Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 19861
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by Turboman »

standrolla19 wrote:solar Lux lain sdh B20 mslhny. that's why i prefer Dex.

apakabar Dex dex adek.dek...kapan dirimu muncul kembalii???

om" dan suhu sekalian... apa sdh ada kabar sdh ada di spbu kah dex si adek ini??

kl blm berarti siap" masuk ke era-ganti-ganti-filsol-lbh-rajin... duuh duuh haduh duh....and no more tarikan joss anymore like it used to be...

:mky_04: + sin chan mode on
BioSol ya racun digeber aja

PSDK 200 ml / 50 L solar atau 300 ml / 70 L solar

Kalo mau suara mesin alus = PTT DFC racun solar

standrolla19
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: 03 May 2017, 11:07

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by standrolla19 »

ya om Turbo, selama ini jamu"an sudah diracik sblm refill spbu .. tetap oplosan bio n adex n jamu"an mbok seksi...

tp ttp berasa kehilangan separuh jiwa ny krna the absent of adex dek dex...

vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 793
Joined: 17 Feb 2014, 15:41

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by vipere »

Gue sih prefer dex karena satu arah dengan perjalanan ke kantor. Males aja isi bbm lux merek lain, diperbudak mobil musti muter2 ,karena ga searah.
Isi biosolar juga males campur2 racunnya.
Diperbudak mobil tiap kalo mau isi bilang ke abang pom bensin 'tahan dulu bang ,saya mau tuangin ini dulu.'

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 19861
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by Turboman »

Betul jangan diperbudak

isi racun pas di rumah sesudah balik isi solar aja

kalo saya kadang isi sehari sesudahnya

sama aja kok hasilnya
vipere wrote:Gue sih prefer dex karena satu arah dengan perjalanan ke kantor. Males aja isi bbm lux merek lain, diperbudak mobil musti muter2 ,karena ga searah.
Isi biosolar juga males campur2 racunnya.
Diperbudak mobil tiap kalo mau isi bilang ke abang pom bensin 'tahan dulu bang ,saya mau tuangin ini dulu.'

User avatar
Slowslowglow
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: 13 Aug 2019, 10:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: K15B

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by Slowslowglow »

SPBU di daerah ready nya cuman ini...simple
IMG_20191213_100833.jpeg
IMG_20191213_100841.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

bangrosi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: 20 Nov 2013, 12:53

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by bangrosi »

kompresorz wrote:
Turboman wrote:
12 Dec 2019, 23:23
Aneh kalo BMW Diesel pake BBM sulphur agak tinggi mesin bisa rusak

saya kok jadi teringat kasus mesin M60 V8 th 1994 dulu yang pake liner NIKASIL itu gak cocok dgn high sulphur gasoline, liner-nya lama2 bisa kekikis.......akhirnya NIKASIL diganti ALUSIL yg lebih tahan thd bensin high sulphur

masak iya BMW mengulang "kekonyolan" yang sama lagi ???

mknya beli aja TOYOTA GD...modif habis2an n isi solar harian gaspol mentok spido tetap aman... :emo-big_love:

THAILAND ECUSHOP develop 400 HP buat sirkuit...

punya mobil kok malah diperbudak... :weekk:


:ngacir:
Katanya mesin toyota GD yg di indonesia sdh pakai 2 filter solar di kasih tau kepala bengkel pas mau service vnt trd di kira trd anf harga filternya kok mahal bener :-)


Btw mesin mitsubishi 4N15 cocok gk sih pakai Biosolar B30 ini.

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4592
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by kompresorz »

farizfsa wrote:
12 Dec 2019, 22:45
kompresorz wrote:
12 Dec 2019, 20:19
Turboman wrote:
12 Dec 2019, 10:35
bantu dgn additive zat detergent aja

pake Redline 85+ bisa, isi sesuai strip

pake B20 scr rutin paling Fil solar nya aja yg cepet mampet, kalo cuman sesekalj aja no problem

Mobil ya enjoy ajaaa....jangan diperbudak mobil......wkwkwkw
gw demen jangan diperbudak mobil...

tapi klo kodratnya tuh mobil memperbudak gimana dong om... :big_think:

brp x ketemu dianugrah isi pertadek jg tumbang tuh mobil...minimal 50 jut sekali turun mesin...pernah ada yg 90 turun mesin...itu dianugrah...apalg bengkel resminya...

kt bigbos asui....


:ngacir:
Hahahahaha

Tmn ane kena ini abis 90jt boncos, beli mbl nafsu gara2 murah, di tengah jalan jebol

Hamdallah mbl ane ttp setrong, harian, cibubur pancoran tiap pagi 1 liter 16km, macet2an, kebut gas pol

Cm dulu 2015 isi shell diesel baru jalan 1000km masuk limp mode wk

Sekarang udah 90rb km msh aman

Beli mobil mahal, solar mahal, jgn di manja, rugi
waktu itu ketemu langsung dengan seorang ibu di anugrah yg hendak bayar...klo saya kan selalu nongkrong ngobrol di bagian part n kasir...
mobil ibu itu disel..turun mesin hampir cepek tiaw...
ibu itu ngeluh...gile nih mobil turun mesin bisa buat DP xpander...
ini mobil sering eror...dijalan nyala sensor A tar B tar C tar D....ada aja pusing...skrg turun mesin pdhl isi pertadek kok...kilometer 50 ribuan km...

mau jual aja ganti merci..

merci rewel gak ya...org anugrah bilang ini pemakai merci terbaru...tunjuk ke gw...

ibu itu lgsg btanya sama gw...

gw jelasin sejujurnya krn sudah bawaan lahir gak mau ngibulin orang spy rusak...walo ada orang anugrah...
gw bilang lebih awet dr baling bambu... :upss:

iya selama saya pake merci gak pernah benarin aneh2...ganti oli n rem n 1 x sojbreker aja sampe dijual kilometer ada yg ratusan ribu km n hampir 100 ribu yg terbaru...


trs knp dijual...tanya ibu...

yah mau abis garansi gak mau diperbudak mobil...

skrg pake mobil apa...tanya ibu...

skrg pake toyota....


lalu ibu itu berkata...oooo klo toyota sih awet yah...murah perawatannya...


kata ibu itu yah pusing benerin mobil mahal....eror mulu kadang dijalan kan jadi was was...

:big_biglaugh:

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4592
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by kompresorz »

vipere wrote:
14 Dec 2019, 16:40
Gue sih prefer dex karena satu arah dengan perjalanan ke kantor. Males aja isi bbm lux merek lain, diperbudak mobil musti muter2 ,karena ga searah.
Isi biosolar juga males campur2 racunnya.
Diperbudak mobil tiap kalo mau isi bilang ke abang pom bensin 'tahan dulu bang ,saya mau tuangin ini dulu.'
:big_biglaugh:

kalo gw bukan malas...tapi gak percaya.... :big_chicken:

isi pertadek atau solar murni...

gw gak mau diperbudak pikiran n perasaan krn was2 mikirin aditif...

yah murni aja apa adanya....

klo rusak tinggal bawa ke bengkel....


sudah pigibak n gaspol sekuat tenaga kaki puluhan kilometer mentokin spido tetap aja awet...

jossss gandos

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4592
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by kompresorz »

nih pigibak n biosolar murni....termasuk truk depannya...

60 kilometer start dr rumah ...yah kira 30 kilometer mentokin spido...sering olahraga mentokin spido...

kencang n aman...irit n ac dingin kulkas...

gak tau spbu depan rumah udah b30 atau belum..b50 juga gaspolllll

Screenshot_20191215-083827_Gallery.jpg
Screenshot_20191215-071850_Video Player.jpg
Screenshot_20191215-071902_Video Player.jpg
Screenshot_20191215-071953_Gallery.jpg
Screenshot_20191215-071942_Gallery.jpg
Screenshot_20191215-071933_Gallery.jpg


:ngacir:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4592
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by kompresorz »

bangrosi wrote:
15 Dec 2019, 02:43
kompresorz wrote:
Turboman wrote:
12 Dec 2019, 23:23
Aneh kalo BMW Diesel pake BBM sulphur agak tinggi mesin bisa rusak

saya kok jadi teringat kasus mesin M60 V8 th 1994 dulu yang pake liner NIKASIL itu gak cocok dgn high sulphur gasoline, liner-nya lama2 bisa kekikis.......akhirnya NIKASIL diganti ALUSIL yg lebih tahan thd bensin high sulphur

masak iya BMW mengulang "kekonyolan" yang sama lagi ???

mknya beli aja TOYOTA GD...modif habis2an n isi solar harian gaspol mentok spido tetap aman... :emo-big_love:

THAILAND ECUSHOP develop 400 HP buat sirkuit...

punya mobil kok malah diperbudak... :weekk:


:ngacir:
Katanya mesin toyota GD yg di indonesia sdh pakai 2 filter solar di kasih tau kepala bengkel pas mau service vnt trd di kira trd anf harga filternya kok mahal bener :-)


Btw mesin mitsubishi 4N15 cocok gk sih pakai Biosolar B30 ini.
filternya 1.5 jutaan..ongkos pasang 200 ribuan...

tapi kan lama pemakaiannya om...mobil saya udah 50 ribuan km masih jos gandosss...
100 ribu km boleh ganti...

mesin 4N15 cocok banget pake biosolar n tambah pigibak...tambah josss....gandossss.....

mobil jepang dipakein solar apa aja cocok om...

mobil kelas rakyat harus ngerti dibuat untuk jadi babu....

drpd nanti berakhir di besi loak..


:ngacir:

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 19861
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by Turboman »

GD ada 2 FilSol

yg 1 lagi lokasi di samping blok mesin, modelnya panjang kayak Lontong

itu filter aliran In & Out nya ke pompa injeksi

harga 1 jt lebih dikit
bangrosi wrote:
kompresorz wrote:
Turboman wrote:
12 Dec 2019, 23:23
Aneh kalo BMW Diesel pake BBM sulphur agak tinggi mesin bisa rusak

saya kok jadi teringat kasus mesin M60 V8 th 1994 dulu yang pake liner NIKASIL itu gak cocok dgn high sulphur gasoline, liner-nya lama2 bisa kekikis.......akhirnya NIKASIL diganti ALUSIL yg lebih tahan thd bensin high sulphur

masak iya BMW mengulang "kekonyolan" yang sama lagi ???

mknya beli aja TOYOTA GD...modif habis2an n isi solar harian gaspol mentok spido tetap aman... :emo-big_love:

THAILAND ECUSHOP develop 400 HP buat sirkuit...

punya mobil kok malah diperbudak... :weekk:


:ngacir:
Katanya mesin toyota GD yg di indonesia sdh pakai 2 filter solar di kasih tau kepala bengkel pas mau service vnt trd di kira trd anf harga filternya kok mahal bener :-)


Btw mesin mitsubishi 4N15 cocok gk sih pakai Biosolar B30 ini.

bangrosi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: 20 Nov 2013, 12:53

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by bangrosi »

kompresorz wrote:
bangrosi wrote:
15 Dec 2019, 02:43
kompresorz wrote:

mknya beli aja TOYOTA GD...modif habis2an n isi solar harian gaspol mentok spido tetap aman... :emo-big_love:

THAILAND ECUSHOP develop 400 HP buat sirkuit...

punya mobil kok malah diperbudak... :weekk:


:ngacir:
Katanya mesin toyota GD yg di indonesia sdh pakai 2 filter solar di kasih tau kepala bengkel pas mau service vnt trd di kira trd anf harga filternya kok mahal bener :-)


Btw mesin mitsubishi 4N15 cocok gk sih pakai Biosolar B30 ini.
filternya 1.5 jutaan..ongkos pasang 200 ribuan...

tapi kan lama pemakaiannya om...mobil saya udah 50 ribuan km masih jos gandosss...
100 ribu km boleh ganti...

mesin 4N15 cocok banget pake biosolar n tambah pigibak...tambah josss....gandossss.....

mobil jepang dipakein solar apa aja cocok om...

mobil kelas rakyat harus ngerti dibuat untuk jadi babu....

drpd nanti berakhir di besi loak..


:ngacir:
Iya lumayan juga harganya filter solarnya kalo dibanding buat 2KD pake merk sakura gk sampai 100rb ganti tiap 10rb KM :-)


Temen baru beralih ke Diesel pakai 4N15 agak was2 pakai biosolar apalagi sdh B30 skr sih msh ada bonusan Dex dari sales sambil tunggu stnk yg blm selesai2 katanya agak lama karena ada kenaikan tarif BBN Jakarta.

kalo gitu saya saranin pakai aja biosolar tapi ganti filter solar tiap 5rb KM.

Turboman wrote: GD ada 2 FilSol

yg 1 lagi lokasi di samping blok mesin, modelnya panjang kayak Lontong

itu filter aliran In & Out nya ke pompa injeksi

harga 1 jt lebih dikit
iya baru tau om turbo 2GD pny 2 filter solar
kalo ganti berati harus kedua nya ya.

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4592
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by kompresorz »

bangrosi wrote:
15 Dec 2019, 21:52
kompresorz wrote:
bangrosi wrote:
15 Dec 2019, 02:43
Katanya mesin toyota GD yg di indonesia sdh pakai 2 filter solar di kasih tau kepala bengkel pas mau service vnt trd di kira trd anf harga filternya kok mahal bener :-)


Btw mesin mitsubishi 4N15 cocok gk sih pakai Biosolar B30 ini.
filternya 1.5 jutaan..ongkos pasang 200 ribuan...

tapi kan lama pemakaiannya om...mobil saya udah 50 ribuan km masih jos gandosss...
100 ribu km boleh ganti...

mesin 4N15 cocok banget pake biosolar n tambah pigibak...tambah josss....gandossss.....

mobil jepang dipakein solar apa aja cocok om...

mobil kelas rakyat harus ngerti dibuat untuk jadi babu....

drpd nanti berakhir di besi loak..


:ngacir:
Iya lumayan juga harganya filter solarnya kalo dibanding buat 2KD pake merk sakura gk sampai 100rb ganti tiap 10rb KM :-)


Temen baru beralih ke Diesel pakai 4N15 agak was2 pakai biosolar apalagi sdh B30 skr sih msh ada bonusan Dex dari sales sambil tunggu stnk yg blm selesai2 katanya agak lama karena ada kenaikan tarif BBN Jakarta.

kalo gitu saya saranin pakai aja biosolar tapi ganti filter solar tiap 5rb KM.

Turboman wrote: GD ada 2 FilSol

yg 1 lagi lokasi di samping blok mesin, modelnya panjang kayak Lontong

itu filter aliran In & Out nya ke pompa injeksi

harga 1 jt lebih dikit
iya baru tau om turbo 2GD pny 2 filter solar
kalo ganti berati harus kedua nya ya.
sekalian saranin pasang pigibak om....

rasain disel kencang ky org di kejar pitbul...

kalo udah pasang pigi filter solar lebih awet krn derasnya semprotan solar...
apalg sering nempelin pedal gas ke karpet....tambah sehat...

jadi pajeronya gak kena kolesterol krn jarang olahraga karena lemah syahwatz...




btw...

ganti filter yg atas aja om...klo selalu ke 2 nya tekor nanti isi dompet...filter dlm mesin 100 ribu km aja...


gak usah khawatir soal b30 b50 b 100...

yg penting harga goceng pekgo....

rajin ganti filter aja tiap 20 ribu km...atau nyala indikator...
filter solar cari aja tokopedia...banyak oem merk lain murah...gak sampe 100 ribu...
saya aja stok 2..

filter udara aja skrg pake oem kardus toyota tulisan thailand alias KW murah 60 ribuan...tuh foto diatas masih kencang ky dikejar pitbul sering mentokin spido...


mobil disel jepang gak usah was was....kuat kencang irit ac dingin kulkas...

kodrat disel..

serba murah meriah


:ngacir:

vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 793
Joined: 17 Feb 2014, 15:41

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by vipere »

Turboman wrote:
14 Dec 2019, 22:07
Betul jangan diperbudak

isi racun pas di rumah sesudah balik isi solar aja

kalo saya kadang isi sehari sesudahnya

sama aja kok hasilnya
vipere wrote:Gue sih prefer dex karena satu arah dengan perjalanan ke kantor. Males aja isi bbm lux merek lain, diperbudak mobil musti muter2 ,karena ga searah.
Isi biosolar juga males campur2 racunnya.
Diperbudak mobil tiap kalo mau isi bilang ke abang pom bensin 'tahan dulu bang ,saya mau tuangin ini dulu.'
oh sama aja ya. soalnya dulu pernah baca di mana gitu, ad ayg bilang bagusnya sebelum isi di pom bensin, biar racun yg di leher tangki
ikut kedorong. dulu emang rutin pake biosolar + racun. karena males tiap kali sebelum diisi petugas , musti buru2 tuang dulu.
kalo sama aja balik lagi dah ke biosolar.. :big_grin:

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 19861
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by Turboman »

vipere wrote:
Turboman wrote:
14 Dec 2019, 22:07
Betul jangan diperbudak

isi racun pas di rumah sesudah balik isi solar aja

kalo saya kadang isi sehari sesudahnya

sama aja kok hasilnya
vipere wrote:Gue sih prefer dex karena satu arah dengan perjalanan ke kantor. Males aja isi bbm lux merek lain, diperbudak mobil musti muter2 ,karena ga searah.
Isi biosolar juga males campur2 racunnya.
Diperbudak mobil tiap kalo mau isi bilang ke abang pom bensin 'tahan dulu bang ,saya mau tuangin ini dulu.'
oh sama aja ya. soalnya dulu pernah baca di mana gitu, ad ayg bilang bagusnya sebelum isi di pom bensin, biar racun yg di leher tangki
ikut kedorong. dulu emang rutin pake biosolar + racun. karena males tiap kali sebelum diisi petugas , musti buru2 tuang dulu.
kalo sama aja balik lagi dah ke biosolar.. :big_grin:
Bedanya

kalo tuang sebelum isi solar efek lgs kerasa dalam 20 - 30 menit

Kalo tuang sesudah isi solar full, efek kerasa bisa 1/2 - 1 hari sesudahnya, tapi ya akhirnya sama sama kerasa juga

Salam anti diperbudak mobil


ahmad88
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 292
Joined: 02 Aug 2009, 02:38

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by ahmad88 »

Sampe sekarang DEX makin langka, di BSD / tangerang area per kemarin kosong semua. Apa2an ini? masak paksa nenggak biosolar?

farizfsa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1194
Joined: 10 Nov 2015, 09:40

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by farizfsa »

ahmad88 wrote:
16 Dec 2019, 10:35
Sampe sekarang DEX makin langka, di BSD / tangerang area per kemarin kosong semua. Apa2an ini? masak paksa nenggak biosolar?
dapet edaran dr dalem, dex ga akan ada sampai 17 des.

di berita blg lonjakan peminat naik, padahal mah abis aja. kalo cm peminat naik, ga bakal kosong song begini.

ane terpaksa isi shell B20, padahal mobil maximal B7. hajar aja lah.

cm ane penasaran, biosolar sama shell diesel secara spec gmn?
BMW 520d F10 2014
Toyota Camry 2.5V XV50 2012

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 19861
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by Turboman »

Indonesia gak bakalan lepas dr problema klasik BBM

BBM hilang dr pasar

Kualitas BBM naik turun

Dll

di era EV cars nanti, jika misal SPKLU rusak, toh kita masih bisa nge chass di rumah......hehehhe

mudah2 an lah th 2020 PLN beneran bisa mewujudkan 180 unit SPKLU

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2290
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by kunaskun »

Turboman wrote:
16 Dec 2019, 12:17
Indonesia gak bakalan lepas dr problema klasik BBM

BBM hilang dr pasar

Kualitas BBM naik turun

Dll

di era EV cars nanti, jika misal SPKLU rusak, toh kita masih bisa nge chass di rumah......hehehhe

mudah2 an lah th 2020 PLN beneran bisa mewujudkan 180 unit SPKLU
ya paling tar gantian, listrik jebrut2 , indonesia mah urusan energi begitulah

erwinign
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1197
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by erwinign »

farizfsa wrote:
16 Dec 2019, 11:38
ahmad88 wrote:
16 Dec 2019, 10:35
Sampe sekarang DEX makin langka, di BSD / tangerang area per kemarin kosong semua. Apa2an ini? masak paksa nenggak biosolar?
dapet edaran dr dalem, dex ga akan ada sampai 17 des.

di berita blg lonjakan peminat naik, padahal mah abis aja. kalo cm peminat naik, ga bakal kosong song begini.

ane terpaksa isi shell B20, padahal mobil maximal B7. hajar aja lah.

cm ane penasaran, biosolar sama shell diesel secara spec gmn?
Td pagi saya isi pertamax om, mas petugas nya tak tanyain soal dex lg kosong (spbu semarang) . Jawabnya memang lg abis, ktnya ambil dr depo surabaya, tp surabaya jg kayanya pas2an stoknya
Don't Judge The Book By It's Cover

benzz89
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by benzz89 »

Wah kapok deh ganti filsol di todai, terakhir ane kena 350 ribu buat 2KD, itu ambil cuannya kebanyakan atau gimana?

Next beli online aja deh, biasa gak mau pusing main langsung ganti aja on spot.

Oli juga sudah beli on line, spread lumayan jauh di todai, paling bayar ongkos aja next nya, 100 ribu buat ganti oli mesin (di bengkel2 umum paling 50-70 ribu kali yah).
kompresorz wrote:
bangrosi wrote:
15 Dec 2019, 21:52
kompresorz wrote: filternya 1.5 jutaan..ongkos pasang 200 ribuan...

tapi kan lama pemakaiannya om...mobil saya udah 50 ribuan km masih jos gandosss...
100 ribu km boleh ganti...

mesin 4N15 cocok banget pake biosolar n tambah pigibak...tambah josss....gandossss.....

mobil jepang dipakein solar apa aja cocok om...

mobil kelas rakyat harus ngerti dibuat untuk jadi babu....

drpd nanti berakhir di besi loak..


:ngacir:
Turboman wrote: GD ada 2 FilSol

yg 1 lagi lokasi di samping blok mesin, modelnya panjang kayak Lontong

itu filter aliran In & Out nya ke pompa injeksi

harga 1 jt lebih dikit
iya baru tau om turbo 2GD pny 2 filter solar
kalo ganti berati harus kedua nya ya.
sekalian saranin pasang pigibak om....

rasain disel kencang ky org di kejar pitbul...

kalo udah pasang pigi filter solar lebih awet krn derasnya semprotan solar...
apalg sering nempelin pedal gas ke karpet....tambah sehat...

jadi pajeronya gak kena kolesterol krn jarang olahraga karena lemah syahwatz...




btw...

ganti filter yg atas aja om...klo selalu ke 2 nya tekor nanti isi dompet...filter dlm mesin 100 ribu km aja...


gak usah khawatir soal b30 b50 b 100...

yg penting harga goceng pekgo....

rajin ganti filter aja tiap 20 ribu km...atau nyala indikator...
filter solar cari aja tokopedia...banyak oem merk lain murah...gak sampe 100 ribu...
saya aja stok 2..

filter udara aja skrg pake oem kardus toyota tulisan thailand alias KW murah 60 ribuan...tuh foto diatas masih kencang ky dikejar pitbul sering mentokin spido...


mobil disel jepang gak usah was was....kuat kencang irit ac dingin kulkas...

kodrat disel..

serba murah meriah


:ngacir:

benzz89
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by benzz89 »

Barusan ane isi biosol di 31 BSD pahlawan seribu, tanya dex sudah ada kok per kemarin kata petugasnya, memang sempat sulit, tapi sekarang sudah available.

Tanya2 juga B30 di pom sini sudah sejak kapan? Petugasnya bilang sejak pertengahan nop sudah B30, jadi sudah applied.

Terakhir ane isi biosol akhir nop, terus mobil tidur hampir 1 bulan karena ane keluar negeri. Balik indo pikir takut masalah nih B30 kelamaan ngendon di tangki. Terakhir isi tambah addtive PSDK 200 ml sebelum mobil tidur.

Pas balik ane pake kok rasanya mesin lebih responsif yah? Aneh juga nih ane pikir. Perbedaannya cukup berasa sih, gas jadi lebih berisi, gas taro di 1.500 rpm lebih nendang (lebih galak).

Ane pake lah tarik2/kebut2 biar solar lama cepat habisnya, sampai tinggal 1 kotak lebih dikit lalu tadi isi lagi 45 liter, hasil sama aja tetap responsif tarikannya, lebih enak banding sebelum akhir nopember isi solar. Suara tetap halus, getaran juga minim, malah solar jadi lebih irit karena injakan gas lebih minim kalau kaki sopan.

Entah ini karena B30 atau oli mesin schaeffer (jalan 4000 km), oli gardan mobil 1 & oli ATF PTT (jalan 3000 km) makin lama makin enak performanya?

Bagaimana rekan2 yang lain tentang performa B30 ini? Tadi sih liat busa biasa aja yah & ane isi PSDK dulu 200 ml sebelum isi solarnya.

So far sih ane makin happy aja ama performa 2KD tuwir ane, rasanya kaya bawa mobil yang powerfull, semoga makin hari makin enak lagi Image
ahmad88 wrote:Sampe sekarang DEX makin langka, di BSD / tangerang area per kemarin kosong semua. Apa2an ini? masak paksa nenggak biosolar?

mbingtampan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: 24 Jun 2019, 08:23
Location: Depok
Daily Vehicle: Innova Avanza

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by mbingtampan »

Fyi tadi saya nanya di spbu buperta cibubur sudah ada juga pertadex

jakanjc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: 20 May 2014, 18:41

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by jakanjc »

farizfsa wrote:
16 Dec 2019, 11:38
ahmad88 wrote:
16 Dec 2019, 10:35
Sampe sekarang DEX makin langka, di BSD / tangerang area per kemarin kosong semua. Apa2an ini? masak paksa nenggak biosolar?
dapet edaran dr dalem, dex ga akan ada sampai 17 des.

di berita blg lonjakan peminat naik, padahal mah abis aja. kalo cm peminat naik, ga bakal kosong song begini.

ane terpaksa isi shell B20, padahal mobil maximal B7. hajar aja lah.

cm ane penasaran, biosolar sama shell diesel secara spec gmn?
Sama om, saya biasa pake dex pas ke pertamina dimana2 dex habis.Nyobain shell diesel so far tarikan masih responsif dex, cmn shell jelas mesin lebih halus dan entah sugesti bau asepnya gasenyengat dex.
'You can go fast, But I can go anywhere'

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4592
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30

Post by kompresorz »

Turboman wrote:
16 Dec 2019, 09:21

Salam anti diperbudak mobil

oke..


salam anti diperbudak mobil... :big_grin:




manusia di perbudak besi loak... :big_think:

mknya belilah toyota....



GD.....


kencang irit awet ac dingin kulkas part murmer....di isi solar busuk apapun larinya tetap ngibrit....

:ngacir:

Post Reply