Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
nimoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: 14 Nov 2015, 21:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: nmax

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by nimoo » 12 Jun 2019, 15:49

Mudik tahun ini cukup sering lihat crv fortuner sampe alphard dkk dibawa mudik
Apa pengaruh tiket pesawat mahal ?

FR6
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by FR6 » 12 Jun 2019, 16:06

octafiantos wrote:
12 Jun 2019, 14:47
grandscenic wrote:
09 Jun 2019, 06:07
wah.. om kerjaannya di maskapai atau bersinggungan langsung dg maskapai? atau hasil analisa sendiri saja, btw mksh pencerahannya.
Klo boleh tanya,, jualan seat itu kasih kontribusi brp persen ya buat omsetnya sebuah maskapai? liat penjelasannya bnyk sekali varian incomenya, yg sebagian dr kita ga tau.
Nah skrg klo maskapai jual tiket dg harga murah, apa sebenernya maskapai msh bisa survive?
dan klo boleh tanya satu lagi, itu airasia didepak dr bnyk agen online.. gmna ceritanya ya, ada permainan atau permintaan dr pihak2 tertentu?
Trims.
Saya cuma demen nongki di forum, kadang kopdar hahahihi.
Sebetulnya sumber informasinya bertebaran Om. Dulu ada forum aviasi Indoflyer tapi sayangnya forumnya sekarang lagi tidur. Forum aviasi luar masih hidup, pelaku lokal beberapa aktif di sana. Kalo di fb ada group ilmuterbang bikinan Capt Fadjar Nugroho. Ada juga websitenya tapi lebih teknis, kalo saya ga begitu ngikutin topik di sana. Grup fb lebih variatif topiknya, numpang baca hal hal yang orang luar kaya saya ngga paham.

Kalo persentase agak susah buat orang di luar industri dapet angka karena hanya angka seat yang agak keliatan.
Komponen lain kaya kargo agak susah angkanya, paling hanya tahu clue kalo satu kapal perkiraan sekitar 75% seat-occupancy untuk cover cost. Tapi jelas ada pendapatan ini dan angkanya ton, bukan kuintal. Jual tiket murah kalo disensus paling berapa persen doang Om, yang beruntung dapet promo aja. Coba aja nanya iseng sampling kalo pas flight, yang dapet berapa. Contoh gampang misalnya flight SIN-CGK promo all-in dijual S$60, itu lebih dari separo cuma buat bayar passenger service charge di Changi. Sisa S$30 apa cukup buat cost lain? Marketing pasti punya angka standar kalo 10% seat dijual promo, sisanya pasti nanggung yang dapet promo kemudian dipecah seatnya ada sekian per sub klas, selling price x rupiah. Yang ada di industri ini makanya kan usulnya tarif batas bawah dilepas, atasnya ditinggiin. Kalo rangenya sempit kaya sekarang, airline ga bisa bikin promo karena batas atasnya susah cukup buat nutup promo. Ini mengesampingkan praktek kartel kalo memang dilakukan.

AirAsia beritanya cukup clear. Mereka keluar dari jaringan tiket karena merasa diperlakukan tidak fair.
AirAsia upgrade system dan setelah selesai, tiket mereka tetep ngga nongol. Singkat cerita mereka cabut. Beredar kabar kalo layanan tiketing pernah dipanggil petinggi dua grup airline. Ini gosip tapi sampe ke media, bukan bisik bisik. Semua pihak pasti bantah berita ini, tapi arsipnya ada. Betul enggaknya semua orang pasti punya pendapat sendiri :mky_01:
BENER BANGET OM!! Saya kerja di Perusahaan Importir Spare Part alat berat, satu group sama Duo LMPV maut yg menurut orang2 profitnya kegedean. singkat cerita, saya impor Engine complete dari SG, dikirim oleh forwarder rekanan, saya cek kode penerbangannya, ternyata pakai SQ [cencored] 777-200. Engine tidak sampai 400kg, biayanya sangat wow. lebih mahal dari tiket 6 orang SG -CGK :mky_01:

User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 356
Joined: 29 Sep 2016, 18:10
Location: Sleman

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by dizco » 12 Jun 2019, 16:09

nimoo wrote:
12 Jun 2019, 15:49
Mudik tahun ini cukup sering lihat crv fortuner sampe alphard dkk dibawa mudik
Apa pengaruh tiket pesawat mahal ?
1. tiket mahal, dengan asumsi jkt-jog PP per kepala 4 juta naik garuda untuk mudik, jadi untuk 4 orang PP sudah kena 16 jutaan
2. tol trans-jawa, dengan asumsi berangkat dari rumah 3 jam sebelum jam departure, terbang 1.5 jam dan sampai tujuan setelah ambil bagasi dll dalam 1.5 jam juga (total 6 jam), dibandingkan dengan perjalanan mudik via tol/jalan darat yang bisa dilakukan dalam 8 - 16 jam, ya ribetnya terbayar. belum lagi di kampung bisa jalan jalan bawa mobil sendiri, nggak perlu ribet sewa mobil, pinjem, atau manggil taksi/taksol

beberapa saudara tahun ini mudik bawa mobil, dan memang mengakui setelah ada trans jawa plus tiket pesawat mahal, yah mending nyetir sih, dan kalaupun tiket pesawat normal juga mungkin tetap bawa mobil karena ada kemudahan extra yang ditawarkan mobil
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris

Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1517
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by Salvanost » 14 Jun 2019, 18:00

Image

Bukan orang parpol...
Direktur angkasa pura
Tapi kok gini ...

Btw lagi males bayar toll 15000 jakarta
Lewat jalan non toll
Parah macetnya
Toll macet tapi luar toll lebih parah macetnya

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1820
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by kunaskun » 14 Jun 2019, 19:25

nimoo wrote:
12 Jun 2019, 15:49
Mudik tahun ini cukup sering lihat crv fortuner sampe alphard dkk dibawa mudik
Apa pengaruh tiket pesawat mahal ?
ngga, walau memang ada pengaruhnya pesawat mahal karena saya baca berita drop 30% dari mudik tahun lalu. tapi tiap tahun saya di daerah amati arus mudik, mau mobil "aneh" macam apapun juga ada. mungkin yang ga dipake mudik tinggal kelas supercar/super luxury car. apalagi tahun ini bisa via toll round trip, setelah euforia trans jawa tahun lalu maka banyak yang siap2 pake mobil plus ketambahan pesawat mahal. dan setiap tahun di daerah saya itu lamer tetiba jadi kaya di jakarta, beragam bener mobilnya, pertama si hepi karena cuci mata, lama2 eneg juga karena jadi penuh dan macet :mky_02: lagipula kelasnya ANF/ANPJS/CRV/Venturer itu kacang goreng di daerah, kayanya bisa kurang dari 1:10 populasinya dari LMPV. nah yang diatasnya jarang.

seingat saya, mobil premium tahun baru berdasarkan plat dan model yang pernah saya liat untuk mudik itu kelasnya Lexus segala model, BMW/Merc segala model, paling mahal yang pernah saya liat: S Class/Seri 7/Panamera. Kenapa saya bilang ini untuk mudik? karena hari biasa ga pernah ketemu ginian. Mungkin kedepannya ada Bentayga?

mike22
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 858
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Location: SOC, INA
Daily Vehicle: GO+

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by mike22 » 14 Jun 2019, 19:49

nimoo wrote:
12 Jun 2019, 15:49
Mudik tahun ini cukup sering lihat crv fortuner sampe alphard dkk dibawa mudik
Apa pengaruh tiket pesawat mahal ?
+Pamer tentunya
Suka mobil sejak belum bisa naik sepeda.

Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1517
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by Salvanost » Today, 15:54

Sebenarnya FAKTOR X yg bikin harga tiket pesawat mahal itu apa? Kok 3 menteri jadi kaya diskon semua elemen biaya pengeluaran supaya tiket pesawat semakin murah?

Aneh aja liatnya...
Untuk mendukung penurunan tiket ini biaya-biaya pembentuk harga tiket penerbangan macam biaya parkir, hingga avtur akan dipangkas.

"Penurunan harga tiket penerbangan LCC domestik untuk jadwal penerbangan tertentu akan dilakukan. Untuk menjaga keberlangsungan industri (penerbangan) disepakati seluruh stakeholders akan menurunkan biaya-biayanya seperti Angkasa Pura atau avtur dari Pertamina dan lain-lain," ujar Sekretaris Menko Perekonomian Susiwijono.

Selain itu, pemerintah juga sedang memfasilitasi insentif jasa perawatan atau Maintenance Repair and Overhaul (MRO), leasing dari luar negeri, impor, dan penyerahan pesawat dan suku cadang.

Kemarin, Menkeu Sri Mulyani Indrawati sempat mengungkapkan soal rencana pemberian insentif pajak, berupa pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPn) untuk sewa pesawat dari luar negeri yang selama ini berlaku. Aturan ini diberlakukan untuk mengurangi beban biaya operasional maskapai penerbangan.

epurba
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 06 Jul 2018, 17:11

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by epurba » Today, 16:05

Tapi koq nggak ada yg singgung tentang landing fee yg dikenakan oleh Angkasa Pura ya? Apa karena itu juga harga tiket jadi naik?

Post Reply