itu sebisa mungkin coba dihindari dengan cara memberi jalan atau menjauh, lawannya kendaraan besar soalnya dan terkadang bawanya cenderung ngebut+ugal ugalan.

Sebelumnya pernah ketika itu saya dipepet oleh bus yg mau mendahului dari lajur kanan ke kiri dan hampir mengenai bagian depan mobil. Untungnya langsung sadar dan langsung kurangi kecepatan mobil agar busnya bisa masuk. Mungkin akan lain ceritanya kalau saya pepetin balik.
padahal SCANIA itu kalo gak salah aslinya ada Limiter di 115 kpj

entah diapain bisa 140 kpj / lebih

makanya ini skg kalo lewat Tol Trans J, kalo power pas2 an malah was2......sparring nya jadi lawan Bus.......

kita harus bisa Wuzzzzzhhh.....ninggalin jauh si Suosssssssss
Nganu om, ane penasaran banget kenapa harus tekan gas dan ninggalin si bus?
Bukannya biarkan aja dia lewat udah selesai urusannya? Atau memang om turbo penasaran itu bus bisa lari berapa?

*salam dari pengguna transjawa paling nunak nunuk...mau disalip bus, suv lupa kodrat diri, mpv2 resing, lcgc, sampe truk gandeng full muatanpun, tetap bersyukur bisa selamat sampai tujuan :mky_01:
mungkin karakter orang untuk menyetir beda2 ya..

kalau saya tipe yg kasih jalan si bus ketimbang ngerusak ritme cruising speed saya hehe.. apalagi kalau lg bawa keluarga, mending ngalah aja toh jurusannya beda dan bukan lg balapan time attack..

cuma balik lagi, karakter driver ada banyak macamnya..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by Turboman »

pengendiesel wrote:
Turboman wrote: Wed Sep 09, 2020 8:56
Always35 wrote:
Saya biasanya kalau sudah ketemu modelan seperti itu sebisa mungkin coba dihindari dengan cara memberi jalan atau menjauh, lawannya kendaraan besar soalnya dan terkadang bawanya cenderung ngebut+ugal ugalan.

Sebelumnya pernah ketika itu saya dipepet oleh bus yg mau mendahului dari lajur kanan ke kiri dan hampir mengenai bagian depan mobil. Untungnya langsung sadar dan langsung kurangi kecepatan mobil agar busnya bisa masuk. Mungkin akan lain ceritanya kalau saya pepetin balik.
padahal SCANIA itu kalo gak salah aslinya ada Limiter di 115 kpj

entah diapain bisa 140 kpj / lebih

makanya ini skg kalo lewat Tol Trans J, kalo power pas2 an malah was2......sparring nya jadi lawan Bus.......

kita harus bisa Wuzzzzzhhh.....ninggalin jauh si Suosssssssss
Nganu om, ane penasaran banget kenapa harus tekan gas dan ninggalin si bus?
Bukannya biarkan aja dia lewat udah selesai urusannya? Atau memang om turbo penasaran itu bus bisa lari berapa?

*salam dari pengguna transjawa paling nunak nunuk...mau disalip bus, suv lupa kodrat diri, mpv2 resing, lcgc, sampe truk gandeng full muatanpun, tetap bersyukur bisa selamat sampai tujuan :mky_01:
Kalo saya kasih jalannya ama mobil2 type
- All LCGC - LMPV - LSUV

monggo deh sono duluan.......wkwkwkw

Kalo bus so far di Trans J untungnya rata2 ketemu yg jalan 110 - 120 an aja.......jadi ya mmg nyetir normal pun saya lewatin.......

Saya sih type driving yg liat2 Traffic, prinsip saya jaga jarak ama mobil di depan, kalo Tol padat saya jalan santai aja.....ada yg mau gila2 an monggo dah lewat......kalo Tol sepi saya nyetir sejauh setir enak dipegang 1 tangan alias kita nyetirnya gak tegang.......

juga kalo di depan ada kendaraan dari jauh pun saya udah lepas gas & glide......bantu downsip ke 3 kalo perlu......

Kondisi rem hrs prima, terakhir saya ganti minyak rem gak sampe setahun, Motul DOT 4 (overall ni minrem bagus)

Driving defensive aja intinya





User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by Turboman »

yg berguna itu sebetulnya ikutin bus AKAP di jalan biasa / non tol

saya pernah ikutin PO HR - MB OH 16 di trek Demak - Kudus......krn saya anggap mrk tahu kondisi jalanan sekaligus dia buka jalan, saya ikuti di belakangnya, saya liat speedo kadang sampe 100 kpj

cuman dia harus masuk kota, saya lewat jalan ring road kota.......waktu itu pas mau ke Pati

User avatar
akhmadfakhrurrozi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Tue Dec 15, 2015 4:09
Location: Bintaro, Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Sepeda

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by akhmadfakhrurrozi »

erwinign wrote: Fri Sep 11, 2020 2:26
akhmadfakhrurrozi wrote: Fri Sep 11, 2020 2:21 Sebenarnya, jika mau melihat lebih jauh sejarahnya kenapa bus pemain AKAP seakan-akan ugal-ugalan di jalan juga akan memahami kenapa para driver melakukan hal itu. Toh kalau soal keselamatan, para driver senantiasa mencari cara terbaik menyelamatkan diri mereka sendiri dan penumpangnya.
Kl bicara ini, saya jd inget pernah ada yg cerita kl kita naik bis biar selamet pas misal ada accident itu duduk di kanan sejejer sama drivernya om. Krn tiap ada accident pasti driver bis itu bakal tanggung jawab, makanya dia usahain posisi dia harus diatur seaman mgkn kalo ada kejadian begitu
Sbetulnya bukan hanya itu om, banyak sekali fakta yang bisa diungkap selain hanya melihat dari satu sisi saja.
Seperti contohnya, apa iya pengusaha akan menyerahkan asset yang harganya minimal di angka M-Man itu untuk dibuat ugal-ugalan di jalanan?
Apa iya driver sengaja mencelakakan diri dengan sembrono dalam berkendara?
Tentu masing-masing punya sejarah di baliknya...
:mky_01: :mky_01:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by Turboman »

Kalo cerita staff sy yg pernah naek aneka bus AKAP ke Jawa dr yg lari-nya biasa sampe yg setan jalanan :
- Banyak penumpang ingin sampai tepat waktu

- Kalo Driver nya santai ada yg pernah disorakin penumpang

kalo liat2 di yutub juga mayoritas komen2 arahnya sy perhatikan senang thd bus2 yg kencang, supir2 jago ngebut banyak jadi idola publik

kadang saya suka komen iseng aja....."di Eropa bus2 gak boleh lebih dr 100 kpj woii.."

akakaka

pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by pengendiesel »

Turboman wrote: Fri Sep 11, 2020 7:10 yg berguna itu sebetulnya ikutin bus AKAP di jalan biasa / non tol

saya pernah ikutin PO HR - MB OH 16 di trek Demak - Kudus......krn saya anggap mrk tahu kondisi jalanan sekaligus dia buka jalan, saya ikuti di belakangnya, saya liat speedo kadang sampe 100 kpj

cuman dia harus masuk kota, saya lewat jalan ring road kota.......waktu itu pas mau ke Pati
Nah kalo yang ini emang nikmat banget om :big_exellent:

Tapi ane selalu kasih selisih 1 lubang masuknya. Jadi ane gak pernah persis di belakangnya bus.
Bus...mobil pelan...ane. pas bus nyalip, ane nyalip mobil pelan depan ane dan masuk ke lubang yang ditinggalkan si bus. hampir gak pernah berusaha masuk ke lubang yang sama, kecuali kalo tiba2 si mobil pelan jadi kenceng dan nutup lubang yang ditinggalin bus...terpaksa akselerasi agak kenceng buat cari lubang berikutnya
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by pengendiesel »

PRBS wrote: Fri Sep 11, 2020 5:55
pengendiesel wrote: Fri Sep 11, 2020 5:04
Turboman wrote: Wed Sep 09, 2020 8:56 padahal SCANIA itu kalo gak salah aslinya ada Limiter di 115 kpj

entah diapain bisa 140 kpj / lebih

makanya ini skg kalo lewat Tol Trans J, kalo power pas2 an malah was2......sparring nya jadi lawan Bus.......

kita harus bisa Wuzzzzzhhh.....ninggalin jauh si Suosssssssss
Nganu om, ane penasaran banget kenapa harus tekan gas dan ninggalin si bus?
Bukannya biarkan aja dia lewat udah selesai urusannya? Atau memang om turbo penasaran itu bus bisa lari berapa?

*salam dari pengguna transjawa paling nunak nunuk...mau disalip bus, suv lupa kodrat diri, mpv2 resing, lcgc, sampe truk gandeng full muatanpun, tetap bersyukur bisa selamat sampai tujuan :mky_01:
mungkin karakter orang untuk menyetir beda2 ya..

kalau saya tipe yg kasih jalan si bus ketimbang ngerusak ritme cruising speed saya hehe.. apalagi kalau lg bawa keluarga, mending ngalah aja toh jurusannya beda dan bukan lg balapan time attack..

cuma balik lagi, karakter driver ada banyak macamnya..
Ngomongin karakter nyetir...dulu saya tipe pembalap om. Mau bawa mobil apapun, selalu coba cari mentok top speednya di berapa, ngebut dan ngekor mobil depan jarak 2-3 meter ayo aja. Maklum, darah muda + otak belom ada isinya :big_biglaugh:
Pas belom ada tol transjawa, semarang-surabaya rata2 5 jam, surabaya-pelabuhan ketapang 5 jam, surabaya-jember 3 jam, gilimanuk-denpasar pernah dapet 2 jam. Gaya bawa mobilnya kayak yang om sebut itu....time attack. Udah merasa skill nyetir level pembalap aja.

Tapi kemudian ane cukup beruntung bisa menyaksikan beberapa kecelakaan parah yang dialami orang2 sekitar ane dan belajar banyak sekali dari sana.
Saat ngebut, banyak sekali hal2 dan kejadian yang di luar kontrol dan skill manusia, yang mana sebagian besar seharusnya bisa dihindari dengan defensive driving. Kalopun pas apes sampe kena, efeknya bisa jauh diminimalkan.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by evanbngdor »

well wrote: Fri Sep 11, 2020 5:27 saya pernah sewa bus sekantor, naik yg bus hi deck punya legacy. kebetulan sy duduk di paling belakang yg posisinya paling tinggi.
waktu lewat trans jawa dr jogja-sby, krn posisi dibelakang paling tinggi, dan bus salip kiri kanan-kiri kanan, kerasa banget ngayun seperti ngga napak bannya, khawatir selip atau ngguling... posisinya ngga lihat jalan brp busnya, cm serem aja jadi penumpang di dlmnya
Kalo dr Jogja/solo mending naik travel hiace aja ke surabaya. Lebih cepet dan nyaman, meskipun di tol ya kenceng juga. Pasti mentok limiter terus itu hiace. Tol solo-kertosono kan paling lurus, mulus, dan sepi
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by kunaskun »

Turboman wrote: Thu Sep 10, 2020 13:48 pernah ikutin PO HR di jalur Demak - Kudus (bukan tol), lari sampe 100 kpj di speedo ane

sengaja ikutin dia krn si bus tahu kondisi jalanan sekalian dia "buka" jalan
ya biasanya AKAP di pantura memang up to 100 kpj, itu hanya sesekali jarang banget konstan segitu biarpun jalurnya lurus kosong. cruisingnya 80 kpj.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by Turboman »

pengendiesel wrote:
PRBS wrote: Fri Sep 11, 2020 5:55
pengendiesel wrote: Fri Sep 11, 2020 5:04

Nganu om, ane penasaran banget kenapa harus tekan gas dan ninggalin si bus?
Bukannya biarkan aja dia lewat udah selesai urusannya? Atau memang om turbo penasaran itu bus bisa lari berapa?

*salam dari pengguna transjawa paling nunak nunuk...mau disalip bus, suv lupa kodrat diri, mpv2 resing, lcgc, sampe truk gandeng full muatanpun, tetap bersyukur bisa selamat sampai tujuan :mky_01:
mungkin karakter orang untuk menyetir beda2 ya..

kalau saya tipe yg kasih jalan si bus ketimbang ngerusak ritme cruising speed saya hehe.. apalagi kalau lg bawa keluarga, mending ngalah aja toh jurusannya beda dan bukan lg balapan time attack..

cuma balik lagi, karakter driver ada banyak macamnya..
Ngomongin karakter nyetir...dulu saya tipe pembalap om. Mau bawa mobil apapun, selalu coba cari mentok top speednya di berapa, ngebut dan ngekor mobil depan jarak 2-3 meter ayo aja. Maklum, darah muda + otak belom ada isinya :big_biglaugh:
Pas belom ada tol transjawa, semarang-surabaya rata2 5 jam, surabaya-pelabuhan ketapang 5 jam, surabaya-jember 3 jam, gilimanuk-denpasar pernah dapet 2 jam. Gaya bawa mobilnya kayak yang om sebut itu....time attack. Udah merasa skill nyetir level pembalap aja.

Tapi kemudian ane cukup beruntung bisa menyaksikan beberapa kecelakaan parah yang dialami orang2 sekitar ane dan belajar banyak sekali dari sana.
Saat ngebut, banyak sekali hal2 dan kejadian yang di luar kontrol dan skill manusia, yang mana sebagian besar seharusnya bisa dihindari dengan defensive driving. Kalopun pas apes sampe kena, efeknya bisa jauh diminimalkan.
wah gila itu mah ngeri bgt......wkwkwkw

saya juga baru pernah jalan2 ke Jawa pake mobil setelah Tol Trans Jawa terhubung dr Jkt sampe - Sby

zaman dulu belom ada Tol sih ogah dah nyetir jalan jauh2 dimana jalan rame ama motor / becak / truk dll

saya hanya berani nyetir agak kencang di jalanan yg benar3 safe

begitu saya nempuh jalan biasa / non tol yg banyak motor / jalan 2 arah, saya setir benar2 Defensive en ikutin speed flow aja

pernah agak cepat saat lewat Ring Road kota Kudus (sikat sampe 140 sebentar) dan Jalur Lintas Selatan trek Pacimantoro - Giritronto.....yg bagian trase sepi aja......wkwkwkw


juraganresto
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Mon Nov 12, 2018 5:39
Location: tasikmalaya
Daily Vehicle: fortuner

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by juraganresto »

bus bus jalur selatan pada santuy jalannya
Primajasa, GR, CBu yang gitu2 jalannya sama saja
paling santuy budiman apalagi yang jurusan Bandung-pangandaran, sopir santuy ditambah bus tua beberapa masih mesin di depan ( ai keget awet bener nih ) bikin gregetan sama tronton dg muatan aja disalip hahaha
Opticruise
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Mon Nov 05, 2018 3:07

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by Opticruise »

Lucu liat yutubnya om fitra eri, serius dan sedikit tegang nyetir scania k360(ms dbwah versi 420hp).. Reviewnya : sangat enak sekali, suspensi nyaman, bertenaga dan canggih di kelasnya.. Poin sy:
-gak heran bus2 premium tol transjawa larinya pada pecicilan
-sekelas pembalap pun, ga gampang membawa bus berbody bongsor dengan aman, baik, benar dan cepat (untuk yg mahir)
-ruas jalan pantura non tol tentu lebih membutuhkan skil mumpuni dibandingkan ruas tol, jadi sebenarnya di indonesia itu banyak sekali talenta2 pembalapnya 😁😁😁, umur belasan pun sudah banyak yg bw kontainer 15meter lebih..hanya butuh diberikan edukasi, sponsor dan niat yang serius dari otoritas terkait.. Semoga
abud1985
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Fri Jan 15, 2016 16:40

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by abud1985 »

kejadian juga nih yang ditakutkan, STJ laka hari ini di cipali km 177, infonya pecah ban terus nyebrang jalur, laka tunggal, posisi akhir terguling
bisti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Thu Mar 13, 2008 3:19

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by bisti »

ga smua penumpang suka bis ugal ugalan kok...pernah denger bis harapan jaya yg jlnnya paling santuy...ga pernah kok disorakin penumpang krn pelan...tambah jaya sekarang...tambah maju pesat
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by rajapb »

mirisnya bus ugal2an gini banyak yang ngefans. Dan fansnya ini rata2 masih anak2 kecil. Fans bis yang biasa disebut bismania ini banyak anak kecilnya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by Turboman »

Dari pengamatan sy di Tol Cipali / Pejagan - Smg / Smg - Solo

si PO "SeTan Jalanan" itu mmg larinya agak "extreme"..........

minggu siang tadi pas ke Subang, hujan mayan gede di Cipali, liat bus PO tsb masih lari 110 kpj di cuaca ujan.......lebih kencang drpd Bus Lambang "Wayang"

sebaiknya kecelakaan Km 177 tsb diselidiki oleh KNKT & segera ada rekomendasi utk ke depannya, entah pembatasan kecepatan max bus AKAP lebih diperhatikan / Kir lebih diperhatikan dll

Tambahan
- Truk truk obesitas yg jalan under 70 kpj sebaiknya jangan dikasi lewat Tol juga

- IMHO -
nurekopriyo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Sun Oct 21, 2012 23:07

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by nurekopriyo »

Turboman wrote: Sun Sep 20, 2020 22:19 Dari pengamatan sy di Tol Cipali / Pejagan - Smg / Smg - Solo

si PO "SeTan Jalanan" itu mmg larinya agak "extreme"..........

minggu siang tadi pas ke Subang, hujan mayan gede di Cipali, liat bus PO tsb masih lari 110 kpj di cuaca ujan.......lebih kencang drpd Bus Lambang "Wayang"

sebaiknya kecelakaan Km 177 tsb diselidiki oleh KNKT & segera ada rekomendasi utk ke depannya, entah pembatasan kecepatan max bus AKAP lebih diperhatikan / Kir lebih diperhatikan dll

Tambahan
- Truk truk obesitas yg jalan under 70 kpj sebaiknya jangan dikasi lewat Tol juga

- IMHO -
cmiiw...konon bus st* itu pecah ban...karesori/chassis mendukung & mesinnya kuat, tp bannya diforsir ya possible kejadian kaya gitu...sampe 'nyebrang' ke jalur sebelah...

utk max speed sebenernya sdh diatur kan ya..tp enforcement-nya hrs jauh lbh ditingkatkan (dg catatan max speed mungkin dinaikkan sedikit jadi 110 km/jam) ...
oot : jasa marga & dinas bilang max speed 100 kmh itu sdh dihitung utk semua jenis kendaraan ; apa ada (di negara lain) max speed yg diatur beda2 utk tiap jenis kendaraan..? supaya lbh fair krn klo mobil (golongan 1) max 100 km/jam 'hampir pasti' jadi lanehogger, pdhl masih bisa lbh kencang (cmiiw)

setuju utk truk ODOL hrs lebih tegas ditindak juga...
kenapa peraturan minimum speed gk di-enforce juga padahal mereka jelas2 penghambat kecepatan, apalagi di toll Jorr (apa karena bbrp operator truk ada back**g..?)
Galaxy14
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Wed Feb 01, 2017 2:24

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by Galaxy14 »

Menurut saya itulah salah satu efek dari pemberangkatan pagi. Bis baru sampai Jakarta, langsung suruh puter balik ke timur lagi. Efeknya ya jadi bis lebih terforsir.
Nugrohonug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Sat Sep 10, 2016 16:26
Daily Vehicle: D4-D and CRDi

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by Nugrohonug »

rajapb wrote: Sun Sep 20, 2020 9:06 mirisnya bus ugal2an gini banyak yang ngefans. Dan fansnya ini rata2 masih anak2 kecil. Fans bis yang biasa disebut bismania ini banyak anak kecilnya
iya bener banyak anak anak kecil, terkadang kalo ngeliat miris karna galakan manianya drpd owner po itu sendiri.
Nugrohonug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Sat Sep 10, 2016 16:26
Daily Vehicle: D4-D and CRDi

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by Nugrohonug »

Galaxy14 wrote: Mon Sep 21, 2020 2:09 Menurut saya itulah salah satu efek dari pemberangkatan pagi. Bis baru sampai Jakarta, langsung suruh puter balik ke timur lagi. Efeknya ya jadi bis lebih terforsir.
armada puter balik itu om, buat nutup biaya operasional dan angsuran busnya.
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by marama »

Krn armada puter balik , diforsir tiap hari, kl kondisinya gini pengecekan ban, rem, dll apa keburu ya?
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by maastricht889 »

nurekopriyo wrote: Sun Sep 20, 2020 23:05
Turboman wrote: Sun Sep 20, 2020 22:19 Dari pengamatan sy di Tol Cipali / Pejagan - Smg / Smg - Solo

si PO "SeTan Jalanan" itu mmg larinya agak "extreme"..........

minggu siang tadi pas ke Subang, hujan mayan gede di Cipali, liat bus PO tsb masih lari 110 kpj di cuaca ujan.......lebih kencang drpd Bus Lambang "Wayang"

sebaiknya kecelakaan Km 177 tsb diselidiki oleh KNKT & segera ada rekomendasi utk ke depannya, entah pembatasan kecepatan max bus AKAP lebih diperhatikan / Kir lebih diperhatikan dll

Tambahan
- Truk truk obesitas yg jalan under 70 kpj sebaiknya jangan dikasi lewat Tol juga

- IMHO -
cmiiw...konon bus st* itu pecah ban...karesori/chassis mendukung & mesinnya kuat, tp bannya diforsir ya possible kejadian kaya gitu...sampe 'nyebrang' ke jalur sebelah...

utk max speed sebenernya sdh diatur kan ya..tp enforcement-nya hrs jauh lbh ditingkatkan (dg catatan max speed mungkin dinaikkan sedikit jadi 110 km/jam) ...
oot : jasa marga & dinas bilang max speed 100 kmh itu sdh dihitung utk semua jenis kendaraan ; apa ada (di negara lain) max speed yg diatur beda2 utk tiap jenis kendaraan..? supaya lbh fair krn klo mobil (golongan 1) max 100 km/jam 'hampir pasti' jadi lanehogger, pdhl masih bisa lbh kencang (cmiiw)

setuju utk truk ODOL hrs lebih tegas ditindak juga...
kenapa peraturan minimum speed gk di-enforce juga padahal mereka jelas2 penghambat kecepatan, apalagi di toll Jorr (apa karena bbrp operator truk ada back**g..?)
Faktor lain lg khususnya di transjowo juga harus nambah 1 lane lagi khusus bis dan truk om. Suka serem aja, pernah di depan saya persis tp beda jalur (sy di jalur mendahului) ada colt diesel kuno tau2 ban blkg kanannya meletus terus bingkai velgnya ampe copot ngegelundung, untung itu pelan truknya dan saya baru keluar dr rest area. Jd outputnya dg ada 1 lajur lagi yg mobil mau kenceng banget bisa nempatin diri, santuy cruising bs di tengah2, truk bs pelan2 di kiri kaya di autobahn (kalo pada patuh ya)
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by indeskey »

nah sebenernya enak ngikutin bis nih, tinggal lihat lampu sein nya ikutin hehe... tp jangan ikutin bis sumber kencono/sumber selamat (bis jawatimur an), sein nya kanan terus, bablas ke sawah... :big_dunno:
Turboman wrote: Fri Sep 11, 2020 7:10 yg berguna itu sebetulnya ikutin bus AKAP di jalan biasa / non tol

saya pernah ikutin PO HR - MB OH 16 di trek Demak - Kudus......krn saya anggap mrk tahu kondisi jalanan sekaligus dia buka jalan, saya ikuti di belakangnya, saya liat speedo kadang sampe 100 kpj

cuman dia harus masuk kota, saya lewat jalan ring road kota.......waktu itu pas mau ke Pati
argamuria
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Sat Jan 18, 2020 3:29

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by argamuria »

sekedar berbagi pengalaman nih...
kebetulan saya pengguna kendaraan umum dan pribadi. waktu muda suka bis-bisan, sekarang udah berkeluarga mobil-mobilan aja. Dulu
sewaktu masih nguli di ibukota ( sebelum tol trans-jawa ada ), pernah naik bus siput ( bener-bener slow nyetirnya ), berangkat dari kota saya ( kota kecil di pantura jawa ) setengah 6 sore, nyampe lebak bulus jam setengah 7 pagi :big_cry: :big_cry: :big_cry: :big_cry:
bayangin aja kalo masuk jam 7 pagi, bakal super telat kalo macam ini. fenomena bus ngebut sebenarnya seperti supply-demand. banyak penumpang ( khususnya pekerja ) yang ingin sempat sampai tujuan, ato yang cuma sekedar santai jalan-jalan.
kebetulan hari minggu kemaren dapat penumpang yang kerja di ibu kota, tiap minggu pulang kampung. sedikit cerita beliau memang suka dengan bus banter ( ngebut ), agar cepat sampai tujuan bertemu keluarga. karena gak mungkin memboyong keluarga ke ibu kota, karena biaya hidup tinggi.
sebetulnya cerita ini banyak macamnya, karena penumpang lebih ingin cepat sampai tujuan, dengan biaya ekonomis ( asumsi harga tiket 200-350ribu )
karena gak semua orang mampu beli tiket pesawat bila ingin cepat sampai...
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by kunaskun »

argamuria wrote: Mon Sep 21, 2020 10:04 sekedar berbagi pengalaman nih...
kebetulan saya pengguna kendaraan umum dan pribadi. waktu muda suka bis-bisan, sekarang udah berkeluarga mobil-mobilan aja. Dulu
sewaktu masih nguli di ibukota ( sebelum tol trans-jawa ada ), pernah naik bus siput ( bener-bener slow nyetirnya ), berangkat dari kota saya ( kota kecil di pantura jawa ) setengah 6 sore, nyampe lebak bulus jam setengah 7 pagi :big_cry: :big_cry: :big_cry: :big_cry:
bayangin aja kalo masuk jam 7 pagi, bakal super telat kalo macam ini. fenomena bus ngebut sebenarnya seperti supply-demand. banyak penumpang ( khususnya pekerja ) yang ingin sempat sampai tujuan, ato yang cuma sekedar santai jalan-jalan.
kebetulan hari minggu kemaren dapat penumpang yang kerja di ibu kota, tiap minggu pulang kampung. sedikit cerita beliau memang suka dengan bus banter ( ngebut ), agar cepat sampai tujuan bertemu keluarga. karena gak mungkin memboyong keluarga ke ibu kota, karena biaya hidup tinggi.
sebetulnya cerita ini banyak macamnya, karena penumpang lebih ingin cepat sampai tujuan, dengan biaya ekonomis ( asumsi harga tiket 200-350ribu )
karena gak semua orang mampu beli tiket pesawat bila ingin cepat sampai...
ya semuanya kalau dicari pangkalnya ya seperti biasanya government (yg tentunya dipilih rakyat, karena demokrasi).
gimana tidak seriusnya urusan transportasi dan law enforcement:
dulu ga ada jalan tol, mau ga mau naik transportasi umum. mau murah bis tanpa ac, mahal dikit bis ac, mahal lagi executive, dan seperti biasa ono rego ono rupo, paham sejati khas Indonesia, makin murah maka nyawa orang makin murah.
agak bagusan dikit, pilih kereta api, apesnya pra bapak kereta modern Indonesia, kualitas sebanding dengan bis tanpa ac.
akhirnya pindah ke kendaraan pribadi, ceritanya maunya lebih aman dan nyaman, yg pas2an mau ga mau naik motor = sabung nyawa. ada duit ya mobil pribadi, dengan segala ciri nyetir mulai dari yg ambil SIM di kelurahan sampai ambil SIM di sirkuit pantura = jadilah lingkaran setan. skala kecilnya ya terjadi di Ibukota Negara atau kota2 besaar lainnya di seluruh Indonesia. ini skala kecil gimana skala besar :upss: