Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE

Post by Turboman »

iwing wrote:
mbingtampan wrote: Wed Dec 04, 2019 5:45
iwing wrote:mobil listrik gini, gak mungkin overcharged kan klo dicolokin lama2..?? kuatir baterai nya cepet rusak klo sering overcharge. mengingat daya nya besar sekali. bayangan nya, misal setelah mobil dipake trus di charge di rumah semalaman karena besok mau dipake lagi. atau ke mall tapi kondisi baterai berkurang dikit kemudian di charge. ternyata di mall nya lama
Harusnya sih nggak ya Om, karena pasti ada Battery Management Systemnya. Salah satu alat berat di tempat saya ada yg hybrid battery, settingannya cut off charging klo udah 95%.. termasuk ada proteksi jika battery tinggal 10% akan cut off supply, ada proteksi unbalance (karena batterynya banyak dan harus dijaga setiap battery mirip2 percentagenya), dsb.
Dan ini udah teknologi lama, jadi mobil2 EV harusnya udah lebih canggih..
salah satu kendaraan manitou aerial work platform di tempat kerja saya, full elektrik tapi baterai nya menggunakan aki. katanya overcharged protection tapi lama2 juga KO aki nya karena katanya terlalu sering overcharged. bbrp waktu lalu juga habis ganti ECU nya. akhir nya lebih mengandalkan yang lain yang menggunakan mesin diesel. handphone juga katanya kalo baterai udah full, akan memutus listrik sendiri namun gak jarang usia baterai nya lebih cepet KO jika terlalu sering overcharged. bisa jadi di manual nya tertulis, segera cabut charger jika baterai terisi penuh

laptop saya juga jika baterai di bawah 90 persen dan charger terpasang, maka akan charging baterai sampai 100 persen dan jika dibiarkan, baterai lbh cepet KO. tapi jika sudah 100 persen kemudian charger di lepas dan dipasang lagi, indikator nya akan 99 persen dan 'plug in, not charging'. ini baterai awet sampe skrg (bbrp tahun). baterai diatas 90 persen dan charger terpasang ke listrik, status nya sama (plug in not charging). jadi saya perlu melakukan' sesuatu' agar baterai laptop ini lbh awet

klo bener seperti itu, mobil elektrik perlu perhatian ekstra dibanding ice
tinggal tergantung settingan dari si pabrik mobil

kalo mau awet mestinya sistem cut off di set di 95%, walau di indikator tertera 100%

Jadi batere kerja nggak dipaksa

Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE

Post by Tats »

harsiswanto wrote: Wed Dec 04, 2019 23:44 Iya om. EV dalam waktu dekat ini cuma cocok di kota besar yang infrastruktur nya sudah mumpuni
Kalau untuk transportasi antar kota dan antar pulau, ICE belum akan tergantikan
Iya om sy juga ngebayangin kalo sy pake full ev cuma bisa dipake dalem kota aja om
Contoh aja nih mobil full ev dari jkt ke wonosobo kyknya bakal masih ribet, bahkan sampai 5 tahun ke depan
Makanya sy pikir paling efektif ya phev atau e-power ala nissan
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE

Post by FU27 »

Klo melihat cara kerjanya Nissan E Note, sebenernya konsep kerjanya udah lama banget di aplikasikan sama lokomotif diesel elektrik.
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE

Post by mpvlover »

Bahkan 5 taun ke depan ??

Mas 15 taun lagi juga gak bakalan bisa pake av mudik jkt sd ke jawa

Ga usah kuatir lah

Intra Jkt dulu aja lah
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE

Post by Ibet »

Roadmap nya Thai bakalan apply Euro 5 di 2021
Trus langsung loncat Euro6b di 2022

Di Indonesia kalo ga salah lihat masih Euro4 sampai 2030

==========================

Anyway kalo lihat geliat maker, line up nya bakal ke Hybrid dulu mungkin untuk nurunin pajak
Semoga line up station wagon hybrid pada masuk kesini hihi
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE

Post by Turboman »

Saat berlakunya Euro 6 nanti bisa banyak yg migrasi ke EV

krn Euro 6 ribet urusan DPF & emission device
Ibet wrote:Roadmap nya Thai bakalan apply Euro 5 di 2021
Trus langsung loncat Euro6b di 2022

Di Indonesia kalo ga salah lihat masih Euro4 sampai 2030

==========================

Anyway kalo lihat geliat maker, line up nya bakal ke Hybrid dulu mungkin untuk nurunin pajak
Semoga line up station wagon hybrid pada masuk kesini hihi
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE

Post by Turboman »

Sonzz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Sat Dec 02, 2017 11:37
Location: BTH-CGK
Daily Vehicle: Veloz 3SZ-VE Brio L12

Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE

Post by Sonzz »

Ibet wrote: Wed Dec 11, 2019 1:48 Roadmap nya Thai bakalan apply Euro 5 di 2021
Trus langsung loncat Euro6b di 2022

Di Indonesia kalo ga salah lihat masih Euro4 sampai 2030

==========================

Anyway kalo lihat geliat maker, line up nya bakal ke Hybrid dulu mungkin untuk nurunin pajak
Semoga line up station wagon hybrid pada masuk kesini hihi
Kyknya Indo mulai 2027 start untuk penerapan Euro 5 atau euro 6 om, sumber dari https://www.gaikindo.or.id/wp-content/u ... 19-new.pdf CMIIW
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE

Post by Turboman »

Sonzz wrote:
Ibet wrote: Wed Dec 11, 2019 1:48 Roadmap nya Thai bakalan apply Euro 5 di 2021
Trus langsung loncat Euro6b di 2022

Di Indonesia kalo ga salah lihat masih Euro4 sampai 2030

==========================

Anyway kalo lihat geliat maker, line up nya bakal ke Hybrid dulu mungkin untuk nurunin pajak
Semoga line up station wagon hybrid pada masuk kesini hihi
Kyknya Indo mulai 2027 start untuk penerapan Euro 5 atau euro 6 om, sumber dari https://www.gaikindo.or.id/wp-content/u ... 19-new.pdf CMIIW
Gut

di 2025 - 2026 mobil Hybrid / Dual Power / EV udah banyak sekali pilihan, scr Global

mungkin saja di tahun itu banyak orang udah gak naksir lagi ama ICE cars.......wkwkwkkw
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE

Post by Turboman »

Kendaraan Listrik Bakal Bebas BBN-KB dan Diskon Pajak 50 Persen

https://www.liputan6.com/otomotif/read/ ... -50-persen
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE

Post by kompresorz »

nisan leaf akan masuk 2020...mobil terlaris dunia...modelnya lumayan...


bosan pake solar....apalg bensin empettttt phuffff...


asal garansi 5 taun aja...gak susah klaim ky toyota...

mungkin harganya 600 jutaan...


ehhhh ternyata diluar harganya 1 M.... :big_chicken:

cilako dompet awak gak cukup isinya...cari uang banyak lagi susah...madesu....

ngeri x klo gitulah...

:ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE

Post by Turboman »

https://www.inews.id/finance/bisnis/kem ... il-listrik

Go Go Go Go Go
Screenshot_2019-12-16-23-17-26-970_com.android.chrome.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE

Post by kompresorz »

peraturan selesai...

pabrikan belum mulai...


5 taun lagi paling cepat....



ya sudahlah beli oonnda 1.000 CC turbo 3 silinder....

mobil kencang rendah emisi...karena mesinnya sedikit....

tapi harganya gak rendah emisi...



:ngacir:
User avatar
skylion
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Wed Apr 11, 2007 8:03

Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE

Post by skylion »

Mantap dunia masa depan akan membaik. Lingkungan lebih bersih dgn mubil2 murah dan r3ndah emisi.

Prioritas nomer 1 saat ini. Liat di natgeo suhu naik 1,5 derajat lagi akan menghancurkan lingkungan dan khewan2 di kutub akan punah.
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE

Post by mpvlover »

Mobil listrik ahahahahaha

SPLU Fast charging hahahaha

Pikirin banjir dulu aj dan climate change

Curah hujan indo akan semakin gede ke depannya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE

Post by Turboman »

mpvlover wrote:Mobil listrik ahahahahaha

SPLU Fast charging hahahaha

Pikirin banjir dulu aj dan climate change

Curah hujan indo akan semakin gede ke depannya
JUSTRU jika masy Global terus menggunakan kendaraan dgn motor bakar, ber emisi CO2, maka Global warming akan makin parah.....cuaca akan makin kacau

Memang peralihan transportasi jalan raya ke EV juga gak akan menyetop semua emisi CO2 krn pesawat terbang / kapal laut / alat berat tetap gunakan propulsi ICE........tapi setidaknya udah membantu mengurangi emisi CO2 scr signifikan

saya percaya ke depannya SUV EV dgn wading depth 700 - 800 mm akan makin banyak

kalo di negara2 yg sering banjir tentu pembuatan SPKLU bisa direncanakan di ketinggian 2 meter dari Ground misal

IMHO & CMIIW
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE

Post by mpvlover »

Jkt banjir terutama krn eksploitasi air tanah yg ga kekontrol

Tanah turun terus

Kebetulan rmh sy pake PDAM tp byk tetangga tetep aja ngebor air krn ga mau bayar pdam
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE

Post by Turboman »

Memang sih dilematis nya ya

1. Trend EV cars = utk mengurangi emisi CO2

2. di sisi lain banyak negara yg rentan bencana krn anomali cuaca yg sudah terjadi & berlangsung terus.......membuat penggunaan EV cars jadi riskan (negara2 yg sering banjir)

masih perlu banyak development utk EV cars yg dijual di negara yg rawan banjir & sbg user juga tetap perlu punya ICE cars konvensional (non ECU) utk back up saat bencana

wkwkwkkwkwk

User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE

Post by b8099ok »

Belilah FRD tipe EV :ngacir: :ngacir:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat: