Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by NYoman »

Sorry tolong jangan menggiring opini yang tidak2 ya, tiba2 langsung keluar semua hasil searching dari internet..

LCC ataupun Flag Carrier tidak ada perbedaan disektor keamanan nya, karena yang mahal itu adalah passenger service bukan di maintenance..
Pesawat baru ataupun pesawat lama tidak ada hubungan nya dengan kecelakaan karena pesawat baru test terbang bisa besoknya malah jatuh juga ada, sebaiknya tunggu investigasi dari pihak berwenang..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by Turboman »

NYoman wrote:Sorry tolong jangan menggiring opini yang tidak2 ya, tiba2 langsung keluar semua hasil searching dari internet..

LCC ataupun Flag Carrier tidak ada perbedaan disektor keamanan nya, karena yang mahal itu adalah passenger service bukan di maintenance..
Pesawat baru ataupun pesawat lama tidak ada hubungan nya dengan kecelakaan karena pesawat baru test terbang bisa besoknya malah jatuh juga ada, sebaiknya tunggu investigasi dari pihak berwenang..
Trit ini adalah membahas pesawatnya om, and especially engine nya......spt bahas mobil yg ada problem

Bukan Airline / maskapai nya

Juga bukan bahas penyebab jatuhnya PK - LQP (ini nanti tunggu report KNKT aja)

Giring opini gimana ?

itu semua artikel based on reality kok......bukan saya yg bikin

Sampe sebuah jenis pesawat di Grounded......it must be something serious !

Remember Mc Donnel Douglas DC 10 case ?

Hopefully Boeing & CFM segera ambil tindakan nyata utk memperbaiki semua bug......krn 737 MAX series ini sgt laris sekali.....

IMHO
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by martinnn »

:big_sorry: Turut bersimpati terhadap korban Dan keluarnyanya
:big_biglaugh:
SPH
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Sun Apr 02, 2017 8:35
Location: Bandung

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by SPH »

carl wrote: Mon Oct 29, 2018 11:48 Kira2 SMers ada yang tahu, apakah Low Cost Carrier punya standar maintenance pesawat yang sama dengan Flag Carrier? Soalnya saya pernah denger cerita dari pilot flag carrier kalo maintenance LCC itu gak seketat flag carrier....
Enggak ada cerita gitu om, semuanya sama untuk kebutuhan basic. Bedanya lcc sama flag carrier itu cuman di pemanis aja seperti in flight meal dkk. Kalau sampai ada perbedaan berarti regulatornya yang gak bener karena acuannya sama kok aturan dari dgcanya.

Btw tidak menjamin pesawat yang sangat baru bebas defect karena ikutnya itu bathtub curve bukan linear
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by Turboman »

Banyak kejadian di psawat model baru........

787 dulu battery problem

A380 - Rolls Royce Trent engine problem

tapi ke 2 case di atas dah solved

A350 gimana ya ?

Awal Okt saya sempat naik utk CGK - SIN.....enak si A350 ini......di IFE nya juga ada mode display spt view dari cockpit (simulasi aja)
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by haristk7 »

ya namanya juga mesin baru..dulu tahun 1970an 747-100 dengan JT9D-3 nya gak bebas masalah ? banyak bug nya itu sampe 1st commercial flight nya aja keganggu gara2 mesin rusak..akhirnya si pabrikan upgrade si mesin dan kasi opsi mesin baru JT9D-7..dan makanya lahirlah 747-200 untuk mengatasi apa yang kurang dari 747-100 (new engines + update aerodynamics)
itu semua terjadi jauhhhh sebelum hari ini

M-e-n-g-e-r-i-k-a-n..........
lebay ih, stay away from those flying metal tube please...
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by Turboman »

haristk7 wrote:ya namanya juga mesin baru..dulu tahun 1970an 747-100 dengan JT9D-3 nya gak bebas masalah ? banyak bug nya itu sampe 1st commercial flight nya aja keganggu gara2 mesin rusak..akhirnya si pabrikan upgrade si mesin dan kasi opsi mesin baru JT9D-7..dan makanya lahirlah 747-200 untuk mengatasi apa yang kurang dari 747-100 (new engines + update aerodynamics)
itu semua terjadi jauhhhh sebelum hari ini

M-e-n-g-e-r-i-k-a-n..........
lebay ih, stay away from those flying metal tube please...
hehehhe

tulisan alinea terakhir mah utk becandaan doang boss........wkwkwkkw

Yes......gak mobil, gak pesawat, biasa sesuatu yg "type baru" ada aja bug-nya......

Thx utk info 747-100 nya.....really informative [emoji106]
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by Turboman »

Semoga bug bug cepat solved

Jika semua bug dah solve......LEAP engine sangat menarik

User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by Pugman »

Duvebriliant0 wrote: Mon Oct 29, 2018 12:13
Pugman wrote: Mon Oct 29, 2018 11:25 Diluar banyaknya isu Leap Engine, kalau saya pribadi mohon maaf, selama masih ada maskapai lain, saya ga mau naik pesawat dari maskapai Baterai Lithium isi ulang.

Saya pernah naik, sudah di runway persiapan take off, sudah jalan mungkin sudah sampai V1 menuju Vr, tiba-tiba brake sampai ujung runway lalu balik ke tempat parkir. Lha kalau runway overrun piye?
Kalo udh V1 gaboleh RTO om...
Ya koreksi Om, mau masuk V1 harusnya, kejadian seperti yang digambarkan video Airbus Captain Joe ini

:mky_01:

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by Turboman »

Mungkin om haristk bisa jelaskan ini "DTC error" apa saja

itu PK LQP saat DPS - CGK sehari sebelumnya

Sumber gbr = twitter
IMG_20181029_234844.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
fikrebi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Mon Jun 13, 2016 14:47

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by fikrebi »

Baca berita mesin ini di tarik dari peredaran sama amerika dan boeing
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by Turboman »

fikrebi wrote:Baca berita mesin ini di tarik dari peredaran sama amerika dan boeing
Udah ada "Service Campaign" dari pihak GE

https://www.bloomberg.com/news/articles ... nd-quarter

Konon parts2 tertentu lgs diganti saat si mesin masuk "servis berkala"






User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by Turboman »

Btw sebetulnya setiap jenis type pesawat buatan suatu pabrikan harus menjalani proses "Airworthiness" untuk mendapat sertifikat kelayakan terbang

Tahapan uji coba ini gak main main, pesawat dibawa ke aneka daerah dgn kondisi extreme.....baik panas banget / dingin banget......test landing / take off dgn Crosswind yg kenceng dll

Tapi herannya problem2 real juga banyak yang baru ketemu setelah pesawat dioperasikan scr komersial........

Mungkin om haristk selaku pakar pesawat di SM dapat memberi pencerahan......monggo [emoji2]
User avatar
demonicorchestra
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Wed May 03, 2017 6:33
Location: Bandung
Daily Vehicle: Jazz

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by demonicorchestra »

Sumber: IG
Jd ogah ane naik Lion buat kedepannya klo servicenya ancur2an kek gini, lebih prefer Garuda/Citilink utk rute domestik
20181030_080115.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Chester Bennington 1976-2017, gone but not forgotten
"I've become so numb, I can't feel you there. Become so tired, so much more aware"
slowipah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Fri Sep 30, 2016 3:52

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by slowipah »

serem ya.. kl mobil ada cacat produksi sih paling apa risikonya, mogok?? kl pesawat mogok ya game over..
dittotama
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Fri Aug 04, 2017 7:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Livina_XGear

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by dittotama »

SPH wrote: Mon Oct 29, 2018 13:22
carl wrote: Mon Oct 29, 2018 11:48 Kira2 SMers ada yang tahu, apakah Low Cost Carrier punya standar maintenance pesawat yang sama dengan Flag Carrier? Soalnya saya pernah denger cerita dari pilot flag carrier kalo maintenance LCC itu gak seketat flag carrier....
Enggak ada cerita gitu om, semuanya sama untuk kebutuhan basic. Bedanya lcc sama flag carrier itu cuman di pemanis aja seperti in flight meal dkk. Kalau sampai ada perbedaan berarti regulatornya yang gak bener karena acuannya sama kok aturan dari dgcanya.

Btw tidak menjamin pesawat yang sangat baru bebas defect karena ikutnya itu bathtub curve bukan linear
yakin om cuma beda pemanis? mungkin SOP nya sama tapi dikerjainya gimana ada yg tau? atau cb di survei basic salary pegawai antar carrier kaya FOO nya kecuali flight deck crew,, bisa jd salah satu faktor.. bisa jadi... IMHO
dan inget, ada larangan terbang dari UE dan US itu dicabutnya kapan.. kalo beda beda berarti ada pemenuhan standar yang beda yang satu cepet satu lama.. IMHO..

harapan saya jg semoga standar safety itu mutlak beda cuma pemanis kaya om bilang.. hopefully
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5702
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by sintoni »

Emang sih Lion ini paling banyak "kasus".

Ya tapi kan populasi mereka paling banyak, seperti misal kenapa kita sering liat Avanza kecelakaan karena populasi mereka paling banyak.

Tapi ya karena kebanyakan populasi kebanyakan rute, system sama HR nya kadang keteteran ngikutin jadwal.

Apalg enaknya Lion ini selain dia paling murah, dia trbang ke banyak rute, terus banyak pilihan jam.

Hehehe.
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by IGedeAmat »

dittotama wrote: Tue Oct 30, 2018 1:21
SPH wrote: Mon Oct 29, 2018 13:22
carl wrote: Mon Oct 29, 2018 11:48 Kira2 SMers ada yang tahu, apakah Low Cost Carrier punya standar maintenance pesawat yang sama dengan Flag Carrier? Soalnya saya pernah denger cerita dari pilot flag carrier kalo maintenance LCC itu gak seketat flag carrier....
Enggak ada cerita gitu om, semuanya sama untuk kebutuhan basic. Bedanya lcc sama flag carrier itu cuman di pemanis aja seperti in flight meal dkk. Kalau sampai ada perbedaan berarti regulatornya yang gak bener karena acuannya sama kok aturan dari dgcanya.

Btw tidak menjamin pesawat yang sangat baru bebas defect karena ikutnya itu bathtub curve bukan linear
yakin om cuma beda pemanis? mungkin SOP nya sama tapi dikerjainya gimana ada yg tau? atau cb di survei basic salary pegawai antar carrier kaya FOO nya kecuali flight deck crew,, bisa jd salah satu faktor.. bisa jadi... IMHO
dan inget, ada larangan terbang dari UE dan US itu dicabutnya kapan.. kalo beda beda berarti ada pemenuhan standar yang beda yang satu cepet satu lama.. IMHO..

harapan saya jg semoga standar safety itu mutlak beda cuma pemanis kaya om bilang.. hopefully
bukannya maintenance itu dihandle sama perusahaan yang berbeda ya ?
di bandara Soetta saya lihat ada gedung Garuda Maintenance Facility, tapi gak ada Lion air maintenance,
kalo pas lewat, suka liat juga pesawat non garuda didalam hanggarnya,
jadi asumsi bloon saya, penerbangan lain ya nebeng ke GMF itu servisnya...
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by josomba »

IGedeAmat wrote: Tue Oct 30, 2018 1:42

bukannya maintenance itu dihandle sama perusahaan yang berbeda ya ?
di bandara Soetta saya lihat ada gedung Garuda Maintenance Facility, tapi gak ada Lion air maintenance,
kalo pas lewat, suka liat juga pesawat non garuda didalam hanggarnya,
jadi asumsi bloon saya, penerbangan lain ya nebeng ke GMF itu servisnya...
Lion juga punya semacem "GMF-nya" um, di Batam, namanya Batam AeroTechnic. Cuman kalau lagi kendala di jakarta, dan butuh perbaikan saat itu juga ya mau gamau dioper masuk GMF dulu. Tapi kalau scheduled maintenance alias serpis berkala, larinya ke batam situ.
Image
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 600
Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
Location: Jakarta

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by casabalancas »

dittotama wrote: Tue Oct 30, 2018 1:21
SPH wrote: Mon Oct 29, 2018 13:22
carl wrote: Mon Oct 29, 2018 11:48 Kira2 SMers ada yang tahu, apakah Low Cost Carrier punya standar maintenance pesawat yang sama dengan Flag Carrier? Soalnya saya pernah denger cerita dari pilot flag carrier kalo maintenance LCC itu gak seketat flag carrier....
Enggak ada cerita gitu om, semuanya sama untuk kebutuhan basic. Bedanya lcc sama flag carrier itu cuman di pemanis aja seperti in flight meal dkk. Kalau sampai ada perbedaan berarti regulatornya yang gak bener karena acuannya sama kok aturan dari dgcanya.

Btw tidak menjamin pesawat yang sangat baru bebas defect karena ikutnya itu bathtub curve bukan linear
yakin om cuma beda pemanis? mungkin SOP nya sama tapi dikerjainya gimana ada yg tau? atau cb di survei basic salary pegawai antar carrier kaya FOO nya kecuali flight deck crew,, bisa jd salah satu faktor.. bisa jadi... IMHO
dan inget, ada larangan terbang dari UE dan US itu dicabutnya kapan.. kalo beda beda berarti ada pemenuhan standar yang beda yang satu cepet satu lama.. IMHO..

harapan saya jg semoga standar safety itu mutlak beda cuma pemanis kaya om bilang.. hopefully
kalau faktor maintenace pesawat kita juga gak ngerti ya Om, karena pasti hal tersebut tidak mungkin diungkap ke publik. Tapi yang pasti fatigue level dan stress level crew nya beda, dimana dalam LCC utilitas crew dipush sampai ke limit maksimal mereka, dimana crew LCC bisa tugas ke tujuan yang lebih banyak dalam sehari dibanding full service airlines (IMHO), belum lagi apabila crew harus menginap mungkin kualitas hotel/penginapan full service airlines berbeda dengan penginapan untuk crew LCC, sehingga dengan stress level yang berbeda kemungkinan faktor human errornya lebih tinggi
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 779
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by Kaleng »

demonicorchestra wrote: Tue Oct 30, 2018 1:05 Sumber: IG
Jd ogah ane naik Lion buat kedepannya klo servicenya ancur2an kek gini, lebih prefer Garuda/Citilink utk rute domestik
20181030_080115.jpg
kalau benaran ada kejadian begini sudah seram sekali. Mungkin penumpang pesawat kita harus diedukasi untuk lebih berani membela hak, apabila ada kesalahan teknis begini harus ramai-ramai tuntut ganti pesawat.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by josomba »

casabalancas wrote: Tue Oct 30, 2018 1:49
kalau faktor maintenace pesawat kita juga gak ngerti ya Om, karena pasti hal tersebut tidak mungkin diungkap ke publik. Tapi yang pasti fatigue level dan stress level crew nya beda, dimana dalam LCC utilitas crew dipush sampai ke limit maksimal mereka, dimana crew LCC bisa tugas ke tujuan yang lebih banyak dalam sehari dibanding full service airlines (IMHO), belum lagi apabila crew harus menginap mungkin kualitas hotel/penginapan full service airlines berbeda dengan penginapan untuk crew LCC, sehingga dengan stress level yang berbeda kemungkinan faktor human errornya lebih tinggi
Saya ada pengalaman kerja (tidak lama) di burung hijau. Utilitas betul memang "lebih maksimal" dibanding si induk. Cuman tetap ada limitnya sesuai aturan internasional. Kalau hotel crew, sepanjang yang saya tahu masih dikasih kelas bintang 3 kadang bintang 4 (gatau sekarang ya).
Turut menjawab yang diatas, kalau aircraft maintenance mereka sudah punya AMM sebagai standar baku dalam troubleshooting n repair procedure.

Tapi kalau ngomong decision release boleh atau tidak untuk terbang, saya ga pernah ada info tapi jika kita menilik kasus adam air KI574, hasil investigasi KNKT dan NTSB, seinget saya disebutkan kalau pilot2 sudah sering melaporkan adanya malfunction, tapi engineer tetap release terbang yang ternyata karena adanya desakan management (supaya utilisasi pesawat terus tercapai target).....

edit: cuman untuk kasus JT ini, saya gamau berspekulasi lebih dalam deh, paling bener nunggu hasil KNKT n NTSB aja. Kaya AirAsia yg lalu, banyak spekulasi ternyata karena masalah solderan cuman berapa mm doang besarnya padahal.
Image
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by Pugman »

demonicorchestra wrote: Tue Oct 30, 2018 1:05 Sumber: IG
Jd ogah ane naik Lion buat kedepannya klo servicenya ancur2an kek gini, lebih prefer Garuda/Citilink utk rute domestik
20181030_080115.jpg
Saya pernah mengalami hal itu, ya persis di maskapai Baterai Lithium isi ulang ini..

Dari Banjarmasin-CGK, Tadinya saya mau pakai Garuda, tapi yang jam 16.00 habis, lalu di tawari yang jam 20.00 atau dengan maskapai "ini" jam 15.30, karena ingin cepat saya pilih penerbangan sore itu, eh ternyata delay sampai jam 20.00 juga dan saat kami akan berangkat, Garuda yang jadwal jam 20.00 itu juga sudah siap mau berangkat...

Ya naik pesawat rasa bis kota ekonomi.

:big_dunno:
dittotama
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Fri Aug 04, 2017 7:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Livina_XGear

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by dittotama »

IGedeAmat wrote: Tue Oct 30, 2018 1:42 bukannya maintenance itu dihandle sama perusahaan yang berbeda ya ?
di bandara Soetta saya lihat ada gedung Garuda Maintenance Facility, tapi gak ada Lion air maintenance,
kalo pas lewat, suka liat juga pesawat non garuda didalam hanggarnya,
jadi asumsi bloon saya, penerbangan lain ya nebeng ke GMF itu servisnya...
Lion di batam maintenance facilitynya, tapi setiap base pasti ada mekanik, dispatcher, manajer operasi base dari masing" carrier buat kasi greenlight pesawat bisa take off apa ngga.. apalagi Soetta, ngga mungkin ngga ada orang carrier asli disitu..
casabalancas wrote: Tue Oct 30, 2018 1:49 kalau faktor maintenace pesawat kita juga gak ngerti ya Om, karena pasti hal tersebut tidak mungkin diungkap ke publik. Tapi yang pasti fatigue level dan stress level crew nya beda, dimana dalam LCC utilitas crew dipush sampai ke limit maksimal mereka, dimana crew LCC bisa tugas ke tujuan yang lebih banyak dalam sehari dibanding full service airlines (IMHO), belum lagi apabila crew harus menginap mungkin kualitas hotel/penginapan full service airlines berbeda dengan penginapan untuk crew LCC, sehingga dengan stress level yang berbeda kemungkinan faktor human errornya lebih tinggi
iya, ini maksudnya om.. jd ngga cuma beda pemanis aja.. workhours beda, transit time LCC sama Full service beda, fasilitas kru dan ground handling jg.. tapi ngga berarti lcc jelek juga... manajemen punya andil besar ngurus suatu hal, makanya di post sebelumnya saya sempet singgung mungkin SOP nya sama tp dikerjainnya gimana mempertimbangkan banyak faktor lain di luar SOP
after all balik lagi.. semoga safety itu mutlak jangan di tawar"...
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by adityabp »

demonicorchestra wrote: Tue Oct 30, 2018 1:05 Sumber: IG
Jd ogah ane naik Lion buat kedepannya klo servicenya ancur2an kek gini, lebih prefer Garuda/Citilink utk rute domestik
20181030_080115.jpg
Apakah JT610 yg dimaksud di cerita tsb memang benar PK-LQP yg jatuh?
Krn saya dapat info kalo nomor penerbangan sama, tapi beda rute blm tentu pake pesawat yg sama.