Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by NYoman »

Kalau AC yang gak nyala setelah cabut GPU kayaknya wajar deh.. Dan itu semua emg prosedur, matikan AC supaya tekanan cukup untuk memutar turbin..
Yang saya heran, kalau Lion yang kena itu ributnya bisa sampai tulang.. GA juga sering delay dan malah pernah mereka sempat buat boarding pas manual selama 2 minggu karena penggantian sistem dan malah amburadul, saya sendiri baru berangkat besoknya dari yang harusnya berangkat jam 8 pagi. Kalau GA yang kena pada diem2an hmm..

Back to the case, sampai sekarang saya berharap korban selamat, kalaupun tidak jenazah setidaknya masih berbentuk utuh saat ditemukan.. Untuk kasus diluar pencarian korban saya cuma nunggu hasil analisa KNKT dan NTSB serta Boeing..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
adhika
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Mon Feb 15, 2016 15:48

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by adhika »

Memang industri aviasi itu zero tolerance mistake. Oleh karena itu jadi agak malas bekerja di bidang aviasi. Kebayang gimana pressurenya karena menuntut presisi tinggi. Masih banyak bidang pekerjaan lain masih bisa menoleransi kesalahan
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11007
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by marmut »

NYoman wrote: Tue Oct 30, 2018 3:52
-

Yang saya heran, kalau Lion yang kena itu ributnya bisa sampai tulang.. GA juga sering delay dan malah pernah mereka sempat buat boarding pas manual selama 2 minggu karena penggantian sistem dan malah amburadul, saya sendiri baru berangkat besoknya dari yang harusnya berangkat jam 8 pagi. Kalau GA yang kena pada diem2an hmm..

-

kasus seperti ini tidak hanya terjadi di dunia penerbangan om.... tau sendiri lah.
apalagi mayoritas orang senengnya "selawé njaluk selamet".
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by Turboman »

Utk kasus PK - LQP ini saya malah kasihan dgn pihak JT

Kalo keyakinan saya pribadi, pesawat nya ada kemungkinan cacat dari pabriknya (mungkin yah)

DISCLAIMER ON

Tetep gimanapun better nunggu hasil KNKT
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by pengendiesel »

NYoman wrote: Tue Oct 30, 2018 3:52 Kalau AC yang gak nyala setelah cabut GPU kayaknya wajar deh.. Dan itu semua emg prosedur, matikan AC supaya tekanan cukup untuk memutar turbin..
Yang saya heran, kalau Lion yang kena itu ributnya bisa sampai tulang.. GA juga sering delay dan malah pernah mereka sempat buat boarding pas manual selama 2 minggu karena penggantian sistem dan malah amburadul, saya sendiri baru berangkat besoknya dari yang harusnya berangkat jam 8 pagi. Kalau GA yang kena pada diem2an hmm..

Back to the case, sampai sekarang saya berharap korban selamat, kalaupun tidak jenazah setidaknya masih berbentuk utuh saat ditemukan.. Untuk kasus diluar pencarian korban saya cuma nunggu hasil analisa KNKT dan NTSB serta Boeing..
Wkwkwkwkwk, setuju banget yang ini. Sebagian besar masyarakat Indo begitu dengar 'Lion' sudah mual duluan.
Contoh gampang, saat Lion delay, selalu ada yg nyeletuk : pake Lion sih, makanya delay. Tp pas pakai maskapai lain dan delay, hampir gak pernah ada omongan seperti itu.

Padahal sebagai pengguna jasa pesawat yg lumayan rutin, saya bisa bilang kenyataan di lapangan : yg delay parah itu semua maskapai, you name it, we have it :big_weee:
LCC ijo bahkan mainnya cancel flight dan kita dipindah ke flight lain yang jadwalnya beda jaaauhhhhh banget dengan jadwal semula.
Adik kecilnya baterai juga parah banget, hampir gak ada flight yg gak delay.
Sekelas maskapai internasionalpun saya pernah kena delay 3 jam, yg bikin harus lari (literally) di bandara transitnya (Qatar) untuk ngejar flight berikutnya.

Jadi sekarang, mau kena delay berapa jampun, saya selalu stay calm dan positive thinking kalo delay tsb kemungkinan untuk memastikan keselamatan penerbangan itu sendiri...yang penting selamat sampai tujuan mas bro :e-pray:

Btt, semoga semua pihak yang terlibat diberi kekuatan dalam menghadapi kejadian ini.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by Turboman »

1 prosedur JT yg saya cukup appreciate terlepas dr aneka problem delay2 dll :

Jika ada masalah dgn pesawat, pilot JT biasanya lgs ambil keputusan RTB

Makanya sampe hari ini kadang2 saya masih naek JT (selain naek si Ijo)

martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by martinnn »

lulusan pilot banyak nganggur tapi pesawat ini pakai pilot india :big_childish:
:big_biglaugh:
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1965
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by alvin23 »

untuk kualitas pilot, Lion bersaing kok, banyak ex garuda juga disitu. I mean, kualitas pilot kopilot udh ada standarnya lah. Kalo flight attendant, memang terlihat ada perbedaan kualitas di bbrp maskapai.

kenapa Lion berisik kalo ada masalah, menurut ane sih typical customernya yah.... kalo penumpang garuda mungkin gamau ambil pusing/ngomel2 karena kebanyakan business traveler
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1965
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by alvin23 »

martinnn wrote: Tue Oct 30, 2018 6:25 lulusan pilot banyak nganggur tapi pesawat ini pakai pilot india :big_childish:
kan butuh kapten juga om, masa baru lulus blm punya jam terbang jd kapten.

sekarang kalo FO rata2 udh lokal kok
Rocky R ADS CVT 2021
sammyjimun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: Tue Jul 12, 2016 0:38

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by sammyjimun »

Kira -kira Boeing nurunin tim investigasi sendiri atau ngikut KNKT/NTSB ya?
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by mike22 »

Sama biasanya kl kejadian gini muncul pasukan yg menuhankan harga tiket, yg percaya bahwa harga tiket lebih mahal pasti lebih aman.
Ya org indonesia kalo mulutnya belum bacot belum puas hidupnya kan ya
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11314
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by Omnibus »

waduh internal repair log book lion kok bisa jd beredar keluar gini.... saya prihatin maksudnya kan mrk sedang dlm musibah; korban penumpang dan airlines... jangan sampai malah jd bangkrut kan yg numpang cari nafkah disitu juga banyak... bagaimanapun lion jauh lbh bagus drpd adamair

https://m.detik.com/news/berita/d-42795 ... i-karawang
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 600
Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
Location: Jakarta

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by casabalancas »

alvin23 wrote: Tue Oct 30, 2018 6:34 untuk kualitas pilot, Lion bersaing kok, banyak ex garuda juga disitu. I mean, kualitas pilot kopilot udh ada standarnya lah. Kalo flight attendant, memang terlihat ada perbedaan kualitas di bbrp maskapai.

kenapa Lion berisik kalo ada masalah, menurut ane sih typical customernya yah.... kalo penumpang garuda mungkin gamau ambil pusing/ngomel2 karena kebanyakan business traveler
Hahaha, setuju Om, kalau typical penumpang Garuda merasa dirugikan sih daripada brisik dan curcol disana sini langsung mengumpulkan bukti dan langsung somasi dan/atau kirim gugatan
SPH
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Sun Apr 02, 2017 8:35
Location: Bandung

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by SPH »

dittotama wrote: Tue Oct 30, 2018 1:21
SPH wrote: Mon Oct 29, 2018 13:22
carl wrote: Mon Oct 29, 2018 11:48 Kira2 SMers ada yang tahu, apakah Low Cost Carrier punya standar maintenance pesawat yang sama dengan Flag Carrier? Soalnya saya pernah denger cerita dari pilot flag carrier kalo maintenance LCC itu gak seketat flag carrier....
Enggak ada cerita gitu om, semuanya sama untuk kebutuhan basic. Bedanya lcc sama flag carrier itu cuman di pemanis aja seperti in flight meal dkk. Kalau sampai ada perbedaan berarti regulatornya yang gak bener karena acuannya sama kok aturan dari dgcanya.

Btw tidak menjamin pesawat yang sangat baru bebas defect karena ikutnya itu bathtub curve bukan linear
yakin om cuma beda pemanis? mungkin SOP nya sama tapi dikerjainya gimana ada yg tau? atau cb di survei basic salary pegawai antar carrier kaya FOO nya kecuali flight deck crew,, bisa jd salah satu faktor.. bisa jadi... IMHO
dan inget, ada larangan terbang dari UE dan US itu dicabutnya kapan.. kalo beda beda berarti ada pemenuhan standar yang beda yang satu cepet satu lama.. IMHO..

harapan saya jg semoga standar safety itu mutlak beda cuma pemanis kaya om bilang.. hopefully
Seperti yang om nyoman bilang, kalau untuk urusan safety tidak boleh ada tawar-menawar. Kalau misalkan mereka main potong kompas, kemana peran regulator sebagai pengawas kalau gitu ? Dan jangan lupa kasus kesalahan servis juga pernah terjadi di kelas flag carrier contohnya american airlines 191
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by Turboman »

SQ kalo delay lama lgs otomatis rilis voucher belanja yg bisa dipake belanja / makan di airport tsb

EOR24
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed Jan 24, 2018 3:08

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by EOR24 »

sammyjimun wrote: Tue Oct 30, 2018 7:06 Kira -kira Boeing nurunin tim investigasi sendiri atau ngikut KNKT/NTSB ya?
Kalo Boeing atau NTSB ikut turun, kok saya malah apatis terhadap hasil nya.

Gara2 baca tulisan dari eks Ketua KNKT yg menyelidiki kasus SilkAir ini

https://news.detik.com/berita/2538225/t ... gai-musi/1
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by adityabp »

sammyjimun wrote: Tue Oct 30, 2018 7:06 Kira -kira Boeing nurunin tim investigasi sendiri atau ngikut KNKT/NTSB ya?
Ikut NTSB om.
NTSB mewakili negara produsen pesawat.
KNKT mewakili negara pemilik pesawat yg kecelakaan.
Kalo misalnya si baterai kecelakaan di negara tetangga, maka KNKT negara tsb juga ikut terlibat.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by adityabp »

EOR24 wrote: Tue Oct 30, 2018 8:48
sammyjimun wrote: Tue Oct 30, 2018 7:06 Kira -kira Boeing nurunin tim investigasi sendiri atau ngikut KNKT/NTSB ya?
Kalo Boeing atau NTSB ikut turun, kok saya malah apatis terhadap hasil nya.

Gara2 baca tulisan dari eks Ketua KNKT yg menyelidiki kasus SilkAir ini

https://news.detik.com/berita/2538225/t ... gai-musi/1
Hehehe, bukankah si baterai udah pesan B737 MAX ini cukup banyak ya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by Turboman »

Selama ini sy juga berpikir kejadian S Musi akibat pilot suicide

Ternyata rudder ngunci yah ??

trus pas dibuka.....buatan Parker Haniffin lagi kah ??

edan deh..........

Business is still business....
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by NYoman »

Omnibus wrote: Tue Oct 30, 2018 7:38 waduh internal repair log book lion kok bisa jd beredar keluar gini.... saya prihatin maksudnya kan mrk sedang dlm musibah; korban penumpang dan airlines... jangan sampai malah jd bangkrut kan yg numpang cari nafkah disitu juga banyak... bagaimanapun lion jauh lbh bagus drpd adamair

https://m.detik.com/news/berita/d-42795 ... i-karawang
Itulah saya heran darimana itu maintenance logbook nya kesebar.. Itu data perusahaan yang sifatnya untuk kalangan terbatas..
dan hal macam ini yang buat makin runyam situasinya, media2 juga pada tolol atau gimana macam penting ada berita, posting, klik banyak, duit masuk..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by Turboman »

di Twitter udah ada sebelum masuk media
1540899189014.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
nb25
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Mon Aug 06, 2018 10:17
Location: Bandung
Daily Vehicle: Polo TSI

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by nb25 »

carl wrote: Mon Oct 29, 2018 11:48 Kira2 SMers ada yang tahu, apakah Low Cost Carrier punya standar maintenance pesawat yang sama dengan Flag Carrier? Soalnya saya pernah denger cerita dari pilot flag carrier kalo maintenance LCC itu gak seketat flag carrier....
Dari temen yang adiknya kerja di GMF, untuk LCC memang tidak seketat seperti Garuda, banyak yang diskip pengecekannya. Jadi itu permintaan maskapai untuk ngejar waktu maintenance yang makan waktu lama itu dipercepat.

Mungkin ada orang SMers yang kerja di GMF bisa klarifikasi lagi :mky_01:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by Turboman »

Mantap !

User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by artoodetoo »

nb25 wrote: Tue Oct 30, 2018 11:52
Dari temen yang adiknya kerja di GMF, untuk LCC memang tidak seketat seperti Garuda, banyak yang diskip pengecekannya. Jadi itu permintaan maskapai untuk ngejar waktu maintenance yang makan waktu lama itu dipercepat.

Mungkin ada orang SMers yang kerja di GMF bisa klarifikasi lagi :mky_01:
Saran saya sih yg based on "katanya" begini jangan terlalu dipercaya, perlu pembuktian dan klarifikasi
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by haristk7 »

Turboman wrote: Tue Oct 30, 2018 9:03 Selama ini sy juga berpikir kejadian S Musi akibat pilot suicide

Ternyata rudder ngunci yah ??

trus pas dibuka.....buatan Parker Haniffin lagi kah ??

edan deh..........

Business is still business....
ah yakin ? dapet data darimana om ? 737 si MI itu dapet yang produksi udah versi paling update setelah ada rudder issue (PCU) di 737 series

coba itu jelasin suara klik matiin FDR yang terekam di CVR itu maksudnya apa kalo rudder issue ? kok PCU yang ditemukan karena diduga biang keladinya ketemu dan dalam keadaan sehat ?
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"