bagaimana jika BPKB Hilang?

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
irdna
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: 14 Aug 2014, 16:54

bagaimana jika BPKB Hilang?

Post by irdna » 06 Apr 2019, 16:46

sesuai judul thread ini

jadi saya baru aja kehilangan BPKB

saya bulan 2 kemaren perpanjang STNK di samsat gading serpong
sya bawa bpkb ke sana juga untuk urus perpanjangan stnk
nah setelah 2 mnggu baru sadar kalau BPKB ga ada
udah di cari2 di rumah di bongkar smua sampe ke mobil jg ga ketemu

saya curiga waktu perpanajngan STNK bpkb nya lupa di kembalikan sama samsat dan jg saya lupa ambil dan ga cek karena wktu itu udah buru2 di kejer waktu, tp saat saya konfirmasi tanya langsung ke sana kebetulan org di sana judes2 bgt dan blm di cek udah blg ga ada.


nah pgn tnya ni ada yg pernah ngalamin bpkb ilang dan gmn ya urusnya? repot atau ga?
apa bener kalau kita bkin bpkb baru yg mncul adalah tulisan bpkb duplikat yg bakal bikin harga jual jatuh bgt?

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16753
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: bagaimana jika BPKB Hilang?

Post by DOHC » 06 Apr 2019, 17:14

setau ane, kl ilang trus ke samsat bikin baru yah nanti jadi nya BPKB duplikat, dan walaupun secara hukum gapapa dan masih sah tuh mobil milik TS, tp pas dijual bakal di bantai abis2an harga jual nya..

mungkin kl mau, bsa coba di balik nama aj tuh mobil, misal dr tangan TS ke saudara, jd bsa blg nya itu mobil tangan kedua..

CMIIW ahh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

elraedrew
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 254
Joined: 21 Mar 2014, 09:13

Re: bagaimana jika BPKB Hilang?

Post by elraedrew » 06 Apr 2019, 17:50

Belom pernah dengar baliknama dengan kondisi bpkb hilang. Mustinya samsat ada prosedurnya juga utk bpkb hilang seperti apa. Kalau masi tangan 1 saya rasa sih ga susah. Klo ribet bisa melalui biro jasa aja gan

FU27
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 297
Joined: 03 May 2017, 16:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Contact:

Re: bagaimana jika BPKB Hilang?

Post by FU27 » 06 Apr 2019, 19:39

Setau saya harus buat surat kehilangan dari polisi, surat keterangan dari beberapa leasing, beberapa kali iklan di koran. Ribet dah

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2616
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: bagaimana jika BPKB Hilang?

Post by b8099ok » 07 Apr 2019, 10:31

Ini klo ga salah ada kejadian jg ama seekor mahluk bernama berbi. Mark x ilang bpkbnya,...
Tune and drive! :big_love:

VIPSERIES
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: 05 May 2015, 08:19
Location: Shangri-La Residences

Re: bagaimana jika BPKB Hilang?

Post by VIPSERIES » 08 Apr 2019, 07:40

b8099ok wrote:
07 Apr 2019, 10:31
Ini klo ga salah ada kejadian jg ama seekor mahluk bernama berbi. Mark x ilang bpkbnya,...
Semua aja lu kasih tau :snipersmile:

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4077
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2016
Contact:

Re: bagaimana jika BPKB Hilang?

Post by F 272 » 08 Apr 2019, 07:49

Ini mah mudah..............semua bisa di temukan di mbah Google...

1. Bikin laporan kehilangan


Langkah pertama yang harus kamu lakukan buat mengurus BPKB hilang adalah dengan bikin laporan kehilangan di kantor polisi terdekat.

Pihak kepolisian bakal bikin Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang memberitahukan kalau BPKB kamu hilang.

Biasanya mereka bakal meminta identitas diri kamu seperti KTP atau SIM. Setelah itu, kamu bakal diminta buat menjelaskan kronologis kehilangan BPKB.

Surat pernyataan tersebut harus diberi materai Rp 6000 dan kamu tandatangani.

2. Surat keterangan dari bank minta surat keterangan dari bank


Selain surat keterangan kehilangan dari kepolisian, kamu juga harus bikin surat keterangan dari bank.

Surat keterangan dari bank bertujuan buat memastikan kalau BPKB gak dalam status sebagai jaminan bank. Surat keterangan itu juga harus dilengkapi dengan materai Rp 6000.

3. Bukti penyiaran di media bpkb-hilang Bukti penyiaran di media cetak (baktiartha)

Selain surat keterangan dari kepolisian dan bank, kamu juga harus melampirkan bukti penyiaran di media.

Kamu bisa memanfaatkan iklan baris yang biayanya relatif murah. Tujuannya adalah buat meminimalisir BPKBmu dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang gak bertanggung jawab.

Jangan lupa buat menyimpan iklan tersebut sebagai bukti dan kuitansi pemasangan iklan.

4. Datang ke SAMSAT

Setelah surat keterangan surat lengkap, kamu bisa langsung datang ke Samsat di tempat kendaraanmu terdaftar.

Selain surat keterangan, ada beberapa dokumen yang harus kamu persiapkan, seperti:

:frm_tumbleft: Identitas diri serta satu lembar fotokopinya. Jika berhalangan hadir, bisa melampirkan surat kuasa bermaterai buat perorangan.

Kalau buat badan hukum, kamu harus membawa salinan akte pendirian beserta satu lembar fotokopi, keterangan domisili, surat kuasa bermaterai yang ditandatangani pimpinan perusahaan serta cap badan hukum yang bersangkutan.

Sedangkan buat instansi pemerintah, diharuskan buat membawa surat keterangan kepemilikan BPKB instansi yang ditandatangi oleh pimpinan dan dibubuhi cap instansi.

:frm_tumbleft: Membawa STNK asli serta satu lembar fotokopnyai.

Saat melakukan pendaftaran, kamu juga diharuskan mengisi formulir permohonan dan membawa kendaraan karena petugas bakal melakukan cek fisik kendaraan dengan mengambil nomor rangka dan mesin kendaraan.

Jika semua persyaratan lengkap dan petugas udah menerimanya, maka proses pembuatan BPKB bakal membutuhkan waktu sekitar satu bulan.

Lalu, berapa biaya mengurus BPKB?

Seperti yang dikutip dari situs resmi Kemendagri, berikut ini adalah biaya yang harus kamu persiapkan buat biaya penerbitan BPKB.

1. Kendaraan bermotor roda dua atau tiga

Baru sebesar Rp 225 ribu.
Ganti kepemilikan sebesar Rp 225 ribu.

2. Kendaraan bermotor roda empat atau lebih

Baru sebesar Rp 375 ribu.
Ganti kepemilikan sebesar Rp 375 ribu.

Itu dia cara mudah mengurus BPKB hilang serta biaya yang harus kamu persiapkan. Gak ribet, kan? Jadi, kamu gak perlu pakai calo biar pengeluaran gak membengkak.

Sumber : https://www.moneysmart.id/bpkb-hilang-i ... ngurusnya/

:mky_02: :mky_02: :mky_02:

Baca Juga : https://www.cermati.com/artikel/cara-me ... ang-hilang

Smoga dapat membantu yah om.... :big_smile] :big_peace:

irdna
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: 14 Aug 2014, 16:54

Re: bagaimana jika BPKB Hilang?

Post by irdna » 08 Apr 2019, 08:19

F 272 wrote:
08 Apr 2019, 07:49
Ini mah mudah..............semua bisa di temukan di mbah Google...

1. Bikin laporan kehilangan


Langkah pertama yang harus kamu lakukan buat mengurus BPKB hilang adalah dengan bikin laporan kehilangan di kantor polisi terdekat.

Pihak kepolisian bakal bikin Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang memberitahukan kalau BPKB kamu hilang.

Biasanya mereka bakal meminta identitas diri kamu seperti KTP atau SIM. Setelah itu, kamu bakal diminta buat menjelaskan kronologis kehilangan BPKB.

Surat pernyataan tersebut harus diberi materai Rp 6000 dan kamu tandatangani.

2. Surat keterangan dari bank minta surat keterangan dari bank


Selain surat keterangan kehilangan dari kepolisian, kamu juga harus bikin surat keterangan dari bank.

Surat keterangan dari bank bertujuan buat memastikan kalau BPKB gak dalam status sebagai jaminan bank. Surat keterangan itu juga harus dilengkapi dengan materai Rp 6000.

3. Bukti penyiaran di media bpkb-hilang Bukti penyiaran di media cetak (baktiartha)

Selain surat keterangan dari kepolisian dan bank, kamu juga harus melampirkan bukti penyiaran di media.

Kamu bisa memanfaatkan iklan baris yang biayanya relatif murah. Tujuannya adalah buat meminimalisir BPKBmu dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang gak bertanggung jawab.

Jangan lupa buat menyimpan iklan tersebut sebagai bukti dan kuitansi pemasangan iklan.

4. Datang ke SAMSAT

Setelah surat keterangan surat lengkap, kamu bisa langsung datang ke Samsat di tempat kendaraanmu terdaftar.

Selain surat keterangan, ada beberapa dokumen yang harus kamu persiapkan, seperti:

:frm_tumbleft: Identitas diri serta satu lembar fotokopinya. Jika berhalangan hadir, bisa melampirkan surat kuasa bermaterai buat perorangan.

Kalau buat badan hukum, kamu harus membawa salinan akte pendirian beserta satu lembar fotokopi, keterangan domisili, surat kuasa bermaterai yang ditandatangani pimpinan perusahaan serta cap badan hukum yang bersangkutan.

Sedangkan buat instansi pemerintah, diharuskan buat membawa surat keterangan kepemilikan BPKB instansi yang ditandatangi oleh pimpinan dan dibubuhi cap instansi.

:frm_tumbleft: Membawa STNK asli serta satu lembar fotokopnyai.

Saat melakukan pendaftaran, kamu juga diharuskan mengisi formulir permohonan dan membawa kendaraan karena petugas bakal melakukan cek fisik kendaraan dengan mengambil nomor rangka dan mesin kendaraan.

Jika semua persyaratan lengkap dan petugas udah menerimanya, maka proses pembuatan BPKB bakal membutuhkan waktu sekitar satu bulan.

Lalu, berapa biaya mengurus BPKB?

Seperti yang dikutip dari situs resmi Kemendagri, berikut ini adalah biaya yang harus kamu persiapkan buat biaya penerbitan BPKB.

1. Kendaraan bermotor roda dua atau tiga

Baru sebesar Rp 225 ribu.
Ganti kepemilikan sebesar Rp 225 ribu.

2. Kendaraan bermotor roda empat atau lebih

Baru sebesar Rp 375 ribu.
Ganti kepemilikan sebesar Rp 375 ribu.

Itu dia cara mudah mengurus BPKB hilang serta biaya yang harus kamu persiapkan. Gak ribet, kan? Jadi, kamu gak perlu pakai calo biar pengeluaran gak membengkak.

Sumber : https://www.moneysmart.id/bpkb-hilang-i ... ngurusnya/

:mky_02: :mky_02: :mky_02:

Baca Juga : https://www.cermati.com/artikel/cara-me ... ang-hilang

Smoga dapat membantu yah om.... :big_smile] :big_peace:
iya trimakasih om
cmn sya mau tau dari pengalaman langsung
kadang2 kalau dari google keliatannya mudah
tp di lapangan berbelit2 dan prosesnya panjang
tau sendiri di negara kita tercinta ini birokrasinya ga beres


kebetulan mobil ane yg ilang bpkb nya camry 2016
rencana pgn d jual tp bpkb nya malah ilang

di atas ada yg blg balik nama, emgnya kalua balik nama bpkbnya jadi bkn duplikat lagi?

donkey53
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 11 Jan 2016, 12:34

Re: bagaimana jika BPKB Hilang?

Post by donkey53 » 08 Apr 2019, 08:28

Numpang berbagi pengalaman sebelumnya karena pernah 2x kehilangan bpkb 1x mobil dan 1x motor.

Yang saya lakukan waktu itu:
1. Buat laporan kehilangan di,polsek terdekat
2. Buat iklan di 3 media cetak yg isinya mengumumkan bahwa bpkb kendaraan hilang
3. Datang ke samsat untuk cek fisik dan penyerahan berkas (termasuk guntingan iklan dr media cetak)
4. Menunggu proses penerbitan bpkb duplikat dr polda selama 3 bulan

Saya ga pake surat keterangan dr bank dan ga ditanyain pas di samsat.
Untuk biaya kira2 sesuai dengan info dr Mod F ditambah uang rokok buat para petugas.

Oh ya, buat iklan media cetak bisa dr koran mana aja jd pilih aja yang murah. Yang bikin ribet adalah harus beberapa kali mondar mandir samsat n polda buat pengurusan berkas.

ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1777
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: bagaimana jika BPKB Hilang?

Post by ilhami » 08 Apr 2019, 09:18

Pakai biro jasa aja om. Semoga dilancarkan urusannya.

Seinarukana
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 23 Sep 2018, 07:12

Re: bagaimana jika BPKB Hilang?

Post by Seinarukana » 08 Apr 2019, 14:37

Adakah yang udah experience pake biro jasa dan tarifnya?

Kebeneran keluarga ada yang kena juga, sepertinya ketelisut waktu mereka pindahan rumah. Rencana mereka sebenernya baru mau bikin bpkb menjelang platnya habis taun depan tapi udah mulai tanya2 biro jasa dari sekarang. Kaget juga waktu denger untuk mobil jazz lama langsung dipatok lima juta di beberapa biro jasa yang deket rumahnya. :e-think:

Michaelktp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 508
Joined: 02 Nov 2013, 15:00

Re: bagaimana jika BPKB Hilang?

Post by Michaelktp » 08 Apr 2019, 16:29

Dulu BPKB teman Bapak saya ada yang hilang 2 lembar halaman tengahnya tanpa disadari. Sama sekali tidak ketahuan kapan dan kenapa. Mungkin kesalahan pada biro jasa perpanjangan STNK atau pihak leasing. Secara kata ownernya untuk perpanjangan STNK di Samsat setiap tahun tidak ada masalah sama sekali Nah masalah baru muncul saat mobil mau dijual karena buyer saat sadar kalau ada lembar BPKB yang hilang selalu menuntut pengembalian uang pembelian yang sudah ditransfer. Ini bahkan terjadi sampai 2 kali dengan buyer dan waktu yang berbeda. Entah bagaimana endingnya. Feeling saya baru bisa dilepas tapi syarat dan ketentuan yang berat berlaku terutama pada RV nya.

sh00t
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: bagaimana jika BPKB Hilang?

Post by sh00t » 08 Apr 2019, 17:10

Michaelktp wrote:
08 Apr 2019, 16:29
Dulu BPKB teman Bapak saya ada yang hilang 2 lembar halaman tengahnya tanpa disadari. Sama sekali tidak ketahuan kapan dan kenapa. Mungkin kesalahan pada biro jasa perpanjangan STNK atau pihak leasing. Secara kata ownernya untuk perpanjangan STNK di Samsat setiap tahun tidak ada masalah sama sekali Nah masalah baru muncul saat mobil mau dijual karena buyer saat sadar kalau ada lembar BPKB yang hilang selalu menuntut pengembalian uang pembelian yang sudah ditransfer. Ini bahkan terjadi sampai 2 kali dengan buyer dan waktu yang berbeda. Entah bagaimana endingnya. Feeling saya baru bisa dilepas tapi syarat dan ketentuan yang berat berlaku terutama pada RV nya.
Waduh! Habis ini saya musti cek BPKB nih. Habis selama ini gak pernah cek itu BPKB. Thanks om FYI. :big_exellent:

Michaelktp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 508
Joined: 02 Nov 2013, 15:00

Re: bagaimana jika BPKB Hilang?

Post by Michaelktp » 08 Apr 2019, 17:45

sh00t wrote:
08 Apr 2019, 17:10
Michaelktp wrote:
08 Apr 2019, 16:29
Dulu BPKB teman Bapak saya ada yang hilang 2 lembar halaman tengahnya tanpa disadari. Sama sekali tidak ketahuan kapan dan kenapa. Mungkin kesalahan pada biro jasa perpanjangan STNK atau pihak leasing. Secara kata ownernya untuk perpanjangan STNK di Samsat setiap tahun tidak ada masalah sama sekali Nah masalah baru muncul saat mobil mau dijual karena buyer saat sadar kalau ada lembar BPKB yang hilang selalu menuntut pengembalian uang pembelian yang sudah ditransfer. Ini bahkan terjadi sampai 2 kali dengan buyer dan waktu yang berbeda. Entah bagaimana endingnya. Feeling saya baru bisa dilepas tapi syarat dan ketentuan yang berat berlaku terutama pada RV nya.
Waduh! Habis ini saya musti cek BPKB nih. Habis selama ini gak pernah cek itu BPKB. Thanks om FYI. :big_exellent:
Sama sama brow.
Dulu sebelum tahu kejadian ini saya boro boro mengecek detail lembar BPKB . Secara BPKB hanya keluar setahun sekali saat perpanjangan STNK hehehe.

iwing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1198
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: bagaimana jika BPKB Hilang?

Post by iwing » 08 Apr 2019, 18:50

Michaelktp wrote:
08 Apr 2019, 16:29
Dulu BPKB teman Bapak saya ada yang hilang 2 lembar halaman tengahnya tanpa disadari. Sama sekali tidak ketahuan kapan dan kenapa. Mungkin kesalahan pada biro jasa perpanjangan STNK atau pihak leasing. Secara kata ownernya untuk perpanjangan STNK di Samsat setiap tahun tidak ada masalah sama sekali Nah masalah baru muncul saat mobil mau dijual karena buyer saat sadar kalau ada lembar BPKB yang hilang selalu menuntut pengembalian uang pembelian yang sudah ditransfer. Ini bahkan terjadi sampai 2 kali dengan buyer dan waktu yang berbeda. Entah bagaimana endingnya. Feeling saya baru bisa dilepas tapi syarat dan ketentuan yang berat berlaku terutama pada RV nya.
ini hilang nya kelihatan ada bekas sobekan..?? saya mo cek juga nih. gak pernah buka2 bpkb

Michaelktp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 508
Joined: 02 Nov 2013, 15:00

Re: bagaimana jika BPKB Hilang?

Post by Michaelktp » 08 Apr 2019, 19:02

iwing wrote:
08 Apr 2019, 18:50
Michaelktp wrote:
08 Apr 2019, 16:29
Dulu BPKB teman Bapak saya ada yang hilang 2 lembar halaman tengahnya tanpa disadari. Sama sekali tidak ketahuan kapan dan kenapa. Mungkin kesalahan pada biro jasa perpanjangan STNK atau pihak leasing. Secara kata ownernya untuk perpanjangan STNK di Samsat setiap tahun tidak ada masalah sama sekali Nah masalah baru muncul saat mobil mau dijual karena buyer saat sadar kalau ada lembar BPKB yang hilang selalu menuntut pengembalian uang pembelian yang sudah ditransfer. Ini bahkan terjadi sampai 2 kali dengan buyer dan waktu yang berbeda. Entah bagaimana endingnya. Feeling saya baru bisa dilepas tapi syarat dan ketentuan yang berat berlaku terutama pada RV nya.
ini hilang nya kelihatan ada bekas sobekan..?? saya mo cek juga nih. gak pernah buka2 bpkb
Seingat saya tidak kelihatan sobekan dan langsung melompat saja nomer lembar halaman BPKB nya.

harsiswanto
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 22 Jul 2018, 19:37
Location: Batusangkar, Kab. Tanah Datar
Daily Vehicle: Honda

Re: bagaimana jika BPKB Hilang?

Post by harsiswanto » 08 Apr 2019, 19:48

Kalau legalitas nya sih harusnya gak masalah. Toh di database bakal ada nama pemilik, nomor rangka dan nomor mesin.
Mungkin akan sedikit ribet ngurus BPKB penggantinya aja sih

Post Reply