Jika ada rekan2 SM yg bekerja di ESDM / advisor RI-1 :
Dalam rangka mengurangi import BBM, Gas Alam bisa di konversi menjadi BBM, seiring ditemukannya cadangan Gas Jumbo :
https://m.detik.com/finance/energi/d-44 ... sakakemang
ini contoh produk2 GTL (Gas to Liquid)
Utk Diesel Fuel / Solar, Solar sintetis GTL dari sintesa Gas Alam memiliki angka CN 60 - 70 an & bebas Sulphur
Cadangan Gas Jumbo & mengurangi import Solar / BBM ?
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
- Turboman
- SM Specialist
- Posts: 21985
- Joined: 12 Dec 2005, 12:14
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 131
- Joined: 06 Feb 2018, 15:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: FortunerVNT TRD 2015
Re: Cadangan Gas Jumbo & mengurangi import Solar / BBM ?
Semacam bus2 TJ yg pk BBG ya om? Diesel tp BBG..
Turboman wrote:Jika ada rekan2 SM yg bekerja di ESDM / advisor RI-1 :
Dalam rangka mengurangi import BBM, Gas Alam bisa di konversi menjadi BBM, seiring ditemukannya cadangan Gas Jumbo :
https://m.detik.com/finance/energi/d-44 ... sakakemang
ini contoh produk2 GTL (Gas to Liquid)
Utk Diesel Fuel / Solar, Solar sintetis GTL dari sintesa Gas Alam memiliki angka CN 60 - 70 an & bebas Sulphur
- Turboman
- SM Specialist
- Posts: 21985
- Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Re: Cadangan Gas Jumbo & mengurangi import Solar / BBM ?
GTL is cairan.....jadi cairan Solar / bensinCumiDarat wrote:Semacam bus2 TJ yg pk BBG ya om? Diesel tp BBG..Turboman wrote:Jika ada rekan2 SM yg bekerja di ESDM / advisor RI-1 :
Dalam rangka mengurangi import BBM, Gas Alam bisa di konversi menjadi BBM, seiring ditemukannya cadangan Gas Jumbo :
https://m.detik.com/finance/energi/d-44 ... sakakemang
ini contoh produk2 GTL (Gas to Liquid)
Utk Diesel Fuel / Solar, Solar sintetis GTL dari sintesa Gas Alam memiliki angka CN 60 - 70 an & bebas Sulphur
wujud cair, bukan gas
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 84
- Joined: 20 Dec 2015, 10:22
Re: Cadangan Gas Jumbo & mengurangi import Solar / BBM ?
Beberapa catatan GTL
1. Lisensi proses masih dipegang perusahaan besar seperti Shell, Sasol, BP, ENI dan beberapa mini GTL
2. Menggunakan katalis untuk menjahit rantai karbon panjangnya. Katalis paling murah besi namun banyak karbon (yang berarti energi) yang terbuang dan perlu penggantian katalis lebih sering.
3. Katalis paling ekonomis kobalt (rare metal) dengan penggantian katalis sekitar 5 tahun.
4. Produksi syngas-nya memerlukan O2 murni yang memerlukan pendinginan (energi lagi) yang cukup besar.
5. Keekonomian shell GTL Qatar konon dibantu produksi kondensatnya - dan untuk pabrik besar Shell GTL Qatar, keekomian tercapai jika harga minyak > $40/barrel. Semakin kecil skalanya, angka tersebut semakin besar.
1. Lisensi proses masih dipegang perusahaan besar seperti Shell, Sasol, BP, ENI dan beberapa mini GTL
2. Menggunakan katalis untuk menjahit rantai karbon panjangnya. Katalis paling murah besi namun banyak karbon (yang berarti energi) yang terbuang dan perlu penggantian katalis lebih sering.
3. Katalis paling ekonomis kobalt (rare metal) dengan penggantian katalis sekitar 5 tahun.
4. Produksi syngas-nya memerlukan O2 murni yang memerlukan pendinginan (energi lagi) yang cukup besar.
5. Keekonomian shell GTL Qatar konon dibantu produksi kondensatnya - dan untuk pabrik besar Shell GTL Qatar, keekomian tercapai jika harga minyak > $40/barrel. Semakin kecil skalanya, angka tersebut semakin besar.
- Turboman
- SM Specialist
- Posts: 21985
- Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Re: Cadangan Gas Jumbo & mengurangi import Solar / BBM ?
Mantap infonyajoshuawikarta wrote:Beberapa catatan GTL
1. Lisensi proses masih dipegang perusahaan besar seperti Shell, Sasol, BP, ENI dan beberapa mini GTL
2. Menggunakan katalis untuk menjahit rantai karbon panjangnya. Katalis paling murah besi namun banyak karbon (yang berarti energi) yang terbuang dan perlu penggantian katalis lebih sering.
3. Katalis paling ekonomis kobalt (rare metal) dengan penggantian katalis sekitar 5 tahun.
4. Produksi syngas-nya memerlukan O2 murni yang memerlukan pendinginan (energi lagi) yang cukup besar.
5. Keekonomian shell GTL Qatar konon dibantu produksi kondensatnya - dan untuk pabrik besar Shell GTL Qatar, keekomian tercapai jika harga minyak > $40/barrel. Semakin kecil skalanya, angka tersebut semakin besar.
Utk gas field kelas 2 TCF apakah ekonomis dibangun GTL plant ?
Dalam rangka mengurangi impor solar, sebetulnya opsi pembangunan GTL plant bisa dipertimbangkan, krn bahan baku Gas nya milik sendiri.....bukan beli dr luar
GTL plant juga utk menghasilkan bahan baku pelumas VHVI base / bahan baku plastik & petrokimia
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 84
- Joined: 20 Dec 2015, 10:22
Re: Cadangan Gas Jumbo & mengurangi import Solar / BBM ?
Bisa ekonomis - Nggak perlu pakai license kumpeni besar atau kebarat-baratan. Baru baca-baca, China juga mengembangkan teknologi ini dengan sumber syn-gas dari coal instead of methane dengan katalis besi. Mungkin bisa nyontek dikit, walaupun bisa jadi diskusi panjang lagi..
Toh untuk gas di Indonesia sudah sisa untuk puluhan tahun lagi sedangkan coal bisa seratusan tahun.
Lupakan masalah kotornya coal.. ini masalah survival.
Toh untuk gas di Indonesia sudah sisa untuk puluhan tahun lagi sedangkan coal bisa seratusan tahun.
Lupakan masalah kotornya coal.. ini masalah survival.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1476
- Joined: 06 Jan 2019, 09:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Cadangan Gas Jumbo & mengurangi import Solar / BBM ?
luar biasa Indonesia ini ya...kekayaan alam banyak banget...semoga bisa sejahtera rakyatnya
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 6 Replies
- 400 Views
-
Last post by RezPrat
-
- 3 Replies
- 380 Views
-
Last post by qushay20019
-
- 10 Replies
- 313 Views
-
Last post by alvin23
-
- 55 Replies
- 6595 Views
-
Last post by Andhyka