Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: 29 Mar 2007, 10:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Contact:

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by NYoman »

Ingkak wrote: 23 Jun 2020, 12:38
erwinign wrote: 22 Jun 2020, 21:37
Ingkak wrote: 22 Jun 2020, 21:26 Yg jelas para pelari trans jawa sudah mengurangi hino untuk armada regulernya, mereka mulai main di 1526 dan 1626 untuk kasta terendahnya. Isu endurance hino rk dan rn yg menjadi masalah utama, banyak armada reguler PO2 yg pecah blok mesin nya karena ga kuat d geber d trans jawa apalagi buat armada puterwalik. Dari kapasitas oli mesin nya turut mempengaruhi endurance merk jepun tsb d banding merk eropah, tp klo untk parwis RK n RN masi pegang kendali lah... Karena ga semua parwisan sultan seperti pandawa 87
Unik jg ya om, malah preference bis gini kebalikan ama mobil. Eropaan malah lebih kuat dg perawatan yang.... ah sudahlah :big_biglaugh: pdhl hino sekarang justru refined banget naikannya, contoh subur jaya jaman 2016 yg saya naikin itu thumbs up deh kehalusannya deket2 mercy dikit
Menurut salah satu owner faktor jumlah nenggak oli nya yg jadi penentu kekuatan umur mesin karena semakin banyak oli semakin baik pelumasan nya, mercy 15/162 6kapasitas olinya 2x nya hino RK bahkan lebih, walopun secara ekonomis utk biaya perawatan mahal mercy ttpi umur mesin hino kalah dibanding mercy.

Hino RK oli mesinnya butuh 12,7 liter, dan untuk Mercy OH 1526 bisa tenggak oli hingga 28 liter! Asumsinya, buatlah harga oli jenis diesel great menengah di kisaran Rp 70.000 per liter.

Hitungan matematikanya berarti Hino RK8 butuhkan dana sekali ganti oli sebesar Rp 889.000. Untuk Mercy OH 1526 lebih besar lagi, sekitar Rp 1,96 juta! Hitungan ini hanya asumsi
Ini masuk akal sebetulnya, karena sebetulnya bukan hanya masalah pelumasan tapi juga dari segi pendinginan mesin, sebelum dia bertemu coolant mesin pendingin utamanya adalah oli itu sendiri.. Saya sering liat bus2 Hino mangkrak dengan umur blok mesin hanya sekitar 20-30rb km saja yg mana itu sangat pendek.. Terutama yang saat ini digunakan untuk lintas tol yg gila banget kalau bawa bis supirnya, yg memang artinya mesin ini tidak di desain untuk highspeed cruissing juga, aji gile mesin berat begitu dihajar RPM tinggi mulu kalau jebol juga ga heran saya :big_biglaugh:

Kalau kita bilang ketahanan sih itu Hino di Dakar juga baek2 aja, mungkin karena upgrade dari sisi cooling juga sih..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: 30 Oct 2011, 18:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by iwidiyanto »

skrg owner2 PO jg nge-vlog, yg cukup informatif di yutup nya misalya sumberalam.id dan haryanto official. bisa memberi insight dari sisi operator mengenai kondisi perbisan saat ini.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by evanbngdor »

gobale wrote: 23 Jun 2020, 09:54
evanbngdor wrote: 23 Jun 2020, 08:50
gobale wrote: 23 Jun 2020, 08:39 bus2 canggih yg sudah common rail spek suro begini apakah masuk ke indonesia ada penyesuain spek mesin ? karena solarnya udah beda banget disini...walau mesinnya heavy duty...tapi kehajar B30 bs KO lama2....

soalnya masih mindset di benak PO2 bus itu perawatan armadanya asal2an aja, maintenance sendiri ala2.....
PO bus sih pasti mikirnya lebih ke arah itung2an nilai buku assetnya aja. Meskipun rusak tp kalau dirasa masih lebih minim cost nya dibanding perawatan kelas wahid pasti ya dijalanin aja.

Profit kan faktor utama
:mky_03:

Akhirnya maintenance asal2an..ngebul saing2an sama SUV diesel remapan.....ganti oli seadanya, filter2 ntah sampai ratusan ribu km, dll...

kalau masih warranty mungkin masih ada service berkala dari ATPM nya, kalau udah engga pastilah di bengkel sendiri...sudah pasti standarnya beda jauh....

kalau body dirasa udah jelek, tinggal re-body lagi di bengkel karoseri...keluar bengkel, body wah dan fresh seperti baru...tapi ngebul teteeuupp......
Atau ya jual aja itu bis dengan kondisi apa adanya, jual murah aja pasti ada PO bus yg msh dikit modalnya yg mau beli.

Saya pernah liat Bus bekasnya PO nya blue star itu dibeli sama PO lain, cuma ditutup sticker aja tulisan blue starnya, diganti tulisan pariwisata
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
sealplayerz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 203
Joined: 17 Aug 2016, 20:37

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by sealplayerz »

evanbngdor wrote: 23 Jun 2020, 15:50
gobale wrote: 23 Jun 2020, 09:54
evanbngdor wrote: 23 Jun 2020, 08:50

PO bus sih pasti mikirnya lebih ke arah itung2an nilai buku assetnya aja. Meskipun rusak tp kalau dirasa masih lebih minim cost nya dibanding perawatan kelas wahid pasti ya dijalanin aja.

Profit kan faktor utama
:mky_03:

Akhirnya maintenance asal2an..ngebul saing2an sama SUV diesel remapan.....ganti oli seadanya, filter2 ntah sampai ratusan ribu km, dll...

kalau masih warranty mungkin masih ada service berkala dari ATPM nya, kalau udah engga pastilah di bengkel sendiri...sudah pasti standarnya beda jauh....

kalau body dirasa udah jelek, tinggal re-body lagi di bengkel karoseri...keluar bengkel, body wah dan fresh seperti baru...tapi ngebul teteeuupp......
Atau ya jual aja itu bis dengan kondisi apa adanya, jual murah aja pasti ada PO bus yg msh dikit modalnya yg mau beli.

Saya pernah liat Bus bekasnya PO nya blue star itu dibeli sama PO lain, cuma ditutup sticker aja tulisan blue starnya, diganti tulisan pariwisata
:mky_01:
Jangankan PO swasta yg lain yg beli bus ex blue star, Damri pun juga pernah beli bus ex blue star yg body nya old setra selendang karoseri adiputro oh 1525.
jazzretro7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 04 Aug 2019, 10:13
Location: Bogor

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by jazzretro7 »

:mky_01:
[/quote]

Jangankan PO swasta yg lain yg beli bus ex blue star, Damri pun juga pernah beli bus ex blue star yg body nya old setra selendang karoseri adiputro oh 1525.
[/quote]

Oo pantesan ya naik damri keknya bodinya bagus tp didalam kok kriet2 kek gerobak sayur, mesine kok nggerong ternyata mang beli seken yak... :mky_02: tp kalo yg body laksana mesin mersi emang keknya gres kinyis2 ya damrinya hehe
Galaxy14
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: 01 Feb 2017, 09:24

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by Galaxy14 »

jazzretro7 wrote: 21 Jun 2020, 20:16
Galaxy14 wrote: 21 Jun 2020, 06:03 Yang bikin blong2an sebenernya dipengaruhi gengsi & faktor kendaraan juga. Gengsi bila bisa nyalip cepet trus ilang. Kalo faktor kendaraan sih untuk sekarang jelas mumpuni buat ngeblong. Bis2 premium macam scania, mercy 1836, volvo jelas pasti bisa melesat. Tapi ya karena dipegang orang yang mungkin mentalnya bermasalah ya jadi bermasalah juga bawanya. Kalo sekarang jalan langsam aja, jakarta - solo bisa cepet kok tanpa harus blong - blongan.
bener lha wong wktu pulang ke klaten dari bogor itu bela2xin naik Super Topnya rosin dari Tajur bogor padahal tinggal di pakansari lha terus turune di pool Rosin kartasura itu aja brgkat pool bogor jam 330 sore nyampe kertasuro jam 1130 malam weeh ajib tenan padahal yo mlaku nyante je wong spanjang jalan avarage 100-120 kpj... :big_exellent: :big_smoking: :mky_08:
Kalo ST nya Rosin itu pake scania K360 om. Engga diragukan lagi pasti udah melesat aja itu mah. Cuma bawanya aja memang agak santai kaya gitu, tapi tetep cepet setau saya. Dulu pas baru2nya nyoba juga Solo - Bekasi. Start Solo set 4, gringsing set 8, belum jam 2 pagi udah parkir di Bekasi Timur. Dan waktu itu belum full tol trans jawa :big_exellent:
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 564
Joined: 13 Oct 2016, 11:34

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by satriakarisma »

Galaxy14 wrote: 24 Jun 2020, 12:42
jazzretro7 wrote: 21 Jun 2020, 20:16
Galaxy14 wrote: 21 Jun 2020, 06:03 Yang bikin blong2an sebenernya dipengaruhi gengsi & faktor kendaraan juga. Gengsi bila bisa nyalip cepet trus ilang. Kalo faktor kendaraan sih untuk sekarang jelas mumpuni buat ngeblong. Bis2 premium macam scania, mercy 1836, volvo jelas pasti bisa melesat. Tapi ya karena dipegang orang yang mungkin mentalnya bermasalah ya jadi bermasalah juga bawanya. Kalo sekarang jalan langsam aja, jakarta - solo bisa cepet kok tanpa harus blong - blongan.
bener lha wong wktu pulang ke klaten dari bogor itu bela2xin naik Super Topnya rosin dari Tajur bogor padahal tinggal di pakansari lha terus turune di pool Rosin kartasura itu aja brgkat pool bogor jam 330 sore nyampe kertasuro jam 1130 malam weeh ajib tenan padahal yo mlaku nyante je wong spanjang jalan avarage 100-120 kpj... :big_exellent: :big_smoking: :mky_08:
Kalo ST nya Rosin itu pake scania K360 om. Engga diragukan lagi pasti udah melesat aja itu mah. Cuma bawanya aja memang agak santai kaya gitu, tapi tetep cepet setau saya. Dulu pas baru2nya nyoba juga Solo - Bekasi. Start Solo set 4, gringsing set 8, belum jam 2 pagi udah parkir di Bekasi Timur. Dan waktu itu belum full tol trans jawa :big_exellent:
eman sih ST nya Rosin yang bawa kaya priyayi. alus banget.
kaya ST jaman 90an, penguasanya raya, muncul (big top), priyayi semua itu yang bawa :big_exellent:
jazzretro7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 04 Aug 2019, 10:13
Location: Bogor

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by jazzretro7 »

satriakarisma wrote: 24 Jun 2020, 13:03
Galaxy14 wrote: 24 Jun 2020, 12:42
jazzretro7 wrote: 21 Jun 2020, 20:16

bener lha wong wktu pulang ke klaten dari bogor itu bela2xin naik Super Topnya rosin dari Tajur bogor padahal tinggal di pakansari lha terus turune di pool Rosin kartasura itu aja brgkat pool bogor jam 330 sore nyampe kertasuro jam 1130 malam weeh ajib tenan padahal yo mlaku nyante je wong spanjang jalan avarage 100-120 kpj... :big_exellent: :big_smoking: :mky_08:
Kalo ST nya Rosin itu pake scania K360 om. Engga diragukan lagi pasti udah melesat aja itu mah. Cuma bawanya aja memang agak santai kaya gitu, tapi tetep cepet setau saya. Dulu pas baru2nya nyoba juga Solo - Bekasi. Start Solo set 4, gringsing set 8, belum jam 2 pagi udah parkir di Bekasi Timur. Dan waktu itu belum full tol trans jawa :big_exellent:
eman sih ST nya Rosin yang bawa kaya priyayi. alus banget.
kaya ST jaman 90an, penguasanya raya, muncul (big top), priyayi semua itu yang bawa :big_exellent:
Iya itu ae sy liat gps lari rata2 120 kurang bs jam.11an msk solo gmn dia ngeblong bs2 jam 8an mlm masuk solo x ya wkwk...yg lucunya ajak ank sy malah protes pas tw2 dah nyampe solo jam 11an ktnya kok cepet bgt nyampenta ga krasa.. :big_slap: soale lg angklere tdr dkiranya trn serpis mkn lg :big_biglaugh: :
jazzretro7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 04 Aug 2019, 10:13
Location: Bogor

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by jazzretro7 »

Galaxy14 wrote: 24 Jun 2020, 12:42
jazzretro7 wrote: 21 Jun 2020, 20:16
Galaxy14 wrote: 21 Jun 2020, 06:03 Yang bikin blong2an sebenernya dipengaruhi gengsi & faktor kendaraan juga. Gengsi bila bisa nyalip cepet trus ilang. Kalo faktor kendaraan sih untuk sekarang jelas mumpuni buat ngeblong. Bis2 premium macam scania, mercy 1836, volvo jelas pasti bisa melesat. Tapi ya karena dipegang orang yang mungkin mentalnya bermasalah ya jadi bermasalah juga bawanya. Kalo sekarang jalan langsam aja, jakarta - solo bisa cepet kok tanpa harus blong - blongan.
bener lha wong wktu pulang ke klaten dari bogor itu bela2xin naik Super Topnya rosin dari Tajur bogor padahal tinggal di pakansari lha terus turune di pool Rosin kartasura itu aja brgkat pool bogor jam 330 sore nyampe kertasuro jam 1130 malam weeh ajib tenan padahal yo mlaku nyante je wong spanjang jalan avarage 100-120 kpj... :big_exellent: :big_smoking: :mky_08:
Kalo ST nya Rosin itu pake scania K360 om. Engga diragukan lagi pasti udah melesat aja itu mah. Cuma bawanya aja memang agak santai kaya gitu, tapi tetep cepet setau saya. Dulu pas baru2nya nyoba juga Solo - Bekasi. Start Solo set 4, gringsing set 8, belum jam 2 pagi udah parkir di Bekasi Timur. Dan waktu itu belum full tol trans jawa :big_exellent:

Mungkin tergantung trayeknya mn dulu x ya klo misal trayek sby mlg dps ya paling ngeblong larinya org kt sodara sy yg ngebus ma gunung harta jjkt mlg nyampe mlg bs jam 2 mlm...rata2 140 up..hehe
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by kunaskun »

jazzretro7 wrote: 24 Jun 2020, 16:08
Mungkin tergantung trayeknya mn dulu x ya klo misal trayek sby mlg dps ya paling ngeblong larinya org kt sodara sy yg ngebus ma gunung harta jjkt mlg nyampe mlg bs jam 2 mlm...rata2 140 up..hehe
pantesan pernah di ruas cirebon smg liat di depan ada bus lari 120 lebih. sampe bingung, ini perasaan saya atau speedo ngaco, cek GPS eh bener loh :big_slap:

itu ngeremnya gimana ya, buang gigi malah melintir, injek rem pol malah drifting :big_chicken:
jazzretro7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 04 Aug 2019, 10:13
Location: Bogor

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by jazzretro7 »

kunaskun wrote: 24 Jun 2020, 20:32
jazzretro7 wrote: 24 Jun 2020, 16:08
Mungkin tergantung trayeknya mn dulu x ya klo misal trayek sby mlg dps ya paling ngeblong larinya org kt sodara sy yg ngebus ma gunung harta jjkt mlg nyampe mlg bs jam 2 mlm...rata2 140 up..hehe
pantesan pernah di ruas cirebon smg liat di depan ada bus lari 120 lebih. sampe bingung, ini perasaan saya atau speedo ngaco, cek GPS eh bener loh :big_slap:

itu ngeremnya gimana ya, buang gigi malah melintir, injek rem pol malah drifting :big_chicken:
Emang gt sih bus2 premium yurop akap palagi rit puterwalik yg udah airsus, tubeless tires, biturbo vgt, triptonik trany ya anteng wae lari 140 up ga krasa cb liat di utube ank bismania..wkwk..klo masalah ngeremnya yg sy prnah baca2 ada sistem exhaust brake jd pedal gas diangkat lgsg auto exhaus brake dan jgn salah tuh bus dinosaurus dah full abs, ebd, ba, bahkan dah traction control ato vsc, full discbrake ala2 suv mall 2 mall gt lah jd ya anteng aja ngerem2nya hehe.. biasanya pilot2nya tuh dah dtraining sih ama apmnya gmn njoki yg proper..dan safe :big_grin:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by kunaskun »

jazzretro7 wrote: 24 Jun 2020, 20:54 Emang gt sih bus2 premium yurop akap palagi rit puterwalik yg udah airsus, tubeless tires, biturbo vgt, triptonik trany ya anteng wae lari 140 up ga krasa cb liat di utube ank bismania..wkwk..klo masalah ngeremnya yg sy prnah baca2 ada sistem exhaust brake jd pedal gas diangkat lgsg auto exhaus brake dan jgn salah tuh bus dinosaurus dah full abs, ebd, ba, bahkan dah traction control ato vsc, full discbrake ala2 suv mall 2 mall gt lah jd ya anteng aja ngerem2nya hehe.. biasanya pilot2nya tuh dah dtraining sih ama apmnya gmn njoki yg proper..dan safe :big_grin:
kirain masih pake rem angin :mky_04: :mky_03:
pantesan makin banyak yg belajar terbang di trans jawa ya fully equipped gitu.
tapi teteplah berlebihan lebih dari 120 kph gitu. ngeri banget.

dan tipikal indo sebenernya masih celaka juga makin gampang sebenernya cari sebabnya. :big_bored: tpai pasti ada aja yang lain disalahin, mulai dari kualitas jalan, lampu, dll intinya manusia ga pernah salah :big_slap:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by Turboman »

Utk sistem rem bus besar rata2 masih Tromol

Exhaust brake yg pake flap di exhaust ya utk kendaraan besar (Truk / Bus) memang rata2 udah pake sejak zaman dulu

Retarder juga rata2 standard di kend besar sejak lama

Detail MB 1525 & 1626

https://www.mercedes-benz-bus.com/en_ID ... -data.html

Fitur3 active safety spt ABS mmg skg banyak yg apply, kalo liat SCANIA K410 mmg salah 1 yg lengkap ya fitur active safety nya.....ada VSC nya


Screenshot_2020-06-25-07-30-03-636_com.google.android.apps.docs.jpg
Screenshot_2020-06-25-07-30-03-636_com.google.android.apps.docs.jpg (79.71 KiB) Viewed 500 times
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by pengendiesel »

jazzretro7 wrote: 24 Jun 2020, 20:54
Emang gt sih bus2 premium yurop akap palagi rit puterwalik yg udah airsus, tubeless tires, biturbo vgt, triptonik trany ya anteng wae lari 140 up ga krasa cb liat di utube ank bismania..wkwk..klo masalah ngeremnya yg sy prnah baca2 ada sistem exhaust brake jd pedal gas diangkat lgsg auto exhaus brake dan jgn salah tuh bus dinosaurus dah full abs, ebd, ba, bahkan dah traction control ato vsc, full discbrake ala2 suv mall 2 mall gt lah jd ya anteng aja ngerem2nya hehe.. biasanya pilot2nya tuh dah dtraining sih ama apmnya gmn njoki yg proper..dan safe :big_grin:
Apakah dengan 'fitur' safety seperti itu artinya sudah aman buat ngeblong? :mky_03:

Imho, fitur safety utama itu di otak dan mental drivernya. Percuma dikasih fitur setinggi langit kalo otak dan mental drivernya gak bener. Jangankan bus, supercar yang fitur safetynya jauh lebih banyak saja masih banyak yang kecelakaan kalo bawanya gak bener :big_biglaugh:
gobale
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: 25 Sep 2008, 08:20

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by gobale »

fitur safety aktif seperti VSC, retarder,dll gitu kira2 waktu KIR atau permohonan berkas baru kira2 itu dephub ngerti gak ya ? secara saya gak yakin itu seharusnya udah kewajiban model bus/truk baru harus dilengkapi fitur2 seperti itu...

sebenrnya ini kan hal yg sangat gampang sekali bagi regulator untuk menekan angka kecelakaan truk/bus...atau udah diprotes duluan sama organda ?
jazzretro7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 04 Aug 2019, 10:13
Location: Bogor

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by jazzretro7 »

gobale wrote: 25 Jun 2020, 09:22 fitur safety aktif seperti VSC, retarder,dll gitu kira2 waktu KIR atau permohonan berkas baru kira2 itu dephub ngerti gak ya ? secara saya gak yakin itu seharusnya udah kewajiban model bus/truk baru harus dilengkapi fitur2 seperti itu...

sebenrnya ini kan hal yg sangat gampang sekali bagi regulator untuk menekan angka kecelakaan truk/bus...atau udah diprotes duluan sama organda ?
Pasti ngerti lahh asal lembaran merahnya cukup... :big_grin: :big_grin:
Ya hrsnya gt seh cuma klo jd regulasi standard bakalan banyak po2 yg gulung tikar om.. :big_grin:
jazzretro7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 04 Aug 2019, 10:13
Location: Bogor

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by jazzretro7 »

Turboman wrote: 25 Jun 2020, 07:35 Utk sistem rem bus besar rata2 masih Tromol

Exhaust brake yg pake flap di exhaust ya utk kendaraan besar (Truk / Bus) memang rata2 udah pake sejak zaman dulu

Retarder juga rata2 standard di kend besar sejak lama

Detail MB 1525 & 1626

https://www.mercedes-benz-bus.com/en_ID ... -data.html

Fitur3 active safety spt ABS mmg skg banyak yg apply, kalo liat SCANIA K410 mmg salah 1 yg lengkap ya fitur active safety nya.....ada VSC nya



Screenshot_2020-06-25-07-30-03-636_com.google.android.apps.docs.jpg
nah setuju prof :big_exellent: :big_grin: mgkin utk discbrake itu bukan standard spek dan hanya optional utk pasar 62 x ya om, tergantung end usernya klo mo yg paket ekonomis mode ya tromol klo yg fullspek kek di yurup/us ya disc brake..gt x ya..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by Turboman »

gimana yah soal perawatan bus2 canggih ini

terutama soal pelumas & Grease yg dipakai

juga utk yg fitur udah ada VSC segala, idealnya pake minyak rem DOT 4 / DOT 4 LV tuh

Bahkan mesin2 Truk & Bus Merc Benz yg baru2 di Eropa udah minta oli spec MB 228.61 dimana kekentalannya mirip ACEA B5......alias 5W30 yg kekentalan mirip 0W30......Oli Diesel encer kedemenannya om Kompressor

apakah mentalitas perawatan masih sama spt 30 tahun lalu ?
jazzretro7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 04 Aug 2019, 10:13
Location: Bogor

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by jazzretro7 »

pengendiesel wrote: 25 Jun 2020, 09:03
jazzretro7 wrote: 24 Jun 2020, 20:54
Emang gt sih bus2 premium yurop akap palagi rit puterwalik yg udah airsus, tubeless tires, biturbo vgt, triptonik trany ya anteng wae lari 140 up ga krasa cb liat di utube ank bismania..wkwk..klo masalah ngeremnya yg sy prnah baca2 ada sistem exhaust brake jd pedal gas diangkat lgsg auto exhaus brake dan jgn salah tuh bus dinosaurus dah full abs, ebd, ba, bahkan dah traction control ato vsc, full discbrake ala2 suv mall 2 mall gt lah jd ya anteng aja ngerem2nya hehe.. biasanya pilot2nya tuh dah dtraining sih ama apmnya gmn njoki yg proper..dan safe :big_grin:
Apakah dengan 'fitur' safety seperti itu artinya sudah aman buat ngeblong? :mky_03:

Imho, fitur safety utama itu di otak dan mental drivernya. Percuma dikasih fitur setinggi langit kalo otak dan mental drivernya gak bener. Jangankan bus, supercar yang fitur safetynya jauh lebih banyak saja masih banyak yang kecelakaan kalo bawanya gak bener :big_biglaugh:
Yap :big_okay: balik semua ke mental driper ma PO awarnesnya..klo PO strict ya baguslah tp apa ya ada selama ini andalannya kan hanya kir u know lah.. :big_grin: ga ada kan sistem audit rutin per 3-6bln gt utk managemen hingga operasional driver POnya..yg klo misal ada bs tuh dpt kek ala2 ISO gt trs dpt cap superbrand award dlm kriteria safety driving, quality maitenance system, passenger satisfactorya gt baru ok ya, apalagi klo PO hnya ngejar cuan utk narik pnumpang plus gengsi dan pamor viewer di utubu ya pasti ignorance klo masalah safety drivingnya.. :big_biglaugh:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by evanbngdor »

Turboman wrote: 25 Jun 2020, 09:44 gimana yah soal perawatan bus2 canggih ini

terutama soal pelumas & Grease yg dipakai

juga utk yg fitur udah ada VSC segala, idealnya pake minyak rem DOT 4 / DOT 4 LV tuh

Bahkan mesin2 Truk & Bus Merc Benz yg baru2 di Eropa udah minta oli spec MB 228.61 dimana kekentalannya mirip ACEA B5......alias 5W30 yg kekentalan mirip 0W30......Oli Diesel encer kedemenannya om Kompressor

apakah mentalitas perawatan masih sama spt 30 tahun lalu ?
Kalau di Indo sih balik lg ke manajemen PO nya. Kalau itung2an PO nya dengan perawatan sesuai spek itu setelah sekian lama bisa lebih hemat secara keseluruhan dibanding perawatan ala kadarnya, pasti bakal ngikutin perawatan sesuai spek.

Tp kalo menghitungnya itu berdasarkan NBV dari assetnya kemungkinan besar sih paling perawatan ala kadarnya yg penting selama dipake dalam periodenya itu ngga ada masalah. Setelah periode nya abis ya jual assetnya
:mky_03:

Jangankan Bus. Itu limo taksi nya burung biru aja perawatan ngga ada yg sesuai spek. Oli mesin dipakeinnya yg 10w-40 atau 15w-40 gitu saya lupa
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by pengendiesel »

jazzretro7 wrote: 25 Jun 2020, 09:52
pengendiesel wrote: 25 Jun 2020, 09:03
jazzretro7 wrote: 24 Jun 2020, 20:54
Emang gt sih bus2 premium yurop akap palagi rit puterwalik yg udah airsus, tubeless tires, biturbo vgt, triptonik trany ya anteng wae lari 140 up ga krasa cb liat di utube ank bismania..wkwk..klo masalah ngeremnya yg sy prnah baca2 ada sistem exhaust brake jd pedal gas diangkat lgsg auto exhaus brake dan jgn salah tuh bus dinosaurus dah full abs, ebd, ba, bahkan dah traction control ato vsc, full discbrake ala2 suv mall 2 mall gt lah jd ya anteng aja ngerem2nya hehe.. biasanya pilot2nya tuh dah dtraining sih ama apmnya gmn njoki yg proper..dan safe :big_grin:
Apakah dengan 'fitur' safety seperti itu artinya sudah aman buat ngeblong? :mky_03:

Imho, fitur safety utama itu di otak dan mental drivernya. Percuma dikasih fitur setinggi langit kalo otak dan mental drivernya gak bener. Jangankan bus, supercar yang fitur safetynya jauh lebih banyak saja masih banyak yang kecelakaan kalo bawanya gak bener :big_biglaugh:
Yap :big_okay: balik semua ke mental driper ma PO awarnesnya..klo PO strict ya baguslah tp apa ya ada selama ini andalannya kan hanya kir u know lah.. :big_grin: ga ada kan sistem audit rutin per 3-6bln gt utk managemen hingga operasional driver POnya..yg klo misal ada bs tuh dpt kek ala2 ISO gt trs dpt cap superbrand award dlm kriteria safety driving, quality maitenance system, passenger satisfactorya gt baru ok ya, apalagi klo PO hnya ngejar cuan utk narik pnumpang plus gengsi dan pamor viewer di utubu ya pasti ignorance klo masalah safety drivingnya.. :big_biglaugh:
Very good point om :big_exellent:
Untuk saat ini masih cuma bisa ngimpi regulator dan po bus ke arah itu, tapi semoga
jazzretro7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 04 Aug 2019, 10:13
Location: Bogor

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by jazzretro7 »

pengendiesel wrote: 25 Jun 2020, 09:59
jazzretro7 wrote: 25 Jun 2020, 09:52
pengendiesel wrote: 25 Jun 2020, 09:03

Apakah dengan 'fitur' safety seperti itu artinya sudah aman buat ngeblong? :mky_03:

Imho, fitur safety utama itu di otak dan mental drivernya. Percuma dikasih fitur setinggi langit kalo otak dan mental drivernya gak bener. Jangankan bus, supercar yang fitur safetynya jauh lebih banyak saja masih banyak yang kecelakaan kalo bawanya gak bener :big_biglaugh:
Yap :big_okay: balik semua ke mental driper ma PO awarnesnya..klo PO strict ya baguslah tp apa ya ada selama ini andalannya kan hanya kir u know lah.. :big_grin: ga ada kan sistem audit rutin per 3-6bln gt utk managemen hingga operasional driver POnya..yg klo misal ada bs tuh dpt kek ala2 ISO gt trs dpt cap superbrand award dlm kriteria safety driving, quality maitenance system, passenger satisfactorya gt baru ok ya, apalagi klo PO hnya ngejar cuan utk narik pnumpang plus gengsi dan pamor viewer di utubu ya pasti ignorance klo masalah safety drivingnya.. :big_biglaugh:
Very good point om :big_exellent:
Untuk saat ini masih cuma bisa ngimpi regulator dan po bus ke arah itu, tapi semoga
:big_deal: makasih om.. ya smoga aja pihak regulator & operator bisa step by step utk audit operation, maintenance & satisfactory system awarnessnya rutin gt ya trs bisa lah jd bahan iklan dgn cap superbrand bintang 5 misal kan..di utube ato media onlen lainnya..


tp ya stempelnya hrs fair dan transparan klo hanya hanya nego lembaran ya sami mawon tinggal ngimpi aja dah.. :big_biglaugh:
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by coklatMetalik »

Ban bus jaman skrg jg hebat bs lari 150++

Jomplang sama ban truk yg lari 80 aja mulai was2 takut meletus kepanasan
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
gobale
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: 25 Sep 2008, 08:20

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by gobale »

probabilitas overweight bus sama truk aja udah bumi-langit , tingkat stress bannya jadi bak tata surya-bima sakti....
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Fenomena Bus Bus ngebut 150 - 160 kpj & masuk yutub

Post by ginting »

Kita tunggu toll dari Bakauheni - Banda Aceh jadi kenyataan..maka bis bis AKAP di Sumatera akan Berjaya lagi, dan akan terlihat mana yg suka ngeblong...dan ini akan benar benar uji nyali, uji syaraf, uji mesin, uji roda, karena mana yg akan kuat yg bertahan…
Bayangkan kalau Jakarta - Medan bibsa 24 jam saja..skrg topnya mungkin 40 jam...sy sendiri pengalaman paling top naek bus dari Medan sampai Rawamangun adalah 44 jam..
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post