Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: 29 Sep 2016, 18:10
Location: Sleman

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by dizco » 13 May 2019, 12:06

sintoni wrote:
13 May 2019, 11:32
dizco wrote:
13 May 2019, 11:02
Senargitar wrote:
12 May 2019, 17:03


Berapa banyak yg beli excecutive/business class cm utk pamer d medsos?
duduk doang nggak usah beli tiket kelas itu kok

saya pakai garuda bulan april lalu dari cgk-jog, lihat ada artis dan anaknya numpang duduk di kelas bisnis, minta difoto pramugari, lalu pindah duduk ke kelas ekonomi di belakang

pencitraan doang :mky_07:
Serius ini om? Haha.

Boleh dikasitau inisalnya?
serius, nggak enaklah kasih inisialnya, toh yang begini juga banyak. yang pasti artis lumayan populer, anak satu, dan sering posting kegiatan si anak
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3502
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by ginting » 13 May 2019, 15:03

mpvlover wrote:
13 May 2019, 10:54
GROUNDBREAKING! BERITA BAIK YANG SDH LAMA DITUNGGU TUNGGU

https://m.detik.com/finance/berita-ekon ... n-hari-ini
Ingat, yang terpenting itu bukan "Batas Atas" dan "Batas Bawah".
Yang terpenting itu real harganya di titik mana.

Katakanlah batas bawah : 500,000 (bottom) dan IDR 2,500,000,- untuk tiket ke Medan.
Kalau semua maskapai main di 60%-75% dari harga batas atas maka itu masih bikin rakyat kaget dan pilih naek moda lain.

Sebagai ilustrasi, keluarga Batak anak 3, mudik ke Medan, naek Pesawat
Biaya pesawat : 5 x 1.5 juta : 7,5 juta ==> V.V jadi 15 juta
Biya ke Bandara Soetta dan di Medan sono, 500,000 ===> V.V jadi 1 juta
Maka ditambah biaya selama mudik, maka habislah itu 30 juta.

Jadi gak salah juga kalau akhir orang banyak pilih Roadtrip..

Hidup SMRT -- Gak Perlu Ngebut Yang Penting Cepat Sampai :mky_07: :mky_07: :mky_07:

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18533
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by Turboman » 13 May 2019, 21:35

https://finance.detik.com/berita-ekonom ... batas-atas

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau maskapai murah atau LCC untuk turut menurunkan harga tiket pesawat hingga 50% dari batas atas terbaru.

Septianfkh
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 17 Aug 2018, 19:44
Daily Vehicle: 28D Mio smile AL 115S-CW

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by Septianfkh » 13 May 2019, 22:39

Ini efek tiket mahal saya jadi jual beli tiket kapal. Dan yang mengenaskan tiket kapal udah pada abis tanggal 20 keatas Balikpapan - Surabaya

bravely88
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 28 Nov 2017, 05:06

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by bravely88 » 14 May 2019, 00:15

Septianfkh wrote:
13 May 2019, 22:39
Ini efek tiket mahal saya jadi jual beli tiket kapal. Dan yang mengenaskan tiket kapal udah pada abis tanggal 20 keatas Balikpapan - Surabaya
Udah gitu jadwal kapal nggak tiap hari :big_childish:

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18533
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by Turboman » 14 May 2019, 01:00

Kalo ada JetFoil rute antar kota besar bisa laris

Septianfkh
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 17 Aug 2018, 19:44
Daily Vehicle: 28D Mio smile AL 115S-CW

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by Septianfkh » 14 May 2019, 03:25

Jaman dulu kan ada yang namanya ferry cepat, tapi sekarang cuma dioperasikan jarak dekat gak kayak dulu waktu jaman tiket hitungannya masih mahal bpn-sby masih ada. Eh kayaknya sekarang balik ke jaman dulu

User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1065
Joined: 31 Dec 2004, 02:23

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by liat2aja » 15 May 2019, 09:39

Penurunan katanya mulai hari ini.

Saya domisili Jambi, jadi saya cuma peduli tiket daerah saya. Dan... ya tidak turun. Tetap seperti kemarin. Memang ada berita katanya yg turun cuma jalur "gemuk" dan contoh ke Jayapura (bikin peraturan banyak S&K dengan hasil zonk). Untuk linknya tidak ketemu.

Tidak ada sanksi kalau tidak turun:
https://m.detik.com/finance/berita-ekon ... 1557886084

Cuma berlaku utk Garuda & Batik:
https://m.detik.com/finance/berita-ekon ... -batik-air

mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 552
Joined: 23 Feb 2007, 20:26

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by mpvlover » 15 May 2019, 10:16

Turboman wrote:
13 May 2019, 21:35
https://finance.detik.com/berita-ekonom ... batas-atas

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau maskapai murah atau LCC untuk turut menurunkan harga tiket pesawat hingga 50% dari batas atas terbaru.
Dan yg namanya himbauan kan pasti dituruti wekekekekk

uyab07
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 15 Jan 2016, 07:01

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by uyab07 » 15 May 2019, 10:30

ginting wrote:
13 May 2019, 15:03
mpvlover wrote:
13 May 2019, 10:54
GROUNDBREAKING! BERITA BAIK YANG SDH LAMA DITUNGGU TUNGGU

https://m.detik.com/finance/berita-ekon ... n-hari-ini
Ingat, yang terpenting itu bukan "Batas Atas" dan "Batas Bawah".
Yang terpenting itu real harganya di titik mana.

Katakanlah batas bawah : 500,000 (bottom) dan IDR 2,500,000,- untuk tiket ke Medan.
Kalau semua maskapai main di 60%-75% dari harga batas atas maka itu masih bikin rakyat kaget dan pilih naek moda lain.

Sebagai ilustrasi, keluarga Batak anak 3, mudik ke Medan, naek Pesawat
Biaya pesawat : 5 x 1.5 juta : 7,5 juta ==> V.V jadi 15 juta
Biya ke Bandara Soetta dan di Medan sono, 500,000 ===> V.V jadi 1 juta
Maka ditambah biaya selama mudik, maka habislah itu 30 juta.

Jadi gak salah juga kalau akhir orang banyak pilih Roadtrip..

Hidup SMRT -- Gak Perlu Ngebut Yang Penting Cepat Sampai :mky_07: :mky_07: :mky_07:
Pengennya juga roadtrip, apa daya makassar kediri sepertinya malah lebih mahal jatuhnya drpd naik pesawat dan waktu tempuhnya yg lama di kapalnya :(

yudhisuwandono
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 195
Joined: 08 Sep 2008, 15:01

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by yudhisuwandono » 15 May 2019, 10:37

Jika Tiket Pesawat Mahal, Pemudik Pakai Mobil Pribadi Bukan Bus
- detikOto- detik.com

TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3138
Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by TUFF Stough » 15 May 2019, 15:33

barusan mantau tiket pulkam buat wiken ini.mayan turun 200rb.

User avatar
sintoni
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2747
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by sintoni » 15 May 2019, 17:16

TUFF Stough wrote:
15 May 2019, 15:33
barusan mantau tiket pulkam buat wiken ini.mayan turun 200rb. Image
Ane cek malah sama aja om, ga ada beda sama kemaren. Haha.

kepo2601
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: 13 Mar 2016, 10:54

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by kepo2601 » 15 May 2019, 17:19

tiket pulang kampung saya tetep stay diatas 2jt :glodak:
As simple as possible to make it easier for you and everyone else

User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: 29 Sep 2016, 18:10
Location: Sleman

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by dizco » 15 May 2019, 17:57

high season kok nurunin tiket, paling cepat mungkin agustus ya baru bisa turun
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris

TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3138
Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by TUFF Stough » 16 May 2019, 10:42

dizco wrote:high season kok nurunin tiket, paling cepat mungkin agustus ya baru bisa turun
cek pagi ini balik lagi ke sebelumnya Image

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 18533
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by Turboman » 16 May 2019, 17:17

https://finance.detik.com/berita-ekonom ... sa-dicabut

Sanksi itu bersifat bertingkat, dari peringatan hingga pencabutan izin.

mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 552
Joined: 23 Feb 2007, 20:26

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by mpvlover » 16 May 2019, 19:35

Ga mungkin cabut izin lion air, lalu mau naek pesawat apa hahaha

Lagian utang kampanye baru aja mulai dicicil balik, masih lama lunasnya

TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3138
Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by TUFF Stough » 18 May 2019, 12:27

harga tiket makin gak jelas.

pagi tadi lihat ada tiket Sriwijaya TNJ-CGK seharga 600an rb. bbrp jam kemudian naik lagi jadi 1 . 1jt

roadmap
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 04 Nov 2018, 11:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by roadmap » 20 May 2019, 08:32

Penurunannya kurang nendang. Banda Aceh - Jakarta dr 2.9 jt one way menjadi 2.5jt. Mayan sih 400rban. Tapi kalau di bandingkan Desember tahun lalu GA termurah masih bisa dibeli dgn harga 1.2an jt. So harga skrg masih 2 kali lipat harga akhir tahun lalu.

Semoga rejeki diperlancar terus supaya bisa tetap pulang rutin ke Jakarta untuk bertemu keluarga. Amin..

User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1065
Joined: 31 Dec 2004, 02:23

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by liat2aja » 20 May 2019, 08:46

roadmap wrote:
20 May 2019, 08:32
Penurunannya kurang nendang. Banda Aceh - Jakarta dr 2.9 jt one way menjadi 2.5jt. Mayan sih 400rban. Tapi kalau di bandingkan Desember tahun lalu GA termurah masih bisa dibeli dgn harga 1.2an jt. So harga skrg masih 2 kali lipat harga akhir tahun lalu. Image

Semoga rejeki diperlancar terus supaya bisa tetap pulang rutin ke Jakarta untuk bertemu keluarga. Amin..
Tempat saya Citilink biasa 600-800 naik jadi sekitar Rp 1.4 juta sekarang sekitar 1.2 jt. Diterima sajalah, tidak ada pilihan karena untuk ke Jakarta alternatif lain membutuhkan waktu yg lama padahal liburan sering waktunya singkat sekali. Biasa sama istri dan anak 2, jadi ongkosnya lumayan.

User avatar
sintoni
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2747
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by sintoni » 20 May 2019, 10:17

Rasanya kok malah ga ada penurunan yah. Hahaha.

Masih sama2 aja.

riisesky
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: 06 Aug 2015, 13:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Latio

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by riisesky » 20 May 2019, 10:40

kartel nya yang satu bumn yang satu dibawah ketek penguasa...yowes mau banyak yang tereak juga sebodo amat wong dijamin aman
Past : G100 CB-23 '87, Dan Gan 4G15 '90, Fj 40 '82, TBR541 LS At '00, C11 MR18DE '06,
Present : C24 QR20DE '11 GK 5 MT '15, T32 QR25DE '16

Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by Salvanost » 22 May 2019, 21:59

lucu juga ya kenaikan tiket dadakan gini malah merembet kemana mana
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I mengaku mengalami penurunan jumlah penumpang sejal awal tahun hingga Mei 2019 ini. Salah satu faktor yang menunjang terjadinya penurunan penumpang itu karena mahalnya harga tiket pesawat. "Jadi penurunan traffic sampai dengan Mei ini ya ke kita itu sekitar 15 sampai 20 persen penurunannya dibandingkan tahun lalu," ujar Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi di Jakarta, Rabu (22/5/2019). Faik mengatakan, penurunan jumlah penumpang itu terjadi di 14 bandara yang dikelola perseroannya. Penurunan jumlah penumpang itu pun berimbas kepada revenue perusahaan. "Dampak terhadap finansial hitungan kita kemarin sampai dengan bulan Mei sekitar Rp 300 miliar lah dari awal tahun," kata Faik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tiket Pesawat Mahal, AP I Kehilangan Keuntungan Rp 300 Miliar", https://money.kompas.com/read/2019/05/2 ... 300-miliar.
Penulis : Akhdi Martin Pratama
Editor : Erlangga Djumena

Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 579
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by Zaxis » 22 May 2019, 22:54

Lumayan lah udah turun 10-15% kok

Post Reply