Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by iwidiyanto »

mobil listrik cas casan kaya gin mungkin cuma pintu masuk ke era post fossil fuel. masa depan sepertinya tetep hydrogen fuel cell
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by mr_mytplx »

iwidiyanto wrote: Sun Nov 10, 2019 14:16 mobil listrik cas casan kaya gin mungkin cuma pintu masuk ke era post fossil fuel. masa depan sepertinya tetep hydrogen fuel cell
Agree. :big_deal: :big_deal:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by Turboman »

Barusan isi BioSol di SPBU 31 Kuningan, ga sengaja liat benda2 di bawah ini

1 charger dgn soket CHADEMO khusus utk Mitsubishi Outlander PHEV or any Plug In cars that use similar socket (mostly Plug In Japanese cars)

yg utk BMWi pake soket type 2 (Mennekes) itu lebih universal krn Tesla juga pake soket type 2 dan EV EV cars produksi skg rata2 ada soket type 2
IMG_20191111_000610_HHT.jpeg
IMG_20191111_000507_HHT.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Turboman on Sun Nov 10, 2019 18:28, edited 1 time in total.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by Turboman »

iwidiyanto wrote:mobil listrik cas casan kaya gin mungkin cuma pintu masuk ke era post fossil fuel. masa depan sepertinya tetep hydrogen fuel cell
H2 Fuel Cell ini kayaknya masi Pro & Kontra, salah 1 nya konon energy yg dibutuhkan utk memproduksi H2 (dr sintesa air dll) itu sangat besar

Belom lagi soal biaya peralatan stasiun pengisian H2

Keunggulan = waktu pengisian jauh lebih singkat drpd nge-cas batere........wkwkwkw

Well, antara BEV VS FCEV H2 ya kayak Betamax VS VHS aja, nanti siapa yang lebih banyak pendukung ya itu yang menang.........so far sampe hari ini spt-nya sistem BEV memimpin di depan, apalagi adanya investor besar yg akan bikin pabrik batere skala raksasa (CATL - China / EA - Thailand etc)

Tentunya jika ada investor kingkong yg gelontorin duit raksasa utk pengembangan sistem FCEV H2 juga akan sgt menarik

CMIIW

BEV = Battery EV




User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by Turboman »

ak4ng wrote:Saya malah bermimpi kelak suatu saat nanti, di masa EV booming, akan muncul kendaraan dgn wireless-ultra fast charging, di bawah jalan udh ada panel charge nya sehingga sambil berenti stopan skitar 3menit, sambil isi batre tau2 full :e-dance: g ada cerita antri2 charge atau apalah:off_good_job: :off_good_job: :glodak:
Yg mulai mengarah ke sana udah ada Super Capacitor bus

Saat ambil penumpang di Halte, dia juga nge charge capacitor dgn Pantograf di atas, cuman bbrp menit lgs jalan lagi......di halte berikutnya berlangsung proses yg sama pula

Ngeliat video di bawah itu bus tarikannya gesit juga

pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1559
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by pengendiesel »

Turboman wrote: Sat Nov 09, 2019 11:18 Dengan ramai nya penggunaan mobil Listrik, maka IPP / Independent Power Producer harusnya juga bisa jual listriknya sendiri, baik ke kawasan industri maupun utk charging station.......jual sendiri en gak perlu jual ke PLN

misal dijual Rp 1700 / Kwh tapi Charging station nya Ultra Fast kelas IONITY yg bisa charge full gak sampe 30 menit, orang pasti rela

Ngr charge TESLA S P 100 D sampe full bayar 150 - 170 rb misal, tapi cukup 15 - 20 menit aja

Potensi listrik Geothermal Indonesia = 27 Gw

Potensi listrik tenaga angin di Indonesia = 60 Gw (katanya)

PLTB (Bayu) sepanjang pantai selatan Jawa, di lokasi2 PLTB / PLTG dibuat Ultra Fast Charging, kalo perlu nge charge saat jam 22.00 - 06.00 tarip diskon 50%, toh antara Full Load / No Load utk Listrik nya jalan terus (Geothermal / Angin), jadi daripada sia3 mending buat nge charge mobil.......

wkwkwkww

images%20-%202019-11-09T180934.074.jpegimages%20-%202019-11-09T180644.401.jpeg
Mohon maaf kalo pertanyaan saya cupu dan jadi oot.....apa betul energi itu kekal?

Baca posting om turbo di atas, potensi energi angin indo gede banget, kalo dimanfaatkan bisa dapet hasil 60 gw.
Let's say 5 tahun lagi indo bisa mengkonversi semua energi angin tsb menjadi listrik.
Nah lalu selama ini energi angin yang gak diapa2in itu ke mana semua? Jadi apa?
Kalo memang betul energi itu kekal, artinya ada daya 60gw yang seharusnya berada di alam dan sekarang berubah jadi listrik, efek negatifnya apa?

*dari dulu masih selalu mempertanyakan statement energi bersifat kekal
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by Turboman »

Ya potensi energy angin menurut artikel di bawah

Tapi dalam pembuatan PLTB ya nanti kan harus dihitung baik2 brp biaya investasi nya & ROI nya, kan harga lahan beda2 antar daerah

CMIIW
images%20(5).jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by mpvlover »

Wa berani tarohan ga ada owner outlander phev atau bmw i yg sengaja ke spbu kuningan itu utk ngecharge mobil

Paling sekali doang buat nyobain aja
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by mpvlover »

Bmw salah bener, lebih bener mercy yg pasang charger di mall
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by Turboman »

mpvlover wrote:Bmw salah bener, lebih bener mercy yg pasang charger di mall
hahaha iya

Charging station idealnya dipasang di area yang ada tempat nongkrong / nyantai yg enak

Kalo mobil listrik mau berkembang di Indo, PLN harus berani bangun charging station di Rest Area sepanjang Tol Trans Jawa & Tol Trans Sumatra
flamboyan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 229
Joined: Tue Nov 18, 2014 1:58

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by flamboyan »

pengendiesel wrote: Mon Nov 11, 2019 0:48
Turboman wrote: Sat Nov 09, 2019 11:18 Dengan ramai nya penggunaan mobil Listrik, maka IPP / Independent Power Producer harusnya juga bisa jual listriknya sendiri, baik ke kawasan industri maupun utk charging station.......jual sendiri en gak perlu jual ke PLN

misal dijual Rp 1700 / Kwh tapi Charging station nya Ultra Fast kelas IONITY yg bisa charge full gak sampe 30 menit, orang pasti rela

Ngr charge TESLA S P 100 D sampe full bayar 150 - 170 rb misal, tapi cukup 15 - 20 menit aja

Potensi listrik Geothermal Indonesia = 27 Gw

Potensi listrik tenaga angin di Indonesia = 60 Gw (katanya)

PLTB (Bayu) sepanjang pantai selatan Jawa, di lokasi2 PLTB / PLTG dibuat Ultra Fast Charging, kalo perlu nge charge saat jam 22.00 - 06.00 tarip diskon 50%, toh antara Full Load / No Load utk Listrik nya jalan terus (Geothermal / Angin), jadi daripada sia3 mending buat nge charge mobil.......

wkwkwkww

images%20-%202019-11-09T180934.074.jpegimages%20-%202019-11-09T180644.401.jpeg
Mohon maaf kalo pertanyaan saya cupu dan jadi oot.....apa betul energi itu kekal?

Baca posting om turbo di atas, potensi energi angin indo gede banget, kalo dimanfaatkan bisa dapet hasil 60 gw.
Let's say 5 tahun lagi indo bisa mengkonversi semua energi angin tsb menjadi listrik.
Nah lalu selama ini energi angin yang gak diapa2in itu ke mana semua? Jadi apa?
Kalo memang betul energi itu kekal, artinya ada daya 60gw yang seharusnya berada di alam dan sekarang berubah jadi listrik, efek negatifnya apa?

*dari dulu masih selalu mempertanyakan statement energi bersifat kekal
Apabila kita bicara secara ilmiah, teori (tingkatannya sudah teori karena sudah terbukti dalam ranah eksperimen, jadi bukan hanya statement lagi) bahwa energi kekal itu benar.

Lengkapnya, energi tidak dapat dimusnahkan namun dapat berubah menjadi bentuk energi lainnya.

Misalnya : dalam mobil kita, ya berarti energi kimia (dalam BBM) berubah menjadi energi panas (sekitar 60-80%), sisanya menjadi energi mekanik yang menggerakkan mobil kita (20-40%)

Nah, dalam case energi kinetik angin berubah menjadi apa? Ya coba pelajari di internet, banyak kok ulasannya

Cmiiw :big_peace:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by Turboman »

OOT :

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian ESDM mengimbau masyarakat untuk mulai membiasakan penggunaan kompor listrik. Selain praktis, penggunaan kompor listrik dinilai mampu mengurangi volume impor elpiji yang mencapai 4,5 hingga 5 juta ton per tahun. 

https://www.cnbcindonesia.com/news/2019 ... or-listrik

Means mobil listrik juga akan dapat menurunkan impor MiGas, yg penting ada mobil listrik kelas harga LCGC, Full Charge bisa pake 300 - 350 km dah oke lahh

Kalo TESLA & NIO itu menurut saya adalah Mobil LIFESTYLE.......ya sumber energy nya aja dari listrik.......

pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1559
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by pengendiesel »

flamboyan wrote: Mon Nov 11, 2019 2:11
Apabila kita bicara secara ilmiah, teori (tingkatannya sudah teori karena sudah terbukti dalam ranah eksperimen, jadi bukan hanya statement lagi) bahwa energi kekal itu benar.

Lengkapnya, energi tidak dapat dimusnahkan namun dapat berubah menjadi bentuk energi lainnya.

Misalnya : dalam mobil kita, ya berarti energi kimia (dalam BBM) berubah menjadi energi panas (sekitar 60-80%), sisanya menjadi energi mekanik yang menggerakkan mobil kita (20-40%)

Nah, dalam case energi kinetik angin berubah menjadi apa? Ya coba pelajari di internet, banyak kok ulasannya

Cmiiw :big_peace:
Bisa bagi link ato keywordnya om?
Dari dulu penasaran aja sama statement, eh teori, ini :mky_01:

Satu case lagi, misal ada 2 ruangan tertutup. Yang satu kosong, yang satu ada kipas angin menyala.
Di ruangan kedua membutuhkan energi listrik yang berubah jadi energi gerak dan mungkin energi panas. Lalu energi gerak dan energi panas ini berubah jadi apa lagi, setelah misal kita matikan kipas angin tsb? :big_childish:
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by mpvlover »

Elpiji diimpor toh ???

Percuma dong bangga setengah mati punya cadangan gas bumi

Kira'in yg diimpor cuman pacul, palu, paku, mur dan baut aja
Last edited by mpvlover on Mon Nov 11, 2019 3:21, edited 1 time in total.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by maastricht889 »

Di jerman bis EV jg udah banyak om, merk nya solaris. Cuma berisik di kipas mesin nya aja
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by Turboman »

mpvlover wrote:Elpiji diimpor toh ???

Percuma dong bangga setengah mati punya cadangan gas bumi

Kira'in yg diimpor cuman pacul, palu, paku, mur dan baut aja
Elpiji = Propane

dihasilkan pada sintesa crude oil di kilang

Gas Alam / CNG = Methane (CH 4)

sama spt BioGas, Methane juga
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by Zaxis »

Turboman wrote: Mon Nov 11, 2019 2:28 OOT :

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian ESDM mengimbau masyarakat untuk mulai membiasakan penggunaan kompor listrik. Selain praktis, penggunaan kompor listrik dinilai mampu mengurangi volume impor elpiji yang mencapai 4,5 hingga 5 juta ton per tahun. 

https://www.cnbcindonesia.com/news/2019 ... or-listrik

Means mobil listrik juga akan dapat menurunkan impor MiGas, yg penting ada mobil listrik kelas harga LCGC, Full Charge bisa pake 300 - 350 km dah oke lahh

Kalo TESLA & NIO itu menurut saya adalah Mobil LIFESTYLE.......ya sumber energy nya aja dari listrik.......
Kompor listrik perlu watt nya gede sekitar 2000 watt
Harga nya juga sekitar 1 jt macam philips yg dipake shabu2 gitu

Tapi emang cepet panas nya,1 menit air langsung mendidih


Paling bener yah bangun jaringan pipa gas pgn itu
Harga per kg nya lebih murah drpd elpiji melon
Tp ongkos sambung pipa nya yg mahal
Ga sesuai buat rumah tangga lebih cocok buat komersil
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by Turboman »

Zaxis wrote:
Turboman wrote: Mon Nov 11, 2019 2:28 OOT :

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian ESDM mengimbau masyarakat untuk mulai membiasakan penggunaan kompor listrik. Selain praktis, penggunaan kompor listrik dinilai mampu mengurangi volume impor elpiji yang mencapai 4,5 hingga 5 juta ton per tahun. 

https://www.cnbcindonesia.com/news/2019 ... or-listrik

Means mobil listrik juga akan dapat menurunkan impor MiGas, yg penting ada mobil listrik kelas harga LCGC, Full Charge bisa pake 300 - 350 km dah oke lahh

Kalo TESLA & NIO itu menurut saya adalah Mobil LIFESTYLE.......ya sumber energy nya aja dari listrik.......
Kompor listrik perlu watt nya gede sekitar 2000 watt
Harga nya juga sekitar 1 jt macam philips yg dipake shabu2 gitu

Tapi emang cepet panas nya,1 menit air langsung mendidih


Paling bener yah bangun jaringan pipa gas pgn itu
Harga per kg nya lebih murah drpd elpiji melon
Tp ongkos sambung pipa nya yg mahal
Ga sesuai buat rumah tangga lebih cocok buat komersil
Yoi

kalo di negara2 maju sih jaringan pipa gas ke rumah2 = lumrah

Kalo di sini jaringan pipa Gas di daerah industri, kalo pas pabrik aktif semua Pressure Gas bisa Drop, dulu Cust ane di Cibodas - Tangerang cerita dia invest mesin Gas GE JENBACHER (1 Mw) krn kalo Preasure Gas Drop sampe agak rendah konon masi stabil kerjanya..........konon kalo mesin2 Gas laen saat Pressure Gas Drop pada endut2 an

wkwkwkkwkwk

Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2941
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by Salvanost »

Turboman wrote: Sat Nov 09, 2019 18:38
Zaxis wrote:PLN harus bikin program tambah daya gratis biar sukses program mobil listrik

Ganti mcb aja masa musti bayar jutaan
udah itu kualitas meteran listrik yg PraBayar juga menyedihkan

ane pernah alamin meteran listrik error gara2 kemasukkin semut, udah itu klaim dan proses penggantiannya lamaaaa bener.......untung itu meterannya ada di rumah yang masih kosong

Jika trend EV berkembang dgn pesat memang Perusahaan listrik negara pelan3 bisa menyaingi perusahaan minyak dlm penyediaan energy Transportasi.......masalahnya sanggup gak nih si PLN utk membangun jaringan SPKLU secara luas dgn cepat......trus Byar Pett makin parah nggak gara2 banyaknya Ultra Fast charging.......wkwkwkwkkwkwkw
Om Turboman
Yg parah dari PLN ga cuma meteran doank
Kabel dari riang listrik ke meteran rata2 kabel banci alias kw buat ambil untung proyek doank

Lom lagi tambah daya kena biaya
Lom lagi kabel bancinya bisa kebakar kalau dayanya tambah
Belum lagi oknum PLN minta 30.000/meter cuma buat label banci 6500/meter (yg bagus 9000/meter)
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by ilhami »

pasang SPLU harusnya di Mall atau tempat parkir ya, jadi selama parkir, mobil bisa di cas. Tentunya hal ini membuat bisnis SPBU bangkrut dong.
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by Koddy »

Sebenarnya yang bisa dipaksa beralih dahulu ke EV itu mulai dari transportasi umum, seperti Bis & angkot, serta Taxi hingga Ojek online.

Karena mereka mainly hanya di dalam kota, jadi supaya tidak menambah polusi udara.
Masalahnya, apakah berani pemerintah dan pemda serta pemkot mengeluarkan regulasi nya?
Tau sendiri ATPM mobil disini banyak yang ga punya mobil listrik [emoji23]
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by ilhami »

kan sudah ada tu ujicoba bus tranjakarta listrik.
Dua dari china, satu dari indonesia
https://www.cnbcindonesia.com/news/2019 ... -bagaimana
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by ginting »

Turboman wrote: Sun Nov 10, 2019 18:36
iwidiyanto wrote:mobil listrik cas casan kaya gin mungkin cuma pintu masuk ke era post fossil fuel. masa depan sepertinya tetep hydrogen fuel cell
H2 Fuel Cell ini kayaknya masi Pro & Kontra, salah 1 nya konon energy yg dibutuhkan utk memproduksi H2 (dr sintesa air dll) itu sangat besar

Belom lagi soal biaya peralatan stasiun pengisian H2

Keunggulan = waktu pengisian jauh lebih singkat drpd nge-cas batere........wkwkwkw

Well, antara BEV VS FCEV H2 ya kayak Betamax VS VHS aja, nanti siapa yang lebih banyak pendukung ya itu yang menang.........so far sampe hari ini spt-nya sistem BEV memimpin di depan, apalagi adanya investor besar yg akan bikin pabrik batere skala raksasa (CATL - China / EA - Thailand etc)

Tentunya jika ada investor kingkong yg gelontorin duit raksasa utk pengembangan sistem FCEV H2 juga akan sgt menarik

CMIIW

BEV = Battery EV
Menurut terawangan saya, kalau sekitar 10 tahun lagi mobil EV makin rame maka berarti arahnya pengembangan mobil memang kesana.

Kalau 20 thn lagi mobil di dunia sudah 50% pakai EV maka berarti bakal semua (nyaris semua) mobil jdi EV. Dan bila semua mobil adalah EV maka apa yang bakal terjadi secara geopolitis :

- Timur tengah akan aman. Gak ada lagi yg perang demi oil & gas (ya, iyalah..harga oil and gas kan akan jeblok kalau mobil jadi EV semua.
- Negara negara Timur Tengah atau negara lain, yg mengandalkan oil and gas akan redup / krisis kalau tak bisa menemukan sumber ekonomi lain
- Negara yang menguasai rare earth (raw material buat baterai) akan jadi juragan baru, semoga mereka gak hanya export raw mat, tp bisa juga mengolahnya. mis. Indonesia.
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by mpvlover »

Gak sedashyat itu pak, emang listrik asalnya dr mana ?

Di dunia mayoritas pembangkit listrik itu bakar minyak dan gas, yg dr energi alternatif itu masih sedikit
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo

Post by iwidiyanto »

indonesia nyetop ekpor nikel aja harga nikel dunia langsung gejolak