Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 365
Joined: 29 Sep 2016, 18:10
Location: Sleman

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by dizco » 09 May 2019, 09:42

ya betul, garuda harusnya efisiensi dan restrukturisasi jumlah kantor di darat baik di bandara maupun di luar bandara

betul seperti yang ditulis di atas, di bandara kecil di luar jawa dengan jumlah penerbangan 1-2x sehari dan jumlah penumpang sedikit, garuda niat bener bikin kantor skala penuh dengan pegawai cukup banyak
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18093
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by Turboman » 09 May 2019, 18:43

https://m.antaranews.com/berita/861487/ ... -15-persen

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebut tarif batas atas tiket pesawat akan turun sebanyak 15 persen.

Luhut dalam kegiatan Afternoon Tea bersama wartawan di Jakarta, Rabu, mengatakan ia telah mendapatkan laporan mengenai rencana itu dan telah disetujui semua pihak termasuk maskapai.

"Akan turun harga 15 persen. Garuda juga sudah bilang iya. Rini (Menteri BUMN) kan juga sudah bilang," katanya.

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18093
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by Turboman » 09 May 2019, 20:18

Foto hari ini sekitar jam 19.30

mantep ya
IMG_20190509_193047_HHT.jpeg
IMG_20190509_193117_HHT.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: 31 Dec 2004, 02:23

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by liat2aja » 09 May 2019, 20:19

Turboman wrote:
09 May 2019, 18:43
https://m.antaranews.com/berita/861487/ ... -15-persen

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebut tarif batas atas tiket pesawat akan turun sebanyak 15 persen.

Luhut dalam kegiatan Afternoon Tea bersama wartawan di Jakarta, Rabu, mengatakan ia telah mendapatkan laporan mengenai rencana itu dan telah disetujui semua pihak termasuk maskapai.

"Akan turun harga 15 persen. Garuda juga sudah bilang iya. Rini (Menteri BUMN) kan juga sudah bilang," katanya.
Naik 100% turun 15%. Nasib. Terima sajalah

ndro
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: 26 Feb 2017, 05:01

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by ndro » 09 May 2019, 22:19

liat2aja wrote:
09 May 2019, 20:19
Turboman wrote:
09 May 2019, 18:43
https://m.antaranews.com/berita/861487/ ... -15-persen

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebut tarif batas atas tiket pesawat akan turun sebanyak 15 persen.

Luhut dalam kegiatan Afternoon Tea bersama wartawan di Jakarta, Rabu, mengatakan ia telah mendapatkan laporan mengenai rencana itu dan telah disetujui semua pihak termasuk maskapai.

"Akan turun harga 15 persen. Garuda juga sudah bilang iya. Rini (Menteri BUMN) kan juga sudah bilang," katanya.
Naik 100% turun 15%. Nasib. Terima sajalah
Artinya naik 75% [emo-yesno]

Btw nih mentri laut knp ngurusin pesawat ya?

aipiesblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: 10 Aug 2009, 10:01

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by aipiesblue » 10 May 2019, 08:00

Turboman wrote:
09 May 2019, 20:18
Foto hari ini sekitar jam 19.30

mantep yaIMG_20190509_193047_HHT.jpegIMG_20190509_193117_HHT.jpeg
padahal pemerintah udah investasi banyak untuk bandara soekarno hatta dengan membangun kereta bandara dan juga kereta shuttle antar terminal, kalo sepi gini kapan bisa balik modalnya. bisa-bisa rencana untuk pembangunan terminal 4 ditunda, atopun rencana renovasi terminal 1 dan 2 ditunda juga.

vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 765
Joined: 17 Feb 2014, 15:41

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by vipere » 10 May 2019, 08:19

tujuan daerah tertentu naik 200 % ,turun 15 %..= 185 %.

User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1477
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by alvin23 » 10 May 2019, 08:22

ndro wrote:
09 May 2019, 22:19
liat2aja wrote:
09 May 2019, 20:19
Turboman wrote:
09 May 2019, 18:43
https://m.antaranews.com/berita/861487/ ... -15-persen

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebut tarif batas atas tiket pesawat akan turun sebanyak 15 persen.

Luhut dalam kegiatan Afternoon Tea bersama wartawan di Jakarta, Rabu, mengatakan ia telah mendapatkan laporan mengenai rencana itu dan telah disetujui semua pihak termasuk maskapai.

"Akan turun harga 15 persen. Garuda juga sudah bilang iya. Rini (Menteri BUMN) kan juga sudah bilang," katanya.
Naik 100% turun 15%. Nasib. Terima sajalah
Artinya naik 75% [emo-yesno]

Btw nih mentri laut knp ngurusin pesawat ya?
Kan perdana mentri wkwk
Captiva VCDi 2012
Yaris S A/T 2012
CRV 2.0 AT 2017

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1879
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by kunaskun » 10 May 2019, 10:02

aipiesblue wrote:
10 May 2019, 08:00
padahal pemerintah udah investasi banyak untuk bandara soekarno hatta dengan membangun kereta bandara dan juga kereta shuttle antar terminal, kalo sepi gini kapan bisa balik modalnya. bisa-bisa rencana untuk pembangunan terminal 4 ditunda, atopun rencana renovasi terminal 1 dan 2 ditunda juga.
pasti begitu. karena ga ada yang naik.

tapi pernah baca dimana gitu, ada yang blg juga: memang selama ini persaingan antara airlines indonesia itu sudah ga beres, kaya ojol yang bakar duit terus, nah dengan naiknya tarif akan ada titik temu lagi seperti biasanya hukum penawaran berlaku(lupa ini bener ga), dimana airlines juga akan amsiong kalau ga ada penumpang, maka harga akan diubah lagi sampe laku lagi tapi airlines bisa jaga profit, kalau sekarang2 ini naik segitu karena ya airlines lagi cari profit untuk nutup rugi selama ini perang harga dan masih merasa konsumen butuh.

ini balik jaman dulu lagi banting harga antara PO Bus AKAP. terus mati pelan2 karena kualitas kacau balau, bus maut, eh kalah murah dengan pesawat dan kereta. terus karena kualitas meningkat seiring tariff, sekarang jadi masuk akal, malah makin keren busnya sejak ada trans jawa. kedepannya bisa jadi berulang lagi, banting2 harga lagikah karena org indo kan carinya murah dulu (kecuali untuk pamer) sebab pesawat mahal. :mky_01:

User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: 31 Dec 2004, 02:23

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by liat2aja » 10 May 2019, 11:33

Terminal 4 Soekarno Hatta ada ya? Ini Soekarno Hatta lagi bikin lane ketiga kan?

Analisa om diatas memang keren ya, kalau saya perhatikan memang airline tidak sanggup kalau berdarah-darah terus. Airline tentunya tidak bisa bakar duit seperti unicorn (yg online online itu) yg kadang saya bingung duitnya darimana selain duit investor.

Apalagi terlihat perusahaan BUMN seperti Garuda tidak efisien sekali, jangan sampai harga tiket murah menyebabkan safety dan hal penting lainnya juga di korting/korup.

Intinya kalau ada pilihan memang enak ya, misal yg tinggal di Jawa dan mudik/keliling Jawa sudah ada alternatif tol, bus ataupun kereta api. Tapi jika jaraknya jauh tentu sulit.

mpvlover
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 534
Joined: 23 Feb 2007, 20:26

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by mpvlover » 10 May 2019, 12:07

Loh

Ga mungkin lah

Coba jelasin knp tiket ke luar negri dgn jarak terbang sama atau lebih jauh malah bisa jauh lebih murah

Byk yg ke malaysia dulu baru terbang lg masuk indo, dua tiket jatoh tetep lebih murah

waterlo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: 26 Nov 2016, 13:44

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by waterlo » 10 May 2019, 12:52

pemilik pesawat charter apa gak bisa masuk di celah sempit ini ya? hehehehehe.... daripada naik pesawat komersial mahal2, gimana kalo dibuat kayak nebengers dengan pesawat charteran. cari barengan 100 orang, bayar, berangkat. #justmy2stupidcent

User avatar
maviacrazy
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: 01 Sep 2016, 19:20

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by maviacrazy » 10 May 2019, 14:02

waterlo wrote:
10 May 2019, 12:52
pemilik pesawat charter apa gak bisa masuk di celah sempit ini ya? hehehehehe.... daripada naik pesawat komersial mahal2, gimana kalo dibuat kayak nebengers dengan pesawat charteran. cari barengan 100 orang, bayar, berangkat. #justmy2stupidcent
Ide bagus, pake GO - FLY aja :big_biglaugh:
Mau Bensin Atau Diesel Yang Penting Orangnya SEHAT DULU (amin YRA)
:emo-big_love: :mky_02: :big_love:

adrianomyman
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: 26 Mar 2018, 20:04
Location: Indnesia
Daily Vehicle: Car

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by adrianomyman » 10 May 2019, 15:36

maviacrazy wrote:
10 May 2019, 14:02
waterlo wrote:
10 May 2019, 12:52
pemilik pesawat charter apa gak bisa masuk di celah sempit ini ya? hehehehehe.... daripada naik pesawat komersial mahal2, gimana kalo dibuat kayak nebengers dengan pesawat charteran. cari barengan 100 orang, bayar, berangkat. #justmy2stupidcent
Ide bagus, pake GO - FLY aja :big_biglaugh:
Pakai gopay, dapat cashback lagi ga? :mrgreen:

Zaxis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 536
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by Zaxis » 10 May 2019, 16:18

Private jet 100 jt per jam paling muat 10 org

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18093
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by Turboman » 10 May 2019, 16:29

Murah (katanya)
ptbbandara011018-2.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1175
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by Pugman » 10 May 2019, 19:25

Turboman wrote:
09 May 2019, 20:18
Foto hari ini sekitar jam 19.30

mantep yaIMG_20190509_193047_HHT.jpegIMG_20190509_193117_HHT.jpeg
Dan supir bus AKAP berbahagia...
:ngacir: :ngacir:

bravely88
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 28 Nov 2017, 05:06

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by bravely88 » 10 May 2019, 20:42

Btw nih mentri laut knp ngurusin pesawat ya?
Baru jg mau komen ini bwahahaha

ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11970
Joined: 23 Jan 2013, 17:18
Location: Indonesia

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by ricz » 10 May 2019, 21:29

ndro wrote:
09 May 2019, 22:19
liat2aja wrote:
09 May 2019, 20:19
Turboman wrote:
09 May 2019, 18:43
https://m.antaranews.com/berita/861487/ ... -15-persen

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebut tarif batas atas tiket pesawat akan turun sebanyak 15 persen.

Luhut dalam kegiatan Afternoon Tea bersama wartawan di Jakarta, Rabu, mengatakan ia telah mendapatkan laporan mengenai rencana itu dan telah disetujui semua pihak termasuk maskapai.

"Akan turun harga 15 persen. Garuda juga sudah bilang iya. Rini (Menteri BUMN) kan juga sudah bilang," katanya.
Naik 100% turun 15%. Nasib. Terima sajalah
Artinya naik 75% [emo-yesno]

Btw nih mentri laut knp ngurusin pesawat ya?
Merangkap jabatan sepertinya beliau ini :mky_03:
2013 RM3 2.4
2009 KUN40 2.5

-semua ini hanya pendapat pribadi nubie semata. mohon maaf jika ada kesalahan-

User avatar
papafara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 17 Sep 2016, 18:58

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by papafara » 10 May 2019, 22:19

bravely88 wrote:
10 May 2019, 20:42
Btw nih mentri laut knp ngurusin pesawat ya?
Baru jg mau komen ini bwahahaha
Karena pesawat pesawat itu terbangnya di atas laut kali ya....

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18093
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by Turboman » 10 May 2019, 23:22

Pugman wrote:
Turboman wrote:
09 May 2019, 20:18
Foto hari ini sekitar jam 19.30

mantep yaIMG_20190509_193047_HHT.jpegIMG_20190509_193117_HHT.jpeg
Dan supir bus AKAP berbahagia...
:ngacir: :ngacir:
juga PT KAI dan PELNI

User avatar
maviacrazy
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: 01 Sep 2016, 19:20

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by maviacrazy » 11 May 2019, 00:35

adrianomyman wrote:
10 May 2019, 15:36
maviacrazy wrote:
10 May 2019, 14:02
waterlo wrote:
10 May 2019, 12:52
pemilik pesawat charter apa gak bisa masuk di celah sempit ini ya? hehehehehe.... daripada naik pesawat komersial mahal2, gimana kalo dibuat kayak nebengers dengan pesawat charteran. cari barengan 100 orang, bayar, berangkat. #justmy2stupidcent
Ide bagus, pake GO - FLY aja :big_biglaugh:
Pakai gopay, dapat cashback lagi ga? :mrgreen:

Owh jelas, mayan kan cashbacknya buat belanja. :mky_07:

Berharap semoga manajemen gojek liat nih komentar. :big_exellent:
Mau Bensin Atau Diesel Yang Penting Orangnya SEHAT DULU (amin YRA)
:emo-big_love: :mky_02: :big_love:

User avatar
sintoni
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2708
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by sintoni » 11 May 2019, 07:38

Turboman wrote:
10 May 2019, 23:22
Pugman wrote:
Turboman wrote:
09 May 2019, 20:18
Foto hari ini sekitar jam 19.30

mantep yaIMG_20190509_193047_HHT.jpegIMG_20190509_193117_HHT.jpeg
Dan supir bus AKAP berbahagia...
:ngacir: :ngacir:
juga PT KAI dan PELNI
Dia kan punya airline Susi Air om. Haha.

aipiesblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: 10 Aug 2009, 10:01

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by aipiesblue » 11 May 2019, 09:13

jumlah penumpang pelni juga mulai naik, tiket ke makassar 600ribuan walau harus di tempuh selama 2 hari.

tiket pesawat ke makassar skrg ini udah minimum 1.2 juta padahal dulu cuman 700 ribuan.

jadi ya orang yg memang gak buru-buru lbh mending naik kapal pelni.

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3417
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by ginting » 11 May 2019, 18:44

kunaskun wrote:
aipiesblue wrote:
10 May 2019, 08:00
padahal pemerintah udah investasi banyak untuk bandara soekarno hatta dengan membangun kereta bandara dan juga kereta shuttle antar terminal, kalo sepi gini kapan bisa balik modalnya. bisa-bisa rencana untuk pembangunan terminal 4 ditunda, atopun rencana renovasi terminal 1 dan 2 ditunda juga.
pasti begitu. karena ga ada yang naik.

tapi pernah baca dimana gitu, ada yang blg juga: memang selama ini persaingan antara airlines indonesia itu sudah ga beres, kaya ojol yang bakar duit terus, nah dengan naiknya tarif akan ada titik temu lagi seperti biasanya hukum penawaran berlaku(lupa ini bener ga), dimana airlines juga akan amsiong kalau ga ada penumpang, maka harga akan diubah lagi sampe laku lagi tapi airlines bisa jaga profit, kalau sekarang2 ini naik segitu karena ya airlines lagi cari profit untuk nutup rugi selama ini perang harga dan masih merasa konsumen butuh.

ini balik jaman dulu lagi banting harga antara PO Bus AKAP. terus mati pelan2 karena kualitas kacau balau, bus maut, eh kalah murah dengan pesawat dan kereta. terus karena kualitas meningkat seiring tariff, sekarang jadi masuk akal, malah makin keren busnya sejak ada trans jawa. kedepannya bisa jadi berulang lagi, banting2 harga lagikah karena org indo kan carinya murah dulu (kecuali untuk pamer) sebab pesawat mahal. :mky_01:
Bener..memang skrg mereka coba rebound dr kondisi yg dulu berdarah darah.

aaya perhatikan begini.
sekitar 15 tahun lalu harga "normal" tiket Jakarta - Medan itu 750,000
kalau murah bisa dapat 500
tapi kadang bisa 1 jutaan.

lalu anggap inflasi 4% per tahun rata rata , compundedd, maka menurut aku sih harga tiket itu mmg harusnya 1 jutaan - 1,5 jt

lalu kenapa tiket pesawat LN lbh murah.
ini perlu dicek apakah krn subsidi silang antar rute, operasional cost yg lbh efisien, leasing rate lbh murah, dll

Tapi kenapa masy kaget ?
karena naeknya bareng dan langsung.

coba bayangkan dulu 2004 kita asumsikan 120 lbr tiket Jakarta Medan setara 1 Avanza.
sekarang Avanza saja sdh 200 jutaan

Post Reply